POSTED BY Web_Admin | Oct, 31, 2014 |

National Elektronik kembali lagi dengan artikel tentang AC yang meluruskan mitos yang salah dan merugikan konsumen tentang salah satu permasalahan AC yang paling sering membuat konsumen rugi dan tertipu.

Masalah yang saya maksudkan adalah apakah AC Split di rumah atau kantor anda harus selalu isi ulang freon atau tambah freon setiap berapa bulan atau tahun sekali?

Freon R-22 DuPont

Untuk menjawab pertanyaan ini agak ribet, namun secara garis besar jawabannya TIDAK!

mari kita bahas mengapa AC di rumah anda tidak perlu isi ulang freon atau nambah freon setiap beberapa bulan sekali.

Pertama, prinsip kerja AC rumah sama persis dengan AC mobil. Jadi di AC rumah dan mobil ada kompressor yang kerjanya memompa gas freon ke evaporator di unit indoor kemudian akan dihembuskan angin dan angin yang keluar dari kisi-kisi AC adalah angin dingin. Nah gas Freon yang tersimpan di kompressor itu selalu berputar di putaran tertutup (Closed Loop) dari kompressor dipompa ke evaporator dan balik lagi ke kompressor. Oleh karena itu gas tidak mungkin keluar dari putaran tersebut kecuali ada kebocoran.

Pertanyaannya, apakah sejak mobil baru anda diantarkan dari showroom, kemudian 6 bulan kemudian sudah ke bengkel untuk isi ulang freon atau nambah freon? tentu saja TIDAK! Sama saja dengan AC rumah. Kalau instalasi AC-nya benar AC rumah anda TIDAK PERLU di-isi ulang freon-nya!

Bagaimana dengan penguapan? Ya memang gas Freon bisa saja menguap karena terkena panas, namun rate penguapan Freon AC juga sudah dipikirkan oleh pabrik pembuat AC terutama untuk merk AC Panasonic dan AC Daikin sebagai merk AC terbaik di Indonesia bahkan di dunia agar Freon tidak perlu diisi ulang dalam kondisi pemakaian normal sampai seumur AC-nya. Yah bisa kita bilang kalau AC sudah digunakan diatas 5 tahun mungkin masih wajar bila kita isi ulang Freon AC kita, tapi kalau baru pakai dibawah 2 tahun atau bahkan belum setahun sudah harus isi ulang freon atau nambah freon, maka yang menyebabkan hal ini dapat terjadi adalah seperti dibawah ini:

1. Apabila pipa Freon anda sudah tertanam di tembok rumah, apartemen atau ruko anda pada saat pemasangan AC pertama kali, mungkin orang yang masang pipa pertama kali bengkokin pipanya sembarangan jadi patah atau retak dan bocor halus.

2. Apabila anda beli AC dengan pipa-nya, bisa saja orang instalasi AC-nya masang pipanya ga bener, pas bengkokin pipa terlalu kuat jadi patah di dalem atau retak dan bocor halus. Oleh karena itu tanpa bermaksud meng-dis-kreditkan tukang pasang AC manapun, berhati-hatilah dalam memilih tempat membeli AC anda. Di Supermarket seperti Hypermart, Carefour, Electronic City, Electronic Solution dan Best Denki, mereka TIDAK memiliki teknisi pasang AC in-house. Semua tukang pasang AC mereka adalah FREELANCE, jadi kualitasnya mungkin bisa bagus, mungkin juga tidak… Berbeda dengan tempat kami. Semua teknisi kami baik untuk instalasi AC maupun service AC, semuanya adalah teknisi In-house dengan gaji bulanan, jadi hasil kerja mereka selalu kami kontrol dan mereka lebih bertanggung jawab dalam menjalankan tugas karena membawa bendera perusahaan kami. Sudah begitu harga AC dari mereka JAUHHHHH lebih mahal dari tempat kami hehehhe…

3. Bisa juga kualitas pipa yang digunakan abal-abal alias ga ber-merk atau ber-merk tapi palsu.. kayak merk Hoda yang sudah terkenal mahal dan berkualitas tinggi namun palsunya beredar dimana-mana… lihat saja pembungkus pipa tembaganya biasanya ada cap merk, coba lihat dan usap-usap cap merknya… kalau baru diusap-usap sudah hilang itu pasti pipa palsu!!!! dengan kualitas yah… abal-abal pastinya. Toko kami menggunakan pipa merk Artic  yang terkenal berkualitas baik dengan harga standard untuk AC dengan Freon R22 atau R410A. Untuk AC dengan Freon R32 kami menggunakan pipa HODA, Tateyama ataupun Inaba Denko. Kami jamin ASLI karena kami langsung membelinya dari distributor resmi masing-masing merk! Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca artikel perbedaan Freon R32 kami, ataupun artikel mengapa ongkos pasang AC dengan Freon R32 lebih mahal? Niscaya anda akan lebih paham dan tidak mudah tertipu lagi jika ingin membeli AC.

4. Mungkin juga di sambungan pipa ke unit outdoor kurang kencang jadi bocor halus atau malah terlalu kencang jadinya retak atau pecah. Ini bisa terjadi apabila menggunakan Flaring merk Cina yang tidak baik mutunya. Mungkin untuk pasang 50 sampai 100 unit AC pertama masih oke namun sesudahnya akan lebih mudah bocor karena alatnya sudah aus dan harus diganti.

5. Bisa juga bila anda menggunakan jasa service AC sembarangan yang mungkin (maaf) cuman diliat dari iklan yang ditempel di pohon pinggir jalan, bisa saja pada saat mereka service AC bagian Outdoor, sambungan pipanya dikendorkan sedikit supaya Freon terbuang sedikit2 dan dalam waktu 2 atau 3 bulan AC jadi ga dingin karena Freon berkurang atau bahkan habis, jadi anda harus telepon mereka untuk datang dan meng isi ulang freon AC anda. Kami tidak bilang semua jasa service AC seperti itu, namun cobalah lebih selektif dalam memilih tempat membeli dan service AC anda.

6. Bisa saja Evaporator unit Indoor AC anda bocor, nah kalau sudah begini saran kami, selain sementara Evaporator AC di las, anda nabung ya.. karena kalau Evap AC sudah di las tetep ga bakalan lama umurnya… paling 3 bulan uda bocor lagi.. mau di tempat yang sama atau malah bisa nambahin bocor di tempat lain… Udah persis kayak kompressor ampere-nya udah tinggi… uda ga ada obat-nya.. mending segera nabung buat beli AC baru… Jangan lupa belinya AC Panasonic atau AC Daikin yaaaa biar awet dan tahan lama… Trussss belinya di toko kami hahahaha… Iklan dikit bole laaaa…

Kami juga memiliki artikel untuk harga AC Daikin, harga AC Panasonic atau harga AC Gree silahkan dibaca bila ingin tahu harga unit beserta informasi Btu dan konsumsi listriknya.

Nah begitulah kira-kira jawaban dari mitos masalah AC yang PALING SERING membuat konsumen tertipu, karena tiap kali isi ulang freon atau nambah freon harga bervariasi antara 70 – 150rb rupiah tergantung pinter-pinternya si tukang AC ngomong sama anda hehehehe…. Bahkan bila AC anda menggunakan Freon R410A isi ulang Freon bisa mencapai 400 – 500 ribu Rupiah! sayang banget kan keluarin uang segitu bukan karena memang ACnya perlu di isi ulang freon nya tapi cuma karena akal-akalan tukang AC anda.

Semoga setelah membaca artikel kami, anda menjadi lebih mengerti dan tidak mudah ditipu oleh oknum-oknum atau toko AC yang tidak bertanggung-jawab dan hanya ingin untung tanpa memikirkan konsumen. Jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya seperti Lebih irit mana pake AC Low Watt atau AC Inverter atau bagaimana sih cara menghitung kita pakai AC berapa PK di ruangan?

Kami juga memiliki artikel tentang bagaimana cara menggunakan AC agar hemat listrik dan awet. Dan juga artikel terbaru kami tentang AC Inverter. Apakah AC Inverter bagus? silahkan segera kunjungi untuk menambah pengetahuan anda tentang AC.

Berikut ini adalah list artikel kami yang dapat anda baca juga:

1. Apakah perlu isi ulang Freon AC?

2. Apakah AC Inverter benar – benar bagus dan hemat listrik?

3. Cara menggunakan AC agar awet dan hemat listrik

4. Cara menghitung kebutuhan PK AC sesuai ruangan

5. Semua yang harus anda tahu tentang AC Low Watt dan AC Inverter

6. Mengapa Ongkos pasang AC Freon R32 lebih mahal?

7. Perbedaan Freon R22, R32 dan R410A

8. Penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin

9. Perbedaan Tipe AC Daikin

10. Harga AC Daikin 2018

11. Perbedaan tipe AC Panasonic

12. Harga AC Panasonic 2018

13. Brosur AC Daikin

14. Pengangkatan National Elektronik sebagai Daikin AC Shop

15. Tips dan trik menggunakan AC Inverter

16. AC Daikin Multi S

17. Testimoni AC Daikin di Kaskus

18. Emang AC Gree bagus? Kan buatan China

19. Harga AC Gree 2018

20. Tipe AC Gree apa saja dan perbedaannya

21. Bocoran AC Gree 2018

22. Launching AC Daikin Line Up 2018

 

Oleh karena itu, jangan ragu lagi untuk mempercayakan pembelian, pemasangan maupun service AC Panasonic atau AC Daikin atau AC Gree anda kepada kami. Kami berjanji memberikan pelayanan yang terbaik bagi anda dengan harga yang kompetitif. Hubungi kami sekarang baik melalui halaman contact us, lewat email ke [email protected] ataupun menghubungi hotline kami di (021) 737 5155 – 56 atau gunakan semua cara yang ada diatas baik lewat FB, Twitter, BBM, YM atau WA

Artikel dibuat oleh:

Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
@samuellumentut
National Elektronik

Artikel diperbarui terakhir tanggal: 30 Juli 2018

TAGS :
  • Susanto

    nice info. saya pernah ditipu soal pipa. saya pakai pipa tanam baik2 aja dh lama, cuman ada sekali kasus ACnya gk dingin, msh dingin sebenarnya klo kita deket banget ke ACnya br terasa dingin, sejarak 30cm. dah dicuci bersih tetap aja gitu. outdoor diliat msh jln. trs dibilang sm tukang servisnya, freonnya ada bocor, tp bukan di sambungan pipa (yg of corz dikerjakan dia). mungkin ACnya kli katanya. jadi diboyong deh indoor outdoornya ke tokonya buat dites. 3 hari saya gerah. akhirnya dilapor balik, bukan ACnya katanya, baik2 itu indoor maupun outdoor

    akhirnya dia blg pipa tanamnya kali bocor, gk ada kemungkinan lain. jd dia saranin pasang pipa terpisah baru aja, yawda, saya terpaksa beli pipa sekian meter dr dia, udah dipasang k ACnya sama aja masih gitu. panggil lagi. skrg dia blg ini ACnya udah gk kuat niup anginnya keluar, ada dingin tp gk bisa mencapai jauh. ini gk bisa dibenerin lagi. jd dia saranin tuker tambah sama dia. buset deh, kemaren katanya dites 3 hari gk ada masalah, beneran dites atau? kesel banget saya skrg liat pipa itu msh menggelantung di langit2 skrg. pengingat kejadian buruk

    sblm2nya ni tukang servis yg ajarin pertama kli freon itu bisa abis lama2 bbrp bulan soanya tutup bagian buat gasnya di outdorr kyk pentil ban (?), lama2 wajar lolos gasnya toh kyk ban motor mobil lama2 bisa kempes, jd kdg bbrp bln saya isi gas sama dia. wah ternyata…

    btw pertanyaan deh

    – 1 PK dengan 1.5 PK beda ukuran pipa yah? yah, saya mau ganti ke 1.5PK, gk guna itu pipa hasil tipuan abang. sakit hati. gk bisa dipaksa pke kan misal nekat AC 1.5PK pasang aja pipa 1 PK? meleduk kali ya? belum lg AC baru skrg semua R32, ini pipa pasti msh bwt R22. pusing cari tukang servis yg bnr. R32 hrs vacuum pula, yakin ni tukang servis ngibul gk bkl kerjain atau asal kerja
    – tu AC yg kena tipu abang itu sbnrnya rusak di mananya ya?

    Reply
    • Web_Admin

      Wahhhh nice inpoh gannn hehehhee…

      Terima kasih sudah curhat kesini hehehehe…

      Untuk jawaban pertanyaannya

      Ukuran pipa 1PK dan 1.5PK beda.

      Tapi KHUSUS Daikin Inverter ukuran 1.5PK pipanya ukuran 1PK. Jadi aman2 aja. Tapi kalo freonnya beda, mesti di bersihin dulu pipa lamanya pake Nitrogen dan Freon yang baru biar ga ada sisa2 kotoran freon yang lama.

      Kalo dipaksa AC 1.5PK dengan ukuran besar ke pipa 1PK bisa aja… nyala ACnya… Tapi dinginnya ga akan bisa maksimal karena volume freon yang lewat jadi mengecil kan? Jadi dinginnya AC 1.5PK-nya akan ga beda terlalu jauh sama yang 1PK… Gitu aja sih.

      Untuk AC yang lama, itu udah berapa tahun umurnya? Kemudian ukuran berapa PK dipake di ruangan ukuran berapa? Kalo memang dari awal salah PK ya repot AC akan kerja lebih keras dan akan lebih cepet rusak dibanding dipakai di ruangan yang PK nya cukup.

      Kebocoran bisa aja di kapiler, dll… Nah tapi kalo umur ACnya udah lama tentu Btu yang dikeluarin juga berkurang udah ga sama kayak pas beli baru. Jadi bisa aja emang uda aus komponennya jadi ga sedingin dulu…

      Oke semoga sudah jelas ya

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Aviesta

    Saya mau tanya.
    Ac saya merk panasonic. Baru beli 4 bulan yg lalu dan baru dibersihkan 1 kali.
    Nah waktu selesai bersihkan ac saya. Si mas servis nya bilang kalau freon saya tinggal setengah.
    Saya masih orang awam. Masih belum paham tentang ac. Terus saya tanya “kalau ganti freon gitu brp mas?”.
    Nah mas nya jawab katanya “waktu nyuci kedua aja bu, isi freonnya. Sementara dipakai dulu aja gpp”.
    Nah sedangkan saya baru baca ini tadi. Di webnya national elektrik kalau ac dibawah setahun belum saatnya isi freon apalagi merk panasonic.
    Nah terus ini masa saya dibohongi sama mas servisnya?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Kalo baru 4 bulan udah berkurang setengah sih ada kebocoran berarti.

      Freon tidak boleh berkurang sama sekali harusnya minimal 3 sampe 5 tahun pertama lah.

      Kalo memang bener tinggal setengah harusnya dicari dimana kebocoran nya. Apakah di sambungan naple pipa (90% gara2 ini), atau di tempat lain seperti di kompressor, evaporator, kondensor atau tempat lainnya.

      Kalau memang di naple sambungan pipa, ya mesti dilepas dan di sambung ulang sampe ga bocor.

      Kalo di tempat lain ya minta ganti panasonic karena garansi spare part nya 1 tahun.

      Makanya lebih baik untuk selanjutnya kalau mau service AC biar lebih yakin langsung telepon panasonic call center aja di 0804 1 111 111. Mungkin lebih mahal tapi akan lebih yakin ga bakal ditipu atau di aneh2in ACnya sama tukang AC. (Saya tidak menuduh anda dibohongin sama mas servicenya) tapi yah kalo memang freon berkurang separo berarti ada kebocoran, TIDAK BOLEH dibiarkan, nanti abis semua freonnya.

      Yang tepat adalah, ukur tekanan freon harus disesuaikan sama Ampere ACnya. Kalo amperenya ketinggian dikurangi freonnya, kalo kerendahan amperenya ditambah freonnya, sampe arus kerja AC sesuai dengan tulisan yang tertempel di body Outdoor ACnya.

      TIDAK BOLEH dibiarkan AC bekerja dengan jumlah freon yang cuman tinggal separo. Nanti kompressornya umurnya jadi pendek.

      Oke semoga lebih jelas ya….

      terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Trii

    Maaf mas mau tanya kalo kita minta bersihin ac sm pegawai nya national electronik boleh gak ?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      mohon maaf untuk sementara waktu kami tidak membuka jasa service AC karena sedang full.

      Silakan langsung hubungi call center merk AC anda ya untuk minta cuci ACnya

      Terima kasih.

      Reply
  • Julianto Tjandra

    Saya membeli AC Daikin Inverter dari National Elektronik +/- setahun lalu dan tentunya dipasangkan oleh teknisi National Elektronik juga. Tapi saat ini sudah tidak dingin, padalah sudah dibersihkan dengan rutin.

    Apakah bisa dibantu untuk diperiksa? Dan kalau bisa kira-kira kapan bisa dilakukan

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Silakan hubungi toko kami pak di 021 737 5155 sampe 57, atau 021 7369 0753 untuk mengatur jadwal kedatangan teknisi.

      Terima kasih

      Reply
  • Prasetyo

    Selamat sore,

    Saya Prasetyo, mohon petunjuk untuk memilih AC. Sekarang AC kamar orang tua saya merk Panasonic, jenis R32, 3/4PK. Setelah hampir satu tahun lebih pemakaian, cukup banyak masalah yang timbul. Pertama, AC kurang dingin. Ternyata setelah diselidiki, AC ini dipasang dengan pipa biasa, bukan pipa 0.6mm dan tanpa divakum seperti penjelasan di web ini. Yang kedua, AC ini sangat sensitif. Rumah saya listriknya 2200. Kalau ada dua AC (masing-masing R22, 1/2PK) dan kulkas sedang nyala freezer, rumah mati lampu, alias listrik tidak kuat. Kata orang Panasonic, ini karena AC R32 masih baru, jadi sensitif, dan semua customernya juga mengalami masalah yang sama. Sebelumnya pakai AC R22 1/2PK dan nggak ada masalah, cuma sekarang kan R22 sudah tidak ada yang baru.

    Sekarang saya sedang cari AC baru untuk mengganti AC Panasonic yang bermasalah ini. Saya cari AC 1/2PK, dan berminat untuk membeli merk Daikin. Kalau beli R32, saya takutnya masih tidak cocok dengan listrik rumah yang ngepas (walaupun tadi sempat dibilang teknisi, R32 awal dan yang sekarang beda. Apakah benar?). Beli R410, kok di atas tertulis freonnya mahal banget, dan kata salah satu penjual di sini, R32 dan R410 nggak ada beda (walaupun dia jual R410 lebih mahal 200rb, sama-sama Daikin ya). Apakah ada saran untuk memilih?

    Terima kasih. 🙂

    Reply
    • Web_Admin

      Busettt… ngaco banget tu orang Panasonic berani ngomong R32 masi baru jadi sensitif.

      Dari dulu mah AC R32 tidak pernah berubah Pak. Mungkin cara pasangnya aja yang ga bener makanya jadi begitu ACnya.

      Kalau sekarang mau diganti pake R32 ga ada masalah kok Pak.

      Selama AC 1/2PK nya dipasang di ruangan maksimal 9m2. Kalo diatas itu udah harus pake 3/4PK. yang 3/4PK maksimal dipasang di ruangan 13m2.

      Reply
  • Ariep

    Selamat sore
    Mau tanya kmr saya ukuran 2,5×2,5 pk ac panasonic 1/2 pk, klo malam jam 8-9 d nyalain dinginnya sekitar subuh jam 2-3,kira2 knp ya umur ac 2 thn kurang, d cuci baru sekali

    Reply
    • Web_Admin

      Ya ampunnnn… umur AC 2 tahun dicuci baru 1x?

      Cuci AC harusnya MAKSIMAL 3 bulan sekali…

      Itu mah kotornya udah kayak apa tuh ACnya? Dicuci aja ya… Harusnya ga ada kerusakan lain selain kotor buanget…

      Reply
  • Suco

    Selamat malam,

    Saya mau tanya jika kondisi kompresor ac ampere nya tinggi, tapi kondisi tekanan freonnya rendah. Itu kenapa ya?

    Terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Wah kalo ampere tinggi tekanan freon rendah sih biasanya gara2 umur kompressor.

      AC-nya sudah berapa tahun umurnya? kalau sudah diatas 5 tahun memang ini adalah salah satu penyakitnya.

      Jadi udah ga bisa diapa-apain. Paling mesti ganti kompressor atau beli unit baru sekalian.

      Teirma kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • Aku baru pasang ac inverter sharp 1/2 pk. Kata tukang ac nya harus nambah freon lagi krn pasang baru, katanya kalau pasang baru itu pasti freonnya kurang, jadi musti nambah biarpun dikit, krn kalo tdk bisa2 motornya hang. Apalagi acnya inverter dan jenis 410, agak mahal. Apa emang gitu?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Omongan tukang AC anda kurang tepat. Kecuali memang jarak pipa antara Indoor dan Outdoor AC 1/2PK Inverter anda diatas 8m.

      Kalau dibawah itu harusnya tidak perlu tambah freon, karena dari pabrik Freon malah selalu DILEBIHKAN bukan DIKURANGI.

      Kalau setelah dipasang Freon kurang malah kemungkinan bocor kompressornya.

      Kecuali memang jarak Indoor dan Outdoor AC jauh ya diluar spesifikasi pabrikan.

      Oke terima kasih atas pertanyaan anda

      Reply
  • Rere

    Mau nanya kmrn sy service ac krn flering yg rusak makanya freon bocor,tp kenanya bs mahal bgt ya isi freon 70rb/psi krn diisi penuh smpe dg 80psi jd kena 560rb untk freonnya aja,blm vakum kena 120rb,ganti flering 80rb,jd ttal sy habis hmpir sejuta,krn awam br prtma ini brmsalh jd sy iyakan saja,apa mmng sgitu ya pasaran biayanya?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      AC-nya menggunakan Freon apa ya? R22, R410A atau R32?

      Tapi kalau menilik isi feron sampai 80psi sih sepertinya AC anda menggunakan Freon R22.

      Memang isi Freon R22 sekarang jadi lebih mahal karena sempat kosong stoknya.

      Tapi kalau harga 70rb per psi sepertinya salah deh mungkin 70rb per 10psi jadi kalau 80 psi jadi 560rb.

      Terus terang hanya sebagai perbandingan kalau di toko kami benerin flaring dengan kondisi freon kosong sih rinciannya seperti ini:

      Benerin flaring – 100rb
      isi ulang freon R22 sampai full – 400rb
      Proses Vacuum – free

      Tapi ya beda toko beda harga Pak.

      Oke terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • dvie

    Met siang,
    Ada yang ingin saya tanyakan, beberapa minggu yang lalu saya beli ac daikin malaysia typenya RV25AXV14 1PK , knp outdoornya sangat berisik yaa..
    Apakah Merk daikin buatan malaysia (outdoornya) bunyinya berisik, karna sebelumnya saya pakai ac sharp sangat tenang n tidak berisik.
    Tolong infonya n Terimakasih.

    Reply
    • Web_Admin

      Selmaat siang,

      Untuk berisiknya seperti apa ya bunyinya? Dulu AC-nya beli sama kami bukan ya?

      Apakah sudah dilaporkan ke Daikin contact center? 0800 1 081 081 supaya bisa di cek langsung oleh teknisi dari Daikin.

      harusnya sih kalaupun lebih berisik dari Inverter tapi harusnya tidak boleh sampai menggangu.

      Oke semoga sudah jelas ya.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda

      Reply
  • R22

    Selamat sore pak,

    Terimakasih banyak utk keterangannya yang sangat informatif. Maaf sebelumnya kalau pertanyaan saya panjang.

    AC di tempat kami Mitsubishi Mr. Slim jenis 1.5pk. Sudah seminggu ini ada percikan air ke dalam kamar (dari indoor unit nya), terkadang kalau dari posisi mati dinyalakan ada tetesan air yang lebih banyak keluar. Kadang AC jadi tidak dingin, terutama waktu malam. Tapi nanti kalau dinyalakan lagi bisa dingin lagi.

    Tadi akhirnya ada teknisi AC yg datang. Menurut beliau (disclaimer ini sepengertian saya yg awam jadi nangkep mungkin setengah2:p), pipa freon di outdoor unit kendor. Jadi beliau seretin dengan kunci (inggris?). Karena kendor, cairan freon habis. Dia menggunakan semacam meteran dan menunjukkan tekanan habis (kalau ga salah 0 atau 1 psi).

    Lalu dia membersihkan aircon indoor unit, sekaligus bersihkan lendir (yang katanya penyebab buntu/keluar air?). Dia mencuci lendirnya dengan molto (katanya untuk menghindari pembentukan lendir ke depannya).

    Lalu untuk freon pengisian dengan R22 adalah 35ribu per 10psi. Katanya AC ini 160psi. Jadi biaya isi adalah 560ribu. Menurutnya harga jadi mahal karena harga per tabung naik dari 800ribu menjadi 1.7juta.

    Kami di Surabaya blm menemukan teknisi yg kami sepenuhnya percaya. Apakah advice dan pendapat bapak? Dan apakah harganya memang wajar? By the way kami memutuskan mau pikir2 dulu sebelum setuju untuk isi freon.

    Terimakasih banyak pak utk waktu dan balasannya, much appreciated:)

    -awam yg ingin belajar & tdk ditipu

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Mohon maaf atas keterlambatan pembalasan komen karena ada gangguan pada sistem kami.

      Untuk kasus anda,

      Memang bisa saja sambungan pipa-nya kendor, namanya nepel. Kalau bocor sih ciri2nya ga kayak AC Bapak. Kalau freon sampai habis, pipa freonnya membeku, trus AC mati sendiri, dengan lampu power atau lampu timer berkedip2.

      Kalau cuman keluar air sih biasanya cuman kotor aja, dicuci beres.

      Terus kalau pake molto ya itu masing2 lah Pak, kalau menurut kami sih ga epek mau dicuci pake molto, yang penting AC di service/cuci minimal 2 – 3 bulan sekali. Niscaya ga sampe timbul lendir2 gitu.

      Untuk isi freon sih mungkin di Surabaya memang lebih mahal. Kalau di Jakarta khususnya toko kami isi freon R22 masih sekitar 300 – 400 ribu tergantung seberapa banyak.

      Lagian isi freon R22 maksimal 80psi Pak. Kalau sampe 160psi sih sudah pakai R32 itu. Kalau R22 sampe 160 psi mah bisa meledak kompressornya hehehehe…

      Kalau harga tabung di Jakarta dulu memang sempet naik ke 1.2 – 1.4 juta, tapi sekarang sudah stabil lagi di sekitaran 800 – 900 ribu per kaleng.

      Untuk Surabaya mohon maaf kami tidak bisa bantu pilihkan teknisi yang bener2 bisa dipercaya. Apa ga coba langsung telepon aja ke Mitsubishinya? Supaya teknisi resmi yang dateng cek. Harusnya kan mereka ga nipu lah ya… Harusnyaa…

      Oke terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

      Reply
  • Ayah Oman

    Mohon Infonya Admin…Untuk 2 kamar ukuran 3 x 3 dan tinggi 3.5 dan double dengan ukurang yang sama…apakah cukup dengan menggunakan AC yang 3/4PK…atau AC dengan spec. seperti apa yang di butuhkan untuk kamar yang seperti saya sebutkan di atas tadi.
    Terima Kasih atas penjelasan Admin…

    Reply
    • Web_Admin

      Ini maksudnya mau pakai 1 AC ditaro ditengah2 atau masing2 AC pake 3/4PK ya?

      Kalo masing2 kamar pakai 3/4PK sudah cukup dan bagus.

      Tapi kalo cuman mau 1 ditaro di tengah walaupun sangat tidak disarankan oleh pabrikan maupun kami, tapi kalo toh tetep mau dilakukan harus pake AC yang 1PK.

      Terima kasih

      Reply
  • Johan.

    Selamat siang
    Mau tanya.sya baru beli ac panasonik r32 1/2 pk..bagian out dor nya berisik..itu knp ya,memang saat pemasangan teknisi nya kurang bagus..saya liat pemasangan braket outdoor nya agak miring,apa ada efek nanti nya??

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk AC Panasonic yang anda pakai tipe apa ya? Kalau tipe Low Watt atau tipe Basic memang agak berisik Outdoornya.

      Dan kalau bracket miring itu SANGAT BURUK efeknya. Lebih baik segera dibenerin Pak, karena itu juga bisa jadi membantu membuat suara tambah berisik.

      Terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

      Reply
  • Nurul

    halo admin,

    tulisannya informatif sekali. saya mau tanya, AC kantor saya baru dicuci, trus beberapa minggu kemudian terjadi rembesan di wallpaper dinding. setelah dicek kembali oleh orang yg nyuci ac kemarin katanya harus isi ulang freon.
    saya tanya apa kemungkina bukan selangnya yang tersumbat atau pemasangan ac kembali setelah dicuci kurang benar. tapi kata mereka tidak karena udah dicoba dimasukkin air apanya gitu saya lupa tapi masih lancar.
    saya ga ngerti sama sekali masalah ac jadi saya iya-iya aja. tapi masih penasaran, benar ga sih kira-kira kayak gitu? atau ini termasuk trik2 si tukang ac juga?
    terima kasih, ditunggu balasannya ya.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Kalau terjadi rembesan TURUN di wallpaper dinding sih 99% kemungkinan karena pembuangan airnya mampet jadi bocor.

      Mungkin tukangnya pasang pembuangan airnya kurang bener setelah cuci ac-nya, atau ACnya jadi agak miring setelah di service jadi airnya kurang lancar.

      TAPI

      kalau rembesannya naik di sepanjang pipa Freon memang bisa saja Freon-nya kurang jadi pipa FREON-nya kondensasi dan berembun dan sampai keluar tembok embun basahnya.

      Jadi dipastikan dulu kalau rembesan ke arah bawah berarti AIR dan TIDAK ADA HUBUNGAN sama Freon.

      Tapi kalo rembesan keatas sudah pasti gara gara FREON kurang, atau AC kotor banget jadi gas freon balik lagi ke pipa yang akhirnya membuat pipa kondensasi dan berembun.

      Oke semoga sudah cukup jelas ya

      Terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

      Reply
  • Q

    Artikel yang sangat informatif dan berguna. Saya pikir tadinya freon tetap kudu diisi setelah jangka waktu tertentu.

    Terima kasih banyak om …

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Terima kasih juga atas pujiannya yah

      Jangan lupa ceritakan mengenai website kami ke semua teman, saudara, dan rekan sekerja anda juga yah

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • hendra

    Mau tanya knapa AC Panasonic R32 baru tidak dingin setelah dipasang, apakah kurang freonnya..?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Jawaban pertanyaan anda jauhhhhhh lebih kompleks dari pertanyaannya.

      1. AC-nya berapa PK? dipakai di ruangan berapa x berapa? Trus dipasang pakai pipa merk apa? Tebal pipanya berapa? Trus di vacuum ga sebelum AC dinyalain pertama kali?

      2. Kamarnya ada di lantai 2? Ditinggal lebih dari 2 orang? Ada jendela besar? apa jendelanya hadap barat? tembok kamar kena matahari?

      3. Tekanan freonnya sesuai atau tidak?

      4. Arus kerja AC-nya apakah juga sesuai?

      5. Berapa suhu evaporator indoor?

      6. Berapa suhu hembusan angin yang keluar dari kisi-kisi Indoor?

      7. Apakah ada kebocoran?

      Dll, Dst, Dsb….

      Banyak banget faktornya Pak.

      Harus dicek langsung penyebabnya apa.

      Silakan hubungi call center Panasonic di 0804 1 111 111 dan minta teknisi resmi Panasonic untuk cek AC anda ya.

      terima kasih

      Reply
  • Jual Rumah Pontianak

    Sepertinya saya alami kejadian instalasi awal ac yg pipanya tak bagus, trus diganti sama tukang ac, persis hari ini udah di isi ulang full freon dan selang….tapi sayangnya nggak dingin

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Mohon maaf kalau di Pontianak sih setahu kami tidak ada yang menjual pipa dengan ketebalan 0.6mm adanya paling mentok merk Artic yang ketebalan pipanya hanya 0.5mm yang notabene tidak boleh dipakai untuk memasang AC yang menggunakan Freon R32.

      Kalau dingin atau tidak sih banyak faktor selain pipa dan freon. Seperti apakah PK AC-nya cukup untuk mendinginkan ruangan? apakah ada jendela menghadap barat? apakah letak kamar di lantai 2? dll, dsb…

      terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Hanny

    mau tanya bpk. kl kompresor rusak diganti yg baru …apakah mesti sama dgn yg lama merk dan wattnya ? atau amper nya 4 bisa diganti dgn ampernya 3 …mohon penjelasannya terima kasih !
    Ac.saya merk LG…

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalau kompressor rusak diganti baru sih bisa saja diganti dengan merk lain asal arus kerjanya sama.

      Kalau tidak sama biasanya akan timbul masalah lain dalam waktu dekat.

      Untuk harga mohon maaf kami tidak menjual kompressor saja. Hanya menjual unit utuh.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • basok

    mohon info nya admin apa ada tempat isi ulang freon 134a untuk pendingin mesin. untuk daerah pekanbaru – Riau.

    terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Mohon maaf kami tidak tahu tempat mengisi ulang freon 134a di Pekanbaru.

      Terima kasih.

      Reply
  • iwan

    Selamat pagi
    Mau tanya, Ac saya ( SHARP plasmaclateur 3/4 pk ) evaperator indoor dingin hanya sebagian, dari tengah ke bawah saja sedangkan dari tengah ke atas tidak (kering) sehingga dingin kurang maksimal,penyebabnya karena apa? Terima kSih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Hmmm… Untuk kondisi anda mungkin U-Bent Evaporator AC anda yang bagian atas ada kebocoran, atau mungkin juga Evaporator bagian atasnya bocor jadi Freon ga bisa melewati situ.

      Harus dicek oleh teknisi Sharp resmi ya lebih baik. Jadi sekarang mendingan telepon Service Center Sharp ya untuk minta supaya dicek langsung kondisi Evaporatornya.

      Oke terima kasih ya sudah berkunjung ke website kami.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *