POSTED BY Web_Admin | Aug, 12, 2014 |

ac low watt Vs AC Inverter Panasonic 1PK CS-S10PKP

Sejak kemunculan AC Low Watt dan AC Inverter, sering sekali pertanyaan mengenai AC Low Watt dan AC Inverter yang kami terima… Beberapa pertanyaan yang paling sering diajukan kami rangkum dibawah ini. Jawaban dari semua pernyataan ini adalah hanya untuk merk Panasonic dan Daikin sebagai 2 merk terbaik AC di Indonesia bahkan di dunia yang toko kami jual.

 

1. Lebih irit mana AC Low Watt sama AC Inverter?

AC Low Watt memiliki Watt yang stabil yang lebih rendah sejak AC dinyalakan. contoh (1PK standard Panasonic 820 Watt Vs 660 Watt untuk tipe Alowa atau Alowa Ion) Sedangkan untuk tipe Inverter Watt-nya bervariasi dari 225 – 920 Watt dengan cara kerja pada waktu Start Watt AC akan 920 Watt untuk mempercepat pendinginan, dan pada saat suhu ruangan sudah sama dengan suhu remote, kinerja kompressor akan dikurangi sehingga watt bisa turun sampai 225.

Sedangkan untuk merk Daikin (1PK Standard Thailand 819Watt Vs 780Watt untuk tipe Low Watt – Standard Malaysia) dan untuk Inverternya yang High Inverter Watt-nya hanya 260 – 735Watt!

Nah untuk menjawab pertanyaan lebih irit mana, tergantung dari pemakaian. Kalau AC sering dinyala-matikan seperti contoh di ruangan main anak dimana AC hanya nyala 2 atau 3 jam per hari, AC Low Watt tentu lebih hemat daripada tipe Inverter. Berbeda dengan misalnya AC untuk kamar tidur dimana AC mungkin menyala sekitar 10 – 12 jam per hari bahkan lebih, listrik AC Inverter tentu saja lebih irit karena mampu menurunkan daya hingga 225 Watt terutama di dini hari sekitar pukul 2 – 5 pagi.

Contoh lain seperti di ruangan Karaoke. Salah satu klien kami, Happy Puppy Karaoke Keluarga juga memiliki pertanyaan yang sama, untuk ruang karaoke mereka meminta saran untuk penggunaan AC yang paling irit. Kami memberikan saran AC Alowa Panasonic dengan Watt rendah bukan AC Inverter karena AC di ruangan karaoke hanya dinyalakan apabila ruangan akan digunakan. Begitu customer selesai menggunakan ruangan karaoke, AC akan segera dimatikan. Oleh karena itu kami menyarankan AC dengan Watt rendah.

 

2. AC Inverter lebih mahal dibanding yang Low Watt, worth it ga ya? apa nggak mendingan beli yang low watt aja, lebih murah?

Pertanyaan kedua ini juga sering sekali ditanyakan oleh customer kami. Jawabannya simpel. AC Inverter memang lebih mahal bahkan bisa berbeda lebih dari 1.5 juta rupiah. Sebagai contoh, AC Daikin tipe Standard Thailand 1PK (FTC25NV14) harganya Rp. 4.550.000 termasuk pasang, pipa freon HODA 5m, kabel listrik SUPREME 3×2.5 5m, drain air 2m dan bracket untuk menggantung outdoor. Sedangkan harga AC Daikin Premium Inverter 1 PK (FTKM25SVM4) adalah Rp. 8.225.000 termasuk pasang, pipa freon HODA 5m, kabel listrik SUPREME 3×2.5 5m, drain air 2m, bracket untuk menggantung outdoor dan proses Vacuum sesuai SOP Daikin.

Banyak customer kami yang bilang “ah mahal amat AC Inverter bedanya sampe nyaris 2x lipat!” Well, apabila AC tersebut dinyalakan sepanjang malam setiap harinya, dalam waktu kurang lebih 1 tahun, anda akan balik modal, dan setelah itu anda dapat menikmati hemat listrik dan turun-nya jumlah tagihan listrik yang harus anda bayarkan tiap bulannya. Kalau mau lihat berapa Rupiah yang dapat dihemat dengan menggunakan AC Inverter, kami sarankan anda membaca artikel kami yang Apakah AC Inverter adalah AC hemat listrik? dimana di artikel tersebut kami membongkar habis semua mitos AC Inverter dan rumor yang beredar tentang AC Inverter.

