POSTED BY Web_Admin | Feb, 06, 2015 |

Halo, kembali lagi bertemu dengan kami. Kali ini kami ingin menjelaskan mengapa ongkos pasang AC yang menggunakan Freon R32 lebih mahal.

Oke Sebelumnya agar lebih jelas mungkin kami sarankan anda membaca artikel perbedaan Freon R32 dengan R22, R410A dan R290. Di artikel tadi dijelaskan dengan rinci dan dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti perbedaan, kelebihan dan kekurangan masing-masing Freon AC.

Yang pasti saya ingin mengingatkan kalau freon R22, freon R32 dan Freon 410A TIDAK KOMPATIBEL satu sama lain jadi freon TIDAK BOLEH dicampur ataupun diganti dengan alasan apapun!!!!

Memang di tahun 2015 ini konsumen jadi lebih bingung karena ada AC yang menggunakan 3 jenis Freon yang berbeda. Untuk merk Panasonic seluruh line up AC-nya yaitu tipe Basic, Standard, Alowa, Alowa Deluxe (Ion), dan Envio sudah menggunakan Freon R32, hanya tipe Inverter saja yang masih menggunakan Freon R410A. Untuk lebih jelas bisa membuka artikel perbedaan tipe AC Panasonic kami. Dimana kami menjelaskan semua teknologi yang dimiliki AC Panasonic dengan gamblang. Mau tahu harganya silakan langsung kunjungi halaman Harga AC Panasonic kami.

Sedangkan untuk merk Daikin AC tipe Standard China dan Standard Thailand menggunakan Freon R410A, sedangkan tipe mahalnya yaitu Deluxe, Inverter Smile, Hi-Inveter, European Design dan Urusara 7 semua sudah menggunakan Freon R32 yang secara karakteristik lebih dingin dari Freon R410A dan R22. Untuk lebih jelas boleh membuka artikel perbedaan tipe AC Daikin kami. Tidak lupa kalau mau tahu harga ACnya silakan juga langsung klik link Daftar Harga AC Daikin kami.

Dan untuk AC Mitsubishi Electric semua line up nya menggunakan Freon R410A. Silahkan kunjungi artikel perbedaan tipe AC Mitsubishi kami.

Namun…

Freon R32 memiliki “kelemahan” yaitu selain lebih mudah terbakar (flammable) walaupun tidak bisa membuat AC meledak atau menyebabkan kebakaran, Tekanan gas Freon R32 juga jauh lebih tinggi dibandingkan Freon R22 atau R410A. Hal ini yang menyebabkan untuk pemasangan AC harus menggunakan pipa tembaga yang memiliki ketebalan MINIMAL 0.6mm

Nah pipa yang beredar di Indonesia ada banyak sekali merk-nya. Untuk merk standard seperti Artic yang paling umum digunakan selama ini oleh para toko dan tukang AC memiliki ketebalan 0.5mm yang TIDAK BOLEH digunakan untuk memasang AC yang menggunakan Freon R32. Apalagi merk seperti Mandiri, Cintas, SSI atau yang lainnya yang tebalnya hanya 0.4mm!!!

Kenapa? karena tekanan gas yang tinggi, kalau pakai pipa yang ketebalannya dibawah 0.6mm PASTI akan bocor halus dan dalam 2 atau 3 bulan pertama pemakaian AC freon di dalam kompressor pasti akan habis. Dan bila hal ini terjadi, baik pihak Panasonic maupun pihak Daikin TIDAK akan bertanggung jawab (karena kesalahan bukan di pihak pabrik) paling customer yang berantem dengan tukang pasang atau toko tempat membeli AC-nya kalau mereka nekat memakai pipa dengan ketebalan dibawah 0.6mm untuk pemasangan AC-nya.

Kemudian untuk pemasangan AC dengan Freon R32, pipa HARUS-WAJIB-TIDAK-BOLEH-TIDAK di vacuum dahulu sebelum pemasangan, tidak peduli pipa-nya masih baru dikeluarkan dari dus dan belum pernah dipakai. Untuk pemasangan AC dengan Freon R32, tetap HARUS di vacuum dahulu pipanya SEKURANG-KURANGNYA 10 – 15 menit untuk ukuran pipa sekitar 5m. Diatas itu bila sekitar 10m harus di vacuum minimal 20 menit, dan diatas 10m harus minimal 25 menit.  Hal ini untuk menjaga agar tidak ada setitik pun debu ataupun uap air yang masih menempel pada dinding dalam pipa tembaga. Karena oli kompressor yang menggunakan Freon R32 sangat sensitif terhadap uap air maka bila anda, well, tukang pasang AC anda tidak melakukannya, walaupun anda pakai pipa paling mahal di Indonesia yaitu merk Kembla, Mueller atau Crane sekalipun, TIDAK ADA GUNANYA. Kompressor PASTI akan jebol sebelum masa garansi berakhir, dan tentu saja pihak pabrik pasti tidak mau bertanggung-jawab karena kesalahannya ada di instalasi AC bukan cacat pabrik.

Lama nya waktu untuk proses Vacuum juga tergantung besarnya alat Vacuum. Yang saya sebutkan diatas untuk 10 menit untuk panjang pipa 5m berlaku untuk alat vacuum ber kekuatan 1/4PK. untuk yang 1/2PK keatas cukup 5 menit. Begitu pula bila 10m keatas cukup 10 sampai 15 menit dan begitu juga seterusnya.

Alat vacuum yang kami gunakan semua besarnya 1/2PK dan 3/4PK. Kami juga memiliki alat vacuum ber kekuatan 1PK untuk proses Vacuum AC besar seperti AC Cassette, Floor, Ceiling ataupun Split Duct. Jadi proses vacuum yang kami lakukan semua sudah sesuai dengan standar Pabrikan AC.

Lalu kita akan melihat merk apa saja yang boleh digunakan untuk memasang AC dengan Freon R32:

1. Hoda

2. Inaba Denko

3. Tateyama

4. Saeki

5. Panasonic

6. Nippon Steel

7. Kembla – Australia

8. Kupfer Premium – China

9. Crane – Australia

10. Mueller – USA

Nah hanya ke sepuluh merk tersebut diatas yang PASTI memiliki ketebalan diatas 0.6mm. Merk Hoda adalah merk legendaris di dunia AC, namun kekurangannya adalah banyak KW-nya yang beredar di pasaran jadi hati-hatilah bila teknisi AC atau toko AC anda menawarkan merk tersebut. Pastikan sumber tempat mereka beli bisa dipercaya. Karena bukan hanya 1x kami menemukan ingin memasang AC di tempat customer kami yang sudah tertanam pipa-nya dan mereka bilang sudah pakai HODA dari kontraktornya ternyata pas kami ukur dengan penggaris micron, ukuran ketebalan pipanya hanya 0.5mm Jadinya kami tidak berani pasang, dan kalau mau harus cabut pipa dan ganti pipa baru. Biasanya yang KW tulisannya HD bukan HODA.

pipa inaba denko

Untuk merk Inaba Denko (seperti contoh diatas), Tateyama, Panasonic, Nippon Steel dan Saeki hampir tidak ada palsunya, jadi kalau mau pakai merk tersebut aman-aman saja. Apalagi merk Kembla, Crane atau Mueller yang bisa dibilang merk pipa paling bagus di Indonesia, pasti aman kalau mau pakai, hanya saja hargannya luar biasa mahal.

Sebagai contoh untuk

Merk HODA, Panasonic, Nippon Steel, Tateyama dan Saeki harganya adalah Rp. 80.000 per meter dan Rp. 90.000 per meter untuk pipa 1/2 – 1PK dan 1.5 – 2PK. Dan juga Rp. 120.000 per meter untuk ukuran AC 2.5 dan 3 PK.

Untuk merk Kembla, Crane atau Mueller malah lebih mahal lagi, yaitu Rp. 165.000 per meter untuk pipa ukuran 3/8 x 1/4 dan Rp. 195.000 per meter untuk ukuran 1/2 x 1/4.

Jadi sudah jelas kan harga pipanya saja sudah berbeda banyak. Tentu saja paket ongkos pasang kami pun harus naik karena kalau tidak bisa rugi.

Plus untuk pemasangan AC yang harus di vacuum pun akan menyita waktu lebih lama dari pemasagan AC biasa yang menyebabkan berkurangnya jumlah AC yang bisa dipasang oleh teknisi kami per hari-nya. Semua hal itu akan berpengaruh kepada ongkos pemasangan kami.

Oke, semoga dengan ini bisa lebih mengerti yah dan tidak bingung lagi mengapa ongkos pasang AC jadi lebih mahal yang tentunya membuat harga AC yang menggunakan Freon R32 jadi kesannya jauh lebih mahal dari AC dengan Freon R22 atau R410a.

Kami akan kembali lagi dengan artikel lain. Nantikan saja ya.

Sementara itu boleh juga melihat artikel kami yang lain seperti perlukah isi ulang freon AC anda? Atau bagaimana cara menghitung kebutuhan AC sesuai dengan ukuran ruangan? Atau ada juga tips cara menggunakan AC agar lebih awet dan hemat listrik.

Dan tentu saja artikel apakah AC Inverter bagus? Yang akan menjelaskan dan membongkar semua mitos yang mejelek-jelekkan AC Inverter. Jadi jangan lagi percaya rumor, mitos dan kabar yang disebarkan oleh (maaf) mungkin teknisi atau toko AC yang kurang pengalaman sehingga nama AC Inverter jadi jelek. Kami jamin selama pemasangan awalnya benar dan sesuai prosedur maka AC Inverter akan sangat menghemat pengeluaran listrik anda dan AC-nya pun lebih tahan lama dibanding tipe standard.

Apabila anda tertarik untuk membeli AC Daikin atau AC Panasonic silahkan hubungi kami melalui halaman contact us, telepon hotline kami di (021) 737 5155 atau 737 5156. Atau boleh juga menggunakan BBM, Line, YM! atau email langsung ke info@nationalelektronik.com

Sampai jumpa di artikel kami yang lain!

Artikel dibuat oleh:

Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
Follow me on Twitter and Instagram @samuellumentut
National Elektronik

Artikel diperbarui terakhir tanggal: 30 Mei 2016

TAGS :