POSTED BY Web_Admin | Mar, 01, 2021 |

UPDATE 1: Kalau mau respon cepat, selain menghubungi nomer telepon toko di (021) 737 5155 / 737 5156 / 737 5157 / 7369 0753 anda dapat menghubungi nomor WA team sales kami ya di

0813 1777 5157

 

UPDATE 2022!!! AC Panasonic tipe Inverter CS-PU dan CS-XU dapat dipasangkan OPTIONAL Wi-Fi Controller yang sangat canggih karena dapat terkoneksi dengan Google Home ataupun Alexa sehingga dapat di kontrol menggunakan suara!

 

Panasonic SUDAH meluncurkan AC Panasonic Premium Inverter dimana AC Inverter ini menambah Line-Up AC Inverter Panasonic dan bukan menggantikan tipe yang lama.

Akan kami bahas tuntas di bawah ya.

Pada artikel kali ini kami ingin menjelaskan dengan tuntas dengan bahasa yang mudah dimengerti semua perbedaan tipe AC Panasonic 2022 dan semua fitur yang tersemat di AC Panasonic.

Oke kita mulai ya dimulai dengan tipe AC Panasonic  dan teknologi yang telah disematkan. Pertama saya akan jabarkan semua teknologi yang ada pada AC Split Panasonic kemudian di akhir artikel Tipe – Tipe AC Panasonic mana saja yang memiliki teknologi tersebut.

– Eco Smart 3 Panasonic Eco Smart 3
Fitur ini secara otomatis menaikan suhu remote sebesar 1 derajat setelah 2 jam AC dinyalakan. Kemudian 1.5 jam kemudian suhu remote naik lagi 1 derajat, dan naik lagi 1 derajat 1.5 jam kemudian. Fitur ini penting supaya kalau bangun pagi anda tidak merasa kedinginan. Ingat semua kejadian ini berlangsung di unit Indoor AC, jadi bukan angka di remote bisa berubah-ubah sendiri ya, hehehhe… Contoh: jam 11 malam sebelum tidur suhu remote 22 derajat, anda menyalakan fitur ini, jam 1 pagi suhu akan naik sendiri ke 23 derajat, jam 02.30 suhu naik ke 24 derajat, dan jam 04.00 suhu naik lagi ke 25 derajat. Ini supaya anda tidak perlu kedinginan bangun di pagi hari dan mematikan AC.

– iAuto (Intelligent Auto Mode) iAuto
Fitur ini berfungsi untuk mengatur kecepatan dan arah hembusan angin sesuai dengan suhu remote dan ruangan. Jadi hembusan angin bisa kencang pada saat awal dinyalakan kemudian turun sendiri pada saat suhu ruangan sudah tercapai, begitu juga dengan hembusan arah angin yang akan otomatis swing pada saat awal pendinginan dan akan berhenti bila suhu sudah tercapai. Hembusan angin bisa tambah kencang sendiri bila ruangan terpapar sinar matahari misalnya dan suhunya naik lagi.

– iAutoX (Intelligent Auto Mode X) Fitur AC Inverter Panasonic iAutoX
Fitur ini exclusive hanya terdapat di Tipe AC Panasonic Inverter. Jadi dengan teknologi P-Tech terbaru dibantu dengan Aerowings, pada saat fitur ini dinyalakan, sirip AC akan bergerak ke bawah dan mengikuti posisi kita bisa bergerak ke kiri atau ke kanan lewat sensor Econavi supaya pengguna dapat cepat merasa dingin dengan langsung disembur angin. Plus teknologi P-tech akan membuat kompressor bekerja di frekuensi maksimum hanya dalam waktu 1 menit, yang akan membuat ruangan 35% lebih cepat dingin dari semua merk AC di Indonesia. Nah setelah kondisi suhu tercapai, sirip akan bergerak keatas sendiri untuk menghalangi pengguna agar tidak kedinginan terkena semburan angin. Tingkat kecepatan angin dan arah semburan angin pun akan menyesuaikan dengan jumlah orang di dalam ruangan, angin akan berusaha menghindari manusia agar tidak terus terpapar angin AC.

– Aerowings (kisi pendingin arah ganda)Fitur AC Panasonic Aerowings
Fitur Aerowings ini terdapat di seri Inverter terbaru. Jadi kisi pendingin AC sekarang bergerak dari atas ke bawah dan membuat semburan angin bisa lebih tepat sasaran dan bisa membuat angin menyembur keatas tanpa perlu lagi penggunaan akrilik AC yang belakangan ini marak sekali penggunaannya terutama di kantor-kantor dan rumah tinggal.

– P-TECh (Panasonic Thermal Enhancement) P-TECh Panasonic
Panasonic mengembangkan teknologi yang sudah dipaten-kan oleh Panasonic yaitu Panasonic Thermal Enhancement yaitu sebuah teknologi dimana minyak di dalam kompressor lebih bisa dikendalikan sehingga memungkinkan kompressor AC bekerja maksimum 100% dalam waktu yang jauh lebih singkat, sekitar 1 menit, dibanding merk lain yang bisa mencapai 3 menit bahkan 7 menit baru kompressor bekerja maksimum. Teknologi ini hanya tersedia di tipe AC Panasonic Inverter 2015.

– Eco Tough Eco Tough

Eco Tough adalah teknologi Outdoor AC Panasonic dimana material pembuat Outdoor sudah bukan merupakan besi lagi, tetapi sudah menggunakan material yang bernama SuperDyma yang merupakan campuran dari Timah, Aluminium, Magnesium dan Silikon. Dimana material ini adalah anti korosi sehingga sangat cocok digunakan di daerah yang beriklim tropis dan dekat pantai seperti Indonesia. Material SuperDyma ini juga digunakan untuk membangun jembatan dan gedung bertingkat. Pada saat pengujian setelah 2 tahun tidak tampak sedikit pun karat terjadi di unit outdoor yang terpapar hujan dan panas matahari setiap hari selama 2 tahun.

– Econavi (Human detection sensor) Econavi
Teknologi ini sungguh luar biasa. Indoor AC dilengkapi dengan sebuah mata yang mampu mendeteksi keberadaan manusia. Pada saat AC menyala dan AC mendeteksi tidak ada manusia di dalam ruangan selama 60 menit, maka AC akan menaikan suhu ruangan sebanyak 1 derajat, dan setelah 60 menit lagi, AC akan menaikan lagi suhu ruangan sebanyak 1 derajat. Apabila setelah itu AC mendeteksi ada manusia di dalam ruangan, dalam waktu 20 menit, AC akan mengembalikan suhu ruangan ke suhu remote. Kemudian mata sensor juga dapat mendeteksi gerakan tubuh manusia, jadi misalnya kita berolahraga di dalam ruangan maka AC akan dengan otomatis menurunkan suhu 1 derajat dari suhu remote, dan akan mengembalikan suhu ruangan ke suhu remote setelah aktivitas selesai. Bahkan arah hembusan AC dapat mengikuti manusia, jadi apabila posisi duduk kita pindah, maka hembusan angin dapat mengikuti kita supaya kita tetap merasa dingin dan nyaman berada di dalam ruangan. Teknologi ini mampu menghemat konsumsi listrik sampai 35% dibanding AC biasa.

– Econavi Dual Sensors (Human Detection Sensor and Sun light sensor) Econavi
Nah Econavi Dual Sensors memiliki 2 mata sensor. Mata pertama adalah sensor keberadaan manusia seperti yang telah dijelaskan diatas, ditambah 1 mata sensor untuk mendeteksi sinar matahari. Jadi apabila AC mendeteksi intensitas cahaya matahari yang meningkat maka AC dapat menurunkan suhu ruangan sebesar 1 derajat lagi untuk meng-kompensasi panas matahari yang masuk ke dalam ruangan. Dengan Econavi Dual Sensors penghematan yang didapat mencapai 38% dibanding AC biasa.

– Nanoe-G pengikat partikel PM2.5   Nanoe-G
Teknologi Ion negatif ini ditemukan oleh Sharp dan disempurnakan oleh Panasonic. AC akan menyemburkan 3 trilliun Ion partikel Nanoe-G ke seluruh ruangan dimana Ion partikel Nanoe-G merupakan Ion negatif yang mampu mengikat partikel sekecil 2.5 Micron (1/30 rambut manusia). Partikel PM2.5 bisa dihasilkan dari asap knalpot mobil dan motor, asap dari pabrik, asap rokok, asap dari masakan, asap dari lilin dsb. Jadi partikel Nanoe-G mampu mengikat partikel tersebut dan akan tersaring melalui filter AC. Partikel PM 2.5 sangat berbahaya karena dapat menembus masker dan TIDAK DAPAT di filter oleh paru-paru. Pastikan menggunakan AC yang memiliki fitur Nanoe-G ya untuk kualitas udara yang lebih baik. Teknologi ini digunakan oleh beberapa pabrikan mobil juga loh seperti di Honda CRV, Toyota Camry Hybrid dan hampir di semua lini mobil Lexus.

 

Nanoe-X penghilang bau dan penghambat jamur dan bakteri/virus nanoe-x

Teknologi ini berbeda dengan Nanoe-G, dimana Nanoe-G mengikat partikel PM2.5, Nanoe-X membuat gelembung yang dihasilkan dari uap air di udara dan berisi radikal OH yang menangkal radikal bebas diudara, menempel pada virus, bakteri dan jamur bahkan pada permukaan seperti kain dan seprei untuk menghambat pertumbuhan jamur. Virus dan bakteri di udara pun setelah tertempel gelembung Nanoe-X akan menjadi non-aktif. Partikel Nanoe-X juga mampu menempel pada partikel bau yang berasal dari bahan organik. Jadi akan membantu menghilangkan bau makanan, bau hewan peliharaan maupun bau kentut misalnya. Namun tidak akan menghilangkan bau yang sumbernya dari bahan non-organik atau kimia seperti bau parfum.

 

– Inverter Inverter
Inverter merupakan teknologi kompressor yang menggunakan arus DC bukan arus AC seperti kompressor AC tipe lain. Perbedaannya adalah kompressor AC Inverter tidak pernah mati, tidak seperti kompressor tipe lain yang nyala-mati-nyala-mati sesuai suhu ruangan. Nah trus bagaimana bisa hemat? nah anggap saja perbandingan kompressor AC Inverter seperti menyetir mobil keluar kota dimana di tol kecepatan mobil anda konstan misalnya 100km/jam dibanding kompressor AC konvensional seperti menyetir mobil di kondisi dalam kota yang selalu gas-rem-gas-rem. Tentu penggunaan BBM mobil menyetir keluar kota jauh lebih irit. Ini juga sama analogi-nya seperti AC Inverter yang pemakaian listriknya akan jauh lebih hemat hingga 50% dibanding AC yang menggunakan kompressor konvensional. Fitur inverter ini dibarengi dengan dual sensor Econavi adalah 2 fitur unggulan. Jadi carilah tipe AC Panasonic yang memiliki kedua fitur ini untuk mendapatkan AC terbaik.

– Powerful Powerful
Mode Powerful apabila dinyalakan misalnya pada saat suhu di remote 24 dan kecepatan angin fan 1, maka AC akan mengabaikan suhu dan kecepatan remote, dan menjadikan AC bersuhu 16 dengan kecepatan kipas lebih kencang dari setelan maksimum di remote selama 20 menit. Jadi misalnya anda baru pulang berpergian, sampai rumah merasa panas, anda dapat menyalakan mode powerful agar ruangan lebih cepat dingin. Setelah 20 menit AC akan otomatis kembali mengikuti suhu dan kecepatan fan sesuai dengan remote AC.

– Quiet Quiet
Mode Quiet apabila dinyalakan akan mengurangi kecepatan kipas sehingga suaranya lebih hening. Apabila anda penyuka kesunyian kala ingin tidur, maka apabila ruangan sudah sunyi dan anda masih dapat mendengar suara hembusan AC, coba nyalakan mode Quiet. Anda akan kaget karena anda benar-benar dapat mendengar perbedaannya. Pada saat mode Quiet dinyalakan, suara hembusan angin AC nyaris tak terdengar lagi. Tanpa mengurangi kapasitas mendinginkan ruangan.

Oke sekarang kita mulai dengan tipe AC Split Panasonic yang kami jual:

1. AC Panasonic Elite Inverter Freon R32 (CS-VU UKP Series) made in Malaysia tersedia mulai 1PK sampai 2PK (DISCONTINUED MULAI OKTOBER 2019)

Tipe AC ini adalah tipe KEBANGGAAN dari Panasonic Indonesia. Selain memiliki design luar biasa keren, ini adalah tipe Inverter kedua di Indonesia yang menggunakan Freon R32. Jadi Daikin bukan satu-satunya lagi AC Inverter di Indonesia yang menggunakan Freon R32 yah. AC tipe ini bener-bener canggih karena:

a. Memiliki Sirip baru bernama SKYWING dimana bukaan angin AC terletak diatas AC bukan dibawah. Siripnya pun sangat canggih karena dapat membuat angin AC menyembur keatas (RADIANT COOLING) atau menyembur ke bawah (DIRECT COOLING). Radiant Cooling dapat menurunkan temperatur ruangan dengan mendinginkan plafon kamar jadi kalau kita masuk kamar rasanya seperti masuk ke dalam Mall dimana suhunya dingin tapi ga kerasa kena sembur anginnya. Sedangkan Direct Cooling dapat digunakan pada saat AC baru menyala jadi angin sengaja diarahkan kebawah biar kita bisa lebih cepat merasa dingin. Satu-satunya AC di Indonesia yang memiliki teknologi ini cuman Panasonic Elite Inverter!

b. Memiliki teknonologi, Inverter + P-Tech, Nanoe-G featuring Dust Filter, dan juga memiliki remote AC yang sudah memiliki backlight seperti tipe High Inverter Daikin, namun bedanya remote AC Panasonic Elite Inverter ini bagian bawahnya kalau dibuka sliding turun, remotenya jadi seperti melayang. Pokoknya SUPER KERENNNN!!!!

c. Settingan suhu remote AC adalah per 0.5 derajat!!! Jadi kita bisa set suhu remote 23.5 atau 24.5 derajat misalnya. Keren banget kan?!

d. Memiliki KONSUMSI LISTRIK LEBIH RENDAH daripada seri Inverter CS-U TKP series dan juga sudah sama dengan Daikin High Inverter yang terkenal irit banget, jadi PASTI lebih hemat listrik.

d. Sudah menggunakan FREON R32!!!! Jadi pasti dingin bangettttttt….

e. SLIDING LED PANEL jadi pada saat AC menyala Panel-panel AC akan slide keluar menunjukkan lampu indikator power, timer, dan lampu indikator tingkat kebersihan udara. KEREN!!!!

 

 

2. AC Panasonic Basic Freon R32 (CS-YN WKJ series) made in Indonesia tersedia mulai 1/2PK sampai 2.5PK

Tipe AC Panasonic ini diluncurkan untuk mengejar pasar murah, sudah memakai Freon R32, tapi tidak memiliki teknologi apapun, jadi hanya nyala dan dingin saja. Tapi garansi tetap tidak berubah yaitu 3 tahun kompressor dan 1 tahun spare part. Harganya pun lebih murah dari tipe Standard walau tidak terlalu jauh bedanya. Teknologi ooutdoor tipe AC Panasonic ini sudah dilengkapi teknologi Eco Tough. Tipe ini tersedia dari ukuran 1/2PK sampai 2.5PK.

 

3.  AC Panasonic Standard Freon R32 (CS-PN WKJ series) made in Indonesia tersedia mulai 1/2PK sampai 2.5PK

AC Panasonic Standard R32 PK Kecil CS-PN9RKJ
tipe AC Panasonic ini merupakan seri standard  dari keluarga AC Panasonic. Namun jangan takut atau bimbang karena walaupun ini merupakan seri standard, kualitasnya sudah tentu terjamin dengan mempertaruhkan nama besar Panasonic sebagai pemimpin pasar AC di Indonesia. AC tipe ini telah dilengkapi dengan fitur Eco Smart 3 dan iAutoX untuk 0.5PK sampai 1PK dan hanya fitur iAuto untuk 1.5PK sampai 2.5PK. Mulai tahun 2020 ini semua AC tipe PN Series sudah dibuat di pabrik Panasonic Indonesia melalui PT. Panasonic Manufacturing Indonesia ya.

 

4. AC Panasonic Alowa Freon R32 (CS-KN WKJ series) made in Indonesia tersedia mulai 1/2PK sampai 1PK


AC tipe ini memiliki watt rendah dengan cara menggunakan kompressor yang lebih kecil. Watt AC 0.5PK adalah 320 Watt Vs 380 Watt untuk tipe Standard, 3/4PK adalah 530 Watt Vs 610 Watt untuk tipe Standard, dan 1PK adalah 660 Watt Vs 780 Watt untuk tipe Standard. AC seri Alowa sudah dilengkapi fitur Eco Smart 3, dan juga sudah dilengkapi dengan filter anti bakteri (bukan Nanoe-G yang menyemburkan ion untuk membunuh bakteri). Outdoor AC juga sudah dilengkapi Eco Tough.

 

5. AC Panasonic Alowa Deluxe Freon R32 (CS-XN WKJ series) made in Indonesia tersedia mulai 0.5PK sampai 1PK


Tipe AC Panasonic ini menggunakan daya yang sama dengan tipe Alowa diatas, namun bedanya AC tipe ini sudah dilengkapi dengan teknologi Econavi dan Nanoe-G selain fitur Eco Smart 3, Powerful dan Quiet. Outdoornya pun sudah dilengkapi teknologi Eco Tough.

 

6. AC Panasonic Standard Inverter Freon R32 (CS-PU UKP) made in Malaysia tersedia mulai 3/4PK sampai 2.5PK


Tiep AC Panasonic ini tidak memiliki teknologi apapun kecuali Inverter, karena teknologi inverter sudah sangat menghemat listrik. Mulai tahun 2020, tipe AC Panasonic ini diperkenalkan menggunakan teknologi Freon terbaru R32 dengan harga yang cukup murah bila dibandingkan tipe Inverter yang lain. Bahkan untuk yang 3/4PK harga unitnya dibawah 5 juta Rupiah!

 

7. AC Panasonic Premium Inverter Freon R32 (CS-XU VKP Series) made in Malaysia tersedia mulai 1PK sampai 2.5PK


Tipe AC Panasonic ini adalah top the line menurut Panasonic. Dilengkapi dengan fitur canggih seperti Nanoe-G, Nanoe-X, i-AutoX, Aerowings, dan P-Tech ditambah teknologi Inverter yang mampu menghemat listrik total 65% dibanding AC tipe non-Inverter Panasonic. Remote-nya pun berubah menjadi lebih besar dibanding model tahun 2019 supaya lebih mudah dipegang dan lebih mudah dipencet tombolnya. Pokoknya ini bisa dibilang AC dengan teknologi tercanggih di Indonesia untuk tahun 2020 ini. AC ini juga dilengkapi OPTIONAL Wi-Fi Modul yang paling canggih di Indonesia karena dapat di kontrol lewat Google Home maupun Alexa menggunakan Voice Command alias kontrol menggunakan suara.

 

8. AC Panasonic Si Biru Freon R32 (CS-LN WKJ Series) made in Indonesia tersedia mulai 1/2PK sampai 1.5PK

Tipe AC Panasonic si biru ini memiliki berbagai keunggulan yang sudah kami jabarkan secara lengkap di artikel terpisah. Silakan langsung klik link ini AC Panasonic Si Biru

 

Nah untuk AC type Basic, Standard CS-PN , Si Biru, Alowa, Alowa Deluxe, itu AC kompressor dari Malaysia, body AC, Evaporator, dll dibuat di pabrik Panasonic di Indonesia melalui PT. Panasonic Manufacturing Indonesia.

 

Sedangkan untuk tipe Standard Inverter dan Premium Inverter, Kompressor AC, body AC, Evaporator dll itu CBU dari pabrik Panasonic di Malaysia, dan diimport utuh.

 

Kemudian untuk tipe ZV dan yang akan segera keluar tipe ZN, adalah buatan China, dan diimport utuh ke Indonesia ya.

 

Sekali lagi kami tekankan SEMUA TIPE AC PANASONIC yang belakangnya huruf J adalah buatan Indonesia dan yang belakangnya huruf P adalah buatan Malaysia. Jadi tidak perlu bingung lagi yah.

 

Oke kira-kira sekian dulu artikel kali ini. Bila ingin mengetahui spesifikasi, Btu, konsumsi daya dan harganya silahkan langsung kunjungi artikel daftar harga AC Panasonic terbaru 20201 kami.

 

Semua Line up Tipe AC Panasonic 2021 dikupas tuntassss, tanpa kebohongan, tanpa neko-neko, dengan bahasa yang semoga lebih mudah dimengerti daripada bahasa penjual AC yang lain 🙂

 

Lain kali saya akan berikan lagi artikel yang berguna bagi anda customer kami agar tidak mudah ditipu atau dibodohi oleh penjual AC yang tidak bertanggung jawab.

 

Kami juga mempersilahkan anda untuk dapat membaca artikel kami yang lainnya

1. Apakah perlu isi ulang Freon AC?

2. Apakah AC Inverter benar – benar bagus dan hemat listrik?

3. Cara menggunakan AC agar awet dan hemat listrik

4. Cara menghitung kebutuhan PK AC sesuai ruangan

5. Semua yang harus anda tahu tentang AC Low Watt dan AC Inverter

6. Mengapa Ongkos pasang AC Freon R32 lebih mahal?

7. Perbedaan Freon R22, R32 dan R410A

8. Penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin

9. Perbedaan Tipe AC Daikin

10. Harga AC Daikin 2022

11. Perbedaan tipe AC Panasonic

12. Harga AC Panasonic 2022

13. Brosur AC Daikin

14. Pengangkatan National Elektronik sebagai Daikin AC Shop

15. Tips dan trik menggunakan AC Inverter

16. AC Daikin Multi S

17. Testimoni AC Daikin di Kaskus

18. Emang AC Gree bagus? Kan buatan China

19. Harga AC Gree 2022

20. Tipe AC Gree apa saja dan perbedaannya

21. Bocoran AC Gree 2019

22. Launching AC Daikin Line Up 2018

23. Review Daikin Inverter Flash 1PK FTKQ25SVM4

24. Apaan sih COP dan EER itu?

25. AC Panasonic si Biru CS-LN Series

26. Pindah AC jadi ga dingin?

27. AC Multi Split Panasonic

28. Air Purifier Daikin

29. Podcast bersama Branch Manager Gree

30. Podcast bersama Panasonic Sales

31. Kenapa harus pasang AC dengan teknisi in house?

 

Anda dapat menghubungi kami sekarang baik melalui halaman contact us, lewat email ke [email protected] ataupun menghubungi hotline kami di (021) 737 5155, 737 5156, 7369 0753 atau gunakan semua cara yang ada diatas baik lewat FB, IG, YM atau WA yah.

Artikel dibuat oleh:

Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
Follow me on Twitter and Instagram @samuellumentut and @national.elektronik
National Elektronik

Artikel diperbarui terakhir pada tanggal: 24 Maret 2022

TAGS :
  • khoerul anwar

    mau nanya bos…untuk ruangan pnjang 3 mtr lebar 3m tinggi 3 meter…pake ac berapa pk untuk standarnya?yang pasti standar juga pulsa listriknya…

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat pagi,

      Untuk kamar 3x3x3 sih sebenarnya cukup pakai 1/2PK. Namun di kamar ada jendela besar ga ya? Trus tembok kamar kena sinar matahari ga? Trus di kamar yang tidur lebih dari 2 orang ga? Trus suka dingin banget ga? Kalau salah 1 saja dari pertanyaan saya jawabannya iya, kami sungguh sangat menyarankan penggunaan AC 3/4PK.

      Kami sarankan AC dibawah ini:

      AC Daikin Standard Malaysia 1/2PK FTV15AXV14 – Rp. 3.600.000,- (380 Watt)
      AC Daikin Standard Malaysia 3/4PK FTV20AXV14 – Rp. 3.700.000,- (580 Watt)

      Harga diatas sudah termasuk:
      – Ongkos pasang dan Ongkos bobok maksimal 3m (kami tidak menutup bekas bobokan dan potongan gipsum eternit)
      – Pipa Freon 5m merk HODA untuk AC Freon R32
      – Kabel listrik merk ETERNA 3×2.5 5m
      – Drain air 2m
      – Bracket untuk menggantung outdoor

      Harga diatas belum termasuk:
      – Ongkos Bobok (bila lebih dari 3m) Rp. 25.000,- / meter
      – copot AC lama (bila perlu) Rp. 50.000 / unit
      – Penambahan pipa freon AC 1/2 sampai 1PK Freon R32 Rp. 80.000,- / meter
      – Penambahan kabel listrik AC Rp. 20.000,- / meter
      – Penambahan Drain air Rp. 15.000,- / meter
      – Penambahan Paralon (bila perlu) Rp. 25.000,- / meter

      Oke semoga cukup puas dengan jawaban kami.

      Terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

      Reply
  • aldo

    cu-xn9rkj
    baru pasang nih ,tp kok eco smart nya gak bisa nyala ya ?
    dan kalo gak bisa dipake eco smart ,bedanya apa aja efek nya ?
    makasih berat,,,

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Masa ga bisa nyala? kalo pas dipencet tombol di remotenya ada bunyi “tit” ga di ACnya?

      Dan harusnya ada lampu warna orange yang menyala di body AC.

      Kalau tidak menyala berarti mungkin ada masalah dengan PCB AC-nya.

      ECO Smart fungsinya sudah saya tuliskan kan di artikel tempat anda comment ini? Coba dibaca lagi deh… hehehhe…

      Intinya adalah dalam beberapa jam suhu remote akan naik sendiri supaya kalau pagi ga sampe kedinginan. itu aja sih.

      Terima kasih berat juga…

      Reply
      • Wilbert

        eco smart saya menyala tetapi kenapa sepertinya suhu ruangan pada malam hari lebih dingin jika memakai eco smart di banding tidak memakai eco smart
        untuk informasi type ac saya CS-KN5RKJ dengan type eco smart 3

        Reply
        • Web_Admin

          Selamat siang,

          Wah ini masalah klasik. AC Alowa 1/2PKnya dipake di ruangan ukuran berapa ya Pak?

          Sebenernya Eco Smart tidak ada hubungannya dengan suhu ruangan kecuali ketika dinyalakan dalam waktu setiap beberapa jam suhu ruangan malah naik sendiri.

          Kalau ngga dingin ACnya coba baca artikel kami dulu kenapa AC bisa tidak dingin atau kurang dingin disini http://goo.gl/PNXlLf

          Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaanya.

          Reply
  • winda

    Pak, AC panasonic nggak ada fitur low voltage nya yah? saya ada ac polytron PAC 05LC yang katanya bisa jalan di 140 -220V cuma suara outdoor nya masih kurang halus. rencana mau beli panasonic XN5RKJ untuk kamar sebelah uk.3×3 yg dihuni 1 orang. apakah ada tips khusus, posisi pemasangan ac dengan sensor ECONAVI?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk AC Panasonic hanya bisa berjalan di voltase 220Volt +/- 20% jadi voltase minimum adalah 176V.

      Namun kalau voltase rumah memang dibawah 200V disarankan menggunakan Stabilizer karena harusnya kalo dibawah 200 Voltase rumah harusnya TV dan lampu juga bisa berkedip-kedip Pak. bahaya sekali.

      Jadi tetap walau AC mampu kerja di voltase 140 pun sangat tidak aman bagi alat elektronik lain di seluruh rumah.

      Untuk kamar 3×3 sudah cukup pakai XN5RKJ. Untuk posisi pemasangan sama saja dimana pun Bu.

      Terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

      Reply
  • fitri

    siang pak,
    mohon informasi atas perbedaan ac panasonic tipe CS-PN12RKP dan CS-PN12RKJ karena di perusahaan saya sedang ada pengadaan untuk AC Panasonic tipe CS-PN12RKP namun saat pengiriman barang yang dikirim tipe CS-PN12RKJ dengan alasan bahwa tipe CS-PN12RKP sudah tidak beredar lagi di Indonesia.
    apakah kedua barang tersebut memiliki harga dan spesifikasi yang sama? jika tidak, maka tipe mana yang lebih unggul..
    terimakasih sebelumnya

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      CS-PN12RKP dan CS-PN12RKJ persis sama, spec, harga, dll semua sama.

      Bedanya CS-PN12RKJ dibuat di Malaysia lalu diimport ke Indonesia sedangkan CS-PN12RKJ dibuat di Indonesia.

      Panasonic memindahkan produksi ke Indonesia karena permintaan konsumen yang sangat tinggi terhadap tipe 1.5PK Standard sehingga akan lebih cepat memenuhi permintaan bila dibuat di Indonesia.

      Cuman itu saja kok.

      Terima kasih

      Reply
  • Dimas Aryasa

    Pak, saya mau tanya. Jika kamar tidur saya ukuran 3,5 x 5 M (ada kamar mandi dalam), AC tipe apa yang tepat ya? Jika saya pakai inverter 1PK apakah bisa mengehemat Listrik dan tetap dingin? Mohon sarannya pak.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kamar 3.5 x 5m dengan kamar mandi dalam butuh AC 1PK.

      Jadi jawabannya ya benar pakai 1PK Inverter Panasonic pasti irit listrik dan dingin.

      Terima kasih.

      Reply
  • adhe surya

    AC Panasonic Alowa Deluxe Freon R32 (CS-XN RKJ series) sudah inverter atau belum ya? Dan apa listrik yang digunakan konstan 660 watt atau akan turun setelah mencapai suhu yang diinginkan?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Untuk AC Panasonic Alowa tentu saja belum Inverter, karena AC Panasonic Inverter tipenya CS-S

      Kalau AC non-inverter Watt AC-nya tidak bisa turun. Jadi selama AC menyala mau di suhu berapapun, nyala berapa lama pun, Watt akan konstan di 660 Watt.

      Terima kasih.

      Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Ya memang untuk saat ini AC 1/2PK paling bagus adalah CS-XN5RKJ, hanya saja agak berisik suara Outdoor dan Indoornya.

      Terima kasih.

      Reply
  • orionbelt

    Siang koh,

    terimkasih artikel2nya mencerahkan… 🙂

    mau tanya nih, baru pertama kali beli AC, biar gak salah pilih,
    kebutuhannya untuk ruangan 3,5*3,5 ada kamarmandi dalem, dipakai 2 orang,
    dinyalain cuma pas malem- pagi aja, tapi pintunya kebuka ke ruang tengah, jarang ditutup.
    kira2 kalo pake AC panasonic standart 3/4 PK cukup gak? atau ada saran lain?

    Kalo beli di nasional elektronik bisa kirim n pasang di daerah Sepatan, tangerang gak..daerah bandara SOeta…

    makasii koh.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Terima kasih atas pujiannya.

      Untuk kamar 3.5×3.5 ada kamar mandi dalem disarankan pakai 1PK. Kalau pake 3/4PK sih takut kurang dingin.

      Tapi sekali lagi kalo pintu yang ke ruang tengah ga pernah ditutup mau pake 2PK juga ga bakalan dingin kamarnya.

      Kecuali luas ruang tengah juga sebesar kamar tidur anda, nah pake 2PK baru deh 2-2nya bisa dingin.

      Kalo cuman pake 1PK apalagi 3/4PK dijamin ga bakalan dingin kamarnya. Cuman boros listrik dan kompressor cepet rusak aja karena harus kerja melebihi kemampuan AC-nya untuk mendinginkan ruangan.

      Jadi sebenernya pake 3/4 ato 1PK sami mawon. Dan pilihan pake yang tipe standard sudah sangat tepat, karena kalo pake Low Watt bakalan lebih ga dingin lagi dibanding tipe Standard, dan kalau pake Inverter ga bakalan turun2 Watt-nya.

      Saran lain? ditutup selalu pintu ke ruang tengah pas AC-nya dinyalain. Kalo selalu tertutup pake 3/4PK itu MINIMAL yah. Saya tetap lebih menyarankan ke yang 1PK agar LEBIH hemat listrik dan kinerja kompressor AC ngga ngoyo yang akan memperpanjang umur AC-nya itu sendiri.

      Ya kami bisa pasang di Sepatan. Hanya akan kena transport 125ribu yah.

      Terima kasih sudah berkunjung dan bertanya kepada kami.

      Reply
  • Keanu

    Mau tanya kalo Panasonic cs/cu uv5rkp itu produk lama ya. Kira2 bagus ga ya

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Tipe CS-UV-RKP series itu bukan produk lama, namun produk yang disiapkan khusus untuk modern Chanel seperti Carefour, Electronic City, Giant, Electronic Solution, Best Denki, Lotte Mart, dll…

      Jadi kalau bagus atau tidaknya mohon maaf kami tidak tahu karena semua dealer resmi AC Panasonic tidak memiliki barang tersebut.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaannya.

      Reply
    • Web_Admin

      Semua fitur bisa diaktifkan melalui remote AC.

      Kecuali fitur yang seperti Eco Tough, P-Tech, AeroWings, itu sih fiturnya pasif jadi selalu tersedia,

      Tapi kalo kayak Nanoe-G, Powerful, iAutoX, Econavi, dll harus dipencet melalui remote AC.

      Terima kasih

      Reply
  • Raidah

    Mau tanya pa … brp sih harga evaporator ac panasonic CU-YN5RJK ? Baru 3 minggu ud bocor. Ud kontak ke CS Panasonic dari akhir agustus sampe sekarang ga ada kejelasan. Kecewa banget. Trus kalo mau beli AC baru, kira2 merk apa yg bagus dan mempunyai layanan service yang punya standar pelayanan minimal terhadap konsumen yang lebih bertanggung jawab. Makasi yahhh

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Untuk harga evaporator memang harus langsung ke Panasonic. AC Panasonic tipe YN memang sering bermasalah. Anda merupakan orang ke sekian yang komplen AC Panasonic tipe YN bermasalah. macam2 masalahnya. Jadi memang toko kami tidak rekomen pakai AC Panasonic tipe YN. Minimal gunakanlah tipe PN atau seri N kalau mau awet. dan seri S kalau mau hemat listrik.

      Satu hal, Siapa yang memberitahu ya kalau Evaporatornya yang bocor? Apakah teknisi resmi dari Panasonicnya sendiri?

      Nah untuk merk tandingan Panasonic hanya Daikin. Bisa dicoba nanti bila sudah mau ganti AC.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaannya.

      Reply
    • Arif

      Mau nanya pak,kalo rumah yg dayanya 900,kuat gak pake ac panasonic alowa deluxe yg 1pk??

      Reply
      • Web_Admin

        Selamat pagi,

        Untuk listrik 900 Watt jelas AC Panasonic Alowa Deluxe 1PK masih kuat, karena hanya akan menyedot daya sebesar 660Watt.

        Masalahnya ada alat listrik apa lagi selain AC di rumah yang nyala bersamaan? Kalau AC menyala, saran saya jangan ada lagi yang menyala selain lampu dan kulkas 1 pintu. Diluar itu saya khawatir listrik akan jebret.

        Terima kasih.

        Reply
  • Bening

    koh mau nanya, ini saya sedang ada tender pemasangan AC, waktu penawaran saya masih bisa menemukan AC Panasonic Type CS-YN12RKP, Tapi waktu tender diumumin n kita menang kita uda ga bisa lagi nyari yang type itu, karna katanya uda discontinew n diganti dengan type CS-PN12RKJ, apa benar demilkian? lalu dimana letak perbedaan spesifikasi dari kedua type tersebut?
    bisa minta pencerahannya???
    Terimakasih..

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Tipe CS-YN dari sejak awal keluar di bulan Februari tahun 2015 ini hanya tersedia tipe 5, 7 dan 9 alias hanya 1/2, 3/4 dan 1PK

      Sedangkan CS-YN12RKJ TIDAK PERNAH ADA.

      Jadi bukan discontinue dan bukan digantikan dengan CS-PN12RKJ yah. Memang dari dulunya ga pernah ada.

      Sedangkan AC CS-YN dan CS-PN sudah berbeda tipe dan spesifikasi seperti yang bisa anda baca sendiri di artikel kami diatas. AC Panasonic CS-PN juga jauh lebih lengkap PK-nya karena tersedia dari 1/2PK sampai 2.5PK, sedangkan CS-YN hanya 1/2 sampai 1PK

      Untuk perbedaan juga terletak di harga dan konsumsi listrik seperti yang sudah tersedia di artikel harga AC Panasonic kami disini http://goo.gl/W5VBVb

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaannya.

      Reply
  • diki

    Mlm bos mw tanya ni kalau kompresor ac inverter mati trus lampu timer nyala teru t pnyebab nya apa apakah papan pcb d oudor d ganti aja

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Kalau kompressor AC inverter mati dan lampu timer berkedip-kedip biasanya masalah utama ada di freon yang bocor / habis.

      Masalah paling umum kedua adalah kipas Outdoornya mati entah karena miring jadi mentok body atau memang motor kipas Outdoornya rusak jadi ga bisa muter, Outdoor jadi terlalu panas jadi kompressornya mati.

      Biasanya sih di 2 itu Pak.

      Kalau kedua hal tersebut bukan penyebabnya baru bisa dari PCB, atau yang lainnya.

      Teirma kasih atas kunjungan anda ke website kami.

      Reply
  • kiki

    Selamat siang Pak,

    Saya rencana mau ganti AC, karena AC yg ada sekarang kompresornya rusak, ac untu kamar 3×4 untuk 2 dewasa, 1 anak dan bayi, sekedar info voltage di rumah sering naik turun, Ac apa yg cocok ya, dari daikin atau pun panasonic, apakah saya perlu memakai stabilizer untuk stabilin listriknya, terimakasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kamar 3×4 dengan 2 dewasa dan 1 bayi kami sungguh sangat menyarankan penggunaan AC Panasonic Inverter 1PK CS-S10RKP

      Kami jamin penggunaan listriknya akan sungguh hemat. Kalau mau pakai Daikin bisa juga menggunakan AC Daikin Inverter Smile 1PK FTKC25NVM4

      Sama-sama hemat kok listriknnya tinggal pastikan AC-nya masuk ke stabilizer dulu ya baru ke listrik rumah, karena kalau voltase rumah naik turun AC akan cepat rusak dan konsumsi listriknya jadi tidak stabil.

      Oke semoga terbantu dengan jawaban kami ya.

      Teirma kasih atas kunjungan dan pertanyaannya.

      Reply
  • purwanto

    Met pagi.

    Mau tanya harga cs xn9rkj dan cs kn9rkj sekarang berapa?
    Saya di daerah srengseng sawah jakarta selatan

    Terimakasih sebelumnya

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk harga CS-XN9RKJ sekarang – Rp. 4.450.000,-

      Yang CS-KN9RKJ sekarang – Rp. 4.300.000,-

      Semua harga sudah termasuk ongkos pasang, material pemasangan pipa 5m, kabel listrik 5m, drain air 2m dan bracket.

      Belum termasuk ongkos transport sebesar Rp. 100.000,-

      Terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

      Reply
  • Koh mw tanya dulu nih, ane mw beli ac low watt 1/2pk utk kamar ukuran 3×3 tp d kontrakan ane supply listrik ny cuma 900watt, mohon pencerahan ny kph utk type yg bagus, irit yg standard aje yaa koh, utk biaya transport k ciputat tangsel berapa koh ? Kasih murah ny koh, mksh

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kamar kontrakan 3×3 sih memang sudah cukup pakai Panasonic Low Watt 1/2PK Pak dengan daya hanya 320 Watt.

      namun kalau masalah dingin pasti ga bisa dingin banget ya. Kalau mau dingin banget harus pakai Panasonic Low Watt 3/4PK dengan daya 530 Watt.

      Tapi ya itu mepet ke 900 Watt takut jebret aja listriknya. Terutama kalo malem kan biasanya lampu nyala plus ada TV dan kulkas mungkin. Kami rasa ngga cukup.

      jadi mau ga mau tetep pakai 1/2PK Low watt.

      Harga ACnya sendiri CS-KN5RKJ – Rp. 4.050.000,-

      Sudah termasuk ongkos pasang, material pipa 5m, kabel 5m, drain air 2m dan bracket juga ongkos transport ke Ciputat.

      Terima kasih atas pertanyaan dan kunjungannya.

      Reply
  • marthin

    Mohon info type CS-PC12PKP 1 1/2 dan CS-PC18PKP 2PK, apakah type ini produksi baru 2015 dan harga berapa saaat ini

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat pagi,

      Untuk CS-PC12PKP dan CS-PC18PKP adalah tipe 2014 dengan Freon R22

      Penggantinya adalah CS-PN12RKJ dan CS-PN18RKP dengan Freon R32.

      Harga PN12 – Rp. 4.275.000,-
      Harga PN18 – Rp. 5.750.000,-

      Semua sudah harga baru yah. Karena per 30 September kemarin baik Daikin dan Panasonic semua naik harga.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • Regi

    Selamat siang,,
    Permisi pak mau bertanya ingin lebih jelas lagi,

    Saya mau beli ac untuk kamar 3×3 , dengan kondisi sewaktu waktu pintu kamar saya buka agar mendinginkan ruangan tengah 3×8 .
    Saya niatnya mau beli yg inverter antara daikin 1pk FTKV25. / panasonic 1pk CS-S10
    Untuk inverter Apakah jika pintu saya buka malah wattnya menjadi tinggi
    Atau mending saya beli yg non inverter, mohon masukannya terima kasih

    Di national ini apa bisa melakukan pengiriman ke kota cilegon ?
    Terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat pagi,

      Kalau AC mau dipakai di kamar trus pintunya dibuka jangan pake Inverter Pak. wattnya ga turun2 nanti jadinya.

      Jadi lebih baik pakai minimal Daikin 1PK FTM25JV atau Panasonic CS-N9RKP.

      Itu Wattnya konstan walau ruangan yang perlu di dinginkan jadi lebih besar.

      Nah kalau pakai 1PK ruangan tengah 3×8 ga bakalan dingin sama sekali ya. Cuman yang kena angin dari kamar yang dingin, semua area lain yang ga kena angin tidak akan terasa dingin sama sekali.

      Karena ruangan 3×8 sendiri sudah butuh AC 1.5PK, jadi kalau cuman dibantu AC 1PK ya jelas kurang.

      Oke demikian penjelasan dari kami.

      Untuk pengiriman ke kota Cilegon mohon maaf saat ini sedang tidak bisa karena jadwal kami sedang overloaded.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • Evelyn

    Pagi pak,

    Mau tanya sekarang saya pakai AC Panasonic yang standard 1 PK dan berencana untuk mengganti AC Panasonic 1PK Ionizer N9RKP. Apakah harus ganti pipa AC?
    Kira-kira berapa harga termasuk dengan ongkos bongkar + pasang di daerah Jakarta Utara?
    Apakah AC bisa tukar tambah?

    Reply
    • Web_Admin

      Siang Pak,

      Ya harus ganti pipa Pak karena N9RKP sudah menggunakan Freon R32, kecuali dulu Bapak waktu pasang AC Panasonic Standard 1PK-nya sudah pakai pipa HODA.

      Untuk harganya sendiri Rp. 4.550.000,- sudah termasuk pemasangan

      Belum termasuk transport tergantung lokasi tepatnya pemasangan AC dimana.

      Mohon maaf kami tidak menerima tukar tambah, namun biasanya teknisi kami mau membeli AC bekas anda. Silahkan nanti ditanyakan langsung ke teknisi kami untuk nego harganya.

      Terima kasih atas pertanyaan dan kunjungan nya

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *