POSTED BY Web_Admin | Mar, 01, 2021 |

UPDATE 1: Kalau mau respon cepat, selain menghubungi nomer telepon toko di (021) 737 5155 / 737 5156 / 737 5157 / 7369 0753 anda dapat menghubungi nomor WA team sales kami ya di

 

Halo, kembali lagi bertemu dengan kami. Kali ini kami ingin menjelaskan mengapa ongkos pasang AC yang menggunakan Freon R32 lebih mahal.

Oke Sebelumnya agar lebih jelas mungkin kami sarankan anda membaca artikel perbedaan Freon R32 dengan R22, R410A dan R290. Di artikel tadi dijelaskan dengan rinci dan dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti perbedaan, kelebihan dan kekurangan masing-masing Freon AC.

Yang pasti saya ingin mengingatkan kalau freon R22, freon R32 dan Freon 410A TIDAK KOMPATIBEL satu sama lain jadi freon TIDAK BOLEH dicampur ataupun diganti dengan alasan apapun!!!!

Memang di tahun 2015 ini konsumen jadi lebih bingung karena ada AC yang menggunakan 3 jenis Freon yang berbeda. Untuk merk Panasonic seluruh line up AC-nya yaitu tipe Basic, Standard, Alowa, Alowa Deluxe (Ion), dan tipe Inverter pun sudah menggunakan Freon R32, hanya tipe Basic buatan China saja yang masih menggunakan Freon R410A dan akan segera digantikan dengan tipe Basic made in China dengan Freon R32 ya. Jadi kalau sudah begini bisa dipastikan kalau Panasonic sudah tidak menjual AC dengan Freon selain R32.

Untuk lebih jelas bisa membuka artikel perbedaan tipe AC Panasonic kami. Dimana kami menjelaskan semua teknologi yang dimiliki AC Panasonic dengan gamblang. Mau tahu harganya silakan langsung kunjungi halaman Harga AC Panasonic kami.

Sedangkan untuk merk Daikin AC semua tipe ACnya baik Standard Malaysia dan Standard Thailand maupun tipe Inverter Flash, Inverter Smile, Premium Inveter, European Design dan Urusara 7 semua sudah menggunakan Freon R32 yang secara teori lebih dingin dari Freon R410A dan R22. Untuk lebih jelas boleh membuka artikel perbedaan tipe AC Daikin kami. Tidak lupa kalau mau tahu harga ACnya silakan juga langsung klik link Daftar Harga AC Daikin kami.

Namun…

Freon R32 memiliki “kelemahan” yaitu selain lebih mudah terbakar (flammable) walaupun tidak bisa membuat AC meledak atau menyebabkan kebakaran, Tekanan gas Freon R32 juga jauh lebih tinggi dibandingkan Freon R22 atau R410A. Hal ini yang menyebabkan untuk pemasangan AC harus menggunakan pipa tembaga yang memiliki ketebalan MINIMAL 0.6mm

Nah pipa yang beredar di Indonesia ada banyak sekali merk-nya. Untuk merk standard seperti Artic yang paling umum digunakan selama ini oleh para toko dan tukang AC memiliki ketebalan 0.5mm yang TIDAK BOLEH digunakan untuk memasang AC yang menggunakan Freon R32. Apalagi merk seperti Mandiri, Cintas, SSI atau yang lainnya yang tebalnya hanya 0.4mm!!!

Kenapa? karena tekanan gas yang tinggi, kalau pakai pipa yang ketebalannya dibawah 0.6mm PASTI akan bocor halus dan dalam setahun atau 2 tahun pertama pemakaian AC freon di dalam kompressor bisa habis. Dan bila hal ini terjadi, baik pihak Panasonic maupun pihak Daikin TIDAK akan bertanggung jawab (karena kesalahan bukan di pihak pabrik) paling customer yang berantem dengan tukang pasang atau toko tempat membeli AC-nya kalau mereka nekat memakai pipa dengan ketebalan dibawah 0.6mm untuk pemasangan AC-nya.

Kemudian untuk pemasangan AC dengan Freon R32, pipa HARUS-WAJIB-TIDAK-BOLEH-TIDAK di vacuum dahulu sebelum pemasangan, tidak peduli pipa-nya masih baru dikeluarkan dari dus dan belum pernah dipakai. Untuk pemasangan AC dengan Freon R32 maupun R410A, tetap HARUS di vacuum dahulu pipanya SEKURANG-KURANGNYA 10 – 15 menit atau sampai jarum di manifold gauge dibawah angka 0 (-30inHG) yang menunjukkan bawah sudah tidak ada lagi udara tersisa di dalam pipa.  Hal ini untuk menjaga agar tidak ada setitik pun debu ataupun uap air yang masih menempel pada dinding dalam pipa tembaga. Karena oli kompressor yang menggunakan Freon R32 sangat sensitif terhadap uap air maka bila anda, well, tukang pasang AC anda tidak melakukannya, walaupun anda pakai pipa paling mahal di Indonesia yaitu merk Kembla, Mueller atau Crane sekalipun, TIDAK ADA GUNANYA. AC PASTI akan jadi kurang dingin setelah setahun atau 2 tahun. Yang pasti sebelum masa garansi berakhir, dan tentu saja pihak pabrik pasti tidak mau bertanggung-jawab karena kesalahannya ada di instalasi AC bukan cacat pabrik.

Lama nya waktu untuk proses Vacuum juga tergantung besarnya alat Vacuum. Pokoknya jarum di manifold pada saat Vacuum harus menunjukan garis dibawah angka 0, atau -30inHG. Itu artinya sudah tidak ada udara sama sekali di sepanjang saluran pipa. Jadi BUKAN WAKTU yang menentukan tapi jarum di manifold yang menentukan ya…

Alat vacuum yang kami gunakan semua besarnya 1/2PK dan 3/4PK. Kami juga memiliki alat vacuum ber kekuatan 1PK untuk proses Vacuum AC besar seperti AC VRV Daikin. Jadi proses vacuum yang kami lakukan semua sudah sesuai dengan standar Pabrikan AC.

Lalu kita akan melihat merk apa saja yang boleh digunakan untuk memasang AC dengan Freon R32:

1. Hoda

2. Inaba Denko

3. Tateyama

4. Saeki

5. Panasonic

6. Nippon Steel

7. Kembla – Australia

8. Kupfer Premium – China

9. Crane – Australia

10. Mueller – USA

11. Daikin – Thailand

12. DSP (Daikin Singapore) – China

Nah hanya ke duabelas merk tersebut diatas yang PASTI memiliki ketebalan diatas 0.6mm. Merk Hoda adalah merk legendaris di dunia AC, namun kekurangannya adalah banyak KW-nya yang beredar di pasaran jadi hati-hatilah bila teknisi AC atau toko AC anda menawarkan merk tersebut. Pastikan sumber tempat mereka beli bisa dipercaya. Karena bukan hanya 1x kami menemukan ingin memasang AC di tempat customer kami yang sudah tertanam pipa-nya dan mereka bilang sudah pakai HODA dari kontraktornya ternyata pas kami ukur dengan penggaris micron, ukuran ketebalan pipanya hanya 0.5mm Jadinya kami tidak berani pasang, dan kalau mau harus cabut pipa dan ganti pipa baru. Biasanya yang KW tulisannya HD bukan HODA.

Toko kami sendiri menggunakan pipa merk HODA dan DAIKIN untuk pemasangan unit. Namun jangan takut, kami menggunakan pipa HODA yang kami beli langsung dari importir dan distributor tunggal pipa merk HODA di Indonesia. Jadi DIJAMIN pasti barangnya asli. Dan belakangan ini karena memang merk pipa sudah banyak sekali, memang sudah lama tidak menemukan pipa merk HODA yang KW yah… Jadi relatif aman sih kalau mau pake HODA, selama tulisannya HODA yah hehehehe…

pipa inaba denko

Untuk merk Inaba Denko (seperti contoh diatas), Tateyama, Panasonic, Nippon Steel, Saeki, apalagi merk Daikin hampir pasti tidak ada palsunya, jadi kalau mau pakai merk tersebut aman-aman saja. Apalagi merk Kembla, Crane atau Mueller yang bisa dibilang merk pipa paling bagus di Indonesia, pasti aman kalau mau pakai, hanya saja hargannya luar biasa mahal.

Sebagai contoh untuk

Merk HODA, Panasonic, Nippon Steel, Tateyama dan Saeki harganya adalah Rp. 90.000 per meter dan Rp. 100.000 per meter untuk pipa 3/8 x 1/4 dan 1/2 x 1/4. Dan juga Rp. 145.000 per meter untuk ukuran 5/8 x 1/4.

Untuk merk Daikin lebih mahal, yaitu Rp. 130.000 per meter untuk pipa ukuran 3/8 x 1/4 dan Rp. 165.000 per meter untuk ukuran 1/2 x 1/4.

Jadi sudah jelas kan harga pipanya saja sudah berbeda banyak. Tentu saja paket ongkos pasang kami pun harus naik karena kalau tidak bisa rugi.

Plus untuk pemasangan AC yang harus di vacuum pun akan menyita waktu lebih lama dari pemasagan AC biasa yang menyebabkan berkurangnya jumlah AC yang bisa dipasang oleh teknisi kami per hari-nya. Semua hal itu akan berpengaruh kepada ongkos pemasangan kami.

Oke, semoga dengan ini bisa lebih mengerti yah dan tidak bingung lagi mengapa ongkos pasang AC jadi lebih mahal yang tentunya membuat harga AC yang menggunakan Freon R32 jadi kesannya jauh lebih mahal dari AC dengan Freon R22 atau R410a.

Kami akan kembali lagi dengan artikel lain. Nantikan saja ya.

Sementara itu boleh juga melihat artikel kami yang lain seperti:

1. Apakah perlu isi ulang Freon AC?

2. Apakah AC Inverter benar – benar bagus dan hemat listrik?

3. Cara menggunakan AC agar awet dan hemat listrik

4. Cara menghitung kebutuhan PK AC sesuai ruangan

5. Semua yang harus anda tahu tentang AC Low Watt dan AC Inverter

6. Mengapa Ongkos pasang AC Freon R32 lebih mahal?

7. Perbedaan Freon R22, R32 dan R410A

8. Penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin

9. Perbedaan Tipe AC Daikin

10. Harga AC Daikin 2020

11. Perbedaan tipe AC Panasonic

12. Harga AC Panasonic 2020

13. Brosur AC Daikin

14. Pengangkatan National Elektronik sebagai Daikin AC Shop

15. Tips dan trik menggunakan AC Inverter

16. AC Daikin Multi S

17. Testimoni AC Daikin di Kaskus

18. Emang AC Gree bagus? Kan buatan China

19. Harga AC Gree 2020

20. Tipe AC Gree apa saja dan perbedaannya

21. Bocoran AC Gree 2019

22. Launching AC Daikin Line Up 2018

23. Review Daikin Inverter Flash 1PK FTKQ25SVM4

24. Apaan sih COP dan EER itu?

25. AC Panasonic si Biru CS-LN Series

26. Pindah AC jadi ga dingin?

27. AC Multi Split Panasonic

28. Air Purifier Daikin

 

 

 

Apabila anda tertarik untuk membeli AC Daikin atau AC Panasonic silahkan hubungi kami melalui halaman contact us, telepon hotline kami di (021) 737 5155 atau 737 5156. Atau boleh juga menggunakan WA atau email langsung ke [email protected]

Sampai jumpa di artikel kami yang lain!

Artikel dibuat oleh:

Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
Follow me on Twitter and Instagram @samuellumentut
National Elektronik

Artikel diperbarui terakhir tanggal: 20 April 2020

TAGS :
  • Muklysh

    Mau tanya, awalnya saya panggil jasa ac didekat rumah hanyainhin cuci ac supaya ac saya bersih, setelah di cuci malah ac tidak dingin, setelah itu saya kabari jasa ac tersbut dan tidak merespon saya, akhirnya saya pesan jasa pembersihan AC di aplikasi grab, setelah datang jasa AC yg dari grab ac saya lalu di cek, setelah di cek katamya ada kebocoran, padahal sebelum di servis sebelum orang pertama ac saya aman2 saja, saya jd agak sedikit berburuk sangka pada tukang ac yg pertama, akhirnya di lanjutkan lg pengecekan ac oleh jasa dr grab katanya ac nya harus di isi freon karena freonnya sudah habis dan di tawari isi freon yg baru ya itu R410 pertanyaannya :
    1. Apakah pada kasus saya ini isi freon atau tamabah freon?
    2. Apakah tipe freon R410 adalah tipe baru atau sama saja dengan R32?
    3. Apakah setelag isi freon harus di vacum?
    4. Apakah setelah itu wajib fulsib AC?
    5. Apakah biaya untuk isi freon R410 350rb, vacum 185rb dan flusisib ac 295rb itu normal atau jasa ac nya yg kemahalan?

    Terimakasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Hmmm… Panjang juga ceritanya..

      Oke coba saya bantu jawab ya pertanyaannya.

      1. Tambah freon bisa dilakukan kalau memang berkurang. Tapi kalo sampai habis bersih ya itu isi full.

      2. Freon R410 JELAS TIDAK SAMA dengan R32. Kalau sama namanya juga sama. pertanyaan nya kan jadi kayak apakah Toyota Avanza dan Toyota Innova sama?

      3. Jadi isi freon HARUS dengan tipe yang sama dengan bawaan ACnya ya. Kalau tambah freon doank ga perlu vacuum. Tapi kalo isi ulang dari 0, mendingan dicari dimana bocornya. Karena ga mungkin freon bisa sampe habis kecuali ada kebocoran yang parah, atau bocor kecil tapi dibiarin lamaaaa sampe habis bersih freonnya.

      4. Fulsib AC itu apa? ga pernah denger saya.

      5. Kenapa tidak panggil tukang service resmi dari pabrikan ACnya? harusnya semua pabrikan AC di Indonesia sudah punya call center resmi kok. Telp aja ke call center resmi dan minta teknisi resmi yang cek kondisi ACnya sebelum ditambah freonnya. Itu lebih bagus. Mau lebih mahal pun tapi hati tetep tenang dan puas karena yang mengerjakan minimal teknisi resmi ataupun subcon resmi dari pabrikan ACnya.

      Jadi kalo harga murah atau tidak ya tergantung bisa beda2. Yang pasti fulsib itu apa? Ga pernah denger saya seumur2 AC ada dilakukan fulsib.

      Oke semoga sudah jelas ya

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • Ahmad

    Min, mau nanya kalo ac baru terlanjur dipasang tanpa divakum bagaimana? Apakah vakum sangat wajib? Terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Hmmm… wajib atau tidak kalau di Body Outdoor AC Panasonic sampe ada stikernya, pemasangan unit AC harus menggunakan pipa dengan ketebalan minimum 0.6mm dan harus di Vacuum kira2 wajib ga? hehehehhe…

      Kalo sudah terlanjur pasang tanpa vacuum ya udah mau gimana…

      Kalo mau bener2 kayak vacuum, ya mesti dicopot lagi ACnya, oli kompressor diganti, freon dikuras sampe kosong, trus di vacuum dan diisi ulang.

      Itu bisa sih… Tapi biayanya mahal sekali. Bisa diatas 1jt Rupiah… Jadi ya terserah anda sih…

      Paling banyak2 amal ibadah aja supaya ACnya ga cepet rusak hehehehe..

      Terima kasih ya sudah berkunjung dan bertanya ke website kami.

      Reply
  • viri

    halo kak, saya mau nanya :

    AC rumah saya rusak ( AC 1pk di bagi 2 kamar ), info dari tukang AC bilang katanya rusak karena lobang / bobokan tembok terlalu kecil ( bekas AC lama sebelum AC ini rusak ) .

    nah apakah emang benar rusak karena lobang terlalu kecil? padahal kalau di liat sih pas2 aja.

    ada pihak tkg ac lain bilang karena pipa ?

    kira2 mana yang mempengaruhi ac rusak ?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Sebenernya yang mempengaruhi AC rusak adalah ditaro di tengah2 dibagi ke 2 kamar.

      mau segede apa lubang antara 2 kamarnya, tetep AC itu TIDAK BOLEH digunakan dibagi 2 antara 2 ruangan.

      Harus 1 ruangan pakai 1 unit AC. Itu baru jawaban yang benar hehehehe..

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Riyanto

    Mau nanya pak,
    Saya mau ganti ac r22 ke r32.
    Instalasi pipa sdh kami ganti yg 0.6mm ketika service Ac R22 thn lalu.
    Pertanyaan :
    1. Bagaimana cara menghilangkan semua freon r22 yg ada di pipa lama?
    2. Tukang saya takut pasang krn takut sisa r22 di pipa masuk ke kompresor ac R32, shg cepat rusak.

    Terima kasih atas masukannya?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk membersihkan sisa gas freon R22 ada tehnik namanya Flushing.

      Jadi kami akan menyemprotkan gas Nitrogen untuk membuang bekas gas R22, kemudian di tembak dengan Freon R32 untuk memastikan sudah menempel di permukaan dinding pipa lamanya.

      Kemudian tidak lupa harus di vacuum ya pipanya sebelum keran freon AC barunya pertama kali dibuka.

      Oke semoga sudah jelas ya

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • Budi

    dear admin,
    mau tanya, ac kalau misalnya harus di pindah atau sempat di copot karena ruangan sedang di perbaiki misalnya.
    itu baiknya gimana procedurenya pada saat pemasangan kembali.
    apakah harus di vacumm lagi atau ditambah oli atau bagaimana baiknya ya?

    terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Yang benar adalah setelah dicopot, dipasang ulang, di vacuum dan di cek ulang tekanan freonnya. Harus sesuai dengan ampere ACnya.

      Oke terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Denny

    Saya barusan pasang ac daikin smile inverter , tetapi sama tukang dipakaikan pipa ac tecom ada tulisan inverter r32 . Pipa ini aman digunakan atau harus saya ganti ya ?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Saya jujur tidak pernah pakai pipa Tecom, dan belum pernah tes juga, jadi ga tau kualitasnya. Dan saya ga berani bilang itu bagus atau tidak.

      Tapi harusnya kalau ada tulisan Inverter R32 sih aman ya digunakan untuk AC yang menggunakan Freon R32.

      Toh sudah terpasang juga kan ACnya.

      Jadi lebih baik digunakan saja ACnya. Yang penting pas pasang kemarin di Vacuum ga sebelum dibuka keran Freonnya? Itu bakal lebih fatal soalnya dibanding pake pipa yang ketebalannya diragukan.

      Sama yang terakhir jangan males cuci filter di bagian Indoor sendiri tiap 3 minggu dan panggil tukang cuci AC tiap 2 sampai 3 bulan sekali ya.

      Oke semoga sudah jelas.

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • shandy

    selamat siang. saya membeli ac daikin 1/2 pk yang inverter (smile). saya ada ac sebelumnya sharp freon R22. untuk instalasi baru, apakah perlu mengganti pipanya? pipa sebelumnya baru diganti baru semua 1 tahun yg lalu.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalau pipa lamanya merk-nya tau dan tebalnya 0.6mm sih ga perlu diganti. Cuman perlu di flushing pakai Nitrogen dan gas Freon R32. Lalu nanti di Vacuum ulang sebelum katup freon AC baru dibuka.

      Tapi kalo pipa lamanya ga jelas merknya atau merk Artic, atau Cintas, Mandiri, SSI, ya WAJIB diganti dengan yang ketebalannya 0.6mm seperti merk HODA, SAEKI, TATEYAMA atau yang lainnya.

      Ingat ya kalau memang yang tertanam sudah HODA misalnya, WAJIB di flushing pipa lamanya, biar gas freonnya dan oli-nya ga tercampur antara ac lama dan baru, karena oli dan freonnya beda jenis. Kalo nyampur repot, nanti kompressor AC barunya bisa cepet jebol dan tentu saja tidak ter cover garansi karena bukan kesalahan pabrik.

      Oke semoga sudah jelas ya

      Terima kasih sudah bertanya ke kami.

      Reply
  • yadhiex

    Dear National Panasonic,
    Ukuran ruangnya saya kurang lebih 16 m2, bentuk kamarnya L
    saat ini saya menggunakan ac panasonic standar 1 pk r22 yang sudah saya gunakan kurang lebih selama 10 tahun, permasalahannya ac tersebut saat ini sering bocor sehingga saya ada rencana untuk tukar ac tersebut, di tempat anda bisa tukar tambah ac tidak? dan berapa harganya untuk biaya sekalian bongkar pasang dan vakum untuk ac daikin flash inverter 1 pk ( kira – kira untuk ruangan tersebut pas kan ya? ) soalnya saya juga tidak mau simpan ac lamanya juga.
    Jika bisa mohon informasinya biayanya berapa? lokasi saya di tebet jakarta selatan

    oh iya pembayarannya cash saja atau bisa pake kartu kredit?
    mohon informasinya admin terimakasih.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalau kamarnya 16m2 bentuk L sih lebih baik menggunakan AC 1.5PK Inverter.

      Kalau pakai 1PK Flash nanti hemat listriknya tidak bisa maksimal.

      Disarankan menggunakan AC Daikin High Inverter 1.5PK FTKV35 – Rp. 8.600.000,-

      Harga diatas sudah termasuk ongkos pasang, pipa Freon HODA 5m, kabel listrik SUPREME 3×2.5 5m, drain air 2m, bracket Outdoor dan proses Vacuum sesuai SOP Daikin

      belum termasuk transport ke Tebet Rp. 100.000,-

      Dan belum termasuk copot AC lama Rp. 100.000,-

      Untuk AC lama kami memang tidak menerima pembelian AC lama. Namun bisa ditanyakan langsung ke teknisi kami yang datang. Biasanya sih mereka mau beli. Tapi nanti nego langsung aja sama orang saya ya.

      Untuk pembayaran menggunakan kartu kredit bisa dilakukan melalui Tokopedia atau Bukalapak.

      Nanti kami akan mengirimkan link produk nya ke WA anda.

      Terima kasih sudah berkunjung dan bertanya ke website kami.

      Reply
  • Imam

    Dear National Electronic

    Saya baru pasang AC 1/2 PK dengan freon R32 tapi tanpa di vakum, apa sebaiknya yg saya lakukan? Pertanyaan kedua apakah servis resmi merk AC mau melakukan perbaikan dengan masalah ini
    ? Terimakasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Wahhhh sayang banget ya ga di vacuum.

      Kalo mau bener2 bagus ada bbrp hal yang mesti dilakuin.

      Buang semua freon di kompressor dan oli kompressor, diisi ulang oli baru dan freon baru, pipa dibersihkan dengan nitrogen baru di Vacuum dan dibuka lagi keran freonnya.

      NAh masalahnya melakukan itu semua bisa habis 1.5jt… worth it atau tidak? hanya anda yang bisa jawab.

      Kalau cuman kuras freon doank tetep ga bakal maksimal karena oli sudah bercampur udara atau kotoran.

      Tentu service resmi bisa melakukan. Kalau mau atau tidak tinggal anda berani bayar atau tidak. Gitu aja sih. Bisa aja service center resmi minta biaya lebih besar bahkan.

      Terima kasih ya sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • suko susilo

    artikel ini jelas sangat menambah pengetahuan saya tentang ac,

    sayangnya saya 8 bulan yang lalu beli ac inverrter di toko lain dengan salah satu merk dan jenis freon r32, namun pada saat pemasangan tidak dilakukanya pemvakuman terlebih dahulu.

    saya pun baru tahu setelah membaca artikel ini.

    solusi apa yang bisa diberikan kepada saya terkait hal tersebut ?

    dan apakah bisa national elektronik menangani, jika saya mw menginstal dan memvakum ac yang sudah terpasang tersebut ?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Wah sayang sekali ya tidak di vacuum ACnya.

      Sebenernya kalau tidak di vacuum sih sudah terlambat.

      Paling yang bisa dilakukan adalah menguras seluruh freon AC, pipa di flushing menggunakan Nitrogen dan R11, di Vacuum pipanya baru diisi ulang freonnya.

      Kemudian oli di kompressor juga mesti dibuang dan diganti baru semua.

      Masalahnyaaaaa… kalau melakukan itu semua bisa kena charge 1.5jt…. Mahal sekali.

      Kalau ACnya harga 20jt sih masih oke lah. Nah ini kalau beli AC cuman 3 ato 4jt, mesti keluar 1.5jt lagi apa ga sayang uangnya?

      Mendingan dipake aja lah ACnya… sambil berdoa tidak ada masalah di kemudian hari.

      Kalo sudah 3 tahun baru rusak yaudah mendingan beli baru. Masalahnya ada juga yang rusak setelah setahun lebih pakai sih gara2 ga di vacuum. Makanya perbanyak doa dan berbuat baik gan… Biar acnya ga cepet rusak hehehe…

      Maaf tidak bisa memberikan solusi lain.

      Semoga ke depannya lebih selektif lagi dalam membeli AC ya…

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • andy

    selamat siang. mau tanya harga ac daikin multi s yang 1/2+3/4 PK harga beli dan termasuk biaya pasangnya berapa? terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Harga AC Daikin Multi S 1/2 + 3/4PK adalah Rp. 10.450.000,-

      sudah termasuk pipa freon HODA 10m, kabel listrik SUPREME 3×2.5 10m, drain air 4m, bracket Outdoor dan proses Vacuum sesuai SOP Daikin

      Tapi sebelum beli mohon dicek dulu ya ukuran kamar yang mau dipasang seberapa besar.

      Sama harga diatas belum termasuk transport ya tergantung lokasi pemasangan AC dimana

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Gunawan

    Selamat Pagi Pak

    Kamar saya ukurannya 7,5 m x 4,5 m x 3 m, saat ini dengan AC Panasonin yg 1PK (Freon R-22)sdh dirasakan nyaman, karena sdh lama dan bocor maka saya ingin menggantikan dengan AC Daikin, kira2 AC Daikin jenis apa dan berapa budgetnya sdh termasuk bongkar pasangnya. saya tertarik dengan (Daikin 1 PK FTKQ25SVM4 (Btu 9.000 [3.400 – 9.900], Watt 810 [160 – 990], COP – 3.27, EER – 11.11) – Rp. 4.625.000,- ) sdh bisa nyaman dengan kondisi saya yg di keterangan di atas

    Terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Wah pak kalau ruangan bener murni 7.5 x 4.5 kalo mau pake 1PK jangan beli sama sayaaa hiksss… ntar sebentar pake jebolll…

      kebutuhan Btu ruangan 20.250 Btu… AC 1PK Btunya cuman 9000!!!!

      Kalo mau maksa pake 1PK saran saya cari AC paling murah di Indonesia Pak… biar kalo 2 sampe 3 taon pake jebol ga terlalu sakit hati…

      Kalo mau pake Inverter WAJIB pake ukuran 2.5PK kalo ga hemat listriknya bakalan 0 BESAR… lebih hemat pake yang standard dibanding pake Inverter.

      Pake AC Inverter TIDAK BOLEH di ruangan under capacity.. Apalagi ini under capacity nya keterlaluan

      Jadi istilahnya kalo Bapak beli AC Daikin yang FTKQ25 saya jamin watt-nya 990 terus ga bakalan pernah turun kecuali set suhu remote 28.

      Mending pake standard thailand 1PK FTC25NV – 3.850.000 wattnya cuman 780. Dijamin lebih hemat listrik dibanding pake FTKQ25 di kondisi kamar Bapak.

      Sama2 ga dinginnya, sama2 cepet jebolnya, yang Inverter lebih boros listrik tapi harga AC beda 800rb… Jadi mending ambil yang standard thailand aja ya Pak.

      Kalo ga beli merk lain aja yang murah seperti TCL, Polytron atau yang lainnya, biar lebih murah lagi, dinginnya sama aja kayak merk mahal (karena under capacity), dan kalo cepet jebol ga terlalu sakit hati Pak karena murah harganya.

      Itu AC Panasonic 1PK R22-nya uda berapa tahun umurnya? saya salut bisa bertahan selama ini hehehehe…

      Oke semoga sudah cukup jelas yaaa…. Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Budi

    Selamat malam, mau tanya untuk kuras pipa freon dan isi freon m biayanya sekitar brp ya?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk harga kuras dan isi freon tergantung dari panjang pipa, PK AC dan jenis freonnya.

      Kalau untuk AC 1/2 sampai 1.5PK
      Kalau R22 sekitar 350rb
      Kalau R410a dan R32 sekitar 550rb

      AC 2PK keatas
      R22 sekitar 500rb
      R410a dan R32 sekitar 750rb

      Itu semua dengan panjang pipa maksimal 10m.

      Diatas 10m per 5m akan dikenakan lagi biaya 100rb.

      Contoh: panjang pipa 11 sampai 15m biaya 1/2PK R22 jadi 450rb, dan seterusnya.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaannya.

      Reply
  • Budi

    Mau tanya, kalau pemasangan AC baru, apakah perlu di flushing juga? atau hanya vacuum?

    Saya sempat tanya sama toko AC, apakah waktu pasang AC baru ongkos pasang sudah termasuk freon belum, tokonya jawab kalo AC baru sudah ada freon didalemnya.. Saya jadi bingung, apakah iya sudah ada freon dalam ACnya?

    Kalau memang sudah ada, lalu fungsi vacuum buat apa ya?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Mohon maaf pembalasan comment sangat terlambat karena ada masalah pada saat kami migraasi server, jadi banyak comment yang hilang, dan ternyata ketemu lagi sekarang.

      Jadi untuk pertanyaan yang umum akan tetap kami coba bantu jawab.

      Pemasangan AC TIDAK PERLU flushing. Hanya perlu di Vacuum.

      Tentu saja AC baru sudah ada Freon di dalamnya.

      Fungsi Vacuum adalah membersihkan seluruh pipa yang menghubungkan unit Indoor dan Outdoor, dipastikan tidak ada udara, debu, atau kotoran sekecil apapun yang bisa bercampur dengan gas freon.

      Karena kalau ada yang tercampur maka kerja kompressor tidak akan pernah bisa maksimal 100%

      Jadi tidak ada hubungannya antara ada freon di dalam AC dengan Vacuum. Vacuum untuk memastikan pipa Freon bersih.

      Terima kasih sudah berkunjung dan bertanya ke website kami.

      Reply
  • Aan

    Saya : ntar pasang ac baru di vakum gak?
    Tk ac : ndak usah divakum.. ntar saya jamin aman/joss
    Saya : lho saya baca di internet pasang ac wajib di vakum?
    Tk ac : itu teori boss.. saya pasang ac udah lama.. tanpa saya vakum, pelanggan tidak ada yg komplain. Ac sampai skrg juga aman2 aja.. ntar ada teorinya sendiri tanpa vakum waktu pasang pipa nya.. jadi tetep aman meski gak divakum..
    Itu percakapan saya sekilas sama tukang ac langganan saya. Saya langganan ac udah 10 thn lebih. Dan tukang ac saya ini termasuk jujur dan bagus pengerjaan nya.. sampe toko2 elektro sering memakasi jasanya dan mendapat rekom dr org2/temen2 kalo dia baik/jujur/murah…
    Mohon petunjuk nya.. soalnya rencana mau pasang baru ac daikin high inventer dalam minggu ini.. tukang ac menyarankan tanpa vakum.. sedang saya baca di internet wajib di vakum untuk pasang ac baru… bagaimana ini pak? Mohon petunjuknya 🙂 terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Tetep wajib vakum pak.

      Di body Outdoor AC Panasonic malah lebih extreme. Ada stiker tulisan pasang wajib pake pipa 0.6mm dan di vacuum kalo ga garansi ga berlaku.

      Daikin si ga ada stiker se sadis itu, tapi tetep kalo nanti rusak pas masa garansi dan ketauan sama Daikin kalo rusak gara2 ga di vacuum garansinya angus loh.

      Intinya AC Freon R22 ga divacuum ga papa, kalo R32 Oli-nya beda… dia Sintetis. Kalo kena uap air ato debu mikroskopik kerjanya langsung ga bisa 100%.

      Ud banyak kok yang cerita dan testimoni kalo AC Di vacuum jadinya lebih dingin…

      Ya terserah Bapak Kalo teknik yang teknisi anda bilang itu dibuang dikit freonnya buat flushing pipa. Kalo menurut SOP Daikin dan Panasonic sih tindakan itu TIDAK cukup untuk memastikan 100% tidak ada uap air atau debu mikroskopik yang akan tercampur dengan freon dan masuk kompressor.

      Memang dari dulu sebenernya masang AC harus di vacuum, di luar negeri juga semua pasang AC dari dulu di vacuum. Cuman di negara kita aja pada males karena buang2 waktu dan alat vacuum harganya mahal.

      Reply
  • ghozi

    Sore admin,

    Saya tertarik dg artikel anda mengenai artikel ini, mengenai pipa harus bagaimana, persiapan apa. Saya pikir ga semua pemasang AC paham. Saya ingin menggunakan AC high inverter daikin 1PK, sedang saya lokasi di cikampek. Bisa bantu ga ya? untuk semua biaya saya siap. Mohon infonya. Trimakasih.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Mohon maaf atas keterlambatan pembalasan comment anda.

      Seperti yang mungkin anda bisa lihat, website kami sedang kena serangan hacker sehingga hasil di Google kacau semua. Tapi tampilan website kalau sudah dibuka baik baik saja.

      Kami sedang dalam proses terus untuk mengembalikan website kami seperti semula.

      Oke untuk masalah anda bisa saja kami pasang di Cikampek tapi ongkos transportnya cukup mahal yaitu Rp. 400.000,-

      Kalau anda tidak masalah sih kami juga tidak masalah Pak, karena kami pun sudah sering pasang ke Sentul, Bogor, dan juga ke Cikarang, Bekasi dsb.

      Adapun harga ACnya adalah Rp. 6.250.000,- Diluar transport.

      harga tersebut sudah termasuk ongkos pasang, pipa Freon HODA 5m, kabel listrik NYM 3×2.5 5m, drain air 2m, bracket dan proses pem vaccum an

      Terima kasih atas kunjungan, pertanyaan dan pujian anda.

      Reply
  • anwar

    Dear

    pak kalau ac R32 sudah di pasang sama teknisi. tapi tidak di vacum, apa harus intallasi lagi
    mohon solusinya

    salam
    anwar

    Reply
    • Web_Admin

      SElamat siang,

      Kalau sudah dipakai belum di vacuum sebenarnya sudah kasep pak alias sudah terlambat.

      Kalau mau di kuras freon, flushing, vacuum dan isi freon lagi pun AC-nya sebenernya tidak akan bisa kerja 100% lagi, palign 95 – 97% Tapi ya daripada ga di kuras dan vacuum lagi malah lebih parah Pak.

      Jadi ya kalau bisa dikuras freonnya trus di flushing, vacuum dan isi ulang freon ya Pak.

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Rifaldy

    Selamat Siang ,

    Mas maaf sebelumnya mengganggu, saya mau bertanya, saya sudah pasang ac panasonic 1 PK menggunakan freon R32, setelah di running kondisi bagus dan dingin, tapi kenapa ya amperenya naik terus melebihi batas di nameplatenya, outdoornya saya pasang di dalam kamar mandi, apakah itu bisa mempengaruhi, sehingga ampere bisa naik ?, atau ada penjelasan lain terkait ampere ini. mohon penjelasannya

    Terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk Outdoor AC memang seharusnya tidak boleh diletakan di ruangan tertutup, jadi pembuangan udara panasnya tidak bisa maksimal.

      Ini yang menyebabkan arus kerja Outdoor AC jadi lebih tinggi dari seharusnya karena membutuhkan tenaga ekstra untuk memompa gas freon dari Outdoor ke Indoor.

      Oke terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • Didit

    Selamat siang,

    Saya punya 1 unit AC baru daikin High Inverter tapi belum terpasang. Bisa dirinci gak pak untuk biaya pemasangan termasuk materialnya, alamt saya di Depok. Kamar saat ini sdh ada AC lama yang artinya ada bongkar ac lama juga. Terima kasih sebelumnya

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Mohon maaf untuk saat ini kami belum menerima jasa pemasangan yang unitnya tidak dibeli melalui kami.

      Bukan sombong loh ya, tapi karena memang jadwal pemasangan kami sendiri sudah luar biasa penuh setiap harinya.

      terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • wijaya

    sore pak,

    mau nanya saya rencana mau ganti daikin 1 pk yg r32 malaysia. pipa ac yg sekarang sudah sempat diganti ke merek saeki 1 thn yg lalu namun ac saya sekarang r22. apakah pipa acnya msh bisa dipakai untuk r32?

    trus kalo mau beli dgn anda tanpa mengganti pipa kira2 totalnya brapa ya pak?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalau pipa lama sudah SAEKI sudah tidak perlu ganti pipa, paling hanya flushing Nitrogen atau gas R11 dan di vacuum.

      harga AC Daikin 1PK Malaysia FTV25AXV14 – Rp. 3.600.000,-

      sudah termasuk ongkos pasang, copot AC lama, dan proses pem vaccum an

      belum termasuk transport tergantung lokasi anda dimana

      Teirma kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *