POSTED BY Web_Admin | Sep, 16, 2014 |

Oke, kali ini National Elektronik kembali dengan perbedaan tipe AC Daikin. Memang AC Split Daikin memiliki 7 tipe, namun tidak seperti AC Panasonic yang sangat jelas membedakan fitur antara satu tipe dan tipe lainnya, AC Daikin lebih sulit membedakannya, terutama untuk tipe Standard Thailand (SMS) dan tipe Deluxe Thailand.

Namun disini kami akan berusaha menjabarkannya supaya lebih dimengerti.

Baik kita mulai dari tipe AC Daikin yang Split yah…

tipe ac daikin

UPDATE 2018 – SEMUA AC Daikin Tipe Terbaru sudah ada yaaaaa… mari kita langsung baca kebawah….

Mulai tahun 2018 akan ada 5 tipe Inverter Daikin yang menggunakan Freon R32. 1 tipe Standard Thailand dan 1 tipe Standard Malaysia semua dengan Freon R32 Mari kita lihat model dan keunggulannya.

1. AC Daikin Urusara 7 Freon R32 (FTXZ-NVM4 Series) Made in JAPAN

AC Daikin Urusara 7

AC Daikin R32 Urusara 7 adalah AC PALING CANGGIH DI DUNIA! selain masih asli Made in Japan, AC ini memiliki keunggulan selain tentunya teknologi Inverter sendiri seperti dibawah ini:

* Tipe AC Daikin Urusara 7 tersedia mulai dari 1PK sampai 2PK
* AC Daikin Urusara 7 adalah AC PALING HEMAT LISTRIK di dunia. 1PK hanya butuh daya 110 – 880 Watt, 1.5PK hanya butuh daya 110 – 1.330 Watt dan 2PK hanya butuh daya 110 – 1.600 Watt. Bisa bayangkan AC 1 PK sampai 2 PK hanya pake daya 110Watt kalau suhu ruangan sudah tercapai!!!!! Sudah kami buktikan sendiri pas di cek Ampere AC Urusara 7 1PK dipasang di ruangan 4×4.5m pas baru menyala 3.7A sekitar 814 Watt, kemudian 30 menit kemudian dengan setting suhu 24 di remote, Ampere tinggal 0.5A!!!!!!!!!!
* Masih made in Japan jadi kualitasnya tidak perlu ditanyakan lagi
* Bisa membersihkan filter AC sendiri
* Aliran udara yang bisa berputar mengelilingi ruangan dengan 2 air intake bisa sedot udara dari bagian atas dan bawah AC, dan arah semburan angin yang tidak mengenai tubuh karena sirip kedua AC Urusara 7 membuat hembusan angin langsung keatas. Plus semburan angin AC bisa mencapai 12 meter ke depan. AC Daikin tipe lain paling hanya bisa maksimal 7m.
* Tipe AC Daikin Urusara 7 ini memiliki plasma electric discharge di Titanium Apatite Photocatalytic Filter-nya sehingga kemampuan membunuh bakterinya jauh lebih kuat dan efektif.
* Terakhir, AC Daikin Urusara 7 bisa mengatur kelembaban dalam ruangan anda.

Bagaimana? luar biasa bukan AC Daikin Urusara 7? Untuk membelinya boleh langsung hubungi kami.

 

2. AC Daikin European Design Freon R32 (FTKJ-GVM4 Series) Indoor Made in Czech Republic (Republik Ceko), Outdoor Made in Thailand

AC Daikin Inverter R32 European Design

AC Daikin Inverter European Design ini memiliki keunggulan penggunaan Watt yang lebih kecil dibanding tipe Inverter Smile dan Hi-Inverter sekalipun. AC tipe ini di design di Eropa dan dibuat di Ceko lalu sudah memenangi award Red Dot Design Award 2013 berbarengan dengan AC Daikin Urusara 7 yang akan dibahas setelah ini.

AC Daikin Inverter European Design ini tersedia dari kapasitas 1 sampai 2 PK dan memiliki design yang elegan, menarik, pas AC menyala body depan AC terbuka keatas menunjukkan sirip udaranya. pokoke kerennnn… hehehehe… lalu juga konsumsi listriknya cukup rendah… tipe 1 PK hanya 250 – 710 Watt, 1.5PK hanya 325 – 1.000 Watt dan tipe 2PK hanya 475 – 1.530 Watt… dahsyattt… Untuk Indoor unitnya tersedia dalam 2 warna pula putih dan silver

Kemudian AC Daikin European Design ini juga memiliki modul optional Wi-Fi tambahan yang bisa disembunyikan di dalam AC-nya jadi sama sekali tidak terlihat dari luar supaya user bisa mengatur AC seperti menyalakan dan mematikan AC, mengatur temperatur, dll. Dari HP Android atau iPhone anda (dengan menginstal program tambahan dari Google Play Store atau Apple Store) dimanapun anda berada selama AC di rumah anda terhubung dengan WiFi dan HP anda juga terkoneksi Internet. Canggih banget kan?! Harga modulnya adalah sekitar 3.4jt Rupiah dan teknisi dari Daikin sendiri yang akan datang memasangkan modul WiFi di AC anda dan melatih anda cara menggunakannya.

Toko kami sendiri sejak AC European Design ini keluar sudah menjual lebih dari 110 unit dan ada sekitar 10 persen yang diminta pasang modul WiFi. Jadi sekarang kalo misalnya abis pergi keluar tadinya kalau mau kamar sudah dingin kan mesti telepon pembantu di rumah “Mbak, tolong nyalain ACnya kamar saya ya!” Tidak perlu lagi deh… cukup jalanin app dari HP Android atau iPhone anda, nyala deh AC-nya. Lebih hemat pulsa telepon dan tentu saja lebih kerennnnn dan gayaaaaaa dari semua merk AC di Indonesia… Huehehhehehe…

 

3. AC Daikin Premium Inverter / Baby Urusara 7 Freon R32 (FTKM Series) Made In Thailand (Pengganti Seri High Inverter)

AC Daikin Premium Inverter 2018 FTKM Series

Tipe AC Daikin Premium Inverter ini adalah tipe pengganti AC Daikin High Inverter yang sudah kesohor dingin dan hemat listriknya di seantero dunia maya, termasuk review yang luar biasa di kaskus dan di tempat-tempat lainnya. Harganya memang lebih mahal dari seri High Inverter tapi memiliki beberapa fitur dan keunggulan yaitu:

  • Tersedia mulai 1PK sampai 3PK
  • Memiliki sensor mata keberadaan manusia, sama seperti di High Inverter dan Smile Inverter yang berguna untuk menjauhkan angin supaya tidak kena badan kita dan juga menaikan suhu remote secara otomatis sebanyak 2 derajat saat mendeteksi tidak ada manusia di dalam ruangan, dan mengembalikan ke suhu semula saat manusia di deteksi berada di dalam ruangan
  • Memiliki konsumsi listrik terbaik di rentang harga jualnya. Memiliki COP atau tingkat efisiensi penggunaan listrik setara dengan AC Daikin European Design dengan harga yang jauh lebih murah. Hanya AC Daikin Urusara 7 dan AC Gree U-Crown yang bisa mengalahkan efisiensi listrik dari AC Daikin Premium Inverter, namun harga jualnya pun minimal 2x lipat daripada harga AC Daikin Premium Inverter
  • Memiliki bentuk body AC yang benar-benar baru, dan dilengkapi sirip Coanda sehingga bisa menghasilkan hembusan Coanda Cooling dimana angin menembak keatas dan nanti kesejukan akan turun dari langit-langit ruangan
  • Bisa menjaga kelembaban ruangan. Walau tidak secanggih caranya Urusara 7 namun ini adalah segelintir AC di Indonesia yang bisa menjaga kelembaban ruangan. Makanya AC ini mendapat julukan Baby Urusara 7
  • Dilengkapi Filter PM2.5. Nah ini dia yang di Urusara 7 aja TIDAK ADA. Jadi kalau beli AC ini dapat Filter PM2.5 GRATIS. Filternya tidak bisa dicuci, dan setelah masa pakai sekitar 6 sampai 12 bulan (tergantung tingkat kotor ruangan anda) filternya harus dibuang dan beli baru dengan harga sekitar 200ribu Rupiah. Fungsi filter tambahan ini adalah dapat menyaring debu, kotoran, partikel, debu, virus sampai ukuran 2.5 micron. Jadi lebih sehat deh udara yang ada di dalam ruangan. Kalau saran saya sih tiap 2x cuci AC diganti baru filternya biar tetep joss udara dalam ruangannya ya.

Walaupun memiliki harga yang cukup mahal, bedanya lumayan sama Daikin High Inverter… Sok dikepoin perbedaan harga AC ini sama High Inverter di Harga AC Daikin ini. Tipe ini sih nanti kalau yang High Inverter udah bener-bener abis barangnya bakal selaku High Inverter, mau ga mau soalnya memang High Inverter kita tercinta sudah tidak mau diimport lagi dari Thailand.

Stok pun sudah ready sekarang juga jadi bisa langsung dipesan ya ACnya…

 

4. AC Daikin High Inverter Freon R32 (FTKV-NVM4 Series) Made in Thailand (DISCONTINUED SOON!!)

AC Daikin Hi-Inverter FTKV series

Tipe AC Daikin ini disebut High Inverter karena konsumsi listriknya lebih rendah dibanding tipe Inverter Smile (FTKC Series) dan juga memiliki sensor mata untuk mendeteksi keberadaan manusia seperti di tipe Daikin Inverter yang lama. Untuk mendapatkan spec lengkap seperti Btu, Konsumsi listrik dan harga ACnya bisa langsung menuju halaman harga AC Daikin 2018 kami.

* Tipe AC Daikin tipe High Inverter ini tersedia mulai 1PK sampai 3PK
* Tipe AC Daikin tipe High Inverter memiliki sensor mata untuk mendeteksi keberadaan manusia di dalam ruangan persis seperti tipe Inverter lama dan tentu saja dilengkapi filter anti bakteri yang bernama Titanium Apatite Photocatalytic Filter
* Tipe High-Inverter memiliki sirip ganda naik turun untuk mengatur aliran udara seperti Inverter tipe lama
* Tipe High-Inverter memiliki mode 3D AIRFLOW dimana sirip AC dapat bergerak ke kiri-kanan dan atas-bawah secara independen sehingga membuat pendinginan lebih merata ke seluruh ruangan. Fitur ini tersedia di model 2PK dan 2.5PK
* Remote AC Tipe High Inverter Daikin juga sudah dilengkapi dengan backlight sehingga mudah dioperasikan dalam kondisi gelap.
* Tipe High-Inverter memiliki mode Econo adalah fitur dimana bila dinyalakan, maka kinerja AC hanya akan sampai 70% saja dari maksimal. Dan konsumsi listrik AC akan LANGSUNG berkurang sekitar 30% dari seharusnya. Tentu saja dengan trade off AC jadi makan waktu lebih lama untuk mencapai suhu remote. Fitur ini tersedia di di semua lini tipe ini yaitu 1PK – 3PK.
* Tipe High Inverter juga dilengkapi Indoor Quiet Mode dan Outdoor Quiet Mode sama seperti Inverter Smile namun bedanya kedua fitur ini sudah tersedia di semua PK tipe AC ini.
* AC Daikin High Inverter juga sudah bisa dipasangi modul Wi-Fi walaupun harus diletakkan di tembok, tidak bisa disembunyikan di dalam AC-nya seperti di AC Daikin European Design. Fungsi modul Wi-Fi adalah supaya user bisa mengatur AC seperti menyalakan dan mematikan AC, mengatur temperatur, dll. Dari HP Android atau iPhone anda (dengan menginstal program tambahan dari Google Play Store atau Apple Store) dimanapun anda berada selama AC di rumah anda terhubung dengan WiFi dan HP anda juga terkoneksi Internet. Canggih banget kan?! Harga modulnya adalah sekitar 4.2jt Rupiah dan teknisi dari Daikin sendiri yang akan datang memasangkan modul WiFi di AC anda dan melatih anda cara menggunakannya.

AC Daikin High Inverter 1PK terutama merupakan AC Inverter dengan Watt terendah di Indonesia! coba bandingkan untuk 1PK konsumsi dayanya hanya 220 – 850 Watt! Sedangkan bila dibandingkan dengan Panasonic misalnya, untuk 1PK Inverter konsumsi dayanya 225 – 920 Watt! Jadi dari pertama kali menyalakan AC anda sudah bisa berhemat sebanyak 70Watt PER DETIK!!!!!!! dahsyat bukan?

Tipe ini menjadi best seller kami sekarang karena walaupun lebih mahal dari tipe Inverter Panasonic namun konsumsi listriknya sangat dahsyat hematnya menjadikan konsumen kami banyak memilih tipe ini untuk ruang tidur mereka. Untuk melihat seberapa besar penghematan uang yang bisa didapat silakan baca artikel AC Inverter kami. Kalau mau langsung cek harga dan konsumsi listrik AC Daikin silahkan langsung kunjungi artikel harga AC Daikin terbaru kami.

 

5. AC Daikin Inverter Smile Freon R32 (FTKC-QVM4 Series untuk 1 PK sampai 3 PK atau FTKC-PVM4 untuk 1/2 dan 3/4PK) Made in Thailand. Khusus untuk ukuran 1PK dan 1.5PK, Indoor buatan Daikin Thailand, Outdoor buatan Daikin China. Untuk ukuran lain baik Indoor dan Outdoor buatan Daikin Thailand.

AC Daikin Inverter R32 tipe Smile FTKC Series

Tipe AC Daikin ini disebut juga tipe Inverter Smile, karena memiliki garis kurva seperti orang sedang tersenyum di body AC. Tipe ini memiliki beberapa keunggulan seperti:

* Tipe Inverter Smile tersedia mulai 1/2 PK sampai 3 PK dan sudah menggunakan Freon R32 yang selain ramah lingkungan dan lebih dingin dari R22, Freon R32 juga memiliki angka potensi penyebab global warming yang jauh lebih rendah dibanding R22 dan R410A.
* Tipe Inverter Smile terbaru mulai 1PK keatas memiliki sensor mata seperti yang terdapat di tipe High Inverter FTKV-NVM4 Series yang akan dibahas setelah tipe ini. Memiliki filter anti bakteri yang bernama Titanium Apatite Photocatalytic Filter.
* Tipe Inverter Smile hanya memiliki 1 bilah sirip naik turun yang mengatur aliran udara sama seperti tipe Standard Malaysia kecuali tipe 2PK dan 2.5PK tetap memiliki 2 bilah sirip
* Tipe Inverter Smile memiliki mode LOW WATT, untuk model 1/2 PK sampai 1.5PK dimana apabila menggunakan AC 1.5PK tipe ini sekalipun, rumah dengan daya listrik 1300Watt dijamin tidak bakal jebret listriknya karena AC-nya bisa mengurangi konsumsi listrik sampai maksimal 380 Watt stabil APABILA ada perangkat rumah lain yang menyedot listrik. Kalau tidak ada perangkat listrik lain yang membutuhkan daya, AC tetap bekerja di Watt normalnya. Namun tentu saja pada mode ini, AC jadi lebih lama mencapai suhu remote tentunya.
* Tipe Inverter Smile memiliki mode COMFORT AIRFLOW, untuk model 1/2PK sampai dengan 1.5PK dimana selama AC menyala sirip akan bergerak keatas untuk mencegah aliran udara dingin mengenai ke badan kita
* Tipe Inverter Smile juga memiliki mode Econo adalah fitur dimana bila dinyalakan, maka kinerja AC hanya akan sampai 70% saja dari maksimal. Dengan begitu konsumsi listrik LANGSUNG TURUN lebih rendah sekitar 30%, walaupun pada saat pertama kali AC dinyalakan jadi lebih lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai suhu remote. Fitur ini HANYA TERSEDIA di AC 2PK sampai 3PK
* Tipe Inverter Smile juga memiliki mode Outdoor Quiet Mode yang membuat suara Outdoor AC berkurang dari 46db ke 43db. Fitur ini tersedia di AC 2PK sampai 3PK. Tidak lupa semua tipe Inverter Smile dilengkapi Indoor Quiet Mode yang membuat suara angin AC dari 25db ke 22db.

AC Daikin Inverter Smile sangat laku karena harganya lebih murah dari AC Inverter Panasonic dengan konsumsi Watt yang kurang lebih sama dengan AC Inverter Panasonic.

 

6. AC Daikin Inverter Flash Freon R32 (FTKQ Series) Made in Thailand (PENGGANTI TIPE DELUXE FTM-JV Series)

AC Daikin Inverter Flash FTKQ Series

Tipe AC Daikin Inverter Flash ini dikeluarkan Daikin untuk menggantikan Tipe Deluxe Thailand. Dimana sekaligus untuk membuka pasar Inverter lebih banyak lagi, mereka menyediakan Inverter murah, dengan kualitas tidak murahan PLUS tersedia dari kapasitas 1/2PK sampai 2.5PK

AC ini memiliki beberapa keunggulan:

  • Memiliki harga 20% lebih murah daripada Daikin Inverter Smile
  • Tersedia mulai kapasitas 1/2PK dengan efisiensi listrik setara Daikin High Inverter 1PK, sampai ukuran 2.5PK
  • Memiliki bentuk yang manis seperti Indoor CTKM Multi NX-nya Daikin.

Jadi sudah tidak perlu diragukan lagi kalau AC Daikin Inverter Flash ini akan menjadi ujung tombak Daikin juga dalam menggenjot penjualan Inverter mereka di Indonesia.

Walaupun tidak ada fitur yang mencolok pada AC ini, namun nama besar Daikin dan teknologi Inverter yang dimiliki yang membuat AC ini bisa turun sampai 130 Watt!! untuk ukuran 1/2PK dan 3/4PK menjadikan AC ini sungguh sangat layak dibeli.

AC ini pun sudah tersedia dan ready stok mulai saat ini, jadi untuk melihat harganya silakan langsung kunjungi halaman Harga AC Daikin 2018 kami. Atau langsung hubungi kami untuk mendapatkan harga terbaik dan jadwal pemasangan dari kami.

 

7. AC Daikin Standard Thailand Freon R32 (FTC-NV Series) Made in Thailand

AC Daikin Standard Thailand R32 2018 FTC-NV Series

AC Daikin Standard Thailand terbaru ini sudah menggunakan Freon R32 dan baik Indoor dan Outdoor nya semua Made in Thailand. Tersedia mulai ukuran 1/2PK sampai 2.5PK sama dengan tipe yang lama.

AC Daikin Standard Thailand terbaru ini merupakan tipe paling laku dari semua tipe AC Daikin. Modelnya berubah total dibanding tahun lalu dengan kurva seperti Inverter Smile dan lis krom yang sungguh sangat menarik, memang perubahan ini akhirnya terjadi juga setelah kami yang meminta terus ada perubahan model ke Pabrik Daikin Thailand setiap kali kami diundang kesana.

Untuk konsumsi listriknya pun turun semua dibanding model FTNE Series. Silakan langsung kunjungi halaman Harga AC Daikin kami untuk melihat langsung konsumsi listriknya, Btu-nya dan informasi lainnya.

Atau langsung hubungi kami untuk membeli ACnya ya…

 

8. AC Daikin Standard Malaysia Freon R32 (FTV-BXV Series)

AC Daikin Standard Malaysia Aero FTV-BXV Series

Tipe AC Daikin Standard Malaysia terbaru FTV-BXV Series ini hampir tidak ada bedanya dengan Standard  Sempurna bukan? Untuk melihat konsumsi Watt, Btu dan harganya, silahkan langsung kunjungi halaman harga AC Daikin 2018 kami yang selalu terupdate yah.

Bentuk AC Daikin Standard Malaysia 90% sama dengan seri Inverter Smile (FTKC-NVM4 Series) bedanya cuman kalau di Inverter Smile di body Indoor ada garis seperti kurva orang tersenyum, yang di AC Standard Malaysia garis kurva digantikan dengan garis lurus biasa. Kemudian remote AC Daikin Standard Malaysia juga berbeda total dengan Standard Cina yang digantikannya yah. Lebih bagus sedikit lah dibanding remote Standard China yang sangat generik dan basically sama dengan semua AC buatan China lain yang dijual di Indonesia.

Jadi sebenarnya tipe ini akan menjadi lawan sejati AC Panasonic Standard CS-PN Series. Tadinya kan persaingannya timpang karena AC Daikin Standard semuanya menggunakan Freon R410A. Kali ini dengan AC Daikin Standard Malaysia pertarungan menjadi seimbang karena keduanya sudah menggunakan Freon R32 dan juga hargannya pun basically sama antara Daikin Standard Malaysia dan Panasonic Standard Series.

Keunggulan lainnya, Tipe AC Daikin Standard Malaysia dari ukuran 1/2PK sampai 1.5PK menggunakan ukuran pipa yang sama yaitu 3/8 x 1/4 yang membuat kalau anda sudah tanam pipa sebelumnya untuk 1PK namun ternyata ruangannya butuh 1.5PK amannnn… Bisa langsung pasang AC Daikin Standard Malaysia 1.5PK

 

9. AC Daikin Standard Thailand Freon R410A (FTNE-MV Series) Made in Thailand (SUDAH DISCONTINUED!!!)

tipe ac daikin standard thailand 2015

Untuk Tipe AC Daikin Standard Thailand 2017 FTNE-MV Series adalah pengganti tipe FT-LV dan FTE-KV Series. Tipe Standard Thailand terbaru ini telah menggunakan Freon R410A yang ramah lingkungan dan tersedia mulai ukuran 1/2 PK sampai dengan 2.5 PK sama dengan tipe tahun lalu.

Yang membedakan tipe tahun 2017 dengan tipe 2016 adalah penggunaan Freon yang telah R410A, model AC berubah sedikit dibagian kurva-kurva AC, namun penggunaan atau konsumsi listriknya sedikit lebih rendah. Sisanya masih sama, tipe ini dilengkapi dengan filter anti bakteri yang bernama Titanium Apatite Photocatalytic Filter dan juga memiliki 2 bilah sirip udara naik-turun. Sekali lagi silahkan kunjungi halaman harga ac daikin terbaru 2018 kami untuk melihat harga, konsumsi daya dan Btu AC dengan lengkap!

Tipe Standard Thailand atau disebut juga tipe SMS (Super Mini Split) memiliki panjang unit Indoor yang lebih pendek 6cm dibanding tipe Daikin lainnya. Plus Outdoornya pun lebih kecil mirip AC LG jadi untuk pemasangan di Apartemen yang biasanya sempit tempatnya, penggunaan tipe ini sangat direkomendasikan.

 

 

Nah jadi beginilah semua tipe AC Daikin dikupas tuntas. Semoga dapat membantu anda dalam memilih pembelian AC Daikin dan tidak lagi bingung jika ingin memilih tipe.

Kalaupun anda ingin membeli AC Panasonic, kami juga memiliki artikel yang menjabarkan perbedaan tipe AC Panasonic yang split. Dibuat dengan gaya penulisan yang sama dan tentu saja dengan jujur, tidak bertele-tele dan yang pasti tepat sasaran. Silahkan baca bila anda berkenan disini.
Kami pun telah membuat artikel tentang harga ac daikin dimana semua line up tipe AC Daikin yang ditulis disini lengkap dan komplit harga dan spesifikasi Btu dan kebutuhan daya-nya. Silahkan dikunjungi.
Kami juga memiliki artikel menarik lainnya yang dapat dikunjungi yang pastinya akan dapat menambah wawasan anda untuk AC secara general dan khususnya AC merk Daikin / Panasonic. Kami list dibawah anda tinggal klik dan akan terbuka di Tab baru browser anda:

1. Apakah perlu isi ulang Freon AC?

2. Apakah AC Inverter benar – benar bagus dan hemat listrik?

3. Cara menggunakan AC agar awet dan hemat listrik

4. Cara menghitung kebutuhan PK AC sesuai ruangan

5. Semua yang harus anda tahu tentang AC Low Watt dan AC Inverter

6. Mengapa Ongkos pasang AC Freon R32 lebih mahal?

7. Perbedaan Freon R22, R32 dan R410A

8. Penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin

9. Perbedaan Tipe AC Daikin

10. Harga AC Daikin 2018

11. Perbedaan tipe AC Panasonic

12. Harga AC Panasonic 2018

13. Brosur AC Daikin

14. Pengangkatan National Elektronik sebagai Daikin AC Shop

15. Tips dan trik menggunakan AC Inverter

16. AC Daikin Multi S

17. Testimoni AC Daikin di Kaskus

18. Emang AC Gree bagus? Kan buatan China

19. Harga AC Gree 2018

20. Tipe AC Gree apa saja dan perbedaannya

21. Bocoran AC Gree 2018

22. Launching AC Daikin Line Up 2018

Artikel diatas ditulis dengan gaya bahasa yang enak dibaca dan mudah dimengerti kok sama kayak artikel Tipe AC Daikin yang sedang anda baca ini. Kami yakin anda akan menjadi customer yang bijak dan pintar serta tidak mudah dibohongi lagi setelah membaca semua artikel kami. Hehehehe…

Oleh karena itu, jangan ragu lagi untuk mempercayakan pembelian, pemasangan maupun service AC Panasonic atau AC Daikin anda kepada kami. Kami berjanji memberikan pelayanan yang terbaik bagi anda dengan harga yang kompetitif. Hubungi kami sekarang baik melalui halaman contact us, lewat email ke [email protected] ataupun menghubungi hotline kami di (021) 737 5155 – 56 atau gunakan semua cara yang ada diatas baik lewat FB, Twitter, BBM, YM atau WA apabila anda masih bingung dengan tipe AC Daikin apapun.

Artikel dibuat oleh:

Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
Follow me on Twitter and Instagram @samuellumentut
National Elektronik

Artikel diperbarui terakhir pada tanggal: 30 Juli 2018

TAGS :
  • Doel

    Permisi gan saya mau tanya Klo ukuran kamar lebar 2,2 m dan panjang 8 m itu kira2 yg rekomen Daikin apa dan brp ya kira2 ukuran PAK nya yg pas

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kamar ukuran 2.2 x 8 itu dibutuhkan AC 1.5PK

      kalau mau yang paling bagus, paling hemat tapi paling mahal disarankan menggunakan Daikin Premium Inverter 1.5PK FTKM35SVM4 – Rp. 10.450.000,- (185 – 1.160 Watt) – sudah termasuk pipa Freon HODA 5m, kabel listrik Supreme 3×2.5 5m, drain air 2m, bracket Outdoor dan proses vacuum sesuai SOP Daikin

      Jadi kalo suhu ruangan sudah tercapai bisa turun sampe tinggal 185 Watt. Sedangkan untuk ruangan kamar agan sih dijamin ga akan pernah nembus 1000 watt juga asal settingan remotenya bener.

      Kalau mau yang lebih murah bisa pake Daikin Inverter Flash 1.5PK FTKQ35SVM4 – Rp. 6.350.000,- (190 – 1.460 Watt) Dapetnya sama dengan yang Premium Inverter. Kenapa jauh lebih murah? Jadi kalo pake AC Inverter Flash, boro2 watt ga pernah nembus 1000, bisa2 diatas 1000an watt terus selama operasi, kecuali pada saat malam/dini hari baru bisa turun wattnya.

      Sedangkan premium inverter mau siang mau malem pasti akan turun dibawah 1000. Gitu sih.

      Harga diatas belum termasuk transport tergantung lokasi pemasangan AC dimana ya

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Aryaraka

    Mau tny jk kamar ukuran P: 6.2 x L: 3.6 x T: 3 saran menggunakan ac inverter brp pk?

    Apakah benar r32 daikin problemnya suka bocor dibanding 410a daikin? (info dr tukang ac)

    Saya disarankan sm tk ac pakai daikin 410a inverter dr thailand dg harga 3.7 sdh termasuk pasang dll..apakah itu harga sesuai?

    Thanks in advance..

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalau kamar ukuran segitu sih wajib menggunakan minimal 1.5PK

      Itu kalau mau pakai AC Standard. Kalau mau pakai AC Inverter harus menggunakan AC 2PK.

      Pakai Inverter 2PK, konsumsi listriknya akan lebih irit daripada menggunakan AC 1 PK sekalipun. Cuman memang harga Inverter awalnya lebih mahal.

      Daikin R32 TIDAK BENAR lebih suka bocor dibanding R410a. Karena Daikin R410a sendiri hanya ada 1 tipe, lainnya semua sudah menggunakan R32, PLUS Daikin R410a akan segera di-discontinued dan digantikan dengan R32 juga. Jadi akhir tahun ini Daikin tidak punya tipe lagi yang R410a.

      itu daikin r410a 3.7 termasuk pasang brp PK?

      Kalau melihat harganya mungkin cuman 3/4PK

      Kalau benar berarti PK AC nya sangat kurang loh gan…

      Oke semoga sudah jelas ya. Terima kasih sudah mampir ke website kami

      Reply
  • Vanjol

    Selamat malam, bisa minta kontak wa atau bbm? Banyak yg mau ditanyakan . Terima kasih

    Reply
  • Min mo nanya ni gw baru beli ac daikin yg 1/2 pk kok seri indoor sama outdoor beda ya.yg indoor FTNE 15JEV14 dan yg outdoor RNE 15 JEV14 emg gt ya dari pabrik…
    Makasih min

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      ya memang gitu Pak.

      FTNE itu kode Indoornya dan RNE itu kode Outdoornya.

      sama kayak AC Panasonic CS-PN5RKJ itu tipe Indoor, Outdoornya tipenya CU-PN5RKJ

      Oke semoga sudah jelas ya.

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • manvw

    ruangan 5×5(kurleb) hadap timur tapi atasnya cor-coran pemakaian 8jam sehari utk siang(kantor), pln 1300w blom komputer mini (watt100-150w)
    ac apa yg dingin dan irit listriknya?pemakaian 10jam
    tks

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      wah kalau ruangan 5×5 mana mungkin pakai 1/2 atau 3/4PK

      harus pakai minimal 1.5PK yang berarti listrik ga bakalan cukup 1.300 Watt.

      Apalagi dengan atap atas cor cor-an harusnya pakai AC 2PK baru bisa dingin.

      Tapi ya itu listriknya ga bakalan cukup dengan 1300 Watt.

      Untuk Inverter 1/2 dan 3/4PK Daikin sudah ada juga watt minimal dan maksimalnya di artikel ini http://goo.gl/pfSanP

      Silakan dibuka ya. Komplit sama harganya juga ada.

      Untuk irit mana CS-PN 1/2PK dan Inverter Smile 1/2PK jelas lebih hemat inverter, KECUALI AC Inverter 1/2PK nya digunakan di ruangan yang lebih besar dari seharusnya.

      AC Inverter 1/2PK akan jauh lebih hemat dari CSPN 1/2PK kalau digunakan di ruangan MAKSIMAL 3×3. Kalau diatas itu dijamin lebih hemat 1/2PK, walau 2-2nya pasti sama2 ga bisa bikin ruangan dingin karena PK-nya kurang.

      OKe terima kasih ya atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • Nico

    Selamat malam pak mau tanya kalau ruangan 3×3.5 cocoknya pakai daikin tipe apa ya yg hemat listrik

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalau ruangan 3 x 3.5 sih kalau mau hemat listrik pakai AC Daikin High Inverter 1PK FTKV25NVM4 sudah ga ada lawannya.

      Oke terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

      Reply
  • Elly

    Salam kenal. Ak baru beli ac daikin 1/2pk (2biji). Dan 1pk. Bikinan china. Katanya kosong?. Suami suruh beli bukinan thailan. Tapi ditoko dikasi tau bagusan bikinan china. Ampe diomelin suami mala disuruh tukar. Gimana nih ak bingung. Tolong jelasin dong perbedaan bikinan thailan ama china? Pleasse. Apa bener bikinan china lebih awet, lebih irit, ama gak berisik dari bikinan thailan? Makasi ya klu ampe dijawab

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Mohon maaf atas keterlambatan pembalasan komen karena server kami sempat bermasalah.

      Memang yang Cina sudah discontinued Bu. Kalau ada toko yang jual itu stok lama.

      Kalau kualitas sih kalau yang buatan Cina memang lebih bagus daripada buatan Malaysia. Tapi kalau dengan buatan Thailand sih sama saja.

      Hanya karena memang sudah discontinued untuk urusan spare part akan lebih sulit nantinya bila dibandingkan dengan buatan Thailand.

      Kalau lebih awet sama saja

      Lebih irit YA, karena memang konsumsi listriknya lebih rendah sekitar 50 Watt

      Lebih ga berisik juga sama aja.

      Jadi terserah sih mau pakai yang Cina atau Thai sama2 bagus, bedanya cuman yang Cina lebih sulit spare partnya in general karena sudah discontinued.

      Oke terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

      Reply
  • Arif

    Saya mau tanya nih
    1. Kamar saya sudah saya pasang AC Daikin Standard Malaysia R32 (FTV-AX Series) sebesar 1 PK (pipa tanam).
    2. Ruang Keluarga saya pasang AC Daikin Standard Malaysia R32 (FTV-AX Series) sebesar 1.5 PK (pipa tanam).
    Nah pertanyaan saya. saya mau menukar AC saya yang di kamar sebesar 1 PK dengan Ruang keluarga sebesar 1.5 PK (karena ternyata kamar saya perlu PK yang lebih besar). Karena memang pipa dan indoor yang sama persis sehingga saya hanya menukar outdoor AC tersebut tanpa menukar indoor nya. Apakah boleh begitu?

    Thank you

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Boleh saja seperti itu tapi nanti yang Outdoor 1.5PK di connect ke Indoor 1PK di kamar anda tetap anginnya akan lebih pelan dari seharusnya. Jadi dinginnya tetap tidak akan sama dengan apabila kedua unit baik Indoor dan Outdoor ditukar.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • Deph45

    Mohon advicenya ya..utk ruangan 3×4 kan cakep klo pke 3/4pk inverter smile. Masalahnya pintu kamar sering buka tutup, malah sering tetap terbuka, kondisi ac sering nyala 24jam. Naah biar lbh hemat listrik, apakah sebaiknya sy pke 1pk inverter smile?atau sm saja dgn 3/4pk penggunaan listriknya?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Untuk kamar yang lebih sering terbuka sih tidak disarankan menggunakan AC Inverter.

      Malah bisa lebih boros konsumsi listriknya daripada AC non-Inverter.

      Jadi lebih baik pakai yang AC Daikin Standard Thailand 1PK FTNE25MV14. Wattnya memang bakal terus stay di 819 Watt tapi kalau pakai yang 1PK Inverter Smile Wattnya bisa nyampe 1000 malah.

      Kalo pake Inverter Smile yang 3/4PK ga bakalan bisa dingin sama sekali kamarnya kalo pintu dibuka walau konsumsi listriknya cuman 600an maksimal.

      Oke semoga sudah jelas ya.

      terima kasih sudah mampir ke website kami

      Reply
  • Sjarif

    Halo gan…
    Saya ingin tanya..

    Untuk kos”an dengan listrik 1300w, outdoor diletakkan di atas atap lt.5 (terjemur matahari).
    Kamar saya di lantai 4, kamarnya luas 15m, terkena matahari sore yang lumayan menyengat panasnya.
    Ac saat ini adalah sharp 1/2pk AH-A5PEY2 yang disediakan dari kos”an.

    Listrik yang terpakai saat ini adalah untuk kulkas samsung 130w, tv led samsung 70w, 5 lampu led philips total 48w, (jarang dihidupkan ke 5 nya, biasanya cuma 2 apa 3), kipas angin meja kecil 37w, dispenser yang hidup normal aja (jarang dihidupkan untuk hot dan cold nya).

    AC nyala hampir 20 jam setiap hari.
    AC sekarang ini lambat dinginnya, dan kadang dingin kadang agak panas, padahal saya stel ke pilihan cool 25 derajat, kipas 3, (kipas ac nya antara 1 dan 2 itu seperti sama saja, terlalu lambat putarannya, kipas ke 3 pun seperti angin sepoi”, makanya saya bantu pakai kipas angin).
    Dibanding dengan ac panasonic saya pakai di rumah orang tua, jelas pilihan kipasnya, 1 sepoi”, 3 itu anginnya kenceng banget.

    Kira” kalau menurut agan, ac apakah yang cocok jika saya diizinkan untuk menggantinya ?
    Dari yang saya baca” sepertinya ac daikin high inverter bagus ya.

    Kalau tidak diizinkan ganti ac, saya berencana pindah ke apartemen u reseidence di karawaci sekitar bulan 8-10, cuma kalau dari yang saya baca” itu apartemen pakai ac central, ga ngerti apa irit listrik ga tuh.

    thx atas infonya gan..

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Weekkkk untuk ruangan 15m2 dipasangin AC 1/2PK parahhhhhhh mana dinginnnn…

      Untuk ruangan segitu harus pake AC 1PK gannnnn….

      Kalau nanti mau ganti disarankan pakai AC Daikin High Inverter 1PK FTKV25NVM4 biar listrik ga jebret.

      Kalo pake 1PK standard pasti ga kuat listriknya kalo nyala bareng sama kulkas, tv, dll.

      Untuk AC Central ga mungkin irit listrik.

      AC Central cuman ada 2 Watt. Maksimum dan 0 watt waktu AC dimatikan hehehehe…

      Oke semoga sudah jelas ya

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • arema

    untuk kamar tidur ukuran 3×3 meter. Pake ac inverter merk apa yg paling cocok? trus berapa pk butuhnya?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kamar 3×3 sebenernya pake AC Daikin Inverter Smile 3/4PK sudah cukup.

      Masalahnya barangnya baru tersedia sekitar akhir Juni atau awal Juli 2016.

      Untuk saat ini yang paling cocok dengan konsumsi daya yang sama atau bahkan sedikit lebih rendah tapi harganya lebih mahal adalah AC Daikin High Inverter 1PK FTKV25NVM4.

      Saya pun di kamar anak di rumah 3x3x3 menggunakan AC tersebut dan hasilnya watt-nya kecil bangettttt… hehehehe

      oke terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Sandi

    Selamat malam,

    Di rumah saya pake 2 buah daikin ftne-mv untuk kamar 3 x 3 dan 3 x 2,5…

    Saya mau tnya, bila indoor bunyi “tek” atau “tretek” itu kenapa ya?

    Trus dlam pakai ac, kami set suhu terendah yaitu 28 drjt dg fan terendah tapi kami tmbh pmakaian kipas angin dg putaran sedang untuk awal ketika sudah dingin kami trunkan ke putaran terendah. Kami pikir mski set suhu rendah dg dibantu kipas angin maka distribusi hawa dingin lebih cepat krna trbantu dan lebih merata. Plus klo hanya pake ac dg suhu sedang kulit kami jdi kering…

    Mohon sarannya…

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Saat Indoor bunyi tek itu artinya kompressor nyala/mati. Jadi wajar bila anda mendengar bunyi tersebut.

      Wah kalau sudah pakai AC masih pakai kipas angin sih kok agak mubazir ya listriknya. Berarti selain Watt AC masih ditambah Watt dari kipas angin.

      Harusnya kalau PK AC-nya cukup sudah tidak perlu lagi dibantu dengan kipas angin untuk distribusi hawa dingin.

      Memang di kamar tidurnya pakai yang berapa PK?

      memang sih kalau pake AC saja kelembapan udara jadi berkurang, tapi kalau pakai kipas angin sebenarnya tidak menjadi lebih lembap kok.

      Kalau mau lembap memang harus menggunakan Humidifier secara terpisah. Kalau tidak harusnya kelembapan udara tidak bisa naik.

      Oke semoga sudah lebih jelas ya.

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • than

    Pak, saya punya ac daikin ex kantor tipe FTE35JV1 dan FTKD35DVM4, boleh tau tipe freon dan ukuran pipa yg digunakan atau spec lengkapnya, terimakasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kedua tipe itu menggunakan Freon R22

      Yang FTE35JV ukuran pipanya 1/4 x 1/2

      yang FTKD35 ukuran pipanya 1/4 x 3/8

      Terima kasih

      Reply
      • Terimakasih Pak infonya, kalau boleh tanya lagi ini tipe kok FTKD sedangkan disini bnyknya FTKC atau FTKV, ini sudah obsolete atau apakah bedanya?dan sama2 1.5pk konsumsi listriknya lebih rendah yang mana? Trims

        Reply
        • Web_Admin

          Selamat sore,

          Tipe FTKD adalah tipe Daikin Inverter yang masih menggunakan Freon R22 yang sudah discontinued sejak Desember 2014 karena sejak Januari 2015 sebenarnya Freon R22 sudah dilarang dijual lagi produknya di Indonesia.

          Sejak tahun 2015 tipe penggantinya adalah tipe FTKC dan FTKV yang keduanya sudah menggunakan Freon R32.

          Bedanya jelas yang tipe FTKC dan FTKV lebih dingin karena sudah menggunakan Freon R32. Untuk konsumsi listrik FTKD dengan FTKC kurang lebih sama. Kalau dengan FTKV jauh lebih irit FTKV.

          Terima kasih.

          Reply
  • Selamat sore…

    Kamar tidur dengan ukuran 6×3 sudah dipasang FTKC25 tapi biaya listrik masih juga membengkak…
    Pertanyaannya :
    1. Apakah perlu tambah AC lagi ?
    2. Kalau memang perlu tambah ac, kira2 ac apa dan brp PK ?
    3. Bisa gak 2 unit FTKC25 dipasang pada 1300 watt pada mode low watt ?

    Trima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kamar tidur 3×6 sih kalau mau pakai Inverter pasti kami sarankan menggunakan AC 1.5PK

      Kalau 1PK Btu terlalu ngepas. Jadinya susah mau mencapai suhu 23 atau 24 sekalipun kecuali pada saat dini hari

      Jadi kalau tidak mau bengkak, mesti set suhu di 25 aja. Kecuali mau pakai 1.5PK.

      Kalau mau pasang 1 lagi FTKC25 sih bisa aja asal 2-2nya dipasang di mode Low Watt dan nyalanya jangan bersamaan, tapi yang satu dinyalain dulu, tunggu sekitar 20 – 25 menit baru nyalain yang 1 lagi biar watt-nya udah turun dulu.

      Oke terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • Dimas Andri Purwanto

    Saya mau tanya, ukuran kamar tidur saya 4X3 jadi baiknya memakai yg 3/4 atau 1 PK ya??terus saya masih bimbang lebih bagus standart malaysia atau thailand secara kualitas barang dan low watt??terima kasih sebelumnya.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kamar 3×4 kalau maunya pakai standard minimal pakai 3/4PK, kalau mau dingin sepanjang tahun pakai 1PK lebih baik. Tapi kalau mau pakai Inverter pakai High Inverter 1PK listriknya kan jauhhhhhhhhhh lebih hemat daripada pakai 3/4PK standard. Baik yang malay atau thai.

      Kalau maunya pake standard pakai yang Thailand lebih bagus.

      Kalau listrik bedanya lumayan yang Malay lebih kecil tapi kualitas barang yang Thai jauh lebih bagus.

      Oke terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Faisal

    Ulasan yang menarik dan saya mau sharing pengalaman saja. Siapa tau bisa bermanfaat.

    Sebelumnya saya menggunakan 3 unit AC konvensional (2 unit 1/2 PK dan 1 unit 3/4 PK) dan daya listrik 2200 Watt. Kebetulan di rumah pasang Stabilizer yang mempunyai Ampere meter, sehingga bisa mengetahui pemakain listrik pada saat itu. Selama ini Ampere meter selalu menunjukan angka 10 – 11 Ampere (terutama malam hari) kalau semua AC di hidupkan termasuk peralatan elektronik lainnya seperti Lampu, Kulkas, TV, Komputer dan lain-lain.

    Saat ini saya sudah ganti AC 3/4 konvensional dengan AC Daikin Hi-Inverter 1 PK, yang sebelumnya sempat ragu apakah listrik saya cukup tanpa harus menambah daya?? karena ukuran AC yang akan di pasang lebih besar dari sebelumnya.
    Setelah saya pasang AC Dikin Hi-Inverter 1 PK (tanpa tambah daya) dan monitor angka pada Ampere meter pada Stabilizer (dengan kondisi semua AC nyala), ternyata angka yang di tunjukan ampere meter hanya sampai 7 – 8 ampere saja pada saat awal. Yang sangat mengejutkan, setelah beberapa saat Ampere metere hanya menunjukan angka 4 – 5.

    Sekarang saya bisa tidur nyenyak dng suhu kamar yang sejuk tanpa memikirkan angka di ampere meter lagi… zzzZZZZZZ… 🙂

    Next plan, ganti semua AC konvensional yang lainya… (nabung.com)… 😀

    Note:
    1. Komentar saya ini hanya ulasan pengalaman saya tanpa ada pesan sponsor dari pihak produsen ataupun pemilik website ini.
    2. Artikel2 pada website ini juga yang mempengaruhi keputusan saya untuk mencoba AC Daikin Hi-Inverter, tapi maaf saya belinya ke tempat yang lain karena dapat lebih murah “sedikit”. Harap maklum karena budget sangat terbatas.. 😛

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Terima kasih atas sharing-nya

      Lain kali cari saya langsung Pak, nanti saya kasi lebih murah “sedikit” lagi dari tempat lain-nya hehehehehhe..

      Reply
  • Komang Edi Purnawan

    Selamat siang admin, mau nanya nihh..

    Saya berencana membeli AC merk Daikin 1.5PK, ukuran kamar saya 5×4 untuk 2 orang. tp saya masih bingung memilih tipe antara yang deluxe dengan inverter. Apakah tipe inverter cepat rusak dan perbaikan unit mahal dibandingkan tipe deluxe?
    Tipe mana yg sebaiknya saya beli?

    Terima Kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk ruangan 4×5 memang sudah tepat penggunaan AC Inverter 1.5PK

      Dibanding pake Deluxe 1.5PK, menggunakan Inverter akan sangat menghemat pengeluaran listrik anda.

      Perbedaannya bisa mencapai 45%.

      Apakah Inverter cepat rusak> perbaikan mahal? Silakan baca artikel kami yang membongkar tuntas semua mitos AC Inverter disini Pak http://goo.gl/tWKawq

      Niscaya setelah membaca artikel tersebut anda tidak akan ragu2 lagi memilih AC Inverter Daikin untuk kamar tidur anda ya.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaannya.

      Reply
      • Komang Edi Purnawan

        Ok, Terima Kasih.
        Untuk merk yang tepat untuk pemakaian yg jarang pemakaian 2-3jam atau semalam yang bagus daikin apa panasonic?
        Apakah disini saya bisa memesan ac nya? saya tinggal di bali dan berapa harga ac nya dan ongkir nya berapa?
        Saya tertarik dengan daikin HI Tipe FTKV35NVM4 atau smile Tipe FTKC35PVM4 dan panasonic CS-VU13SKP.
        Thanks

        Reply
        • Web_Admin

          Selamat pagi,

          Mohon maaf untuk ongkir ke Bali cukup mahal jadi lebih baik beli di dealer Daikin Bali saja langsung Pak.

          Kalau mau pakai Inverter, Daikin tidak ada lawannya Kecuali Panasonic yang CS-VU tapi harganya jauh lebih mahal.

          Pakai Daikin FTKV35NVM4 sudah lebih dari cukup kok.

          Apalagi kalau jarang dipakai dan hanya 2 – 3 jam sekali pakai. Sebenernya pakai FTKC35PVM4 juga sudah cukup untuk menghemat biaya.

          Oke semoga sudah jelas ya.

          Terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

          Reply
  • reny

    Maaf pak. Sy mau tanya..
    Saya tertarik sm AC daikin buatan thailand.

    Utk ruangan 2.5×5 m yg cocok type apa ya, trus kira2 harganya berapa, berikut pemasangannya ?, sedangkan listrik sy cuma 900 watt

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk ruangan 2.5 x 5 dibutuhkan MINIMAL AC 3/4PK.

      Masalahnya Listrik rumah hanya 900 Watt. Jadi pilihannya sangat terbatas.

      Kalau pakai Daikin sih pilihannya sangat terbatas paling menggunakan 1/2PK (tapi kamar cuma anyep2 ademnya) kalau pakai 3/4PK Standard Malaysia FTV20AXV14 Wattnya 580. Cukup besar. Takutnya jebret listriknya. Di rumah ada alat listrik apalagi yang akan nyala bersamaan dengan ACnya? Kulkas, TV, lampu, rice cooker, pompa air? Harus dihitung dulu listriknya.

      Mungkin kalau mau bisa gunakan AC Panasonic Low Watt 3/4PK CS-XN7RKJ Wattnya 530 Watt. Memang cuman beda dikit, tapi kalau listrik rumah cuman 900 mah setiap Watt sungguh berharga.

      Jadi kalau saran terbaik, naikin listrik jadi 1.300 Watt trus pake AC Daikin High Inverter 1PK FTKV25NVM4. Dijamin nanti listriknya lebih irit dibanding pake 3/4PK Low Watt Panasonic sekalipun. Tapi ya itu tarikan awalnya mungkin bisa bikin listrik jebret kalo cuman 900 Watt.

      Oke coba ditimang2 ya optionnnya mau pakai tipe apa dan berapa PK

      Terima kasih sudah mampir dan bertanya ke website kami.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *