POSTED BY Web_Admin | Aug, 13, 2014 |

National Elektronik kali ini memberikan tips cara menghitung kebutuhan AC untuk ruangan anda karena masih banyak sekali customer kami yang tidak tahu cara menghitung penggunaan kapasitas AC untuk ruangan mereka dan hanya mengira-ngira saja berapa PK kebutuhan AC untuk ruangan tersebut.

Rumus menghitungnya ada 2. Ada yang lebih njelimet, ada yang lebih simple.

Rumus pertama cara menghitung kebutuhan ac yang ngejelimet adalah seperti ini:

(Panjang x Lebar x Tinggi Ruangan x Faktor 1 x 37) + (Jumlah orang x Faktor 2)

Angka Faktor 1 adalah: untuk kamar tidur = 5, untuk kantor atau living room = 6, dan untuk restoran atau salon atau warnet atau mini market = 7

Angka Faktor 2 adalah: untuk orang dewasa = 600Btu, untuk anak-anak = 300Btu

Oke kita akan lihat contohnya:

untuk ruangan kamar tidur panjang 3m, lebar 3m dan tinggi ruangan 2.5m, dan akan ditinggali oleh 2 orang dewasa misalnya. Perhitungannya jadi seperti ini:

(3 x 3 x 2,5 x 5 x 37) + (2 x 600)

= 4.162,5 + 1.200

= 5.362,5 Btu

Ribet kan?

Rumus kedua untuk menghitung kebutuhan ac jauh lebih simple, dan rata-rata lebih umum digunakan untuk menghitung kebutuhan AC walaupun tidak se-akurat rumus pertama. Rumus kedua ini hanya panjang ruangan dikali lebar ruangan dikali antara 500 Btu sampai 800 Btu tergantung lokasi, lantai dasar atau lantai atas, arah sinar matahari dan tingkat suka dingin.

Begini kira-kira perhitungan kebutuhannya:

Dikali 500 Btu bila – kamar di lantai dasar, ditinggali 1 orang, tidak kena sinar matahari atau tidak berjendela, yang tidur tidak suka dingin dan mau pasang AC dengan suhu hanya 26 atau bahkan 27

Dikali 600 Btu bila – kamar di lantai dasar tapi kena matahari, atau di lantai 2 tapi tidak kena matahari, ditinggali 2 orang, mau pasang AC suhu 24 atau 25

Dikali 700 Btu bila – kamar di lantai dasar tapi ada jendela besar atau banyak jendela dan tembok kamar kena matahari siang/sore, kamar di lantai atas dan kena sinar matahari, ditinggali lebih dari 2 orang di dalam kamar, yang tinggal suka dingin dan maunya suhu kamar bisa 23 derajat atau bahkan 22 derajat saat dini hari.

Dikali 800 Btu bila – kamar atapnya adalah dak cor beton atau bahan asbes, jadinya panas sekali kamarnya saat siang hari, atau memang suka banget dingin mau suhu 21 derajat pada dini hari, mau suhu 24 derajat di siang hari.

Dikali 1000 Btu bila – memang berharap mau pake selimut tebal baik di siang hari maupun di malam hari. Karena kalo ga selimutan ga bisa tidur… (ada loh customer kami yang memang mintanya seperti itu… baik siang maupun malam harus selalu pakai selimut teballll) Atau kondisinya seperti restoran The Garden di PIK. Itu perhitungan PK ACnya dikali 1000 karena di hari siang bolong mereka mau restoran tetep dinginnnnn padahal atap restorannya banyak terbuat dari kaca sehingga sinar matahari banyak masuk ke dalam restoran dan dalam kondisi restoran full ACnya dinginnnnnn…

P.S: Ngga… saya ga dibayar sama restorannya buat promosiin mereka. Cuman cerita aja karena yang masang AC disana saya kenal siapa orangnya huehuehuehue…

Contoh: ruangan 3m x 3m = 9m2 x 600Btu = 5.400Btu.

Nah berarti untuk mendinginkan ruangan sebesar 3m x 3m dibutuhkan MINIMAL AC 1/2 PK karena AC 1/2 PK memiliki BTU sebesar 5000. Dan AKAN JAUH LEBIH BAIK jika menggunakan AC 3/4PK terutama kalau menggunakan AC Inverter.

Kemudian ada dilema dan kesalahan yang paling sering dilakukan oleh para customer kami.

Apabila besar ruangan adalah 3m x 4m, maka jumlah Btu yang dibutuhkan adalah (12 x 500) = 6.000Btu. Angka ini adalah salah satu angka keramat dan salah satu besar ruangan yang paling lazim untuk kamar tidur selain 3m x 3m.

AC 1/2PK memiliki Btu 5000, AC 3/4PK memiliki Btu 7000, nah untuk ruangan 3m x 4m, Btu yang dibutuhkan adalah 6.000, jadi mau pake AC yang mana? 1/2 atau 3/4PK?

Jawabannya….. tentu saja 3/4PK, dan bukannnnn… bukan karena penjual maunya untung lebih banyak dengan menjual AC yang lebih mahal harganya. Karena sebenarnya untung toko kami menjual AC 1/2 atau 3/4 PK sama saja. tidak serta merta kami jual AC yang lebih mahal kemudian untung kami juga lebih banyak, SALAH!

Ini adalah alasan kenapa ruangan 3×4 harus menggunakan AC 3/4PK, walaupun kalau pake AC 1/2PK ruangan juga tetap masih bisa dingin walau waktu yang dibutuhkan akan jauh lebih lama.

1. Kalau anda tetap memakai AC 1/2 PK, ya ruangan tetap bisa dingin tapi AC tersebut harus bekerja 100% dengan Kecepatan Fan maksimum dan suhu remote 16 derajat misalnya baru ruangan bisa terasa dingin, terutama di siang hari apalagi bila di kamar tersebut ada jendela yang menghadap barat dimana sinar mentari siang menuju sore sedang panas-panasnya, AC tersebut pasti tidak tahan lama karena kinerja kompressor yang harus terus harus maksimal. Ini pun akan berdampak pada konsumsi listrik yang semakin boros karena kompressor akan lebih banyak hidup daripada mati. Dan pada saat kompressor menyala konsumsi listrik sebesar PK AC akan terus terkonsumsi (contoh 1/2PK konsumsi listriknya 400Watt atau 320 Watt untuk tipe Low Watt)

2. Kalau anda memakai AC 3/4 PK, anda cukup menggunakan kecepatan Fan 1, suhu remote 22 derajat dan ruangan sudah terasa dingin. Ini akan berdampak langsung pada konsumsi listrik AC tersebut, walaupun AC 3/4PK menggunakan listrik sebesar 600 Watt atau 530 Watt untuk tipe Low Watt tetapi kompressor akan lebih sering mati dan tidak perlu bekerja maksimal sehingga akan memperpanjang umur AC itu sendiri.

3. Perbedaan harga AC 1/2 PK dan 3/4 PK hanya 100 ribu Rupiah. Bukannya beda sampai 500 ribu. Jadi tidak ada alasan lain untuk ruangan 3 x 4 anda masih menggunakan AC 1/2PK. Memang di depan anda berhemat 100 ribu, tapi dalam bulan berjalan pemakaian listrik anda kami jamin akan lebih hemat bila anda menggunakan AC 3/4 PK apalagi bila dinyalakan ber jam-jam setiap harinya. Saya sendiri masih memiliki batita umur 1 tahun yang dimana AC di ruangan dia harus menyala hampir 24 jam sehari plus ada jendela besar yang menghadap ke barat. Jadi panas banget kalo pas siang menuju sore. Setelah saya memakai AC 1/2 PK, saya mengganti AC ruangan tersebut dengan AC 3/4PK. Pemakaian AC 3/4 PK benar – benar menghemat pembayaran listrik rumah saya dibandingkan dengan AC 1/2 PK (bukan promosi, hanya menceritakan pengalaman pribadi)

Contoh berikutnya adalah bila ruangan anda besarnya 4m x 4m… Btu yang dibutuhkan adalah 16 x 500 = 8.000Btu… AC 3/4PK Btu-nya 7000, AC 1PK Btu-nya 9000…. Jadi pake AC yang manaaaaaa…. silakan dijawab sendiri 🙂

Pokoknya yang perlu diingat:

AC 1/2  PK Btu ~ 5000
AC 3/4  PK Btu ~ 7000
AC 1      PK Btu ~ 9000
AC 1.5   PK Btu ~ 12.000
AC 2     PK Btu ~ 18.000
AC 2.5  PK Btu ~ 24.000

Nah bila Btu yang dibutuhkan adalah 13.000an AC 1.5 PK masih cukup untuk mendinginkan ruangan tanpa terlalu membebani kinerja kompressor. Namun bila Btu yang dibutuhkan ruangan sudah 14.000 keatas maka saran kami dibutuhkan AC 2 PK dengan Btu 18.000 agar pemakaian listrik lebih hemat dan kinerja kompressor tidak terlalu berat.

Rumus perhitungan kami berlaku untuk ruangan dengan tinggi langit-langit ruangan standard ya, yaitu sekitar 3m. Diatas itu setiap meter ketinggian eternit / langit-langit akan dibutuhkan 1000 Btu lagi.

Kemudian Rumus tersebut diatas juga berlaku untuk penggunaan pipa standard sampai dengan 10 meter. Bila contoh AC 1/2 PK tapi berhubung jarak indoor dan outdoor harus mencapai 13 atau 15 meter bahkan (hal ini biasa terjadi bila ada pemasangan AC di ruko dimana unit indoor berada di lantai 1, unit outdoor ada di dak atas lantai 4) maka kami menyarankan agar PK AC dinaikan menjadi 3/4 PK atau bahkan 1 PK bila ruangannya juga terdapat jendela besar dan terpapar sinar matahari langsung.

Nah bila anda ingin menggunakan AC Inverter, pastikan Btu AC-nya lebih besar dari kebutuhan ruangan yah. Jadi contoh bila ruangan kamar ukuran 4×5 kan kebutuhan ruangan 10.000 Btu. Kami sungguh sangat menyarankan penggunaan AC Inverter 1.5PK dibanding 1PK. Mengapa? Karena kalau kita melihat cara kerja AC Inverter dimana bila suhu ruangan sudah sama dengan suhu remote maka Watt AC Inverter akan bisa turun ke Watt minimal, nah di ruangan 4×4 kalau kita pakai AC Inverter 1.5PK kan akan lebih cepat tercapai, dan kinerja kompressor tidak perlu ngoyo mencapai suhu yang diinginkan misalnya 24 derajat atau 23 derajat. Watt AC Inverter akan bisa lebih cepat mencapai watt minimalnya yang tentunya akan berimbas langsung dengan konsumsi listrik rumah/kantor anda.

Oke kira – kira begitulah cara menghitung kebutuhan AC untuk ruangan anda.

Kami harap dari artikel – artikel kami, anda sebagai customer kami akan lebih pintar dalam memilih dan menggunakan AC.

Oleh karena itu, jangan ragu lagi untuk mempercayakan pembelian, pemasangan maupun service AC Panasonic atau AC Daikin anda kepada kami. Kami berjanji memberikan pelayanan yang terbaik bagi anda dengan harga yang kompetitif. Hubungi kami sekarang baik melalui halaman contact us, lewat email ke [email protected] ataupun menghubungi hotline kami di (021) 737 5155 – 56 atau gunakan semua cara yang ada diatas baik lewat FB, Twitter, BBM, YM atau WA

Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya yang tentu saja menarik, jujur, dan penuh dengan informasi yang berguna seputar AC Panasonic, AC Daikin, AC Gree maupun AC secara general.

kami bisa list dibawah ini ya:

1. Apakah perlu isi ulang Freon AC?

2. Apakah AC Inverter benar – benar bagus dan hemat listrik?

3. Cara menggunakan AC agar awet dan hemat listrik

4. Cara menghitung kebutuhan PK AC sesuai ruangan

5. Semua yang harus anda tahu tentang AC Low Watt dan AC Inverter

6. Mengapa Ongkos pasang AC Freon R32 lebih mahal?

7. Perbedaan Freon R22, R32 dan R410A

8. Penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin

9. Perbedaan Tipe AC Daikin

10. Harga AC Daikin 2018

11. Perbedaan tipe AC Panasonic

12. Harga AC Panasonic 2018

13. Brosur AC Daikin

14. Pengangkatan National Elektronik sebagai Daikin AC Shop

15. Tips dan trik menggunakan AC Inverter

16. AC Daikin Multi S

17. Testimoni AC Daikin di Kaskus

18. Emang AC Gree bagus? Kan buatan China

19. Harga AC Gree 2018

20. Tipe AC Gree apa saja dan perbedaannya

21. Bocoran AC Gree 2018

22. Launching AC Daikin Line Up 2018

23. Review Daikin Inverter Flash 1PK FTKQ25SVM4

24. Apaan sih COP dan EER itu?

 

 

Artikel dibuat oleh:

Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
@samuellumentut
National Elektronik

Artikel di update terakhir pada tanggal: 24 November 2018

TAGS :
  • berly

    hallo kak mau tanya untuk menentukan kapasitas AC suatu ruangan atas tulisan tersebut itu bersumber dari mana ya? terimkasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk menghitung kapasitas ruangan kami dapat dari Daikin dan Panasonic langsung waktu mengikuti training dari mereka.

      Terima kasih.

      Reply
  • Romadhon

    Min, saya mau minta saran… Rencana mau pasang AC di 2 kamar anak yang bersebelahan. Menurut Admin lebih cocok mana 2 x 1/2 PK atau multi S 1/2 PK. Mengingat satu kamar jarang ditempati (yang punya lagi mondok di luar kota), satu kamar pemakaian setiap hari.
    Trims.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Tetap lebih baik pakai Multi S karena toh wattnya juga lebih kecil.

      Tapi kamarnya ukuran berapa ya? mesti cocok PKnya jangan sampe terlalu kecil nanti malah boros listrik dan ga dingin.

      teirma kasih sudah mampir ke website kami

      Reply
  • Totok Matsodikin

    Admin mau nanya klo mau pasang ac tuk di masjid ukuran 12 * 12 tinggi 3,5 mtr kira2 brpa kebutuhan acnya ya ? Rencananya kami mau pasang 6 unit * 1 PK mhn petunjuknya tks

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Wah ruangan 12 x 12 itu kalo pas jumatan bisa ada berapa orang? mesti diitung jumlah orangnya.

      Kalo ga ntar bisa keringetan loh pas jumatan.

      Pake 6 unit 1PK udah pasti keringetan semua orang kebutuhan AC-nya pas ruangan kosong aja 10PK

      Saran saya sih MINIMAL pasang 6 unit 2PK.

      Kalau mau pas jumatan ngga keringetan mesti pake 8 unit sampe 10 unit 2PK…

      Tergantung bujet aja.

      Kami sering kok kirim AC 2PK untuk masjid.

      Disarankan menggunakan Daikin Standard Thailand 2PK FTC50NV – Rp. 6.250.000,-

      Itu harga unit only ya. Belum termasuk transport tergantung lokasi pengiriman AC dimana.

      Terima kasih.

      Reply
  • Nawawi

    Gan mau tanya saya punya kamar ukuran 3.20×320 x2.5 klo pakek inverter brp pk ..trims

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kamar ukuran 3.2 x 3.2 x 2.5 pake Inverter Flash Daikin 3/4PK FTKQ20 – Rp. 5.050.000,-

      Harga diatas sudah termasuk ongkos pasang, pipa Freon HODA 5m, kabel listrik SUPREME 3×2.5 5m, drain air 2m, bracket Outdoor dan proses Vacuum sesuai SOP Daikin.

      belum termasuk transport tergantung lokasi pemasangan AC dimana yaaa

      Terima kasih sudah berkunjung dan bertanya kepada kami.

      Reply
  • Jono

    Om sy mau nanya kl kamar 3×3 dgn tinggi 3.5 meter itu pake 1/2 atau 3/4 untuk daikin inverter. Mohon dibantu jawab om. Terimakasih.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kamar 3x3x3.5 WAJIB pakai 3/4PK gan

      Disarankan menggunakan Daikin Inverter Flash 3/4PK FTKQ20 – Rp. 5.050.000,-

      Harga diatas sudah termasuk ongkos pasang, pipa Freon HODA 5m, kabel listrik SUPREME 3×2.5 5m, drain air 2m, bracket Outdoor dan proses Vacuum sesuai SOP Daikin

      Belum termasuk transport tergantung lokasi pemasangan AC dimana ya

      Terina kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Irwandi

    Selamat malam
    Boleh kah sya tau sumber bukunya dr mana yah ?
    Dan nma pengarang nya sypa trima kasih seblumnya

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Materi ini saya dapat dari presentasi Panasonic dulu jadi bukan dari buku.

      Terima kasih ya

      Reply
  • Misbachul Chair

    Artikel yg bagus dan sangat ngebantu banget buat gw yg gagal paham soal cara pemakaian AC yg tepat…thanks!

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Terima kasih banyak ya atas pujiannya. Kami mohon anda dapat memberitahu soal website kami ke semua keluarga, kerabat dan orang-orang yang anda kenal ya supaya makin banyak yang paham soal dunia per-AC-an hehehehehe…

      Sekali lagi terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • Susanto

    hello, National Elektronik (NE). sudah beberapa hari ini saya mangkal di website ini membaca segala artikel juga pertanyaan para konsumen serta jawaban NE di bawahnya. menurut saya sejauh ini, ini website terbaik soal AC sejagad internet dlm bahasa Indonesia. lumayan merevolusi pikiran saya soal AC. saya sudah bosan beli AC masing2 nyawanya cuma 3thn, tiap 3tahunan hrs beli AC baru trs, cukup sudah 9thn sabar dibohongi 2 toko berbeda, saatnya beli dr tempat yg benar, harga emang bicara. saya mau tuntaskan masalah AC ini dari dasar akarnya. sudah saatnya merevolusi cooling di rumah

    saya punya segudang pertanyaan, tapi sementara mari kita mulai dari yg plg dasar, kebutuhan BTU. sorry for the long intro :p

    saya butuh AC utk kedua kamar berikut (ukuran saya hitung manual dgn tangan, mata, dan meteran):

    KAMAR 1: 5.032m x 3.645m x 2.94m (tinggi), kita bisa bulatkan jadi 5.03m x 3.65m x 2.94 m, dan lebih bulatkan lagi jadi 5m x 3.6 m (atau 4m) x 2.9m (atau 3m), terserah NE deh mau gimana baiknya cara hitungnya

    KAMAR 2: 4.88m x 4.46m x 2.94m, klo mau bulatin jd 5m x 4.5m (atau 4m) x 2.94m (atau 3m)

    klo dibulat abis yah bisa dibilang keduanya itu 5m x4m (x3m), iya gak?

    klo itung2 BTUnya pke rumus simple yg x500, klo ikut angka decimal di atas sampai bulat2nya kamar 1 sekitar 9,170-9,180 BTU, klo kamar 2 sekitar 10,880-10,882.4 BTU. atau klo anggap keduanya sama 5mx4m jadi 10,000 BTU. berarti ACnya butuh 1.5 PK bener gak? dh cukup dgn lebih dikit2 biar aman? tau hrskah 2 PK? tp emang sih pasti lbh cepet dingin, outdoor lbh cepet ngaso, tp worth it gk keluar duit extra? klo 1.5PK perfect, pas dgn extra room, mendingan 1.5 PK. saya maunya gk ngepas mepet krn gk bagus kata NE, tp jg mau klr uang lebih klo kenyataannya overkill gk kepakai/perlu amat. yg ngepas dgn litle wiggling room gitu lah

    klo pke rumus rumit, saya msh bingung, tergantung pembulatan kadang dpt BTUnya besar sekali atau malah jauh lebih kecil dr rumus simple. mending saya tanya langsung sama ahlinya di sini baiknya berapa PK nih AC utk msg2 2 ruangan, klo 1 AC kyknya gk bisa? ada tembok, tp di pojok atas tembok ada lobang, mlh sebenarnya skrg pke AC 1 PK cantol di lobang itu utk dinginin 2kamar, gmn gk 3thn sekali ganti AC, tewas outdoornya kerja rodi lol

    itu jg baru x500, pengennya x1000, tp apa daya, dompet gk sanggup. sbnrnya saya udak ketik lbh detil soal msg2 kamar selalu ada brp orang, sumber panas lain, maslah matahari, posisi, tp saya liat jd wall of texts, segan saya tampilkan di sini

    nunggu NE jawab dulu yg ini, ntr stlh itu, klo boleh saya mau lanjutkan cerita lbh detil

    Trims 😀

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Wahhhh terima kasih banyak untuk pujiannya ya…

      Memang artikel2 ini kami buat untuk membantu merevolusi mental dunia per-AC-an di Indonesia yang sudah terlalu kotor politiknya hehehehe…

      Oke coba dibantu ya

      Untuk Kamar 1: 5 x 3.65

      Kalo perkalian Btu udah ga bole lagi x500 jaman sekarang keknya gan… soalnya matahari lagi puanas buanget belakangan ini.

      Jadi dengan kamar segitu kebutuhan Btu-nya 11.016

      Dan harus menggunakan AC minimal 1.5PK (soalnya belum hitung berapa orang yang tidur di kamar)

      Kamar 2: 4.88 x 4.5m x 600 = 13.176 Btu

      Nah kalo udah kayak gitu WAJIB pake AC 2PK.

      Gitu aja gan…

      Tentu pilihan terbaik pake Jenis Inverter ya…

      Pake Daikin Premium Inverter adalah pilihan terbaik walaupun harganya mahal.

      Kalo mau lebih hemat tempat paling pake AC Daikin Multi NX MKM95 + Indoor 2PK dan 1.5PK tapi harganya lebih mahal dibanding pake Premium Inverter 2PK FTKM50 + 1.5PK FTKM35

      Gitu sih kira2 yaaa..

      mari kita lanjutkan lagi kalo masih mau tanya hehehhe

      terima kasih sekali lagi untuk pujiannya ya..

      Reply
  • Sjamsuddi

    Halo,
    Kamar anak saya di loteng terekspos matahari.. uk 4×5 ..karena listrik saya cuma 1300 w, masih harus pakai pompa jet pump, dan 2 freezer toko.. saya berencana pakai 2 unit AC 1/2 PK low watt ..kalau pakai yg 1 PK kuatir listriknya tidak cukup..
    Mohon sarannya..

    Reply
    • Web_Admin

      Halo juga,

      Waduh kamar ukuran 4×5 harus pakenya 1.5PK loh… Apalagi kena matahari…

      Listriknya memang ga bakalan kuat kalo ada jet pump sama 2 freezer toko. Bisa tambah daya ga?

      Kalo ga bisa dipaksa pake 2 unit 1/2PK low watt juga ga bakalan dingin. Walo pake Gree C3 1/2PK watt cuman 290 x 2 = 580 watt misalnya. Yang ada ACnya cepet jebol 2-2nya karena kerja rodi terus dipake di ruangan yang under capacity alias tidak cukup PK.

      Ya terserah sih kalo maksa mau pake 2 unit 1/2PK low watt. Cuman ya itu menurut saya bakalan rewel ACnya dalam tempo sesingkat-singkatnya…

      Reply
  • Frankie

    Salam Inovasi,
    Sebelum bekerja sama, apakah bisa A/C di tempat kami (Restaurant) , dianalisa mengenai Perawatan dan Perbaikan.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Ya tentu saja bisa Pak. Silakan hubungi kami untuk mengatur jadwal kedatangan teknisi.

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • SILMI MIFTAH

    Maaf mau bertanya, yang 37 itu apa yah? Saya kurang paham, itu kontanta atau gimana? Mohon pencerahannya
    Terimakasih

    Reply
    • Web_Admin

      Iya itu konstanta yang ditentukan. Saya sendiri juga ga tau kenapa begitu. Saya hanya diberi tahu oleh pihak Panasonic.

      terima kasih

      Reply
  • Noer

    gan, mau tanya dong
    saya pengen beli daikin yg 3/4 inverter ukuran kamar 3×3 untuk KEBUTUHAN BAYI

    1. Harga nya brp?
    2. kalo blm termasuk ongkos pemasangan, ongkos pemasangannya brp?
    3. dapet paket apa aja? bracket selang dll?
    4. bisa pake credit card?
    5. ongkos pengiriman ke pondok labu, Jak Sel, brp kira kira?
    6. klaim garansinya gmn? dari Toko/daikin langsung?

    makasih gan

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Sorry baru sempet bales Comment di website.

      Dicoba jawab ya pertanyaannya:

      1 dan 2. Daikin Inverter Smile 3/4PK FTKC20PVM4 harganya Rp. 5.325.000,-

      3. Sudah incl. pasang, Pipa Freon HODA 5m, Kabel listrik 5m, drain air 2m, bracket dan proses Vacuum.

      4. Bisa pake CC tapi jadinya dipisah ya, cm unitnya aja yang bisa diitung pake cc, unitnya 4.725.000 + charge 3% = Rp. 4.866.750,-
      Ongkos pasang 600rb mesti dibayar tunai/debit BCA/transfer bank

      5. Transport ke Pondok Labu hanya 50rb saja

      6. Klaim garansi bisa langsung ke Daikin, bisa kita bantu laporin ke Daikin. Sama aja.

      Sama2 gan…

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *