POSTED BY Web_Admin | Mar, 01, 2021 |

UPDATE 1: Kalau mau respon cepat, selain menghubungi nomer telepon toko di (021) 737 5155 / 737 5156 / 737 5157 / 7369 0753 anda dapat menghubungi nomor WA team sales kami ya

 

 

 

 

National Elektronik kembali lagi dengan artikel tentang AC yang meluruskan mitos yang salah dan merugikan konsumen tentang salah satu permasalahan AC yang paling sering membuat konsumen rugi dan tertipu.

Masalah yang saya maksudkan adalah apakah AC Split di rumah atau kantor anda harus selalu isi ulang freon atau tambah freon setiap berapa bulan atau tahun sekali?

Freon R-22 DuPont

Untuk menjawab pertanyaan ini agak ribet, namun secara garis besar jawabannya TIDAK!

mari kita bahas mengapa AC di rumah anda tidak perlu isi ulang freon atau nambah freon setiap beberapa bulan sekali.

Pertama, prinsip kerja AC rumah sama persis dengan AC mobil. Jadi di AC rumah dan mobil ada kompressor yang kerjanya memompa gas freon ke evaporator di unit indoor kemudian akan dihembuskan angin dan angin yang keluar dari kisi-kisi AC adalah angin dingin. Nah gas Freon yang tersimpan di kompressor itu selalu berputar di putaran tertutup (Closed Loop) dari kompressor dipompa ke evaporator dan balik lagi ke kompressor. Oleh karena itu gas tidak mungkin keluar dari putaran tersebut kecuali ada kebocoran.

Pertanyaannya, apakah sejak mobil baru anda diantarkan dari showroom, kemudian 6 bulan kemudian sudah ke bengkel untuk isi ulang freon atau nambah freon? tentu saja TIDAK! Sama saja dengan AC rumah. Kalau instalasi AC-nya benar AC rumah anda TIDAK PERLU di-isi ulang freon-nya!

Bagaimana dengan penguapan? Ya memang gas Freon bisa saja menguap karena terkena panas, namun rate penguapan Freon AC juga sudah dipikirkan oleh pabrik pembuat AC terutama untuk merk AC Panasonic dan AC Daikin sebagai merk AC terbaik di Indonesia bahkan di dunia agar Freon tidak perlu diisi ulang dalam kondisi pemakaian normal sampai seumur AC-nya. Yah bisa kita bilang kalau AC sudah digunakan diatas 5 tahun mungkin masih wajar bila kita isi ulang Freon AC kita, tapi kalau baru pakai dibawah 2 tahun atau bahkan belum setahun sudah harus isi ulang freon atau nambah freon, maka yang menyebabkan hal ini dapat terjadi adalah seperti dibawah ini:

1. Apabila pipa Freon anda sudah tertanam di tembok rumah, apartemen atau ruko anda pada saat pemasangan AC pertama kali, mungkin orang yang masang pipa pertama kali bengkokin pipanya sembarangan jadi patah atau retak dan bocor halus.

 

2. Apabila anda beli AC dengan pipa-nya, bisa saja orang instalasi AC-nya masang pipanya ga bener, pas bengkokin pipa terlalu kuat jadi patah di dalem atau retak dan bocor halus. Oleh karena itu tanpa bermaksud meng-dis-kreditkan tukang pasang AC manapun, berhati-hatilah dalam memilih tempat membeli AC anda. TIDAK SEMUA tempat beli AC memiliki teknisi pasang AC in-house. Banyak tukang pasang AC mereka adalah FREELANCE, jadi kualitasnya mungkin bisa bagus, mungkin juga tidak… Berbeda dengan tempat kami. Semua teknisi kami untuk instalasi AC maupun service AC, semuanya adalah teknisi In-house dengan gaji bulanan, jadi hasil kerja mereka selalu kami kontrol dan mereka lebih bertanggung jawab dalam menjalankan tugas karena membawa bendera perusahaan kami. Dan semua kepala teknisi kami sudah memiliki sertifikat resmi lulus training dari Daikin Training Center dan Panasonic Service Center.

 

3. Bisa juga kualitas pipa yang digunakan abal-abal alias ga ber-merk atau ber-merk tapi palsu.. kayak merk Hoda yang sudah terkenal mahal dan berkualitas tinggi namun palsunya beredar dimana-mana… Toko kami menggunakan pipa merk HODA dengan ketebalan minimum 0.6mm yang cocok digunakan di AC yang menggunakan Freon R32. Kami jamin ASLI karena kami langsung membelinya dari importir TUNGGAL merk tersebut! Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca artikel perbedaan Freon R32 kami, ataupun artikel mengapa ongkos pasang AC dengan Freon R32 lebih mahal? Niscaya anda akan lebih paham dan tidak mudah tertipu lagi jika ingin membeli AC. Kami juga sebagai Daikin AC Shop, menjual pipa merk DAIKIN dengan ketebalan 0.8mm. Asli dari Thailand, dan hanya boleh dijual melalui dealer Daikin Pro Shop atau AC Shop. Tidak bisa dibeli dari tempat lain. Jadi TIDAK MUNGKIN ada yang palsu. Memang harganya lebih mahal daripada merk HODA tapi ya memang lebih tebal juga ukuran pipanya.

 

4. Mungkin juga di sambungan pipa (Naple) pada saat flaring kurang kencang jadi bocor halus atau malah terlalu kencang jadinya retak atau pecah. Ini bisa terjadi apabila menggunakan Flaring merk Cina yang tidak baik mutunya. Mungkin untuk pasang 50 sampai 100 unit AC pertama masih oke namun sesudahnya akan lebih mudah bocor karena alatnya sudah aus dan harus diganti. Kami sendiri menggunakan merk TASCO dari Jepang untuk flaring pipa.

 

5. Bisa juga bila anda menggunakan jasa service AC sembarangan yang mungkin (maaf) cuman diliat dari iklan yang ditempel di pohon pinggir jalan, bisa saja pada saat mereka service AC bagian Outdoor, sambungan pipanya dikendorkan sedikit supaya Freon terbuang sedikit2 dan dalam waktu 2 atau 3 bulan AC jadi ga dingin karena Freon berkurang atau bahkan habis, jadi anda harus telepon mereka untuk datang dan meng isi ulang freon AC anda. Kami tidak bilang semua jasa service AC seperti itu, namun cobalah lebih selektif dalam memilih tempat membeli dan service AC anda. Mungkin lebih baik telepon langsung ke Daikin atau Panasonic Call Center kalau mau service AC biar subcon mereka yang datang dan cuci AC anda.

 

6. Bisa saja Evaporator unit Indoor AC anda bocor, nah kalau sudah begini saran kami, selain sementara Evaporator AC di las, anda nabung ya.. karena kalau Evap AC sudah di las tetep ga bakalan lama umurnya… paling 3 bulan uda bocor lagi.. mau di tempat yang sama atau malah bisa nambahin bocor di tempat lain… Udah persis kayak kompressor ampere-nya udah tinggi… uda ga ada obat-nya.. mending segera nabung buat beli AC baru… Jangan lupa belinya AC Panasonic atau AC Daikin yaaaa biar awet dan tahan lama… Trussss belinya di toko kami hahahaha… Iklan dikit bole laaaa…

 

Kami juga memiliki artikel untuk harga AC Daikin, harga AC Panasonic atau harga AC Gree silahkan dibaca bila ingin tahu harga unit beserta informasi Btu dan konsumsi listriknya.

Nah begitulah kira-kira jawaban dari mitos masalah AC yang PALING SERING membuat konsumen tertipu, karena tiap kali isi ulang freon atau nambah freon harga bervariasi antara 100 – 150rb rupiah tergantung pinter-pinternya si tukang AC ngomong sama anda hehehehe…. Bahkan bila AC anda menggunakan Freon R32 isi ulang Freon R32 merk DAIKIN  bisa mencapai 500 ribu Rupiah bahkan lebih! sayang banget kan keluarin uang segitu bukan karena memang ACnya perlu di isi ulang freon nya tapi cuma karena akal-akalan tukang AC anda.

Semoga setelah membaca artikel kami, anda menjadi lebih mengerti dan tidak mudah ditipu oleh oknum-oknum atau toko AC yang tidak bertanggung-jawab dan hanya ingin untung tanpa memikirkan konsumen. Jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya seperti Lebih irit mana pake AC Low Watt atau AC Inverter atau bagaimana sih cara menghitung kita pakai AC berapa PK di ruangan?

Kami juga memiliki artikel tentang bagaimana cara menggunakan AC agar hemat listrik dan awet. Dan juga artikel terbaru kami tentang AC Inverter. Apakah AC Inverter bagus? silahkan segera kunjungi untuk menambah pengetahuan anda tentang AC.

Berikut ini adalah list artikel kami yang dapat anda baca juga:

1. Apakah perlu isi ulang Freon AC?

2. Apakah AC Inverter benar – benar bagus dan hemat listrik?

3. Cara menggunakan AC agar awet dan hemat listrik

4. Cara menghitung kebutuhan PK AC sesuai ruangan

5. Semua yang harus anda tahu tentang AC Low Watt dan AC Inverter

6. Mengapa Ongkos pasang AC Freon R32 lebih mahal?

7. Perbedaan Freon R22, R32 dan R410A

8. Penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin

9. Perbedaan Tipe AC Daikin

10. Harga AC Daikin 2021

11. Perbedaan tipe AC Panasonic

12. Harga AC Panasonic 2021

13. Brosur AC Daikin

14. Pengangkatan National Elektronik sebagai Daikin AC Shop

15. Tips dan trik menggunakan AC Inverter

16. AC Daikin Multi S

17. Testimoni AC Daikin di Kaskus

18. Emang AC Gree bagus? Kan buatan China

19. Harga AC Gree 2021

20. Tipe AC Gree apa saja dan perbedaannya

21. Bocoran AC Gree 2019

22. Launching AC Daikin Line Up 2018

23. Review Daikin Inverter Flash 1PK FTKQ25SVM4

24. Apaan sih COP dan EER itu?

25. AC Panasonic si Biru CS-LN Series

26. Pindah AC jadi ga dingin?

27. AC Multi Split Panasonic

28. Air Purifier Daikin

 

 

Oleh karena itu, jangan ragu lagi untuk mempercayakan pembelian, pemasangan maupun service AC Panasonic atau AC Daikin atau AC Gree anda kepada kami. Kami berjanji memberikan pelayanan yang terbaik bagi anda dengan harga yang kompetitif. Hubungi kami sekarang baik melalui halaman contact us, lewat email ke [email protected] ataupun menghubungi hotline kami di (021) 737 5155 – 56 atau gunakan semua cara yang ada diatas baik lewat FB, Twitter, atau WA

Artikel dibuat oleh:

Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
@samuellumentut
National Elektronik

Artikel diperbarui terakhir tanggal: 20 April 2020

TAGS :
  • Fajar Sagita

    Mau tanya saja harga pasang AC 1PK dengan R-32 atau R410A berapaan yah.
    Biar tidak dikerjain ama tukang pasang nya.

    Terimakasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk harga pasang kami adalah Rp. 600.000,-

      sudah termasuk ongkos pasang + vacuum, pipa Freon HODA 5m, kabel listrik NYM 3×2.5 5m, drain air 2m dan bracket

      belum termasuk transport tergantung lokasi pemasangan AC.

      Terima kasih.

      Reply
  • Budi

    Mas super sekali hehe.. mau tanya barusan AC merk LG ku umur 5th service dan isi freon. kok suhu 16 derajad msh blm maksimal ya dinginnya. Apakah harga freon itu mempengaruhi kualitas? Mohon sarannya krn biasanya dingin bingits.
    Makasih
    Salam
    Budi

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Wah super apanya neh? super gemuknya? wekekekekekkee… mau ngeledek saya yah mentang2 gemuk? hahahahah…

      Oke kembali ke leptop.

      AC LG anda berapa PK dan digunakan di ruangan ukuran berapa?

      Sebenarnya AC GA BOLEH di set di remote suhu 16 derajat loh. Kami sudah menuliskan artikelnya disini http://goo.gl/PNXlLf untuk kenapa AC bisa ga dingin

      Dan juga disini http://goo.gl/a9N7TK untuk bagaimana menggunakan AC supaya lebih awet dan hemat listrik.

      Untuk harga freon jujur ya bisa mempengaruhi kualitas walau belum tentu sudah bayar mahal tapi dikasinya freon merk bagus.

      Oke kalau ada pertanyaan lain silakan hubungi kami kembali ya.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaannya.

      Reply
  • Ferdi

    Maaf Mas Admin, mau tanya nih, saya kan udah pesan AC Panasonic 1/2pk Alowa Deluxe (Ion) sekaligus pasang dan cabut yg lama, nha untuk service berkalanya nanti bisa juga dan berapa biayanya? Karena saya mau AC nya dirawat sama teknisi nya skalian bukan sama yg lain agar tidak timbul hal2 yg tidak diinginkan. Terima kasih ditunggu jawabannya.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk service berkala bisa melalui kami atau bisa juga langsung menghubungi service center Panasonic Pak.

      Harganya sama saja.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • Billy

    Selamat pagi Om admin……baru kejadian semalam.AC saya merk lg….awalnya nyala,tiba tiba lampu indicator mati Dan saat d coba d matikan tidak bisa.sehingga saya coba matikan dari PCB.tapi pas dinyalakan kembali tidak bisa.apakah penyebabnya?terimakasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kemungkinan AC anda korslet jadi PCB-nya kebakar. Itu yang parah.

      Kalau ga parah paling cuma sekering aja yang putus jadi tinggal ganti baru trus beres. Silakan panggil teknisi resmi LG untuk cek AC anda yah.

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • anis

    Selamat sore ,,
    Sy akhr oktober 2015 kmrn beli ac di hyp**ma** merk Samsung yg 1/2 pk, tp bulan januari Sudan tdk dingin, hawa dinginnya pun ga Ada, karma msh garansi sy tlp ke service centre nya Samsung,ternyata freonnya habis, Sudan lngsng diisi ulang,tetapi pihak Samsung menyarankan untuk cek instalasi Ada ga pipa yg disambung,mrk bilang klo disambung pihak Samsung tdk bs claim,sy tanyakan ke suami apakah wktu instalasi pemasangan ada pipa yg disambung,krna wktu pemasangan suami yg jagain, tp suami blng ga ada yg disambung, yg sy tanyakan knp baru 3 bln pengisian freon ac sy dinginnya Sudah berkurang? Apakah sy perlu instalasi ulang? Untuk memastikan tdk adanya kebocoran? Dan kira2 biaya instalasi ulangnya berapa ya pak? Terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalau kejadian seperti anda sih menurut saya 80% kemungkinan karena nepel sambungan pipa bocor.

      ya memang harus dicek dan dibenerin Bu, termasuk dicari apakah ada kebocoran freon dari tempat lain.

      Lebih baik ya teknisi samsung aja yang kerjain Bu. bayar aja ke mereka langsung daripada suru teknisi ga jelas yang mengerjakan AC anda.

      Terima kasih ya sudah berkunjung dan bertanya kepada kami.

      Reply
  • Abo

    Pagi om mimin…
    mau nanya nih, Ac saya merk panasonic (lupa tipenya). kenapa ya suka mati sendiri trus nyala lagi klo udah lama, padahal buka dlm posisi Auto ditambah udah ga begitu dingin dan suaranya ac jadi berisik…
    apakah itu Ac kotor ato kurang Freon, ato apakah ada masalah lain selain itu

    thanks..

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      wah menjawab pertanyaan anda harus dengan pertanyaan lagi:

      1. AC nya udah berapa tahun umurnya?

      2. Kapan terakhir kali dicuci/diservice?

      3. Tekanan freonnya berapa?

      4. Arus kerja ACnya berapa ampere?

      Nah pertanyaan itu harus dijawab semua baru bisa tahu pak.

      Oke terima kasih ya sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • wady trauman

    Maaf pak… saya pakai ac LG inverter (refrigerant R410A). Oleh tukang ac, gas freon-nya dibuang. Waktu ac hidup diukur tekanan awalnya (standar) 120 psi. Kata tukang ac terlalu besar dan dibuangnya menjadi 100 psi… apakah ini wajar pak?… terima kasih.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      wah kok dibuang jadi 100psi? dingin ga ACnya? Trus arus kerja nya berapa Ampere yah? sudah sesuai belum dengan standard pabrikan?

      Coba panggil teknisi resmi AC LG aja untuk cek yah.

      Terima kasih atas kunjungannya.

      Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Mohon maaf karena jadwal kami yang terlalu padat untuk saat ini kami belum dapat menerima service AC.

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • bintang

    Gan,sy mau tanya mengenai harga/biaya service ac ( bocor )freon-nya berapa ya kira”?,untuk merk LG 1/2pk.thanks

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalau sudah begini lebih baik langsung panggil teknisi resmi LG Pak.

      Toh sama2 keluar biaya dan pasti kalau dari LG bisa menemukan letak kebocorannya dan mengganti part yang diperlukan.

      Terima kasih atas kunjungannya yah.

      Reply
  • deni anwar

    Malam mas,apakah pipa u yg bocor bisa ditambal dengan lem campur/lem besi krn di pipa u ada dua titik yg bocor hanya selubang jarum…krn kita sdh pernah service dan biayanya sangat mahal.terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Hmmm… bisa sih bisa saja tapi ga bakal tahan lama.

      Memang kalo evap udah bocor mendingan ganti baru sih.

      Persis kayak radiator mobil. kalo ud bocor sekali, mau ditambel kayak apa juga ga bakalan awet.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • wirianto

    Halo min.. sy mau tny ac dirumah sy merek nya sharp.. pada saat ac sy di nyalakan, kompresor kipas nya jalan dan mesin nya jalan .. jelang 5m kemudian.. mesin kompresor nya mati trus kipas nya ttap jalan .. tapi ac indoor nya ga ngrluarin angin dingin lg, panas jadinya, udah kaya kipas angin biasa nih ac. trus pas di mesin kompresor nya hidup.. listrik bisa sampe ke angka 5ampere /1000an wat..
    Mohon saran nya yah min .. thx

    Reply
    • Web_Admin

      Sore,

      Wah kalo kek gitu sih mungkin kompressornya udah mau game. Udah berapa lama ya umur AC-nya? Trus berapa PK kapasitasnya?

      Sudah di cek sama orang Sharp pusat belum ya?

      Coba dihubungi dulu Pak orang service center Sharp yang resmi.

      Terima kasih ya atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • Sapta

    Permisi Om Admin….

    Mau tanya, bisa servis AC di JKT ga ?
    Sebaiknya untuk perawatan berkala itu dilakukan per berapa satuan waktu yah ?

    Saya sedang mencari rekanan untuk perawatan di kantor juga.
    Saya pengin berbincang lebih banyak.

    Terimakasih….

    Salam,
    Dian Sapta Priambogo
    Kabid Umum – Nasari Sentra KUMKM

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Mohon maaf untuk service AC, untuk saat ini kami masih belum bisa menjadi rekanan karena jadwal kami sudah terlalu padat. Untuk service AC biasa saja kami sekarang penuh sampai bulan Mei 2016.

      Untuk perawatan AC berkala sebaiknya dilakukan minimal 3 bulan sekali, namun kalau AC dipasang di daerah pantai, atau di pinggir jalan yang terdapat atau terpapar debu atau angin laut atau ada yang merokok di dalam ruangan, lebih baik perawatan AC dilakukan setiap 1 atau 2 bulan sekali.

      Terima kasih dan sekali lagi kami mohon maaf tidak bisa membantu anda.

      Reply
  • Ari

    Saya ingin beli AC, jarak antara mesin ac outdoor dan indoor mungkin kurang dari 2 meter, saya berpikir kalau semakin pendek jaraknya semakin baik, apakah logika tersebut benar ?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Maaf tapi Logika tersebut salah besar.

      Di buku manual instalasi AC Daikin atau Panasonic dituliskan jarak minimum pipa AC dari Indoor ke Outdoor adalah 2.5m.

      Kalau di toko kami sih kan kalo pasang dapet 5m, ya kami gulung semuanya sampe 5m. Tidak kami potong.

      Kenapa harus minimal 2.5m?

      1. Supaya freon bisa keluar semua dari kompressor jadi tidak ada yang tersisa dan menimbulkan pengendapan.

      2. Karena tekanan freon sangat tinggi kalau jarak terlalu pendek, sambungan pipa freon bisa jadi bocor karena tekanan gas freon melebihi batas wajar/normal. Yang lebih parah kalau sisi u-bent evaporator yang jadi bocor kalau tekanan terlalu tinggi. Itu udah ga ada obatnya selain ganti evaporator Indoor. Kalau cuman di las paling bertahan 3 bulan.

      Oke semoga sudah lebih jelas ya.

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Rusman

    Malam mas.
    Saya pake ac merek lg hercules,mau tanya.kenapa remot ac kadang bisa berfungsi di hidupkan dan mematikan ac,terkadang tidak bisa berfungsi.apa penyebabnya ya mas

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Hmmm… untuk kondisi anda, ada 3 kemungkinan,

      1. Ganti batere remote dengan yang baru. Kalo masih bermasalah

      2. Mungkin receiver remote di Indoor AC anda bermasalah dan mesti diganti

      3. Mungkin remotenya rusak karena jatuh atau ketumpahan cairan atau yang lainnya.

      Untuk kemungkinan no 2 dan 3 tidak ada pilihan lain selain menelpon customer service LG dan minta teknisi resmi mereka datang untuk cek kondisi AC dan remote anda yah.

      Terima kasih sudah berkunjung dan bertanya ke website kami.

      Reply
  • Aries

    Gan.. saya kan mau relokasi letak outdoornya… Krn pemasangan prtama tukangnya asal asalan borongan.. Klo pemasangan pipa ac panjangnya 10 meter.. Panasonic 1 PK.. Apa perlu nambah freon untuk mengganti freon yg kluar waktu pembongkaran relokasi outdoor ketempat yg baru gan??? Tlong infonya yg akurat buat saya gan.. Trimss

    Reply
    • Web_Admin

      Sebenarnya untuk memindah AC baik Indoor ataupun Outdoor ada kemungkinan ada freon yang terbuang.

      Jadi pada saat sudah dipindah tinggal di cek aja tekanan freonnya berapa. Kalau masih normal ya ga perlu ditambah freon, tapi kalau berkurang ya mesti ditambah sampai ke normal kembali, sembari melihat dimana Arus (ampere) kerja optimal Outdoor ACnya.

      Oke terima kasih sudah berkunjung dan bertanya kepada kami ya.

      Reply
  • Shen

    Mana lebih baik mitsubishi heavy industri dan mitsubishi electric ?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Kalau dilihat dari garansi sih sudah beda ya, yang electric garansi kompressornya 5 tahun, yang heavy 3 tahun.

      Dan yang electric tidak ada tipe standard. Hanya Deluxe dan Inverter.

      Oke terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • Salam,
    Mau tanya, saya pakai ac panasonic inverter 1pk sejak sekitar oktober 2014. Pada saat pertama pasang sampai 2015 akhir ac terasa dingin walaupun suhu di remot saya seting 24-25 dan speed fan 1 bar. Tp sejak awal tahun 2016 saya pindah rumah dan ac dibongkar serta dipasang kembali. Yang menjadi pertanyaannya kenapa ac jadi kurang dingin dengan seting yang masih sama,padahal ukuran ruangan lebih kecil dari yang awal (3×4) jadi (2×2),dan baru-baru ini terdengar bunyi seperti mendesis di unit indoor.apakah bunyi itu karena kebocoran dan menyebankan ac kurang dingin.
    Sebelunya saya ucapkan terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Wah kalau kasus seperti anda sih mungkin pas pindahan masangnya di tempat baru ga bener.

      Coba di cek tekanan freonnya Pak. Apakah sudah sesuai dengan standard pabrikan sekitar 120psi? Kalau kurang ya harus ditambah dan di cek nepel sambungan pipa AC apakah ada kebocoran.

      Kalau bunyi mendesis sih wajar pak itu tandanya gas freon terpompa masuk ke evaporator Indoor. Bukan berarti ACnya bocor.

      Lebih baik panggil teknisi resmi Panasonic untuk cek AC anda apakah ada kebocoran di ACnya.

      Oke terima kasih sudah mampir dan bertanya kepada kami.

      Reply
  • eki

    misi pak numpang nanya, dirumah kami AC (merk samsung) telah dibersihkan dan teknisi meminta untuk isi freon kembali tapi belum berapa lama AC sudah tidak dingin lagi dan dibagian pipa kecil outdoornya membeku, kami tanyakan ke teknisi katanya penutup outdoornya longgar tapi teknisinya tak kunjung datang juga (maaf malah curhat), untuk kondisi seperti itu permasalahannya dimana dan tekanan freon normal itu kisaran berapa ya pak? Terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kondisi Bapak sih yang pipa outdoornya membeku memang kemungkinan besar di nepel pipa alias sambungan pipa nya entah terlalu longgar jadi bocor atau terlalu kencang jadi pecah/retak dan bocor jadi freonnya berkurang dan bisa sampai habis.

      Kalau sudah habis sama sekali malah harusnya AC-nya mati dan lampu timer-nya berkedip-kedip.

      Jadi memang harus dibenerin sambungan nepel-nya. Atau bisa juga bocor di tempat lain seperti di evaporator, di kompressor ataupun di tempat lainnya.

      Nah untuk tekanan freon normal tergantung tipe freonnya.

      Kalau R22 sekitar 80 psi, kalau R410A sekitar 120 psi dan R32 sekitar 140 psi.

      Daripada kelamaan mending telp langsung ke samsung Pak minta teknisi resmi mereka aja yang datang dan cari dimana bocornya.

      OKe semoga permasalahan AC anda bisa beres ya.

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Manda

    Malam pak,
    AC saya Panasonic inverter 1PK sudah beberapa kali setelah servis rutin selalu tambah freonnya karena tidak dingin, tekanan skitar 60-70. 2 teknisi berbeda hanya periksa sekilas bilang ada bocor halus tapi tdk tau dimananya. Terakhir teknisi resmi Panasonic periksa menyeluruh indoor outdoornya, sampai naik ke plafon liat pipa2, vonisnya sama juga bocor halus. Baiknya ganti pipa saja atau ganti unit ya pak? Pipa yg diperlukan sekitar 14m.
    Terimakasih pak

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk AC Panasonic Inverter 1PK menggunakan Freon R410A dimana harusnya tekanan freon adalah 120 bukan 60 – 70. Untuk tekanan Freon R22 harusnya juga 80 yah. Kalau cuman 60 – 70 ya jelas kurang dingin.

      Kalau bocor halusnya ada di pipa ya ganti pipa saja harusnya udah beres. Tapi takutnya bocor halusnya di evaporator atau di kompressor. Kalau sudah begini sih lebih baik ganti unit AC.

      Umur AC Panasonic nya udah berapa tahun ya? Kalau memang sudah diatas 6 atau 7 tahun sih memang lebih baik diganti unit baru saja.

      Oke semoga sudah jelas ya

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
      • Manda

        siang pak. Umur acnya 6 tahunan pak 🙂 teknisi resmi panasonic sih bilang tidak ada bocor di evaporator&kompressornya, tapi mungkin akan saya ganti saja dengan daikin. kalau ukuran kamar sekitar 3x5m untuk inverter harus yang 1,5pk ya pak? atau kalau daikin yang non inverter lebih baik mana pak yang made in Thailand atau Malaysia? pemakaian biasanya dari sore sampai subuh.
        Terimakasih pak

        Reply
        • Web_Admin

          Sore Pak,

          Wah sebenarnya kalo baru 6 tahun sih harusnya masih bisa pake sampe 7 atau 8 tahun kalau memang dari pertama instalasinya benar Pak.

          Oke kalau mau memang ganti Daikin kami sarankan tentu menggunakan AC Inverter biar tetep hemat listrik.

          Ruangan 3×5 sebenarnya membutuhkan Btu 7.500 ditambah kalau ada 2 orang dewasa yang tidur kebutuhan Btu jadi 8.700 nah apakah di kamar ada jendela yang menghadap ke barat? lalu apakah kamar ada di lantai 2? lalu apakah di kamar ada lebih dari 2 orang yang tidur? lalu apakah tembok kamar ada yang terkena sinar matahari langsung?

          Jika salah satu atau lebih dari pertanyaan diatas jawabannya ya, berarti menggunakan AC Daikin High Inverter 1.5PK PASTI lebih hemat listrik dan lebih dingin.

          Tapi kalau jawabannya semua tidak, pakai yang 1PK sudah cukup pak.

          Terakhir Bapak berharap suhu berapa di kamar? kalau hanya 23 atau 24 masih mumpuni pake 1PK kalau semua jawaban tetep tidak yah.

          Tapi kalau maunya kamar suhu 22.9 kebawah ya tetep harus pake yang 1.5PK Pak. Saya bicara suhu real yah yang dihitung/dilihat melalui termoter digital untuk ruangan, bukan suhu remote AC. Karena suhu remote AC TIDAK SAMA dengan suhu ruangan. Bisa sama tapi lebih sering tidak sama.

          Oke semoga sudah cukup jelas dengan jawaban kami ya.

          Kalau masih ada pertanyaan jangan ragu untuk me reply kami kembali.

          Terima kasih sudah bertanya kepada kami.

          Reply
  • agus

    om admin,

    adakah aturan atau pertimbangan berapa panjang jarak antara indoor dan outdoor nya? karena nanti nya kan akan berpengaruh pada berapa panjang pipa freon yg harus saya beli. mohon saran dan masukannya. terima kasih.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Jarak Indoor dan Outdoor minimal adalah 4m, kalau maksimal tergantung PK dan tipe ACnya sendiri Pak.

      Namun kalau mau aman sih sekitar 10m kalau AC 1/2 sampai 1PK

      Dan 15m kalau 1.5PK

      Untuk 2PK bisa sampai 20m.

      Kalau Inverter sih biasanya bisa lebih panjang.

      Oke terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *