POSTED BY Web_Admin | Mar, 01, 2021 |

UPDATE 1: Kalau mau respon cepat, selain menghubungi nomer telepon toko di (021) 737 5155 / 737 5156 / 737 5157 / 7369 0753 anda dapat menghubungi nomor WA team sales kami ya

 

 

 

 

National Elektronik kembali lagi dengan artikel tentang AC yang meluruskan mitos yang salah dan merugikan konsumen tentang salah satu permasalahan AC yang paling sering membuat konsumen rugi dan tertipu.

Masalah yang saya maksudkan adalah apakah AC Split di rumah atau kantor anda harus selalu isi ulang freon atau tambah freon setiap berapa bulan atau tahun sekali?

Freon R-22 DuPont

Untuk menjawab pertanyaan ini agak ribet, namun secara garis besar jawabannya TIDAK!

mari kita bahas mengapa AC di rumah anda tidak perlu isi ulang freon atau nambah freon setiap beberapa bulan sekali.

Pertama, prinsip kerja AC rumah sama persis dengan AC mobil. Jadi di AC rumah dan mobil ada kompressor yang kerjanya memompa gas freon ke evaporator di unit indoor kemudian akan dihembuskan angin dan angin yang keluar dari kisi-kisi AC adalah angin dingin. Nah gas Freon yang tersimpan di kompressor itu selalu berputar di putaran tertutup (Closed Loop) dari kompressor dipompa ke evaporator dan balik lagi ke kompressor. Oleh karena itu gas tidak mungkin keluar dari putaran tersebut kecuali ada kebocoran.

Pertanyaannya, apakah sejak mobil baru anda diantarkan dari showroom, kemudian 6 bulan kemudian sudah ke bengkel untuk isi ulang freon atau nambah freon? tentu saja TIDAK! Sama saja dengan AC rumah. Kalau instalasi AC-nya benar AC rumah anda TIDAK PERLU di-isi ulang freon-nya!

Bagaimana dengan penguapan? Ya memang gas Freon bisa saja menguap karena terkena panas, namun rate penguapan Freon AC juga sudah dipikirkan oleh pabrik pembuat AC terutama untuk merk AC Panasonic dan AC Daikin sebagai merk AC terbaik di Indonesia bahkan di dunia agar Freon tidak perlu diisi ulang dalam kondisi pemakaian normal sampai seumur AC-nya. Yah bisa kita bilang kalau AC sudah digunakan diatas 5 tahun mungkin masih wajar bila kita isi ulang Freon AC kita, tapi kalau baru pakai dibawah 2 tahun atau bahkan belum setahun sudah harus isi ulang freon atau nambah freon, maka yang menyebabkan hal ini dapat terjadi adalah seperti dibawah ini:

1. Apabila pipa Freon anda sudah tertanam di tembok rumah, apartemen atau ruko anda pada saat pemasangan AC pertama kali, mungkin orang yang masang pipa pertama kali bengkokin pipanya sembarangan jadi patah atau retak dan bocor halus.

 

2. Apabila anda beli AC dengan pipa-nya, bisa saja orang instalasi AC-nya masang pipanya ga bener, pas bengkokin pipa terlalu kuat jadi patah di dalem atau retak dan bocor halus. Oleh karena itu tanpa bermaksud meng-dis-kreditkan tukang pasang AC manapun, berhati-hatilah dalam memilih tempat membeli AC anda. TIDAK SEMUA tempat beli AC memiliki teknisi pasang AC in-house. Banyak tukang pasang AC mereka adalah FREELANCE, jadi kualitasnya mungkin bisa bagus, mungkin juga tidak… Berbeda dengan tempat kami. Semua teknisi kami untuk instalasi AC maupun service AC, semuanya adalah teknisi In-house dengan gaji bulanan, jadi hasil kerja mereka selalu kami kontrol dan mereka lebih bertanggung jawab dalam menjalankan tugas karena membawa bendera perusahaan kami. Dan semua kepala teknisi kami sudah memiliki sertifikat resmi lulus training dari Daikin Training Center dan Panasonic Service Center.

 

3. Bisa juga kualitas pipa yang digunakan abal-abal alias ga ber-merk atau ber-merk tapi palsu.. kayak merk Hoda yang sudah terkenal mahal dan berkualitas tinggi namun palsunya beredar dimana-mana… Toko kami menggunakan pipa merk HODA dengan ketebalan minimum 0.6mm yang cocok digunakan di AC yang menggunakan Freon R32. Kami jamin ASLI karena kami langsung membelinya dari importir TUNGGAL merk tersebut! Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca artikel perbedaan Freon R32 kami, ataupun artikel mengapa ongkos pasang AC dengan Freon R32 lebih mahal? Niscaya anda akan lebih paham dan tidak mudah tertipu lagi jika ingin membeli AC. Kami juga sebagai Daikin AC Shop, menjual pipa merk DAIKIN dengan ketebalan 0.8mm. Asli dari Thailand, dan hanya boleh dijual melalui dealer Daikin Pro Shop atau AC Shop. Tidak bisa dibeli dari tempat lain. Jadi TIDAK MUNGKIN ada yang palsu. Memang harganya lebih mahal daripada merk HODA tapi ya memang lebih tebal juga ukuran pipanya.

 

4. Mungkin juga di sambungan pipa (Naple) pada saat flaring kurang kencang jadi bocor halus atau malah terlalu kencang jadinya retak atau pecah. Ini bisa terjadi apabila menggunakan Flaring merk Cina yang tidak baik mutunya. Mungkin untuk pasang 50 sampai 100 unit AC pertama masih oke namun sesudahnya akan lebih mudah bocor karena alatnya sudah aus dan harus diganti. Kami sendiri menggunakan merk TASCO dari Jepang untuk flaring pipa.

 

5. Bisa juga bila anda menggunakan jasa service AC sembarangan yang mungkin (maaf) cuman diliat dari iklan yang ditempel di pohon pinggir jalan, bisa saja pada saat mereka service AC bagian Outdoor, sambungan pipanya dikendorkan sedikit supaya Freon terbuang sedikit2 dan dalam waktu 2 atau 3 bulan AC jadi ga dingin karena Freon berkurang atau bahkan habis, jadi anda harus telepon mereka untuk datang dan meng isi ulang freon AC anda. Kami tidak bilang semua jasa service AC seperti itu, namun cobalah lebih selektif dalam memilih tempat membeli dan service AC anda. Mungkin lebih baik telepon langsung ke Daikin atau Panasonic Call Center kalau mau service AC biar subcon mereka yang datang dan cuci AC anda.

 

6. Bisa saja Evaporator unit Indoor AC anda bocor, nah kalau sudah begini saran kami, selain sementara Evaporator AC di las, anda nabung ya.. karena kalau Evap AC sudah di las tetep ga bakalan lama umurnya… paling 3 bulan uda bocor lagi.. mau di tempat yang sama atau malah bisa nambahin bocor di tempat lain… Udah persis kayak kompressor ampere-nya udah tinggi… uda ga ada obat-nya.. mending segera nabung buat beli AC baru… Jangan lupa belinya AC Panasonic atau AC Daikin yaaaa biar awet dan tahan lama… Trussss belinya di toko kami hahahaha… Iklan dikit bole laaaa…

 

Kami juga memiliki artikel untuk harga AC Daikin, harga AC Panasonic atau harga AC Gree silahkan dibaca bila ingin tahu harga unit beserta informasi Btu dan konsumsi listriknya.

Nah begitulah kira-kira jawaban dari mitos masalah AC yang PALING SERING membuat konsumen tertipu, karena tiap kali isi ulang freon atau nambah freon harga bervariasi antara 100 – 150rb rupiah tergantung pinter-pinternya si tukang AC ngomong sama anda hehehehe…. Bahkan bila AC anda menggunakan Freon R32 isi ulang Freon R32 merk DAIKIN  bisa mencapai 500 ribu Rupiah bahkan lebih! sayang banget kan keluarin uang segitu bukan karena memang ACnya perlu di isi ulang freon nya tapi cuma karena akal-akalan tukang AC anda.

Semoga setelah membaca artikel kami, anda menjadi lebih mengerti dan tidak mudah ditipu oleh oknum-oknum atau toko AC yang tidak bertanggung-jawab dan hanya ingin untung tanpa memikirkan konsumen. Jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya seperti Lebih irit mana pake AC Low Watt atau AC Inverter atau bagaimana sih cara menghitung kita pakai AC berapa PK di ruangan?

Kami juga memiliki artikel tentang bagaimana cara menggunakan AC agar hemat listrik dan awet. Dan juga artikel terbaru kami tentang AC Inverter. Apakah AC Inverter bagus? silahkan segera kunjungi untuk menambah pengetahuan anda tentang AC.

Berikut ini adalah list artikel kami yang dapat anda baca juga:

1. Apakah perlu isi ulang Freon AC?

2. Apakah AC Inverter benar – benar bagus dan hemat listrik?

3. Cara menggunakan AC agar awet dan hemat listrik

4. Cara menghitung kebutuhan PK AC sesuai ruangan

5. Semua yang harus anda tahu tentang AC Low Watt dan AC Inverter

6. Mengapa Ongkos pasang AC Freon R32 lebih mahal?

7. Perbedaan Freon R22, R32 dan R410A

8. Penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin

9. Perbedaan Tipe AC Daikin

10. Harga AC Daikin 2021

11. Perbedaan tipe AC Panasonic

12. Harga AC Panasonic 2021

13. Brosur AC Daikin

14. Pengangkatan National Elektronik sebagai Daikin AC Shop

15. Tips dan trik menggunakan AC Inverter

16. AC Daikin Multi S

17. Testimoni AC Daikin di Kaskus

18. Emang AC Gree bagus? Kan buatan China

19. Harga AC Gree 2021

20. Tipe AC Gree apa saja dan perbedaannya

21. Bocoran AC Gree 2019

22. Launching AC Daikin Line Up 2018

23. Review Daikin Inverter Flash 1PK FTKQ25SVM4

24. Apaan sih COP dan EER itu?

25. AC Panasonic si Biru CS-LN Series

26. Pindah AC jadi ga dingin?

27. AC Multi Split Panasonic

28. Air Purifier Daikin

 

 

Oleh karena itu, jangan ragu lagi untuk mempercayakan pembelian, pemasangan maupun service AC Panasonic atau AC Daikin atau AC Gree anda kepada kami. Kami berjanji memberikan pelayanan yang terbaik bagi anda dengan harga yang kompetitif. Hubungi kami sekarang baik melalui halaman contact us, lewat email ke [email protected] ataupun menghubungi hotline kami di (021) 737 5155 – 56 atau gunakan semua cara yang ada diatas baik lewat FB, Twitter, atau WA

Artikel dibuat oleh:

Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
@samuellumentut
National Elektronik

Artikel diperbarui terakhir tanggal: 20 April 2020

TAGS :
  • fernando

    Ac sudah tidak dingin lagi setelah tukang service datang untuk mentence bersi2 biasa, sesuda itu kami di sarankan untuk ganti freon yg hemat daya tapi setelah di ganti bukanya tambah dingin…tapi dinginya berkurang dari sebelum-sebelumnya….itu apa yah penyebabnya???

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Apakah tukang service-nya suruh anda ganti dengan freon musicool? bila ya itu adalah freon R290, yang angka index dinginnya saja dibawah R410A.

      Lagipula kalau ganti freon diluar standard pabrikan garansi AC anda juga hilang loh.

      Yang benar adalah dicari penyebab ga dinginnya, apakah ada kebocoran? atau kompressor sudah tinggi amperenya, atau yang lainnya.

      Tidak boleh ganti freon sembarangan Pak. Kalau AC Changhong Bapak aslinnya pakai R22, ya tetep selamanya harus pake R22, ga bole ganti freon jenis apapun selain R22. Kalau mau diganti ke R32, makin ga karuan pasti kompressornya. Tinggal tunggu jebol aja Pak.

      Nah kalau kenapa Freon R410A lebih mahal dari R22, karena R410A sudah tidak melubangi Ozone lagi seperti yang dilakukan R22.

      Untuk lebih jelasnya silakan baca artikel kami di perbandingan freon R22, R32, R410A dan R290 disini http://goo.gl/FYH4s1

      Lalu untuk kenapa R32 bahkan lebih mahal dari R410A? silakan baca artikel kami yang ini http://goo.gl/Zxze6W

      Tolong dibaca yaaaa supaya menambah pengetahuan juga.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaannya yah.

      Reply
  • Fitry Liang

    Selamat siang pak… AC kami Panasonic Inverter. 1 PK. Waktu dipasang sama teknisi apartment tempat kami tinggal dipesan klo tiap 3 bulan jangan lupa service AC. Cuci. Nah, katanya klo pemakaian tiap hari. Waktu cuci AC sekalian isi freon aja. AC kami dibawah 2 thn pak.
    Terakhir senin yang lalu kami service AC. Cuci dan isi freon. Oia, krn inverter jd biaya isi freon lebih mahal drpd AC non inverter. Tapi dinginnya kurang maximal. Apa ada kebocoran ya pak?
    Terima kasih utk penjelasannya.
    Salam.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      AC itu TIDAK PERLU diisi freon kalau tidak ada kebocoran atau kerusakan.

      Kalo ada yang ngomong kalo dipake tiap hari, waktu cuci AC sekalian isi freon saja itu teori darimana? Tidak benar itu Bu. Semua pabrikan AC TIDAK PERNAH suruh customer isi freon kecuali memang kurang gara-gara pipa freon lebih dari 10m, atau ada kebocoran baik di pipa, sambungan naple, evaporator ataupun di kompressor.

      Kalau isi freon Inverter lebih mahal dari non Inverter bisa ya bisa tidak.

      Freon AC Inverter adalah R410A dari dulu dan yang sekarang ada yang R410 ada yang R32. AC non-inverter ada yang pake R22 (yang model lama dan mulai tahun 2015 sudah tidak boleh lagi dijual unitnya) ada yang R410A ada juga yang R32.

      Isi freon R410A dan R32 tentu saja jauh lebih mahal dari R22. Tapi kalo AC non-inverternya udah pake R410A atau R32 ya harga isi freonnya sama aja. Itu aja kalo emang beneran perlu, bukan akal2an teknisi AC-nya.

      intinya kalo disuru isi freon, tanya emang kurang? mana buktinya? tekanannya berapa psi emang sekarang? setelah diisi berapa tekanannya?

      Udah gitu tanya kenapa bisa kurang? pasti ada bocor donk… dimana bocornya tunjukin ke saya… trus suru dia benerin sampe ga bocor lagi baru diisi lagi freonnya Bu.

      Kalo dingin kurang maksimal bisa 1000 kata lagi Bu alasannya. Silakan baca artikel kenapa AC kurang dingin kami disini aja ya http://goo.gl/PNXlLf

      Kalau masih ada yang kurang jelas, silakan reply comment kami.

      Teirma kasih atas kunjungan dan pertanyaannya.

      Reply
  • Fajar marda

    Pak , saya kan lagi idupin ac pada jam pertama dingin , tiba” mesin outdoornya kehilangan tenaga pak dan acnya gak dingin pak , apa solusinya pak

    Merk : panasonic ( 1pk)

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Wah kalau hal seperti itu sih harus dicek langsung AC-nya Pak.

      saran kami sih silahkan langsung hubungi contact center Panasonic bebas pulsa di 0804 1 111 111.

      Dan minta mereka untuk datang dan men-cek kondisi ACnya Pak.

      Oke semoga cukup terbantu dengan jawaban kami ya.

      Teirma kasih telah berkunjung dan bertanya kepada kami.

      Reply
  • Renni

    Maaf mengganggu pa
    Sy punya AC PANASONIC 3/4 sudah berumur 5than
    Tetapi 1thun kebelkang ni slalu g dingin ketika 3 bulan.
    Dan pasti stiap 3bln itu preonnya habis ktnya si pas di cek ni ada kebocoran halus entah dipipa atau dmn?
    Yg sy tanyakan bagaimana solusinya??? Dan tindakan pertma apa yg hrus sy lakukan tks.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Untuk AC Panasonic-nya kalau tiap 3 bulan freon habis sih sudah pasti ada kebocoran Pak, harus dicari tahu sampe ketemu letak kebocorannya dimana.

      Kalau ngga ya selamanya freon akan habis terus.

      Lebih baik langkah pertama adalah menelepon customer care Panasonic di nomor telepon bebas pulsa 0804 1 111 111

      Kemudian minta supaya dari service center resminya dikirimkan teknisi untuk cek kebocoran dan dibenerin AC-nya.

      Kedua kalau setelah di cek ternyata bocor dari kompressor, evaporator atau kondensor sih lebih baik ganti baru karena kalau cuman dilas atau ditambal pasti ga lama lagi akan rusak lagi. Plus harga penggantian part-nya pun bisa sekitar 50% dari harga AC baru Pak.

      Namun kalau bocor cuman di sambungan pipa (flaring) atau di pipa-nya doank sih ga masalah, paling hanya perlu diganti pipanya atau diperbaiki sambungannya.

      Begitu kira2 saran dari kami ya Pak.

      Semoga dapat membantu permasalahan Bapak.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaannya.

      Reply
  • Deddy

    AC Panasonic 2 PK karena kompresornya macet maka kami hanya ganti outdoor baru merk Panasonic juga tapi yang pakai freon R32, pertanyaannya apakah ada dampak atas penggantian tsb ?
    Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Wah kalau cuman diganti doank outdoornya dengan Outdoor Panasonic R32 sih kalau pipanya ga diganti bakalan bocor terus tuh Pak Freonnya.

      Kecuali dulu pas pasang AC Panasonic 2PKnya sudah pakai pipa yang tebal kayak HODA, INABA DENKO, SAEKI, TATEYAMA, CRANE, atau KEMBLA. Kalau dulu ga pakai pipa itu, maka saya yakin Bapak tiap 2 bulan sekali akan habis total freonnya karena bocor di sepanjang pipanya.

      Kalau Indoornya sih ga ada masalah Pak.

      Oke semoga sudah lebih jelas ya.

      Teirma kasih

      Reply
  • Dedy

    Pak. Toko nya di bintaro dekat mana sih? Kebetulan saya d daerah pondok petir serua.. Kalau harga daikin tipe Fkc15npm4 0.5 pk harga berapa ya? Tipe daikin yg terbaru kan pak? Plus sama instalasi pasang nya berapa?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Toko kami di seberang Bintaro Plaza (seberang Yoshinoya) sebelahnya Apotik Melawai / Guardian.

      FTKC15NVM4 sudah discontinue pak.

      Sekarang ini Daikin dan Panasonic memiliki tipe Inverter cuman mulai 1PK… Sedih ya Pak…

      Semoga ke depannya Daikin mau keluarin lagi Pak AC Inverter 1/2 dan 3/4nya…

      Reply
  • minta info
    kalu ac daikin pengiriman ke luar pulau.apakah pemasangan bisa dilakukan dgn teknisi yg kompeten.meskipun pembelian cuma 2 unit saja.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Mohon maaf untuk pengiriman luar pulau kami tidak menyediakan teknisi hanya kirim barangnya saja

      Terima kasih

      Reply
  • nisa

    pak saya nanya dong.. apa akibatnya jika memakai outdoor dan indoor yg berbeda, krn lain hal.. di kamar saya menggunakan indoor 1 pk merk toshiba sedang outdoornya 3/4 pk merk lg..terimakasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalau berbeda PK sih tidak masalah namun karena kapasitas AC itu ditentukan dari Outdoor, maka walau Indoornya pake 2PK sekalipun dinginnya maksimal akan seperti AC 3/4PK

      Terima kasih atas kunjungannya ke website kami.

      Reply
  • okta

    Selamat siang, AC daikin 0.5 PK saya (kayanya si made in China) selang/pipanya bocor karena tertekuk tukang bangunan dan freonnya keluar hingga habis , pertanyaan saya;
    1. Freon yang digunakan yang type apa? Berapa biaya isi ulangnya.
    2. Apakah untuk pengisiannya perlu di vakum dulu ? , untuk vakum ini perlu alat khusus / tambahan ya?
    3. Selang/pipa bekasnya bila panjangnya masih mencukupi apakah bisa dipakai kembali?
    4. Apakah benar pipa/selang untuk 0.5 pk dan 3/4 pk berbeda?
    Mohon pencerahannya pak Samuel.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Kami akan coba jawab pertanyaannya yah:

      1. AC Daikin 1/2PK Made in China kalau buatan terbaru Freonnya R410A, kalau yang tipe lama termasuk tahun lalu punya menggunakan Freon R22. Harus liat stiker di Indoor AC tipenya apakah FT15HEV atau FTNE15JEV. Kalau FT15HEV pakai R22, FTNE15JEV pakai R410A

      Biaya isi ulang R22 merk DUPONT ASLI adalah Rp. 200.000,- untuk isi penuh, sedangkan untuk R410A merk DUPONT ASLI adalah Rp. 600.000,- untuk isi penuh

      2. Untuk pengisian memang lebih baik di vacuum dahulu. Ya untuk vacuum perlu alat khusus dan tidak semua toko / teknisi AC memiliki alat tersebut karena harganya cukup mahal.

      3. Selang bekasnya paling dipotong kemudian di las dan disambung Bu dengan pipa yang baru.

      4. Pipa Freon untuk 1/2 dan 3/4PK persis sama Bu.

      Oke semoga cukup dapat mencerahkan ya.

      Terima kasih atas kunjungannya ke website kami.

      Reply
  • erni

    pak bagaimana dengan ac akari yg 1/2Pk type 055fwli sm type 055gwli apa ada bedanya, klu ada bagus yang mana ya?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Mohon maaf kami tidak menjual AC Akari sehingga kami tidak mengetahui perbedaan tipenya.

      Terima kasih sudah singgah ke website kami ya.

      Reply
  • suyono

    pak mo nanya
    untungnya sama sama pegang merk panasonic ma daikin jadi tau seluk beluk keduanya.
    banyak mitos yang bilang daikin itu bener2 spesialis ac makanya bagus, gak pake embel2 macam plasmacluster, low watt, ion ionan itu kata banyak org yang udah make daikin lebih dingin dari panasonic. sebelum freon r32 muncul lho pak.
    sebenernya btul tidak pak, krn dikantor kami yang sama sama make 1pk inverter daikin dan panasonic lebih dingin si daikin, nyessnya beda

    Reply
    • Web_Admin

      Wah saya juga ga mau jelek-jelekin produk yang saya jual Pak hehehhe..

      Tapi memang untuk AC Inverter Daikin pasti lebih dingin dari Panasonic karena tipe yang lama AC Inverter Daikin masih ada yang menggunakan Freon R22, sedangkan AC Inverter PAnasonic dari dulu hanya menggunakan Freon R410A.

      Jadi seperti yang sudah saya jelaskan panjang lebar di artikel ini http://goo.gl/FYH4s1 disitu dijelaskan kalo Freon R22 memang sudah pasti lebih nyess dibanding R410A Pak.

      Plus kalo sekarang mau beli Inverter memang harus Daikin karena selain cuman merk Daikin yang Inverternya pake Freon R32, Daikin Inverter juga adalah yang paling irit listriknya di Indonesia.

      Kalau untuk tipe non-Inveter sih 11 12 lah sama Panasonic Pak, alias kurleb sama kualitasnya.

      Oke semoga sudah jelas ya.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaannya.

      Reply
  • zidni hidayati

    siang pak, biaya service ac atau perawatan ac berapa ya di daerah jakarta timur cakung….terimakasih,,,

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk biaya service AC sebenarnya adalah Rp. 70.000,- / unit.

      Namun untuk Cakung sih ada transport sebesar Rp. 150.000,- / visit Pak.

      Jadi kalau bisa sih lebih baik mencari tukang service di daerah sana aja Pak, kecuali memang Bapak bersedia dikenakan transport tadi.

      Terima kasih ya atas kunjungan dan pertanyaannya.

      Reply
  • Arya

    Malam pak,
    AC saya baru diservis & tambah isi freon krn sdh tidak dingin.
    Namun baru 2 minggu diisi, AC kembali tidak dingin jika dinyalakan seharian (beberapa jam pertama dingin). Kondisi indoor pun akan banyak air yg menetes.
    Kemudian saya panggil teknisi AC lain utk cek, katanya diisi freon aja krn freonnya tinggal 10% dan dia berani kasih garansi hingga 2 bulan.
    Pertanyaan saya, apakah ini indikasi ada kebocoran atau krn “akal2n” teknisi yg pertama? (krn teknisi kedua berani kasih garansi 2 bulan)
    Utk pengisian freon dr 10% hingga penuh kena biaya brp rupiah? (AC saya 3/4 PK).

    Demikian pak, terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Sore Pak,

      Kalau Freon berkurang sampai tinggal 10% sih udah pasti ada kebocoran Pak.

      Kalau tidak ada kebocoran dalam minimal 3 tahun pertama sih harusnya tidak perlu tambah freon.

      Biasanya kalau begitu mesti di cek Pak dimana kebocorannya. Apakah di Naple, di sepanjang pipanya, di evaporator, kondensor atau yang lainnya. Bukan cuman main asal isi aja Pak.

      Kalau harga isi Freon bukan tergantung dari jenis Freonnya Pak bukan dari PK-nya.

      Kalau R22 sih sekitar 100 – 150rb

      Kalau R410A sekitar 450 – 500rb

      Kalau R32 sekitar 600rb.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • REI

    siang pak
    sy pasang ac baru panasonic di ruko baru pula.panjang indoor ke outdoor 15 meter dan harga isi freon katanya Rp.350.000. betul ngak harganya mahal.
    terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Siang Pak,

      Loh kalo pasang baru sih ngapain isi freon Pak?

      Kan dari pabrikan udah ada freon di dalam kompressor dan selalu dilebihin pula biar bisa dipake buat flush pipa abis di vacuum.

      Kalo cuman 15m sih selain Bapak pakainya Panasonic tipe Envio 3/4PK dan 1PK (CS-N7RKP dan CS-N9RKP) dimana panjang pipa maksimum TANPA harus tambah freon hanya 10m, berarti TIDAK perlu tambah freon Pak. karena semua tipe AC Panasonic memiliki panjang pipa maksimum tanpa tambah freon sampai 15m.

      Kalau tambah freon R32 sih memang kurang lebih segituan harganya Pak. Namun harusnya kalau cuman 15m ga perlu ditambah freon karena dari Pabrik sudah cukup freonnya. Namun karena saya tidak lihat langsung ke lapangan saya hanya bisa memberikan asumsi ya Pak. Karena mungkin saja panjang real-nya lebih dari 15m. Kalau lebih dari 15m harus diisi 10gram Freon per meter pipa lebih.

      Oke semoga sudah jelas ya sekarang.

      Terima kasih atas kunjungannya ke website kami.

      Reply
  • Ilham

    Hai Admin, mau tanya dong.

    Problem AC di rumah saya.
    Saat AC dinyalain kurang lebih 5-10 menit kemudian listrik rumah langsung turun (berbarengan saat kompresor di outdoor baru akan menyala).
    Apakah penyebabnya?
    Kalau menurut teknisi AC yang mengecek, katanya kompresornya sudah jelek harus diganti baru. Dan harga kompresornya sekitar 1,5jtan. Apakah benar? Mohon penjelasannya.
    Kejadian ini baru berlangsung sekitar seminggu belakangan ini, padahal sudah sekitar 1,5 bulan saya memakai AC ini dan tidak ada masalah.

    Merk AC: Sharp 1PK.
    Listrik Rumah: 1300watt.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Untuk kondisi seperti itu si biasanya Ampere kompressor sudah tinggi sekali Pak, jadi semakin menyala malah semakin besar daya listrik yang disedot Pak.

      Kalau sudah rusak kompressor sih lebih baik beli AC baru Pak.

      Kalaupun Bapak keluar uang 1.5jt buat ganti kompressor kan bagian yang lain dari AC-nya tetap sudah tua Pak.

      Jadi kalaupun diganti kompressor saya yakin ga bakal lama juga umurnya paling setaon atau 2 tahun itu juga kalo hoki Pak.

      Jadi mending langsung ganti AC baru aja yah.

      Terima kasih telah berkunjung dan bertanya di website kami.

      Reply
  • ibra

    Pak. mau nanya lagi. 😀
    beberapa tukang service cuci ac kan kadang seringkali ada yg sekalian cek freon dalam service mereka…
    pertanyaan saya adalah apakah di saat tukang service ac mengecek freon dgn memakai alat semacem manifold itu dapat mengurangi freon acnya? saya pernah liat mereka saat sedang cek freon seperti ada hembusan angin yg keluar… apakah itu artinya freonnya kebuang?

    dan apakah benar lama2 freonnya akan habis kl tukang servicenya sering cek freon dan kita diharuskan mengisi ulang freon lagi?
    bukannya mau berprasangka buruk,, tp apakah benar kl spt ini jg adalah permainan tukang ac yg gak jujur?

    Reply
    • Web_Admin

      Iya gpp Pak tanya aja sebanyak2nya hehehhe…

      Sebenernya kalau cuman cuci AC dan AC setelah dicuci dingin sih ga perlu di cek tekanan freonnya Pak.

      Kalo cek freon itu kan cuman kalau ACnya kurang atau tidak dingin.

      Karena pasti tiap kali ngecek ada sedikit yang terbuang. Kalo dilakukan terus menerus tiap kali cuci AC ya udah pasti lama2 jadi berkurang dan mesti tambah freon Pak.

      Oke semoga sudah lebih jelas ya. Terima kasih atas kunjungannya ke website kami.

      Reply
  • m.gunawan

    bos mau tanya klu evaporator bocor…apa tidak bisa d ganti…..atau ada ga sperpart evaporator…..ok terimaksih banyak bos.

    Reply
    • Web_Admin

      Bisa Pak kalau mau ganti evap. Silakan hubungi service center untuk merk AC yang Bapak butuhkan.

      Namun namanya sudah ganti evap pasti ga bakalan lama juga umurnya Pak. Dan menilik harga evap bisa diatas 1juta-an kalau menurut saya mendingan nabung trus ganti ACnya sekalian Pak.

      Oke Terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

      Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang untuk mengetahui cara menggunakan AC dengan benar silahkan kunjungi artikel kami yang berjudul Cara menggunakan AC disini http://goo.gl/a9N7TK

      Terima kasih atas perhatiannya

      Reply
  • fanny

    Kalo mau tambah preon R32 brp biayanya masih baru sih cuma mau tau info aja.

    Reply
    • Web_Admin

      Untuk saat ini ongkos tambah freon R32 dari tempat kami adalah Rp. 600.000,-

      Tapi ke depannya harganya pasti turun, bahkan nantinya akan lebih murah dari R410A.

      Terima kasih.

      Reply
  • gunawan

    bagaimana kalau pindah rumah? apakah saat pemasangan ulang AC tidak perlu nambah freon?

    Reply
    • Web_Admin

      Kalau AC dicopot dan dipindah letaknya tentu saja harus tambah freon karena pada saat dicopot pasti ada freon yang terbuang.

      Artikel kami menjelaskan untuk pemakaian normal AC terpasang di tembok.

      Namun terima kasih telah mengingatkan hal ini.

      Reply
      • wahyu

        Kalau AC dicopot dan dipindah letaknya tentu saja harus tambah freon karena pada saat dicopot pasti ada freon yang terbuang. ????
        itu sih akal2.an tukang ac , atau memang tukang ac nya goblok , emang pas mau di bongkar , apa gak di tutup dulu freonnya ??
        itu sih kurangnya pendidikan di tukang nya

        Reply
        • Web_Admin

          Selamat sore,

          Terima kasih atas kata-kata anda yang sungguh indah dan membangun. Semoga bisa lebih memacu kami lagi dalam menangani AC, dan semoga kami bisa jadi sepintar anda dalam menangani masalah AC dan tidak goblok dan kurang pendidikan seperti kata anda.

          Maksud kami memang pasti ditutup dulu freonnya pas mau dicopot, tapi selama ini kami sudah memindahkan ratusan AC, tetap saja pasti ada yang pas dipasang lagi tekanan freonnya kurang. Makanya kalau harus ditambah tekanan freonnya harga jasa yang kami tawarkan sudah termasuk menambah freonnya kembali ke tekanan semula.

          Mungkin Pak Wahyu yang sudah jauh lebih pengalaman dari kami dan tidak pernah berkurang sama sekali tekanan freonnya pada saat memindahkan AC. Lain kali boleh Pak minta tolong ajari teknisi kami 🙂

          Salam sejahtera untuk anda yah

          Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *