Perbedaan Tipe AC Panasonic Dan Penjelasan Teknologi AC Panasonic

UPDATE MARET 2016!!!

Panasonic SUDAH meluncurkan AC Panasonic Elite Inverter dimana AC Inverter ini menambah Line-Up AC Inverter Panasonic dan bukan menggantikan tipe yang lama.

Akan kami bahas tuntas di bawah ya.

Pada artikel kali ini kami ingin menjelaskan dengan tuntas dengan bahasa yang mudah dimengerti semua perbedaan tipe AC Panasonic 2016 dan semua fitur yang tersemat di AC Panasonic.

Oke kita mulai ya dimulai dengan tipe AC Panasonic 2015 dan teknologi yang telah disematkan. Pertama saya akan jabarkan semua teknologi yang ada pada AC Split Panasonic kemudian di akhir artikel Tipe – Tipe AC Panasonic mana saja yang memiliki teknologi tersebut.

- Eco Smart 3 Panasonic Eco Smart 3
Fitur ini secara otomatis menaikan suhu remote sebesar 1 derajat setelah 2 jam AC dinyalakan. Kemudian 1.5 jam kemudian suhu remote naik lagi 1 derajat, dan naik lagi 1 derajat 1.5 jam kemudian. Fitur ini penting supaya kalau bangun pagi anda tidak merasa kedinginan. Ingat semua kejadian ini berlangsung di unit Indoor AC, jadi bukan angka di remote bisa berubah-ubah sendiri ya, hehehhe… Contoh: jam 11 malam sebelum tidur suhu remote 22 derajat, anda menyalakan fitur ini, jam 1 pagi suhu akan naik sendiri ke 23 derajat, jam 02.30 suhu naik ke 24 derajat, dan jam 04.00 suhu naik lagi ke 25 derajat. Ini supaya anda tidak perlu kedinginan bangun di pagi hari dan mematikan AC.

- iAuto (Intelligent Auto Mode) iAuto
Fitur ini berfungsi untuk mengatur kecepatan dan arah hembusan angin sesuai dengan suhu remote dan ruangan. Jadi hembusan angin bisa kencang pada saat awal dinyalakan kemudian turun sendiri pada saat suhu ruangan sudah tercapai, begitu juga dengan hembusan arah angin yang akan otomatis swing pada saat awal pendinginan dan akan berhenti bila suhu sudah tercapai. Hembusan angin bisa tambah kencang sendiri bila ruangan terpapar sinar matahari misalnya dan suhunya naik lagi.

- iAutoX (Intelligent Auto Mode X) Fitur AC Inverter Panasonic iAutoX
Fitur ini exclusive hanya terdapat di Tipe AC Panasonic Inverter. Jadi dengan teknologi P-Tech terbaru dibantu dengan Aerowings, pada saat fitur ini dinyalakan, sirip AC akan bergerak ke bawah dan mengikuti posisi kita bisa bergerak ke kiri atau ke kanan lewat sensor Econavi supaya pengguna dapat cepat merasa dingin dengan langsung disembur angin. Plus teknologi P-tech akan membuat kompressor bekerja di frekuensi maksimum hanya dalam waktu 1 menit, yang akan membuat ruangan 35% lebih cepat dingin dari semua merk AC di Indonesia. Nah setelah kondisi suhu tercapai, sirip akan bergerak keatas sendiri untuk menghalangi pengguna agar tidak kedinginan terkena semburan angin. Tingkat kecepatan angin dan arah semburan angin pun akan menyesuaikan dengan jumlah orang di dalam ruangan, angin akan berusaha menghindari manusia agar tidak terus terpapar angin AC.

- Aerowings (kisi ganda pendingin)Fitur AC Panasonic Aerowings
Fitur Aerowings ini terdapat di seri Inverter dan Envio terbaru. Jadi selain bukaan kisi pendingin AC sekarang bergerak dari atas ke bawah (seperti AC Daikin dan Sharp) fitur Aerowings ini menambahkan 1 bilah sirip kisi lagi diatas, jadi semburan angin bisa lebih tepat sasaran dan bisa membuat angin menyembur keatas tanpa perlu lagi penggunaan akrilik AC yang belakangan ini marak sekali penggunaannya terutama di kantor-kantor dan rumah tinggal.

- P-TECh (Panasonic Thermal Enhancement) P-TECh Panasonic
Panasonic mengembangkan teknologi yang sudah dipaten-kan oleh Panasonic yaitu Panasonic Thermal Enhancement yaitu sebuah teknologi dimana minyak di dalam kompressor lebih bisa dikendalikan sehingga memungkinkan kompressor AC bekerja maksimum 100% dalam waktu yang jauh lebih singkat, sekitar 1 menit, dibanding merk lain yang bisa mencapai 3 menit bahkan 7 menit baru kompressor bekerja maksimum. Teknologi ini hanya tersedia di tipe AC Panasonic Inverter 2015.

- Eco Tough Eco Tough

Eco Tough adalah teknologi Outdoor AC Panasonic dimana material pembuat Outdoor sudah bukan merupakan besi lagi, tetapi sudah menggunakan material yang bernama SuperDyma yang merupakan campuran dari Timah, Aluminium, Magnesium dan Silikon. Dimana material ini adalah anti korosi sehingga sangat cocok digunakan di daerah yang beriklim tropis dan dekat pantai seperti Indonesia. Material SuperDyma ini juga digunakan untuk membangun jembatan dan gedung bertingkat. Pada saat pengujian setelah 2 tahun tidak tampak sedikit pun karat terjadi di unit outdoor yang terpapar hujan dan panas matahari setiap hari selama 2 tahun.

- Econavi (Human detection sensor) Econavi
Teknologi ini sungguh luar biasa. Indoor AC dilengkapi dengan sebuah mata yang mampu mendeteksi keberadaan manusia. Pada saat AC menyala dan AC mendeteksi tidak ada manusia di dalam ruangan selama 60 menit, maka AC akan menaikan suhu ruangan sebanyak 1 derajat, dan setelah 60 menit lagi, AC akan menaikan lagi suhu ruangan sebanyak 1 derajat. Apabila setelah itu AC mendeteksi ada manusia di dalam ruangan, dalam waktu 20 menit, AC akan mengembalikan suhu ruangan ke suhu remote. Kemudian mata sensor juga dapat mendeteksi gerakan tubuh manusia, jadi misalnya kita berolahraga di dalam ruangan maka AC akan dengan otomatis menurunkan suhu 1 derajat dari suhu remote, dan akan mengembalikan suhu ruangan ke suhu remote setelah aktivitas selesai. Bahkan arah hembusan AC dapat mengikuti manusia, jadi apabila posisi duduk kita pindah, maka hembusan angin dapat mengikuti kita supaya kita tetap merasa dingin dan nyaman berada di dalam ruangan. Teknologi ini mampu menghemat konsumsi listrik sampai 35% dibanding AC biasa.

- Econavi Dual Sensors (Human Detection Sensor and Sun light sensor) Econavi
Nah Econavi Dual Sensors memiliki 2 mata sensor. Mata pertama adalah sensor keberadaan manusia seperti yang telah dijelaskan diatas, ditambah 1 mata sensor untuk mendeteksi sinar matahari. Jadi apabila AC mendeteksi intensitas cahaya matahari yang meningkat maka AC dapat menurunkan suhu ruangan sebesar 1 derajat lagi untuk meng-kompensasi panas matahari yang masuk ke dalam ruangan. Dengan Econavi Dual Sensors penghematan yang didapat mencapai 38% dibanding AC biasa.

- Nanoe-G Nanoe-G
Teknologi Ion negatif ini ditemukan oleh Sharp dan disempurnakan oleh Panasonic. AC akan menyemburkan 3 trilliun Ion partikel Nanoe-G ke seluruh ruangan dimana Ion partikel Nanoe-G merupakan Ion negatif yang mampu mengikat dan membasmi bakteri dan virus diudara sampai 99%, di filter AC, bahkan di permukaan seprei, sofa dan kursi sehingga menghambat pertumbuhan jamur. Partikel Nanoe-G sangat efektif membunuh virus dan bakteri bahkan mampu membunuh virus Flu Burung (H1N1) yang sedang terbang di udara. Sebegitu hebat dan efektifnya teknologi Nanoe-G ini hingga dilisensi oleh Toyota untuk digunakan di AC mobil Alphard 3.5V, Lexus LS460 dan LS600 Hybrid keluaran tahun 2014 keatas. Bahkan iklan di Kompas tanggal 15 Januari 2015, mobil Honda CRV terbaru juga sudah me-lisensi penggunaan fitur ini di kendaraan mereka. Di tahun 2015 ini bahkan Nanoe-G sudah dapat membasmi partikel yang berukuran PM2.5 (2.5 Micrometer) yang merupakan ukuran asap rokok. (Asap rokok dapat tersaring dan terbunuh racunnya dengan sempurna)

- Nanoe-G featuring Dust Sensor Nanoe-G-feat-dust-sensor

Teknologi ini sama dengan teknologi Nanoe-G generasi lama, namun kini dilengkapi dengan sensor tingkat kebersihan udara. Jadi apabila sensor debu melihat kualitas udara kotor di dalam ruangan, maka Nanoe-G akan secara otomatis menyala, jadi tidak perlu dinyalakan manual via remote. Plus bisa juga mengaktifkan fitur Nanoe-G walaupun AC dalam kondisi mati. Jadi AC akan berfungsi seperti Air-Purifier tanpa perlu menyalakan kompressor AC.

- Inverter Inverter
Inverter merupakan teknologi kompressor yang menggunakan arus DC bukan arus AC seperti kompressor AC tipe lain. Perbedaannya adalah kompressor AC Inverter tidak pernah mati, tidak seperti kompressor tipe lain yang nyala-mati-nyala-mati sesuai suhu ruangan. Nah trus bagaimana bisa hemat? nah anggap saja perbandingan kompressor AC Inverter seperti menyetir mobil keluar kota dimana di tol kecepatan mobil anda konstan misalnya 100km/jam dibanding kompressor AC konvensional seperti menyetir mobil di kondisi dalam kota yang selalu gas-rem-gas-rem. Tentu penggunaan BBM mobil menyetir keluar kota jauh lebih irit. Ini juga sama analogi-nya seperti AC Inverter yang pemakaian listriknya akan jauh lebih hemat hingga 50% dibanding AC yang menggunakan kompressor konvensional. Fitur inverter ini dibarengi dengan dual sensor Econavi adalah 2 fitur unggulan. Jadi carilah tipe AC Panasonic yang memiliki kedua fitur ini untuk mendapatkan AC terbaik.

- Powerful Powerful
Mode Powerful apabila dinyalakan misalnya pada saat suhu di remote 24 dan kecepatan angin fan 1, maka AC akan mengabaikan suhu dan kecepatan remote, dan menjadikan AC bersuhu 16 dengan kecepatan kipas lebih kencang dari setelan maksimum di remote selama 20 menit. Jadi misalnya anda baru pulang berpergian, sampai rumah merasa panas, anda dapat menyalakan mode powerful agar ruangan lebih cepat dingin. Setelah 20 menit AC akan otomatis kembali mengikuti suhu dan kecepatan fan sesuai dengan remote AC.

- Quiet Quiet
Mode Quiet apabila dinyalakan akan mengurangi kecepatan kipas sehingga suaranya lebih hening. Apabila anda penyuka kesunyian kala ingin tidur, maka apabila ruangan sudah sunyi dan anda masih dapat mendengar suara hembusan AC, coba nyalakan mode Quiet. Anda akan kaget karena anda benar-benar dapat mendengar perbedaannya. Pada saat mode Quiet dinyalakan, suara hembusan angin AC nyaris tak terdengar lagi. Tanpa mengurangi kapasitas mendinginkan ruangan.

Oke sekarang kita mulai dengan tipe AC Split Panasonic yang kami jual:

1. AC Panasonic Elite Inverter Freon R32 (CS-VU SKP Series) made in Malaysia tersedia mulai 1PK sampai 2PK

ac-panasonic-elite-inverter

Tipe AC ini adalah tipe KEBANGGAAN dari Panasonic Indonesia. Selain memiliki design luar biasa keren, ini adalah tipe Inverter kedua di Indonesia yang menggunakan Freon R32. Jadi Daikin bukan satu-satunya lagi AC Inverter di Indonesia yang menggunakan Freon R32 yah. AC tipe ini bener-bener canggih karena:

a. Memiliki Sirip baru bernama SKYWING dimana bukaan angin AC terletak diatas AC bukan dibawah. Siripnya pun sangat canggih karena dapat membuat angin AC menyembur keatas (RADIANT COOLING) atau menyembur ke bawah (DIRECT COOLING). Radiant Cooling dapat menurunkan temperatur ruangan dengan mendinginkan plafon kamar jadi kalau kita masuk kamar rasanya seperti masuk ke dalam Mall dimana suhunya dingin tapi ga kerasa kena sembur anginnya. Sedangkan Direct Cooling dapat digunakan pada saat AC baru menyala jadi angin sengaja diarahkan kebawah biar kita bisa lebih cepat merasa dingin. Satu-satunya AC di Indonesia yang memiliki teknologi ini cuman Panasonic Elite Inverter!

b. Memiliki teknonologi, Inverter + P-Tech, Nanoe-G featuring Dust Filter, dan juga memiliki remote AC yang sudah memiliki backlight seperti tipe High Inverter Daikin, namun bedanya remote AC Panasonic Elite Inverter ini bagian bawahnya kalau dibuka sliding turun, remotenya jadi seperti melayang. Pokoknya SUPER KERENNNN!!!!

c. Settingan suhu remote AC adalah per 0.5 derajat!!! Jadi kita bisa set suhu remote 23.5 atau 24.5 derajat misalnya. Keren banget kan?! Cuman AC Panasonic Elite Inverter satu-satunya AC di Indonesia yang memiliki fitur ini loh!

d. Memiliki KONSUMSI LISTRIK LEBIH RENDAH daripada seri Inverter CS-S RKP series dan juga sudah sama dengan Daikin High Inverter yang terkenal irit banget, jadi PASTI lebih hemat listrik.

d. Sudah menggunakan FREON R32!!!! Jadi pasti dingin bangettttttt….

e. SLIDING LED PANEL jadi pada saat AC menyala Panel-panel AC akan slide keluar menunjukkan lampu indikator power, timer, dan lampu indikator tingkat kebersihan udara. KEREN!!!!

f. XTRA-Quiet dengan teknologi ini, AC Panasonic Elite Inverter 1PK CS-VU10SKP memiliki tingkat kebisingan HANYA 18db pada settingan Quiet Mode. Hal ini menjadikan AC Panasonic Elite Inverter adalah AC PALING HENING DI INDONESIA. Tidak ada merk apapun yang mampu menyamai tingkat kebisingan AC ini. DIJAMIN! Hanya Daikin Eurpoean Design yang harganya jauh lebih mahal dan Mitsubishi Electric Inverter yang harganya lebih murah tapi Watt-nya lebih besar yang mampu mendekati dengan tingkat kebisingan Indoor 19db.

Dengan 6 keunggulan ini, membuat AC Panasonic Elite Inverter adalah salah satu AC paling canggih, paling cepet bikin dingin, paling ga berisik dan paling keren di Indonesia!

2. AC Panasonic Basic Freon R32 (CS-YN RKJ series) made in Indonesia tersedia mulai 1/2PK sampai 1PK

AC Panasonic Basic R32 CS-YN9RKJ

Tipe AC Panasonic ini baru diluncurkan, sudah memakai Freon R32, tapi tidak memiliki teknologi apapun, jadi hanya nyala dan dingin saja. Tapi garansi tetap tidak berubah yaitu 3 tahun kompressor dan 1 tahun spare part. Harganya pun lebih murah dari tipe Standard walau tidak terlalu jauh bedanya. Teknologi ooutdoor tipe AC Panasonic ini sudah dilengkapi teknologi Eco Tough.

3.  AC Panasonic Standard Freon R32 (CS-PN RKJ dan RKP series) made in Indonesia untuk RKJ dan made in Malaysia untuk RKP tersedia mulai 0.5 (1/2) PK sampai 2.5PK

AC Panasonic Standard R32 PK Kecil CS-PN9RKJ
tipe AC Panasonic ini merupakan seri standard  dari keluarga AC Panasonic. Namun jangan takut atau bimbang karena walaupun ini merupakan seri standard, kualitasnya sudah tentu terjamin dengan mempertaruhkan nama besar Panasonic sebagai pemimpin pasar AC di Indonesia. AC tipe ini telah dilengkapi dengan fitur Eco Smart 3 dan iAuto untuk 0.5PK sampai 1PK dan hanya fitur iAuto untuk 1.5PK sampai 2.5PK. Gambar diatas hanya untuk Tipe AC Panasonic Standard 1/2PK sampai 1.5PK. jadi ada seperti garis strip dibawah tulisan Panasonic di ACnya. Tipe PK kecil (1/2 sampai 1.5) juga dilengkapi outdoor Eco Tough. Untuk PK kecil tipe resminya adalah CS-PN5/7/9/12RKJ. AC Tipe ini dipoduksi di Indonesia. Semua AC Panasonic tipe RKJ adalah buatan Indonesia dan tipe RKP adalah buatan Malaysia.

AC Panasonic Standard R32 PK Besar CS-PN12RKP

Untuk gambar diatas adalah Tipe AC Panasonic Standard R32 yang PK besar ya mulai 2PK dan 2.5PK. Tipe resminya adalah CS-PN18/24RKP. Masih build up Malaysia, namun outdoor belum dilengkapi teknologi Eco Tough.

4. AC Panasonic Alowa Freon R32 (CS-KN RKJ series) made in Indonesia tersedia mulai 1/2PK sampai 1PK

AC Panasonic Alowa R32 CS-KN9RKJ
AC tipe ini memiliki watt rendah dengan cara menggunakan kompressor yang lebih kecil. Watt AC 0.5PK adalah 320 Watt Vs 380 Watt untuk tipe Standard, 3/4PK adalah 530 Watt Vs 595 Watt untuk tipe Standard, dan 1PK adalah 660 Watt Vs 820 Watt untuk tipe Standard. AC seri Alowa sudah dilengkapi fitur Eco Smart 3, dan juga sudah dilengkapi dengan filter anti bakteri (bukan Nanoe-G yang menyemburkan ion untuk membunuh bakteri). Outdoor AC juga sudah dilengkapi Eco Tough.

5. AC Panasonic Alowa Deluxe Freon R32 (CS-XN RKJ series) made in Indonesia tersedia mulai 0.5PK sampai 1PK

AC Panasonic Alowa Deluxe CS-XN9RKJ
Tipe AC Panasonic ini menggunakan daya yang sama dengan tipe Alowa diatas, namun bedanya AC tipe ini sudah dilengkapi dengan teknologi Econavi dan Nanoe-G selain fitur Eco Smart 3, Powerful dan Quiet. Outdoornya pun sudah dilengkapi teknologi Eco Tough.

6. AC Panasonic Standard Inverter Freon R410A (CS-PS QKP dan NKP series) made in Malaysia tersedia mulai 1PK sampai 2PK (DISCONTINUED)

AC Panasonic Standard Inverter R410a CS-PS9QKP
Tiep AC Panasonic ini tidak memiliki teknologi apapun kecuali Inverter, karena teknologi inverter sudah sangat menghemat listrik. Mulai tahun 2015, tipe AC Panasonic ini dikeluarkan lagi oleh PT. Panasonic Gobel Indonesia dan tersedia mulai ukuran 1PK sampai 2PK. Khusus tipe ini sepertinya sudah discontinued karena sudah tidak pernah tersedia lagi stoknya.

7. AC Panasonic Envio Freon R32 (CS-N RKP Series) made in Malaysia tersedia mulai 3/4 (0.75) PK sampai 2.5PK

AC Panasonic Envio R32 CS-N9RKP
Tipe AC Panasonic ini sebenernya top of the line panasonic kalo anda suka dingin menusuk tulang… dilengkapi semua teknologi seperti Econavi Dual Sensors, Nanoe-G, iAuto, dan Quiet. Kemudian sudah menggunakan Freon R32 yang secara karakteristik lebih dingin dari Freon R410A yang digunakan di tipe Inverter. Juga lebih ramah lingkungan dari Freon R410A. Jika ingin tahu perbedaan Freon R32 dengan jenis Freon yang lain silahkan baca artikel perbandingan Freon R32 kami. Atau kalau mau tau lebih lanjut boleh baca artikel tentang perbedaan AC Inveter dan AC Low Watt disini. Di artikel sana dibahas komplit perbedaan AC Low Watt dan AC Inverter dan lebih baik memakai AC Low Watt atau AC Inverter untuk ruangan anda.

8. AC Panasonic Inverter Freon R410A (CS-S RKP Series) made in Malaysia tersedia mulai 1PK sampai 2.5PK
AC Panasonic Inverter R410A CS-S10RKP

Tipe AC Panasonic ini adalah top the line menurut Panasonic. Dilengkapi dengan semua fitur AC Envio seperti Econavi Dual Sensors, Nanoe-G, Aerowings, dan P-Tech ditambah teknologi Inverter yang mampu menghemat listrik total 65% dibanding AC tipe non-Inverter Panasonic. Remote-nya pun berubah menjadi lebih besar dibanding model tahun 2014 supaya lebih mudah dipegang dan lebih mudah dipencet tombolnya. Untuk tipenya sekarang berubah menjadi contoh untuk 1 PK: CS-S10RKP versus model tahun 2014 yaitu CS-S10PKP

Nah untuk AC type Standard, Alowa, Alowa Ion dan Standard Inverter, itu AC kompressor dari Malaysia, body AC, Evaporator, dll dibuat di pabrik Panasonic di Indonesia.

Sedangkan untuk tipe Envio, Inverter dan Elite Inverter Kompressor AC, body AC, Evaporator dll itu CBU dari pabrik Panasonic di Malaysia, dan diimport utuh.
Sekali lagi kami tekankan SEMUA TIPE AC PANASONIC yang belakangnya RKJ adalah buatan Indonesia dan yang belakangnya RKP adalah buatan Malaysia. Jadi tidak perlu bingung lagi yah.
Oke kira-kira sekian dulu artikel kali ini. Bila ingin mengetahui spesifikasi, Btu, konsumsi daya dan harganya silahkan langsung kunjungi artikel daftar harga AC Panasonic terbaru 2016 kami.
Semua Line up Tipe AC Panasonic 2016 dikupas tuntassss, tanpa kebohongan, tanpa neko-neko, dengan bahasa yang semoga lebih mudah dimengerti daripada bahasa penjual AC yang lain :)
Lain kali saya akan berikan lagi artikel yang berguna bagi anda customer kami agar tidak mudah ditipu atau dibodohi oleh penjual AC yang tidak bertanggung jawab.
Kalau anda ingin membeli AC Daikin kami pun memiliki artikel yang menjabarkan perbedaan tipe AC Daikin yang split. Dibuat dengan gaya penulisan yang sama dan tentu saja dengan jujur, tidak bertele-tele dan yang pasti tepat sasaran. Silahkan baca bila anda berkenan disini. Kalau mau langsung cek harganya silakan segera kunjungi halaman daftar harga AC Daikin terbaru 2016 kami.

Oleh karena itu, jangan ragu lagi untuk mempercayakan pembelian, pemasangan maupun service AC Panasonic atau AC Daikin anda kepada kami. Kami berjanji memberikan pelayanan yang terbaik bagi anda dengan harga yang kompetitif. Hubungi kami sekarang baik melalui halaman contact us, lewat email ke info@nationalelektronik.com ataupun menghubungi hotline kami di (021) 737 5155 – 56 atau gunakan semua cara yang ada diatas baik lewat FB, Twitter, BBM, YM atau WA

Artikel dibuat oleh:

Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
Follow me on Instagram and Twitter @samuellumentut
National Elektronik

Artikel diperbarui terakhir pada tanggal: 14 April 2016

Facebooktwittergoogle_plusby feather

208 Responses to “Perbedaan Tipe AC Panasonic Dan Penjelasan Teknologi AC Panasonic”

  1. zulkifli May 7, 2016 at 12:14 #

    Saya pke AC panasonic 2 unit… 1nya dingin dan 1nya sll bermasalah, sdh diservice indoor dan outdoornya, bahkan sdh diganti pipanya…freon diisi ulang dkm 1 minggu sdh tdk dingin…
    Dimana masalah tsb….
    Tks

    • Web_Admin May 17, 2016 at 06:07 #

      Selamat siang,

      Apakah sudah pernah panggil teknisi resmi Panasonic untuk cek AC anda?

      Kemungkinan ada kebocoran yang tidak terdeteksi. Di Evaporator, atau di Kondensor atau di pipa kapiler kompressor.

      Lebih baik telepon ke Panasonic contact center di 0804 1 111 111 dan minta teknisi resmi Panasonic untuk datang cek kondisi AC anda ya.

      Terima kasih.

  2. fus April 27, 2016 at 07:28 #

    permisi admin.
    kok saya lihat lihat foto ac panasonicnya terutama di sensor econavinya ac panasonic CS-XN5RKJ berbeda dengan CS-N7RKP dan CS-S10RKP kalau di xn-5rkj kaya ada lubang di sensor econavinya dan di cs-n7rkp dan cs-s10rkp bentuk sensor econavinya datar saja

    trima kasih karena saya lagi kebingungan

    • Web_Admin April 27, 2016 at 07:33 #

      Selamat siang,

      Memang sensornya berbeda.

      Yang di CS-XN5RKJ hanya teknologi Econavi single sensor yaitu sensor keberadaan manusia

      Sedangkan yang di CS-N7RKP dan CS-S10RKP sudah dilengkapi dengan Econavi Dual Sensor, yaitu Sensor sinar matahari dan sensor keberadaan manusia.

      Untuk lebih jelasnya silakan langsung kunjungi halaman perbedaan ac panasonic kami disini yah http://goo.gl/W5VBVb

      Di artikel tersebut dijelaskan tuntas semua perbedaan teknologi yang ada di AC Panasonic.

      Terima kasih sudah mampir dan bertanya kepada kami.

  3. Kimochi April 26, 2016 at 17:18 #

    Pk mau nanya Ac panasonic cs-uv5rkp mmng ada yg 340 watt ya????,makasih

    • Web_Admin April 27, 2016 at 07:27 #

      Selamat siang,

      AC Panasonic CS-UV5RKP menyedot listrik sebesar 405 Watt sesuai brosur dan spesifikasi resmi dari website Panasonic

      Jadi tidak ada yang 340 Watt.

      Terima kasih.

  4. Rocky April 24, 2016 at 16:10 #

    Nanya nih Pak yah, di type Alowa kan menggunakan kompresor yg watt nya lebih kecil dibanding type standar, kira2 dengan kompresor lebih kecil pengaruhnya apa yah Pak dibandingkan dgn kompresor pada type standar dari sisi selain pemakaian listrik, misal waktu pendinginan ato kualitas dinginnya sama aja? Lebih awet mana kompresornya Pak?
    Terimakasih jawabannya yah, semoga sukses selalu.

    • Web_Admin April 26, 2016 at 03:49 #

      Selamat siang,

      Pengaruh AC Low watt adalah:

      1. kualitas dingin sama aja

      2. lebih lama mendinginkan ruangan sudah pasti

      3. kompressor lebih berisik sudah pasti juga

      4. Kalo keawetan sebenernya tergantung maintenance juga. Kalo dari pertama masang ACnya bener, dan rutin diservice MAKSIMAL 2 – 3 bulan sekali, harusnya sama awetnya.

      Oke terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

  5. iwan April 19, 2016 at 14:45 #

    Pak.. Bisa kasih saran ga mengenai settingan terbaik utk hemat maksimal di pemakaian ac panasonic xn9rkj? Saya sudah cukup nyaman di suhu remote 27-28 celcius. Lebih hemat mana, aktifkan fitur econavi atau mode quiet? Kondisi suhu dgn mode quiet juga tidak masalah bagi saya.

    • Web_Admin April 20, 2016 at 04:43 #

      Selamat siang,

      Untuk AC Non-Inverter sebenarnya setting paling hemat adalah sesering mungkin kompressor mati. Berarti sesering mungkin suhu ruangan bisa tercapai.

      AC Panasonic CS-XN9RKJ nya digunakan di ruangan ukuran berapa ya? Kalau maksimal 4x4m setting suhu 27-28 akan sangat menghemat pemakaian. Walaupun tetep paling hanya sekitar 10-15% dibanding set suhu 24 kebawah.

      Tidak pengaruh ada mode Econavi atau quiet kok pak, karena kebutuhan motor fan speed indoor paling hanya 5-10Watt tidak sebesar daya kompressor yang bisa menyedot 660Watt.

      Oke terima kasih atas kunjungannya ke website kami.

      • iwan April 21, 2016 at 07:30 #

        Oo begitu ya pak. Kamar 4×3 kok pak. Hmmm.. supaya suhu cepat tercapai, apakah logis dan hemat jika menggunakan powerfull mode?

        • Web_Admin April 22, 2016 at 05:23 #

          Selamat siang,

          Untuk AC non-Inverter penggunaan mode powerful tidak akan mempengaruhi listrik.

          Justru pada saat AC pertama kali dinyalakan lebih baik memencet mode powerful biar lebih cepat dingin.

          Toh nanti dalam 20 menit kan mode powerful nya mati sendiri.

          Oke semoga sudah jelas ya

          Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaannya.

  6. hadi April 11, 2016 at 16:04 #

    Min, saya mau tanya, jenis ac panasonic 3/4pk, CS-N RKP series berapa? Biar langsung bisa saya tanyakan ketoko yg jual. Maklum jauh dikalimantan. Sekalian saya minta info spesifikasi. Trim’s..

    • Web_Admin April 14, 2016 at 05:19 #

      Selamat siang,

      wah kalau harga di Kalimantan pasti lebih mahal dibanding di Jakarta ya..

      Untuk harganya sebenarnya tinggal buka halaman web kami disini http://goo.gl/fPRdF8 disitu lengkap spec dan harga AC yang anda mau

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

  7. dsusetyo March 25, 2016 at 13:28 #

    Admin yth,

    Boleh usul nih. Kalau ditampilkan dalam bentuk tabel mungkin lebih gampang dibandingkan yah. seperti kalau kita “compare” produk jika beli toko online.

    Lebih bagus lagi juga jika website juga berfungsi sebagai toko online. Tinggal nambah tombol “BELI” di dafatar produknya.

    Terima kasih.

    • Web_Admin March 28, 2016 at 06:23 #

      Selamat siang,

      Ya kami memang berencana mau total overhaul website kami di tahun ini juga. Semoga kalau tidak ada halangan sebelum Q4 2016 website kami sudah berubah total.

      Untuk saat ini si team IT kami sedang ingin bekerja sama dengan salah satu Digital Agency terbesar di Indonesia untuk menggarap website kami. Doakan supaya lancar2 saja yah Pak hehehehe..

      Oke terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

  8. Edel March 22, 2016 at 09:55 #

    Mau tanya tipe apa yg inverter r410a 1/2 PK saja ? tapi sudah ada eco smart 3 nya & nanoe – G ? terima kasih

    • Web_Admin March 22, 2016 at 10:03 #

      Selamat sore,

      Untuk AC Panasonic Inverter dengan Freon R410A dari dulu hanya tersedia mulai 1PK. Yang tipe terbaru Elite Inverter yang sudah menggunakan Freon R32 pun tetap mulai dari 1PK.

      Hanya Sharp yang saat ini memiliki AC Inverter 1/2PK. Untuk Daikin akan segera masuk lagi mulai bulan Juni atau Juli 2016.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

  9. fajar March 20, 2016 at 08:44 #

    Selamat siang mas. Saya ingin beli AC panasonic utk ukuran ruangan kmr 2*2 dengan low watt dan R32 hrga terjangkau itu type apa ? Terima kasih

    • Web_Admin March 21, 2016 at 09:19 #

      Selamat sore,

      untuk ruangan 2×2 bisa menggunakan AC Panaasonic Low Watt 1/2PK tipe CS-XN5RKJ

      harganya Rp. 4.200.000,-

      sudah termasuk ongkos pasang, pipa Freon HODA 5m, kabel listrik NYM 3×2.5 5m, drain air 2m dan bracket

      Belum termasuk transport tergantung lokasi pemasangan AC.

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

  10. Deddy March 17, 2016 at 17:20 #

    Pak apakah sdh pulang dari Bali ??, klo boleh tahu apa tipe Standard Inverter terbaru yg 1,5 Pk & apakah sdh menggunakan freon R32 ??, apakah sepulang dari Bali brgnya sdh ready ??

    • Web_Admin March 21, 2016 at 07:30 #

      Selamat siang,

      sudah pulang Pak.

      Nanti artikel ini akan kami update dengan AC terbaru dari Panasonic Line Up 2016 yah. Termasuk untuk tipe terbaru Panasonic Elite Inverter.

      Untuk tipe Inverter merk selain Daikin TIDAK ADA dan TIDAK AKAN PERNAH ADA yang pake R32. Karena memang tidak diberikan ijin oleh Daikin (paten R32 dipegang sama Daikin) untuk digunakan di AC Inverter.

      Kecuali nanti suatu hari Daikin kasi ijin baru deh AC Inverter ada yang pake R32.

      Tipe Standard Inverter Panasonic malah discontinued Pak. gantinya yang Elite Inverter dengan harga unit sekitar 8jutaan untuk yang 1PK (Harga belum final dan barang baru ready awal April 2016). Dan semuanya masih menggunakan Freon R410A.

      Oke terima kasih ya sudah mampir ke website kami.

  11. Muh.Idrus March 15, 2016 at 12:36 #

    saya berada di provinsi sulawesi barat, saya ingin beli AC panasonic Alowa Deluxe CS-XN RJ series 1/2 PK, apakah type ini sudah ada pasaran Sulawesi Barat atau Makassar, mohon infomasinya, kalau bisa dengan nama tokonya, terima kasih

    • Web_Admin March 16, 2016 at 07:21 #

      Selamat siang,

      Di Makassar ada kok dealer AC Panasonic Pak tapi kami memang tidak punya referensi.

      Untuk tipe CS-XN5RKJ 1/2PK saya yakin ada juga di Makassar Pak.

      Mungkin bisa hubungi call center panasonic di 0804 1 111 111 dan tanya dealer resmi mereka disana.

      Oke terima kasih sudah mampir ke website kami.

  12. wewe March 11, 2016 at 14:46 #

    Malam pak,
    Mau tanya nih.. ac saya panasonic deluxe tipe xn7rpj dengan luas kamar 3×3,5 m apakah sdh ideal?
    Trs waktu service terakhir kemarin tekanan freon menunjukkan 100psi dan masih dingin, apakah perlu tambah freon sampai 160psi? Dan klo perlu tambah freon kira2 biaya brp yaa?
    Minimal tekanan freon sehingga harus tambah freon kira2 brp? Baik untuk freon r22 dan r32 krna di rumah saya menggunakan ac dgn freon berbeda..
    Terima kasih pak

    • Web_Admin March 16, 2016 at 05:00 #

      Selamat siang,

      Untuk ruangan 3×3.5 masih mencukupi bila menggunakan AC 3/4PK.

      Harusnya untuk tekanan freon R32 harus sekitar 140an loh. Dengan kondisi tekanan 100psi berapa Ampere ya runningnya? Kalau sesuai tulisan di body Outdoor sih tidak apa2.

      Tapi kalo ampere-nya kurang lebih baik tekanan freon ditambah agar kerja kompressor sesuai standard pabrikan.

      Untuk menambah freon R32 sekitar Rp. 550.000,- itu menggunakan Freon merk Daikin asli dari Jepang.

      Untuk AC Freon R22 harusnya tekanannya sekitar 80psi.

      Oke terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

  13. erwin March 10, 2016 at 22:29 #

    Mau tanya apa ac panasonic 1/2 pk CS-UV5RKP lampu powernya terus menyala walaupun ac tidak di hidupkan .. mohon responnya , terima kasih

    • Web_Admin March 14, 2016 at 05:28 #

      Selamat siang,

      Sekali lagi kami tekankan kalau AC CS-UV5RKP tidak dijual di dealer retail seperti kami. Hanya di modern channel seperti carefour, best denki, courts, electronic city, dll. Jadi kami tidak bisa menjawab dengan 100% pasti.

      Tapi selama ini sih mau AC merk apapun kalau mati ya lampu powernya PASTI mati juga.

      kecuali lampu timer kedip2 itu baru tanda kalau freon kosong gara2 bocor sampai habis. Yang menyebabkan ac jadi ga mau nyala lagi.

      Oke terima kasih atas keunjungan dan pertanyaannya.

  14. Salsabilaflorist March 9, 2016 at 12:31 #

    Pak, saya mau pasang AC untuk kamar tidur dengan luas 3.30 x 3.90, sebaiknya pakai AC panasonic type apa ya pak?
    Saya sih senang dengan cs-xn9rkj.
    Mohon bimbingannya pak.
    Oya, kalau mau pesan di national elektronik ini cara pemesanannya bagaimana? Kalau sekalian kirim dan pasang untuk daerah rawa belong jakarta barat kena biaya tambahan berapa?
    Terimakasih

    • Web_Admin March 10, 2016 at 05:28 #

      Selamat siang,

      Untuk kamar 3.3 x 3.9 memang CS-XN9RKJ sudah bagus dan memadai.

      Kalau mau pesan silakan bisa lewat email, BBM, WA, telepon, dll.

      Ada smua Pak di Banner atas website kami, silakan di scroll sampe paling atas yah.

      Harga nya Rp. 4.500.000,-

      sudah termasuk ongkos pasang, pipa Freon HODA 5m, kabel listrik NYM 3×2.5 5m, drain air 2m dan bracket juga ongkos transport ke Rawa Belong.

      Terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

  15. hendri March 6, 2016 at 04:48 #

    pak saya mau nanya kenapa compresor yang memakai r32 cepat panas untuk ukuran ac 2pk mohon penjelassannya mksh

    • Web_Admin March 8, 2016 at 07:57 #

      Selamat siang,

      hmmm… semua compressor juga cepet panas pak, ga mesti yang r32 yang cepet panas.

      kami pasang yang 2pk daikin thailand pake freon r410a juga cepet panas kok compressornya.

      makanya kan ada sirip pendingin dan kipas untuk membuang panas kompressor. Jadi ga ada masalah seharusnya pak.

      terima kasih sudah mampir ke website kami.

  16. rudi February 25, 2016 at 09:55 #

    selamat siang pak. mau tanya kalo AC panasonic standart 1/2PK Tipe CS UV5RKP itu kan ada fitur ECO di remotenya. itu fungsinya ECO apa pak? soalnya tadi penjelasan di atas ada ECOsmart dan ECOnavi. nah untuk tipe ac ini ECO apa ya?

    untuk konsumsi listriknya bener 402Watt ya pak? naah kira kira pemakaian misalnya 24 jam sehari kena biaya berapa rupiah ya untuk tarif listrik PLN terbaru saat ini?

    pertanyaan terakhir. Gimana ya pak trik atau tips pemakaiannya biar bener bener hemat dengan menggunakan tipe AC ini.

    mohon pencerahannya pak. Terimakasih.

    • Web_Admin March 2, 2016 at 09:48 #

      Selamat sore,

      Untuk fitur ECO di AC CS-UV kami tidak bisa menjawab 100% karena AC nya tidak masuk dan tidak dijual oleh dealer retail seperti kami. Namun hanya untuk modern channel seperti Carefour, Giant, Best Denki, Electronic City, dll…

      Namun menurut hemat kami, fitur ECO-nya adalah fitur Ecosmart BUKAN ECOnavi.

      Ya menurut brosur sih Wattnya memang 420 Watt. Untuk pemakaian 24 jam sehari kami tidak tahu karena kami tidak tahu listrik anda berapa watt, masuk kategori berapa? dan harga per kwh berapa.

      tapi intinya misalnya per kwh Rp. 1.531 berarti per jam 0.42 kwH x Rp. 1.531 = Rp. 643,02

      Per hari berarti 24 jam x Rp. 643.02 = Rp. 15.432,48 dan sebulan 30 hari x Rp. 15.432,48 = Rp. 462.974,4

      Dan tentu saja per tahunnya 12 bulan x Rp. 462.974,4 = Rp. 5.555.692,8 Lumayan mahal kan? Makanya lebih baik pakai Inverter Pak. Pengeluaran setahun bisa berkurang jadi Rp. 2.650.000,-

      Hitungan ini ada di artikel tentang AC Inverter kami disini http://goo.gl/tWKawq silakan dibaca bila ingin tahu lebih jelas.

      Itu hanya hitungan kasar yah Pak untuk yang CS-UV5RKP.

      Tips pemakaian biar hemat silakan langsung baca artikel kami yang cara menghemat listrik AC disini Pak http://goo.gl/a9N7TK

      Oke semoga sudah cukup cerah ya Pak.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

  17. masmoko February 25, 2016 at 07:26 #

    Saya pasang ac panasonic1/2pk yg pake r32. Masalahnya pada saat pln off,dan saya gunakan genset..ac tersebut tidak mau nyala..pdhal ac yg lainTidak ada masalah.mohon pencerahan.

    • Web_Admin March 2, 2016 at 09:38 #

      Selamat siang,

      Biasanya hal tersebut terjadi karena frekuensi AC dengan genset berbeda. Frekuensi listrik AC 50Hz sedangkan genset 60Hz.

      Itu sih yang kami tahu. Soalnya di AC Daikin juga hal ini pernah terjadi Pak. Kalau ada sebab lain kami kurang tahu.

      Mungkin lebih baik bisa telepon customer service Panasonic di 0804 1 111 111 Untuk lebih jelasnya.

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

  18. merry February 24, 2016 at 14:53 #

    saya untuk ac Panasonic CS/CU UV5RKP itu termasuk tipe bandel ga?
    kata spg carefour made in china, no good katanya, apa beda panasonic made malaysia,china or thai untuk type ini?
    thx

    • Web_Admin March 2, 2016 at 08:47 #

      Selamat sore,

      Untuk AC Panasonic CS-UV adalah buatan Malaysia dan menggunakan Freon R410A.

      AC ini hanya khusus dikeluarkan Panasonic untuk modern channel seperti Carefour, Giant, Best Denki, Electronic City, dll… Jadi tidak masuk ke dealer retail seperti toko kami.

      Untuk bandel atau tidak, kami tidak berani memberi komentar karena memang kami tidak menjual unitnya.

      Panasonic hanya ada made in Malaysia dan Indonesia jadi tidak ada dibuat di thai atau China.

      Namun kalau mau cari perbandingannya bisa juga coba gunakan AC Panasonic yang tipe Standard CS-PN5RKJ made in Indonesia yang sudah menggunakan Freon R32.

      Harganya pun saya yakin tidak terpaut jauh.

      Terima kasih sudah mampir dan bertanya ke website kami.

Leave a Reply