POSTED BY Web_Admin | Aug, 20, 2019 |

Halo, kembali lagi dengan National Elektronik yang akan membahas tuntas mengapa setelah pindah AC atau geser AC trus ACnya jadi ga dingin. Udah kelamaan nih ga tulis artikel di website ini. Akhirnya dalam 1 – 2 bulan ini akan ada 3 artikel baru ya… Pertama soal pindah AC atau geser AC, kedua soal teknologi Nanoe Panasonic dan terakhir soal Gree Combo S. Ditunggu yaaa…

Oke sekarang kita mulai pembahasan soal pindah AC atau geser AC.

2 pertanyaan ini sering banget kami jumpai:

1. Dulu AC-nya sebelum dipindah fine fine aja alias dingin dan kerja normal kenapa sekarang setelah dipindah jadi ga dingin?

2. Kenapa setelah dipindah atau digeser ACnya jadi pendek umurnya?

Oke akan kita coba jawab satu persatu ya… Dan di akhir artikel akan kami tuliskan juga step-step yang benar dalam memindahkan atau menggeser AC.

1. Dulu sebelum dipindah AC normal, setelah dipindah jadi ga dingin… Kenapa ya?

Well untuk menjawab pertanyaan ini sebenernya susah susah gampang. Karena ada banyak faktor yang mempengaruhi.

  • Sudah berapa tahun umur ACnya
  • Apakah PK AC mencukupi di tempat yang baru?
  • Apakah sebelum dipindah AC sudah di service atau dicuci menyeluruh?
  • Kalau memang kondisi AC sangat kotor apakah sudah dilakukan service besar? dengan cara mem-pereteli komponen AC termasuk evaporator dan dibersihkan menggunakan cairan khusus
  • Apakah di tempat baru menggunakan pipa yang sesuai standard (ketebalan minimal 0.6mm) dan dilakukan Vacuum ulang?
  • Apakah tekanan freon AC sudah di cek setelah dipindah? Dan apakah arus kerja AC yang normal dapat tercapai?
  • Apakah ada kebocoran di sambungan nepel pipa setelah dilakukan proses flaring di tempat yang baru?
  • Apakah dalam proses transport AC dari tempat lama ke tempat baru posisi Outdoor AC miring di satu sisi? Atau kena guncangan hebat?

Nah pertanyaan kami diatas itu harus dijawab semuanya sebenernya… Dan semuanya mesti positif jawabannya. Kalo negatif itu sudah sebuah tanda ga bakal lama umur ACnya nanti di tempat baru.

  • Masalah umur… Kalau AC memang sudah berumur diatas 3 tahun apalagi 5 tahun toh kemampuan ACnya sudah berkurang jauh dari awal beli… Jadi kalo dipindah ya memang jangan kira bakal sedingin kalo beli AC baru.
  • Masalah PK… Kalau misal tempat lama ukuran 3×3 pake nya 1PK misalnya trus kamar baru ukurannya 4×4 ya terang aja ga bakal sedingin dipake di kamar 3×3 gitchu lohhh…
  • Nah AC kalau mau dipindah memang wajib di cuci dulu secara menyeluruh. Ini termasuk melihat kondisi evaporator indoor, kalau sudah banyak lendir dll lebih baik di service besar dulu sekalian baru dipindah..
  • Trus pipa freon di tempat baru juga harus memiliki ketebalan yang sesuai loh ya. Inget duit ga pernah boong. Kalo pake pipa freon murah-murah biasanya kualitasnya jelek. Ingat selalu pakai pipa freon dengan ketebalan minimal 0.6mm Untuk merk pipa yang kami rekomendasikan silakan buka artikel kami yang ini Pipa yang cocok digunakan untuk pasang AC dengan Freon R32
  • Setelah dipindah tekanan freon harus di cek di tempat baru. Nanti lebih jelasnya ada di akhir artikel ya.

2. Nah untuk geser AC agak beda, entah ini teori dari mana, karena memang tidak ada pertaturan tertulisnya di manapun, tapi kalau AC sudah digeser mau cuman 20cm juga umurnya jadi berkurang. Ga tau kenapa, padahal caranya udah bener semua, tapi selalu deh, umur AC jadi berkurang kalo sudah digeser-geser. Ini kami menjawab hanya berdasarkan pengalaman kami ya. Tidak ada teorinya… Jadi memang sebisa mungkin AC kalau sudah dari awal dipasang itu jangan digeser-geser deh… Terutama kalo sudah pernah dinyalakan.

Kalau belum pernah dinyalakan atau dibuka valve freon-nya kemungkinan untuk berkurang umur pakainya juga jadi kecil. Tapi kalo sudah pernah dinyalakan walau cuman 1x selama ini berdasarkan pengalaman umur pakai ACnya jadi berkurang. Entah mengapa… Jujur ane juga ga bisa jawab hahahahha…

 

Oke sekarang kita akan bahas sebenernya gimana sih prosedur yang bener buat mindahin AC kesayangan kita yang udah kita beli mahal-mahal… uhuyyy… kita mulai ya.

1. Sebenernya sebelum mau pindahin yang paling penting mesti tau dulu AC yang lama itu sudah berapa tahun umurnya… Kalo masih dibawah 3 tahun masih oke untuk dipindah, tapi kalau sudah diatas 3 tahun apalagi sudah 5 tahun, saran kami sih lebih baik beli AC baru, daripada dipindah ntar umurnya cuman 6 bulan misalnya… Lebih sakit kepala loh. Tempat udah rapi semua jadi musti di bobok lagi sana sini kotor lagi buat pasang AC baru lagi…

2. Pastikan kondisi AC lama juga masih bekerja normal ya, tidak ada kebocoran lah minimal, dan arus kerja AC juga masih normal.

3. Nah kalau kondisi sudah ideal untuk pindahin AC, langkah awal adalah menutup katup atau valve freon AC lama.

4. Lalu di service dulu ACnya, dicuci atau kalau memungkinkan dilakukan service besar, jadi evaporator Indoor unit benar-benar bersih seperti baru.

5. Ingat pada saat transport jangan sampai Outdoor unit terguncang hebat atau ditaro miring apalagi terbalik karena oli kompressor bisa keluar atau bisa masuk ke tempat-tempat yang tidak seharusnya. Itulah kenapa di dus AC baru bagian outdoor unit di pasangi steroform supaya mesin tidak sampai terguncang hebat.

6. Pastikan sebelum install di tempat baru pipa freon yang digunakan memiliki ketebalan minimal 0.6mm, dan juga untuk pipa paralon (jika menggunakan paralon) kalau bisa gunakan ukuran minimal 3/4 inci atau 1 inci. Karena kalau pakai ukuran 1/2 inci akan jauh lebih rentan mampet sebelum waktunya cuci AC.

7. Setelah selesai install ACnya, dengan memastikan flaring di naple pipa dengan benar, tidak terlalu kencang dan tidak terlalu kendor, SEBELUM katup freon dibuka lagi, pastikan di Vacuum dulu loh menggunakan alat Vacuum sesuai rekomendasi semua pabrikan AC.

8. Setelah selesai Vacuum, AC dinyalakan, di tes tekanan freon nya ya, apakah cukup freonnya, kalo kurang ya ditambah karena kemungkinan ada yang terbuang waktu AC dicopot dulu. Disesuaikan tekanan freon sampai arus kerja (Ampere) AC tercapai sesuai dengan yang tertulis di body outdoor unit.

SELESAI…

Bener kan lebih ribet proses mindahin AC dibanding pasang baru. Kalo pasang baru dengan panjang pipa freon standard sih ga usah pusing dengan tekanan freon. Pasti sudah cukup karena sudah diisi dari pabrik.

Oke jadi kalo ada dari 8 langkah tersebut diatas yang tidak dilakukan ya jangan heran kalau nanti setelah dipindah AC nya jadi kurang dingin atau ga dingin sama sekali.

Kemungkinan sih banyak bisa bocor freon halus, trus lama-lama jadi abis, bisa emang kompressor yang udah lemah atau Ampere udah tinggi, dll, dsb…

Jadi pastikan semua langkah pindah AC sudah dilakukan dengan benar. Itupun kadang masih bisa mengurangi umur pakai AC. Jadi yah apalagi kalo ga diikutin dengan benar hehehehe..

Nah semoga artikel ini bisa membantu menjawab pertanyaan anda ya kenapa setelah pindah AC malah jadi ga dingin sekarang. Mending kalo pas pasang langsung ga dingin. Ini sering udah sebulan atau lebih baru jadi ga dingin. Padahal tadinya ga pernah ada masalah bertahun-tahun.

Oke kami juga memiliki banyak artikel lain loh yang pasti seru untuk dibaca dan baik untuk anda (apaan coba…)

1. Apakah perlu isi ulang Freon AC?

2. Apakah AC Inverter benar – benar bagus dan hemat listrik?

3. Cara menggunakan AC agar awet dan hemat listrik

4. Cara menghitung kebutuhan PK AC sesuai ruangan

5. Semua yang harus anda tahu tentang AC Low Watt dan AC Inverter

6. Mengapa Ongkos pasang AC Freon R32 lebih mahal?

7. Perbedaan Freon R22, R32 dan R410A

8. Penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin

9. Perbedaan Tipe AC Daikin

10. Harga AC Daikin 2019

11. Perbedaan tipe AC Panasonic

12. Harga AC Panasonic 2019

13. Brosur AC Daikin

14. Pengangkatan National Elektronik sebagai Daikin AC Shop

15. Tips dan trik menggunakan AC Inverter

16. AC Daikin Multi S

17. Testimoni AC Daikin di Kaskus

18. Emang AC Gree bagus? Kan buatan China

19. Harga AC Gree 2019

20. Tipe AC Gree apa saja dan perbedaannya

21. Bocoran AC Gree 2019

22. Launching AC Daikin Line Up 2018

23. Review Daikin Inverter Flash 1PK FTKQ25SVM4

24. Apaan sih COP dan EER itu?

25. AC Panasonic si Biru CS-LN Series

26. Pindah AC jadi ga dingin?

 

Kami persilahkan anda membacanya juga yah… Langsung di klik aja dan akan terbuka di jendela baru…

Oke silahkan tunggu artikel kami berikutnya yah… akan ada 2 artikel lagi setelah ini… Yang pasti seruuuu…

Apabila anda tertarik untuk membeli AC Daikin, AC Panasonic atau AC Gree silahkan hubungi kami melalui halaman contact us, telepon hotline kami di (021) 737 5155 , 737 5156 , 7369 0753 Atau boleh juga menggunakan WA atau email langsung ke info@nationalelektronik.com

Sampai jumpa.

Artikel dibuat oleh:

Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
Follow me on Instagram and Twitter @samuellumentut
National Elektronik

Artikel diperbarui terakhir pada tanggal: 20 Agustus 2019

TAGS :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *