POSTED BY Web_Admin | Oct, 31, 2014 |

National Elektronik kembali lagi dengan artikel tentang AC yang meluruskan mitos yang salah dan merugikan konsumen tentang salah satu permasalahan AC yang paling sering membuat konsumen rugi dan tertipu.

Masalah yang saya maksudkan adalah apakah AC Split di rumah atau kantor anda harus selalu isi ulang freon atau tambah freon setiap berapa bulan atau tahun sekali?

Freon R-22 DuPont

Untuk menjawab pertanyaan ini agak ribet, namun secara garis besar jawabannya TIDAK!

mari kita bahas mengapa AC di rumah anda tidak perlu isi ulang freon atau nambah freon setiap beberapa bulan sekali.

Pertama, prinsip kerja AC rumah sama persis dengan AC mobil. Jadi di AC rumah dan mobil ada kompressor yang kerjanya memompa gas freon ke evaporator di unit indoor kemudian akan dihembuskan angin dan angin yang keluar dari kisi-kisi AC adalah angin dingin. Nah gas Freon yang tersimpan di kompressor itu selalu berputar di putaran tertutup (Closed Loop) dari kompressor dipompa ke evaporator dan balik lagi ke kompressor. Oleh karena itu gas tidak mungkin keluar dari putaran tersebut kecuali ada kebocoran.

Pertanyaannya, apakah sejak mobil baru anda diantarkan dari showroom, kemudian 6 bulan kemudian sudah ke bengkel untuk isi ulang freon atau nambah freon? tentu saja TIDAK! Sama saja dengan AC rumah. Kalau instalasi AC-nya benar AC rumah anda TIDAK PERLU di-isi ulang freon-nya!

Bagaimana dengan penguapan? Ya memang gas Freon bisa saja menguap karena terkena panas, namun rate penguapan Freon AC juga sudah dipikirkan oleh pabrik pembuat AC terutama untuk merk AC Panasonic dan AC Daikin sebagai merk AC terbaik di Indonesia bahkan di dunia agar Freon tidak perlu diisi ulang dalam kondisi pemakaian normal sampai seumur AC-nya. Yah bisa kita bilang kalau AC sudah digunakan diatas 5 tahun mungkin masih wajar bila kita isi ulang Freon AC kita, tapi kalau baru pakai dibawah 2 tahun atau bahkan belum setahun sudah harus isi ulang freon atau nambah freon, maka yang menyebabkan hal ini dapat terjadi adalah seperti dibawah ini:

1. Apabila pipa Freon anda sudah tertanam di tembok rumah, apartemen atau ruko anda pada saat pemasangan AC pertama kali, mungkin orang yang masang pipa pertama kali bengkokin pipanya sembarangan jadi patah atau retak dan bocor halus.

 

2. Apabila anda beli AC dengan pipa-nya, bisa saja orang instalasi AC-nya masang pipanya ga bener, pas bengkokin pipa terlalu kuat jadi patah di dalem atau retak dan bocor halus. Oleh karena itu tanpa bermaksud meng-dis-kreditkan tukang pasang AC manapun, berhati-hatilah dalam memilih tempat membeli AC anda. Di Supermarket seperti H***mart, Car***r, Elec***c C**y, Be** Den**, Cou**s mereka TIDAK memiliki teknisi pasang AC in-house. Semua tukang pasang AC mereka adalah FREELANCE, jadi kualitasnya mungkin bisa bagus, mungkin juga tidak… Berbeda dengan tempat kami. Semua teknisi kami untuk instalasi AC maupun service AC, semuanya adalah teknisi In-house dengan gaji bulanan, jadi hasil kerja mereka selalu kami kontrol dan mereka lebih bertanggung jawab dalam menjalankan tugas karena membawa bendera perusahaan kami. Dan semua kepala teknisi kami sudah memiliki sertifikat resmi lulus training dari Daikin Training Center dan Panasonic Service Center. PLUS harga AC dari mereka JAUHHHHH lebih mahal dari tempat kami hehehhe…

 

3. Bisa juga kualitas pipa yang digunakan abal-abal alias ga ber-merk atau ber-merk tapi palsu.. kayak merk Hoda yang sudah terkenal mahal dan berkualitas tinggi namun palsunya beredar dimana-mana… Toko kami menggunakan pipa merk HODA dengan ketebalan minimum 0.61mm yang cocok digunakan di AC yang menggunakan Freon R32. Kami jamin ASLI karena kami langsung membelinya dari importir TUNGGAL merk tersebut! Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca artikel perbedaan Freon R32 kami, ataupun artikel mengapa ongkos pasang AC dengan Freon R32 lebih mahal? Niscaya anda akan lebih paham dan tidak mudah tertipu lagi jika ingin membeli AC. Kami juga sebagai Daikin Pro Shop dan AC Shop hybrid, menjual pipa merk DAIKIN dengan ketebalan 0.8mm. Asli dari Thailand, dan hanya boleh dijual melalui dealer Daikin Pro Shop atau AC Shop. Tidak bisa dibeli dari tempat lain. Jadi TIDAK MUNGKIN ada yang palsu. Memang harganya lebih mahal daripada merk HODA tapi ya memang lebih tebal juga ukuran pipanya.

 

4. Mungkin juga di sambungan pipa (Naple) pada saat flaring kurang kencang jadi bocor halus atau malah terlalu kencang jadinya retak atau pecah. Ini bisa terjadi apabila menggunakan Flaring merk Cina yang tidak baik mutunya. Mungkin untuk pasang 50 sampai 100 unit AC pertama masih oke namun sesudahnya akan lebih mudah bocor karena alatnya sudah aus dan harus diganti. Kami sendiri menggunakan merk TASCO dari Jepang untuk flaring pipa.

 

5. Bisa juga bila anda menggunakan jasa service AC sembarangan yang mungkin (maaf) cuman diliat dari iklan yang ditempel di pohon pinggir jalan, bisa saja pada saat mereka service AC bagian Outdoor, sambungan pipanya dikendorkan sedikit supaya Freon terbuang sedikit2 dan dalam waktu 2 atau 3 bulan AC jadi ga dingin karena Freon berkurang atau bahkan habis, jadi anda harus telepon mereka untuk datang dan meng isi ulang freon AC anda. Kami tidak bilang semua jasa service AC seperti itu, namun cobalah lebih selektif dalam memilih tempat membeli dan service AC anda. Mungkin lebih baik telepon langsung ke Daikin atau Panasonic Call Center kalau mau service AC biar subcon mereka yang datang dan cuci AC anda.

 

6. Bisa saja Evaporator unit Indoor AC anda bocor, nah kalau sudah begini saran kami, selain sementara Evaporator AC di las, anda nabung ya.. karena kalau Evap AC sudah di las tetep ga bakalan lama umurnya… paling 3 bulan uda bocor lagi.. mau di tempat yang sama atau malah bisa nambahin bocor di tempat lain… Udah persis kayak kompressor ampere-nya udah tinggi… uda ga ada obat-nya.. mending segera nabung buat beli AC baru… Jangan lupa belinya AC Panasonic atau AC Daikin yaaaa biar awet dan tahan lama… Trussss belinya di toko kami hahahaha… Iklan dikit bole laaaa…

 

Kami juga memiliki artikel untuk harga AC Daikin, harga AC Panasonic atau harga AC Gree silahkan dibaca bila ingin tahu harga unit beserta informasi Btu dan konsumsi listriknya.

Nah begitulah kira-kira jawaban dari mitos masalah AC yang PALING SERING membuat konsumen tertipu, karena tiap kali isi ulang freon atau nambah freon harga bervariasi antara 100 – 150rb rupiah tergantung pinter-pinternya si tukang AC ngomong sama anda hehehehe…. Bahkan bila AC anda menggunakan Freon R410A isi ulang Freon bisa mencapai 750 ribu Rupiah! sayang banget kan keluarin uang segitu bukan karena memang ACnya perlu di isi ulang freon nya tapi cuma karena akal-akalan tukang AC anda.

Semoga setelah membaca artikel kami, anda menjadi lebih mengerti dan tidak mudah ditipu oleh oknum-oknum atau toko AC yang tidak bertanggung-jawab dan hanya ingin untung tanpa memikirkan konsumen. Jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya seperti Lebih irit mana pake AC Low Watt atau AC Inverter atau bagaimana sih cara menghitung kita pakai AC berapa PK di ruangan?

Kami juga memiliki artikel tentang bagaimana cara menggunakan AC agar hemat listrik dan awet. Dan juga artikel terbaru kami tentang AC Inverter. Apakah AC Inverter bagus? silahkan segera kunjungi untuk menambah pengetahuan anda tentang AC.

Berikut ini adalah list artikel kami yang dapat anda baca juga:

1. Apakah perlu isi ulang Freon AC?

2. Apakah AC Inverter benar – benar bagus dan hemat listrik?

3. Cara menggunakan AC agar awet dan hemat listrik

4. Cara menghitung kebutuhan PK AC sesuai ruangan

5. Semua yang harus anda tahu tentang AC Low Watt dan AC Inverter

6. Mengapa Ongkos pasang AC Freon R32 lebih mahal?

7. Perbedaan Freon R22, R32 dan R410A

8. Penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin

9. Perbedaan Tipe AC Daikin

10. Harga AC Daikin 2018

11. Perbedaan tipe AC Panasonic

12. Harga AC Panasonic 2018

13. Brosur AC Daikin

14. Pengangkatan National Elektronik sebagai Daikin AC Shop

15. Tips dan trik menggunakan AC Inverter

16. AC Daikin Multi S

17. Testimoni AC Daikin di Kaskus

18. Emang AC Gree bagus? Kan buatan China

19. Harga AC Gree 2018

20. Tipe AC Gree apa saja dan perbedaannya

21. Bocoran AC Gree 2018

22. Launching AC Daikin Line Up 2018

23. Review Daikin Inverter Flash 1PK FTKQ25SVM4

24. Apaan sih COP dan EER itu?

 

Oleh karena itu, jangan ragu lagi untuk mempercayakan pembelian, pemasangan maupun service AC Panasonic atau AC Daikin atau AC Gree anda kepada kami. Kami berjanji memberikan pelayanan yang terbaik bagi anda dengan harga yang kompetitif. Hubungi kami sekarang baik melalui halaman contact us, lewat email ke [email protected] ataupun menghubungi hotline kami di (021) 737 5155 – 56 atau gunakan semua cara yang ada diatas baik lewat FB, Twitter, atau WA

Artikel dibuat oleh:

Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
@samuellumentut
National Elektronik

Artikel diperbarui terakhir tanggal: 24 November 2018

TAGS :
  • selamat siang,

    mau tanya sebagai orang awam, jika ada teknisi mau pasang AC baru dirumah (Multi s2) hal-hal apa saja yang perlu kita perhatikan? tekanan freon standart berapa, pipa bocor pakai air sabun bisa? dll

    terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalau pasang Multi S 2 koneksi, pastikan pipanya memiliki ketebalan minimal 0.6mm…

      Untuk merk pipanya apa yang bagus dan sesuai standard bisa dicek di artikel ane disini http://bit.ly/FreonR32lebihmahal atau langsung aja pake pipa merk Daikin. Dijamin amannnn…

      Tekanan freon ga usah dipusingin karena sudah ada freon di dalam kompressor.

      Selama panjang pipa ga lebih dari 20m untuk 2 AC, aman.

      Pipa bocor juga ga usah dipusingin, karena pemasangan awal ga bener pun ga bisa langsung keliatan juga… biasanya setelah 2 – 3 mingguan keatas baru tau kalo ada kebocoran.

      Sama yang paling penting pastikan kalau pas pemasangan ACnya di Vacuum sesuai standard. Bukan cuman dibuang dikit freonnya… Itu bukan di vacuum namanya tapi purging. Hasilnya beda jauhhhhhh…

      Oke begitu doank sih kira2 yang perlu tahu.

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *