POSTED BY Web_Admin | Jun, 24, 2015 |

Hi, setelah lama gak nulis artikel, kali ini kami kembali dengan artikel terbaru yang membahas tuntas penyebab AC kurang dingin atau tidak dingin. Pertanyaan ini sering sekali ditanyakan kepada kami, bahkan sampai ada yang marah-marah bertanya-nya.

Padahal menjawab pertanyaan penyebab AC tidak dingin atau kurang dingin susah susah susah gampang (Jauh lebih susah dibanding gampangnya hehehe). Ada banyak sekali faktor yang menentukan.

Mari kita telusuri satu-persatu kondisi yang biasa dialami oleh para konsumen kami

penyebab ac kurang dingin

Kondisi 1: Beli AC baru, sudah dipasang dengan benar, pake pipa tebel dan di vacuum juga kok kurang dingin ya ACnya?

Nah kalau begini kan berarti AC tidak mungkin kotor karena masih baru. All things being equal alias kalo kompressor ngga rusak gara-gara cacat pabrik dan pipa Freon dan sambungan-sambungannya juga tidak ada yang bocor, berarti kondisi dibawah ini harus diperhatikan

1. Apakah Btu AC sudah LEBIH BESAR dari kebutuhan Btu ruangan? Contoh: ruangan 4x5m kebutuhan Btu 12.000 Harus Pakai AC 1.5PK dengan Btu 12.000. Ruangan 3×4 kebutuhan Btu 6000 pakai 3/4PK dengan Btu 7.000. Untuk ruangan 5x5m dengan kebutuhan Btu 12.500 Kalau mau suhu ruangan bisa 24 derajat kebawah HARUS pakai 2PK. Begitulah cara menentukan PK AC untuk ruangan. Kalo Btu ngepas, kurang-kurang dikit, atau malah kurang, ya ga bakalan bisa mencapai suhu 24 kebawah. Inipun belum hitung orang yang tidur di dalam kamar ya seperti di point no 4.

2. Apakah kamar ada di lantai 2? Kalau iya pasti lebih panas dibanding lantai 1, karena panas dari atap akan turun langsung ke kamar.

3. Apakah di kamar ada jendela besar yang menghadap Barat atau Timur? Atau apakah tembok kamar anda langsung terkena sinar matahari siang/sore? jika ya pasti kamar lebih panas dibanding bila jendela menghadap ke Utara atau Selatan dan tembok kamar anda tidak langsung terkena sinar matahari siang/sore.

4. Berapa orang yang tidur di dalam ruangan? Karena setiap 1 manusia dewasa butuh 600Btu supaya merasa cukup dingin, dan anak-anak membutuhkan 400Btu agar merasa cukup dingin. Ingat manusia mengeluarkan hawa panas. Belum lagi lampu, TV, Komputer, dan semua alat elektronik lain yang ada di dalam kamar termasuk HP dan Chargernya semuanya mengeluarkan hawa panas yang seharusnya dihitung karena akan menaikkan suhu kamar anda.

5. Pastikan Outdoor memiliki breathing room atau tempat bernapas yang cukup. Outdoor AC kena matahari dan hujan sih tidak masalah, yang penting ada ruangan yang cukup untuk bernafas. dari kisi-kisi kipas Outdoor AC harus ada jarak minimal 80cm ke depan yang kosong. kemudian di sisi kiri, kanan dan atas harus ada jarak minimal 30cm. Plus Outdoor AC tidak boleh diletakkan berhadap-hadapan karena udara panasnya pasti terperangkap disitu yang akan membuat kompressor cepat kepanasan. Kalo sudah begitu kompressor jadi cepat jebol dan AC pasti tidak dingin karena sebentar-sebentar kompressor AC-nya mati karena kepanasan.

Jadi kesimpulannya, kalau kamar anda luasnya 3x4m butuh 6.000Btu tapi ada 2 orang dewasa yang tidur, kebutuhan Btu sudah 7.200 sebenarnya. Pakai AC 3/4PK jadi ga cukup sebenarnya, mau suhu 24 juga jadi susah. Apalagi kalau ada TV, Komputer, lampu, dll… Semua mesti dihitung loh. Kalau kamar 3×4 ada TV, kulkas, atau PC misalnya, dan ada 2 orang yang tidur di kamar harusnya pakai 1PK ya. Itu baru bisa menyentuh suhu 24 kebawah.

Nah jadi sekali lagi mau pakai merk apapun kalau Btu tidak cukup atau cuma ngepas dengan salah satu atau semua kondisi yang saya sebutkan diatas terjadi ya ga bakalan bisa dingin banget AC nya. Terutama karena di Jakarta dan Tangerang kita tercinta ini suhu udaranya pas siang hari bisa 37 atau 38 derajat sepanjang tahun.

Kondisi 2: Kalo siang hari AC jadi kurang dingin, kalo malem bisa kedinginan banget sampe matiin AC pas subuh

Nah kondisi ini biasanya karena Btu ruangan dengan Btu AC terlalu ngepas. Jadi kalau pas siang suhu luar ruangan bisa sampai 37 atau 38 derajat, AC yang Btu-nya ngepas paling hanya bisa mendinginkan ke suhu ruangan 26 derajat atau 27 derajat, sedangkan kalau malam kan suhu luar ruangan bisa hanya 25 derajat, tentu saja kalau suhu remote dibikin 23 derajat misalnya suhunya jadi bisa tercapai bahkan bisa lebih rendah dari itu sesuai cara kerja AC non-Inverter yang sudah saya jelaskan panjang lebar di artikel cara menggunakan AC yang benar.

Solusinya ya kembali lagi pastikan selalu Btu AC lebih besar daripada kebutuhan ruangan jadi pada saat siang terik, suhu ruangan masih bisa cukup dingin.

Kondisi 3: Tadinya siang dan malem dingin, sekarang kok gak siang gak malem jadi kurang dingin

Nah kalo begini biasanya sih penyebabnya cuman kotor aja ACnya. Kapan terakhir kali AC-nya di service alias dicuci? Apakah angin AC anda jadi kecil? atau bahkan hanya keluar angin dari salah satu sisi AC saja? Kalau sudah begini sih biasanya AC luar biasa kotor sampai terkadang bocor keluar air karena saluran pembuangan sudah mampet gara-gara kotor banget. Harusnya ya kalo mau ACnya awet jangan sampe lah hal ini terjadi. Intinya AC harus selalu dibersihkan MAKSIMAL 3 bulan sekali dan kalau anda tinggal di daerah dekat laut atau ada yang merokok di dalam kamar lebih baik dicuci tiap 2 bulan sekali.

Tapi hati-hati ya cari tukang service AC. Jangan sampe mau ditipu dengan permintaan isi ulang freon atau tambah freon. Ingat! Kalau dari pertama pemasangan AC sudah tepat, harusnya tidak perlu isi freon minimal dalam 4 – 5 tahun pemakaian! Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi artikel kami perlukah isi ulang freon? Saya sempet baca sebuah artikel tentang penyebab AC tidak dingin di website lain, yang masuk halaman 1 Google juga. Disitu ditulis Freon akan habis tiap 2 – 3 bulan sekali. Kalo dibawah 2 bulan udah habis mesti dicek. Busettttt saya sampe entah mau ngakak atau mau marah bacanya. Kalo Freon abis 2-3 bulan sekali mah itu BOCORRRRR!!!! ngaco banget tuh artikel. Masa customer disuru isi freon tiap kali cuci AC? Kalo pake Freon R32 tiap kali cuci AC harus keluar extra 600rb diluar biaya cuci AC? Mending beli AC baru kelessssss… Parah oiiii… Hati-hati ya kalo nemu artikel-artikel yang ga jelas dan ga bisa dipertanggung jawabkan.

Kemungkinan lain adalah memang ada kebocoran di Evaporator Indoor, kebocoran atau kerusakan kompressor Outdoor, kebocoran di pipa Freon, PCB AC yang jebol, dll. Hal-hal ini juga bisa menyebabkan AC kurang dingin atau tidak dingin.

Ada juga yang namanya service besar. Hal ini biasa dilakukan 2 tahun sekali selama service rutin AC 3 bulan sekali dilakukan. Service besar adalah mencopot unit AC Indoor dari tempatnya dan benar-benar membersihkan memakai obat khusus seperti AC Coil atau Asse Flash sehingga AC akan benar-benar seperti baru lagi. Yang tidak bisa kembali hanya bila warna Indoor sudah kuning ya ga bisa jadi putih lagi, namun komponen Evaporator Indoor akan jadi kembali ke warna semula seperti waktu pertama kali beli AC. Proses pengerjaannya pun lama, bisa 3-4 jam untuk 1 unit AC karena Indoor AC akan dicopot dari tembok, dipereteli satu-satu dan dibersihkan.

Oke kira-kira semua penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin sudah kami jabarkan semua.

Nanti kalau ada yang keinget lagi saya pasti update artikelnya yah.

Sementara ini, silakan membaca artikel-artikel kami yang lain seperti:

1. Apakah perlu isi ulang Freon AC?

2. Apakah AC Inverter benar – benar bagus dan hemat listrik?

3. Cara menggunakan AC agar awet dan hemat listrik

4. Cara menghitung kebutuhan PK AC sesuai ruangan

5. Semua yang harus anda tahu tentang AC Low Watt dan AC Inverter

6. Mengapa Ongkos pasang AC Freon R32 lebih mahal?

7. Perbedaan Freon R22, R32 dan R410A

8. Penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin

9. Perbedaan Tipe AC Daikin

10. Harga AC Daikin 2019

11. Perbedaan tipe AC Panasonic

12. Harga AC Panasonic 2019

13. Brosur AC Daikin

14. Pengangkatan National Elektronik sebagai Daikin AC Shop

15. Tips dan trik menggunakan AC Inverter

16. AC Daikin Multi S

17. Testimoni AC Daikin di Kaskus

18. Emang AC Gree bagus? Kan buatan China

19. Harga AC Gree 2019

20. Tipe AC Gree apa saja dan perbedaannya

21. Bocoran AC Gree 2019

22. Launching AC Daikin Line Up 2018

23. Review Daikin Inverter Flash 1PK FTKQ25SVM4

24. Apaan sih COP dan EER itu?

25. AC Panasonic si Biru CS-LN Series

 

 

Oke sekian dolo deh, ohya mau curcol dikit, akhir-akhir ini saya beberapa kali menemukan artikel-artikel dari website ini “disadur” kalau ga mau bilang dicolong tanpa ijin di post di website lain yang juga menjual AC atau jualan service AC. Cuman mau ngomong, lain kali kalo mo copas artikel orang minta ijin dolo yah. Minimal tulis lah sumbernya dari mana, jangan main colong, diganti-ganti dikit tulisannya trus ditambahin no telp dan alamat perusahaan ente… busettt… ga kreatip bangatttt… Kalo emang ngerti AC ya mbok bikin artikel sendiri gitchu lohhhhh… Kan ketauan banget ente ga ada pengalaman tentang AC kalo cuman nyolong hueuheuehuehue…

Saya sih ga marah gimana, agak bangga malah berarti artikel saya bisa lebih dibaca banyak orang sekalian bagi-bagi informasi. Cuman minimal ditulis lah disadur ato sumber artikelnyna ditulis dari mana, nanti juga kalo ketauan Om Gugel website ente yang kena pinalti… Ati-ati yah…

Udah ah semoga artikel ini juga bisa membantu anda ya dalam memahami dunia per-AC-an seperti artikel-artikel kami sebelumnya dan penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin terjawab sudah…

Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Artikel dibuat oleh:

Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
Follow me on Instagram and Twitter @samuellumentut
National Elektronik

Artikel diperbarui terakhir pada tanggal: 18 Januari 2019

TAGS :
  • Rendy amarel

    Selamat malam

    Admin sya mau tanya, apakah efek jika tidak pernah servis ac / cuci ac ?? Apakah berbahaya??
    Hampir 2 tahun tidak pernah di cuci ac,, karena sya ac nya normal dan dinginnya masih optimal dari awal beli sampe sekarang.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Busettt… udah 2 taon sejak beli belum pernah cuci AC??????? trus tanya efeknya apa?

      Hmmm… anda punya mobil atau motor ga? Trus kalo sejak beli selama 2 tahun ga pernah di service ke bengkel kira2 ada efek ga? ga pernah diganti oli mesinnya, ga pernah tune up, ga pernah cek air radiator, tekanan angin ban, ga pernah dicuci juga mobilnya dll…. kira2 gmn efeknya?

      Berbahaya sampe meledak ACnya si ga bakal…

      Kalo ngurangin umur kompressor sudah sangat sangat pasti…

      Karena dijamin evaporator indoor unit, kipas indoor, dan kondensor outdoor pasti udah ga karuan kotornya… Bahkan mungkin Evap Indoornya udah penuh lendir atau mungkin malah udah jamuran…

      Bentar lagi efeknya bakal bisa bocor evaporator indoor karena tertutup kotoran, bakalan bisa berjamur evaporator indoornya… kalo udah berjamur bakal bau AC nya, dan bisa melubangi U-bent atau pipa tembaga di evaporator. Dan jamur itu bisa hilang cuman kalo melakukan service besar dimana unit indoornya dicopot dari dinding dan dipretelin… dan harganya bisa sejutaan untuk service besar…

      Trus kompressor akan bekerja jauh lebih keras karena pembuangan panas di Outdoor unit tidak sempurna karena kipas outdoor ketutup debu, trus kondensor Outdoor juga penuh debu dan kotoran.

      Belum kipas indoor unit… jadi udara yang disembur ke dalam ruangan akan penuh debu2 kecil yang ga terlihat mata manusia karena bilah2 kipasnya penuh debu yang nempel…

      Duh gan segera dicuci acnya gannnn…

      Kasian agan sekeluarga menghisap debu masuk paru2 semua ituuuuuuuuuu… nanti paru-parunya bermasalah loh…

      Bukan nakut2in yah…

      Nanti kalo udah dicuci, rutin dilakuin 3 bulan sekali PALING LAMBAT ya gan…

      Keknya perlu dibikinin artikel khusus neh… tentang bahayanya ga cuci AC rutin 3 bulan sekali… Hiks…

      Oke terima kasih udah mampir ke website kami.

      Reply
  • Kursidi

    AC Saya merk DAIKIN lupa tipenya, kira kira 2 minggu yang lalu ac dibersihkan, namun setelah dua minngu AC kurang dingin, memang saat habis dicuci sudah terasa kurang dingin, ditambah sekarang makin kurang dingin,
    Pertanyaan saya, apakah ada masalah dengan AC saya, perlukah tambah freon? dan bagaimana cara mengetahui tipe AC dan/atau jenis freonnya?
    Demikian terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Oke sebelum saya jawab pertanyaannya

      Lebih penting adalah tahu dulu ACnya berapa PK, sudah berapa tahun umurnya dan digunakan di ruangan ukuran berapa.

      Karena contoh ruangannya 3×3 berarti kebutuhan Btu adalah 5.400. Sedangkan menggunakan AC 1/2PK Btu-nya sekitar 5.000 atau bahkan kurang kalo pakenya AC Low Watt.

      Bisa dingin ga kamarnya? Ya bisa aja karena Btu-nya mepet2 mencukupi kalo dinyalain lama ya bisa dingin terutama kalo malam hari.

      Nah kalo ACnya sudah 3 tahun misalnya umurnya, ya udah pasti AC-nya ga bisa keluarin Btu 5.000 lagi… anggep aja tinggal bisa keluarin 4.500 Btu… Ya tentu saja ACnya jadi berasa ga sedingin pas baru beli dulu… Mana bumi ini kan suhunya makin panas, yang berarti kebutuhan Btu sebenernya meningkat terus bukannya berkurang.

      Jadi terlepas dari ACnya mungkin memang kurang freon, rusak atau ada kebocoran, atau mungkin juga sangat kotor karena tiap kali dibersihkan ga bersih jadi sekarang perlu service besar dimana indoor ac dicopot, dipretelin, dibersihin trus dipasang lagi…

      Ya bisa aja emang dari awal PK ACnya kurang atau terlalu ngepas2. Jadi seiring berjalannya waktu tenaga AC sudah berkurang karena emang umur komponen kan ga bisa dibohongi ya.

      Oke semoga sudah jelas ya…

      Terima kasih

      Reply
  • carter_maverick

    Siang Gan…
    Saya beli ac Denpoo Platinum 1/2 PK 5000btu terpasang pd kamar uk 3X3 Meter dgn freon R410..
    Kmr saya tdk terkena Sinar Matahari dr sudut manapun…
    Saya termasuk org yg rajin service ac ( 3 bulan sekali )..
    Awal pemakaian berjln baik selama 1 thn..
    Masuk thn k’2 tiba2 ac ga dingin, d’check tukang ac semua baik hanya setiap selesai d’service kecil sensor indoor suka mati nyala sendiri meski settingn pd remote ac bkn otomatis…
    Apa mungkin sensor:a suka error hingga dingin ac tsb tdk bisa optimal…??
    Skrg sdh berjln 3 thn saya blm prnh service besar….

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Nah ini sih masalah klasik. sebenernya ruangan 3×3 sih pake 1/2PK itu kurang, karena 3×3 itu ruangan kosong aja kebutuhan BTU-nya sudah 5.400

      Belum hitung orang yang tidur di kamar. Udah bagus kamarnya ga kena matahari. Kalo kena matahari makin kurang lagi Btu ACnya…

      Nah kalo uda mulai masuk tahun ke 2 apalagi ke 3 dan seterusnya, tentu AC-nya udah ga mampu keluarin Btu 5.000 lagi.

      Bisa2 cuman 4.500 ya makin ga dingin aja pasti ACnya jadinya.

      Ngerti ya… Jadi selain memang bisa aja ada kerusakan di ACnya, ya memang Btu-nya kurang ACnya untuk mendinginkan ruangan. Apalagi bumi kita ini tiap tahun bukannya makin dingin tapi makin panas, jadi sebenernya kebutuhan Btu ruangan itu tiap tahun naik juga karena suhu udara kita naik terus juga.

      Kalau mau tuntas silakan telp call center Denpoo aja minta teknisi resmi mereka cek ACnya, ada salah dimana.

      Kalo menurut mereka emang ga ada yang rusak, ya berarti emang kurang gede PK ACnya… Btu-nya ga cukup untuk mendinginkan ruangan.

      Oke semoga sudah jelas ya

      Teirma kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • anton

    penyebab dingin ac itu mesin outdoor nya apa indoor?
    terus kalau outdoor dan indoor beda PK bisa gak?
    saya punya ac 1/2pk mau saya ganti 1PK, yang perlu di ganti outdoor apa indoor ya ? atau harus ganti ke 2 nya?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Penyebab dingin ada di outdoor, indoor hanya dilewatin freon dan disembur angin makanya keluar angin dingin.

      Kalo outdoor rusak, indoor berubah jadi kipas angin doank…

      Beda PK ga disarankan. bisa aja tapi ga disarankan dan garansi pasti hangus.

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Rey

    Mau bertanya, kenapa ya ac chang*** 1/2 PK lebih dingin daripada ac best*** 1/2 PK. Padahal kamar saya dan adek saya sama besarnya. Adek saya kamarnya depan saya di dibelakang. Watt ac adek saya yg chang*** 350watt dan ac saya best*** 390watt. Tp kok bisa acnya lebih dingin ya? Status ac masih baru. Terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kamarnya masing2 ukuran berapa ya?

      Kemudian sudah berapa lama umur acnya? dan kapan terakhir kali dicuci?

      banyak sekali faktor yang membuat ac yg 1 lebih dingin daripada yang lain.

      Terima kasih ya sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Elfada

    Selamat Sore Bang Samuel..

    Ac di rumah saya merk Denpo 1/2 PK, ditempatkan di kamar saya yg ukuran 3×2.5 m. Dri pertama beli 3 tahun yg lalu, AC sya belum pernah minta panggil servis, maupun dibersihkan, paling u/ perawatannya saya lakukan sendiri dengan membersihkan outdoor (kisi2nya) dan membersihkan saringan udara di indoor. Pemakaian AC rata2 sehari 15 jam, dan dari beli temperatur tidak pernah distel lepas dri suhu 24-25 C, (belum pernah 16 C, krena segitu aja dah kedinginan walau di kamar tidur 2 orang dewasa dan 2 anak kecil plus TV 42 inch). Ceritanya nih..setelah AC bertaun2 tak tersentuh, akhirnya saya cuci juga nih AC, dan kebetulann bnget karena waktu itu tukang cuci AC rekomen dari teman lgi pada ga bisa, akhirnya saya coba u/ cuci sendiri bermodalkan tutorial dri youtube. Singkat cerita…proses cuci sukses.. kotoran selama 3 taun tersebut akhirnya dipaksa minggat, dan AC kembali kinclong.. Nah, permasalahannya sekarang, knp pas saya nyalain lgi AC nya, bukannya tambah ok…malah ga dingin sama sekali, jdinya cuma angin doang walaupun anginnya dah berasa lebih lancar dan besar dibanding seblum dicuci… Piye tohh… knp ya Bang kok bsa gtu.., saya sempat cek ke outdoor, dan sya liat di salah satu pipa yg nempel ke outdoor terbentuk bunga es. Mohon pencerahannya.. Terimaksih

    Salam

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalau kondisi seperti diatas sih mungkin pas nyuci bagian evaporator indoor jadi bocor, karena kalo sampe ada bunga es berarti freonnya kurang/habis sama sekali.

      Nah kalo sampe freon berkurang atau habis kan berarti ada kebocoran.

      Mesti dicari dimana bocornya.

      Bisa di evaporator indoor, bisa di sambungan pipa, bisa di bagian outdoor. Ga bisa diselesaikan cuman tulis2 di web gan, mesti di cek langsung kondisinya di lapangan hehehehe

      Coba panggil tukang service ac aja dicari dimana bocornya.

      Oke semoga sudah jelas ya.

      Terima kasih sudah mampir ke website kami

      Reply
  • Jesika

    Permisi numpang min mau tanya ini.
    Kalo ac Daikin 2 pk anginnya dingin efapnya ga dingin apa yah penyebabnya?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Hah, mana mungkin evaporator ga dingin tapi anginnya dingin. Ga make sense, karena angin bisa semburannya dingin karena evapnya dingin. Dia sedot angin dari atas, trus melewati evap baru disembur. Itu kenapa ac jadi dingin anginnya.

      kalo mau tau acnya normal apa ngga, mesti di tes suhu udara masuk dari atas AC berapa derajat, yang keluar dari AC berapa derajat. delta perbedaan suhu mesti 9 derajat keatas. Itu baru ACnya normal.

      Setelah itu baru bisa dicari penyebabnya apa.

      Oke semoga sudah jelas ya

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • Sulkarnova

    maaf gan mau tanya saya beli ac sharp 1/2pk pada kamar 3×4 pada awal 2 mingguan pertama ac kerasa dingiin bgt lantai kaya es tp selang 1 bulan ampe sekarang tuh uda kurang dingin bahkan di remote saya ksh 16 tp msh kurang dingin di kamar 2 org dewasa 1 bayi,, kira2 penyebabnya apa ya gan trm ksh pencerahannya

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Well, dari awal AC-nya PK-nya aja udah kekecilan.

      ruangan 3×4 MINIMAL HARUS pake AC 3/4PK. Ruangan 12m2 butuh Btu 7.200 keadaan kamar kosong. AC 1/2PK Btu cuman 5.000… Gimana mau dingin????? AC 3/4PK aja cuman 7.000 Btu… makanya lebih baik pake 1PK.

      Kedua, pas pasang dulu pake pipa merk apa? Trus ACnya di Vacuum ga? Kalo ngga di vacuum bisa begitu jadi ga dingin setelah dipakai.

      Ruangan 3×4 pake AC 1/2PK pas musim kemarau mah mau dibikin suhu remote 10 derajat juga kalo ada tetep ga bakalan dingin karena kapasitasnya kurang.

      Apalagi ditinggali 3 orang. Ya jelas makin ga dingin hiks…

      Lain kali kalo mau beli AC coba dihitung dulu yang benar kebutuhan PK nya ya… soalnya kalo kondisi sekarang ga ada jalan lain selain naik kapasitas ke 3/4PK Inverter atau bahkan 1PK Inverter.

      nanti bayar listirknya dijamin lebih murah daripada pake AC 1/2PK yang dipake sekarang.

      Oke semoga sudah jelas ya

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Silakan… jangan lupa ditulis sumbernya dari mana yaaa

      Terima kasih.

      Reply
  • hanif

    asalamualaikum pak mau tanya sy di toko pake AC 1/2pk low watt toko lebar 3 ×3,5m dengan daya listrik 900 .tp AC nya dinginya cm malem doang siang panas itu apa solusinya?

    Reply
    • Web_Admin

      Walaikumsalam.

      Untuk toko ukuran 3×3.5m jelas kurang pake 1/2PK apalagi pake 1/2PK Low watt. Kesalahannya adalah kurang Btu.

      Ruangan 3×3.5m butuh Btu 6.300 belum hitung jumlah orang/pengunjung di toko.

      AC 1/2PK Low Watt Btu-nya kurang dari 5.000. Dari situ aja udah jelas kurang Btu.

      Memang tidak ada jalan lain selain mengganti dengan AC minimal 3/4PK dengan Btu 7.000 atau 1PK dengan Btu 9.000 kalau orang di dalam toko ada banyak diatas 5 orang.

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • rudy

    saya baru beli ac panasonic PN9TKJ 1 pk dan ruangan saya 3×4 kenapa dinginnya kurang padahal setting sudah cool dengan fan speed maxsimal, rumah 1 lantai dan atas dek tanpa genteng, rumah menghadap kebarat. air pembuangan normal, semburan dari ac lancar dan dingin, ada 1 televisi dan diisi 2 orang terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Nah kalau atap dek beton tanpa genteng udah pasti panas luar biasa… Terus menghadap barat lagi. Diisi 2 orang lagi…

      Jadi perhitungan kebutuhan Btu-nya seperti ini

      Kamar 12m2 dikali 800Btu karena hadap barat dan atap dak beton, jadi 9.600 Btu. Ditambah 2 orang dewasa 1.200 Btu. Kebutuhan Btu kamar bengkak jadi 10.800 Btu

      AC Panasonic PN9TKJ Btu-nya 9.000 kira-kira bisa dingin ga? hehehehhe… Harusnya pake 1.5PK kalau mau dingin dengan Btu 12.000

      Kalau takut mahal listriknya ya pakai Inverter.

      Saya sudah beberapa kali pasang kamar 3×4 dengan atap dak beton atau asbes menggunakan Daikin High Inverter 1.5PK FTKV35. listrik rumahnya 2.200 Watt. Ga pernah jebret kok listriknya, padahal ada 1 AC lain juga di rumahnya, merk lain 3/4PK dengan watt 600.

      Bahkan bayar listriknya dia lebih murah dibanding dulu pakai AC merk lain non-Inverter 3/4PK yang katanya juga ga dingin di ruangan 3×4-nya dia.

      Jadi memang ACnya normal, hanya memang kondisi ruangannya yang ga normal makanya mesti pakai AC ukuran jauh lebih besar dari seharusnya.

      Semoga sudah jelas ya

      Terima kasih.

      Reply
      • Dhani

        Boleh ada recommend no hp buat bersihin ac atau service biar ga dikadalin..thx

        Reply
        • Web_Admin

          Selamat siang,

          Kalau mau cuci AC langsung hubungi call center pabrikan AC-nya aja ya biar enak dan subcon mereka ya datang untuk cuci AC.

          Terima kasih.

          Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Semua AC mau merk apapun juga dingin..

      yang perlu ditanya adalah konsumsi listrik, daya tahan dan after sales servicenya…

      Terima kasih.

      Reply
  • Eka juliani

    mau tanya bru 3 bulan bli Ac merk Aqua 1/2 pk dri awal sih pke’a Mode dry trus tpi emg kurang dingn wlpun suhu’a smp 16 C baru sadar pas ganti Mode Cool otomatis suhu 25 C pas ingin suhu’a d’turunkan trnyta tidak bisa. hnya mentok di suhu 25C saja knp ya ..

    Reply
    • Web_Admin

      Waduh…

      ga pernah denger kasus begini..

      pas di mode cool, suhu temperatur di remote cuman bisa 25? dipencet turun tetep tulisannya 25 di remotenya?

      Rusak kali remotenya…

      Coba aja telp call center Aqua di 0800 1003003

      sapa tau bisa diganti baru remotenya ato gimana.

      terima kasih ya sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Terima kasih atas pujiannya. Jangan lupa ceritakan soal website kami ke semua teman, saudara dan kerabat anda ya.

      Sekali lagi terima kasih sudah mampir ke website kami

      Reply
  • arya

    Siang agan,
    mau curhat dikit 😀
    sekarang ini saya pakai midea 1/2 pk buat di kost saya tapi AC nya bener2 ga dingin.
    Cukup nyesel karena dulu waktu nanya ke sales AC nya, untuk kamar saya (6m x 5.5m) katanya 1/2 pk cukup.

    Rencana saya mau jual dan beli AC baru, tolong minta rekomendasinya.
    Ukuran kamar 6m x 5.5m.
    Tinggal sendiri.
    Ada PC.

    Kira2 AC yg cocok yg mana dan berapa PK ya?
    Dan minimum berapa watt untuk AC tersebut.

    Thanks before Admin 🙂

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalo ukuran 3.5 x 3.5 x 4 sih minimal banget pake 3/4PK

      Kalo mau maksimal tetep mesti pake 1PK.

      Kalo mau yang hemat listrik tentunya harus pake yang Inverter 1PK.

      Bisa pake yang Inverter Smile 1PK FTKC25QVM4 atau High Inverter 1PK FTKV25NVM4.

      Di kostnya listriknya brp watt? kalo cuman 900 saran saya pake Inverter Smile 3/4PK FTKC20PVM4 aja. Kalo 1300 bole pake yang 1PK.

      Reply
  • Priyanto

    Gan , mau tanya nih … Ac kurang dingin … Tapi evarator d pegang dingin kayak air es … Outdoor setiap 5menit nyala ,trus mati …setelah 3 menit setelah mati , hidup lagi … Kejadian ini setiap ac d nyalakan … Ini masalahnya kenapa yah ?

    Reply
    • Web_Admin

      Kemungkinan PCB Indoor AC Pak.

      Coba telepon teknisi resmi AC anda untuk di cek

      Terima kasih

      Reply
    • Web_Admin

      Hahahahahaha… Bukan ane yang ngebocorin yaaaa…. Ane ga ada andil loh ma skali sama artikel di web tersebut…

      Reply
  • Heny

    Halo min, mau tanya.. Ac saya panasonic econavi inverter dengan pemakaian rata2 16 jam sehari..sekarang kalo udah mulai jam 5 sore sampai tengah malam sekitar jam 2 subuh ga dingin, cuma kayak kipas. Tetapi justru jam 3 pagi menjelang jam 10 pagi baru berasa kayak pakai ac, dan siang hari matahari terik pun dingin. Kamar menghadap timur yg kalo siang matahari nya minta ampun panasnya. koq aneh yah ac ku, justru malam kondisi suhu nya lbh panas drpd siang. Bingung juga, atau apakah ada yg salah dengan setelan nya atau gimana? Waktu 1 bula lalu udah di cuci ac nya, dan dicek ampere nya normal 3,8 sesuai sama yg tertera di pabrikan. Mohon pencerahanya pak, trims

    Reply
    • Web_Admin

      ACnya berapa PK?

      Dipake di ruangan ukuran berapa?

      Sudah berapa tahun umur ACnya?

      Setelah terjawab baru bisa dicari penyebabnya apa Bu.

      Thx

      Reply
  • rahmat donal

    Selamat siang admin , saya cuma mau mengucapkan terimakasih atas adanya artikel ini , sungguh membantu dan menambah pengetahuan , dan bisa lebih jeli dalam memilih tukang service AC yg tidak tipu tipu .. Untuk sekarang belum adanya pertanyaan karena sudah banyak terjawab dari kolom yg di atas ..

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Terima kasih banyak ya atas pujiannya.

      Jangan lupa ceritakan tentang website kami kepada semua teman, saudara dan rekan anda ya supaya lebih banyak lagi yang terbantu dan menambah pengetahuan mereka juga.

      Terima kasih sekali lagi atas kunjungan dan pujian anda kepada kami.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *