POSTED BY Web_Admin | Jan, 19, 2015 |

Kali ini kami akan mengajarkan bagaimana cara menggunakan AC yang benar supaya listrik tidak terlalu boros dan umur AC jadi tambah panjang. Hal ini haruslah kami sosialisasikan karena sangat banyak konsumen kami yang melakukan kesalahan fatal saat penggunaan AC. Setelah itu mereka jadi menyalahkan merk AC-nya… “Ah AC merk ini jelek lah… baru setahun lebih pake sudah jebol kompressornya…” atau “Ah ga mau pake AC merk ini lah, baru setaon pake udah bocor ga karuan…”

Pernyataan seperti tadi itu sering saya dapatkan pada saat para customer dan calon pelanggan kami berdikusi dengan kami baik melalui email, BBM, WA, Line, ataupun telepon langsung ke toko kami. Sebenernya hal itu bisa di minimalisasi kalau kita sendiri sebagai pengguna AC tahu cara menggunakan AC dengan benar.

Oke kita mulai pembahasan cara menggunakan AC yang benar yah

cara menggunakan AC

1. Pastikan PK AC mencukupi kebutuhan ruangan.

Hal ini adalah masalah paling klasik dalam penggunaan AC. Kami sudah menjelaskan dengan gamblang dan dengan bahasa yang mudah dimengerti pada artikel menghitung kebutuhan AC ruangan. Silahkan dibaca artikel tadi sebelum melanjutkan membaca artikel ini. Di artikel tadi dibahas dengan tuntas bahwa dengan memaksa menggunakan AC yang -maaf- menurut anda si cukup lah… karena kalo pake yang lebih tinggi lebih boros listrik dan lebih mahal harganya atau bisa kedinginan. SALAHHH!!! kalau misalnya ruangan 4 x 3m… Btu yang dibutuhkan adalah 6.000 Nah AC 1/2 PK Btu-nya 5.000, AC 3/4PK Btu-nya 7.000 harga AC hanya beda 100ribu Rupiah. Watt AC berbeda sekitar 200 Watt. Anda HARUS menggunakan AC 3/4PK. Kenapa? Karena kalau pakai AC yang 1/2PK… Kompressor AC harus bekerja maksimum baru ruangan bisa dingin. Bayangkan saja kalau mobil setiap hari kita geber-geber bawanya, sama mobil yang santai kita bawanya, lebih awet mana? kalau mobil bekas penjualnya tahu kalau yang pakai wanita biasanya lebih tinggi harganya. Kenapa? karena penjual tahu kalau wanita biasanya bawa mobilnya ga seradak-seruduk dan kebut-kebutan yang membuat mesin jadi lebih cepat aus hehehehe…

2. Kalau AC baru dimatikan entah karena listrik jebret atau tidak sengaja kepencet tombol off-nya, JANGAN langsung dinyalakan kembali.

Biarkan oli kompressor dan gas freon kembali ke kompressor dulu dan beristirahat selama minimal 1 menit. Niscaya umur kompressor anda akan lebih panjang. Cara menggunakan AC yang benar ini adalah salah satu cara paling efektif dalam memperpanjang umur kompressor AC anda.

3. JANGAN atur suhu remote 16 derajat dengan Fan speed maksimum.

Ini adalah kesalahan terbesar pada saat anda menggunakan AC. Ingat AC adalah Air Conditioner dan bukan Air Cooler. harusnya menggunakan AC dengan suhu remote 24 dan Fan speed 1 atau 2 sudah lebih dari cukup dinginnya. Kalau kita pergi ke Mall dingin ga ACnya? Dingin kan? Coba tanya sama pengelola Mall mereka set suhu AC-nya berapa? 25 derajat loh!!!! Kenapa dingin? karena Btu AC Mall jauh lebih besar dari kebutuhan ruangan.

Kemudian coba anda perhatikan, suhu di kota Lembang, Bandung pada dini hari yang menurut Accuweather adalah sekitar 18 derajat. Itu saja sudah bisa membuat mulut keluar asap. Pernahkah anda berpikir suhu ruangan kamar anda 16 derajat? Apakah mungkin tercapai? TIDAK MUNGKIN selama di Jakarta belum ada anomali cuaca jadi bersalju!

Suhu luar ruangan di Jakarta pada dini hari adalah 25 – 26 derajat sepanjang tahun. Jadi sekali lagi TIDAK MUNGKIN suhu 16 derajat akan tercapai. suhu 20 derajat pun hampir tidak mungkin bisa tercapai kecuali anda menggunakan AC yang memiliki kapasitas JAUH lebih besar dibandingkan kebutuhan ruangan. Contoh untuk ruang server biasanya ukuran 3x3m dimana dibutuhkan Btu hanya 4.500 alias AC 1/2 PK sudah mencukupi, tapi dipasang AC 1.5 PK dengan kapasitas Btu 12.000, itu baru bisa tercapai suhu 20 derajat.

Sebenernya cara kerja AC non-inverter adalah sebagai berikut. Suhu di remote misalnya 23 derajat. Pada saat AC dinyalakan akan terdengar bunyi “tek” yang menandakan kompressor AC menyala dan gas Freon akan dipompa dari kompressor ke evaporator AC di unit Indoor dan disembur oleh kipas AC sehingga angin yang keluar adalah angin dingin. Unit Thermostat di Indoor AC akan bekerja sama dengan unit komputer di AC untuk berusaha membuat ruangan mencapai suhu 23 derajat Celsius. Jadi saya tekankan suhu di remote AC TIDAK SAMA dengan suhu ruangan. Suhu di remote AC itu adalah kita sebagai pengguna AC meminta kepada AC supaya membuat ruangan mencapai suhu yang ada di remote AC. Nah apakah AC-nya mampu membuat suhu ruangan sama dengan suhu remote? Belum tentuuuu apalagi kalo remote dibikin suhu 16… Jawabannya ga bakalan bisaaaa…

Nah selama suhu ruangan belum tercapai, kompressor akan bekerja FULL 100% sampai suhu ruangan tercapai ATAU kompressor terlalu panas jadi akan di cut off atau dimatikan. Pada saat itu akan terdengar lagi bunyi “tek” yang menandakan kompressor AC mati. Apabila suhu sudah mencapai 21.9 derajat kebawah, kompressor akan mati menandakan suhu sudah tercapai. Angin yang keluar dari kisi-kisi AC akan jadi seperti kipas angin… Kemudian setelah suhu ruangan sudah diatas 24.9 derajat, kompressor akan kembali menyala ditandai dengan bunyi “tek” lagi.

Hal ini akan terjadi berulang-ulang selama AC dinyalakan. Nah sekarang bayangkan anda menyetel remote AC di suhu 16 derajat. Ruangan anda TIDAK AKAN pernah mencapai suhu 16 derajat sehingga kompressor AC hanya akan mati saat sudah terlalu panas. Tindakan ini tentu saja akan memperpendek umur kompressor AC. SEHARUSNYA dengan suhu hanya 23 atau 24 derajat saja dengan fan di tingkat kedua anda sudah merasa dingin banget. Kalau tidak dingin dan AC tidak ada masalah kemungkinan besar PK AC anda tidak cukup untuk mendinginkan seluruh ruangan.

Kalau cara kerja AC Inverter berbeda. Kompressor AC tidak pernah mati. Yang ditambah atau dikurangi hanya daya AC ke kompressor. Kelebihan utama dari Inverter selain listrik yang lebih hemat karena kompressor bekerja terus namun stabil sama seperti menyetir mobil keluar kota pasti lebih hemat BBM karena banyak lewat tol dengan kecepatan tinggi namun konstan dibanding menyetir di dalam kota yang gas-rem-gas-rem terus karena macettttt… Adalah suhu ruangan yang lebih stabil.

Untuk AC non-inverter fluktuasi suhu ruangan adalah lebih kurang 2 derajat celsius. Sedangankan untuk AC Inverter adalah 0.5 derajat Celsius. Jadi secara teori yah, kalau di AC Non-Inverter anda men-set suhu remote 23 derajat, suhu di ruangan anda adalah antara 21 – 25 derajat Celsius. itulah kenapa biasanya pada saat pake AC Non-Inverter jam 4 pagi anda suka mematikan AC karena kedinginan. Betul apa betulll? Kalau pakai AC Inverter suhu 23 derajat akan terjaga selama AC dinyalakan karena suhu ruangan hanya akan antara 22.5 – 23.5 derajat.

Oke kembali ke suhu remote dan fan. Jadi saya bisa pastikan walaupun anda menggunakan AC Inverter, selama anda setel suhu remote 16 derajat dan fan maksimum penghematan listrik anda adalah NOL BESAR! alias tidak ada penghematan sama sekali! Bahkan bisa lebih boros dibanding AC non-Inverter. Hal ini bisa terjadi karena biasanya AC Inverter memiliki Watt yang lebih besar pada saat start awal untuk mendinginkan ruangan lebih cepat. Jadi kalau anda tetap ngeyel sukanya pake suhu 16 dan fan maksimum, mending pake AC Low Watt. Saya jamin lebih hemat listrik….

Jadi kunci dari cara menggunakan AC yang benar adalah cukup setel suhu remote di 23 – 24 derajat tergantung tingkat tahan dinginnya anda. Pokoknya kalau tidur tanpa selimut masih bisa dan tidak kedinginan. Nah temukan suhu dimana anda bisa tidur tanpa pakai selimut. Set suhu remote anda di suhu itu, niscaya kompressor AC anda akan lebih awet karena tidak perlu kerja terlalu berat, dan suhu ruangan bisa tercapai sesuai dengan suhu remote.

4. Pastikan AC selalu di service atau di cuci minimal setiap 3 bulan sekali.

AC yang sudah kotor terutama di filter, evaporator dan di kipas AC akan membutuhkan daya extra untuk mencapai kondisi ideal pendinginan. Contoh kalau kipas dan filter AC sudah penuh debu misalnya, dari biasanya anda pakai fan kecepatan 1 sekarang harus maksimum baru dingin. Ini akan mengakibatkan pemborosan listrik yang tidak perlu. Begitu pula dengan unit outdoor, bila sudah kotor dan berdebu, pembuangan panas akan tidak bisa maksimal sehingga kompressor lebih sering mati karena terlalu panas padahal suhu ruangan belum tercapai.

Bahkan kalau ada yang merokok di dalam ruangan, atau dekat tempat yang banyak debu atau dapur maka AC wajib dicuci setiap 2 bulan sekali. Jika anda tinggal di daerah dekat pantai seperti di Pantai Mutiara, Pluit, Pantai Indah Kapuk, Ancol, dll. Kami sungguh menyarankan anda mencuci AC dengan AIR MINUM ISI ULANG bukan air tanah ataupun air PAM dan dicuci setiap 2 bulan sekali sehingga pembentukan karat akibat udara laut dapat diminimalisasi.

Jangan lupa juga Filter AC yang ada di Indoor unit juga kalau bisa setiap 2 minggu sekali dicuci, karena setelah 2 minggu pasti seluruh permukaan filter-nya sudah tertutup debu tipis.

5. Jangan sering buka-tutup pintu ruangan dan jangan biarkan ada pintu yang terbuka.

Ini juga masalah klasik dalam cara menggunakan ac. Apabila kita sering keluar masuk ruangan, pastikan pintu selalu ditutup kembali. Atau kalau kamar tidur kita ada kamar mandinya, pastikan supaya pintu selalu ditutup kembali. Mengapa? Karena begitu ada pintu yang terbuka, angin dingin akan langsung keluar ruangan, dan AC akan kembali berusaha menurunkan suhu di dalam ruangan. Nah apabila pintu terus terbuka baik ke kamar mandi atau bahkan ke ruangan lain di luar kamar, sebenarnya ukuran ruangan yang di dinginkan jadi lebih besar dari seharusnya. Ini akan berimbas dengan kompressor yang akan terus bekerja menjaga suhu ruangan agar sama dengan suhu remote. Itulah kenapa di semua mall di Jakarta pintu kaca yang menghubungkan tempat parkir dengan Mall pasti ada stiker di pintu kacanya yang kira-kira bertuliskan “Pintu harus selalu dalam keadaan tertutup”

Untuk anda yang belum membeli AC dan sedang mencari, pastikan PK AC anda cukup untuk mendinginkan ruangan plus orang yang tidur atau tinggal di dalam kamarnya. Rumus perhitungan yang simple atau yang ngejelimet tapi jauh lebih akurat sudah kami sediakan di artikel menghitung kebutuhan AC ruangan. Silahkan dibaca dan dimengerti kalau anda berminat.

Kami juga sangat menyarankan anda membaca artikel tipe AC Daikin apabila anda ingin membeli AC Daikin namun bingung mau memakai tipe yang mana. Atau bisa juga membaca artikel tipe AC Panasonic kalau anda memutuskan untuk menggunakan AC Panasonic. Kami juga memiliki price list AC Daikin 2016. Komplit untuk semua tipe Split line up 2016 dan juga harga ac panasonic terbaru yang tentu saja sekomplit artikel AC Daikin kami.

Tidak lupa kami promosikan artikel tentang AC yang lain seperti perlukah isi ulang freon? Atau mungkin anda sedang bingung dengan merk AC yang beredar di Indonesia menggunakan Freon yang berbeda-beda? Anda akan menemukan jawabannya di artikel perbandingan Freon R32 dengan Freon R22, R410A dan R290 disini.

Dan juga artikel – artikel tentang AC kami yang lain disini

1. Apakah perlu isi ulang Freon AC?

2. Apakah AC Inverter benar – benar bagus dan hemat listrik?

3. Cara menggunakan AC agar awet dan hemat listrik

4. Cara menghitung kebutuhan PK AC sesuai ruangan

5. Semua yang harus anda tahu tentang AC Low Watt dan AC Inverter

6. Mengapa Ongkos pasang AC Freon R32 lebih mahal?

7. Perbedaan Freon R22, R32 dan R410A

8. Penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin

9. Perbedaan Tipe AC Daikin

10. Harga AC Daikin 2016

11. Perbedaan tipe AC Panasonic

12. Harga AC Panasonic 2016

13. Brosur AC Daikin

14. Pengangkatan National Elektronik sebagai Daikin AC Shop

15. Tips dan trik menggunakan AC Inverter

Oke semoga  artikel cara menggunakan AC dengan benar kali ini juga bisa membantu anda dalam berhemat dan memperpanjang umur AC anda

Tunggu artikel kami selanjutnya yah.

Artikel dibuat oleh:

Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
Follow me on Instagram and Twitter @samuellumentut
National Elektronik

Artikel terakhir diperbarui tanggal: 27 Oktober 2016

TAGS :
  • wibowo

    saya mempunyai ac daikin inverter smile 1 pk untuk ruangan 3×3 dan selalu saya setel suhu di remote diantara 26-27 karena suhu tersebut sudah cukup dingin bagi saya. namun menurut teknisi ac dari daikin kebiasaan saya tersebut beresiko merusakkan kompresor dan saya disarankan menyetel suhu diantara 24-25. mohon pencerahannya!

    Reply
    • Web_Admin

      Teknisi AC anda ngaco.

      Tidak masalah AC di set di 26 – 27 malah akan sangat menghemat konsumsi listrik anda.

      Jadi jangan takut yaaaaaa…

      Reply
  • Andy

    Ulasannya sangat menarik dan detail. Saya ada beberapa pertanyaan.

    1. Lebih hemat manakah AC inverter dan non-inverter dengan ukuran ruangan, PK dan set suhu yang sama ?

    2. Kalau ukuran kamar saya 3x3m dengan jumlah BTU 4500, sesuai perhitungan cukup menggunakan AC 1/2 PK. Kalau saya menggunakan AC 3/4 PK atau 1PK dengan set suhu 25° apakah efisien ketimbang saya pakai AC 1/2 PK dengan suhu 24° ?

    Terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang, untuk jawaban pertanyaan anda:

      1. Tentu saja lebih hemat pakai Inverter. Bisa beda sampai 50% listriknya

      2. kamar 3×3 kalau pakai AC non Inverter pakai 1/2PK tentu lebih hemat listrik dibanding 3/4PK atau 1PK.
      Tapi kalau pakai AC Inverter 1/2 dan 3/4 wattnya sama saja kurang lebih karena watt minimum kedua AC tersebut sama.
      Kalau yang 1PK tergantung. Kalau pakai Daikin High Inverter 1PK watt-nya akan kurang lebih sama dengan pakai 1/2PK Inverter Smile
      Tapi kalau 1PK pakai yang Inverter Smile, tentu lebih boros daripada pakai 1/2 atau 3/4PK Inverter Smile juga.

      Semoga tidak bingung yah hehehehe

      Reply
  • Zainal

    Mau nanya,berapa suhu maximum AC yg aman dan awet buat AC nya?karena saya biasa set di 28 derajat,apakah tidak masalah?

    Reply
    • Web_Admin

      Suhu 28 maksimum lah pak, kalo pake 29 ato 30 mah ga usa pake AC juga suhu kamarnya udah segitu juga.

      Reply
  • Kemal

    Numpang nanya gan
    Saya berencana mau beli 1 unit AC dengan luas kamar kurang lebih 6×4 m dan tinggi kamar kurang lebih 3,5 m dan 2 orang dewasa serta 2 anak, saya berencana ingin membeli produk daikin low watt atau mitsubishi, ac berapa pk yg ideal dan merk ada yg recommended gan? Dan apakah unit mitsubishi tidak punya seri 3/4 pk? Makasih atas infonya

    Reply
    • Web_Admin

      Kamar 4×6 diisi 4 orang mau pake 3/4PK? mana dingin Pak. Berasa angin juga kaga kalo kamar segitu pake AC 3/4PK

      Harus pake 2PK.

      Daikin sudah tidak ada tipe Low watt, kalo mau hemat listrik harus pake Daikin High inverter 2PK FTKV50NVM4 atau minimal Daikin Inverter Smile 2pK FTKC50QVM4

      Reply
  • Susan

    Mas kmar sya uk ny 3x6m bgus ny pke ac apa dan brpa pk trus hrus diset ny dsuhu brpa ya

    Reply
    • Web_Admin

      Minimal harus menggunakan AC Inverter 1PK. Tapi kalau mau hemat listrik maksimal pake AC Daikin High Inverter 1.5PK

      Set suhu kalo siang 26, kalo malem 24 – 25 udah pasti dingin dan hemat listrik luar biasa.

      Reply
  • saya

    Gan, sy kan rencana mau beli ac daikin yg tipe Ftne15jev14 1/2PK kira2 utk ruangan 3×3 dingin gak ya? Cm 1org dewasa & 1balita sja yg ada di ruangan.Trs boros gak listriknya? Sy jg ga bgtu trllu yg tahan dingin kalau malam hari jd baiknya suhu nya di set ke suhu brpa gan? & kalau siang baiknya di set ke suhu brpa gan?
    trims sebelumnya.

    Reply
    • Web_Admin

      Kalo menurut saya kurang, mending beli yang FTNE20JEV14 3/4PK aja untuk ruangan segitu plus 2 orang.

      Memang listriknya lebih besar dari yang 1/2PK tapi takutnya nanti kurang dingin.

      Set suhu siang 26, kalo malam 25 pasti bakalan awet ACnya.

      Reply
  • Yudi

    min, ane kan pasang ac antara 2 ruangan (bolong tembok) tapi 3/4 ke kamar (luas 12,09m2, kamarnya dingin), 1/4 di ruangan lain (luas 11,2m2, kurang dingin tapi gpp sih), kalo diitung kebutuhan ac ane sih 1,5 pk, tapi secara bujet pas2an, akhirnya ane pasang ac panasonic xn9rkj (pasti 1 pk).. kenapa pilih yg ini karena perbedaan harga yg sedikit antara 1/2pk, 3/4pk dan 1pk, harapannya bisa mendinginkan dua ruangan sekaligus

    nah yg ga ane antisipasi adalah pemakain listrik ane jd boros banget sejak pasang ac (pake token, per 5 hari harus isi 100rb), jadi sejak pasang ac 25 juni lalu sampe sekarang udah isi 5x 100rb, *hammer*… peralatan lain yg pake listrik nonstop di rumah ane, magic jar, kulkas low watt, magic jar dan pompa air yg akan nyala jika keran dinyalakan…sebelum pasang ac, listrik ane hanya kisaran 150-200rb sebulan…

    gara2 tagihan listrik ini ada pikiran bahwa sebaiknya ac yg sekarang ane ganti ke yg 1/2pk dan digunakan di 1 ruangan saja… baiknya bagaimana? mohon solusinya…terima kasih

    Reply
    • Yudi

      tambahan min…

      1. ac ane nyalakan sekitar 12 jam setiap hari (jam 7 malam – 7 pagi)
      2. ac panasonic xn9rkj di bawah outdoor unitnya masi ada air netes, apakah itu wajar?

      Reply
      • Web_Admin

        Apalagi nyala 12 jam sehari…

        Pake Daikin High Inverter 1.5PK emang mahal di depan, tapi nanti bayar listrik naiknya ga banyak.

        Outdoor ada air netes gpp, yang penting AC tetep dingin (yah kalo ditaro di tengah2 gitu ya ga bakal bisa dingin gmn juga sih)

        Reply
    • Web_Admin

      Solusinya pake AC Daikin High Inverter 1.5PK gan.

      nanti listriknya PASTI JAUH lebih irit daripada pake 1PK Low watt panasonic. Itu solusi pertama.

      Solusi kedua ya pake 2 AC, 3/4PK Low Watt masing2. jadi kalo ga perlu dipake ya dimatiin ACnya.

      Reply
  • Lia

    mau tanya, kalo suhu dinyalakan di atas -+25 derajat membuat mesin AC lbh bekerja keras. Kenapa di remote ac disediakan smpe suhu 30 derajat? Trima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Siapa yang bilang kalo suhu dibikin 26 / 27 / 28 malah membuat mesin AC bekerja lebih keras?

      malah lebih enteng donk…

      Reply
  • Fajar

    Mas Admin,

    Bravo!!! Websitenya benar2 memberikan informasi yang tuntas dalam mengupas masalah AC.

    Saya berencana membeli AC untuk ruangan ukuran 3x3m, dilantai dua dan langsung terkena sinar matahari. AC akan dinyalakan selama 18 jam setiap harinya. Ruangan memiliki celah berupa kaca nako serta akan lebih sering dibuka-tutup.

    Kira2 AC yang berapa PK ya yang cocok untuk ruangan tsb?
    Jenis AC yang LOW WATT, INVERTER atau yang STANDARD saja?

    Terima kasih.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Terima kasih atas pujiannya.

      Sebenernya kalo nyala sampe 18 jam tiap harinya, saya sarankan pake AC Daikin Inverter Smile 3/4PK FTKC20PVM4 saja.

      Tetep bakal lebih irit listrik jauh dibanding pake yang low watt ato standard.

      Reply
  • saya punya ac panasonic eolia 1 pk ac tsb berkedip timernya saya mau hubungi service centernya ? yg saya bingung panasonic eolia kan bukan milik pt panasonic gobel indonesia apakah barangnya itu bisa ditrima service?takutnya nanti jadinya bertengkar sama sc nya tks

    salam national elektronik

    Reply
    • Web_Admin

      SElamat siang,

      Hmm.. memang Panasonic Eolia bukan milik PT Panasonic Gobel, tapi tidak ada salahnya mencoba menghubungi mereka.

      Silakan lagnsung hubungi customer service Panasonic di 0804 1 111 111 ya

      Semoga bisa cepet beres urusan ACnya.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • fredy setiawan

    malam… saya mau tanya..
    saya pakai ac daikin 1pk deluxe non inverter, kamar saya 4×4, suhu di remote 24, fan 1.
    pertanyaannya:
    1. apa sudah sesuai ukuran pk ac saya dan settingnya?
    2. kompressor sering mati dan nyala (jika suhu tercapai), apakah berpengaruh soal hemat tidaknya listrik dan umur ac tsb?

    terima kasih…

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Ya sebenarnya sudah tepat, namun saya lebih suka set fan di posisi AUTO biar dia yang tentuin sendiri seberapa kenceng anginnya.

      Kalau siang mungkin bisa set suhu remote di 25 atau 26 Pak, supaya bisa tercapai juga suhunya. kalo malam kan suhu 24 mungkin tercapai (ditandai dengan kompressor mati)

      kalau siang sih hampir mustahil suhu 24 bisa tercapai di ruangan Bapak kecuali sedang hujan deras diluar.

      Kompressor sering mati dan nyala malah bagus soal hemat listrik dan awetnya. Kalo ga pernah mati atau mati cuman kalo kepanasan itu baru memperpendek umurnya.

      Oke semoga sudah jelas ya

      Teirma kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • andhe

    Mau nanya nih gan, ane punya ac politron 1/2pk, cuman kalau kalau indoor nyala, pasti outdoor mati, begitu juga sebaliknya, tidak bisa nyala bersamaan, apa penyebabnya gan… Makasih sebelumnya

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      wah itu mah ada yang ga beres ACnya.

      Kami tidak berani jawab sebelum cek sendiri ACnya

      Tapi lebih baik sih anda telepon ke customer service Politron dan minta pihak mereka untuk cek kondisi AC anda ya

      Terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

      Reply
  • Raya

    Min ..
    Kamar saya ukurana 4×4 , dn sy pasang AC Sharp 1pk , ada bayi umur 7bln yg tidur dikamar ini , biasa sy sett suhu di 28° , itu kira2 bisa awet ngga atau ada salah di mana ,
    Terimakasih sebelumnya atas infonya

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Ya dengan kamar ukuran 4×4 dan pakai AC 1PK di set suhu 28 sudah sangat tepat.

      Terima kasih sudah berkunjung dan bertanya kepada kami.

      Reply
  • Andre

    Permisi min kalau ac yg bagus untuk hotel kamar 20 m2, merk apa sama berapa pk yah

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalau kamar hotel 20m2 sih disarankan menggunakan AC Daikin Standard Thailand 1.5PK FTNE35MV14 atau AC Daikin Deluxe Thailand 1.5PK FTM35JV14

      Terima kasih.

      Reply
  • joko

    permisi.. saya mau masang ac tp masih bingung mau nyari ac dengan tipe dan merek apa.
    saya mau masang ac di kamar tidur, besar kamar 2.5 x 2.5. ac apa yang cocok untuk kamar saya. dan kisaran berapa harganya?
    mohon penjelasannya. terimakasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kamar 2.5 x 2.5 sih cukup menggunakan AC Panasonic Low Watt 1/2PK

      tipenya adalah CS-XN5RKJ

      harganya Rp. 4.200.000,-

      sudah termasuk ongkos pasang, pipa Freon HODA 5m, kabel listrik NYM 3×2.5 5m, drain air 2m, bracket dan proses pem vaccum an

      belum termasuk transport tergantung lokasi pemasangan AC dimana

      Terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

      Reply
  • ilham

    Bang..apa fungsi sleep pada ac panasonic,dan apa perbedaan mode cool, dry,feel dan fan mohon pentunjuknya

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Mohon maaf memang di remote AC Panasonic anda ada tulisan Sleep? AC Panasonic anda tipe apa ya? Kok sepertinya saya ga pernah nemuin tombol itu.

      Kemudian untuk perbedaan mode adalah:
      1. Cool Mode adalah mode yang berfungsi untuk mengatur ac agar mendinginkan ruangan. Sesuai namanya Cool (Dingin)
      2. Dry Mode adalah mode yang berfungsi untuk mengurangi kelembapan udara pada ruangan. Sesuai dengan namanya Dry (kering)
      3. Fan Mode adalah mode yang berfungsi untuk menjalankan fan indoor tanpa menyalakan outdoor unit. Jadi AC akan berubah jadi kipas angin.
      4. Mode Feel kami juga belum pernah dengar. Paling adanya mode AUTO, dimana dia akan bisa mengatur tingkat kedinginan dan kecepatan kipas secara otomatis.

      Oke semoga sudah jelas ya

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Vieya

    Mimin, klo ac polytron neuva menurut mimin bagus gak? Mohon pencerahannya

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Mohon maaf karena kami tidak menjual AC tersebut kami tidak bisa ber komentar apakah AC tersebut bagus atau tidak.

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − one =