POSTED BY Web_Admin | Aug, 13, 2014 |

National Elektronik kali ini memberikan tips cara menghitung kebutuhan AC untuk ruangan anda karena masih banyak sekali customer kami yang tidak tahu cara menghitung penggunaan kapasitas AC untuk ruangan mereka dan hanya mengira-ngira saja berapa PK kebutuhan AC untuk ruangan tersebut.

Rumus menghitungnya ada 2. Ada yang lebih njelimet, ada yang lebih simple.

Rumus pertama cara menghitung kebutuhan ac yang ngejelimet adalah seperti ini:

(Panjang x Lebar x Tinggi Ruangan x Faktor 1 x 37) + (Jumlah orang x Faktor 2)

Angka Faktor 1 adalah: untuk kamar tidur = 5, untuk kantor atau living room = 6, dan untuk restoran atau salon atau warnet atau mini market = 7

Angka Faktor 2 adalah: untuk orang dewasa = 600Btu, untuk anak-anak = 300Btu

Oke kita akan lihat contohnya:

untuk ruangan kamar tidur panjang 3m, lebar 3m dan tinggi ruangan 2.5m, dan akan ditinggali oleh 2 orang dewasa misalnya. Perhitungannya jadi seperti ini:

(3 x 3 x 2,5 x 5 x 37) + (2 x 600)

= 4.162,5 + 1.200

= 5.362,5 Btu

Ribet kan?

Rumus kedua untuk menghitung kebutuhan ac jauh lebih simple, dan rata-rata lebih umum digunakan untuk menghitung kebutuhan AC walaupun tidak se-akurat rumus pertama. Rumus kedua ini hanya panjang ruangan dikali lebar ruangan dikali antara 500 Btu sampai 1000 Btu tergantung lokasi, lantai dasar atau lantai atas, arah sinar matahari dan tingkat suka dingin.

Begini kira-kira perhitungan kebutuhannya:

Dikali 500 Btu bila – AC hanya dipasang untuk koridor kantor, koridor lift, dan tempat yang memang ga butuh dingin sama sekali. Atau mau dipasang di kamar tapi INGIN SET SUHU HANYA 26 ATAU 27 DERAJAT SAJA. Kami sih pokoknya tidak rekomen sama sekali perkalian 500 Btu di jaman NOW yah… Tau sendiri sekarang negara kita Indonesia tercinta ini makin lama makin panas aja suhu luar ruangannya…

Dikali 600 Btu bila – Perkalian standard jaman NOW, dengan kamar di lantai dasar tapi ada yang kena matahari, atau di lantai 2 tapi tidak kena matahari, ditinggali maksimal 2 orang dewasa, mau pasang AC suhu 25 derajat atau 26 derajat. Dengan kondisi siang hari paling mentok suhu ruangan sekitar 25 sampai 26 derajat ya. Kalau dini hari mungkin bisa menyentuh 24 derajat atau kurang tergantung suhu luar ruangan juga.

Dikali 700 Btu bila – kamar di lantai dasar tapi ada jendela besar atau banyak jendela dan tembok kamar kena matahari siang/sore, kamar di lantai atas dan kena sinar matahari, ditinggali lebih dari 2 orang dewasa di dalam kamar, yang tinggal suka dingin dan maunya suhu kamar bisa 23 derajat di malam hari atau bahkan 22 derajat saat dini hari. Dan siang hari suhu pasti bisa menyentuh 25 derajat juga atau bahkan kurang dari itu.

Dikali 800 Btu bila – kamar atapnya adalah dak cor beton atau bahan asbes, jadinya panas sekali kamarnya saat siang hari, atau memang suka banget dingin mau suhu dibawah 22 derajat pada dini hari, mau suhu 24 derajat di siang hari.

Dikali 1000 Btu bila – memang berharap mau pake selimut tebal baik di siang hari maupun di malam hari. Karena kalo ga selimutan ga bisa tidur… (ada loh customer kami yang memang mintanya seperti itu… baik siang maupun malam harus selalu pakai selimut teballll) Atau kondisinya seperti restoran The Garden di PIK. Itu perhitungan PK ACnya dikali 1000 karena di hari siang bolong mereka mau restoran tetep dinginnnnn padahal atap restorannya banyak terbuat dari kaca sehingga sinar matahari banyak masuk ke dalam restoran dan dalam kondisi restoran full ACnya dinginnnnnn…

P.S: Ngga… saya ga dibayar sama restorannya buat promosiin mereka. Cuman cerita aja karena yang masang AC disana saya kenal siapa orangnya huehuehuehue…

Contoh: ruangan 3m x 3m = 9m2 x 600Btu = 5.400Btu.

Nah berarti untuk mendinginkan ruangan sebesar 3m x 3m dibutuhkan MINIMAL AC 1/2 PK karena AC 1/2 PK memiliki BTU sebesar 5000. Dan AKAN JAUH LEBIH BAIK jika menggunakan AC 3/4PK terutama kalau menggunakan AC Inverter.

Kemudian apabila besar ruangan adalah 3m x 4m, maka jumlah Btu yang dibutuhkan adalah (12 x 600) = 7.200Btu. Angka ini adalah salah satu angka keramat dan salah satu besar ruangan yang paling lazim untuk kamar tidur selain 3m x 3m.

Nah untuk ruangan 3m x 4m, Btu yang dibutuhkan adalah 7.200, jadi memang harus pakai minimal 3/4PK dan AKAN JAUH LEBIH BAIK jika menggunakan 1PK Inverter juga.

 

Ini adalah alasan kenapa ruangan 3×4 harus menggunakan AC 3/4PK, walaupun kalau pake AC 1/2PK ruangan juga tetap masih bisa dingin walau waktu yang dibutuhkan akan jauh lebih lama.

1. Kalau anda tetap memakai AC 1/2 PK, ya ruangan tetap bisa dingin tapi AC tersebut harus bekerja 100% dengan Kecepatan Fan maksimum dan suhu remote 16 derajat misalnya baru ruangan bisa terasa dingin, terutama di siang hari apalagi bila di kamar tersebut ada jendela yang menghadap barat dimana sinar mentari siang menuju sore sedang panas-panasnya, AC tersebut pasti tidak tahan lama karena kinerja kompressor yang harus terus harus maksimal. Ini pun akan berdampak pada konsumsi listrik yang semakin boros karena kompressor akan lebih banyak hidup daripada mati. Dan pada saat kompressor menyala konsumsi listrik sebesar PK AC akan terus terkonsumsi (contoh 1/2PK konsumsi listriknya 400Watt atau 320 Watt untuk tipe Low Watt)

2. Kalau anda memakai AC 3/4 PK, anda cukup menggunakan kecepatan Fan sedang, suhu remote 23 derajat dan ruangan sudah terasa dingin. Ini akan berdampak langsung pada konsumsi listrik AC tersebut, walaupun AC 3/4PK menggunakan listrik sebesar 600 Watt atau 530 Watt untuk tipe Low Watt tetapi kompressor akan lebih sering mati dan tidak perlu bekerja maksimal sehingga akan memperpanjang umur AC itu sendiri.

3. Perbedaan harga AC 1/2 PK dan 3/4 PK hanya sekitar 100 ribu-an Rupiah. Bukannya beda sampai 500 ribu. Jadi tidak ada alasan lain untuk ruangan 3 x 4 anda masih menggunakan AC 1/2PK. Memang di depan anda berhemat 100 ribu, tapi dalam bulan berjalan pemakaian listrik anda kami jamin akan lebih hemat bila anda menggunakan AC 3/4 PK apalagi bila dinyalakan ber jam-jam setiap harinya. Saya sendiri masih memiliki batita umur 1 tahun yang dimana AC di ruangan dia harus menyala hampir 24 jam sehari plus ada jendela besar yang menghadap ke barat. Jadi panas banget kalo pas siang menuju sore. Setelah saya memakai AC 1/2 PK, saya mengganti AC ruangan tersebut dengan AC 3/4PK. Pemakaian AC 3/4 PK benar – benar menghemat pembayaran listrik rumah saya dibandingkan dengan AC 1/2 PK (bukan promosi, hanya menceritakan pengalaman pribadi)

Contoh berikutnya adalah bila ruangan anda besarnya 4m x 4m… Btu yang dibutuhkan adalah 16 x 600 = 9.600Btu… AC 3/4PK Btu-nya 7000, AC 1PK Btu-nya 9000…. Jadi pake AC yang manaaaaaa…. silakan dijawab sendiri 🙂

Pokoknya yang perlu diingat:

AC 1/2  PK Btu ~ 5000
AC 3/4  PK Btu ~ 7000
AC 1      PK Btu ~ 9000
AC 1.5   PK Btu ~ 12.000
AC 2     PK Btu ~ 18.000
AC 2.5  PK Btu ~ 24.000

Nah bila Btu yang dibutuhkan adalah 13.000 mungkin AC 1.5 PK masih cukup untuk mendinginkan ruangan tanpa terlalu membebani kinerja kompressor. Namun bila Btu yang dibutuhkan ruangan sudah diatas 13.000 maka saran kami dibutuhkan AC 2 PK dengan Btu 18.000 agar pemakaian listrik lebih hemat dan kinerja kompressor tidak terlalu berat.

Rumus perhitungan kami berlaku untuk ruangan dengan tinggi langit-langit ruangan standard ya, yaitu sekitar 3m. Diatas itu setiap meter ketinggian eternit / langit-langit akan dibutuhkan 1000 Btu lagi.

Kemudian Rumus tersebut diatas juga berlaku untuk penggunaan pipa standard sampai dengan 10 meter. Bila contoh AC 1/2 PK tapi berhubung jarak indoor dan outdoor harus mencapai 13 atau 15 meter bahkan lebih (hal ini biasa terjadi bila ada pemasangan AC di ruko dimana unit indoor berada di lantai 1, unit outdoor ada di dak atas lantai 4) maka kami menyarankan agar PK AC dinaikan menjadi 3/4 PK atau bahkan 1 PK bila ruangannya juga terdapat jendela besar dan terpapar sinar matahari langsung.

Nah bila anda ingin menggunakan AC Inverter, pastikan Btu AC-nya lebih besar dari kebutuhan ruangan yah. Jadi contoh bila ruangan kamar ukuran 4×4 kan kebutuhan ruangan 9.600 Btu. Kami sungguh sangat menyarankan penggunaan AC Inverter 1.5PK dibanding 1PK. Mengapa? Karena kalau kita melihat cara kerja AC Inverter dimana bila suhu ruangan sudah mendekati suhu remote maka Watt AC Inverter akan bisa turun bahkan hingga ke Watt minimal, nah di ruangan 4×4 kalau kita pakai AC Inverter 1.5PK kan akan lebih cepat tercapai, dan kinerja kompressor tidak perlu ngoyo mencapai suhu yang diinginkan misalnya 24 derajat atau 25 derajat. Watt AC Inverter akan bisa lebih cepat mencapai watt minimalnya yang tentunya akan berimbas langsung dengan konsumsi listrik rumah/kantor anda.

Oke kira – kira begitulah cara menghitung kebutuhan AC untuk ruangan anda.

Kami harap dari artikel – artikel kami, anda sebagai customer kami akan lebih pintar dalam memilih dan menggunakan AC.

Oleh karena itu, jangan ragu lagi untuk mempercayakan pembelian, pemasangan maupun service AC Panasonic atau AC Daikin anda kepada kami. Kami berjanji memberikan pelayanan yang terbaik bagi anda dengan harga yang kompetitif. Hubungi kami sekarang baik melalui email ke info@nationalelektronik.com ataupun menghubungi hotline kami di (021) 737 5155 – 56 – 57 atau lewat WA

Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya yang tentu saja menarik, jujur, dan penuh dengan informasi yang berguna seputar AC Panasonic, AC Daikin, AC Gree maupun AC secara general.

kami bisa list dibawah ini ya:

1. Apakah perlu isi ulang Freon AC?

2. Apakah AC Inverter benar – benar bagus dan hemat listrik?

3. Cara menggunakan AC agar awet dan hemat listrik

4. Cara menghitung kebutuhan PK AC sesuai ruangan

5. Semua yang harus anda tahu tentang AC Low Watt dan AC Inverter

6. Mengapa Ongkos pasang AC Freon R32 lebih mahal?

7. Perbedaan Freon R22, R32 dan R410A

8. Penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin

9. Perbedaan Tipe AC Daikin

10. Harga AC Daikin 2019

11. Perbedaan tipe AC Panasonic

12. Harga AC Panasonic 2019

13. Brosur AC Daikin

14. Pengangkatan National Elektronik sebagai Daikin AC Shop

15. Tips dan trik menggunakan AC Inverter

16. AC Daikin Multi S

17. Testimoni AC Daikin di Kaskus

18. Emang AC Gree bagus? Kan buatan China

19. Harga AC Gree 2019

20. Tipe AC Gree apa saja dan perbedaannya

21. Bocoran AC Gree 2019

22. Launching AC Daikin Line Up 2019

23. Review Daikin Inverter Flash 1PK FTKQ25SVM4

24. Apaan sih COP dan EER itu?

25. AC Panasonic si Biru CS-LN Series

 

 

Artikel dibuat oleh:

Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
Follow me on Instagram and Twitter @samuellumentut
National Elektronik

Artikel di update terakhir pada tanggal: 19 Agustus 2019

TAGS :
  • Indra

    Mau tanya, Min..
    Kenapa yaa evaporator (indor unit) nggak sampai pemakaian 2 tahun sudah bocor saja? Apa yaa penyebabnya?. Sebagai masukan dari hampir 12 tahun menggunakan AC, sudah 5x ganti evap ( sekali ganti evap baru, 4x ganti pakai indoor rekondisi).
    Rumah beralamat di Slipi- Jakarta Barat.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      wah ini nge jawabnya luar biasa susah ini…

      Ada beberapa faktor yang harus di cek soalnya.

      Kita coba beberapa dulu ya

      1. ACnya dicuci rutin ga 2 – 3 bulan sekali? Kualitas air disitu gimana? cuci nya pake air tanah ato air pam dan kualitas airnya gimana? harus di tes. Kalo ternyata banyak mengandung logam atau besi ya bisa mempercepat karat di evap. Solusinya cuci AC pakai air galon isi ulang kayak si biru gitu.

      2. Pembuangan air AC apakah langsung ke got atau kali? Kalo iya itu uap dari got atau kali bisa naik balik ke AC dan merusak evaporator. Malah saya pernah ada kasus evap indoor sampe ancur jadi kayak bubur, berwarna hijau hitam jijik banget… gara2 pembuangan air nyambung sama kali di sebelah rumah, dimana kalinya juga jorok banget item dan bau.

      3. Selama ini cuci dengan siapa ya? Bisa dicoba lain kali kalau cuci dengan teknisi resmi dari pabrikan. Jadi telepon ke call center untuk minta cuci ACnya. Supaya lebih bersih.

      4. Kondisi evaporator bagaimana? Kalau memang kotor sekali mungkin setahun sekali harus dilakukan service besar kalau memang daerahnya banyak debu atau zat kimia yang bisa mempercepat rusaknya evaporator Indoor.

      Sementara sih ini dulu yang bisa dicek dalam waktu dekat.

      Sisanya bisa coba gunakan AC yang sirip evaporatornya di coating seperti AC Panasonic si Biru yang memiliki garansi evaporator indoor 3 tahun. Jadi kalo bocor dalam 3 tahun diganti gratis.

      Oke semoga sudah cukup jelas ya

      Terima kasih sudah berkunjung dan bertanya kepada kami.

      Reply
  • Teguh

    Kamar tidur kami 7x5m2 dan ada mezanine terbuka ukuran 4x4m2. Tinggi kamar kurang lebih 6m. Dipasang kaca tinggi 4m x lebar 2.8m. Hadap utara. Closet ukuran 3×2.5m2 terbuka dr kamar tidur. Kalau hitung yg ngejelimet didapat (7x5x6x5x37)+(2×600BTU) didapat 40.050 BTU dengan meniadakan closet. Apakah hrs perlu 4.5PK (2PK + 2.5PK)? Saat ini kami pakai 2.5PK inverter udara masih jauh dr dingin. Bagusnya solusi dengan multi system split yg mana ya? Mohon dibantu. Thanks.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Wah kalau hitung kamar tidurnya aja butuh 40.050 Btu jelas pake 2.5PK berasa kayak pake kipas angin.

      Sebenernya kebutuhan Btunya 40.050 + Mezzanine 9.600 + WIC 4.500 (WIC ga bole ditiadakan kecuali akses kesana ditutup sama pintu)

      Total kebutuhan Btu 54.150 Itu setara dengan AC 6PK

      Jadi ya total AC-nya memang butuh 6PK kalau mau dingin.

      kalau hitung kamarnya doank 40.050 Btu aja udah butuh AC 4.5PK

      Itupun ga boleh pake segitu karena ada Mezzanine yang akan menambah beban dingin AC.

      Kalau mau diabaikan WIC-nya minimal harus menggunakan AC 5.5PK

      Kalau sudah ukuran PK segitu pakai Multi split sudah tidak bisa lagi kecuali pakai sistem VRV.

      Karena Multi Split itu yang Multi S kapasitas max 3PK, sedangkan yang Multi NX kapasitas max 4.2PK

      Sarannya kalau mau hemat paling pake sistem Ducting. Bisa pakai 6PK trus nanti diatur supply dan returnnya dimana supaya anginnya nyebar merata ke seluruh ruangan.

      Kalau mau hemat listrik bisa menggunakan Daikin Ducting Inverter 6PK FBA140…

      Atau kalau mau lebih hemat tapi jauh lebih mahal bisa menggunakan 2 Indoor unit ducting tapi sistem VRV… jadi outdoornya 6PK, trus indoornya misalnya di kamar 5PK trus mezzanine 1.5PK

      Harganya bisa lompat 4 sampe 5x lipat sih dibanding pake ducting inverter 1 unit ukuran 6PK

      Kalau tidak mau pake ducting bisa tambah AC Inverter 2.5PK lagi atau 3PK ditaro di kamar tidur utama. Itu baru cukup dingin.

      Tapi mezzanine ga bakal dingin ya… Mesti ada AC tambahan 1PK minimal dan WIC mesti ada AC juga 1/2PK minimal. Itu baru bisa dingin maksimal.

      Kalau dengan AC Inverter 2.5PK existing + AC Inverter 3PK tambahan kamar sih pasti lumayan dingin tapi tetep ga maksimal karena angin dingin akan lari ke mezzanine dan WIC juga.

      Kalau mau diskusi lebih jauh di survei dulu juga bisa kok.

      Oke semoga sudah jelas ya.

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • agus handy

    min, rencana mau psng ac tuk living room YANG berhadapan dengan 2 pintu kamar. uk living room nya kira2 (12,174 m2 x 600) = 7320 btu. mau pakai ac daikin. mohon saran min. thanks

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Ini maksudnya mau pasang AC cuman di living room trus angin dinginnya mau dipake buat dingin-in kamar?

      Kalo iya ga boleh loh ACnya bakal cepet rusak kompressornya.

      Kalo ngga ya bisa pake AC 1PK sih…

      Kalo pintu kamarnya ga dibuka2, pake Daikin Inverter Smile 1PK FTKC25 adalah pilihan terbaik.

      Untuk harga dengan pemasangan, jadwal pemasangan dll silakan langsung hubungi team sales kami melalui

      telepon: 021 – 737 5155 / 737 5156 / 737 5157 / 7369 0753

      atau WA langsung ke

      Ibu Nana – 08 7777 267 203
      Ibu Mega – 0878 8787 7212
      Ibu Esty – 0856 9222 0976
      Ibu Ririn – 0838 6651 7360

      Atau bisa email ke info@nationalelektronik.com

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami

      Reply
  • Ulasanny menarik.
    Mau tanya, sy punya ruangan ukuran kurang lebih 3×6 m dan disekat menjadi 2 kamar. Rencana dibagian tengah (batas antar ruangan akan dipasang ac. Pertanyaannya lebih baik mana tetap pasang 1 buah ac 1 (atau bisa 3/4 pk ?) pk ditengah utk memenuhi kebutuhan 2 ruangan atau masing ruangan dipasangi Ac 1/2 pk saja.
    Terima kasih sebelumnya

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Wah AC itu tidak pernah boleh ditaro ditengah2 ruangan dibagi 2.

      Suhu ruangan kiri dan kanan tidak akan pernah sama dan kompressor AC akan bekerja lebih keras karena AC bingung sudah tercapai atau belum suhu ruangannya.

      Yang benar menggunakan AC Daikin Multi S 1/2PK + 1/2PK

      1 Outdoor unit dengan 2 Indoor unit.

      Itu dijamin joss dinginnya dan hemat listriknya

      Untuk harga dengan pemasangan, jadwal pemasangan dll silakan langsung hubungi team sales kami melalui

      telepon: 021 – 737 5155 / 737 5156 / 737 5157 / 7369 0753

      atau WA langsung ke

      Ibu Nana – 08 7777 267 203
      Ibu Mega – 0878 8787 7212
      Ibu Esty – 0856 9222 0976
      Ibu Ririn – 0838 6651 7360

      Atau bisa email ke info@nationalelektronik.com

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami

      Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      AC Inverter adalah bagian dari AC Split.

      AC Split itu bisa dikategorikan menjadi 2 jenis:

      – AC Split Inverter
      – AC Split Non – Inverter

      Nah masing2 juga bisa dibagi menjadi beberapa kategori:

      AC Split Inverter bisa dibagi menjadi AC Single Split Inverter dan AC Multi Split Inverter.

      AC Single Split Inverter bisa dibagi2 lagi tipenya… Ada tipe standard Inverter, Premium Inverter, dsb.

      AC Multi Split Inverter juga ada AC Daikin Multi S, AC Daikin Multi NX atau AC Gree Combo S

      Sedangkan AC Non-Inverter bisa dibagi 2

      AC Non-Inverter tipe Standard
      AC Non-Inverter tipe Low Watt…

      Dari situ bisa dibagi2 lagi per tipenya tergantung fitur dan harganya.

      Oke semoga sudah jelas ya

      terima kasih sudah bertanya ke website kami.

      Reply
  • Wintika putri

    Selamat siang Admin

    Saya Tinggal dijakrta Kamar saya Kecil Kamar mandi didalam ..ukuranya lebar 4 langkah kaki… Trus panjangnya 4 langkah juga trus Tingginya 4 juga… Itu bagusnya Pake Berapa Pk yah…

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Wah itung panjang lebar kamar mana bisa pake langkah kaki -_-‘

      mending beli meteran ya diitung yang bener soalnya panjangnya langkah kaki orang kan beda2…

      Kalo ga hitung ubin aja… 1 ubin misalnya 30cm x 30cm ato 40cm x 40cm, trus hitung ada berapa ubin panjang, dan berapa ubin lebar.

      Kalo udah gitu baru bisa tau harus pakenya berapa PK.

      Terima kasih ya sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Surya

    Sore Admin,

    Saya mau tanya kalau luas kamar 33.7m2 tinggi 2.6m lantai 2 hadap utara, sebelah kiri kanan belakang ada rumah lain, atap genteng, kalau mau pakai AC inverter apakah AC 2 PK cukup? Terima kasih.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Wah kalo kamar 33.7 sih harus pake Inverter 2.5PK mana cukup 2PK…

      33.7 x 600 kan sudah 20.220 Btu kebutuhannya…

      Jadi wajib pake Inverter 2.5PK ya…

      Terima kasih

      Reply
  • Riska m

    Gan mau tanya saya kan tinggal dikontrakan 3 ruangan panjang kebelakang trus ga ada kamar nya, luas tiap ruangan sekitar 3mx3mx3m itu bisa pakai ac yg berapa pk yah paling saya nyalakan sepanjang siang kalo malam saya ga terlalu suka pakai ac dan saya juga ga mau terlalu dingin hanya suka yg adem mungkin suhu nya sekitar 25

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kontrakan 3 petak sih biasanya kami pasang ACnya di ruangan ke 2 yang biasanya dijadiin kamar tidur. Trus ada sekat buat ruangan ke depan sama ke belakang.

      Tapi kalo memang kontrakan 3 petak agan ga ada sekat sama sekali ya agak repot juga, mesti pake minimal 1PK sih gan…

      Itu juga ga bakalan bisa dingin banget…. Kalo 25 sih mungkin masih dapet walo ga yakin. Kalo 26 mungkin masi bisa ngejer. Itupun kalo siang bolong bisa dapet suhu segitu uda dingin pasti.

      Kalo malem sih uda pasti ga ada masalah.

      Oke semoga sudah jelas ya gan…

      Terima kasih sudah bertanya ke website kami

      Reply
        • Web_Admin

          Selamat siang,

          Kalau kontrakan 3 petak dengan sekat 3 full partisi ya paling ACnya ditaro di kamar tidur aja… trus ditutupin korden tebal ya atau pakai pintu buat misahin ruang depan dan belakang. Kalo ngga nanti anginnya bocor kemana2 listriknya juga ga turun2 kalo pake Inverter.

          Oke semoga sudah jelas ya.

          Terima kasih sudah mampir ke website kami.

          Reply
  • Edi

    Min, mau tanya sedikit soal pipa AC.

    Sy pernah diinfo Bapak yang cuci AC, katanya baiknya panjang pipa AC itu 5 meter meskipun jarak unit indoor ke outdoor kurang dari 5 meter (jadi digulung gitu).
    Betul ngga Min? Mohon pencerahan.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Ya benar memang di manual pemasangan AC, ada ditulis pemasangan AC itu panjang pipa freon minimal dari Indoor ke outdoor adalah 2.5m

      Kalau dari team kami sih biasanya selalu dibuat minimal 3 sampai 4m.

      Kalau kurang dari itu digulung memang sudah menjadi suatu kewajiban hehehehe…

      Oke semoga sudah jelas ya

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • TradDJ

    Halo Admin,

    Untuk living room dengan luas 19,315 m2 kebutuhan Btu/h berdasarkan kalkulasi rumus pertama:

    (19.315 x 6 x 37) + ((2 x 600)+(2 x 300))

    = 4.287,93 + 1.800

    = 6.087,93 Btu

    Benar ya? Cukup pakai AC kapasitas PK 3/4?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Ruangan 20m2 Wajib pake 1.5PK minimal.

      Hitung pake rumus 2 aja… 20 x 600btu = 12.000 Btu.

      Kalo mau dingin karena kemungkinan besar nyambung2 ke ruangan lain pake 2PK yah…

      Terima kasih

      Reply
  • Jhon

    Apakah perabot seperti lemari yang tertutup dapat mengurangi kebutuhan btu kamar (pengurang luas kamar), masalahnya setelah dihitung btu dibutuhkan sebesar 7239, rencana pasang ac 3/4 pk karena btunya jika dikurang volume lemari kira-kira sekitar 6961.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Untuk perabotan memang mengurangi kebutuhan Btu kamar. Tapi kalo pake Inverter tetep mending kelebihan PKnya… Jadi kalo kamarnya butuh 6961 atau 7239 tetep mending pake 1PK dengan Btu 8500

      Daripada pake 3/4PK yang Btu tengahnya 7000

      Terima kasih

      Reply
  • cherry

    Halo,

    Terima kasih untuk sharing ilmunya min, sangat berguna!

    Saya mau tanya nih kalo untuk apartemen studio P6xL4xT3 (luas tanpa kamar mandi = 21.5m2), lantai 30 hadap selatan, untuk 1-2 orang. Apa cukup pakai ac inverter 1.5pk? Suhu mau diset di 24 celcius. Kira2 ac apa yang cocok ya min?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Kalau apartemennya luasnya 21.5m2 bersih masih bisa pakai Inverter 1.5PK

      Tapi harus pake Inverter yang jangan murahan ya… Karena yang murahan Btu max-nya aga rendah

      Jadi minimal mesti pake Daikin Inverter Smile 1.5PK FTKC35 atau Panasonic Premium Inverter CS-XU13VKP atau Daikin Premium Inverter 1.5PK FTKM35

      itu harusnya bisa nyampe suhu 24 kalo pas malem/subuh.

      Kalo siang hari mau suhu 24 harus naik ke 2PK kapasitas ACnya.

      Untuk harga dan jadwal pemasangan silakan langsung hubungi toko saja ya via telepon atau WA

      021-737 5155, 737 5156, 737 5157 atau 7369 0753
      atau
      WA – 08 7777 267 203 (Ibu Nana)
      WA – 0878 8787 7212 (Ibu Mega)
      WA – 0838 6651 7360 (Ibu Ririn)

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • Fachry

    min kamar say 3,5×3,5×3,5 dengan 2 orang dewasa, pake daikin inverter 3/4 PK cukup kah?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalau kamarnya 3.5 x 3.5 x 3.5 harus pake 1PK… Ga bisa pake 3/4PK ga cukup.

      Jadi sarannya menggunakan Daikin Inverter Smile 1PK FTKC25 ya

      Untuk harga dan jadwal pemasangan silakan langsung hubungi toko saja ya via telepon atau WA

      021-737 5155, 737 5156, 737 5157 atau 7369 0753
      atau
      WA – 08 7777 267 203 (Ibu Nana)
      WA – 0878 8787 7212 (Ibu Mega)
      WA – 0838 6651 7360 (Ibu Ririn)

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
      • Booty

        Kalau kamar tidur ukuran 3,5×3,5 (tinggi 2,5)
        Diisi 2 Orang dewasa. Bisa pake yang 3/4 invrter?

        Reply
        • Web_Admin

          Selamat siang,

          Kamar 3.5 x 3.5 diisi 2 orang dewasa ga boleh pake 3/4PK Inverter.

          Harus pake 1PK Inverter baru hemat listriknya bisa maksimal.

          Pake 3/4PK Inverter tetep bisa dingin walo pasti jauh lebih lama dinginnya yang berakibat jauh lebih lama juga turun listriknya.

          Oleh karena itu di kamar anda pake 1PK Inverter dijamin lebih irit listriknya daripada pake 3/4PK Inverter.

          Untuk harga dan jadwal pemasangan silakan langsung hubungi toko saja ya via telepon atau WA

          021-737 5155, 737 5156, 737 5157 atau 7369 0753
          atau
          WA – 08 7777 267 203 (Ibu Nana)
          WA – 0878 8787 7212 (Ibu Mega)
          WA – 0838 6651 7360 (Ibu Ririn)

          Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

          Reply
  • Toms

    Min mhn info,utk kamar tdr ukuran 4×5 m dgn 2 org dewas+1 anak agar listrik bulanan hemat mending pake yg inverter 1.5 pk,non inverter 1.5 pk atau non inverter 1 pk?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kamar 4×5 wajib menggunakan 1.5PK Inverter ya…

      Itu aja ngepas banget PKnya…

      Ga boleh pake 1PK sama sekali ya.

      Terima kasih

      Reply
  • Ferdi Andryawan

    Selamat siang Min,

    Mau tanya untuk kamar ukuran 3x4x2.5 Meter dihuni 2 orang dewasa dan 1 Anak kecil Kalau sesuai perhitungan saya itu perlu Btu 8.250 (Kalau gak salah hehe), nah kalau memang benar Btu kamar itu 8.250 berarti perlu idealnya pakai AC yg 1 PK ya gak sih Min? lalu pertanyaan saya lagi, saya cocoknya pakai AC merk dan Tipe apa ya?

    Mohon pencerahannya
    Terimakasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kamar ukuran 3x4x2.5 diisi 2 dewasa dan 1 anak memang WAJIB pake AC Inverter 1PK.

      Kalau dana ada pakai Daikin Premium Inverter 1PK FTKM25 adalah pilihan terbaik tapi paling mahal dan paling hemat listrik.

      Pilihan ke 2 terbaik adalah pakai Panasonic Premium Inverter CS-XU10VKP ini pilihan yang bagus juga, lebih murah dari Daikin tapi listriknya sedikit lebih boros juga.

      Pilihan ke 3 adalah pakai Daikin Inverter Flash 1PK FTKQ25. Ini pilihan Inverter termurah tapi kalah dingin dari yang lain dan listriknya paling boros dibanding yang lain, walaupun tetep lebih irit daripada pake AC Non-Inverter (Standard ataupun Low Watt)

      Untuk harga dan jadwal pemasangan silakan langsung hubungi toko saja ya via telepon atau WA

      021-737 5155, 737 5156, 737 5157 atau 7369 0753
      atau
      WA – 08 7777 267 203 (Ibu Nana)
      WA – 0878 8787 7212 (Ibu Mega)
      WA – 0838 6651 7360 (Ibu Ririn)

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • Xami

    Tanya min. Sy mau pasang AC di ruangan depan dngn ukuran 2.8 x 2.8 m dngn tinggi 2.5m. Berseblahan dngn kmar tdur,dan ada lubang sirkulasi udara dri kmar tdur langsung ke ruangan dpn. KMar tdur ukurannya hanya 1.5 x 2m.
    Butuh brp PK ya ?
    Sy rencana pasang Daikin Flash Inverter 1/2 PK. Apa cukup kah ? Mohon sarannya. Terima kasih.
    Sukses slalu buat National Elektronik.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Jadi maksudnya ini mau pasang AC di ruangan depan trus kamar tidurnya cuman kebagian angin dari ruangan depan ya?

      Kalau seperti itu sih mesti pake Daikin Flash Inverter 3/4PK ya. Jangan yang 1/2PK…

      Untuk harga dan jadwal pemasangan silakan langsung hubungi toko saja ya via telepon atau WA

      021-737 5155, 737 5156, 737 5157 atau 7369 0753
      atau
      WA – 08 7777 267 203 (Ibu Nana)
      WA – 0878 8787 7212 (Ibu Mega)
      WA – 0838 6651 7360 (Ibu Ririn)

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
      • Xami

        Iya Min seperti itu. Oh yg 3/4 cukup ya ?
        Kl misal suhu ruangan depan sudah mendekati suhu di remote, apa AC nya bekerja mengikuti suhu yg di ruangan depan, atau yg di kamar ya ?

        Reply
        • Web_Admin

          Iya cukup sebenernya…

          Kalo ditaro di ruang tengah ya ikutin suhu ruang tengah.

          Kalo ditaro di kamar ikutin suhu kamar heheheh…

          Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *