POSTED BY Web_Admin | Mar, 01, 2020 |

UPDATE 1: Kalau mau respon cepat, selain menghubungi nomer telepon toko di (021) 737 5155 / 737 5156 / 737 5157 / 7369 0753 anda dapat menghubungi nomor WA team sales kami ya di

Ibu Ririn – 0838 6651 7360

Ibu Nana – 0877 7726 7203

Ibu Mega – 0878 8787 7212

Ibu Esty – 0856 9222 0976

Ibu Tri – 0857 1836 6114

 

 

Oke, kali ini National Elektronik kembali dengan perbedaan tipe AC Daikin. Memang AC Split Daikin memiliki 7 tipe, namun tidak seperti AC Panasonic yang sangat jelas membedakan fitur antara satu tipe dan tipe lainnya, AC Daikin lebih sulit membedakannya, terutama untuk tipe Standard Thailand (SMS) dan tipe Deluxe Thailand.

Namun disini kami akan berusaha menjabarkannya supaya lebih dimengerti.

Baik kita mulai dari tipe AC Daikin yang Split yah…

tipe ac daikin

UPDATE 2020 – Daikin akan mengeluarkan tipe baru tidak lama lagi, ditunggu kabar selanjutnya yaaaaa…

Mulai tahun 2020 akan ada 5 tipe Inverter Daikin yang semuanya menggunakan Freon R32. 1 tipe Standard Thailand dan 1 tipe Standard Malaysia semua dengan Freon R32 Mari kita lihat model dan keunggulannya.

1. AC Daikin Urusara 7 Freon R32 (FTXZ-NVM4 Series) Made in JAPAN

AC Daikin Urusara 7

AC Daikin R32 Urusara 7 adalah AC PALING CANGGIH DAN HEMAT LISTRIK DI INDONESIA! selain masih asli Made in Japan, AC ini memiliki keunggulan selain tentunya teknologi Inverter sendiri seperti dibawah ini:

* Tipe AC Daikin Urusara 7 tersedia mulai dari 1PK sampai 2PK
* AC Daikin Urusara 7 adalah AC PALING HEMAT LISTRIK di dunia. 1PK hanya butuh daya 110 – 880 Watt, 1.5PK hanya butuh daya 110 – 1.330 Watt dan 2PK hanya butuh daya 110 – 1.600 Watt. Bisa bayangkan AC 1 PK sampai 2 PK hanya pake daya 110Watt kalau suhu ruangan sudah tercapai!!!!! Sudah kami buktikan sendiri pas di cek Ampere AC Urusara 7 1PK dipasang di ruangan 4x4m pas baru menyala 3.7A sekitar 814 Watt, kemudian 30 menit kemudian dengan setting suhu 24 di remote, Ampere tinggal 0.5A!!!!!!!!!!
* Masih made in Japan jadi kualitasnya tidak perlu ditanyakan lagi
* Bisa membersihkan filter AC sendiri
* Aliran udara yang bisa berputar mengelilingi ruangan dengan 2 air intake bisa sedot udara dari bagian atas dan bawah AC, dan arah semburan angin yang tidak mengenai tubuh karena sirip kedua AC Urusara 7 membuat hembusan angin langsung keatas. Plus semburan angin AC bisa mencapai 12 meter ke depan. AC Daikin tipe lain paling hanya bisa maksimal 7m.
* Tipe AC Daikin Urusara 7 ini memiliki plasma electric discharge di Titanium Apatite Photocatalytic Filter-nya sehingga kemampuan membunuh bakterinya jauh lebih kuat dan efektif.
* Terakhir, AC Daikin Urusara 7 bisa mengatur kelembaban dalam ruangan anda.

Bagaimana? luar biasa bukan AC Daikin Urusara 7? Untuk membelinya boleh langsung hubungi kami.

 

2. AC Daikin European Design Freon R32 (FTKJ-GVM4 Series) Indoor Made in Czech Republic (Republik Ceko), Outdoor Made in Thailand

AC Daikin Inverter R32 European Design

AC Daikin Inverter European Design ini memiliki keunggulan penggunaan Watt yang lebih kecil dibanding tipe Inverter Smile dan Premium Inverter sekalipun. AC tipe ini di design di Eropa dan dibuat di Ceko lalu sudah memenangi award Red Dot Design Award 2013 berbarengan dengan AC Daikin Urusara 7.

AC Daikin Inverter European Design ini tersedia dari kapasitas 1 sampai 2 PK dan memiliki design yang elegan, menarik, pas AC menyala body depan AC terbuka keatas menunjukkan sirip udaranya. pokoke kerennnn… hehehehe… lalu juga konsumsi listriknya cukup rendah… tipe 1 PK hanya 250 – 710 Watt, 1.5PK hanya 325 – 1.000 Watt dan tipe 2PK hanya 475 – 1.530 Watt… dahsyattt… Untuk Indoor unitnya tersedia dalam 2 warna pula putih dan silver

Kemudian AC Daikin European Design ini juga memiliki modul optional Wi-Fi tambahan yang bisa disembunyikan di dalam AC-nya jadi sama sekali tidak terlihat dari luar supaya user bisa mengatur AC seperti menyalakan dan mematikan AC, mengatur temperatur, dll. Dari HP Android atau iPhone anda (dengan menginstal program tambahan dari Google Play Store atau Apple Store) dimanapun anda berada selama AC di rumah anda terhubung dengan WiFi dan HP anda juga terkoneksi Internet. Canggih banget kan?! Harga modulnya adalah sekitar 1.7jt Rupiah termasuk pemasangan modul WiFi di AC anda dan melatih anda cara menggunakannya.

Toko kami sendiri sejak AC European Design ini keluar sudah menjual lebih dari 110 unit dan ada sekitar 10 persen yang diminta pasang modul WiFi. Jadi sekarang kalo misalnya abis pergi keluar tadinya kalau mau kamar sudah dingin kan mesti telepon pembantu di rumah “Mbak, tolong nyalain ACnya kamar saya ya!” Tidak perlu lagi deh… cukup jalanin app dari HP Android atau iPhone anda, nyala deh AC-nya. Lebih hemat pulsa telepon dan tentu saja lebih kerennnnn dan gayaaaaaa dari semua merk AC di Indonesia… Huehehhehehe…

 

3. AC Daikin Premium Inverter / Baby Urusara 7 Freon R32 (FTKM Series) Made In Thailand (Pengganti Seri High Inverter)

AC Daikin Premium Inverter 2018 FTKM Series

Tipe AC Daikin Premium Inverter ini adalah tipe pengganti AC Daikin High Inverter yang sudah kesohor dingin dan hemat listriknya di seantero dunia maya, termasuk review yang luar biasa di kaskus dan di tempat-tempat lainnya. Harganya memang lebih mahal dari seri High Inverter tapi memiliki beberapa fitur dan keunggulan yaitu:

  • Tersedia mulai 1PK sampai 3PK
  • Memiliki sensor mata keberadaan manusia, sama seperti di High Inverter dan Smile Inverter yang berguna untuk menjauhkan angin supaya tidak kena badan kita dan juga menaikan suhu remote secara otomatis sebanyak 2 derajat saat mendeteksi tidak ada manusia di dalam ruangan, dan mengembalikan ke suhu semula saat manusia di deteksi berada di dalam ruangan
  • Memiliki konsumsi listrik terbaik di rentang harga jualnya. Memiliki COP atau tingkat efisiensi penggunaan listrik setara dengan AC Daikin European Design dengan harga yang lebih murah. Hanya AC Daikin Urusara 7 dan AC Gree U-Crown yang bisa mengalahkan efisiensi listrik dari AC Daikin Premium Inverter, namun harga jualnya pun jauh lebih mahal daripada harga AC Daikin Premium Inverter
  • Memiliki bentuk body AC yang benar-benar baru, dan dilengkapi sirip Coanda sehingga bisa menghasilkan hembusan Coanda Cooling dimana angin menembak keatas dan nanti kesejukan akan turun dari langit-langit ruangan
  • Memiliki SUPER PCB PREMIUM yang dapat membuat AC bekerja normal di rentang voltase 130 Volt sampai 264 Volt, dan dijamin tidak rusak waktu terjadi lonjakan listrik sampai max 440 Volt. Apabila voltase listrik rumah lebih dari 264 volt atau dibawah 130 Volt, AC akan otomatis mati, dan akan menyala kembali saat tegangan listrik berada di 130 – 264 Volt.
  • Bisa menjaga kelembaban ruangan. Walau tidak secanggih caranya Urusara 7 namun ini adalah segelintir AC di Indonesia yang bisa menjaga kelembaban ruangan. Makanya AC ini mendapat julukan Baby Urusara 7
  • Dilengkapi Filter PM2.5. Nah ini dia yang di Urusara 7 aja TIDAK ADA. Jadi kalau beli AC ini dapat Filter PM2.5 GRATIS. Filternya tidak bisa dicuci, dan setelah masa pakai sekitar 6 sampai 12 bulan (tergantung tingkat kotor ruangan anda) filternya harus dibuang dan beli baru dengan harga sekitar 300ribu Rupiah. Fungsi filter tambahan ini adalah dapat menyaring debu, kotoran, partikel, debu, virus sampai ukuran 2.5 micron. Jadi lebih sehat deh udara yang ada di dalam ruangan. Kalau saran saya sih tiap 4x cuci AC diganti baru filternya biar tetep joss udara dalam ruangannya ya.

Walaupun memiliki harga yang cukup menguras dompet, namun dengan segala keunggulan yang dimiliki olehnya, dijamin ga bakal nyesel menggunakan AC ini. Ada testimoni konsumen kami di daerah Kelapa gading. Kamarnya ukuran 4.5 x 6 alias 27m2 tadinya menggunakan AC Inverter merk lain ukuran 1.5PK, setelah diganti menggunakan AC Daikin Premium Inverter 2PK ini…. INGET YA PK TAMBAH GEDE… tagihan listriknya turun 1 JUTA RUPIAH PER BULAN!!! Dahsyat gaaaaa??? Jadi ya you get what you paid for. Harga ACnya memang muahalll tapi hemat listriknya juga gilaaaa…

 

4. AC Daikin Inverter Star Freon R32 (FTKC-TVM4) Made in Thailand. Tipe ini adalah tipe terbaru ya. Dulu namanya adalah Inverter Smile. Gambar sudah di update dan menunjukkan model terbaru.

ac-daikin-ftkc-tvm-series

Tipe AC Daikin ini disebut juga tipe Inverter Star, dan dulunya dinamakan Inverter Smile karena memiliki garis kurva seperti orang tersenyum. Dan di generasi ke 4 ini garis kurva senyum nya sudah hilang dan diganti garis lurus. Namanya juga berubah jadi Inverter Star. Inverter Star juga memiliki keunggulan seperti:

* AC Daikin Inverter Star tersedia mulai 1/2 PK sampai 3 PK dan sudah menggunakan Freon R32 yang selain ramah lingkungan dan lebih dingin dari R22, Freon R32 juga memiliki angka potensi penyebab global warming yang jauh lebih rendah dibanding R22 dan R410A.
* AC Daikin Inverter Star terbaru ini sudah memiliki sensor mata seperti yang terdapat di tipe Premium Inverter FTKM-SVM4 Series. AC ini juga Memiliki filter anti bakteri yang bernama Titanium Apatite Photocatalytic Filter.
* AC Daikin Star Inverter terbaru ini sudah dilengkapi 1 bilah sirip untuk COANDA cooling dimana hembusan angin AC akan diarahkan ke atas ruangan, jadi ga langsung kena badan anginnya. Fitur ini juga terdapat di AC Daikin Premium Inverter yang memiliki harga jauh lebih mahal.
* AC Daikin Star Inverter memiliki mode LOW WATT, untuk model 1/2 PK sampai 1.5PK dimana apabila menggunakan AC 1.5PK tipe ini sekalipun, rumah dengan daya listrik 1300Watt dijamin tidak bakal jebret listriknya karena AC-nya bisa mengurangi konsumsi listrik sampai maksimal 200 Watt stabil (Mode Low Watt level 2 di AC 1/2PK-nya) APABILA ada perangkat rumah lain yang menyedot listrik. Kalau tidak ada perangkat listrik lain yang membutuhkan daya, AC tetap bekerja di Watt normalnya. Namun tentu saja pada mode ini, AC jadi lebih lama mencapai suhu remote tentunya.
* AC Daikin Inverter Star terbaru sudah memiliki operasi anti jamur alias MOLD operation dimana bila dinyalakan akan mengeringkan evaporator Indoor unit supaya jamur tidak atau susah berkembang.
* AC Daikin Inverter Star juga memiliki humidity sensor yang bisa menjaga kelembaban ruangan persis seperti tipe Premium Inverter. Tidak secanggih di tipe Urusara 7 tapi minimal secara teori kalau digunakan di ruangan yang ukurannya sesuai dengan PK-nya bisa menjaga kelembaban ruangan antara 45% sampai 60%
* AC Daikin Star Inverter juga memiliki remote dengan settingan suhu hingga 16 derajat (semua tipe lain hanya sampai 18 derajat) dan juga step perpindahan suhunya 0.5 derajat bukan 1 derajat seperti tipe lainnya.

AC Daikin Inverter Star sangat laku karena harganya lebih murah dari AC Premium Inverter Panasonic dengan konsumsi Watt yang kurang lebih sama dengan AC Premium Inverter Panasonic.

 

5. AC Daikin Inverter Flash Freon R32 (FTKQ-SVM Series) Made in Thailand (PENGGANTI TIPE DELUXE FTM-JV Series)

AC Daikin Inverter Flash FTKQ Series

Tipe AC Daikin Inverter Flash ini dikeluarkan Daikin untuk menggantikan Tipe Deluxe Thailand. Dimana sekaligus untuk membuka pasar Inverter lebih banyak lagi, mereka menyediakan Inverter murah, dengan kualitas tidak murahan PLUS tersedia dari kapasitas 1/2PK sampai 2.5PK

AC ini memiliki beberapa keunggulan:

  • Memiliki harga 20% lebih murah daripada Daikin Inverter Smile
  • Tersedia mulai kapasitas 1/2PK dengan efisiensi listrik nyaris setara Daikin Premium Inverter 1PK, sampai ukuran 2.5PK
  • Memiliki SUPER PCB dimana AC dapat bekerja normal di rentang voltase 150 Volt sampai 264 Volt, bahkan tahan beban kejut sampai 440 Volt. AC akan berhenti bekerja otomatis apabila voltase rumah turun di bawah 150 Volt atau naik lebih dari 264 Volt, dan akan menyala kembali saat tegangan listrik anda berada diantara 150 Volt sampai 264 Volt.
  • Memiliki bentuk yang manis seperti Indoor CTKM Multi NX-nya Daikin.

Jadi sudah tidak perlu diragukan lagi kalau AC Daikin Inverter Flash ini akan menjadi ujung tombak Daikin juga dalam menggenjot penjualan Inverter mereka di Indonesia.

Walaupun tidak ada fitur yang mencolok pada AC ini, namun harga yang bersahabat untuk AC Inverter dan didukung nama besar Daikin dan teknologi Inverter yang dimiliki yang membuat AC ini bisa turun sampai 180 Watt untuk ukuran 1/2PK dan 220 Watt untuk ukuran 3/4PK menjadikan AC ini sungguh sangat layak dibeli.

AC ini pun sudah tersedia dan ready stok mulai saat ini, jadi untuk melihat harganya silakan langsung kunjungi halaman Harga AC Daikin 2020 kami. Atau langsung hubungi kami untuk mendapatkan harga terbaik dan jadwal pemasangan dari kami.

 

6. AC Daikin Standard Thailand Freon R32 (FTC-NV Series) Made in Thailand

AC Daikin Standard Thailand R32 2018 FTC-NV Series

AC Daikin Standard Thailand terbaru ini sudah menggunakan Freon R32 dan baik Indoor dan Outdoor nya semua Made in Thailand. Tersedia mulai ukuran 1/2PK sampai 2.5PK sama dengan tipe yang lama.

AC Daikin Standard Thailand terbaru ini merupakan tipe paling laku dari semua tipe AC Daikin. Modelnya berubah total dibanding tahun lalu dengan kurva seperti Inverter Smile dan lis krom yang sungguh sangat menarik, memang perubahan ini akhirnya terjadi juga setelah kami yang meminta terus ada perubahan model ke Pabrik Daikin Thailand setiap kali kami diundang kesana.

Untuk konsumsi listriknya pun sangat rendah terutama yang ukuran 1.5PK FTC35 walaupun dibarengi dengan Btu yang hanya 11.100 sih. Silakan langsung kunjungi halaman Harga AC Daikin kami untuk melihat langsung konsumsi listriknya, Btu-nya dan informasi lainnya.

Atau langsung hubungi kami untuk membeli ACnya ya…

 

7. AC Daikin Standard Malaysia Freon R32 (FTV-CXV Series)

AC Daikin Standard Malaysia Aero FTV-BXV Series

Tipe AC Daikin Standard Malaysia terbaru FTV-CXV Series ini hampir tidak ada bedanya dengan Standard  Sempurna bukan? Untuk melihat konsumsi Watt, Btu dan harganya, silahkan langsung kunjungi halaman harga AC Daikin 2020 kami yang selalu terupdate yah.

Bentuk AC Daikin Standard Malaysia 90% sama dengan seri Inverter Smile yang lama (FTKC-SVM4 Series) bedanya cuman kalau di Inverter Smile di body Indoor ada garis seperti kurva orang tersenyum, yang di AC Standard Malaysia garis kurva digantikan dengan garis lurus biasa. Kemudian remote AC Daikin Standard Malaysia juga berbeda total dengan Standard Cina yang digantikannya yah. Lebih bagus sedikit lah dibanding remote Standard China yang sangat generik dan basically sama dengan semua AC buatan China lain yang dijual di Indonesia.

Keunggulan lainnya, Tipe AC Daikin Standard Malaysia dari ukuran 1/2PK sampai 1.5PK menggunakan ukuran pipa yang sama yaitu 3/8 x 1/4 yang membuat kalau anda sudah tanam pipa sebelumnya untuk 1PK namun ternyata ruangannya butuh 1.5PK amannnn… Bisa langsung pasang AC Daikin Standard Malaysia 1.5PK

 

Nah jadi beginilah semua tipe AC Daikin dikupas tuntas. Semoga dapat membantu anda dalam memilih pembelian AC Daikin dan tidak lagi bingung jika ingin memilih tipe.

Kalaupun anda ingin membeli AC Panasonic, kami juga memiliki artikel yang menjabarkan perbedaan tipe AC Panasonic yang split. Dibuat dengan gaya penulisan yang sama dan tentu saja dengan jujur, tidak bertele-tele dan yang pasti tepat sasaran. Silahkan baca bila anda berkenan disini.
Kami juga memiliki artikel menarik lainnya yang dapat dikunjungi yang pastinya akan dapat menambah wawasan anda untuk AC secara general dan khususnya AC merk Daikin / Panasonic. Kami list dibawah anda tinggal klik dan akan terbuka di Tab baru browser anda:

1. Apakah perlu isi ulang Freon AC?

2. Apakah AC Inverter benar – benar bagus dan hemat listrik?

3. Cara menggunakan AC agar awet dan hemat listrik

4. Cara menghitung kebutuhan PK AC sesuai ruangan

5. Semua yang harus anda tahu tentang AC Low Watt dan AC Inverter

6. Mengapa Ongkos pasang AC Freon R32 lebih mahal?

7. Perbedaan Freon R22, R32 dan R410A

8. Penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin

9. Perbedaan Tipe AC Daikin

10. Harga AC Daikin 2020

11. Perbedaan tipe AC Panasonic

12. Harga AC Panasonic 2020

13. Brosur AC Daikin

14. Pengangkatan National Elektronik sebagai Daikin AC Shop

15. Tips dan trik menggunakan AC Inverter

16. AC Daikin Multi S

17. Testimoni AC Daikin di Kaskus

18. Emang AC Gree bagus? Kan buatan China

19. Harga AC Gree 2020

20. Tipe AC Gree apa saja dan perbedaannya

21. Bocoran AC Gree 2019

22. Launching AC Daikin Line Up 2018

23. Review Daikin Inverter Flash 1PK FTKQ25SVM4

24. Apaan sih COP dan EER itu?

25. AC Panasonic si Biru CS-LN Series

26. Pindah AC jadi ga dingin?

27. AC Multi Split Panasonic

28. Air Purifier Daikin

 

Artikel diatas ditulis dengan gaya bahasa yang enak dibaca dan mudah dimengerti kok sama kayak artikel Tipe AC Daikin yang sedang anda baca ini. Kami yakin anda akan menjadi customer yang bijak dan pintar serta tidak mudah dibohongi lagi setelah membaca semua artikel kami. Hehehehe…

Oleh karena itu, jangan ragu lagi untuk mempercayakan pembelian, pemasangan maupun service AC Panasonic atau AC Daikin anda kepada kami. Kami berjanji memberikan pelayanan yang terbaik bagi anda dengan harga yang kompetitif. Hubungi kami sekarang baik melalui halaman contact us, lewat email ke info@nationalelektronik.com ataupun menghubungi hotline kami di (021) 737 5155 – 56 atau gunakan semua cara yang ada diatas baik lewat IG, atau WA apabila anda masih bingung dengan tipe AC Daikin apapun.

Artikel dibuat oleh:

Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
Follow me on Instagram and Twitter @samuellumentut
National Elektronik

Artikel diperbarui terakhir pada tanggal: 20 April 2020

TAGS :
  • Eko

    Selamat siang, saya baca di comment admin untuk Daikin FTKM reccomended tetapi akhir akhir ini ada beberapa kasus.. kalau boleh tahu kasus nya lebih ke mana ya?
    Saya rencana mau membeli ac ini utk kamar 4×4 tinggi 4 meter, kebutuhan PK nya berapa ya pak? Dan apakah untuk di semarang ada cabangnya atau tempat pembelian yang recommended?
    Terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      kasus FTKM belakangan ada yang kompresor ga mau ngangkat, ada yang ga mau nyala sama sekali.

      memang sih pasti diganti sama Daikin, tapi ya lucu aja kan kita dateng pasang AC trus acnya ga bisa nyala. Berarti harus nunggu 1 – 2 hari kemudian baru bisa nyala acnya karena diganti pake stok kami dulu palingan.

      Tapi kasusnya jarang terjadi juga kok. Banyak juga yang pasang sama kita dan tidak ada masalah apa2 sampe hari ini.

      Nah untuk kamar 4 x 4 x 4 lebih disarankan pake FTKM35 sih. Karena kebutuhan Btu kamar 4x4x4 itu sudah melebihi kemampuan AC 1PK in general.

      Untuk pemasangan AC di Semarang silakan cari dealer resmi Daikin aja di Semarang ya. Bisa dicari di website resmi Daikin kok.

      Terima kasih.

      Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Wah udah lama tuh ACnya hehehehe Belum jualan Daikin ane pas tipe itu keluar.

      Tapi kemungkinan besar sih Freonnya R22.

      Cari di google juga ga nemu soalnya.

      AC lama sih 99% pakenya freon R22. Cuman Inverter doank yang pake R410A.

      Oke semoga sudah jelas ya.

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Perbedaan BXV dan CXV ada di…. kode doang hahahah

      model, konsumsi listrik dan harga sama persis ga ada perubahan.

      Cuman kode produksi aja yang beda menyesuaikan tahun… sama seperti Panasonic. Rata2 AC Split buatan Malaysia memang setiap tahun kode belakangnya berubah menunjukan produksi tahun berapa.

      Hanya itu aja

      Oke semoga sudah jelas ya

      Terima kasih

      Reply
  • Lui

    Halo,
    untuk Daikin tipe terbaru 2020, akan keluar tipe apa? apa lebih bagus dari FTKM?
    kapan kira2 kluarnya?
    FTKM masi rekomen atau tidak?

    dan untuk cassette FCF50CVM4 apakah recommend?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk 2020 tidak ada tipe baru yang lebih bagus dari FTKM.

      adanya yang tipe dibawahnya semua ya.

      FTKM sih tetep rekomen walau belakangan ada beberapa kasus.

      Kalau mau peace of mind pake Panasonic Premium yang CS-XU juga bagus kok, dan selama ini belum pernah nemuin masalah berarti. Saya sendiri juga udah pake di rumah dan manteb juga dingin dan hemat listriknya.

      Setara lah sama FTKV di kamar atas saya.

      Cassette 2PK Inverter FCF50 sudah discontinued.

      Penggantinya FCFC50 yah. Sama2 barang Thailand, tapi harganya lebih murah sedikit….

      Oke semoga sudah jelas ya

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *