POSTED BY Web_Admin | Mar, 01, 2021 |

UPDATE 1: Kalau mau respon cepat, selain menghubungi nomer telepon toko di (021) 737 5155 / 737 5156 / 737 5157 / 7369 0753 anda dapat menghubungi nomor WA team sales kami ya di

 

0813 1777 5157

 

Kali ini kami akan mengajarkan bagaimana cara menggunakan AC yang benar supaya listrik tidak terlalu boros dan umur AC jadi tambah panjang. Hal ini haruslah kami sosialisasikan karena sangat banyak konsumen kami yang melakukan kesalahan fatal saat penggunaan AC. Setelah itu mereka jadi menyalahkan merk AC-nya… “Ah AC merk ini jelek lah… baru setahun lebih pake sudah jebol kompressornya…” atau “Ah ga mau pake AC merk ini lah, baru setaon pake udah bocor ga karuan…”

Pernyataan seperti tadi itu sering saya dapatkan pada saat para customer dan calon pelanggan kami berdikusi dengan kami baik melalui email, BBM, WA, Line, ataupun telepon langsung ke toko kami. Sebenernya hal itu bisa di minimalisasi kalau kita sendiri sebagai pengguna AC tahu cara menggunakan AC dengan benar.

Oke kita mulai pembahasan cara menggunakan AC yang benar yah

cara menggunakan AC

1. Pastikan PK AC mencukupi kebutuhan ruangan.

Hal ini adalah masalah paling klasik dalam penggunaan AC. Kami sudah menjelaskan dengan gamblang dan dengan bahasa yang mudah dimengerti pada artikel menghitung kebutuhan AC ruangan. Silahkan dibaca artikel tadi sebelum melanjutkan membaca artikel ini. Di artikel tadi dibahas dengan tuntas bahwa dengan memaksa menggunakan AC yang -maaf- menurut anda si cukup lah… karena kalo pake yang lebih tinggi lebih boros listrik dan lebih mahal harganya atau bisa kedinginan. SALAHHH!!! kalau misalnya ruangan 3 x 3m… Btu yang dibutuhkan adalah 5.400 Nah AC 1/2 PK Btu-nya 5.000, AC 3/4PK Btu-nya 7.000 harga AC hanya beda 100ribu Rupiah. Watt AC berbeda sekitar 200 Watt. Anda HARUS menggunakan AC 3/4PK. Kenapa? Karena kalau pakai AC yang 1/2PK… Kompressor AC harus bekerja maksimum baru ruangan bisa dingin. Bayangkan saja kalau mobil setiap hari kita geber-geber bawanya, sama mobil yang santai kita bawanya, lebih awet mana? kalau mobil bekas penjualnya tahu kalau yang pakai wanita biasanya lebih tinggi harganya. Kenapa? karena penjual tahu kalau wanita biasanya bawa mobilnya ga seradak-seruduk dan kebut-kebutan yang membuat mesin jadi lebih cepat aus hehehehe…

 

2. Kalau AC baru dimatikan entah karena listrik jebret atau tidak sengaja kepencet tombol off-nya, JANGAN langsung dinyalakan kembali.

Biarkan oli kompressor dan gas freon kembali ke kompressor dulu dan beristirahat selama minimal 1 menit. Niscaya umur kompressor anda akan lebih panjang. Cara menggunakan AC yang benar ini adalah salah satu cara paling efektif dalam memperpanjang umur kompressor AC anda.

 

3. JANGAN atur suhu remote 16 derajat dengan Fan speed maksimum.

Ini adalah KESALAHAN TERBESAR pada saat anda menggunakan AC. Ingat AC adalah Air Conditioner dan bukan Air Cooler. harusnya menggunakan AC dengan suhu remote 24 dan Fan speed AUTO sudah lebih dari cukup dinginnya. Kalau kita pergi ke Mall dingin ga ACnya? Dingin kan? Coba tanya sama pengelola Mall mereka set suhu AC-nya berapa? 25 derajat loh!!!! Kenapa dingin? karena Btu AC Mall jauh lebih besar dari kebutuhan ruangan.

Kemudian coba anda perhatikan, suhu di kota Lembang, Bandung pada dini hari yang menurut Accuweather adalah sekitar 18 – 19 derajat. Itu saja sudah bisa membuat mulut keluar asap. Pernahkah anda berpikir suhu ruangan kamar anda 16 derajat? Apakah mungkin tercapai? TIDAK MUNGKIN selama di Jakarta belum ada anomali cuaca jadi bersalju!

Suhu luar ruangan di Jakarta pada dini hari adalah 25 – 26 derajat sepanjang tahun. Jadi sekali lagi TIDAK MUNGKIN suhu 16 derajat akan tercapai. suhu 20 derajat pun hampir tidak mungkin bisa tercapai kecuali anda menggunakan AC yang memiliki kapasitas JAUH lebih besar dibandingkan kebutuhan ruangan. Contoh untuk ruang server salah satu klien kami di daerah Taman Tekno, BSD biasanya ukuran 3x4m dimana dibutuhkan Btu hanya 7.600 alias AC 1 PK sudah mencukupi, tapi dipasang AC 2.5 PK dengan kapasitas Btu 21.000, itu baru bisa tercapai suhu 20 derajat walaupun di siang hari bolong pada musim kemarau.

Sebenernya cara kerja AC non-inverter adalah sebagai berikut. Kita set suhu di remote misalnya 24 derajat. Pada saat AC dinyalakan akan terdengar bunyi “tek” yang menandakan kompressor AC menyala dan gas Freon akan dipompa dari kompressor ke evaporator AC di unit Indoor dan disembur oleh kipas AC sehingga angin yang keluar adalah angin dingin. Unit Thermostat di Indoor AC akan bekerja sama dengan unit komputer di PCB AC untuk berusaha membuat ruangan mencapai suhu 24 derajat Celsius. Jadi saya tekankan suhu di remote AC TIDAK SAMA dengan suhu ruangan. Suhu di remote AC itu adalah kita sebagai pengguna AC meminta kepada AC supaya membuat ruangan mencapai suhu yang ada di remote AC. Nah apakah AC-nya mampu membuat suhu ruangan sama dengan suhu remote? Belum tentuuuu apalagi kalo remote dibikin suhu 16… Jawabannya ga bakalan bisaaaa…

Nah selama suhu ruangan belum tercapai, kompressor akan bekerja FULL 100% sampai suhu ruangan tercapai ATAU kompressor terlalu panas jadi akan di cut off atau dimatikan. Pada saat itu akan terdengar lagi bunyi “tek” yang menandakan kompressor AC mati. Apabila suhu sudah mencapai 22 derajat kebawah (kalo mampu ACnya), kompressor akan mati menandakan suhu sudah tercapai. Angin yang keluar dari kisi-kisi AC akan jadi seperti kipas angin… Kemudian setelah suhu ruangan sudah diatas 24.9 derajat, kompressor akan kembali menyala ditandai dengan bunyi “tek” lagi.

Hal ini akan terjadi berulang-ulang selama AC dinyalakan. Nah sekarang bayangkan anda menyetel remote AC di suhu 16 derajat. Ruangan anda TIDAK AKAN pernah mencapai suhu 16 derajat sehingga kompressor AC hanya akan mati saat sudah terlalu panas. Tindakan ini tentu saja akan memperpendek umur kompressor AC. SEHARUSNYA dengan suhu hanya 24 atau 25 derajat saja dengan fan di posisi AUTO anda sudah merasa dingin banget. Kalau tidak dingin dan AC tidak ada masalah SUDAH PASTI PK AC anda kekecilan jadi tidak cukup untuk mendinginkan seluruh ruangan.

Kalau cara kerja AC Inverter berbeda. Kompressor AC tidak pernah mati. Yang ditambah atau dikurangi hanya daya AC ke kompressor. Kelebihan utama dari Inverter selain listrik yang lebih hemat karena kompressor bekerja terus namun stabil sama seperti menyetir mobil keluar kota pasti lebih hemat BBM karena banyak lewat tol dengan kecepatan tinggi namun konstan dibanding menyetir di dalam kota yang gas-rem-gas-rem terus karena macettttt… Adalah suhu ruangan yang lebih stabil.

Untuk AC non-inverter fluktuasi suhu ruangan adalah lebih kurang 2 derajat celsius. Sedangankan untuk AC Inverter adalah 1 derajat Celsius. Jadi secara teori yah, kalau di AC Non-Inverter anda men-set suhu remote 24 derajat, suhu di ruangan anda adalah antara 22 – 26 derajat Celsius. itulah kenapa biasanya pada saat pake AC Non-Inverter jam 4 pagi anda suka mematikan AC karena kedinginan. Betul apa betulll? Kalau pakai AC Inverter suhu 24 derajat akan terjaga selama AC dinyalakan karena suhu ruangan hanya akan antara 23 – 25 derajat.

Oke kembali ke suhu remote dan fan. Jadi saya bisa pastikan walaupun anda menggunakan AC Inverter, selama anda setel suhu remote 16 derajat dan fan maksimum penghematan listrik anda adalah NOL BESAR! alias tidak ada penghematan sama sekali! Bahkan bisa lebih boros dibanding AC non-Inverter. Hal ini bisa terjadi karena biasanya AC Inverter memiliki Watt yang lebih besar pada saat start awal untuk mendinginkan ruangan lebih cepat. Jadi kalau anda tetap ngeyel sukanya pake suhu 16 dan fan maksimum, mending pake AC Low Watt. Saya jamin lebih hemat listrik….

Jadi kunci dari cara menggunakan AC yang benar adalah cukup setel suhu remote di 24 – 25 derajat tergantung tingkat tahan dinginnya anda. Pokoknya kalau tidur tanpa selimut masih bisa dan tidak kedinginan. Nah temukan suhu dimana anda bisa tidur tanpa pakai selimut. Set suhu remote anda di suhu itu, niscaya kompressor AC anda akan lebih awet karena tidak perlu kerja terlalu berat, dan suhu ruangan bisa tercapai sesuai dengan suhu remote.

 

4. Pastikan AC selalu di service atau di cuci setiap 2 sampai 3 bulan sekali.

AC yang sudah kotor terutama di filter, evaporator dan di kipas AC akan membutuhkan daya extra untuk mencapai kondisi ideal pendinginan. Contoh kalau kipas dan filter AC sudah penuh debu misalnya, dari biasanya anda pakai fan kecepatan 1 sekarang harus maksimum baru dingin. Ini akan mengakibatkan pemborosan listrik yang tidak perlu. Begitu pula dengan unit outdoor, bila sudah kotor dan berdebu, pembuangan panas akan tidak bisa maksimal sehingga kompressor lebih sering mati karena terlalu panas padahal suhu ruangan belum tercapai.

Bahkan kalau ada yang merokok di dalam ruangan, atau dekat tempat yang banyak debu atau dapur maka AC wajib dicuci setiap 2 bulan sekali. Jika anda tinggal di daerah dekat pantai seperti di Pantai Mutiara, Pluit, Pantai Indah Kapuk, Ancol, dll. Kami sungguh menyarankan anda mencuci AC dengan AIR MINUM ISI ULANG bukan air tanah ataupun air PAM dan dicuci setiap 2 bulan sekali sehingga pembentukan karat akibat udara laut dapat diminimalisasi.

Jangan lupa juga Filter AC yang ada di Indoor unit juga kalau bisa setiap 2 – 3 minggu sekali dicuci, karena setelah 3 minggu pasti seluruh permukaan filter-nya sudah tertutup debu tipis.

Hal ini juga terjadi pada AC Inverter yaaa… AC Inverter itu musuhnya cuman 2. Pertama PK AC kekecilan, Kedua kotorrrr… Kalo PK AC kekecilan sih ga ada obat selain ganti AC, nah kalo kotor, berarti pembuangan panas ga maksimal, jadi harus ngeluarin tenaga lebih yang berartiiii konsumsi listrik juga naik ya.

Jadi kalo pake AC Inverter semakin sering dicuci semakin baik. Dan walau sudah rutin mencuci AC tiap 2 bulan atau 3 bulan sekali, memang lebih baik melakukan juga Service Besar setiap 2 tahun sekali, biar semua lendir-lendir yang bisa muncul di belakang evaporator indoor AC bisa dibersihkan dengan sempurna. Silakan juga langsung kunjungi halaman tips dan trik menggunakan AC Inverter untuk mendapatkan penjelasan komplit cara pake AC Inverter yaaa…

 

5. Jangan sering buka-tutup pintu ruangan dan jangan biarkan ada pintu yang terbuka.

Ini juga masalah klasik dalam cara menggunakan ac. Apabila kita sering keluar masuk ruangan, pastikan pintu selalu ditutup kembali. Atau kalau kamar tidur kita ada kamar mandinya, pastikan supaya pintu selalu ditutup kembali. Mengapa? Karena begitu ada pintu yang terbuka, angin dingin akan langsung keluar ruangan, dan AC akan kembali berusaha menurunkan suhu di dalam ruangan. Nah apabila pintu terus terbuka baik ke kamar mandi atau bahkan ke ruangan lain di luar kamar, sebenarnya ukuran ruangan yang di dinginkan jadi lebih besar dari seharusnya. Ini akan berimbas dengan kompressor yang akan terus bekerja menjaga suhu ruangan agar sama dengan suhu remote. Itulah kenapa di semua mall di Jakarta pintu kaca yang menghubungkan tempat parkir dengan Mall pasti ada stiker di pintu kacanya yang kira-kira bertuliskan “Pintu harus selalu dalam keadaan tertutup”

 

Nah untuk anda yang belum membeli AC dan sedang mencari, pastikan PK AC anda cukup untuk mendinginkan ruangan plus orang yang tidur atau tinggal di dalam kamarnya. Rumus perhitungan yang simple atau yang ngejelimet tapi jauh lebih akurat sudah kami sediakan di artikel menghitung kebutuhan AC ruangan. Silahkan dibaca dan dimengerti kalau anda berminat.

Kami juga sangat menyarankan anda membaca artikel tipe AC Daikin apabila anda ingin membeli AC Daikin namun bingung mau memakai tipe yang mana. Atau bisa juga membaca artikel tipe AC Panasonic kalau anda memutuskan untuk menggunakan AC Panasonic. Kami juga memiliki price list AC Daikin 2021. Komplit untuk semua tipe Split line up 2021 dan juga harga ac panasonic terbaru yang tentu saja sekomplit artikel AC Daikin kami. Tidak lupa kami juga memiliki artikel tentang tipe AC Gree dan Harga AC Gree… silakan scroll ke bawah dan melihat list artikel kami yah.

Tidak lupa kami promosikan artikel tentang AC yang lain seperti perlukah isi ulang freon? Atau mungkin anda sedang bingung dengan merk AC yang beredar di Indonesia menggunakan Freon yang berbeda-beda? Anda akan menemukan jawabannya di artikel perbandingan Freon R32 dengan Freon R22, R410A dan R290 disini.

Kami juga mempersilahkan anda untuk dapat membaca artikel kami yang lainnya

1. Apakah perlu isi ulang Freon AC?

2. Apakah AC Inverter benar – benar bagus dan hemat listrik?

3. Cara menggunakan AC agar awet dan hemat listrik

4. Cara menghitung kebutuhan PK AC sesuai ruangan

5. Semua yang harus anda tahu tentang AC Low Watt dan AC Inverter

6. Mengapa Ongkos pasang AC Freon R32 lebih mahal?

7. Perbedaan Freon R22, R32 dan R410A

8. Penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin

9. Perbedaan Tipe AC Daikin

10. Harga AC Daikin 2022

11. Perbedaan tipe AC Panasonic

12. Harga AC Panasonic 2022

13. Brosur AC Daikin

14. Pengangkatan National Elektronik sebagai Daikin AC Shop

15. Tips dan trik menggunakan AC Inverter

16. AC Daikin Multi S

17. Testimoni AC Daikin di Kaskus

18. Emang AC Gree bagus? Kan buatan China

19. Harga AC Gree 2022

20. Tipe AC Gree apa saja dan perbedaannya

21. Bocoran AC Gree 2019

22. Launching AC Daikin Line Up 2018

23. Review Daikin Inverter Flash 1PK FTKQ25SVM4

24. Apaan sih COP dan EER itu?

25. AC Panasonic si Biru CS-LN Series

26. Pindah AC jadi ga dingin?

27. AC Multi Split Panasonic

28. Air Purifier Daikin

29. Podcast bersama Branch Manager Gree

30. Podcast bersama Panasonic Sales

31. Kenapa harus pasang AC dengan teknisi in house?

 

Anda dapat menghubungi kami sekarang baik melalui halaman contact us, lewat email ke [email protected] ataupun menghubungi hotline kami di (021) 737 5155, 737 5156, 7369 0753 atau gunakan semua cara yang ada diatas baik lewat FB, IG, YM atau WA yah.

Artikel dibuat oleh:

Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
Follow me on Twitter and Instagram @samuellumentut and @national.elektronik
National Elektronik

Artikel diperbarui terakhir pada tanggal: 24 Maret 2022

TAGS :
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kamar 3×3 tergantung bisa 1/2PK bisa 3/4PK

      Kalau kamar ada di lantai 2, ada jendela yang kena matahari, tembok kamar kena matahari, ditinggali lebih dari 2 orang, atap bukan genteng tapi dak beton, berharap suhu kamar bisa 24 derajat ke bawah

      Nah kalau salah 1 saja kondisi yang saya sebutkan ada diatas maka harus pakai 3/4PK.

      Kalau tidak ya 1/2PK cukup.

      Oke terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Ronald

    Pak ac saya lg hercules 1/2 pk dan ruangan 3x3m tinggi 3,5 m. Yang ingin saya tanyakan kenapa setting suhu ada yang gak beres,kalau cuaca hujan di setting 25 unit di luar mati dan terasa panas karna cuma indoor yang nyala,sampai harus di setting ke 20 baru nyala outdoornya tapi kalau cuaca terik matahari di setting 25 terasa dingin sekali dan outdoor nyala terus gak mati2, itu kenapa ya pak?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      hal yang bapak sebutkan sangat sangat wajar.

      waktu hujan suhu diluar rumah pasti sekitar 25 sampai 26 derajat.

      Jadi sangat mudah bagi AC Bapak untuk membuat suhu kamar jadi 25. Kalo sudah 25 kan kompressor jelas mati.

      lagipula kalau suhu kamar 25 suhu luar kamar / luar rumah juga 25 pasti rasanya panas orang ga ada perbedaan suhunya.

      Beda kalau lagi terik, suhu diluar rumah bisa 35, kalo suhu kamar (bukan suhu remote ya, suhu riil kamar) bisa 26 aja, itu lantai pasti uda dingin buangetttttt. makanya kompressor juga ga mati2 karena berusaha ngejer terus suhu 25 yang mungkin tercapai mungkin juga tidak.

      Kenapa kalo terik suhu 26 aja ud dingin banget rasanya? ya karena perbedaan suhu tadi. kalau hujan perbedaan suhu paling cuman 1 derajat, kalau terik bisa 9 derajat. Sudah jelas ya sekarang.

      oke terima kasih sudah mampir dan bertanya kepada kami.

      Reply
  • DEWI

    Wah..adminnya hebat nih. Semua pertanyaan masuk dijwab. Semoga pertanyaanq jg semoat dijwb..hehe.. mau tanyakan ini, knpa kadang2 di remot ac tertera 24 derajat, tp pas lama-lama di monitor ac kok jadi 30 derajat. Padahal di remot suhunya ga berubah..??

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Mohon maaf atas keterlambatan pembalasan comment ya, 2 bulan terakhir ini lagi banyak masalah, mulai server kami dicoba di hack sama orang, lalu keluarga ada yang meninggal, dll, dsb…

      Oke kembali ke laptop….

      wah terus terang remote mana bisa berubah sendiri suhunya?

      Mungkin batere nya mau habis kali.

      Jadi ke reset sendiri remotenya. Coba deh diganti baterenya.

      Atau mungkin ada yang isengin Ibu kali ganti suhu remote hehehehe…

      Oke semoga masalahnya cepet beres ya

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Kristi

    Hi admin, mau tanya.
    Saya pakai ac sharp R32 1/2pk uk ruang 3×3 baru beli sebulan. Tiba2 pas dinyalain baru semenit mati sendiri.
    Dianyalakan lg hasilnya sama baru semenit mati lagi.
    Kira2 penyebabnya apa ya?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalau AC mati-sendiri biasanya karena Freonnya habis atau PCB Indoor bermasalah.

      Apakah sudah panggil teknisi resmi Sharp untuk cek AC anda? toh kan masih garansi.

      Oke terima kasih atas kunjungannya ya. Semoga cepet beres ACnya.

      Reply
  • Saya baru beli 1bulanan ac panasonic 3/4pk. Selalu memakai suhu 26-27 dan fan auto.

    Skrg kondisi ac tidak bisa mengangkat start awal. Jadi ketika kita on, unit indoor terbuka kipasnya dan 1mnt kemudian unitnya mati. Saya ulangi pencet on lagi di remote dan kemudian 1menitan mati lagi. Jd si unit indoor tidak mampu start awal supaya ada hembusannya. Tapi kalau kita doromg pakai jari baling2 kipas di dalamnya barulah ac mau bekerja dan tidak mati lagi.

    Apakah penyebabnya?

    Dan pertanyaan kedua:

    Kalau fan speed kita set 1 atau 3 garis apakah nantinya akan memakan listrik yg sama dengan fan speed auto? Krn yang saya tau kalau auto maka si kipas unit indoor dan kompressor tidak akan kerja terus menerus jika suhu sudah mencapai yg kita set di remote dan akan bekerja lagi ketika suhu sudah mulai berkurang. Dan kalau di set kipas 1 atau 3 garis bukannya unit dan kompressor akan kerja terus menerus?

    Terimakasih jawabannya.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Kalau kasus seperti anda sepertinya ada masalah di dinamo motor fan AC. lebih baik panggil teknisi resmi Panasonic untuk cek ya.

      Kedua

      Fan speed 1 dan 3 bedanya paling beberapa watt saja, tidak signifikan. Palingan cuman beda 5 watt saja

      Kalau di set di Auto jika suhu sudah mencapai, kipas unit indoor TETAP bekerja. tetap akan ada angin yang keluar dari Indoor walaupun pelan. Kecuali anda set mode DRY. di Mode COOL kipas akan terus menerus berputar.

      Jadi pakai fan speed auto adalah tetap pilihan terbaik.

      Terima kasih

      Reply
  • NENI

    sore,,

    saya mau tanya klo penggunaan ac yg benar dan hemat itu bagaimana ya?

    1. nyala dan matiin saat kita diruangan dan kluar ruangan (saat digunakan saja)??? karena saya punya bayi di rumah…

    2. atau sharian nyala?

    karena suka main dluar ruang ber ac, jadi suka matiin nyalain gt..
    #ac saya daikin yg inverter

    Terimakasih 🙂

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalau menggunakan Daikin Inverter lebih baik kalau keluar ruangan tetap dinyalakan ACnya

      Kecuali pergi meninggalkan ruangan lebih dari 2 sampai 3 jam.

      Kalau dibawah itu lebih irit bila AC terus dinyalakan.

      Oke terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • edo

    Mas mau tanya.kan rumah saya atap nya langsung genting belum di pasang plafon.trus adik saya ngasih ac lg 1pk.kan kompresor nya bakal mati matian kerjanya cz blum di plafon n celah2 udaranya banyak.rencana saya ac nya g akan saya nyalain dingin digin cukup 26 derajat aja biar kompresor nya g kerja keras buat dinginin ruangan.pendapat mas gmana ya.makasih

    Reply
    • Web_Admin

      selamat sore,

      suhu 26 kalo lagi siang bolong panas ga ketulungan itu udah dingin banget sampe lantai bisa dingin juga kalau memang bener suhu ruangan bisa mencapai 26 derajat.

      Jadi ya memang harus di set di 26 kalau malam dan 27 kalau siang biar ga terlalu berat kerja ACnya.

      Oke terima kasih atas kunjungannya

      Reply
  • Yepe

    Selamat malam min
    Saya ada ac sharp 1pk dikamar. Kmaren sempet panggil tkg service ac. Dicek freon kosong. Trus cb diisi. Trnyata bocor di compresor. Langkah nya aa mesti ganti kompresor baru atau gmn. Kadang kepikiran drpd kompresor beli lg dan jaminan garansi ga lama. Mending gnti baru..oiya pmakaian ac sdh hampir 3-4 taun. Makasih min

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Ya benar sekali kalau kompressor memang bener2 sudah bocor, lebih baik ganti unit AC baru daripada cuman ganti kompressor.

      Karena garansi kompressor baru palingan juga cuman 1 bulan.

      Oke terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • heny

    halo min, mau tanya. ac sya merk panasonic econavi 1 pk udah 3 tahun dipakai. ukuran kamar 4×4, kamar di ruko lantai 2, klo siang hari sampai sore matahari langsung menyorot. sekarang malam pun ac kurang dingin, saya bingung apakah ada yg rusak?? tapi ac masih mengeluarkan hawa dingin, tapi kalo tengah malam baru kedinginan, sementara dari siang menjelang jam 12 malam, itu ac hanya dingin seperti kipas tp ada hawa dingin sedikit, mohon penjelasannya min.trims

    Reply
    • Web_Admin

      Nahhhhhhh…

      Hal ini sudah saya jelaskan panjang lebar di artikel AC kurang dingin disini http://goo.gl/PNXlLf

      silakan dibaca yaaaa… Tapi intinya kalau AC sudah 3 tahun keatas kapasitasnya sudah berkurang, jadi kamar 4×4 jadi ga sedingin dulu, apalagi kena matahari.

      Memang kalau dari pertama anda beli sama kami, pasti kami suru pasang yang 1.5PK.

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • yasinta

    Bagaimana cara mengubah suhu 0F ke 0C untuk AC panasonic CS-YN5RKJ. Terima kasih

    Reply
  • Aditya

    Pak kalau untuk kamar ukuran 3×3 tinggi 2.5 di lantai atas, penghuni kamar 1 orang saja + 1 komputer, dengan AC low watt 1/2 PK apakah sudah ideal?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk ukuran kamar anda TIDAK BOLEH pakai 1/2PK Low Watt.

      Harus pakai 3/4PK Low Watt.

      Kalau pakai 1/2PK Low Watt udah dinginnya lama, nanti 2 – 3 tahun lagi AC-nya pasti jadi ga dingin karena Btu-nya sudah berkurang dan tidak mampu mendinginkan ruangan seperti dulu lagi.

      oke terima kasih atas kunjungan dan pertanyaannya.

      Reply
  • Rudichess

    Info yang sangat bermanfaat. Terima kasih sudah Sharing. Pantesan kompressor AC saya sering mati. TErnyata gara2 sering Overheat dikarenakan saya sukanya atur ke 16 C.
    Salam.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Teirma kasih atas pujiannya.

      Jangan lupa ceritakan kami ke keluarga, saudara dan semua rekan anda juga ya supaya lebih banyak orang yang mendapatkan manfaat.

      Sekali lagi terima kasih atas kunjungannya.

      Reply
  • oriza

    Gan maaf mau ikutan nanya nih, sy pke ac panasonic cs-uv5rkp 1/2 pk di kmr tdr ukuran 3×3, kmr sblahnya ga pke ac, tp sy pasang exhaust fan mksdnya biar bs d bagi hawa dinginnya, tp exhaust fan nya dinyalain klo pas mau sholat magrib-isya aja, nah bbrpa hr yg lalu istri sy blg koq dr unit indoornya ada netes air, itu knp ya gan apakah ada masalah dr unit indoornya? Tks.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      kalo Indoor netes air sih biasanya cuman gara2 saluran pembuangan airnya mampet.

      Dicuci aja ACnya, terus minta disemprot pakai air bertekanan pipa pembuangan airnya. Harusnya abis gitu ngga bocor lagi.

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
      • sahata

        saya mau tanya AC Merek Daikin Type RKC 35 NVM4 & FTKC 35 NVM4 apa bisa suhu batas bawah sampai 16 derajat celcius ? Mohon info nya.

        Reply
        • Web_Admin

          Selamat siang,

          Untuk AC Daikin suhu remote hanya bisa sampai 18 maksimalnya.

          Untuk pencapaian suhu bisa saja kalau AC tersebut dipake di ruangan 2×2 doank. Kalo di 3×3 aja saya ga yakin bisa nyentuh 19 derajat.

          Kalau mau suhu ruangan terkontrol selalu di 18 derajat tidak bisa menggunakan AC residential harus pakai yang spec pabrik atau AHU.

          Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

          Reply
  • mlm min, saya beli ac baru merk sharp type ah-a5scy 1/2 pk, di unit indoornya tertulis spesipikasi masukan listriknya 850 watt…tp si penjualnya bilang wattnya cma 400, daya listrik dirumah saya 900 (perumahan), ketika running ac skitar 4 jam saya nyalain mesin air (125 watt) tp ko ngejebret ya..mhon penjelasannya

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalau saya cek di internet sih watt AC-nya ada yang bilang 510 Watt ada yang bilang 572 Watt

      Jadi bukan 850 Watt bukan juga 400 watt

      Kalau wattnya kita anggap 572 Watt

      kalo nyalain mesin air 125 watt berarti total daya sudah 697 Watt

      ada alat listrik apa lagi yang menyala di rumah bersamaan dengan mereka?

      Lampu? TV? Kulkas? karena listrik 900 biasanya sekitar 850 Watt sudah jebret listriknya biar ga kebakar.

      Jadi kalau misalnya ada kulkas atau TV yang nyala plus lampu tentu saja jebret listriknya.

      Harusnya pake yang merk Panasonic misalnya yang 1/2PK Low Watt hanya 320 Watt saja listriknya.

      Oke terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Ahmad

    Assalamualaikum admin.

    Mau tanya bbrp hal. Saya pake AC Panasonic 3/4PK dgn ruangan 3×4.
    Knp ACnya ga bgtu dingin ya??
    Outdoornya panas, bentar mati bentar nyala, tp kadang malah nyala teruz ga mati”. Mohon penjelasannya ya min kira” masalahnya dimana? Kmrn saya cek tekanan freon 70psi, kompresor 2,8amper. Trimakasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk ruangan 3×4 memang MINIMAL pakai 3/4PK. Sudah berapa lama umurnya?

      Lalu kamarnya di lantai 1 atau 2? Ada jendela besar ga? Menghadap Barat/Timur? tembok kamar ada yang kena matahari? berapa orang yang tinggal di kamar? apakah lebih dari 2?

      Lalu apakah atapnya dak beton? Sudah ukur suhu evaporator indoor berapa derajat?

      ada banyak faktor yang mempengaruhi dingin atau tidaknya AC Pak. bukan hanya ampere dan tekanan freon.

      Lagipula harusnya freon Bapak bisa dicoba ditambah ke 80 psi deh. Siapa tahu lebih dingin.

      Oke Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • Steven

    Mau tanya nih sy pengguna Ac Samsung triangle design yg di tulisan ac tertera lowatt dan hemat listrik non inverter, sy disarankan menggunakan Ac 1pk karna Ac nya untuk dua kamar. Dan di Ac sy terdapat pilihan modul 2 step yg artinya bekerja mendinginkan ruangan secara cepat setelah suhu ruangan dirasa cukup dingin dia akan otomatis menetapkan/mempertahankan suhu tersebut untuk stabil.
    Yg mau sy tanyakan apakah sy menggunakan pilihan 2 step ini bisa hemat listrik ? dan tidak membuat Ac sy untuk bekerja keras ? Karena sy pernah bertanya pada service Ac sy dia bilang lebih baik tidak menggunakan system otomatis seperti itu karena dengan alasan akan memberatkan indoor ac untuk bekerja keras lebih baik sy disarnkan untuk menggunakan yg tanpa modul dan di set suhu 23°c dengan fan berada di posisi 2-3.
    Jadi solusi yg benar yg mana untuk hemat listrik dan agar tidak memberatkan mesin ac untuk bekerja keras. Sekian dan terima kasih.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Sepengetahuan saya sih semua AC kalau sudah mencapai suhu dia akan otomatis mempertahankan suhunya. Jadi bukan fitur khusus milik Samsung kalau cuman seperti itu.

      Sebenarnya kalau memang ada fitur di AC ya sah-sah saja digunakan.

      yang penting AC anda mampu mencapai suhu remote.

      Jadi sarannya memang cukup set suhu 24 di remote dengan kecepatan kipas 2 atau 3 supaya lebih tidak kerja keras.

      Well jujur sebenernya kalo ga mau kerja keras sih masing2 kamar harus pakai AC sendiri2. Kalo ditaro ditengah pasti akan kerja keras mau di setting cara apapun.

      oke terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • Hera Arifin

    Gan.. Maaf sy mw tanya.. Sy pke AC panasonic CS-YNSRKJ baru 2 bln beli kok AC udah gak dingin lagi yah.. Sy stell remote d.29 derajat .. Trus kipas outdoor nya mati.. Btw ittu knp yah ? Klo bs sy boleh minta no tlpn customer service Panasonic .. Mksh sblm nya gan..

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      AC YN5RKJ 1/2PK digunakan di ruangan ukuran berapa?

      Dulu pas baru pasang dingin?

      No telp cust service Panasonic ada di 0804 1 111 111

      Terima kasih

      Reply
  • Gading Harahap

    selamat siang mas admin.
    mau minta saran nih. kamar saya ukuran 3X4,saat ini pakai ac panasonic non inverter 1/2pk ecosmart (lupa serinya),sering di setting di 20, dominan dipakai siang,malam sampai pagi.saya ingin mengganti ac dgn yg inverter kira2 ukuran brp pk?apakah nantinya akan lebih hemat listrik jika saya ganti yg inverter dibanding yg saya gunakan skrg.
    mohon berbagi pengetahuannya ms admin. terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Wah kamar 3×4 sebenarnya pake 1/2PK sangat kurang loh. Mau setting 20 dan 26 saya yakin se yakin yakin nya dinginnya pasti sama persis.

      Kalau mau ganti dengan AC Daikin High Inverter 1PK FTKV25NVM4

      Saya garansi Watt-nya pasti MINIMAL sama dengan kayak pake 1/2PK bahkan bisa lebih rendah selama setting suhu tidak dibawah 24 derajat. Dan pintu kamar tidak pernah dibiarkan terbuka.

      Oke terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

      Reply
  • Grey

    Hai min, mau tanya.
    Saya beli ac sharp lowattage 1/2 pk ukuran kamar 3,5×3,5m apakah sdh cukup? Kog krg dingin. Apakah pakai mode otomatis bisa membuat umur ac panjang? Trims

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kamar 3.5 x 3.5 harus menggunakan AC 3/4PK.

      Kalau pakai 1/2PK nanti bisa keringetan loh kalo malem tidur. Apalagi kalau pas musim kemarau.

      Jadi kalau sekarang kurang dingin ya sudah wajar karena Btu AC-nya kurang. Terutama karena pilihnya yang tipe Low Watt.

      Bukan mode otomatis, tapi fan speed otomatis. Kalau mode sih harus mode cool baru bisa dingin anginnya.

      Oke terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • fus

    ruangan saya 3m15cm x 3m15cm tipe ac panasonic apa yg cocok?apakah bisa belinya lagsung di galeri resmi panasonic dan dipasangin sama teknisi panasonic?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk ruangan anda kami sarankan menggunakan AC Panasonic Low Watt 3/4PK CS-XN7RKJ.

      Ya kami bisa memasang AC anda, hanya harus masuk ke jadwal terlebih dahulu.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
      • eko

        Mo nanya min klo ac Merek AUX asw-05A4/fcr1 bsgus tidak ya? watt ny jg kata ny pemakaian awal 500 tar turun jd 300san,kmren tanya tanya ke toko elektronik di saranin nya sama engkoh nya beli aux dari pada panasonic/sharp..

        Reply
        • Web_Admin

          Selamat sore,

          yah kalo jualan sih semua bilang kecapnya paling bagus hehehehhe…

          Untuk merk sih terserah lah, pokoknya kalo beli merk mahal seperti Daikin atau Panasonic rasanya kayak beli BMW ato Mercy. ada barang ada rupa.

          Saya tidak menjelekkan merk AUX loh ya. karena semua AC pasti dingin. Kembali ke customer saja mau pake merk mana. Paling bedanya di daya tahan dan service center saja sih.

          Oke terima kasih sudah mampir ke website kami

          Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *