POSTED BY Web_Admin | Jun, 24, 2015 |

Hi, setelah lama gak nulis artikel, kali ini kami kembali dengan artikel terbaru yang membahas tuntas penyebab AC kurang dingin atau tidak dingin. Pertanyaan ini sering sekali ditanyakan kepada kami, bahkan sampai ada yang marah-marah bertanya-nya.

Padahal menjawab pertanyaan penyebab AC tidak dingin atau kurang dingin susah susah susah gampang (Jauh lebih susah dibanding gampangnya hehehe). Ada banyak sekali faktor yang menentukan.

Mari kita telusuri satu-persatu kondisi yang biasa dialami oleh para konsumen kami

penyebab ac kurang dingin

Kondisi 1: Beli AC baru, sudah dipasang dengan benar, kok kurang dingin ya ACnya?

Nah kalau begini kan berarti AC tidak mungkin kotor karena masih baru. All things being equal alias kalo kompressor ngga rusak gara-gara cacat pabrik dan pipa Freon dan sambungan-sambungannya juga tidak ada yang bocor, berarti kondisi dibawah ini harus diperhatikan

1. Apakah Btu AC sudah LEBIH BESAR dari kebutuhan Btu ruangan? Contoh: ruangan 4x5m kebutuhan Btu 10.000 Harus Pakai AC 1.5PK dengan Btu 12.000. Ruangan 3×4 kebutuhan Btu 6000 pakai 3/4PK dengan Btu 7.000. Untuk ruangan 5x5m dengan kebutuhan Btu 12.500 Kalau mau suhu ruangan bisa 24 derajat kebawah HARUS pakai 2PK. Begitulah cara menentukan PK AC untuk ruangan. Kalo Btu ngepas, kurang-kurang dikit, atau malah kurang, ya ga bakalan bisa mencapai suhu 24 kebawah. Inipun belum hitung orang yang tidur di dalam kamar ya seperti di point no 4.

2. Apakah kamar ada di lantai 2? Kalau iya pasti lebih panas dibanding lantai 1, karena panas dari atap akan turun langsung ke kamar.

3. Apakah di kamar ada jendela besar yang menghadap Barat atau Timur? Atau apakah tembok kamar anda langsung terkena sinar matahari siang/sore? jika ya pasti kamar lebih panas dibanding bila jendela menghadap ke Utara atau Selatan dan tembok kamar anda tidak langsung terkena sinar matahari siang/sore.

4. Berapa orang yang tidur di dalam ruangan? Karena setiap 1 manusia dewasa butuh 600Btu supaya merasa cukup dingin, dan anak-anak membutuhkan 400Btu agar merasa cukup dingin. Ingat manusia mengeluarkan hawa panas. Belum lagi lampu, TV, Komputer dan semua alat elektronik lain yang ada di dalam kamar termasuk HP dan Chargernya semuanya mengeluarkan hawa panas yang seharusnya dihitung karena akan menaikkan suhu kamar anda.

5. Pastikan Outdoor memiliki breathing room atau tempat bernapas yang cukup. Outdoor AC kena matahari dan hujan sih tidak masalah, yang penting ada ruangan yang cukup untuk bernafas. dari kisi-kisi kipas Outdoor AC harus ada jarak minimal 60cm ke depan yang kosong. kemudian di sisi kiri, kanan dan atas harus ada jarak minimal 30cm. Plus Outdoor AC tidak boleh diletakkan berhadap-hadapan karena udara panasnya pasti terperangkap disitu yang akan membuat kompressor cepat kepanasan. Kalo sudah begitu kompressor jadi cepat jebol dan AC pasti tidak dingin karena sebentar-sebentar kompressor AC-nya mati karena kepanasan.

Jadi kesimpulannya, kalau kamar anda luasnya 3x4m butuh 6.000Btu tapi ada 2 orang dewasa yang tidur, kebutuhan Btu sudah 7.200 sebenarnya. Pakai AC 3/4PK jadi ga cukup sebenarnya, mau suhu 24 juga jadi susah. Apalagi kalau ada TV, Komputer, lampu, dll… Semua mesti dihitung loh. Kalau kamar 3×4 ada TV, kulkas, atau PC misalnya, dan ada 2 orang yang tidur di kamar harusnya pakai 1PK ya. Itu baru bisa menyentuh suhu 24 kebawah.

Nah jadi sekali lagi mau pakai merk apapun kalau Btu tidak cukup atau cuma ngepas dengan salah satu atau semua kondisi yang saya sebutkan diatas terjadi ya ga bakalan bisa dingin banget AC nya. Terutama karena di Jakarta dan Tangerang kita tercinta ini suhu udaranya pas siang hari bisa 37 atau 38 derajat sepanjang tahun.

Kondisi 2: Kalo siang hari AC jadi kurang dingin, kalo malem bisa kedinginan banget sampe matiin AC pas subuh

Nah kondisi ini biasanya karena Btu ruangan dengan Btu AC terlalu ngepas. Jadi kalau pas siang suhu luar ruangan bisa sampai 37 atau 38 derajat, AC yang Btu-nya ngepas paling hanya bisa mendinginkan ke suhu ruangan 25 derajat atau 26 derajat, sedangkan kalau malam kan suhu luar ruangan bisa hanya 25 derajat, tentu saja kalau suhu remote dibikin 23 derajat misalnya suhunya jadi tercapai bahkan bisa lebih rendah dari itu sesuai cara kerja AC non-Inverter yang sudah saya jelaskan panjang lebar di artikel cara menggunakan AC yang benar.

Solusinya ya kembali lagi pastikan selalu Btu AC lebih besar daripada kebutuhan ruangan jadi pada saat siang terik, suhu ruangan masih bisa cukup dingin.

Kondisi 3: Tadinya siang dan malem dingin, sekarang kok gak siang gak malem jadi kurang dingin

Nah kalo begini biasanya sih penyebabnya cuman kotor aja ACnya. Kapan terakhir kali AC-nya di service alias dicuci? Apakah angin AC anda jadi kecil? atau bahkan hanya keluar angin dari salah satu sisi AC saja? Kalau sudah begini sih biasanya AC luar biasa kotor sampai terkadang bocor keluar air karena saluran pembuangan sudah mampet gara-gara kotor banget. Harusnya ya kalo mau ACnya awet jangan sampe lah hal ini terjadi. Intinya AC harus selalu dibersihkan MINIMAL 3 bulan sekali dan kalau anda tinggal di daerah dekat laut atau ada yang merokok di dalam kamar lebih baik dicuci tiap 2 bulan sekali.

Tapi hati-hati ya cari tukang service AC. Jangan sampe mau ditipu dengan permintaan isi ulang freon atau tambah freon. Ingat! Kalau dari pertama pemasangan AC sudah tepat, harusnya tidak perlu isi freon minimal dalam 3 – 4 tahun pemakaian! Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi artikel kami perlukah isi ulang freon? Saya sempet baca sebuah artikel tentang penyebab AC tidak dingin di website lain, yang masuk halaman 1 Google juga. Disitu ditulis Freon akan habis tiap 2 – 3 bulan sekali. Kalo dibawah 2 bulan udah habis mesti dicek. Busettttt saya sampe entah mau ngakak atau mau marah bacanya. Kalo Freon abis 2-3 bulan sekali mah itu BOCORRRRR!!!! ngaco banget tuh artikel. Masa customer disuru isi freon tiap kali cuci AC? Kalo pake Freon R32 tiap kali cuci AC harus keluar extra 600rb diluar biaya cuci AC? Mending beli AC baru kelessssss… Parah oiiii… Hati-hati ya kalo nemu artikel-artikel yang ga jelas dan ga bisa dipertanggung jawabkan.

Kemungkinan lain adalah memang ada kebocoran di Evaporator Indoor, kebocoran atau kerusakan kompressor Outdoor, kebocoran di pipa Freon, MCB AC yang jebol, dll. Hal-hal ini juga bisa menyebabkan AC kurang dingin atau tidak dingin.

Ada juga yang namanya service besar. Hal ini biasa dilakukan 2 tahun sekali selama service rutin AC 3 bulan sekali dilakukan. Service besar adalah mencopot unit AC Indoor dari tempatnya dan benar-benar membersihkan memakai obat khusus seperti AC Coil atau Asse Flash sehingga AC akan benar-benar seperti baru lagi. Yang tidak bisa kembali hanya bila warna Indoor sudah kuning ya ga bisa jadi putih lagi, namun komponen Evaporator Indoor akan jadi kembali ke warna semula seperti waktu pertama kali beli AC. Proses pengerjaannya pun lama, bisa 3-4 jam untuk 1 unit AC karena Indoor AC akan dicopot dari tembok, dipereteli satu-satu dan dibersihkan.

Oke kira-kira semua penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin sudah kami jabarkan semua.

Nanti kalau ada yang keinget lagi saya pasti update artikelnya yah.

Sementara ini, silakan membaca artikel-artikel kami yang lain seperti:

1. Apakah perlu isi ulang Freon AC?

2. Apakah AC Inverter benar – benar bagus dan hemat listrik?

3. Cara menggunakan AC agar awet dan hemat listrik

4. Cara menghitung kebutuhan PK AC sesuai ruangan

5. Semua yang harus anda tahu tentang AC Low Watt dan AC Inverter

6. Mengapa Ongkos pasang AC Freon R32 lebih mahal?

7. Daftar harga AC Daikin terbaru 2015

8. Perbedaan tipe AC Daikin 2015

9. Daftar harga AC Panasonic terbaru 2015

10.  Perbedaan tipe AC Panasonic 2015

11. Perbedaan Freon R32, R22 dan R410A

12. AC Daikin Standard China bagus gak?

Oke sekian dolo deh, ohya mau curcol dikit, akhir-akhir ini saya beberapa kali menemukan artikel-artikel dari website ini “disadur” kalau ga mau bilang dicolong tanpa ijin di post di website lain yang juga menjual AC atau jualan service AC. Cuman mau ngomong, lain kali kalo mo copas artikel orang minta ijin dolo yah. Minimal tulis lah sumbernya dari mana, jangan main colong, diganti-ganti dikit tulisannya trus ditambahin no telp dan alamat perusahaan ente… busettt… ga kreatip bangatttt… Kalo emang ngerti AC ya mbok bikin artikel sendiri gitchu lohhhhh… Kan ketauan banget ente ga ada pengalaman tentang AC kalo cuman nyolong hueuheuehuehue…

Saya sih ga marah gimana, agak bangga malah berarti artikel saya bisa lebih dibaca banyak orang sekalian bagi-bagi informasi. Cuman minimal ditulis lah disadur ato sumber artikelnyna ditulis dari mana, nanti juga kalo ketauan Oom Gugel website ente yang kena pinalti… Ati-ati yah…

Udah ah semoga artikel ini juga bisa membantu anda ya dalam memahami dunia per-AC-an seperti artikel-artikel kami sebelumnya dan penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin terjawab sudah…

Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Artikel dibuat oleh:

Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
Follow me on Instagram and Twitter @samuellumentut
National Elektronik

Artikel diperbarui terakhir pada tanggal: 06 Januari 2016

TAGS :
  • arya

    Siang agan,
    mau curhat dikit 😀
    sekarang ini saya pakai midea 1/2 pk buat di kost saya tapi AC nya bener2 ga dingin.
    Cukup nyesel karena dulu waktu nanya ke sales AC nya, untuk kamar saya (6m x 5.5m) katanya 1/2 pk cukup.

    Rencana saya mau jual dan beli AC baru, tolong minta rekomendasinya.
    Ukuran kamar 6m x 5.5m.
    Tinggal sendiri.
    Ada PC.

    Kira2 AC yg cocok yg mana dan berapa PK ya?
    Dan minimum berapa watt untuk AC tersebut.

    Thanks before Admin 🙂

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalo ukuran 3.5 x 3.5 x 4 sih minimal banget pake 3/4PK

      Kalo mau maksimal tetep mesti pake 1PK.

      Kalo mau yang hemat listrik tentunya harus pake yang Inverter 1PK.

      Bisa pake yang Inverter Smile 1PK FTKC25QVM4 atau High Inverter 1PK FTKV25NVM4.

      Di kostnya listriknya brp watt? kalo cuman 900 saran saya pake Inverter Smile 3/4PK FTKC20PVM4 aja. Kalo 1300 bole pake yang 1PK.

      Reply
  • Priyanto

    Gan , mau tanya nih … Ac kurang dingin … Tapi evarator d pegang dingin kayak air es … Outdoor setiap 5menit nyala ,trus mati …setelah 3 menit setelah mati , hidup lagi … Kejadian ini setiap ac d nyalakan … Ini masalahnya kenapa yah ?

    Reply
    • Web_Admin

      Kemungkinan PCB Indoor AC Pak.

      Coba telepon teknisi resmi AC anda untuk di cek

      Terima kasih

      Reply
    • Web_Admin

      Hahahahahaha… Bukan ane yang ngebocorin yaaaa…. Ane ga ada andil loh ma skali sama artikel di web tersebut…

      Reply
  • Heny

    Halo min, mau tanya.. Ac saya panasonic econavi inverter dengan pemakaian rata2 16 jam sehari..sekarang kalo udah mulai jam 5 sore sampai tengah malam sekitar jam 2 subuh ga dingin, cuma kayak kipas. Tetapi justru jam 3 pagi menjelang jam 10 pagi baru berasa kayak pakai ac, dan siang hari matahari terik pun dingin. Kamar menghadap timur yg kalo siang matahari nya minta ampun panasnya. koq aneh yah ac ku, justru malam kondisi suhu nya lbh panas drpd siang. Bingung juga, atau apakah ada yg salah dengan setelan nya atau gimana? Waktu 1 bula lalu udah di cuci ac nya, dan dicek ampere nya normal 3,8 sesuai sama yg tertera di pabrikan. Mohon pencerahanya pak, trims

    Reply
    • Web_Admin

      ACnya berapa PK?

      Dipake di ruangan ukuran berapa?

      Sudah berapa tahun umur ACnya?

      Setelah terjawab baru bisa dicari penyebabnya apa Bu.

      Thx

      Reply
  • rahmat donal

    Selamat siang admin , saya cuma mau mengucapkan terimakasih atas adanya artikel ini , sungguh membantu dan menambah pengetahuan , dan bisa lebih jeli dalam memilih tukang service AC yg tidak tipu tipu .. Untuk sekarang belum adanya pertanyaan karena sudah banyak terjawab dari kolom yg di atas ..

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Terima kasih banyak ya atas pujiannya.

      Jangan lupa ceritakan tentang website kami kepada semua teman, saudara dan rekan anda ya supaya lebih banyak lagi yang terbantu dan menambah pengetahuan mereka juga.

      Terima kasih sekali lagi atas kunjungan dan pujian anda kepada kami.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + twenty =