POSTED BY Web_Admin | Mar, 01, 2021 |

UPDATE 1: Kalau mau respon cepat, selain menghubungi nomer telepon toko di (021) 737 5155 / 737 5156 / 737 5157 / 7369 0753 anda dapat menghubungi nomor WA team sales kami ya di

0813 1777 5157

Tips dan Trik Menggunakan AC Inverter Yang benar

Haloooo, setelah sekian lama tidak menulis artikel, dan karena sudah cukup marak artikel dari website kami di copy tanpa ijin, tanpa kasi sumber referensi, cuman diganti aja beberapa kata-katanya dan juga ditambahin alamat toko mereka… Tidak perlu lah saya sebutkan website mana yang pada nyolong artikel saya…

Jadi saya memutuskan untuk menulis artikel lagi yang baru (apa hubungannya yeh?….)

Kali ini kami akan menuliskan Tips dan Trik menggunakan AC Inverter. Karena masih banyak sekali yang masih tidak tahu dan menganggap menggunakan AC Inverter dan AC non-Inverter sama saja.

Well pada dasarnya sih sama saja, namun kalau caranya bener. Kalo caranya salah bisa lebih boros loh listriknya pakai AC Inverter daripada AC non-Inverter.

Mari kita mulai yah pembahasan dan tips dan trik menggunakan AC Inverter yang benar agar benar-benar bisa awet dan hemat listrik:

 

1. Menggunakan AC Inverter TIDAK BOLEH Under Capacity (Menggunakan PK lebih kecil daripada kebutuhan ruangan)

Jadi misalnya ruangan 4×5 HARUS menggunakan AC Inverter 1.5PK. Ruangan 4×6 keatas HARUS menggunakan AC Inverter 2PK. Untuk ruangan 4×4 kebawah pakai 1PK Inverter.

Mengapa? Jadi begini saya ceritakan kondisi di rumah saya ya. Di rumah saya listriknya 7.700 watt. Ada 2 pompa air, 1 untuk sedot dan 1 untuk dorong, 2 kulkas, 3 AC, TV, lampu, dll.

Kamar utama saya ukuran 4×6 dulu menggunakan AC Inverter 1.5PK yang kalau dihitung sih sebenernya ngepas-ngepas Btu AC dengan kebutuhan ruangan. Biasanya bayar listrik sebulan sekitar 3 juta.

Kemudian saya mengganti AC kamar saya tersebut dengan AC Inverter 2PK. Dan setelah diganti sekarang tagihan listrik saya turun sampai 500 ribuan per bulan. Kalau setahun kan 6 jutaaaaa… banyak kan hemat uang untuk bayar listriknya?

Jadi kalau kamar 3×3 atau 3×4 juga kalau pakai Inverter 1PK PASTI akan lebih hemat listrik dibanding pakai 1/2PK atau 3/4PK non-Inverter atau tipe Low Watt sekalipun. Terutama kalau pakai AC Daikin Premium Inverter atau AC Panasonic Elite Inverter.

Berikut adalah list luasan kamar dan penggunaan AC Inverter yang cocok: (hitung panjang kali lebar ruangan anda ya, nanti dapat berapa meter persegi)

Maksimal 8 meter persegi – AC Daikin Inverter Flash 1/2PK FTKQ15UVM4 atau AC Gree Inverter F1 1/2PK GWC-05F1

Maksimal 11 meter persegi – AC Daikin Inverter Flash 3/4PK FTKQ20UVM4 atau AC Panasonic Premium Inverter 1PK CS-XU10VKP

Maksimal 15 meter persegi – AC Daikin Inverter Smile 1PK FTKC25TVM4 atau AC Panasonic Premium Inverter 1PK CS-XU10VKP atau AC Gree Inverter F1 1PK GWC-09F1

Maksimal 20 meter persegi  – AC Daikin Inverter Smile 1.5PK FTKC35TVM4 atau AC Panasonic Premium Inverter 1.5PK CS-XU13VKP

Maksimal 30 meter persegi – AC Daikin Inverter Smile 2PK FTKC50TVM4 atau AC Panasonic Premium Inverter 2PK CS-XU18VKP

Maksimal 35 meter persegi – AC Daikin Inverter Smile 2.5PK FTKC60TVM4 atau AC Panasonic Premium Inverter 2.5PK CS-XU24VKP atau AC Gree Inverter F1 2.5PK GWC-24F1

Maksimal 40 meter persegi – AC Daikin Inverter Smile 3PK FTKC71TVM4 atau AC Gree Inverter F1 2.5PK GWC-24F1 (ya anda tidak salah baca, karena AC Gree Inverter F1 2.5PK memiliki kemampuan LEBIH TINGGI dan LEBIH HEMAT LISTRIK dibanding Daikin Inverter Premium FTKM71 bahkan!)

Diatas 40 meter persegi sudah harus menggunakan 2 unit AC ya… Tinggal di kombinasi antara PK AC yang diatas.

Kemudian kalau kebetulan ukuran ruangan anda ada diantaranya misalnya 9m2 atau 12m2 lebih baik dibuletin keatas ya, jadi 9m2 pakai AC 3/4PK kemudian kalau 12m2 pakai AC 1PK dan seterusnya

tips dan trik menggunakan AC Inverter yang benar yang kedua adalahhhh…..

 

2. Menggunakan AC Inverter, mengatur suhu remote HARUS yang bisa dicapai oleh ACnya

Nah ini adalah masalah klasik dalam penggunaan AC. Sebenarnya mau pakai AC tipe apapun atur suhu di remote memang harus yang bisa dicapai oleh AC-nya. Namun khusus untuk AC Inverter hal ini adalah HAL PALING PENTING dalam penggunaan AC Inverter.