Kemudian AC tipe Inverter merupakan AC top of the line bagi merk Daikin dan Panasonic, jadi tentu saja AC tipe tersebut telah dilengkapi dengan segala kecanggihan teknologi. Sebagai contoh AC Panasonic Inverter 1 PK telah dilengkapi teknologi Aerowings, P-Tech, iAutoX, Nanoe-G yang dapat menetralisir virus, bakteri, asap rokok, bahkan virus flu burung yang ada di udara, dan di permukaan sofa atau tempat tidur. Kemudian ada lagi teknologi EcoNavi Dual Sensors dimana teknologi ini mampu mendeteksi keberadaan manusia, dan mendeteksi sinar matahari. Sedangkan di tipe Alowa (Watt rendah) teknologi tersebut tidak tersedia.

Sama juga di Daikin Inverter versus Daikin Standard Thailand. Di Daikin Inverter telah dilengkapi dengan sensor keberadaan manusia dan filter PM2.5 yang bisa menyaring partikel sampai ukuran 2.5 mikron (1/7 rambut manusia), bisa atur kelembaban ruangan dan memiliki fitur COANDA cooling sedangkan di Daikin tipe standard Thailand dengan Watt standard tidak dilengkapi fitur tersebut. Jadi sebenarnya anda memperoleh kelebihan dari harga yang anda bayarkan. BTW kalau anda bingung dengan segala fitur-fitur yang ada di AC Panasonic, anda dipersilahkan membaca artikel yang menjelaskan perbedaan tipe AC Panasonic. Dan kalau ingin mengetahui perbedaan AC Daikin silahkan di klik.

 

3. Outdoor AC Low Watt lebih berisik ya dibanding AC Inverter atau AC tipe lain?

Nah untuk pertanyaan ini, jujur dari pengalaman kami jawaban kami adalah YA. AC Low Watt menggunakan kompressor dengan daya lebih kecil dari AC tipe lainnya, kalaupun tidak berarti mereka memotong kinerja kompressor sehingga Watt yang digunakan lebih rendah dari tipe standard atau tipe lainnya. Oleh karena itu Outdoor AC Low Watt menjadi lebih berisik dibanding tipe Inverter. Hal ini berlaku untuk merk Panasonic, untuk AC Daikin sih toko kami tidak pernah menerima complaint kalau Outdoornya berisik.

 

4. Jadi kalo kinerja kompressor dipotong AC Low Watt jadi kurang dingin dong?

AC Low Watt mungkin saja memotong kinerja kompressor, namun untuk masalah dingin kami yakin PASTI SAMA dengan AC tipe lain kecuali AC Inverter (saya akan jelaskan di pertanyaan selanjutnya). AC Low Watt memiliki kemampuan mendinginkan ruangan yang sama dengan AC tipe lain, hanya saja waktu yang dibutuhkan untuk mencapai suhu yang diinginkan menjadi lebih lama dibanding AC standard dengan Watt 820 versus Watt 660 untuk tipe Low Watt, karena kerja kompressor yang tidak sekuat AC dengan Watt lebih besar.

 

5. Maksudnya semua tipe AC sama dinginnya kecuali AC Inverter?

AC Inverter menggunakan Freon R410A, AC tipe lain menggunakan Freon R22. Bedanya apa sih? Bedanya Freon R22 masih merusak Ozone, dan di negara lain sudah dilarang digunakan, di Indonesia sendiri Freon R22 harus dihentikan penjualannya dari pabrik ke dealer pada bulan Januari 2015, namun dealer AC masih boleh menjual sisa stok sampai habis. Freon R410A tidak merusak Ozone, tapi ada kekurangannya. Bila Angka Index dingin Freon R22 adalah 100, maka Freon R410A hanya 96. Jadi banyak juga customer kami yang suka komplen kalau AC Inverter mereka ga sedingin AC lama mereka yang menggunakan Freon R22. Hal ini secara scientific salah karena SEMUA pabrikan AC sudah memastikan bahwa suhu udara yang keluar dari unit Indoor haruslah dibawah 10 derajat Celsius.

Nah yang membedakan adalah “feel” atau rasa di kulit. Karena angka index dingin Freon R410A hanya 96, makanya AC Inverter itu TIDAK BISA membuat dingin menusuk tulang seperti AC yang menggunakan Freon R22. Ini bukan karena AC tipe Inverter jelek, hanya karena karakteristik Freon itu sendiri yang menyebabkan hal ini bisa terjadi.

 

6. Trus kalo R22 dilarang, gantinya apa dong?

Gantinya R22 adalah R32, dimana Freon tersebut tidak merusak ozone bahkan memiliki angka index dingin 160, jadi akan terasa jauh lebih dingin di kulit bahkan dari Freon R22. Kekurangannya adalah Freon R32 lebih mudah terbakar dibanding R22 atau R410A, namun tidak perlu takut ataupun ragu, karena lebih mudah terbakar disini hanya beda sedikit dan sama sekali tidak berbahaya. Daikin adalah pabrikan AC pertama di dunia yang menerapkan Freon R32 di line up AC mereka dimulai bulan Januari 2015 di Indonesia, diikuti oleh Panasonic yang juga akan mulai menjual produk AC Split yang menggunakan Freon R32 mulai Februari 2015. Untuk mengetahui perbedaan Freon R32, R22, dan R410A kami persilahkan anda membaca artikel perbandingan Freon R32 kami. Silahkan klik link sebelum ini. Atau silahkan langsung buka halaman tipe AC Panasonic dan tipe AC Daikin kami untuk langsung melihat AC tipe mana yang menggunakan Freon R32, mana yang menggunakan Freon R410A.

 

7. Jadi kalau pake AC Inverter pasti jadi ga bisa dingin banget dong ya?

Untuk jawabannya, YA dan TIDAK. Ya karena memang karakteristik Freon yang menyebabkan perbedaan rasa di kulit tadi, TIDAK karena seluruh line up AC Inverter Daikin sudah menggunakan Freon R32! Hemat listrik dan dingin menusuk tulang! tipe ini tersedia mulai 1/2 PK sampai 3 PK. Daikin adalah merk AC pertama di Indonesia yang menyediakan tipe Inverter yang sudah menggunakan Freon R32. Kunjungi halamam harga ac daikin kami untuk melihat price list lengkap AC Daikin. Sedangkan untuk line up AC Inverter Panasonic 2018 (CS-U TKP Series dan CS-PU Series) juga sekarang sudah menggunakan Freon R32. Silahkan langsung kunjungi halaman harga AC Panasonic untuk melihat harganya.

 

8. Jadi boleh ga dirangkum kelebihan dan kekurangan AC Low Watt dan AC Inverter, terus mending pake yang mana?

Oke Untuk AC Low Watt:
–> Kelebihan:
– Jauh lebih murah jauh dari AC Inveter
– Kalau AC sering dinyala-matikan sebentar-sebentar, lebih hemat pemakaian listriknya
– Sudah menggunakan Freon R32 untuk merk Panasonic dan Daikin jadi secara rasa di kulit akan lebih dingin dari AC Inverter.

–> Kekurangan:
– Untuk mencapai suhu yang diinginkan lebih lama dibanding AC Inverter
– Outdoor lebih berisik dibanding tipe Inverter
– Karena dianggap memiliki kasta dibawah tipe Inverter, teknologi yang disematkan di dalam tipe ini tidak selengkap tipe Inverter
– Kalau AC nyala lama lebih dari 4 jam per hari, tipe Inverter lebih hemat pemakaian listriknya

Untuk AC Inverter:
–> Kelebihan:
– Merupakan AC Top of the line untuk Panasonic dan Daikin sehingga memiliki semua teknologi yang dimiliki masing-masing merk
– Jauh lebih cepat mendinginkan ruangan dibandingkan tipe Low Watt, terutama dengan teknologi iAutoX Panasonic, AC Inverter Panasonic menjadi AC yang paling cepat mendinginkan ruangan di Indonesia.
– Semakin lama AC dinyalakan, semakin hemat pemakaian listriknya dan hematnya pun cukup dahsyat bisa mencapai lebih dari 2 juta Rupiah per tahun bahkan lebih bila TDL (Tarif Dasar Listrik) di Indonesia naik terus (dan memang naik terus kan setahun bisa 2 kali bahkan lebih)

–> Kekurangan:
– Jauh lebih mahal dibandingkan tipe Low watt
– Menggunakan Freon R410A yang secara general memiliki tingkat index dingin yang lebih rendah dibandingkan tipe Low Watt (kecuali AC Daikin Inverter dan AC Panasonic Inverter yang semua tipenya sudah menggunakan Freon R32)
– Kalau AC sering dinyala-matikan akan lebih boros konsumsi listrik dibandingkan tipe Low Watt, dan apabila setting suhu-nya salah, penghematannya jadi tidak berarti. Maksudnya? silahkan baca artikel cara menggunakan AC kami dimana kami menjabarkan cara yang benar untuk penggunaan AC agar lebih hemat listrik dan AC lebih awet.

Mau pakai yang mana? sesuaikanlah dengan bujet awal pembelian AC dan cara penggunaan AC itu sendiri, apakah sering dinyala-matikan atau nyala sepanjang malam. Oleh karena itu untuk tipe Inverter biasanya kami WAJIBKAN penggunaannya untuk kamar tidur utama dan anak. Untuk kamar tidur tamu (yang jarang ditempati), kamar bermain, ruang tamu, ruang keluarga, dapur dan ruangan-ruangan lainnya yang memang tidak terlalu sering digunakan atau digunakan paling hanya 2 – 3 jam per hari, boleh gunakan tipe Low Watt atau tipe Standard.

Oke, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Kami juga memiliki berbagai artikel lainnya, silakan langsung dibaca aja ya:

1. Apakah perlu isi ulang Freon AC?

2. Apakah AC Inverter benar – benar bagus dan hemat listrik?

3. Cara menggunakan AC agar awet dan hemat listrik

4. Cara menghitung kebutuhan PK AC sesuai ruangan

5. Semua yang harus anda tahu tentang AC Low Watt dan AC Inverter

6. Mengapa Ongkos pasang AC Freon R32 lebih mahal?

7. Perbedaan Freon R22, R32 dan R410A

8. Penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin

9. Perbedaan Tipe AC Daikin

10. Harga AC Daikin 2018

11. Perbedaan tipe AC Panasonic

12. Harga AC Panasonic 2018

13. Brosur AC Daikin

14. Pengangkatan National Elektronik sebagai Daikin AC Shop

15. Tips dan trik menggunakan AC Inverter

16. AC Daikin Multi S

17. Testimoni AC Daikin di Kaskus

18. Emang AC Gree bagus? Kan buatan China

19. Harga AC Gree 2018

20. Tipe AC Gree apa saja dan perbedaannya

21. Bocoran AC Gree 2018

22. Launching AC Daikin Line Up 2018

23. Review Daikin Inverter Flash 1PK FTKQ25SVM4

24. Apaan sih COP dan EER itu?

 

Oleh karena itu, jangan ragu lagi untuk mempercayakan pembelian, pemasangan maupun service AC anda kepada kami. Kami berjanji memberikan pelayanan yang terbaik bagi anda dengan harga yang kompetitif. Hubungi kami sekarang baik melalui halaman contact us, lewat email ke [email protected] ataupun menghubungi hotline kami di (021) 737 5155 – 56 atau gunakan semua cara yang ada diatas baik lewat FB, Twitter, atau WA

Sampai jumpa di artikel berikutnya yang pasti sarat dengan informasi yang berguna agar anda sebagai konsumen tidak mudah ditipu oleh para penjual AC yang tidak bertanggung-jawab mau asal laku dan untung banyak 🙂

Artikel dibuat oleh:

Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
Follow me on Instagram and Twitter @samuellumentut
National Elektronik

Artikel diperbarui terakhir pada tanggal: 24 November 2018

TAGS :
  • Robert

    Selamat siang.,
    Mohon info.
    Utk kamar 4×4,kalo pake tipe inverter 1/2 PK , target dingin sekitar 24C..apakah bisa tercapai efisiensi listrik? Daya total dirumah cuma 2200W…dsn sdu banyak terpaksi utk alatW electronic yg lain
    .jd hrs nyari yg terendah utk AC nya..
    Thks

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      wah kamar 4×4 membutuhkan Btu 9.600 supaya dingin dan hemat listrik.

      Inverter 1/2PK Btu-nya 5.100 dan maksimumnya 6.500. Kalo dipake di ruangan 4×4 boro2 mau nyampe suhu 24. Paling banter suhu ruangan bisa mencapai 26. 25 mungkin bisa pas subuh atau lagi hujan badai.

      Jangan ngomongin efisiensi listrik kalo sudah begini hehehehe..

      kamar 4×4 WAJIB menggunakan Inverter 1PK itu aja udah minimum banget.

      Kalo emang maunya ngejer efisiensi listrik pake 1.5PK akan jauh lebih hemat dibanding pake Inverter 1PK.

      Kalo listrik ga cukup dan ga bisa tambah daya, dan tetep mau pake 1/2PK pake tipe standard aja… cuman 390 wattnya

      kalo pake 1/2PK inverter wattnya bakal di 580 terus ga turun2… lebih boros dari 1/2PK standard dan sama2 ga dingin kamarnya.

      Terima kasih ya sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Anindita

    Halo Om, websitenya informatif banget. Bikin saya manteb beli daikin. Tapi saya agak nyesel karena baca-baca commentnya setelah beli unitnya. Tau gitu saya ambil inverter aja..
    Gini om,saya sudah beli daikin standar thai 1/2 dan 3/4 PK, rumah saya listriknya 1300 watt. Kalau nambah 1 ac lagi untuk kamar 3x3m bisa ga ya, dan kalau bisa rekomendasinya apa? Di rumah ada kulkas, tv, ricecooker, led tv. Mohon jawabannya ya Om suhu. Terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Terima kasih banyak atas pujiannya.

      Wah sayang banget ya udah pakenya cuman yang tipe standard.

      Untuk rumah listrik 1.300 Watt sudah amat sangat tidak memungkinkan menggunakan 3 unit AC.

      Saat ini aja kalau 2 AC menyala watt yang disedot sudah 1.023 Watt…

      Sisa sedikit buat alat listrik lain.

      Mau ga mau mesti tambah daya ke 2.200 watt kalau mau tambah 1 AC lagi. Kalau nanti sudah selesai tambah daya baru deh beli AC Daikin Inverter Flash 1/2PK atau 3/4PK ya buat kamar 3x3nya tergantung lokasi kamarnya.

      Terima kasih ya sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Firman sup

    Siang pak..
    Mau tanya. Apa betul daikin ftm series, outdoornya mudah overheating? Penempatan hrs bnr2 teduh.
    Kata tukang service lbh brani ambil R410 drpd R32, apakah betul pak?
    Terima kasih pak..

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Ngga juga Pak.

      Semua pabrikan AC sudah memikirkan kok kalau outdoor dijemur tidak ada masalah.

      Kalau lebih panas trus kapasitas AC bisa turun pasti namanya juga dijemur.. tapi kalo sampe overheating ya ngga juga.

      ga ada pengaruhnya pake AC r410 atau r32. Sama pasti tahan panas. Bukan berarti pake r410 outdoor jadi lebih tahan panas.

      OKe semoga sudah jelas ya.

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
      • Firman sup

        Baik pak.. Terima kasih.
        Ini ada penawaran ac second pak, tetangga. Br pake 3 bln tipe daikin ftm25JV14. Hrg 2,3. Orgnya mau pindahan, pindah tugas. Berani ambil gak ya pak? Struk, kartu garansi, box masi lengkap.

        Reply
        • Web_Admin

          Selamat siang,

          AC Daikin FTM25JV sendiri sudah discontinued sih sejak Agustus 2018, dan digantikan dengan tipe Daikin Inverter Flash.

          Tapi masih dijamin sih ketersediaan spare partnya sampai 10 tahun ke depan.

          memang ACnya mau digunakan di kamar ukuran berapa?

          Jangan sampe kurang PK.

          Terserah Bapak sih. Kami tidak berani main rekomendasikan karena tidak melihat secara langsung ACnya.

          Tapi tipe Deluxe sih memang bagus. Hanya sayang karena masih tipe non-Inverter jadi ya listriknya ga bisa turun.

          Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

          Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *