Cara menggunakan AC yang benar agar lebih awet dan hemat listrik

Kali ini kami akan mengajarkan bagaimana cara menggunakan AC yang benar supaya listrik tidak terlalu boros dan umur AC jadi tambah panjang. Hal ini haruslah kami sosialisasikan karena sangat banyak konsumen kami yang melakukan kesalahan fatal saat penggunaan AC. Setelah itu mereka jadi menyalahkan merk AC-nya… “Ah AC merk ini jelek lah… baru setahun lebih pake sudah jebol kompressornya…” atau “Ah ga mau pake AC merk ini lah, baru setaon pake udah bocor ga karuan…”

Pernyataan seperti tadi itu sering saya dapatkan pada saat para customer dan calon pelanggan kami berdikusi dengan kami baik melalui email, BBM, WA, Line, ataupun telepon langsung ke toko kami. Sebenernya hal itu bisa di minimalisasi kalau kita sendiri sebagai pengguna AC tahu cara menggunakan AC dengan benar.

Oke kita mulai pembahasan cara menggunakan AC yang benar yah

cara menggunakan AC

1. Pastikan PK AC mencukupi kebutuhan ruangan.

Hal ini adalah masalah paling klasik dalam penggunaan AC. Kami sudah menjelaskan dengan gamblang dan dengan bahasa yang mudah dimengerti pada artikel menghitung kebutuhan AC ruangan. Silahkan dibaca artikel tadi sebelum melanjutkan membaca artikel ini. Di artikel tadi dibahas dengan tuntas bahwa dengan memaksa menggunakan AC yang -maaf- menurut anda si cukup lah… karena kalo pake yang lebih tinggi lebih boros listrik dan lebih mahal harganya atau bisa kedinginan. SALAHHH!!! kalau misalnya ruangan 4 x 3m… Btu yang dibutuhkan adalah 6.000 Nah AC 1/2 PK Btu-nya 5.000, AC 3/4PK Btu-nya 7.000 harga AC hanya beda 100ribu Rupiah. Watt AC berbeda sekitar 200 Watt. Anda HARUS menggunakan AC 3/4PK. Kenapa? Karena kalau pakai AC yang 1/2PK… Kompressor AC harus bekerja maksimum baru ruangan bisa dingin. Bayangkan saja kalau mobil setiap hari kita geber-geber bawanya, sama mobil yang santai kita bawanya, lebih awet mana? kalau mobil bekas penjualnya tahu kalau yang pakai wanita biasanya lebih tinggi harganya. Kenapa? karena penjual tahu kalau wanita biasanya bawa mobilnya ga seradak-seruduk dan kebut-kebutan yang membuat mesin jadi lebih cepat aus hehehehe…

2. Kalau AC baru dimatikan entah karena listrik jebret atau tidak sengaja kepencet tombol off-nya, JANGAN langsung dinyalakan kembali.

Biarkan oli kompressor dan gas freon kembali ke kompressor dulu dan beristirahat selama minimal 1 menit. Niscaya umur kompressor anda akan lebih panjang. Cara menggunakan AC yang benar ini adalah salah satu cara paling efektif dalam memperpanjang umur kompressor AC anda.

3. JANGAN atur suhu remote 16 derajat dengan Fan speed maksimum.

Ini adalah kesalahan terbesar pada saat anda menggunakan AC. Ingat AC adalah Air Conditioner dan bukan Air Cooler. harusnya menggunakan AC dengan suhu remote 24 dan Fan speed 1 atau 2 sudah lebih dari cukup dinginnya. Kalau kita pergi ke Mall dingin ga ACnya? Dingin kan? Coba tanya sama pengelola Mall mereka set suhu AC-nya berapa? 25 derajat loh!!!! Kenapa dingin? karena Btu AC Mall jauh lebih besar dari kebutuhan ruangan.

Kemudian coba anda perhatikan, suhu di kota Lembang, Bandung pada dini hari yang menurut Accuweather adalah sekitar 18 derajat. Itu saja sudah bisa membuat mulut keluar asap. Pernahkah anda berpikir suhu ruangan kamar anda 16 derajat? Apakah mungkin tercapai? TIDAK MUNGKIN selama di Jakarta belum ada anomali cuaca jadi bersalju!

Suhu luar ruangan di Jakarta pada dini hari adalah 25 – 26 derajat sepanjang tahun. Jadi sekali lagi TIDAK MUNGKIN suhu 16 derajat akan tercapai. suhu 20 derajat pun hampir tidak mungkin bisa tercapai kecuali anda menggunakan AC yang memiliki kapasitas JAUH lebih besar dibandingkan kebutuhan ruangan. Contoh untuk ruang server biasanya ukuran 3x3m dimana dibutuhkan Btu hanya 4.500 alias AC 1/2 PK sudah mencukupi, tapi dipasang AC 1.5 PK dengan kapasitas Btu 12.000, itu baru bisa tercapai suhu 20 derajat.

Sebenernya cara kerja AC non-inverter adalah sebagai berikut. Suhu di remote misalnya 23 derajat. Pada saat AC dinyalakan akan terdengar bunyi “tek” yang menandakan kompressor AC menyala dan gas Freon akan dipompa dari kompressor ke evaporator AC di unit Indoor dan disembur oleh kipas AC sehingga angin yang keluar adalah angin dingin. Unit Thermostat di Indoor AC akan bekerja sama dengan unit komputer di AC untuk berusaha membuat ruangan mencapai suhu 23 derajat Celsius. Jadi saya tekankan suhu di remote AC TIDAK SAMA dengan suhu ruangan. Suhu di remote AC itu adalah kita sebagai pengguna AC meminta kepada AC supaya membuat ruangan mencapai suhu yang ada di remote AC. Nah apakah AC-nya mampu membuat suhu ruangan sama dengan suhu remote? Belum tentuuuu apalagi kalo remote dibikin suhu 16… Jawabannya ga bakalan bisaaaa…

Nah selama suhu ruangan belum tercapai, kompressor akan bekerja FULL 100% sampai suhu ruangan tercapai ATAU kompressor terlalu panas jadi akan di cut off atau dimatikan. Pada saat itu akan terdengar lagi bunyi “tek” yang menandakan kompressor AC mati. Apabila suhu sudah mencapai 21.9 derajat kebawah, kompressor akan mati menandakan suhu sudah tercapai. Angin yang keluar dari kisi-kisi AC akan jadi seperti kipas angin… Kemudian setelah suhu ruangan sudah diatas 24.9 derajat, kompressor akan kembali menyala ditandai dengan bunyi “tek” lagi.

Hal ini akan terjadi berulang-ulang selama AC dinyalakan. Nah sekarang bayangkan anda menyetel remote AC di suhu 16 derajat. Ruangan anda TIDAK AKAN pernah mencapai suhu 16 derajat sehingga kompressor AC hanya akan mati saat sudah terlalu panas. Tindakan ini tentu saja akan memperpendek umur kompressor AC. SEHARUSNYA dengan suhu hanya 23 atau 24 derajat saja dengan fan di tingkat kedua anda sudah merasa dingin banget. Kalau tidak dingin dan AC tidak ada masalah kemungkinan besar PK AC anda tidak cukup untuk mendinginkan seluruh ruangan.

Kalau cara kerja AC Inverter berbeda. Kompressor AC tidak pernah mati. Yang ditambah atau dikurangi hanya daya AC ke kompressor. Kelebihan utama dari Inverter selain listrik yang lebih hemat karena kompressor bekerja terus namun stabil sama seperti menyetir mobil keluar kota pasti lebih hemat BBM karena banyak lewat tol dengan kecepatan tinggi namun konstan dibanding menyetir di dalam kota yang gas-rem-gas-rem terus karena macettttt… Adalah suhu ruangan yang lebih stabil.

Untuk AC non-inverter fluktuasi suhu ruangan adalah lebih kurang 2 derajat celsius. Sedangankan untuk AC Inverter adalah 0.5 derajat Celsius. Jadi secara teori yah, kalau di AC Non-Inverter anda men-set suhu remote 23 derajat, suhu di ruangan anda adalah antara 21 – 25 derajat Celsius. itulah kenapa biasanya pada saat pake AC Non-Inverter jam 4 pagi anda suka mematikan AC karena kedinginan. Betul apa betulll? Kalau pakai AC Inverter suhu 23 derajat akan terjaga selama AC dinyalakan karena suhu ruangan hanya akan antara 22.5 – 23.5 derajat.

Oke kembali ke suhu remote dan fan. Jadi saya bisa pastikan walaupun anda menggunakan AC Inverter, selama anda setel suhu remote 16 derajat dan fan maksimum penghematan listrik anda adalah NOL BESAR! alias tidak ada penghematan sama sekali! Bahkan bisa lebih boros dibanding AC non-Inverter. Hal ini bisa terjadi karena biasanya AC Inverter memiliki Watt yang lebih besar pada saat start awal untuk mendinginkan ruangan lebih cepat. Jadi kalau anda tetap ngeyel sukanya pake suhu 16 dan fan maksimum, mending pake AC Low Watt. Saya jamin lebih hemat listrik….

Jadi kunci dari cara menggunakan AC yang benar adalah cukup setel suhu remote di 23 – 24 derajat tergantung tingkat tahan dinginnya anda. Pokoknya kalau tidur tanpa selimut masih bisa dan tidak kedinginan. Nah temukan suhu dimana anda bisa tidur tanpa pakai selimut. Set suhu remote anda di suhu itu, niscaya kompressor AC anda akan lebih awet karena tidak perlu kerja terlalu berat, dan suhu ruangan bisa tercapai sesuai dengan suhu remote.

4. Pastikan AC selalu di service atau di cuci minimal setiap 3 bulan sekali.

AC yang sudah kotor terutama di filter, evaporator dan di kipas AC akan membutuhkan daya extra untuk mencapai kondisi ideal pendinginan. Contoh kalau kipas dan filter AC sudah penuh debu misalnya, dari biasanya anda pakai fan kecepatan 1 sekarang harus maksimum baru dingin. Ini akan mengakibatkan pemborosan listrik yang tidak perlu. Begitu pula dengan unit outdoor, bila sudah kotor dan berdebu, pembuangan panas akan tidak bisa maksimal sehingga kompressor lebih sering mati karena terlalu panas padahal suhu ruangan belum tercapai.

Bahkan kalau ada yang merokok di dalam ruangan, atau dekat tempat yang banyak debu atau dapur maka AC wajib dicuci setiap 2 bulan sekali. Jika anda tinggal di daerah dekat pantai seperti di Pantai Mutiara, Pluit, Pantai Indah Kapuk, Ancol, dll. Kami sungguh menyarankan anda mencuci AC dengan AIR PAM bukan air tanah dan dicuci setiap 2 bulan sekal sehingga pembentukan karat akibat udara laut dapat diminimalisasi.

5. Jangan sering buka-tutup pintu ruangan dan jangan biarkan ada pintu yang terbuka.

Ini juga masalah klasik dalam cara menggunakan ac. Apabila kita sering keluar masuk ruangan, pastikan pintu selalu ditutup kembali. Atau kalau kamar tidur kita ada kamar mandinya, pastikan supaya pintu selalu ditutup kembali. Mengapa? Karena begitu ada pintu yang terbuka, angin dingin akan langsung keluar ruangan, dan AC akan kembali berusaha menurunkan suhu di dalam ruangan. Nah apabila pintu terus terbuka baik ke kamar mandi atau bahkan ke ruangan lain di luar kamar, sebenarnya ukuran ruangan yang di dinginkan jadi lebih besar dari seharusnya. Ini akan berimbas dengan kompressor yang akan terus bekerja menjaga suhu ruangan agar sama dengan suhu remote. Itulah kenapa di semua mall di Jakarta pintu kaca yang menghubungkan tempat parkir dengan Mall pasti ada stiker di pintu kacanya yang kira-kira bertuliskan “Pintu harus selalu dalam keadaan tertutup”

Untuk anda yang belum membeli AC dan sedang mencari, pastikan PK AC anda cukup untuk mendinginkan ruangan plus orang yang tidur atau tinggal di dalam kamarnya. Rumus perhitungan yang simple atau yang ngejelimet tapi jauh lebih akurat sudah kami sediakan di artikel menghitung kebutuhan AC ruangan. Silahkan dibaca dan dimengerti kalau anda berminat.

Kami juga sangat menyarankan anda membaca artikel tipe AC Daikin apabila anda ingin membeli AC Daikin namun bingung mau memakai tipe yang mana. Atau bisa juga membaca artikel tipe AC Panasonic kalau anda memutuskan untuk menggunakan AC Panasonic. Kami juga memiliki price list AC Daikin 2015. Komplit untuk semua tipe Split line up 2015 dan juga harga ac panasonic terbaru yang tentu saja sekomplit artikel AC Daikin kami.

Kami juga sebagai dealer resmi AC Mitsubishi Electric menyarankan anda membaca artikel perbedaan tipe AC Mitsubishi kami dan juga daftar harga AC Mitsubishi Electric kami.

Tidak lupa kami promosikan artikel tentang AC yang lain seperti perlukah isi ulang freon? Atau mungkin anda sedang bingung dengan merk AC yang beredar di Indonesia menggunakan Freon yang berbeda-beda? Anda akan menemukan jawabannya di artikel perbandingan Freon R32 dengan Freon R22, R410A dan R290 disini.

Oke semoga  artikel cara menggunakan AC dengan benar kali ini juga bisa membantu anda dalam berhemat dan memperpanjang umur AC anda

Tunggu artikel kami selanjutnya yah.

Artikel dibuat oleh:

Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
Follow me on Instagram and Twitter @samuellumentut
National Elektronik

Artikel terakhir diperbarui tanggal: 24 Maret 2016

Facebooktwittergoogle_plusby feather

339 Responses to “Cara menggunakan AC yang benar agar lebih awet dan hemat listrik”

  1. DEWI June 11, 2016 at 09:32 #

    Wah..adminnya hebat nih. Semua pertanyaan masuk dijwab. Semoga pertanyaanq jg semoat dijwb..hehe.. mau tanyakan ini, knpa kadang2 di remot ac tertera 24 derajat, tp pas lama-lama di monitor ac kok jadi 30 derajat. Padahal di remot suhunya ga berubah..??

    • Web_Admin July 25, 2016 at 05:57 #

      Selamat siang,

      Mohon maaf atas keterlambatan pembalasan comment ya, 2 bulan terakhir ini lagi banyak masalah, mulai server kami dicoba di hack sama orang, lalu keluarga ada yang meninggal, dll, dsb…

      Oke kembali ke laptop….

      wah terus terang remote mana bisa berubah sendiri suhunya?

      Mungkin batere nya mau habis kali.

      Jadi ke reset sendiri remotenya. Coba deh diganti baterenya.

      Atau mungkin ada yang isengin Ibu kali ganti suhu remote hehehehe…

      Oke semoga masalahnya cepet beres ya

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

  2. Kristi June 3, 2016 at 22:47 #

    Hi admin, mau tanya.
    Saya pakai ac sharp R32 1/2pk uk ruang 3×3 baru beli sebulan. Tiba2 pas dinyalain baru semenit mati sendiri.
    Dianyalakan lg hasilnya sama baru semenit mati lagi.
    Kira2 penyebabnya apa ya?

    • Web_Admin July 21, 2016 at 06:41 #

      Selamat siang,

      Kalau AC mati-sendiri biasanya karena Freonnya habis atau PCB Indoor bermasalah.

      Apakah sudah panggil teknisi resmi Sharp untuk cek AC anda? toh kan masih garansi.

      Oke terima kasih atas kunjungannya ya. Semoga cepet beres ACnya.

  3. Budiarjo June 1, 2016 at 14:48 #

    Saya baru beli 1bulanan ac panasonic 3/4pk. Selalu memakai suhu 26-27 dan fan auto.

    Skrg kondisi ac tidak bisa mengangkat start awal. Jadi ketika kita on, unit indoor terbuka kipasnya dan 1mnt kemudian unitnya mati. Saya ulangi pencet on lagi di remote dan kemudian 1menitan mati lagi. Jd si unit indoor tidak mampu start awal supaya ada hembusannya. Tapi kalau kita doromg pakai jari baling2 kipas di dalamnya barulah ac mau bekerja dan tidak mati lagi.

    Apakah penyebabnya?

    Dan pertanyaan kedua:

    Kalau fan speed kita set 1 atau 3 garis apakah nantinya akan memakan listrik yg sama dengan fan speed auto? Krn yang saya tau kalau auto maka si kipas unit indoor dan kompressor tidak akan kerja terus menerus jika suhu sudah mencapai yg kita set di remote dan akan bekerja lagi ketika suhu sudah mulai berkurang. Dan kalau di set kipas 1 atau 3 garis bukannya unit dan kompressor akan kerja terus menerus?

    Terimakasih jawabannya.

    • Web_Admin July 15, 2016 at 09:27 #

      Selamat sore,

      Kalau kasus seperti anda sepertinya ada masalah di dinamo motor fan AC. lebih baik panggil teknisi resmi Panasonic untuk cek ya.

      Kedua

      Fan speed 1 dan 3 bedanya paling beberapa watt saja, tidak signifikan. Palingan cuman beda 5 watt saja

      Kalau di set di Auto jika suhu sudah mencapai, kipas unit indoor TETAP bekerja. tetap akan ada angin yang keluar dari Indoor walaupun pelan. Kecuali anda set mode DRY. di Mode COOL kipas akan terus menerus berputar.

      Jadi pakai fan speed auto adalah tetap pilihan terbaik.

      Terima kasih

  4. NENI May 31, 2016 at 08:10 #

    sore,,

    saya mau tanya klo penggunaan ac yg benar dan hemat itu bagaimana ya?

    1. nyala dan matiin saat kita diruangan dan kluar ruangan (saat digunakan saja)??? karena saya punya bayi di rumah…

    2. atau sharian nyala?

    karena suka main dluar ruang ber ac, jadi suka matiin nyalain gt..
    #ac saya daikin yg inverter

    Terimakasih :)

    • Web_Admin July 11, 2016 at 06:56 #

      Selamat siang,

      Kalau menggunakan Daikin Inverter lebih baik kalau keluar ruangan tetap dinyalakan ACnya

      Kecuali pergi meninggalkan ruangan lebih dari 2 sampai 3 jam.

      Kalau dibawah itu lebih irit bila AC terus dinyalakan.

      Oke terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

  5. edo May 27, 2016 at 17:30 #

    Mas mau tanya.kan rumah saya atap nya langsung genting belum di pasang plafon.trus adik saya ngasih ac lg 1pk.kan kompresor nya bakal mati matian kerjanya cz blum di plafon n celah2 udaranya banyak.rencana saya ac nya g akan saya nyalain dingin digin cukup 26 derajat aja biar kompresor nya g kerja keras buat dinginin ruangan.pendapat mas gmana ya.makasih

    • Web_Admin June 27, 2016 at 09:04 #

      selamat sore,

      suhu 26 kalo lagi siang bolong panas ga ketulungan itu udah dingin banget sampe lantai bisa dingin juga kalau memang bener suhu ruangan bisa mencapai 26 derajat.

      Jadi ya memang harus di set di 26 kalau malam dan 27 kalau siang biar ga terlalu berat kerja ACnya.

      Oke terima kasih atas kunjungannya

  6. Yepe May 27, 2016 at 16:40 #

    Selamat malam min
    Saya ada ac sharp 1pk dikamar. Kmaren sempet panggil tkg service ac. Dicek freon kosong. Trus cb diisi. Trnyata bocor di compresor. Langkah nya aa mesti ganti kompresor baru atau gmn. Kadang kepikiran drpd kompresor beli lg dan jaminan garansi ga lama. Mending gnti baru..oiya pmakaian ac sdh hampir 3-4 taun. Makasih min

    • Web_Admin June 27, 2016 at 09:03 #

      Selamat siang,

      Ya benar sekali kalau kompressor memang bener2 sudah bocor, lebih baik ganti unit AC baru daripada cuman ganti kompressor.

      Karena garansi kompressor baru palingan juga cuman 1 bulan.

      Oke terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

  7. heny May 26, 2016 at 03:41 #

    halo min, mau tanya. ac sya merk panasonic econavi 1 pk udah 3 tahun dipakai. ukuran kamar 4×4, kamar di ruko lantai 2, klo siang hari sampai sore matahari langsung menyorot. sekarang malam pun ac kurang dingin, saya bingung apakah ada yg rusak?? tapi ac masih mengeluarkan hawa dingin, tapi kalo tengah malam baru kedinginan, sementara dari siang menjelang jam 12 malam, itu ac hanya dingin seperti kipas tp ada hawa dingin sedikit, mohon penjelasannya min.trims

    • Web_Admin June 27, 2016 at 08:42 #

      Nahhhhhhh…

      Hal ini sudah saya jelaskan panjang lebar di artikel AC kurang dingin disini http://goo.gl/PNXlLf

      silakan dibaca yaaaa… Tapi intinya kalau AC sudah 3 tahun keatas kapasitasnya sudah berkurang, jadi kamar 4×4 jadi ga sedingin dulu, apalagi kena matahari.

      Memang kalau dari pertama anda beli sama kami, pasti kami suru pasang yang 1.5PK.

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

  8. yasinta May 21, 2016 at 06:16 #

    Bagaimana cara mengubah suhu 0F ke 0C untuk AC panasonic CS-YN5RKJ. Terima kasih

  9. Aditya May 18, 2016 at 16:55 #

    Pak kalau untuk kamar ukuran 3×3 tinggi 2.5 di lantai atas, penghuni kamar 1 orang saja + 1 komputer, dengan AC low watt 1/2 PK apakah sudah ideal?

    • Web_Admin May 31, 2016 at 08:38 #

      Selamat siang,

      Untuk ukuran kamar anda TIDAK BOLEH pakai 1/2PK Low Watt.

      Harus pakai 3/4PK Low Watt.

      Kalau pakai 1/2PK Low Watt udah dinginnya lama, nanti 2 – 3 tahun lagi AC-nya pasti jadi ga dingin karena Btu-nya sudah berkurang dan tidak mampu mendinginkan ruangan seperti dulu lagi.

      oke terima kasih atas kunjungan dan pertanyaannya.

  10. Rudichess May 17, 2016 at 15:49 #

    Info yang sangat bermanfaat. Terima kasih sudah Sharing. Pantesan kompressor AC saya sering mati. TErnyata gara2 sering Overheat dikarenakan saya sukanya atur ke 16 C.
    Salam.

    • Web_Admin May 31, 2016 at 08:19 #

      Selamat sore,

      Teirma kasih atas pujiannya.

      Jangan lupa ceritakan kami ke keluarga, saudara dan semua rekan anda juga ya supaya lebih banyak orang yang mendapatkan manfaat.

      Sekali lagi terima kasih atas kunjungannya.

  11. oriza May 15, 2016 at 15:00 #

    Gan maaf mau ikutan nanya nih, sy pke ac panasonic cs-uv5rkp 1/2 pk di kmr tdr ukuran 3×3, kmr sblahnya ga pke ac, tp sy pasang exhaust fan mksdnya biar bs d bagi hawa dinginnya, tp exhaust fan nya dinyalain klo pas mau sholat magrib-isya aja, nah bbrpa hr yg lalu istri sy blg koq dr unit indoornya ada netes air, itu knp ya gan apakah ada masalah dr unit indoornya? Tks.

    • Web_Admin May 27, 2016 at 09:13 #

      Selamat sore,

      kalo Indoor netes air sih biasanya cuman gara2 saluran pembuangan airnya mampet.

      Dicuci aja ACnya, terus minta disemprot pakai air bertekanan pipa pembuangan airnya. Harusnya abis gitu ngga bocor lagi.

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      • sahata May 28, 2016 at 14:47 #

        saya mau tanya AC Merek Daikin Type RKC 35 NVM4 & FTKC 35 NVM4 apa bisa suhu batas bawah sampai 16 derajat celcius ? Mohon info nya.

        • Web_Admin June 30, 2016 at 03:59 #

          Selamat siang,

          Untuk AC Daikin suhu remote hanya bisa sampai 18 maksimalnya.

          Untuk pencapaian suhu bisa saja kalau AC tersebut dipake di ruangan 2×2 doank. Kalo di 3×3 aja saya ga yakin bisa nyentuh 19 derajat.

          Kalau mau suhu ruangan terkontrol selalu di 18 derajat tidak bisa menggunakan AC residential harus pakai yang spec pabrik atau AHU.

          Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

  12. adis May 15, 2016 at 14:17 #

    mlm min, saya beli ac baru merk sharp type ah-a5scy 1/2 pk, di unit indoornya tertulis spesipikasi masukan listriknya 850 watt…tp si penjualnya bilang wattnya cma 400, daya listrik dirumah saya 900 (perumahan), ketika running ac skitar 4 jam saya nyalain mesin air (125 watt) tp ko ngejebret ya..mhon penjelasannya

    • Web_Admin May 27, 2016 at 09:07 #

      Selamat siang,

      Kalau saya cek di internet sih watt AC-nya ada yang bilang 510 Watt ada yang bilang 572 Watt

      Jadi bukan 850 Watt bukan juga 400 watt

      Kalau wattnya kita anggap 572 Watt

      kalo nyalain mesin air 125 watt berarti total daya sudah 697 Watt

      ada alat listrik apa lagi yang menyala di rumah bersamaan dengan mereka?

      Lampu? TV? Kulkas? karena listrik 900 biasanya sekitar 850 Watt sudah jebret listriknya biar ga kebakar.

      Jadi kalau misalnya ada kulkas atau TV yang nyala plus lampu tentu saja jebret listriknya.

      Harusnya pake yang merk Panasonic misalnya yang 1/2PK Low Watt hanya 320 Watt saja listriknya.

      Oke terima kasih sudah mampir ke website kami.

  13. Ahmad May 14, 2016 at 19:16 #

    Assalamualaikum admin.

    Mau tanya bbrp hal. Saya pake AC Panasonic 3/4PK dgn ruangan 3×4.
    Knp ACnya ga bgtu dingin ya??
    Outdoornya panas, bentar mati bentar nyala, tp kadang malah nyala teruz ga mati”. Mohon penjelasannya ya min kira” masalahnya dimana? Kmrn saya cek tekanan freon 70psi, kompresor 2,8amper. Trimakasih

    • Web_Admin May 26, 2016 at 06:01 #

      Selamat siang,

      Untuk ruangan 3×4 memang MINIMAL pakai 3/4PK. Sudah berapa lama umurnya?

      Lalu kamarnya di lantai 1 atau 2? Ada jendela besar ga? Menghadap Barat/Timur? tembok kamar ada yang kena matahari? berapa orang yang tinggal di kamar? apakah lebih dari 2?

      Lalu apakah atapnya dak beton? Sudah ukur suhu evaporator indoor berapa derajat?

      ada banyak faktor yang mempengaruhi dingin atau tidaknya AC Pak. bukan hanya ampere dan tekanan freon.

      Lagipula harusnya freon Bapak bisa dicoba ditambah ke 80 psi deh. Siapa tahu lebih dingin.

      Oke Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

  14. Steven May 14, 2016 at 14:42 #

    Mau tanya nih sy pengguna Ac Samsung triangle design yg di tulisan ac tertera lowatt dan hemat listrik non inverter, sy disarankan menggunakan Ac 1pk karna Ac nya untuk dua kamar. Dan di Ac sy terdapat pilihan modul 2 step yg artinya bekerja mendinginkan ruangan secara cepat setelah suhu ruangan dirasa cukup dingin dia akan otomatis menetapkan/mempertahankan suhu tersebut untuk stabil.
    Yg mau sy tanyakan apakah sy menggunakan pilihan 2 step ini bisa hemat listrik ? dan tidak membuat Ac sy untuk bekerja keras ? Karena sy pernah bertanya pada service Ac sy dia bilang lebih baik tidak menggunakan system otomatis seperti itu karena dengan alasan akan memberatkan indoor ac untuk bekerja keras lebih baik sy disarnkan untuk menggunakan yg tanpa modul dan di set suhu 23°c dengan fan berada di posisi 2-3.
    Jadi solusi yg benar yg mana untuk hemat listrik dan agar tidak memberatkan mesin ac untuk bekerja keras. Sekian dan terima kasih.

    • Web_Admin May 26, 2016 at 05:24 #

      Selamat siang,

      Sepengetahuan saya sih semua AC kalau sudah mencapai suhu dia akan otomatis mempertahankan suhunya. Jadi bukan fitur khusus milik Samsung kalau cuman seperti itu.

      Sebenarnya kalau memang ada fitur di AC ya sah-sah saja digunakan.

      yang penting AC anda mampu mencapai suhu remote.

      Jadi sarannya memang cukup set suhu 24 di remote dengan kecepatan kipas 2 atau 3 supaya lebih tidak kerja keras.

      Well jujur sebenernya kalo ga mau kerja keras sih masing2 kamar harus pakai AC sendiri2. Kalo ditaro ditengah pasti akan kerja keras mau di setting cara apapun.

      oke terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

  15. Hera Arifin May 13, 2016 at 21:24 #

    Gan.. Maaf sy mw tanya.. Sy pke AC panasonic CS-YNSRKJ baru 2 bln beli kok AC udah gak dingin lagi yah.. Sy stell remote d.29 derajat .. Trus kipas outdoor nya mati.. Btw ittu knp yah ? Klo bs sy boleh minta no tlpn customer service Panasonic .. Mksh sblm nya gan..

    • Web_Admin May 25, 2016 at 04:23 #

      Selamat siang,

      AC YN5RKJ 1/2PK digunakan di ruangan ukuran berapa?

      Dulu pas baru pasang dingin?

      No telp cust service Panasonic ada di 0804 1 111 111

      Terima kasih

  16. Gading Harahap May 11, 2016 at 07:29 #

    selamat siang mas admin.
    mau minta saran nih. kamar saya ukuran 3X4,saat ini pakai ac panasonic non inverter 1/2pk ecosmart (lupa serinya),sering di setting di 20, dominan dipakai siang,malam sampai pagi.saya ingin mengganti ac dgn yg inverter kira2 ukuran brp pk?apakah nantinya akan lebih hemat listrik jika saya ganti yg inverter dibanding yg saya gunakan skrg.
    mohon berbagi pengetahuannya ms admin. terima kasih

    • Web_Admin May 20, 2016 at 04:44 #

      Selamat siang,

      Wah kamar 3×4 sebenarnya pake 1/2PK sangat kurang loh. Mau setting 20 dan 26 saya yakin se yakin yakin nya dinginnya pasti sama persis.

      Kalau mau ganti dengan AC Daikin High Inverter 1PK FTKV25NVM4

      Saya garansi Watt-nya pasti MINIMAL sama dengan kayak pake 1/2PK bahkan bisa lebih rendah selama setting suhu tidak dibawah 24 derajat. Dan pintu kamar tidak pernah dibiarkan terbuka.

      Oke terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

  17. Grey May 11, 2016 at 04:25 #

    Hai min, mau tanya.
    Saya beli ac sharp lowattage 1/2 pk ukuran kamar 3,5×3,5m apakah sdh cukup? Kog krg dingin. Apakah pakai mode otomatis bisa membuat umur ac panjang? Trims

    • Web_Admin May 20, 2016 at 04:40 #

      Selamat siang,

      Untuk kamar 3.5 x 3.5 harus menggunakan AC 3/4PK.

      Kalau pakai 1/2PK nanti bisa keringetan loh kalo malem tidur. Apalagi kalau pas musim kemarau.

      Jadi kalau sekarang kurang dingin ya sudah wajar karena Btu AC-nya kurang. Terutama karena pilihnya yang tipe Low Watt.

      Bukan mode otomatis, tapi fan speed otomatis. Kalau mode sih harus mode cool baru bisa dingin anginnya.

      Oke terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

  18. fus May 6, 2016 at 09:31 #

    ruangan saya 3m15cm x 3m15cm tipe ac panasonic apa yg cocok?apakah bisa belinya lagsung di galeri resmi panasonic dan dipasangin sama teknisi panasonic?

    • Web_Admin May 16, 2016 at 04:05 #

      Selamat siang,

      Untuk ruangan anda kami sarankan menggunakan AC Panasonic Low Watt 3/4PK CS-XN7RKJ.

      Ya kami bisa memasang AC anda, hanya harus masuk ke jadwal terlebih dahulu.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      • eko May 28, 2016 at 09:17 #

        Mo nanya min klo ac Merek AUX asw-05A4/fcr1 bsgus tidak ya? watt ny jg kata ny pemakaian awal 500 tar turun jd 300san,kmren tanya tanya ke toko elektronik di saranin nya sama engkoh nya beli aux dari pada panasonic/sharp..

        • Web_Admin June 27, 2016 at 09:07 #

          Selamat sore,

          yah kalo jualan sih semua bilang kecapnya paling bagus hehehehhe…

          Untuk merk sih terserah lah, pokoknya kalo beli merk mahal seperti Daikin atau Panasonic rasanya kayak beli BMW ato Mercy. ada barang ada rupa.

          Saya tidak menjelekkan merk AUX loh ya. karena semua AC pasti dingin. Kembali ke customer saja mau pake merk mana. Paling bedanya di daya tahan dan service center saja sih.

          Oke terima kasih sudah mampir ke website kami

Leave a Reply