Mengapa? Jadi begini AC Inverter akan berkurang konsumsi listriknya saat suhu ruangan sudah cukup mendekati suhu remote dan akan turun ke watt minimal apabila suhu ruangan sudah sama dengan suhu remote.

Kemudian sekarang kita set suhu remotenya berapa? 16 kah? 18 kah? biar dingin? hal ini SALAH BESAR. Ini kesalahan terbesar dalam penggunaan AC. Mari kita bicara tentang temperatur. Suhu yang tertera di remote AC BUKAN indikator temperatur ruangan.

Kalau kita set suhu 19 di remote misalnya, itu kita memberi tahu AC-nya “woiii AC, gw mau suhu ruangan gw 19 derajat!” Nah AC kemudian akan bekerja terus sekuat tenaga untuk mencapai suhu 19 derajat. Pertanyaanya apakah AC-nya mampu membuat suhu ruangan bener-bener 19 derajat?

Kalau kita pergi ke Lembang, Bandung, pernah ga jam 4 atau 5 pagi keluar ke udara terbuka. Itu dingin banget sampe mulut bisa keluar asap. Coba cek deh suhunya saat itu berapa. Pasti cuman sekitar 17 sampai 19 derajat celcius.

Trus kita mau gitu kamar kita suhunya bisa segitu? Bisa sampe keluar asap di dalam kamar tidur? Silakan dijawab sendiri.

Kalaupun kita jawabnya mau, emang AC-nya mampu? GA BAKALAN! kecuali pake AC kapasitas jauhhhhh lebih besar dari kebutuhan. Contoh di ruang server salah satu perusahaan langganan kami, ukuran ruangannya 3 x 4 mereka minta suhu ruangan selalu minimal 20 derajat selama 24 jam per hari. Kami pasang AC Inverter 2.5PK sebanyak 2 unit di ruangan tersebut, untuk nyala bergantian 13 jam dan 12 jam per hari. Kami juga memasang termometer digital di ruangan tersebut dan set suhu di remote AC 19 derajat. Hasilnya setelah pantauan selama 1 minggu menggunakan CCTV, suhu ruangan selalu berada di kisaran 19.2 derajat sampai 20.3 derajat celcius. Tidak pernah lebih dari segitu walaupun di siang hari bolong.

Di ruangan sebesar itu kalau dihitung sebenarnya pakai 1PK sudah cukup. Namun kalau kita hanya pakai AC 1PK suhu ruangan di siang hari paling maksimal hanya bisa menyentuh 25 derajat celcius dan kalau malam maksimal bisa 24 derajat. Apalagi server biasanya mengeluarkan hawa panas yang lumayan dahsyat hehehehe…

Kalau anda berharap suhu dibawah itu ya harus naik PK. tiap turun 1 derajat harus naik 1 PK ACnya.

Oke kembali ke permasalahan suhu remote untuk AC Inverter. Kalau AC TIDAK MAMPU mencapai suhu remote, ya kompressor akan kerja maksimal terus, Watt yang disedot maksimal terus. Permasalahannya Watt maksimum AC Inverter LEBIH TINGGI dari AC non-Inverter di PK yang sama.

Contoh untuk AC Daikin Standard Thailand 1PK FTC25NV14 Watt-nya adalah konstan 780 Watt selama AC menyala. Kalau AC Daikin Premium Inverter 1PK FTKM25SVM4 rentang Watt-nya adalah 185 – 920 Watt.

Kalau keduanya digunakan di ruangan 4×5 saja misalnnya. Kami jamin pakai AC Daikin Premium Inverter bisa LEBIH BOROS daripada pakai yang Standard Thailand. Mengapa? Karena ruangan 4×5 harusnya pakai 1.5PK, menggunakan 1PK sudah under capacity. Kalau under capacity, kita set suhu remote 23 misalnya, suhu tersebut TIDAK AKAN pernah tercapai. Namun AC akan terus bekerja berusaha mencapai suhu tersebut.

Nah AC Daikin Premium Inverter yang harga belinya bisa bikin mata melotot itu, Watt-nya bisa terus manteng di 920 Watt untuk berusaha ngejer suhu 23 yang TIDAK AKAN pernah tercapai tersebut. Kalau sudah gini irit mana sama pakai Daikin Standard Thailand 1PK yang Watt-nya cuman 780? Toh kedua AC tersebut tidak mampu mencapai suhu 23 derajat, namun yang satu konsumsi 920 Watt terus, yang satu cuman 780 Watt.

Mengerti kan analogi dari kami? AC Inverter itu Watt-nya pas nyala akan selalu berusaha mentok (walau ga selalu begitu, apalagi kalau ruangannya over capacity) supaya ruangan lebih cepet dingin, dan kalau suhu sudah mendekati suhu remote dia akan turun, dan kalau sudah sama dengan suhu remote dia bisa turun ke watt minimum.

Kalau di ruangan 4×5 misalnya sudah terlanjur pakai AC Inverter 1PK saran dari kami untuk menghemat listrik sebisanya adalah dengan atur suhu remote selalu di 25 – 26 derajat. Kalau siang malah kalau perlu 27 derajat. Itu supaya suhu ruangan masih bisa mendekati suhu remote yang menyebabkan konsumsi listrik AC bisa turun. Tapi toh dengan begitu pun penghematan yang didapat tidak mungkin bisa mencapai 50% seperti janji dari penggunaan AC Inverter. Penghematan yang di dapat paling 10%. Tapi yah daripada mesti ganti AC baru?

Jadi kalau mau beli AC Inverter MOHON dengan amat sangat jangan sampai under capacity yah. Itulah mengapa sebenarnya AC Inverter kurang direkomendasikan digunakan di ruangan terbuka lebar seperti di ruang keluarga yang nyambung sama ruang makan dan dapur, karena biasannya selalu akan under capacity.

Bagaimana? Sudah cukup jelas kan? dengan artikel tips dan trik menggunakan AC Inverter ini kami yakin seyakin-nya kalau AC Inverter yang anda beli akan bisa menghemat pengeluaran listrik anda setiap bulan.

Kami juga mempersilahkan anda untuk dapat membaca artikel kami yang lainnya

1. Apakah perlu isi ulang Freon AC?

2. Apakah AC Inverter benar – benar bagus dan hemat listrik?

3. Cara menggunakan AC agar awet dan hemat listrik

4. Cara menghitung kebutuhan PK AC sesuai ruangan

5. Semua yang harus anda tahu tentang AC Low Watt dan AC Inverter

6. Mengapa Ongkos pasang AC Freon R32 lebih mahal?

7. Perbedaan Freon R22, R32 dan R410A

8. Penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin

9. Perbedaan Tipe AC Daikin

10. Harga AC Daikin 2022

11. Perbedaan tipe AC Panasonic

12. Harga AC Panasonic 2022

13. Brosur AC Daikin

14. Pengangkatan National Elektronik sebagai Daikin AC Shop

15. Tips dan trik menggunakan AC Inverter

16. AC Daikin Multi S

17. Testimoni AC Daikin di Kaskus

18. Emang AC Gree bagus? Kan buatan China

19. Harga AC Gree 2022

20. Tipe AC Gree apa saja dan perbedaannya

21. Bocoran AC Gree 2019

22. Launching AC Daikin Line Up 2018

23. Review Daikin Inverter Flash 1PK FTKQ25SVM4

24. Apaan sih COP dan EER itu?

25. AC Panasonic si Biru CS-LN Series

26. Pindah AC jadi ga dingin?

27. AC Multi Split Panasonic

28. Air Purifier Daikin

29. Podcast bersama Branch Manager Gree

30. Podcast bersama Panasonic Sales

31. Kenapa harus pasang AC dengan teknisi in house?

 

Oke semoga artikel – artikel kami dapat membantu anda untuk lebih memahami dan memilih tipe AC ya, termasuk juga supaya tidak mudah dibohongi oleh para penjual AC yang tidak jelas, maunya hanya menjual habis stok barangnya, terlepas sebenarnya AC tersebut cocok digunakan untuk ruangan anda atau tidak.

Termasuk bisa menjawab pertanyaan anda mengapa tagihan listrik anda tidak turun setelah membeli dan menggunakan AC Inverter.

Oleh karena itu, jangan ragu lagi untuk mempercayakan pembelian, pemasangan maupun service AC Panasonic atau AC Daikin anda kepada kami. Kami berjanji memberikan pelayanan yang terbaik bagi anda dengan harga yang kompetitif.

Anda dapat menghubungi kami sekarang baik melalui halaman contact us, lewat email ke [email protected] ataupun menghubungi hotline kami di (021) 737 5155, 737 5156, 7369 0753 atau gunakan semua cara yang ada diatas baik lewat FB, IG, YM atau WA yah.

Artikel dibuat oleh:

Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
Follow me on Twitter and Instagram @samuellumentut and @national.elektronik
National Elektronik

Artikel diperbarui terakhir pada tanggal: 24 Maret 2022

TAGS :
  • Alan

    Min, saya mau pasang AC Flash Inverter 3/4 PK untuk kontrakan 3 petak dan AC ingin taruh di depan aja (karena untuk kerja selama WFH dan kurang suka tidur terlalu kena AC/terlalu dingin) dan ruang tengah ingin dapet hembusan angin sejuk aja apakah cocok?

    Memilih 3/4 karena untuk memenuhi suhu dingin di ruang depan aja, ruang tengah biar dapet hembusan angin sejuk aja.

    Ruang depan dan Ruang Tengah ukurannya masing-masing 3×3

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Hmmm.. kalo maunya begitu sih jangan pake Inverter gan… Nanti listriknya ga turun2…

      Palagi mau di buat dingin-in 2 ruangan.

      Kalo mau buat dinginin ruang depan dan tengah mesti pake yang 1PK minimal. 3/4PK hanya boleh dipake buat dingin-in 1 ruangan doank ya.

      jadi kalo emang tetep mau pake 3/4PK mending pake AC non-Inverter.

      Terserah mau yang standard ato low watt.

      Kalo Low Watt disarankan pake Gree Low Watt 3/4PK GWC07C3E.

      Oke semoga sudah jelas ya.

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • Denny

    Saya mau tanya rekomendasi AC INVERTER 1.5PK lebih bagus mana antara Gree F1, Panasonic CS-PU12 dan Daikin Flash Inverter?

    Ukuran ruangan pxlxt 5.8 x 3.3 x 2.8. Sekarang pakai AC Inverter 1 PK. Kurang yah?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      sebelum jawab 1.5PK Inverter bagus yang mana, saya malah lebih pengen bahas luas kamarnya

      5.8 x 3.3 itu butuh Btu 11.484 Jadi 1PK jelas kurang pake banget banget.

      Jadi pilihan 1.5PK Inverter sudah tepat.

      Nah dari Gree F1, Pana PU12 sama Daikin Flash jelas Pana PU12 lebih bagus.

      Kalau Gree F1 1.5PK ga perlu dibeli. Daikin Flash 1.5PK apalagi… Tipe terbarunya parah efisiensi nya. Jadi kalo 1.5PK saat ini mau beli pilihan cuman 4

      Panasonic PU12, Panasonic XU13, Daikin Star Inverter FTKC35 atau Daikin Premium Inverter FTKM35.

      Price / Performance yang terbaik ada di Pana XU13 sih. Trus FTKC35, PU12 baru FTKM35

      Minimal beli 4 tipe tersebut efisiensi nya jauh lebih bagus dari tipe dan AC merk lain.

      Oke semoga sudah jelas ya.

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • Ferry

    Halo agan Lurker, mau tanya sebenarnya FTKQ15SVM4 (flash) dan FTKC15TVM4 (Star) efisiensinya sama atau beda jauh yah, karena gamang mau milih salah satu diantara keduanya. Jika selisih efisiensinya hampir sama apa benar saya lebih baik pilih yg FTKC 0.5PK utk ruangan yg luas nya 3 x 2.5 m, krn fitur FTKC kan lebih byk plus dapat Filter Titanium, bukan begitu… Mohon arahannya gan…
    Just info dulu saya juga beli FTKV 1PK (High Inverter) di agan loh via email bu nana dan yg pasang kalo ga salah namanya Pak Agam… 🙂

    Reply
    • Web_Admin

      Halo gan…

      FTKQ yang tipe baru UVM4 belakangnya turun efisiensi-nya dibanding tipe SVM4 yang udah discontinued 🙁

      Jadi kalo memang mau pakai ya mending pake FTKC15 gan… ato pake Gree F1 1/2PK GWC05F1… Itu efisiensi malah lebih bagus dikit dibanding FTKC dengan harga lebih murah dan BTU AC yang lebih tinggi

      Plus garansi gila ga ada lawan di Indonesia 10 tahun kompressor dan 5 tahun spare part

      Iya Bu nana dan Pak Agam masi kerja sama ane kok hehehehe

      Langsung aja hub Bu Nana lagi yaaa..

      Terima kasih…

      Reply
  • Yunan

    pak kalau misal kecepatan kipas kita set di bar 4 (maks 5), suhu remot di set 27 dengan asumsi PK sesuai..
    pertanyaan nya apakah bisa bikin lebih hemat? kan suhu ruangan jd lebih stabil di 27 karena kipas nya kenceng daripada kipas pelan yg gak menjangkau seluruh ruangan..

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Sebenernya paling bagus set kipasnya AUTO sih…

      Karena kalo kipasnya makin kenceng juga watt-nya sedikit lebih gede…

      Walo ga terlalu banyak ngaruh.

      Yang lebih ngaruh yang set remote di 27 nya… Itu yang akan berpengaruh sangat besar dibanding set suhu 25 ato 24 misalnya.

      Kalo PK ACnya cukup dengan kecepatan kipas 2 bar aja harusnya tetep bisa mencapai suhu remote yang diinginkan selama masuk akal yaitu paling rendah 24.

      Oke semoga sudah cukup jelas ya

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • Eka Putra

    Siang min.

    min mau tanya untuk settingan remote AC daikin inveter lebih baik settingan nya kyk bagaimana agar pemakaian AC efisien dan hemat listrik. ada yang bilang setting remote nya di pengaturan DRY , apakah bener itu min.

    thank you.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Pengaturan untuk settingan remote untuk semua AC sebenernya (kalau PK AC cukup buat ruangan ya) mode Cool, suhu 24-25 dengan kecepatan kipas AUTO.

      Itu yang paling benar.

      Tapi suhu segitu bisa aja kurang dingin karena:

      1. PK AC kekecilan
      2. AC kotor
      3. AC ada yang rusak / bocor / masalah lainnya
      4. Memang bener2 suka dingin (Jadi suhu ruangan memang sudah beneran 24, tapi masih ngerasa kurang dingin)

      Sekarang pertanyaan nya, AC Daikin Inverternya berapa PK? Digunakan di ruangan ukuran berapa? Itu dulu yang perlu dijawab.

      Karena kalo memang PK AC-nya kurang, AC Inverter bisa lebih boros listriknya dibanding AC Standard loh…

      Oke semoga sudah jelas ya

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Panji

    Mlm kak mau tanya sputar ac inventer, yg benar itu nyalain pertama kali ac di suhu terendah 16 drajat atau d 25 drajat sih kak? Bnyk asumsi klo pertama nyalain hrus 16 drajat, baru turunin ke 22-25 drajat, minta tolong penjelasannya mksih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Hmmm… Siapa yang ajarin pertama kali set suhu AC Inverter 16 derajat? SALAH BESAR itu…

      Malah sebenernya AC Inverter dan Non Inverter ga perlu set 16 pas pertama kali nyala…

      Ga ada bedanya dengan set suhu remote 23 misalnya… Dinginnya sama, kecepatan mendinginkan juga sama pas set suhu remote 16.

      nah AC Inverter kalo pas nyala pertama kali set suhu 25 kan harusnya ga perlu sampe mentok watt-nya. Kalo di set 16 mah udah pasti watt-nya bakal mentok… Buat apa? Toh kecepatan mendinginkan ruangannya ga beda jauh dengan set suhu 24 ato 25 pas pertama kali nyala. Jadi mending ga usah diganti2 temperatur remotenya… cukup 24-25 aja.

      Kecualiiiii agan tinggal di pegunungan yang suhu luar rumahnya 23 juga… Itu baru mending di set 16. Tapi kalo emang suhu udara sekitar rumah udah 23 ngapain juga pake AC yak… hahahahah

      Oke semoga sudah jelas ya

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • Putra

    Halo admin National Elektronik, saya mau bertanya nih. Kalau untuk AC Inverter itu kalau suhu sudah tercapai itu otomatis kerja kompresornya lebih ringan, apakah diimbangi dengan kecepatan kipas outdoornya yang lebih pelan juga? Oiya pertanyaan lagi, kalau di katup 1/4 itu keluar embun, apakah itu normal atau ada kendala? Satu pertanyaan lagi, kalau beli AC Gree misalnya di Gree Official Store di tokopedia gitu, yang memasang AC nya siapa? Apakah dari pihak Gree nya atau kita harus mencari tukang AC sendiri

    Terimakasih sebelumnya

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Hmmm.. Kalau kipas outdoor sih ga ada speednya ya setau kami, cuman on dan off saja.

      Karena kerja inverter itu bukan dinilai dari kipas outdoor tapi di dalam kompressor AC di bagian outdoor (tidak terlihat)

      Kemudian katup keluar embun sih tidak masalah. Memang gas freon itu dingin sekali jadi wajar kalau ada pengembunan.

      Kalau beli di Gree Official Store kami juga tidak tahu siapa yang pasang. Kecuali beli dari kami baru jelas teknisi in house kami yang pasang ACnya hehehehe..

      Oke terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • Jay

    Bang mau tanya bagusan ac LG dual inverter atau Ac Daikjm flash inverter/smile inverter ? Sialx bngung nh mau beli yg mana mudh2 abng bs bantu

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalau LG Dual Inverter saya tidak jual, jadi tidak bisa kasi tau bagus atau tidak ya

      Tapi yang pasti kalo antara Flash dan Smile, kalo ukuran 1/2 dan 3/4PK cukup pakai Inverter Flash.

      Tapi kalo sudah 1PK apalagi 1.5PK mendingan pake Smile karena efisiensi nya jauh lebih bagus.

      Oke semoga sudah jelas ya

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Victor

    Halo gan, gila websitenya informatif sekali tentang AC, ga pernah nemu website seinformatif ini..
    Sangat bagus sekali dan detail penjelasannya..

    1. Sekalian mau tanya gan, mau rencana bikin guest house, ruangannya 3×3,8x3m (isi 2 dewasa), ada jendela.
    Biasa tamu hotel kan sukanya menyalakan AC 24 jam (tidak pernah dimatikan meskipun keluar kamar seharian, spy waktu masuk enak sudah dingin). Nah dengan skenario seperti itu yg paling efisien pakai AC apa? AC biasa atau inverter?

    2. Masalah servis dan maitenance, saya punya beberapa kenalan tukang service AC, hampir semua menyarankan jgn membeli AC inverter, karena kalau rusak sulit diperbaiki atau bahkan tidak bisa diperbaiki.
    Lebih baik pakai AC standar, supaya kalau ada kerusakan, tidak dingin, dll, servisnya mudah dan murah (mudah mendapatkan sparepartnya). Apa benar ini gan?

    Terimakasih dan semoga dibalas gan

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang gan…

      Makasih banget loh atas pujiannya… jadi sedikit melayang2 gimana gitu hahahahaha…

      Oke coba dibantu jawab pertanyaannya ya

      1. Untuk AC yang bisa nyala lama banget ga mati2 ya ga ada pilihan lain selain AC Inverter. Kalo mau awet kamarnya gunakan AC Daikin Inverter Smile 1PK FTKC25, atau Panasonic Premium Inverter 1PK CS-XU10VKP atau boleh juga menggunakan GREE Inverter F1 1PK GWC-09F1.

      Pake Gree selain listrik hemat seperti Daikin Inverter Smile, garansinya pun jauh lebih panjang dengan 10 tahun kompressor dan 5 tahun spare part. Cocok buat dipake di tempat yang sering disewakan hehehehe…

      2. Wah pertanyaan ini kan sudah ada artikelnya sendiri? Belum dibaca? hehehehe… ini link-nya ya http://bit.ly/ACInverter

      Masih banyak loh artikel lain yang menarik semua soal AC… Hehehehe… Kalo tukang service AC taon 2020 ini masi ga menyarankan pake Inverter mending #gantitukangservice ya gan… Lagian semua pabrikan AC sudah menyediakan service AC kok melalui subcon. Tinggal telepon ke call center masing2 pabrikan AC. Nah subcon brand TIDAK MUNGKIN menjelekkan AC Inverter, karena AC Inverter itu AC top of the line semua merk AC. Masa lebi jelek? hiks…

      Tentu dibales donk tenang ajaaa…

      Terima kasih sudah mampir ke website kami yaaaakkk…

      Reply
  • RICKY

    Hallo Ko. Samuel,

    Saya baru beli AC Daikin Flash Inverter 1PK utk ukuran kamar 3×4 dan AC di Vacum terlebih dahulu pd saat pemasangan, kemudian suhu AC saya stell di 24-25’C dengan fan speed nya 3bar,, pertanyaan saya adl :
    1. Setiap jam 3-5 subuh/pagi kamar berasa jadi kurang dingin, berbeda dgn pertama kali saya nyalakan AC pada range jam 18.30 atau 19.00 langsung dingin, Apakah itu normal Ko?
    2. kemudian saya hitung pemakaian Listrik per/malam (18.00/19.00 – 06.00) menghabiskan rata-rata 2,5-4kwh, apakah sudah sesuai dengan iritnya inverter?

    Terima kasih Ko. Samuel

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Sorry ya telat bales…

      Oke kamar 3×4 pake Inverter Flash 1PK ya… set suhu 24 – 25 fan speed 3.

      1. Kalo subuh kan memang harusnya suhu luar rumah bisa cuman 25 atau bahkan kurang tergantung dimana agan tinggal. Jadi suhu di dalam kamar pun beda antara jam 7 malam dan jam 3 pagi.

      Kalo set suhu 25 misalnya, jam 7 malem diluar masih 27 derajat jelas terasa dingin di kamar karena beda suhu 2 derajat aja uda berasa banget bedanya.

      Sedangkan kalo jam 3 pagi kan suhu luar bisa cuman 25 ato 24, kalo di kamar juga suhunya segitu, ya jadi ga ada bedanya suhu luar sama di dalem kamar. Makanya rasanya jadi kurang dingin.

      Hal ini hanya asumsi loh ya… Karena banyak sekali hal yang mempengaruhi suhu berapa bisa berasa dingin atau ngga.

      Dan ini dengan catatan AC bekerja normal ga ada masalah dan tidak kotor.

      Jangan lupa dicuci ACnya max 3 bulan sekali ya.

      2. pemakaian listrik segitu masih tahap wajar sih… Karena memang pakenya Inverter Flash. Kalo pake Smile palagi pake Premium angkanya bisa dibawah itu hehehehe…

      Oke semoga sudah jelas ya.

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • anto

    terima kasih penjelasan dan pencerahan nya Pak Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
    saya tertarik dengan multi s atau super multi, dengan rencana untuk dipakai di 2 kamar = (3×2) (3×4) dan 1 ruangan = (3×7) keluarga terbuka (untuk ruangan tidak berharap dingin sesuai tulisan diatas).

    pertanyaan apakah cocok yg muti s atau super multi dengan keinginan yg R32 seperti yg sudah pernah saya beli di national elektronik AC DAIKIN SPLIT SMILE INVERTER FTKC35QVM4 1,5 PK dan boleh di japri harga nya untuk rekomendasi nya

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Terima kasih atas pujiannya.

      Untuk 2 kamar 3×2 – 1/2PK dan ruangan 3×4 – 1PK

      Sedangkan untuk ruang keluarga terbuka 3×7 – 1.5PK

      Cocok sekali menggunakan AC Daikin Multi S 3 koneksi

      Outdoor 3PK MKC70 + Indoor 1/2PK CTKC15 + Indoor 1PK CTKC25 + Indoor 1.5PK CTKC35

      Menggunakan tipe ini sudah cukup… Tidak dingin namun okelah tidak sampai keringetan.

      Untuk harga dengan pemasangan, jadwal pemasangan dll silakan langsung hubungi team sales kami melalui

      telepon: 021 – 737 5155 / 737 5156 / 737 5157 / 7369 0753

      atau WA langsung ke

      Ibu Nana – 08 7777 267 203
      Ibu Mega – 0878 8787 7212
      Ibu Esty – 0856 9222 0976
      Ibu Ririn – 0838 6651 7360

      Atau bisa email ke [email protected]

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami

      Reply
  • Alvin

    Lumayan mencerahkan informasinya gan.
    Btw mao nanya gan, ukuran kamar saya 3.8×3.8 di lantai 2, sekarang sih saya pakai ac p*lytron neuva ice yg 1/2PK. Cuma karna hawanya belakangan makin panas dan ac nya jadi lama bangetdingin’a saya berencana antara mau beli daikin standar thailand 3/4 PK atau flash inverter 1 PK
    Kira” Lebih aman yang mana ya gan?

    Ac sih cuma nyala antara jam 8 sampai jam 5 pagi. Klau sabtu minggu sih kemungkinan nonstop deh. Yang ngisi kamar cuma 1 orang.

    Dan ac flash inverter dibanding yang standard thailand kira” Lebih awet mana ya? Takutnya ac inverter agak rewel aja kayak dulu pernah pake L* V Inverter
    Thx gan 🙏🙏👌

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kamar 3.8 x 3.8 di lantai 2 kebutuhan Btu-nya tanpa hitung manusia di kamar sudah 8.664 Btu… Kalo ditambah 1 orang di kamar kebutuhan Btu-nya sudah mencapai 9.164 Btu…

      AC lama anda yang 1/2PK cuman mampu keluarin maksimal 6.000 Btu… Mana bisa dingin…

      Kalau mau ganti ke 3/4PK Standard Thailand Btu AC-nya cuman 7.100 kira2 bisa dingin ga kamarnya gan?

      Trus Mau pake Flash Inverter 1PK… Btu MAX-nya 9.900 Btu… dingin donkkkk… kan kamarnya kebutuhannya cuman 9.200 Btu lah…

      Nah masalahnya di Btu 9.900 AC Flash Inverter tarik daya 990 Watt…. Mauuuuu lari segitu terus ACnyaaaaa….???

      Yang bener adalah menggunakan Daikin Inverter Smile 1PK FTKC25…. dia di Btu 9.200 paling 700an doank… dan nanti kalo udah dingin bisa turun ke 400an doank bahkan bisa kurang dari itu kalo pas diatas jam 12 malem.

      Jangan pake standard Thailand 1PK FTC25 juga… karena walo Btu-nya 9.300 tapi wattnya mateng terus di 780 watt… mau kondisi apapun ya tetep aja 780 watt…

      Lebih awet mana? kalo PK ACnya tepat Inverter niscaya akan lebih awet…

      Tapi jangan lupa di service rutin maksimal 3 bulan sekali dan cuci filter indoor 3 minggu sekali ya…

      Untuk harga dengan pemasangan, jadwal pemasangan dll silakan langsung hubungi team sales kami melalui

      telepon: 021 – 737 5155 / 737 5156 / 737 5157 / 7369 0753

      atau WA langsung ke

      Ibu Nana – 08 7777 267 203
      Ibu Mega – 0878 8787 7212
      Ibu Esty – 0856 9222 0976
      Ibu Ririn – 0838 6651 7360

      Atau bisa email ke [email protected]

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami

      Reply
  • Niel

    Terima kasih artikelnya sangat membantu pak.
    Saya ijin bertanya, saya berencana membeli AC baru.
    Kamar saya 2,7m x 8m = 20,8m persegi
    berada di lt 2, tembok kamar tidak lgsg terkena matahari langsung, ada 2 orang dewasa
    AC digunakan sekitar pk 20.00 – pk 07.00
    Posisi AC berada di ujung ruangan diatas jendela.
    apakah sudah benar memakai 1,5 PK daikin flash inverter ?
    Terima kasih.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kamar 21m2 Memang harus minimal menggunakan Inverter 1.5PK.

      tapi jangan menggunakan Inverter Flash 1.5PK ya. Harus minimal menggunakan Daikin Inverter Smile 1.5PK soalnya efisiensi Flash 1.5PK kurang baik.

      Untuk harga dengan pemasangan, jadwal pemasangan dll silakan langsung hubungi team sales kami melalui

      telepon: 021 – 737 5155 / 737 5156 / 737 5157 / 7369 0753

      atau WA langsung ke

      Ibu Nana – 08 7777 267 203
      Ibu Mega – 0878 8787 7212
      Ibu Esty – 0856 9222 0976
      Ibu Ririn – 0838 6651 7360

      Atau bisa email ke [email protected]

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami

      Reply
  • Arga

    Terimakasih,
    Artikelnya sangat membantu sekali.
    Saya mau tanya, kamar saya dengan ukuran 3 kali 5 menggunakan daikin inventer ¾ pk apakah sudah tepat?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Terima kasih banyak atas pujiannya. Jangan lupa ceritakan soal website kami ke semua keluarga, saudara dan teman anda ya hehehe…

      Nah untuk kamar 3×5 sebenernya pake 1PK Inverter aja ngepas2…

      Kalau pakai 3/4PK Inverter jelas kurang besar PK-nya.

      Jadi sekarang pasti harus setel suhu 20 derajat atau bahkan 18 baru bisa dingin ruangannya yang menyebabkan penggunaan listriknya jadi besar.

      Kalau memang memungkinkan, ACnya diganti ke ukuran minimal 1PK ya. Pake 1.5PK Inverter malah akan lebih baik lagi dan lebih hemat listrik. Kira2 sama konsumsi dayanya dengan pake 3/4PK Inverter, tapi kamar dijamin lebih dingin sepanjang tahun mau musim kemarau atau musim hujan.

      Di musim hujan bahkan konsumsi dayanya kalau pake Inverter 1.5PK bisa dibawah pake Inverter 3/4PK karena kerja AC akan jauh lebih enteng yang menyebabkan tidak butuh daya besar untuk mendinginkan ruangan.

      Oke semoga sudah jelas ya.

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • Ronald

    Mantap Artikelnya.
    1. Malam Ko Mhn Bantuanya Kamar Saya Ukuran 3×3 Atau Hampir 3×4 Pakai Ac daikin Flash Inverter 3/4 PK Apakah Itu Sudah Tepat ? .

    2. Nah Ac Saya Kalo Nyala Itu Jam 18.00 Sampe Jam 05.00 Pas Baru Nyala Saya Sering Langsung Pake Mode Powerful Supaya Kamar Saya Dingin Lebih Cepat . Terus Kalo Sudah Dingin Kamar Saya Langsung Saya Rubah Ke Celciusnya 18 Derajat Fan Sleep + Low Watt Tingkat 2 , Apakah Itu Bagus Untuk Saya Gunakan Setiap Harinya ? Atau Tidak Bagus

    3. Saya Minta Recomed Settingan Ac Yang Bagus Dan Tepat Ko . Karena Saya Tipe Suka Dingin Dikamar , Mohon Bantuanya . Terima Kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      COba ane bantu jawab ya…

      1. Kalo kamar 3×3 udah bener pake Flash inverter 3/4PK… Kalo 3×4 lebih baik pake 1PK sebenernya.

      2. Kalo baru nyala pake mode powerful sah sah aja… Tapi mode powerful itu “memaksa” AC kerja di watt maksimum loh… Makanya jadi lebih cepat dingin.
      Kalo udah dingin tetep di set 18 mah ga ada gunanya pake inverter hahahahah… harusnya 24 ato 25 harus cukup dingin. Kalo ga dingin berarti PK kurang, ato AC kotor, ato AC bermasalah.
      Dipencet low watt tingkat 2 sih membantu tapi jadi ga kerja juga inverternya… cukup set 24 ato 25 ga usah pencet mode low watt itu yang baru bener.

      Karena di set 18 dengan low watt tingkat 2 sebenernya canceling out each other… Ga ada gunanya di set 18… orang Wattnya dibatesin ga bakal kerja juga kompressornya buat kejer suhu segitu.

      3. Settingan AC yang bagus dan tepat ya seperti yang saya tulis diatas. 24 atau 25. Sudah harus dingin. Kalo ga dingin PK kurang, AC kotor ato AC ada masalah. Gitu aja sih.

      Terima kasih ya sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • AGUNG

    wah ini saya baru baca nyesel gka baca ini

    baru beli ac invereter daikin flash 1/2 pk karena di kota saya gak ada acnya. jadi beli online pemasangan pake tukang daerah saya.

    baca baca tapi bukan disnini katanya harus vakum pipa. ini tukang acnya gak di vakum. dan sudah saya pake 1 minggu ini. kalau di vakum apakah tidak mempengaruhi performa?

    suhu sudah saya set 25. tau bekerja maksimal tidaknya inverter darimana ya? denger2 indoor mati kalo sudah sampai suhu remote?

    terkahir apakah penyebabnya selain vakum. ada celah sedikir di bawah lubang bobokan sama ventiasli. karena saya kurang rapat nutupnya?

    terima kasih jawabnya. andai ada di kota saya dan main2 ke website ini saya pake jasa national eletronik. terima kasih min kalo dibantu jawab

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Wah kalo vacuum sih sudah kewajiban ya sebenernya…

      Tidak di Vacuum pasti akan mempengaruhi performa tapi mungkin tidak terasa atau terlihat langsung… Nanti kalau sudah 1 tahun keatas baru akan terasa performa akan turun drastis dibanding AC yang sebelum dipasang di Vacuum dulu.

      Kemudian bekerja max atau tidak tahunya dari tagihan listrik sih… sebelum pake AC berapa per bulan, sekarang jadi bayar berapa. Nanti di cek naiknya berapa banyak… Kalo naiknya banyak sekali berarti inverternya ga bekerja dengan maksimal.

      Indoor mana boleh mati hahahaha.. kalo indoor mati ga keluar angin donk…

      Kompressor ac inverter ga bisa mati… bisanya pelan atau kenceng putaran kompressornya.

      Ada celah sedikit di bawah lubang bobokan sih ga masalah asal ga gede2 banget.

      Yang lebih bikin rusak adalah kalo PK AC-nya tidak sesuai ruangan.

      Itu AC Daikin Flash 1/2PK nya digunakan di ruangan ukuran berapa?

      Oke terima kasih ya sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Dani

    Terima kasih ko Samuel atas ulasannya dan informasi2 yang membantu ..

    Saya masi kurang jelas dengan cara setting Fan nya nih ko,
    Apa penggunaan besar-kecil nya Fan mempengaruhi hemat/tidaknya listrik ko.?

    Saya set di remot 25derajat, dengan fan 3 (max 5)..
    Kamar 3×3, pakai daikin inverter 3/4 flash

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Terima kasih juga sudah membaca artikel ane hehehehhe…

      Settingan fan memang pasti berpengaruh sama daya listrik tapi kan keciiillllll… ga brasa pengaruhnya kalo cuman hitungan kayak 5 watt gitu.

      Makanya biarkan saja FAN speednya AUTO kalo ga mau pusing hehehehe…

      Wah kamar 3×3 pake Flash 3/4PK sudah sangat tepat tuh…

      Jangan lupa di service minimal 2 – 3 bulan sekali ya… sama cuci filter Indoor sendiri tiap 3 – 4 minggu sekali…

      Terima kasih..

      Reply
  • arief

    Keren artikelnya mas…sangat informatif…
    Sy pake daikin flash 3/4pk utk kamar 3.2×3.4
    Berapa jam kirapemakaian yg efektif dalam sehari?
    Krn istri sy tinggal di rumah jd siang AC ttp nyala
    utk sekarang sy nyalakan jam 17.00 -04.00 dgn suhu 27-29° terus paginya dinyalakan lg jam 07.00-15.00 dgn suhu 26-27° krn kami sebenarnya tdk terlalu tahan dingin namun jg gerah gelisah kalau kepanasan 😁

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      sebenernya kalo berapa jam pemakaian yang efektif dalam sehari ya ga ada… Kalo memang perlu dinyalakan ya udah nyalain aja ACnya heheheh…

      Namun kalo dipakenya sampai 19 jam sehari gitu sih kalo mau awet ACnya mesti lebih sering dicuci ya…

      Filter Indoornya dicuci sendiri setiap 2 sampai 3 minggu sekali, trus panggil tukang service ac setiap 2 bulan sekali ya.

      Untuk setelan suhunya sudah benar seperti itu sih. Pasti listriknya rendah kalo set suhu begitu.

      Cuman jangan lupa cucinya mesti lebih sering ya.

      Reply
  • Rizki M.

    Halo Mas Samuel,
    Terima kasih banyak artikelnya, sangat bermanfaat.
    Saya mau bertanya, kalau kamar saya berukuran 2,7 x 2,8 m, menggunakan AC Inverter 1/2 PK, suhu terendah yg bisa dicapai AC utk siang dan malam hari berapa ya? Jadi, suhu yg sebaiknya diatur di remote kisara berapa agar penggunaan dayanya tidak boros?
    Terima kasih.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Terima kasih atas pujiannya.

      Kamar 2.7 x 2.8 sih sudah cocok pake Inverter 1/2PK

      Kalau siang cukup 25 – 26 derajat, kalau malam cukup 24 sampai 25 set suhu remotenya.

      Niscaya hemat listriknya.

      Jangan lupa yang paling penting dicuci sendiri filter Indoor ACnya sebulan sekali dan panggil orang service AC minimal 2 sampe 3 bulan sekali biar performanya tetep sama.

      Karena kalo kotor ACnya, performanya turun, hemat listriknya bisa ga dapet lagi.

      Oke semoga sudah jelas ya

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • Eka

    Kamar kami berukuran 4 X 3.6. Kami menggunakan Daikin inverter 3/4 PK. Apakah itu termasuk under capacity?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Ya kalau dihitung sih memang under capacity, karena ruangan kosong aja butuh Btu 8.640…

      Sedangkan Daikin Inverter 3/4PK memiliki Btu 6.800 [3.400 – 8.200]

      maksimum nya aja cuman 8.200, sedangkan ruangan kosong butuh 8.640 belum hitung orang yang tidur di kamar… per orang dewasa mesti tambah 600 Btu…

      Jadi kebutuhan total kamar 9.840…

      Harusnya pake 1PK Inverter…

      Oke semoga sudah jelas ya.

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *