POSTED BY Web_Admin | Mar, 01, 2021 |

UPDATE 1: Kalau mau respon cepat, selain menghubungi nomer telepon toko di (021) 737 5155 / 737 5156 / 737 5157 / 7369 0753 anda dapat menghubungi nomor WA team sales kami ya di

 

0813 1777 5157

 

Kali ini kami akan mengajarkan bagaimana cara menggunakan AC yang benar supaya listrik tidak terlalu boros dan umur AC jadi tambah panjang. Hal ini haruslah kami sosialisasikan karena sangat banyak konsumen kami yang melakukan kesalahan fatal saat penggunaan AC. Setelah itu mereka jadi menyalahkan merk AC-nya… “Ah AC merk ini jelek lah… baru setahun lebih pake sudah jebol kompressornya…” atau “Ah ga mau pake AC merk ini lah, baru setaon pake udah bocor ga karuan…”

Pernyataan seperti tadi itu sering saya dapatkan pada saat para customer dan calon pelanggan kami berdikusi dengan kami baik melalui email, BBM, WA, Line, ataupun telepon langsung ke toko kami. Sebenernya hal itu bisa di minimalisasi kalau kita sendiri sebagai pengguna AC tahu cara menggunakan AC dengan benar.

Oke kita mulai pembahasan cara menggunakan AC yang benar yah

cara menggunakan AC

1. Pastikan PK AC mencukupi kebutuhan ruangan.

Hal ini adalah masalah paling klasik dalam penggunaan AC. Kami sudah menjelaskan dengan gamblang dan dengan bahasa yang mudah dimengerti pada artikel menghitung kebutuhan AC ruangan. Silahkan dibaca artikel tadi sebelum melanjutkan membaca artikel ini. Di artikel tadi dibahas dengan tuntas bahwa dengan memaksa menggunakan AC yang -maaf- menurut anda si cukup lah… karena kalo pake yang lebih tinggi lebih boros listrik dan lebih mahal harganya atau bisa kedinginan. SALAHHH!!! kalau misalnya ruangan 3 x 3m… Btu yang dibutuhkan adalah 5.400 Nah AC 1/2 PK Btu-nya 5.000, AC 3/4PK Btu-nya 7.000 harga AC hanya beda 100ribu Rupiah. Watt AC berbeda sekitar 200 Watt. Anda HARUS menggunakan AC 3/4PK. Kenapa? Karena kalau pakai AC yang 1/2PK… Kompressor AC harus bekerja maksimum baru ruangan bisa dingin. Bayangkan saja kalau mobil setiap hari kita geber-geber bawanya, sama mobil yang santai kita bawanya, lebih awet mana? kalau mobil bekas penjualnya tahu kalau yang pakai wanita biasanya lebih tinggi harganya. Kenapa? karena penjual tahu kalau wanita biasanya bawa mobilnya ga seradak-seruduk dan kebut-kebutan yang membuat mesin jadi lebih cepat aus hehehehe…

 

2. Kalau AC baru dimatikan entah karena listrik jebret atau tidak sengaja kepencet tombol off-nya, JANGAN langsung dinyalakan kembali.

Biarkan oli kompressor dan gas freon kembali ke kompressor dulu dan beristirahat selama minimal 1 menit. Niscaya umur kompressor anda akan lebih panjang. Cara menggunakan AC yang benar ini adalah salah satu cara paling efektif dalam memperpanjang umur kompressor AC anda.

 

3. JANGAN atur suhu remote 16 derajat dengan Fan speed maksimum.

Ini adalah KESALAHAN TERBESAR pada saat anda menggunakan AC. Ingat AC adalah Air Conditioner dan bukan Air Cooler. harusnya menggunakan AC dengan suhu remote 24 dan Fan speed AUTO sudah lebih dari cukup dinginnya. Kalau kita pergi ke Mall dingin ga ACnya? Dingin kan? Coba tanya sama pengelola Mall mereka set suhu AC-nya berapa? 25 derajat loh!!!! Kenapa dingin? karena Btu AC Mall jauh lebih besar dari kebutuhan ruangan.

Kemudian coba anda perhatikan, suhu di kota Lembang, Bandung pada dini hari yang menurut Accuweather adalah sekitar 18 – 19 derajat. Itu saja sudah bisa membuat mulut keluar asap. Pernahkah anda berpikir suhu ruangan kamar anda 16 derajat? Apakah mungkin tercapai? TIDAK MUNGKIN selama di Jakarta belum ada anomali cuaca jadi bersalju!

Suhu luar ruangan di Jakarta pada dini hari adalah 25 – 26 derajat sepanjang tahun. Jadi sekali lagi TIDAK MUNGKIN suhu 16 derajat akan tercapai. suhu 20 derajat pun hampir tidak mungkin bisa tercapai kecuali anda menggunakan AC yang memiliki kapasitas JAUH lebih besar dibandingkan kebutuhan ruangan. Contoh untuk ruang server salah satu klien kami di daerah Taman Tekno, BSD biasanya ukuran 3x4m dimana dibutuhkan Btu hanya 7.600 alias AC 1 PK sudah mencukupi, tapi dipasang AC 2.5 PK dengan kapasitas Btu 21.000, itu baru bisa tercapai suhu 20 derajat walaupun di siang hari bolong pada musim kemarau.

Sebenernya cara kerja AC non-inverter adalah sebagai berikut. Kita set suhu di remote misalnya 24 derajat. Pada saat AC dinyalakan akan terdengar bunyi “tek” yang menandakan kompressor AC menyala dan gas Freon akan dipompa dari kompressor ke evaporator AC di unit Indoor dan disembur oleh kipas AC sehingga angin yang keluar adalah angin dingin. Unit Thermostat di Indoor AC akan bekerja sama dengan unit komputer di PCB AC untuk berusaha membuat ruangan mencapai suhu 24 derajat Celsius. Jadi saya tekankan suhu di remote AC TIDAK SAMA dengan suhu ruangan. Suhu di remote AC itu adalah kita sebagai pengguna AC meminta kepada AC supaya membuat ruangan mencapai suhu yang ada di remote AC. Nah apakah AC-nya mampu membuat suhu ruangan sama dengan suhu remote? Belum tentuuuu apalagi kalo remote dibikin suhu 16… Jawabannya ga bakalan bisaaaa…

Nah selama suhu ruangan belum tercapai, kompressor akan bekerja FULL 100% sampai suhu ruangan tercapai ATAU kompressor terlalu panas jadi akan di cut off atau dimatikan. Pada saat itu akan terdengar lagi bunyi “tek” yang menandakan kompressor AC mati. Apabila suhu sudah mencapai 22 derajat kebawah (kalo mampu ACnya), kompressor akan mati menandakan suhu sudah tercapai. Angin yang keluar dari kisi-kisi AC akan jadi seperti kipas angin… Kemudian setelah suhu ruangan sudah diatas 24.9 derajat, kompressor akan kembali menyala ditandai dengan bunyi “tek” lagi.

Hal ini akan terjadi berulang-ulang selama AC dinyalakan. Nah sekarang bayangkan anda menyetel remote AC di suhu 16 derajat. Ruangan anda TIDAK AKAN pernah mencapai suhu 16 derajat sehingga kompressor AC hanya akan mati saat sudah terlalu panas. Tindakan ini tentu saja akan memperpendek umur kompressor AC. SEHARUSNYA dengan suhu hanya 24 atau 25 derajat saja dengan fan di posisi AUTO anda sudah merasa dingin banget. Kalau tidak dingin dan AC tidak ada masalah SUDAH PASTI PK AC anda kekecilan jadi tidak cukup untuk mendinginkan seluruh ruangan.

Kalau cara kerja AC Inverter berbeda. Kompressor AC tidak pernah mati. Yang ditambah atau dikurangi hanya daya AC ke kompressor. Kelebihan utama dari Inverter selain listrik yang lebih hemat karena kompressor bekerja terus namun stabil sama seperti menyetir mobil keluar kota pasti lebih hemat BBM karena banyak lewat tol dengan kecepatan tinggi namun konstan dibanding menyetir di dalam kota yang gas-rem-gas-rem terus karena macettttt… Adalah suhu ruangan yang lebih stabil.

Untuk AC non-inverter fluktuasi suhu ruangan adalah lebih kurang 2 derajat celsius. Sedangankan untuk AC Inverter adalah 1 derajat Celsius. Jadi secara teori yah, kalau di AC Non-Inverter anda men-set suhu remote 24 derajat, suhu di ruangan anda adalah antara 22 – 26 derajat Celsius. itulah kenapa biasanya pada saat pake AC Non-Inverter jam 4 pagi anda suka mematikan AC karena kedinginan. Betul apa betulll? Kalau pakai AC Inverter suhu 24 derajat akan terjaga selama AC dinyalakan karena suhu ruangan hanya akan antara 23 – 25 derajat.

Oke kembali ke suhu remote dan fan. Jadi saya bisa pastikan walaupun anda menggunakan AC Inverter, selama anda setel suhu remote 16 derajat dan fan maksimum penghematan listrik anda adalah NOL BESAR! alias tidak ada penghematan sama sekali! Bahkan bisa lebih boros dibanding AC non-Inverter. Hal ini bisa terjadi karena biasanya AC Inverter memiliki Watt yang lebih besar pada saat start awal untuk mendinginkan ruangan lebih cepat. Jadi kalau anda tetap ngeyel sukanya pake suhu 16 dan fan maksimum, mending pake AC Low Watt. Saya jamin lebih hemat listrik….

Jadi kunci dari cara menggunakan AC yang benar adalah cukup setel suhu remote di 24 – 25 derajat tergantung tingkat tahan dinginnya anda. Pokoknya kalau tidur tanpa selimut masih bisa dan tidak kedinginan. Nah temukan suhu dimana anda bisa tidur tanpa pakai selimut. Set suhu remote anda di suhu itu, niscaya kompressor AC anda akan lebih awet karena tidak perlu kerja terlalu berat, dan suhu ruangan bisa tercapai sesuai dengan suhu remote.

 

4. Pastikan AC selalu di service atau di cuci setiap 2 sampai 3 bulan sekali.

AC yang sudah kotor terutama di filter, evaporator dan di kipas AC akan membutuhkan daya extra untuk mencapai kondisi ideal pendinginan. Contoh kalau kipas dan filter AC sudah penuh debu misalnya, dari biasanya anda pakai fan kecepatan 1 sekarang harus maksimum baru dingin. Ini akan mengakibatkan pemborosan listrik yang tidak perlu. Begitu pula dengan unit outdoor, bila sudah kotor dan berdebu, pembuangan panas akan tidak bisa maksimal sehingga kompressor lebih sering mati karena terlalu panas padahal suhu ruangan belum tercapai.

Bahkan kalau ada yang merokok di dalam ruangan, atau dekat tempat yang banyak debu atau dapur maka AC wajib dicuci setiap 2 bulan sekali. Jika anda tinggal di daerah dekat pantai seperti di Pantai Mutiara, Pluit, Pantai Indah Kapuk, Ancol, dll. Kami sungguh menyarankan anda mencuci AC dengan AIR MINUM ISI ULANG bukan air tanah ataupun air PAM dan dicuci setiap 2 bulan sekali sehingga pembentukan karat akibat udara laut dapat diminimalisasi.

Jangan lupa juga Filter AC yang ada di Indoor unit juga kalau bisa setiap 2 – 3 minggu sekali dicuci, karena setelah 3 minggu pasti seluruh permukaan filter-nya sudah tertutup debu tipis.

Hal ini juga terjadi pada AC Inverter yaaa… AC Inverter itu musuhnya cuman 2. Pertama PK AC kekecilan, Kedua kotorrrr… Kalo PK AC kekecilan sih ga ada obat selain ganti AC, nah kalo kotor, berarti pembuangan panas ga maksimal, jadi harus ngeluarin tenaga lebih yang berartiiii konsumsi listrik juga naik ya.

Jadi kalo pake AC Inverter semakin sering dicuci semakin baik. Dan walau sudah rutin mencuci AC tiap 2 bulan atau 3 bulan sekali, memang lebih baik melakukan juga Service Besar setiap 2 tahun sekali, biar semua lendir-lendir yang bisa muncul di belakang evaporator indoor AC bisa dibersihkan dengan sempurna. Silakan juga langsung kunjungi halaman tips dan trik menggunakan AC Inverter untuk mendapatkan penjelasan komplit cara pake AC Inverter yaaa…

 

5. Jangan sering buka-tutup pintu ruangan dan jangan biarkan ada pintu yang terbuka.

Ini juga masalah klasik dalam cara menggunakan ac. Apabila kita sering keluar masuk ruangan, pastikan pintu selalu ditutup kembali. Atau kalau kamar tidur kita ada kamar mandinya, pastikan supaya pintu selalu ditutup kembali. Mengapa? Karena begitu ada pintu yang terbuka, angin dingin akan langsung keluar ruangan, dan AC akan kembali berusaha menurunkan suhu di dalam ruangan. Nah apabila pintu terus terbuka baik ke kamar mandi atau bahkan ke ruangan lain di luar kamar, sebenarnya ukuran ruangan yang di dinginkan jadi lebih besar dari seharusnya. Ini akan berimbas dengan kompressor yang akan terus bekerja menjaga suhu ruangan agar sama dengan suhu remote. Itulah kenapa di semua mall di Jakarta pintu kaca yang menghubungkan tempat parkir dengan Mall pasti ada stiker di pintu kacanya yang kira-kira bertuliskan “Pintu harus selalu dalam keadaan tertutup”

 

Nah untuk anda yang belum membeli AC dan sedang mencari, pastikan PK AC anda cukup untuk mendinginkan ruangan plus orang yang tidur atau tinggal di dalam kamarnya. Rumus perhitungan yang simple atau yang ngejelimet tapi jauh lebih akurat sudah kami sediakan di artikel menghitung kebutuhan AC ruangan. Silahkan dibaca dan dimengerti kalau anda berminat.

Kami juga sangat menyarankan anda membaca artikel tipe AC Daikin apabila anda ingin membeli AC Daikin namun bingung mau memakai tipe yang mana. Atau bisa juga membaca artikel tipe AC Panasonic kalau anda memutuskan untuk menggunakan AC Panasonic. Kami juga memiliki price list AC Daikin 2021. Komplit untuk semua tipe Split line up 2021 dan juga harga ac panasonic terbaru yang tentu saja sekomplit artikel AC Daikin kami. Tidak lupa kami juga memiliki artikel tentang tipe AC Gree dan Harga AC Gree… silakan scroll ke bawah dan melihat list artikel kami yah.

Tidak lupa kami promosikan artikel tentang AC yang lain seperti perlukah isi ulang freon? Atau mungkin anda sedang bingung dengan merk AC yang beredar di Indonesia menggunakan Freon yang berbeda-beda? Anda akan menemukan jawabannya di artikel perbandingan Freon R32 dengan Freon R22, R410A dan R290 disini.

Kami juga mempersilahkan anda untuk dapat membaca artikel kami yang lainnya

1. Apakah perlu isi ulang Freon AC?

2. Apakah AC Inverter benar – benar bagus dan hemat listrik?

3. Cara menggunakan AC agar awet dan hemat listrik

4. Cara menghitung kebutuhan PK AC sesuai ruangan

5. Semua yang harus anda tahu tentang AC Low Watt dan AC Inverter

6. Mengapa Ongkos pasang AC Freon R32 lebih mahal?

7. Perbedaan Freon R22, R32 dan R410A

8. Penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin

9. Perbedaan Tipe AC Daikin

10. Harga AC Daikin 2022

11. Perbedaan tipe AC Panasonic

12. Harga AC Panasonic 2022

13. Brosur AC Daikin

14. Pengangkatan National Elektronik sebagai Daikin AC Shop

15. Tips dan trik menggunakan AC Inverter

16. AC Daikin Multi S

17. Testimoni AC Daikin di Kaskus

18. Emang AC Gree bagus? Kan buatan China

19. Harga AC Gree 2022

20. Tipe AC Gree apa saja dan perbedaannya

21. Bocoran AC Gree 2019

22. Launching AC Daikin Line Up 2018

23. Review Daikin Inverter Flash 1PK FTKQ25SVM4

24. Apaan sih COP dan EER itu?

25. AC Panasonic si Biru CS-LN Series

26. Pindah AC jadi ga dingin?

27. AC Multi Split Panasonic

28. Air Purifier Daikin

29. Podcast bersama Branch Manager Gree

30. Podcast bersama Panasonic Sales

31. Kenapa harus pasang AC dengan teknisi in house?

 

Anda dapat menghubungi kami sekarang baik melalui halaman contact us, lewat email ke [email protected] ataupun menghubungi hotline kami di (021) 737 5155, 737 5156, 7369 0753 atau gunakan semua cara yang ada diatas baik lewat FB, IG, YM atau WA yah.

Artikel dibuat oleh:

Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
Follow me on Twitter and Instagram @samuellumentut and @national.elektronik
National Elektronik

Artikel diperbarui terakhir pada tanggal: 24 Maret 2022

TAGS :
  • coki

    slamat mlm

    Saya punya ac 1pk dengan luas kamar tidur ukuran 3×4..supaya listrik dirumah saya hemat buat suhu diruangan kamar saya brapa drajat pak? Biar tagianya g terlampau berat heee maap pengiritan trimakasih pak

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk ruangan anda suh uyang paling tepat adalah suhu yang MAMPU dicapai oleh AC-nya. Biasanya sih suhu 24 atau 25 dengan Fan speed AUTO sudah lebih dari cukup untuk mendinginkan ruangan.

      Tapi kalau mau irit sebenernya mesti ganti pake Inverter Pak. Itu baru berasa pengiritannya bisa sampai 50 – 60 persen.

      Kalau AC non-Inverter dengan set suhu 24 atau 25 dengan Fan Speed Auto paling pengiritan yang di dapat sekitar 3 – 5 persen daripada set suhu di 20 atau 16 malah.

      Oke semoga sudah cukup jelas ya

      Terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

      Reply
  • David

    sore pak mau nanya tentang instalasi outdoor.outdoor saya dipasang di bracket dengan pipa ac yang digulung di belakangnya dan kebetulan pipanya jg sudah dibungkus dengan armaflex.hasilnya ialah pipa ac yg terbungkus tebal dengan armaflex tersebut sampai menekan finnya dan sedikit memblokir aliran udara.apakah ini diperbolehkan?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk pipa yang digulung di belakang outdoor tidak masalah kok karena angin yang ditarik kan dari hawa panasnya kompressor.

      Hal itu lebih baik bila dibandingkan pipa-nya terlalu pendek hanya 1 atau 2 meter yang malah PASTI akan menyebabkan masalah di kemudian hari.

      Oke terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • lpj

    numpang tanya admin,rumah saya listriknya 1300w, di kamar saya ingin saya pasang ac, ukuran 5x4x3m letaknya di lantai 2, diatas kamar dak untuk jemur pakaian..penggunaan siang _ pagi…saran admin ac apa yang cocok untuk kamar saya? terimakasih sebelumnya..

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Wah repot kalau kamarnya besar gitu tapi listrik hanya 1.300 Watt.

      Kalau mau dingin dan hemat listrik yang harus dilakukan pertama adalah menambah daya listrik jadi 2.200 atau 3.500 Watt biar aman. Toh tarif per kwH nya sama aja harganya.

      Karena ukuran kamar anda wajib menggunakan minimal AC 1.5PK atau bahkan 2PK loh kalau dak-nya memang panas banget dan panasnya sampe terasa di ruangan.

      Kalau pakai 1PK ga bakalan cukup dingin terutama atapnya kamar ada dak untuk jemur pakaian yang panas banget terkena sinar matahari.

      Setelah itu tinggal dipilih mau pakai

      1.5PK Daikin Inverter Smile FTKC35PVM4 atau 1.5PK Daikin High Inverter FTKV35NVM4 yang mungkin juga kalau siang masih kurang dingin.

      atau

      2PK Daikin Inverter Smile FTKC50NVM4 atau 2PK Daikin High Inverter FTKV50NVM4 yang pasti bikin kamar tetep dingin walau siang hari.

      Saran kami menggunakan inverter karena AC kamar akan dinyalakan dari siang sampai pagi. Jadi pake Inverter pasti hemat buangetttt listriknya.

      Oke terima kasih ya sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • lpj

    saya ingin pasang ac untuk kamar saya ukuran 4×5 tinggi 2,5m..atasnya cor dak dipakai untuk jemur baju..jadi kalau siang cukup panas… saran admin ac berapa pk dan merek apa yg cocok? terimakasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kamar 4x5x2.5 tapi atasnya dak cor pasti panas banget yah.

      Kami sarankan menggunakan AC 2PK. Kalau 1.5PK kalau siang bolong matahari lagi terik takutnya ga cukup untuk mendinginkan ruangan.

      Disarankan sih menggunakan Inverter biar tetep dahsyat hemat listriknya.

      Bisa coba gunakan AC Daikin Inverter Smile 1.5PK FTKC35PVM4

      atau AC Daikin High Inverter 1.5PK FTKV35NVM4.

      Terima kasih atas kunjungannya ke website kami.

      Reply
  • rizal

    selamat siang, mau tanya. boleh ga ac dinyalakan terus menerus 24 jam berhari-hari bahkan mungkin seterusnya tidak pernah dimatiin kecuali acnya diservice?terutama untuk tipe (ftkv25nvm4)
    Trims…

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk AC kalau mau nyala 24 jam sih biasanya dibeli 2 unit Pak, dengan nyala bergantian 12 jam per hari menggunakan Timer.

      Kalau nyala terus 24 jam non-stop mungkin umurnya sekitar 3 – 4 tahun saja abis itu mulai bermasalah.

      Oke terima kasih sudah mampir dan bertanya kepada kami.

      Reply
  • shelie

    Admin,

    Kalau kamar tidur 4 x 6 dan ada kamar mandi, pakai AC apa yaa yg bisa admin sarankan?
    apakah Daikin bagus? bisa beli ke anda?

    tks

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Untuk kamar anda ukuran 4×6 ada kamar mandi dalam disarankan menggunakan AC Daikin High Inverter 1.5PK FTKV35NVM4

      Ya Daikin bagus donk hehehehhe…

      Tentu saja bisa beli ke kami.

      Harganya Rp. 8.100.000,-

      sudah termasuk ongkos pasang, pipa Freon HODA 5m, kabel listrik NYM 3×2.5 5m, drain air 2m dan bracket

      Belum termasuk transport tergantung lokasi pemasangan AC dimana.

      Terima kasih sudah berkunjung dan bertanya ke website kami.

      Reply
  • Juki

    Dear Admin,

    saya mau tanya ac saya LG 1 PK hanya keluar angin dan outdoor hanya kipas saja tidak ada hawa panas dan kompresor tidak jalan. Sudah ganti kapasitor baru seminggu sudah rusak lagi.

    kata teknisi compresor sudha lemah karena ada setrum sedikit.

    mohon bantuannya

    Reply
    • Web_Admin

      selamat sore,

      wah umur ACnya sudah berapa lama ya?

      Kalau masih dibawah 3 tahun bisa klaim garansi ganti kompressor.

      Tapi kalau sudah diatas itu ya bisa saja memang kompressornya sudah bermasalah.

      Saran saya silakan telepon service center LG dan minta teknisi resmi LG untuk bantu cek permasalahan anda ya.

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Akbar

    Halo admin yg ramah, kamar saya ukuran 3×2,5 adek saya 2,5×2,5 kamar kita sebelahan dan baru aja jebol tembok seukuran AC biar ntar bisa dipasang 1 AC buat 2 kamar (hehe ngirit ceritanya) nah pertanyaannya AC yg brp PK yg cocok? Inverter atau low watt? Lalu merk apa? Maaf banyak nanya, thanks om admin yg baik hehe

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Sebenernya semua pabrikan AC tidak pernah ada yang menganjurkan AC dibagi 2 antara 2 ruangan. Karena selain dinginnya ga akan pernah sama rata antara ruangan kiri dan kanan, AC juga akan lebih cepat rusak karena “bingung” sebenernya suhu ruangannya berapa saat ini, karena suhu ruangan kiri dan kanan PASTI selalu berbeda.

      Tapi kalo tetep mau maksa ya pake AC 1PK tipe Standard aja lebih baik daripada pake Inverter ataupun Low watt.

      Oke deh semoga sudah lebih jelas ya

      Terima kasih atas kunjungannya ke website kami.

      Reply
  • Arisa

    Selamat sore pak..

    Artikelnya bagus sekali & sangat bermanfaat.

    Butuh masukan bapak, untuk ruangan 2.5×3.5 meter penggunaan setiap pkl 20.00 sd 05.00 (pulang kantor).
    Ruangan sedikit panas karena jika siang sebagian tembok terpapar sinar matahari.
    Akan lebih hemat pakai AC jenis apa ya pak? Berapa PK yg dibutuhkan?

    Terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Terima kasih ya atas pujiannya.

      Untuk ruangan 2.5 x 3.5m namun dengan ruangan panas karena terpapar sinar matahari saya sarankan 2 tipe:

      1. Panasonic Low Watt 3/4PK Tipe CS-XN7RKJ (530 Watt)

      2. Daikin High Inverter 1PK Tipe FTKV25NVM4 (260 – 735 Watt)

      Kalau bujet terbatas boleh gunakan Panasonic Low watt.

      Tapi kalau mau cari yang paling hemat, AC Daikin High Inverter 1PK JAUH LEBIH HEMAT LISTRIK dibanding Panasonic Low watt 3/4PK.

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • vivi

    Selamat pagi admin….
    Saya mau tanya,…ruangan yang saya ingin saya kasih ac ukurannya 4 X 8 tinggi 2,65 meter…ruangan ini merupakan lantai 1 dari ruko yang ada koneksi tangga ke lantai 2…
    Ruangan ini akan saya pergunakan untuk usaha salon….
    pertanyaannya…menurut admin..berapa pk kah kebutuhan untuk ruangan saya tersebut…..sebaiknya saya membeli satu ac dengan pk yang besar…atau 2 unit ac dengan pk yg lebih kecil atau bagaimana…yang pemakaian listriknya yang paling hemat…
    pertanyaan kedua…manakah yang lebih baik secara merek..daikin atau mitsubishi dengan spesifikasi yang sama ?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      sebenarnya untuk ruangan 4×8 dibutuhkan Btu 16.000 Itu masih belum menghitung jumlah orang yang ada di dalam salon, juga segala jenis peralatan yang mengeluarkan hawa panas seperti hair dryer dll.

      Jadi saran kami sih kalau mau menggunakan 2 unit AC berbeda PK

      2PK + 1PK.

      Jadi Kalau sedang tidak banyak orang dan sore menjelang malam bisa hanya pakai 2PK 1 unit, tapi pada saat siang hari atau salon sedang ramai dan penuh AC bisa dinyalakan 2-2nya biar tetep dingin dan nyaman.

      Kalau mau hemat pemakaian listrik bisa menggunakan tipe Inverter Smile yang 2PK FTKC50NVM4 + tipe Standard Malaysia 1PK FTV25AXV14

      Dijamin lebih hemat dibanding pake 2PK yang Malaysia doank.

      Tapi harganya cukup banyak bedanya sih. Untuk AC lebih baik untuk saat ini Daikin saja karena Wattnya memang lebih kecil.

      AC Daikin Inverter Smile 2PK FTKC50NVM4 – Rp. 10.200.000,- (445 – 1.640 Watt)
      AC Daikin Standard Malaysia 2PK FTV50AXV14 – Rp. 6.200.000,- (1.730 Watt)

      AC Daikin Standard Malaysia 1PK FTV25AXV14 – Rp. 3.850.000,-

      sudah termasuk ongkos pasang, pipa Freon HODA 5m, kabel listrik NYM 3×2.5 5m, drain air 2m dan bracket

      Belum termasuk ongkos transport tergantung lokasi pemasangan AC dimana.

      Memang kalau dilihat pakai 2PK dan 1PK yang Standard jauh lebih murah harga ACnya

      Tapi kalau memang mau hemat listrik, menggunakan yang 2PK Inverter pasti jauuuuhhhhh lebih hemat dibanding yang 2PK Malaysia. Terutama pada saat AC nyala 2-2nya yang 2PK Inverter pasti akan turun drastis konsumsi listriknya.

      Oke Terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

      Reply
  • rendi

    Selamat sore.. sy bingung menentukan pilihan ac.. kamar sy luasnya 4×10 x3.5m.. 2 kamar sy jadikan 1 tanpa tembok pemisah.. yg mau sy tanyakan lebih baik pake 1 ac yg PK nya bsr(yg brp PK) atau 2 ac yg Pk nya lbh kecil(yg brp PK)??? Terima kasih..

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Memang kalau kamarnya memanjang gitu lebih baik pakai 2 unit AC. Itupun pakainya 1.5PK x 2 unit yah.

      atau lebih baik lagi kalau pakenya belang 2PK dan 1PK jadi pas baru dinyalain, langsung 2-2nya, nanti kalau ruangan sudah dingin, yang 1PK bisa dimatiin biar lebih hemat listrik.

      Kalau pakai 1.5PK x2 ya harus selalu nyala terus AC-nya kalau dimatiin satu bisa kepanasan.

      Oke semoga sudah cukup jelas dengan jawaban kami yah.

      Teirma kasih sudah berkunjung dan bertanya kepada kami.

      Reply
  • oktavianto boim

    Min mau nanya…
    Ruangan kamar 3.78×5.94….tinggi plafon 3.80…..kamarnya menghadap ke barat…bagusnya pakai yang berapa pk ya….lalu bagusnya yang inverter atau non supaya hematnya….

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      untuk ruangan 3.78 x 5.94 x 3.8 kalau pakai 1.5PK terlalu mepet, terutama karena kamarnya menghadap Barat.

      Kalau mau hemat listrik HARUS pakai AC Inverter 2PK.

      Saran kami sih pakai AC Daikin High Inverter 2PK FTKV50NVM4. DIJAMIN lebih hemat listrik daripada pake AC Inverter yang 1.5PK merk apapun.

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Andrew

    Mau tanya pak, saat ini saya memakai ac panasonic 1/2 pk seri low wat generasi ke 3 utk kmar 3×4, apakah akan lebih hemat listrik jika saya ganti dengan ac inverter 3/4 pk, terimakasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Hmmm… anda tahu darimana ya AC 1/2PK Low Watt nya generasi ke 3. Kami aja ga tahu hehehehe…

      Untuk kamar 3×4 kalau diganti pakai AC Daikin High Inverter 1PK FTKV25NVM4, DIJAMIN pasti akan lebih hemat listrik.

      Terima kasih sudah berkunjung dan bertanya ke website kami.

      Reply
  • Deksuu22

    selamat sore……
    hal yang mo saya tanyakan soal AC inverter cs s10rkp baru kok tak bisa dingin???
    kondisi ruangan 3×3,,,,suhu atas plafon 45 derajat yang cuma beratap seng,,,

    mohon solusinya ,,bagaimana ac saya bs dingin

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Wuihhh kalau atap seng dengan suhu 45 derajat sih susah Pak mau dingin-in ruangan.

      saat ini suhu riil ruangan berapa ya? coba cek dengan termometer digital. Sebelum dan sesudah AC dinyalakan. Di cek suhunya

      kemudian cek suhu yang keluar dari kisi2 AC juga berapa derajat.

      Setelah ada data itu semua baru bisa dibantu jawabnya Pak. Kemungkinan kalau suhu 45 derajat ngerembes masuk kamar sih, AC-nya mesti pake yang lebih besar lagi.

      Tapi ya itu tadi coba di cek dulu menggunakan termometer digital suhu2 tersebut.

      Oke terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • novi

    Pak, saya baru cuci ac dan isi freon, tp knp tdk dingin ya? Ac 1/2 pk ruangan 3×3. Padahal sebelumnya di tengah malam sy suka menggigil (suhu remot 25)? Apa benar tukang servis ac itu “nakal2”?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      wah menjawab pertanyaan anda susah susah gampang.

      Pertama ruangan 3×3 pake 1/2PK itu MINIMUM. Kalo mau dingin sepanjang tahun sih saya rekomen pake 3/4PK.

      Kedua sudah berapa lama umur ACnya? kalau sudah tua wajar kemampuan mendinginkan ruangannya turun, makanya saya lebih sarankan 3/4PK biar kalo udah tua masih jadi AC 1/2PK masih mampu mendinginkan ruangan. Kalo 1/2PK turun kapasitas jadi 1/4PK donk… uda pasti ga cukup buat dinginin ruangan.

      Ketiga tekanan freonnya berapa? sebelum diisi berapa psi? setelah diisi berapa psi? Tanya sama tukangnya kenapa bisa kurang? kurangnya berapa? Kalo banyak berarti bocor. suru cari bocornya sampe ketemu. Di benerin baru isi freon. Karena kalo tidak ada kebocoran dimanapun, harusnya AC TIDAK PERLU diisi freon sama sekali sampe seumur ACnya.

      Lebih baik anda memanggil teknisi resmi merk AC untuk cek langsung kondisi AC anda yah. Terutama kalo freon bisa berkurang. Kalo ngga dinakalin tukang AC berarti pasti ada kebocoran.

      Oke semoga sudah jelas ya sekarang.

      Terima kasih sudah berkunjung dan bertanya ke website kami.

      Reply
  • albert

    Bapak..berapa yaa riil nya watt yg diperlukan AC pd saat operasional. Misal AC dgn watt 900 di spesifikasinya, apkh akan konstan beroperasional membutuhkan watt 900 atau ada penurunan setelah menyala beberapa waktu? Terima kasih.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk semua AC jenis NON-INVERTER, Watt riil adalah Watt spesifikasi ACnya.

      Contoh kalo ditulis Wattnya 900, ya selama nyala, mau kondisi dingin, panas, diluar hujan, terik matahari, suhu berapapun set di remote, suhu berapapun temperatur riil ruangan, Wattnya ya 900.

      Kalau mau yang bisa turun harus pake AC Inverter.

      Contoh AC Daikin High Inverter 1PK FTKV25NVM4. Watt-nya 260 – 735

      Bukan berarti pas nyala Watt langsung 735. Kalo ruangan ga butuh Watt 735 ya AC-nya ga bakalan nyentuh Watt segitu kecuali pintu kamar dibuka lebar2, atau anda pencet mode POWERFULL.

      Contoh di kamar anak saya di rumah ukuran 3×4 saya pakai FTKV25NVM4. Menurut Watt meter, Watt maksimum AC itu adalah 584 Watt. GA PERNAH nyentuh 735 karena memang ga perlu nyentuh segitu buat dinginin ruangan.

      Nah di remote saya set suhu 24 pada malam hari dan 25 pada siang hari dengan Fan speed AUTO. dalam waktu 20 – 30 menit watt sudah turun ke 400an, dan dalam 20 menit selanjutnya watt turun lagi sampe 250an terutama pas malam hari. Kipas Outdoor sampe berhenti berputar karena pemakaian daya sangat kecil.

      Kalau mau lebih mengerti bisa langsung baca artikel khusus tentang AC Inverter kami disini yah http://goo.gl/tWKawq

      Oke terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • Nio

    Numpang tanya Pak, untuk rungan 3×2.5 itu baiknya pake brapa PK ya Pak. Tq

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk ruangan 3×2.5 MINIMAL menggunakan 1/2PK kalau mau dingin sepanjang tahun walau musim kemarau panas menggila, lebih baik pakai AC 3/4PK Low Watt.

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Isvanry

    Boleh iseng nanya gak?

    Klo outdoor ac berisik itu karena apa yaa… Karena AC saya yg National tipe CS-915KH outdoornya berisik, outdoornya ada di lantai atas trus suara berisiknya terdengar sampai bawah… Mohon masukannya…

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      bolehhhh… ga iseng juga boleh nanya… bebassss…

      Kalo Outdoor anda berisik wajar sih karena umurnya sudah lama banget tipe CS-915KH kan sudah lama banget. Jadi wajar donk kalo getarannya makin kencang, dan peredam getaran (seperti engine mounting mobil) sudah pada aus dan tidak bisa bekerja seperti dulu waktu baru beli.

      Ya memang harus diterima Pak kalau berisik hehehehe…

      Masukannya ya ganti AC baru kalo mau ga berisik lagi. Terutama yang tipe Inverter, Outdoornya nyaris tak terdengar bunyinya.

      Oke terima kasih ya sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
      • Isvanry

        Emang sih ACnya udah lama, masalahnya mau ganti baru kayanya males karena AC belom pernah ada masalah atau kerusakan selain berisik. ACnya masih dingin banget sampe saya pake jaket hangat trus selimutan sampe kepala, saya set temperaturnya sih di 24, 25, atau 26 dan fan auto.

        Terima kasih banyak atas masukannya!

        Reply
        • Web_Admin

          Oke terima kasih juga atas kunjungannaya!

          Jangan lupa kalo ACnya udah mau ganti beli sama kami yah hehehehe…

          Reply
  • rini

    Permisi mau tanya bagus ac denpoo dd155 or sharp sayonarapanas low watt ap5rhl ya?bingung coz spg tokonya nawarinnya denpoo, trs ruangan sy 4*2,5 brp pk ya stgh ckp ga tx

    Reply
    • Web_Admin

      Slmt siang,

      utk kmr 4×2.5 1/2pk terlalu ngepas, kl suka dingin mending pke 3/4pk

      kl pake 1/2pk kl pas kemarau bs keringetan loh kl tidur mlm. palagi pk yg low watt.

      kl mo pk lo watt mending pk yg 3/4pk.

      denpoo sm sharp ya hrsnya emg bagsan sharp lah.

      ok smoga sdh ckp jls y.

      mksh ud dtg ke wbsite kmi.

      Reply
  • Pram

    Min, mo nanya.

    Saya rencana mo pasang AC Panasonic Standar 1PK di kamar 3x3x2,5 untuk kamar tidur berisi dua orang untuk saya dan istri.

    Kondisi kamar tertutup dan ada kamar mandi dalam 2x3x2,5 yang pintunya ada lubang sirkulasi.

    Apakah PK tersebut sudah mencukupi untuk menanggulangi panas ketika musim kemarau, dimana terdapat dua orang?

    Kemudian untuk perhitungan biaya listrik akan bisa hemat berapa persen jika dilakukan sesuai saran Admin?

    Terimakasih.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Untuk kondisi anda sebenarnya kalau pakai AC Panasonic Standard 1PK Watt-nya akan selalu 820 Watt dalam kondisi apapun kecuali suhu ruangan sudah sama dengan suhu remote.

      PK tersebut sudah cukup untuk menanggulangi panas musim kemarau tapi kalau mau hemat listrik ya sama sekali tidak ada penghematan yah.

      Kalau mau irit listrik harus pakai AC Panasonic Inverter CS-S10RKP memang lebih mahal tapi jauh lebih hemat listrik karena Wattnya bisa antara 225 – 920 Watt.

      Jadi kalau berharap tagihan listrik tidak naik signifikan memang tidak ada pilihan lain selain menggunakan AC Inverter.

      Penghematan yang saya sendiri rasakan adalah sekitar 200rb sebulan dari AC Standard 1PK ke 1PK Inverter.

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *