POSTED BY Web_Admin | Mar, 01, 2021 |

UPDATE 1: Kalau mau respon cepat, selain menghubungi nomer telepon toko di (021) 737 5155 / 737 5156 / 737 5157 / 7369 0753 anda dapat menghubungi nomor WA team sales kami ya di

 

0813 1777 5157

 

Kali ini kami akan mengajarkan bagaimana cara menggunakan AC yang benar supaya listrik tidak terlalu boros dan umur AC jadi tambah panjang. Hal ini haruslah kami sosialisasikan karena sangat banyak konsumen kami yang melakukan kesalahan fatal saat penggunaan AC. Setelah itu mereka jadi menyalahkan merk AC-nya… “Ah AC merk ini jelek lah… baru setahun lebih pake sudah jebol kompressornya…” atau “Ah ga mau pake AC merk ini lah, baru setaon pake udah bocor ga karuan…”

Pernyataan seperti tadi itu sering saya dapatkan pada saat para customer dan calon pelanggan kami berdikusi dengan kami baik melalui email, BBM, WA, Line, ataupun telepon langsung ke toko kami. Sebenernya hal itu bisa di minimalisasi kalau kita sendiri sebagai pengguna AC tahu cara menggunakan AC dengan benar.

Oke kita mulai pembahasan cara menggunakan AC yang benar yah

cara menggunakan AC

1. Pastikan PK AC mencukupi kebutuhan ruangan.

Hal ini adalah masalah paling klasik dalam penggunaan AC. Kami sudah menjelaskan dengan gamblang dan dengan bahasa yang mudah dimengerti pada artikel menghitung kebutuhan AC ruangan. Silahkan dibaca artikel tadi sebelum melanjutkan membaca artikel ini. Di artikel tadi dibahas dengan tuntas bahwa dengan memaksa menggunakan AC yang -maaf- menurut anda si cukup lah… karena kalo pake yang lebih tinggi lebih boros listrik dan lebih mahal harganya atau bisa kedinginan. SALAHHH!!! kalau misalnya ruangan 3 x 3m… Btu yang dibutuhkan adalah 5.400 Nah AC 1/2 PK Btu-nya 5.000, AC 3/4PK Btu-nya 7.000 harga AC hanya beda 100ribu Rupiah. Watt AC berbeda sekitar 200 Watt. Anda HARUS menggunakan AC 3/4PK. Kenapa? Karena kalau pakai AC yang 1/2PK… Kompressor AC harus bekerja maksimum baru ruangan bisa dingin. Bayangkan saja kalau mobil setiap hari kita geber-geber bawanya, sama mobil yang santai kita bawanya, lebih awet mana? kalau mobil bekas penjualnya tahu kalau yang pakai wanita biasanya lebih tinggi harganya. Kenapa? karena penjual tahu kalau wanita biasanya bawa mobilnya ga seradak-seruduk dan kebut-kebutan yang membuat mesin jadi lebih cepat aus hehehehe…

 

2. Kalau AC baru dimatikan entah karena listrik jebret atau tidak sengaja kepencet tombol off-nya, JANGAN langsung dinyalakan kembali.

Biarkan oli kompressor dan gas freon kembali ke kompressor dulu dan beristirahat selama minimal 1 menit. Niscaya umur kompressor anda akan lebih panjang. Cara menggunakan AC yang benar ini adalah salah satu cara paling efektif dalam memperpanjang umur kompressor AC anda.

 

3. JANGAN atur suhu remote 16 derajat dengan Fan speed maksimum.

Ini adalah KESALAHAN TERBESAR pada saat anda menggunakan AC. Ingat AC adalah Air Conditioner dan bukan Air Cooler. harusnya menggunakan AC dengan suhu remote 24 dan Fan speed AUTO sudah lebih dari cukup dinginnya. Kalau kita pergi ke Mall dingin ga ACnya? Dingin kan? Coba tanya sama pengelola Mall mereka set suhu AC-nya berapa? 25 derajat loh!!!! Kenapa dingin? karena Btu AC Mall jauh lebih besar dari kebutuhan ruangan.

Kemudian coba anda perhatikan, suhu di kota Lembang, Bandung pada dini hari yang menurut Accuweather adalah sekitar 18 – 19 derajat. Itu saja sudah bisa membuat mulut keluar asap. Pernahkah anda berpikir suhu ruangan kamar anda 16 derajat? Apakah mungkin tercapai? TIDAK MUNGKIN selama di Jakarta belum ada anomali cuaca jadi bersalju!

Suhu luar ruangan di Jakarta pada dini hari adalah 25 – 26 derajat sepanjang tahun. Jadi sekali lagi TIDAK MUNGKIN suhu 16 derajat akan tercapai. suhu 20 derajat pun hampir tidak mungkin bisa tercapai kecuali anda menggunakan AC yang memiliki kapasitas JAUH lebih besar dibandingkan kebutuhan ruangan. Contoh untuk ruang server salah satu klien kami di daerah Taman Tekno, BSD biasanya ukuran 3x4m dimana dibutuhkan Btu hanya 7.600 alias AC 1 PK sudah mencukupi, tapi dipasang AC 2.5 PK dengan kapasitas Btu 21.000, itu baru bisa tercapai suhu 20 derajat walaupun di siang hari bolong pada musim kemarau.

Sebenernya cara kerja AC non-inverter adalah sebagai berikut. Kita set suhu di remote misalnya 24 derajat. Pada saat AC dinyalakan akan terdengar bunyi “tek” yang menandakan kompressor AC menyala dan gas Freon akan dipompa dari kompressor ke evaporator AC di unit Indoor dan disembur oleh kipas AC sehingga angin yang keluar adalah angin dingin. Unit Thermostat di Indoor AC akan bekerja sama dengan unit komputer di PCB AC untuk berusaha membuat ruangan mencapai suhu 24 derajat Celsius. Jadi saya tekankan suhu di remote AC TIDAK SAMA dengan suhu ruangan. Suhu di remote AC itu adalah kita sebagai pengguna AC meminta kepada AC supaya membuat ruangan mencapai suhu yang ada di remote AC. Nah apakah AC-nya mampu membuat suhu ruangan sama dengan suhu remote? Belum tentuuuu apalagi kalo remote dibikin suhu 16… Jawabannya ga bakalan bisaaaa…

Nah selama suhu ruangan belum tercapai, kompressor akan bekerja FULL 100% sampai suhu ruangan tercapai ATAU kompressor terlalu panas jadi akan di cut off atau dimatikan. Pada saat itu akan terdengar lagi bunyi “tek” yang menandakan kompressor AC mati. Apabila suhu sudah mencapai 22 derajat kebawah (kalo mampu ACnya), kompressor akan mati menandakan suhu sudah tercapai. Angin yang keluar dari kisi-kisi AC akan jadi seperti kipas angin… Kemudian setelah suhu ruangan sudah diatas 24.9 derajat, kompressor akan kembali menyala ditandai dengan bunyi “tek” lagi.

Hal ini akan terjadi berulang-ulang selama AC dinyalakan. Nah sekarang bayangkan anda menyetel remote AC di suhu 16 derajat. Ruangan anda TIDAK AKAN pernah mencapai suhu 16 derajat sehingga kompressor AC hanya akan mati saat sudah terlalu panas. Tindakan ini tentu saja akan memperpendek umur kompressor AC. SEHARUSNYA dengan suhu hanya 24 atau 25 derajat saja dengan fan di posisi AUTO anda sudah merasa dingin banget. Kalau tidak dingin dan AC tidak ada masalah SUDAH PASTI PK AC anda kekecilan jadi tidak cukup untuk mendinginkan seluruh ruangan.

Kalau cara kerja AC Inverter berbeda. Kompressor AC tidak pernah mati. Yang ditambah atau dikurangi hanya daya AC ke kompressor. Kelebihan utama dari Inverter selain listrik yang lebih hemat karena kompressor bekerja terus namun stabil sama seperti menyetir mobil keluar kota pasti lebih hemat BBM karena banyak lewat tol dengan kecepatan tinggi namun konstan dibanding menyetir di dalam kota yang gas-rem-gas-rem terus karena macettttt… Adalah suhu ruangan yang lebih stabil.

Untuk AC non-inverter fluktuasi suhu ruangan adalah lebih kurang 2 derajat celsius. Sedangankan untuk AC Inverter adalah 1 derajat Celsius. Jadi secara teori yah, kalau di AC Non-Inverter anda men-set suhu remote 24 derajat, suhu di ruangan anda adalah antara 22 – 26 derajat Celsius. itulah kenapa biasanya pada saat pake AC Non-Inverter jam 4 pagi anda suka mematikan AC karena kedinginan. Betul apa betulll? Kalau pakai AC Inverter suhu 24 derajat akan terjaga selama AC dinyalakan karena suhu ruangan hanya akan antara 23 – 25 derajat.

Oke kembali ke suhu remote dan fan. Jadi saya bisa pastikan walaupun anda menggunakan AC Inverter, selama anda setel suhu remote 16 derajat dan fan maksimum penghematan listrik anda adalah NOL BESAR! alias tidak ada penghematan sama sekali! Bahkan bisa lebih boros dibanding AC non-Inverter. Hal ini bisa terjadi karena biasanya AC Inverter memiliki Watt yang lebih besar pada saat start awal untuk mendinginkan ruangan lebih cepat. Jadi kalau anda tetap ngeyel sukanya pake suhu 16 dan fan maksimum, mending pake AC Low Watt. Saya jamin lebih hemat listrik….

Jadi kunci dari cara menggunakan AC yang benar adalah cukup setel suhu remote di 24 – 25 derajat tergantung tingkat tahan dinginnya anda. Pokoknya kalau tidur tanpa selimut masih bisa dan tidak kedinginan. Nah temukan suhu dimana anda bisa tidur tanpa pakai selimut. Set suhu remote anda di suhu itu, niscaya kompressor AC anda akan lebih awet karena tidak perlu kerja terlalu berat, dan suhu ruangan bisa tercapai sesuai dengan suhu remote.

 

4. Pastikan AC selalu di service atau di cuci setiap 2 sampai 3 bulan sekali.

AC yang sudah kotor terutama di filter, evaporator dan di kipas AC akan membutuhkan daya extra untuk mencapai kondisi ideal pendinginan. Contoh kalau kipas dan filter AC sudah penuh debu misalnya, dari biasanya anda pakai fan kecepatan 1 sekarang harus maksimum baru dingin. Ini akan mengakibatkan pemborosan listrik yang tidak perlu. Begitu pula dengan unit outdoor, bila sudah kotor dan berdebu, pembuangan panas akan tidak bisa maksimal sehingga kompressor lebih sering mati karena terlalu panas padahal suhu ruangan belum tercapai.

Bahkan kalau ada yang merokok di dalam ruangan, atau dekat tempat yang banyak debu atau dapur maka AC wajib dicuci setiap 2 bulan sekali. Jika anda tinggal di daerah dekat pantai seperti di Pantai Mutiara, Pluit, Pantai Indah Kapuk, Ancol, dll. Kami sungguh menyarankan anda mencuci AC dengan AIR MINUM ISI ULANG bukan air tanah ataupun air PAM dan dicuci setiap 2 bulan sekali sehingga pembentukan karat akibat udara laut dapat diminimalisasi.

Jangan lupa juga Filter AC yang ada di Indoor unit juga kalau bisa setiap 2 – 3 minggu sekali dicuci, karena setelah 3 minggu pasti seluruh permukaan filter-nya sudah tertutup debu tipis.

Hal ini juga terjadi pada AC Inverter yaaa… AC Inverter itu musuhnya cuman 2. Pertama PK AC kekecilan, Kedua kotorrrr… Kalo PK AC kekecilan sih ga ada obat selain ganti AC, nah kalo kotor, berarti pembuangan panas ga maksimal, jadi harus ngeluarin tenaga lebih yang berartiiii konsumsi listrik juga naik ya.

Jadi kalo pake AC Inverter semakin sering dicuci semakin baik. Dan walau sudah rutin mencuci AC tiap 2 bulan atau 3 bulan sekali, memang lebih baik melakukan juga Service Besar setiap 2 tahun sekali, biar semua lendir-lendir yang bisa muncul di belakang evaporator indoor AC bisa dibersihkan dengan sempurna. Silakan juga langsung kunjungi halaman tips dan trik menggunakan AC Inverter untuk mendapatkan penjelasan komplit cara pake AC Inverter yaaa…

 

5. Jangan sering buka-tutup pintu ruangan dan jangan biarkan ada pintu yang terbuka.

Ini juga masalah klasik dalam cara menggunakan ac. Apabila kita sering keluar masuk ruangan, pastikan pintu selalu ditutup kembali. Atau kalau kamar tidur kita ada kamar mandinya, pastikan supaya pintu selalu ditutup kembali. Mengapa? Karena begitu ada pintu yang terbuka, angin dingin akan langsung keluar ruangan, dan AC akan kembali berusaha menurunkan suhu di dalam ruangan. Nah apabila pintu terus terbuka baik ke kamar mandi atau bahkan ke ruangan lain di luar kamar, sebenarnya ukuran ruangan yang di dinginkan jadi lebih besar dari seharusnya. Ini akan berimbas dengan kompressor yang akan terus bekerja menjaga suhu ruangan agar sama dengan suhu remote. Itulah kenapa di semua mall di Jakarta pintu kaca yang menghubungkan tempat parkir dengan Mall pasti ada stiker di pintu kacanya yang kira-kira bertuliskan “Pintu harus selalu dalam keadaan tertutup”

 

Nah untuk anda yang belum membeli AC dan sedang mencari, pastikan PK AC anda cukup untuk mendinginkan ruangan plus orang yang tidur atau tinggal di dalam kamarnya. Rumus perhitungan yang simple atau yang ngejelimet tapi jauh lebih akurat sudah kami sediakan di artikel menghitung kebutuhan AC ruangan. Silahkan dibaca dan dimengerti kalau anda berminat.

Kami juga sangat menyarankan anda membaca artikel tipe AC Daikin apabila anda ingin membeli AC Daikin namun bingung mau memakai tipe yang mana. Atau bisa juga membaca artikel tipe AC Panasonic kalau anda memutuskan untuk menggunakan AC Panasonic. Kami juga memiliki price list AC Daikin 2021. Komplit untuk semua tipe Split line up 2021 dan juga harga ac panasonic terbaru yang tentu saja sekomplit artikel AC Daikin kami. Tidak lupa kami juga memiliki artikel tentang tipe AC Gree dan Harga AC Gree… silakan scroll ke bawah dan melihat list artikel kami yah.

Tidak lupa kami promosikan artikel tentang AC yang lain seperti perlukah isi ulang freon? Atau mungkin anda sedang bingung dengan merk AC yang beredar di Indonesia menggunakan Freon yang berbeda-beda? Anda akan menemukan jawabannya di artikel perbandingan Freon R32 dengan Freon R22, R410A dan R290 disini.

Kami juga mempersilahkan anda untuk dapat membaca artikel kami yang lainnya

1. Apakah perlu isi ulang Freon AC?

2. Apakah AC Inverter benar – benar bagus dan hemat listrik?

3. Cara menggunakan AC agar awet dan hemat listrik

4. Cara menghitung kebutuhan PK AC sesuai ruangan

5. Semua yang harus anda tahu tentang AC Low Watt dan AC Inverter

6. Mengapa Ongkos pasang AC Freon R32 lebih mahal?

7. Perbedaan Freon R22, R32 dan R410A

8. Penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin

9. Perbedaan Tipe AC Daikin

10. Harga AC Daikin 2022

11. Perbedaan tipe AC Panasonic

12. Harga AC Panasonic 2022

13. Brosur AC Daikin

14. Pengangkatan National Elektronik sebagai Daikin AC Shop

15. Tips dan trik menggunakan AC Inverter

16. AC Daikin Multi S

17. Testimoni AC Daikin di Kaskus

18. Emang AC Gree bagus? Kan buatan China

19. Harga AC Gree 2022

20. Tipe AC Gree apa saja dan perbedaannya

21. Bocoran AC Gree 2019

22. Launching AC Daikin Line Up 2018

23. Review Daikin Inverter Flash 1PK FTKQ25SVM4

24. Apaan sih COP dan EER itu?

25. AC Panasonic si Biru CS-LN Series

26. Pindah AC jadi ga dingin?

27. AC Multi Split Panasonic

28. Air Purifier Daikin

29. Podcast bersama Branch Manager Gree

30. Podcast bersama Panasonic Sales

31. Kenapa harus pasang AC dengan teknisi in house?

 

Anda dapat menghubungi kami sekarang baik melalui halaman contact us, lewat email ke [email protected] ataupun menghubungi hotline kami di (021) 737 5155, 737 5156, 7369 0753 atau gunakan semua cara yang ada diatas baik lewat FB, IG, YM atau WA yah.

Artikel dibuat oleh:

Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
Follow me on Twitter and Instagram @samuellumentut and @national.elektronik
National Elektronik

Artikel diperbarui terakhir pada tanggal: 24 Maret 2022

TAGS :
  • Anggar Sj

    Saya mau tanya nih, AC saya merk panasonic 1 PK.
    Kenapa saat stell di 28’C – 25’C outdoor AC sering mati hidup sendiri ya? Apakah itu normal atau tidak.
    Yang saya tau kalau sering mati hidup dengan jarak yang cepat, dapat mempengaruhi kerusakan umur outdoor itu sendiri.
    Tolong penjelasannya terimakasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Memang kalau disetel 25 – 28 bakal sering mati nyala outdoornya karena suhu ruangan sudah tercapai.

      Sebenernya set AC suhu 28 tidak diperlukan. Harusnya sekitar 24 – 25 sudah cukup sih. Karena kalau set 28 perbedaan suhu dengan luar ruangan sangat kecil apalagi pas dini hari diluar suhu 25 kalo di kamar set suhu 28 ya bakal sering banget nyala mati outdoornya.

      Oke semoga sudah jelas ya. Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Putri

    Haloo, mau tanya nih hehe

    Aku pasang AC (sanken) 1 pk. Ukuran kamar kecil kayaknya 3×3 (atau mungkin malah ngga ada). Pemakaian untuk 2 orang, bentar lagi tambah bayi.

    Hidup pas malam hari aja nih (sepanjang malam) mulai 18.00 – 04.00. Selalu aku set di 25 derajat dan mode auto. Kira kira boros nggak ya pemakaian listriknya?? Hmmm.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalau anda menggunakan AC non Inverter sebenernya ga ada pilihan hemat atau boros.

      Yang ada cuman lebih panjang umurnya atau memperpendek umur ACnya.

      Karena Watt AC non Inverter TIDAK BISA naik turun seperti AC Inverter. Jadi mau di setting kayak apa pun ya wattnya sama… segitu aja sesuai brosur.

      Kalo AC Inverter kan ada rentang wattnya, itu baru kalo setting dan pakai AC seperti cara anda, bakalan hemat banget karena sudah tepat.

      Kalo AC anda karena BUKAN inverter, cara pakai yang sekarang sudah tepat untuk MEMPERPANJANG umur AC karena AC ga berat kerjanya. Kalo sama biaya listrik nyaris ga ada bedanya dengan anda set suhu 16 derajat mode AUTO nyala tetep jam 18.00 – 04.00

      Oke semoga sudah jelas ya

      Terima kasih sudah mampir ke tempat kami.

      Reply
  • Nur Wahidin

    Malam bos ku, mau tanya2 klo ac daikin unit indor ada yg netes2 biasanya kesalahan dri apanya..?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalau indoor unit netes biasanya:

      1. AC kotor jadi saluran pembuangan mampet bisa juga karena kemasukan hewan atau penuh lendir saluran pembuangan airnya

      2. Selang pembuangan air lepas dari jalur yang ada di dinding

      3. Kondensasi karena perbedaan kelembaban yang terlalu besar atau AC di set terlalu dingin jadi perbedaan suhu dengan luar kamar terlalu extreme (ini jarang terjadi)

      Coba di cuci dulu ACnya ya, trus disuru semprot pake alat pembersih AC-nya di saluran pembuangannya biar lancar lagi.

      Harusnya sih beres

      Oke terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Toped kami memang khusus hanya untuk yang mau bayar cicilan 0% jadi nanti kami akan buatkan link-nya, kami kirimkan ke WA anda, trus tinggal dibayar deh…

      Langsung hubungi toko kami aja untuk minta dibuatkan link toped-nya…

      Makasih ya udah mampir kemari

      Reply
  • Hernowo

    Nanya dong Om.
    Saya punya kamar ukuran 3×3. Ada lubang udara ke luar dan ke ruangan tengah. Dipake kalo pas tidur malam aja.
    Bagusnya pake berapa pk adanya lubang angin bakal pengaruh gimana ke performance AC.
    Saya ada 3 kamar yang mau dipakein AC.

    Terimakasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kamar 3×3 ada lubang udara cukup besar, ya lebih baik ditutup sih, tapi kalau tidak terlalu besar ya gapapa.

      kalau ukuran kamarnya semua sama 3×3, bisa pakai AC Daikin Multi S 3/4PK sebanyak 3 unit.

      Jadi pakai Outdoor MKC50 + Indoor 1/2PK CTKC15 x3 – Rp. 16.150.000,-

      Harga diatas sudah termasuk ongkos pasang, pipa Freon HODA 5m per Indoor unit, kabel listrik SUPREME 3×2.5 5m per Indoor unit, drain air 2m per Indoor unit, bracket Outdoor dan proses Vacuum sesuai SOP Daikin

      belum termasuk transport tergantung lokasi pemasangan AC dimana ya

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Zazim

    Mohon info detailnya cara menggunakan/setting remote AC Daikin inverter yg benar.?
    Contohnya remote Daikin inverter FTKQ15SVM4

    Terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Sebenernya cara setting remote sangat mudah

      Cukup nyalakan di mode Cool,

      Set temperatur cukup 24 – 25 pas malam, dan 25 – 26 pas siang hari, fan speed AUTO.

      Kalo kamarnya ga lebih besar dari 9m2 harusnya hemat listriknya sudah akan maksimal dengan set suhu segitu.

      Terima kasih sudah bertanya ke website kami.

      Reply
  • Riri

    Salam bertanya mas hehe.
    Sy baru beli ac merka sharp ah-9vey 1pk plasma untuk kontrakan, gimana ya cara pemakaian nya agar lebih irit karna 10harian ini listrik 200rb hehe.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Wah pake 9VEY listriknya 750 Watt gan… selama nyala ya segitu aja listriknya.

      Makanya sebenernya disarankan menggunakan Inverter kalo mau hemat listrik.

      Caranya biar hemat kalo bukan pake Inverter ya jarang2 dipake ACnya hahahahaha…

      Ya minimal di set suhu 25 ato 26 aja gan… jangan di set 16… ntar kompressor ga pernah mati.

      Gitu aja sih gan… btw ruangannya ukuran berapa?

      Reply
  • Arya

    Izin bertanya gan, untuk menghemat listrik kira2 dgn AC standar 3/4 pk untuk kmar tidur itu setidak nya harus dimatikan AC nya sehari boleh berapa kali yah?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk menghemat listrik untuk AC non-Inverter harus dimatikan se sering mungkin.

      Karena watt-nya hanya bisa maksimum dan nol, maksimum pas nyala, 0 pas mati.

      Beda sama AC Inverter.

      jadi kalo pake AC standard harus se sering mungkin dimatikan ya…

      Pokoknya kalo ruangan ga bakal dipake sejam aja udah harus dimatikan ACnya. Gitu udah paling bener buat hemat listrik.

      Kalo AC Inverter ga dipake 3 jam baru dimatiin ACnya…

      Oke semoga sudah jelas ya.

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • rika

    mau tanya air yg diselang outdoor knp byk y,atau emang gitu y, krn kami baru beli ac sharp AH 9SAy 1 PK.tks

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Maksudnya di selang outdoor itu apa ya?

      selang pembuangan air (drain air)?

      Kalo iya, ya memang mesti banyak airnya… Kalo airnya sedikit malah kerjanya ga maksimal ACnya…

      Terima kasih.

      Reply
  • eka

    pak mau tanya merk ac saya polytron terbaru yg ada di iklan sekarang, cuma saya lupa type apa hehe

    jadi setiap saya nyalakan ac preon nya itu berisik sekali, apa yg harus dilakukan agar preon tidak berisik mesin nya?

    Alhasil saya memakai lambang fan (kipas angin) agar preon nya tidak berbunyi/berhenti memutar. Apakah dengan mode fan dan preon tidak nyala dapat menghemat listrik?

    mohon jawabannya. Terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Yang berisik itu outdoor unit Pak, bukan preon hehehehe…

      Kalo berisik sampe menggangu telepon orang yang masang donk suru benerin. Kalo ga telp call center polytron trus komplen kenapa outdoor unitnya berisik. Minta dibenerin.

      Kalo cuman pake lambang fan doank, itu AC berubah jadi kipas angin.

      Ngapain beli AC kalo gitu… mahal jutaan harganya, pake kipas angin aja hahahahah…

      Memang dengan mode fan, kompressor / outdoor unit tidak bekerja akan jauh lebih hemat listrik tapi ya AC-nya sama fungsinya kayak kipas angin… sekali lagi ngapain pake AC kalo cuman dipasang di mode fan. harus dalam mode cool ac bekerjanya.

      Oke semoga sudah jelas ya

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Hi,
    saya mau tanya; bolehkah kita buka pintu saat AC off? karena saya hanya pakai waktu pas tidur, dan selanjutnya saya tidak pakai lagi.

    AC saya merk UCHIDA 1 PK.

    Terima kasih saya menunggu balasanya ya kak!

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Ya tentu saja boleh buka pintu saat AC off… Saat AC on juga ya boleh aja, masa kalo AC ud nyala ga boleh keluar dari kamar? emangnya dipenjara? heheheheh…

      Kalo AC off kan ga tarik listrik, paling hanya 7 watt buat mode standby.

      Terima kasih ya sudah bertanya kepada kami.

      Reply
  • Andri

    Mas saya baru beli AC 3/4 pk merk gree deluxe low watt, ukuran kamar 3×3
    Saya bingung harus set di mode apa ?? auto,pendingin atau dry
    Dan baik nya di set disuhu brpa ?? Untuk malam hari.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Wah manteb kamar 3×3 pake C3 3/4PK… bagus itu…

      Set cukup mode COOL, suhu cukup 24 atau 25 di malam hari, dan 25 sampai 26 di siang hari.

      Kalo malem 25 aja kedinginan ya bikin 26 lah. Gitu aja..

      Terima kasih sudah berkunjung dan bertanya ke website kami.

      Reply
  • Esti

    Jadi ceritanya saya mau pasang ac buat kamar uk 3×3.. (mungkin) akan menyala sekitar pulang kerja jam 3-9 malam (pada saat tidur saya biasanya matikan ac karena g tahan dingin), listrik di rumah daya nya 900.. minta saran bapak apakah saya beli yg low watt atau yang inverter, terkait daya yang ada dan hemat biaya..terimakasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalo kondisi seperti itu sih disarankan menggunakan AC Daikin Inverter Flash 3/4PK FTKQ20 – Rp. 5.025.000,-

      Harga diatas sudah termasuk ongkos pasang, pipa Freon HODA 5m, kabel listrik SUPREME 3×2.5 5m, drain air 2m, bracket Outdoor dan proses Vacuum sesuai SOP Daikin/Gree.

      belum termasuk transport tergantung lokasi pemasangan AC dimana

      Jadi kalau mau dinyalakan alat listrik lain yang wattnya besar seperti pompa air atau yang lainnya, ACnya dinyalain duluan… Tunggu 15 sampe 20 menit baru nyalain pompa air. Niscaya ga jebret listriknya. Dan akan dingin juga hemat listrik.

      Oke terima kasih sudah mampir dan bertanya ke website kami.

      Reply
  • Arief

    Permisi om ac saya merek sharp model AH-XP5NSY eco inverter 360 wat..yg sya pertnykan tu kategori low wat apa inverter
    Mohon pnjlsanya
    Krna sya msh bngung wat nya kecil tpi ada eco inverternya
    Apkah beda INVERTER dengan ECO INVERTER??
    Trs klo sering nyalakan dan di matikan apkah boros apa tdk sesuai model sharl AH-XP5NSY
    trimkasih suhu
    Di tunggu jwabnya ya

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Sama aja Eco Inverter sama Inverter. Cuman bahasa marketing.

      kalo ac inverter nih, kalo cuman pergi 1 jam ato 2 jam trus balik rumah lagi. JANGAN DIMATIIN ACnya…

      tapi kalo perginya lebih dari 2 jam ya dimatiin gapapa.

      Tapi tergantung juga sih ukuran kamarnya berapa? pake inverter 1/2PK cukup ga PK-nya?

      Kalo PK-nya kekecilan, lebih baik kalo keluar sebentar pun dimatiin ACnya hahahah karena kalo nyala pun akan lebih sering di watt mentok. Jadi sama aja… Lebih baik sering dimatikan ACnya.

      Reply
  • Mahrez

    Selamat siang mas, semoga kabar baik. Beberapa kali saya mendengar dari teman dan teknisi ac untuk tidak membuat suhu ac diatas 25 dengan alasan mengakibatkan ac cepat rusak. gimana tanggapannya mas, salam

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Aminnn kabarnya baik.

      Set suhu AC diatas 25 TIDAK ADA masalah sama sekali. Apalagi pakai tipe Inverter lebih bagus dan lebih irit.

      Kalau pakai AC non-Inverter memang karena kompressor akan sering mati/hidup pasti akan berkurang juga umurnya.

      Tapi sekali lagi saya tekankan TIDAK ADA masalah. Di set di 26 ataupun 27. Kalau diatas itu sih udah ga feasible juga ya. Kalo cuman set 28 mah mending pake kipas angin aja… Sama aja nanti dinginnya hehehehe…

      Oke terima kasih ya sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • Jhony Hong

    Met sore boleh saya tanya hehe…saya juga pakai ac daikin..3/4pk…ac tiap 2-3 bulan sekali saya cuci…tahun pertama ac dingin banget di suhu remore 24 dan fan speed level 1 siang malam juga dingin…sdh jalan lebih dari setahun sepertinya sdh kurang dingin terutama ketika siang hari..ada penyebabnya yah kira2 trims!

    Reply
    • Web_Admin

      Siang…

      Bole donk masa mau tanya ga boleh?

      untuk kasus anda sudah dijabarkan puanjang luebar di artikel ini

      http://bit.ly/actidakdingin

      langsung aja dibaca yaaaa….

      terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • lindu

    om mau tanya nih, kalo ruangan seperti minimarket, atau toko kelontong, pakai ac yang jenis apa?? (kan sering orang keluar masuk tuh.)

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk minimarket ya tetep pake Inverter akan lebih hemat, tapi balik modalnya akan lebih lama dibanding pake Inverter di kamar tidur.

      Kalau mau cukup pakai tipe Standard saja. Jangan pakai low watt karena sudah kerja keras dari awal, ditambah kerja keras lagi karena angin dingin terbuang keluar mini marketnnya.

      Oke semoga udah jelas ya.

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • Luhur

    Pak, sy perlu untuk ruang keluarga persegi panjang ukuran 24m2 (6×4) tp ada tangga ke lantai 2 jg di ruangan itu. Sebaiknya pakai 1,5pk saja atau bagaimana ya? Karena tangga ke lt 2 terbuka (bukan dinding). Atau tinggal arah ac indoornya saja yg diarahkan menjauhi tangga? Terima kasih sarannya.

    Reply
    • Web_Admin

      Kalau 4×6 sih disarankan menggunakan 2PK ACnya.

      Trus tetap nanti anginnya dibuat menjauhi tangga tetep biar ga terlalu banyak bocor ke lantai 2.

      Demikian saran kami. Terima kasih ya atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • siang mas.
    dalam penggunaan AC dengan suhu 24 °c. penggunaan daya lebih irit dengan sistim otomatis atau biasa ?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Dengan penggunaan suhu 24 derajat, penggunaan daya lebih irit kalau PK AC mencukupi dan memang mampu membuat suhu ruangan jadi 24. Terutama di siang hari.

      kalau AC ga mampu bikin suhu ruangan 24 mau pake sistem apapun ya bakalan boros.

      Sedangkan kalau memang AC mampu bikin suhu ruangan 24 mau sistem apapun juga pasti irit.

      Jadi bukan sistem otomatis atau biasa yang pengaruh, tapi PK AC-nya sendiri yang 99% berpengaruh ke irit atau tidaknya listrik.

      Oke semoga sudah jelas ya. Terima kasih sudah berkunjung dan bertanya kepada kami.

      Reply
  • Andy rendra

    Siang mas
    Saya mau nanya kalau punya bayi pake ac 1/2pk kalau dipasang di suhu 24 derajat celcius dan kecepatan angin 2 speed apakah cukup utk saya,istri,bayi umur 1,5 thn malam hari..makasih mas dijawab..

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalau punya bayi sih dulu saya set suhunya 26 atau 27 mas dengan kecepatan angin AUTO

      Tapi anaknya udah umur 1.5 tahun udah bukan bayi lagi hehehe… 25 sebenarnya seharusnya sudah lebih dari cukup dinginnya.

      Memang kamarnya ukuran berapa?

      Saya saja sampe sekarang di kamar malam set suhu 25 dengan fan speed AUTO, suhu termometer ruangan menunjukan suhu ruangan riil antara 24.8 – 25.5 itu udah dingin banget, istri udah selimutan sih.

      jadi yang penting adalah suhu riil kamar sih mas, bukan suhu remote… karena suhu remote belum tentu sama dengan suhu riil ruangan.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *