POSTED BY Web_Admin | Apr, 05, 2021 |

UPDATE 1: Kalau mau respon cepat, selain menghubungi nomer telepon toko di (021) 737 5155 / 737 5156 / 737 5157 / 7369 0753 anda dapat menghubungi nomor WA team sales kami ya di

 

Ibu Ririn – 0838 66 517 360

Ibu Nana – 0877 7726 7203

Ibu Mega – +6287709870968

Ibu Esty – +6285692220976

Ibu Maya  – 087872039647

 

 

Halo Agan agan dan aganwati aganwati yang rupawan dan budiman, Kembali lagi dengan artikel National Elektronik tentang teknisi in house yang sangat bermanfaat, sangat menarik dan sangat ditunggu-tunggu oleh kalian semua (pede OD mode on)

Kali ini kami ingin membahas soal instalasi atau pemasangan AC terutama dengan teknisi in house. Ada beberapa pertanyaan yang sering banget ditanyakan oleh para konsumen ataupun calon konsumen kami terkait dengan pemasangan atau instalasi AC.

Pertanyaan yang paling sering ditanyakan seputar pemasangan AC nih seperti di bawah ini:

  1. Emang ada pengaruhnya ya teknisi ac dengan performa ac yang dipasang??
  2. Bukannya semua pipa ac sama aja?
  3. Kabel listrik yang dipake merk apa aja juga sama aja kan?
  4. Bracket outdoor juga sama aja kan, emang ngaruh tebel tipis? ngak kelihatan ini!

Pokoknya pilih semua yang harganya paling murah aja kalo gitu, yang penting AC dingin! Urusan yang lain nanti aja dipikirnya… Pokoke sekarang ini dingin.

Upsss…  jangan salah gaess, hayo kita kupas tuntas dulu yuks sebelum nyesel di kemudian hari.

*P : Pertanyaan                          *J : Jawaban

  1. P : Bukannya sama aja yah teknisi lepasan dan teknisi in-house?

         J : Team National Elektronik menggunakan Teknisi dalam (In-house)

Penjabaran :

  • Tim Teknisi National Elektronik adalah team dimana setiap kepala team sudah mendapatkan sertifikat dari hasil training baik di Daikin dan Panasonic untuk ketentuan Standar Operating Procedure (SOP) dalam setiap langkah untuk flaring pipa, vacuum dsb untuk meminimalisasi masalah kebocoran pada pemasangan di kemudian hari. Teknisi junior kami minimal sudah pernah ikut training Daikin MINIMAL 1x, bahkan semua kepala team teknisi kami sudah pernah ikut SEMUA PROGRAM training Daikin MINIMAL 1x. Dan terakhir sebelum pandemi pernah waktu ikut training VRV installation jadi juara pertama tes ngelas (welding) pipa loh hehehehe…

 

  • Tim teknisi In-house pasti lebih profesional, sopan, bertanggung jawab, jujur dan bersih karena sangat ditekankan membawa nama perusahaan. Team kami juga bisa memberikan saran dalam peletakan indoor dan outdoor AC sesuai dengan keinginan Customer. Dalam pandemi ini juga Teknisi juga ditest suhu setiap hari, diberikan vitamin lengkap + madu asli juga dan di Swab Antigen secara berkala dengan bekerja sama dengan Rumah Sakit Mitra Keluarga Bintaro. Bahkan semua team teknisi kami yang cuti wajib melakukan Swab Antigen terlebih dahulu sebelum kembali masuk kerja demi menjaga keamanan bersama.

 

  • Dengan menggunakan team teknisi in-house kami bisa langsung menegur, menguji, mengkaji, dan meneliti apabila ada kerjaan kurang beres, dan kami akan bisa langsung merespon apabila terjadi keluhan pada pelanggan setelah AC terpasang. Kalau teknisi lepasan terkadang toko suka lepas tangan bahkan ada konsumen kami yang ngamuk karena pernah pasang di 1 toko AC yang menggunakan teknisi lepasan, AC nya setelah dipasang tidak dingin, tokonya cuman main lempar aja kasi no telepon tukang pasang suru minta pertanggung jawaban orang itu… Tokonya cuci tangan… Bayangkan kalau anda ada di posisi itu. Pasti pusing kan? Kalau teknisi in-house mau kabur kemana orang setiap hari pasti absen jempol masuk kerja ke toko hehehehe…

 

  • Semua teknisi In-house kami menggunakan alat bantu pasang yang pasti selalu masih layak dan dalam masa umur pakai yang wajar. Kenapa kami berani invest? Karena teknisinya In-house! Tentu berani investasi di tools dan alat Vacuum karena teknisinya kerja full 100% hanya untuk toko kita.

 

  • Kalau teknisi nya lepasan kan kita tidak bisa memaksa atau mengatur mereka menggunakan tools apa, kondisi tools nya bagaimana, wajib melakukan proses Vacuum atau tidak (padahal ini luar biasa penting). Hanya bisa percaya aja dan nerimo sesuai yang dikatakan dan dimiliki mereka.

 

  • Setiap pemasangan AC akan diberikan Berita Acara dalam setiap test running AC. Di dalamnya terdapat semua data AC yang terpasang serta pemakaian material yang bisa dipertanggung jawabkan, sebisa mungkin melakukan stok opname bersama sebelum dan sesudah memasang AC, serta data tekanan freon AC, tegangan listrik di Outdoor, dll (ini sangat ngaruh yah Gaes buat ngecek Unit AC baru tersebut bocor atau tidak)

 

  • Apabila terjadi masalah pada AC, ingat loh Gaes, garansi dari pabrik AC HANYA BERLAKU untuk unit AC tersebut saja. Apabila pada saat dicek oleh pihak service center resmi AC ternyata kesalahan pada pemasangan, pabrik AC tidak akan memperbaiki masalah AC tersebut. Hal ini tentu saja akan memakan waktu, tenaga dan terkadang biaya (ini untuk pihak pemasangan yang tidak bertanggung jawab). Apalagi pernah terjadi tukang pasangnya tidak bisa dihubungi setelah pasang. Repot kan?

 

 

  1. P : Pipa AC merk tertentu memang ngaruh? Cari aja yang paling murah, paling ekonomis, orang tokonya berani jamin dingin ACnya. Emang National Elektronik pake pipa merk apa?

         J : Kami hanya menggunakan 2 merk pipa. HODA dan DAIKIN

Penjabaran:

  • Bossque, untuk Freon R32 dan R410A harus menggunakan pipa dengan ketebalan minimal 0,6mm, yang disebabkan tekanan gas freon tersebut sangat tinggi, jika pipa dengan ketebalan dibawah itu bisa menyebabkan kebocoran di sepanjang pipanya atau bisa juga terjadi kondensasi.

 

  • Kondensasi pipa adalah kondisi pipa freon ac akan berembun dan apabila dibiarkan akan terjadi kebocoran (ini kasus paling sering di dalam tembok / plafon, dimana ketahuan dari bercak yang timbul dan kelamaan akan merusak tembok/plafon sebelum bocor ke bawah).

 

  • Untuk Team National Elektronik, kami mempercayakan pemakaian pipa merk Hoda yang sudah terkenal dari dulu dengan konsitensi ketebalannya 0,6mm dan kita juga ada opsi Upgrade ke pipa merk Daikin dengan ketebalan 0,8mm.

 

  • Kami TIDAK BERANI menurunkan kualitas pipa menggunakan ketebalan 0.5mm dengan merk tertentu walaupun itu kemauan konsumen, karena apa? Karena nanti yang dirugikan konsumen juga. Kami tidak mau asal ambil untung di depan. Bahkan prinsip kami mending ga jadi beli sama kami daripada beli tapi bikin konsumen pusing di kemudian hari. Biarlah kami dibilang idealis karena menurut kami kepuasan para bossque adalah nomer 1 hehehehe…

 

  • Hanya 1 hal yang perlu diingat ya. Perbedaan harga pipa 0.5mm dan 0.6mm itu tidak terlalu banyak berbeda di ongkos pemasangannya. Jadi kalau sudah berani keluar uang yang sudah dikumpulkan susah payah 3 juta misalnya, trus pakai instalasi AC dengan pipa 0.5mm biar murah padahal cuman beda 100rb atau 200rb. Mohon maaf sebesar-besarnya. Saya mohonnnn mendingan nabung dikit lagi dan gunakan pipa yang lebih tebal. Minimal sesuai standard pabrikan yang 0.6mm. JANGAN tergiur harga murah yang suka ditawarkan toko lain yang ujungnya membuat anda pusing.

 

  1. P : Bukannya semua merk kabel listrik sama aja?

         J : National Elektronik menggunakan Kabel listrik Merk Supreme NYM 3×2,5

Penjelasan :

  • Jangan salah, merk kabel sangat memegang peranan penting dalam dunia perlistrikan, apalagi kabel listrik acapkali tidak keliatan di permukaan, dan kebanyakan di dalam tembok atau plafon.

 

  • Maka dari itu Team Nasional Elektronik memilih yang terbaik untuk customer kita yaitu merk Supreme yang kualitas sudah teruji dan memenuhi standar PLN, dan kami memilih kabel dengan ketebalan ukuran 3 x 2,5 baik untuk kabel power maupun kabel kontrol (kabel sambungan indoor ke outdoor)

 

  • banyak toko AC lain yang ongkos pasangnya lebih murah menggunakan kabel merk Eterna yang lebih murah, bahkan sering terjadi kabel kontrolnya menggunakan kabel 3×1.5 bukan 2.5 biar untung lebih banyak atau potong harga instalasi karena menggunakan kabel yang lebih tipis.

 

  1. P : Bracket Outdoor ngak keliatan ini, ngaruh apanya? Kenapa mahal harganya?

         J : Team National Elektronik memakai Bracket Outdoor Merk Dado atau Hoda

Penjelasan :

  • Gaes, tau gak jika outdoor AC itu berat sekali? Berat Outdoor AC Split itu bisa sampai 15-50 kg loh. Karena itu sangat dibutuhkan bracket yang kuat dan tebal untuk menahan beban tersebut.

 

  • Bracket yang tipis sangat beresiko sekali akan menyebabkan outdoor AC menjadi miring seiring waktu berjalan. Hal ini bisa berakibat Outdoor AC menjadi berisik, isi freon tidak rata karena posisi miring akhirnya terjadi kebocoran freon, bahkan kemungkinan terburuknya lagi kompressor bisa kena loh. Jadi jangan anggap remeh sama sekali untuk Bracket Outdoor yah Gaess.

 

  • Team Nasional tahu yang terbaik dan memilih bracket Dado atau Hoda dengan ketebalan minimum 1.8mm yang sudah terkenal banget dengan tebal dan kokoh,jadi posisi outdoor AC tetap aman.

 

  • Bracket yang murah dengan tidak menyebut merk biasanya memiliki ketebalan antara 1mm sampai 1.2mm. Di dunia professional AC, dijamin tidak ada yang tidak kenal dengan bracket outdoor AC merk Dado ataupun Hoda. Kenapa terkenal? Karena memang premium…. ketebalannya minimum 1.8mm dan harganya memang premium untuk bracket Outdoor AC yang dijual di Indonesia.

 

Jadi begitu kurang lebih agan agan dan aganwati aganwati para Bossque sekalian, artikel ini dibuat karena terlalu banyak simpang siur masalah harga pemasangan AC. Kami harap dengan artikel ini, kalian semua bisa lebih terbuka pikirannya ya kalau sedang membanding-bandingkan mau beli AC dimana.

Kami juga mempersilahkan anda untuk dapat membaca artikel kami yang lainnya

1. Apakah perlu isi ulang Freon AC?

2. Apakah AC Inverter benar – benar bagus dan hemat listrik?

3. Cara menggunakan AC agar awet dan hemat listrik

4. Cara menghitung kebutuhan PK AC sesuai ruangan

5. Semua yang harus anda tahu tentang AC Low Watt dan AC Inverter

6. Mengapa Ongkos pasang AC Freon R32 lebih mahal?

7. Perbedaan Freon R22, R32 dan R410A

8. Penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin

9. Perbedaan Tipe AC Daikin

10. Harga AC Daikin 2021

11. Perbedaan tipe AC Panasonic

12. Harga AC Panasonic 2021

13. Brosur AC Daikin

14. Pengangkatan National Elektronik sebagai Daikin AC Shop

15. Tips dan trik menggunakan AC Inverter

16. AC Daikin Multi S

17. Testimoni AC Daikin di Kaskus

18. Emang AC Gree bagus? Kan buatan China

19. Harga AC Gree 2021

20. Tipe AC Gree apa saja dan perbedaannya

21. Bocoran AC Gree 2019

22. Launching AC Daikin Line Up 2018

23. Review Daikin Inverter Flash 1PK FTKQ25SVM4

24. Apaan sih COP dan EER itu?

25. AC Panasonic si Biru CS-LN Series

26. Pindah AC jadi ga dingin?

27. AC Multi Split Panasonic

28. Air Purifier Daikin

29. Podcast bersama Branch Manager Gree

30. Podcast bersama Panasonic Sales

31. Kenapa harus pasang AC dengan teknisi in house?

 

Anda dapat menghubungi kami sekarang baik melalui halaman contact us, lewat email ke info@nationalelektronik.com ataupun menghubungi hotline kami di (021) 737 5155, 737 5156, 7369 0753 atau gunakan semua cara yang ada diatas baik lewat FB, IG, YM atau WA yah.

Artikel dibuat oleh:

Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
Follow me on Twitter and Instagram @samuellumentut and @national.elektronik
National Elektronik

Artikel diperbarui terakhir pada tanggal: 05 April 2021

TAGS :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *