POSTED BY Web_Admin | Mar, 01, 2021 |

UPDATE 1: Kalau mau respon cepat, selain menghubungi nomer telepon toko di (021) 737 5155 / 737 5156 / 737 5157 / 7369 0753 anda dapat menghubungi nomor WA team sales kami ya di

 

Halo, kembali lagi bertemu dengan kami. Kali ini kami ingin menjelaskan mengapa ongkos pasang AC yang menggunakan Freon R32 lebih mahal.

Oke Sebelumnya agar lebih jelas mungkin kami sarankan anda membaca artikel perbedaan Freon R32 dengan R22, R410A dan R290. Di artikel tadi dijelaskan dengan rinci dan dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti perbedaan, kelebihan dan kekurangan masing-masing Freon AC.

Yang pasti saya ingin mengingatkan kalau freon R22, freon R32 dan Freon 410A TIDAK KOMPATIBEL satu sama lain jadi freon TIDAK BOLEH dicampur ataupun diganti dengan alasan apapun!!!!

Memang di tahun 2015 ini konsumen jadi lebih bingung karena ada AC yang menggunakan 3 jenis Freon yang berbeda. Untuk merk Panasonic seluruh line up AC-nya yaitu tipe Basic, Standard, Alowa, Alowa Deluxe (Ion), dan tipe Inverter pun sudah menggunakan Freon R32, hanya tipe Basic buatan China saja yang masih menggunakan Freon R410A dan akan segera digantikan dengan tipe Basic made in China dengan Freon R32 ya. Jadi kalau sudah begini bisa dipastikan kalau Panasonic sudah tidak menjual AC dengan Freon selain R32.

Untuk lebih jelas bisa membuka artikel perbedaan tipe AC Panasonic kami. Dimana kami menjelaskan semua teknologi yang dimiliki AC Panasonic dengan gamblang. Mau tahu harganya silakan langsung kunjungi halaman Harga AC Panasonic kami.

Sedangkan untuk merk Daikin AC semua tipe ACnya baik Standard Malaysia dan Standard Thailand maupun tipe Inverter Flash, Inverter Smile, Premium Inveter, European Design dan Urusara 7 semua sudah menggunakan Freon R32 yang secara teori lebih dingin dari Freon R410A dan R22. Untuk lebih jelas boleh membuka artikel perbedaan tipe AC Daikin kami. Tidak lupa kalau mau tahu harga ACnya silakan juga langsung klik link Daftar Harga AC Daikin kami.

Namun…

Freon R32 memiliki “kelemahan” yaitu selain lebih mudah terbakar (flammable) walaupun tidak bisa membuat AC meledak atau menyebabkan kebakaran, Tekanan gas Freon R32 juga jauh lebih tinggi dibandingkan Freon R22 atau R410A. Hal ini yang menyebabkan untuk pemasangan AC harus menggunakan pipa tembaga yang memiliki ketebalan MINIMAL 0.6mm

Nah pipa yang beredar di Indonesia ada banyak sekali merk-nya. Untuk merk standard seperti Artic yang paling umum digunakan selama ini oleh para toko dan tukang AC memiliki ketebalan 0.5mm yang TIDAK BOLEH digunakan untuk memasang AC yang menggunakan Freon R32. Apalagi merk seperti Mandiri, Cintas, SSI atau yang lainnya yang tebalnya hanya 0.4mm!!!

Kenapa? karena tekanan gas yang tinggi, kalau pakai pipa yang ketebalannya dibawah 0.6mm PASTI akan bocor halus dan dalam setahun atau 2 tahun pertama pemakaian AC freon di dalam kompressor bisa habis. Dan bila hal ini terjadi, baik pihak Panasonic maupun pihak Daikin TIDAK akan bertanggung jawab (karena kesalahan bukan di pihak pabrik) paling customer yang berantem dengan tukang pasang atau toko tempat membeli AC-nya kalau mereka nekat memakai pipa dengan ketebalan dibawah 0.6mm untuk pemasangan AC-nya.

Kemudian untuk pemasangan AC dengan Freon R32, pipa HARUS-WAJIB-TIDAK-BOLEH-TIDAK di vacuum dahulu sebelum pemasangan, tidak peduli pipa-nya masih baru dikeluarkan dari dus dan belum pernah dipakai. Untuk pemasangan AC dengan Freon R32 maupun R410A, tetap HARUS di vacuum dahulu pipanya SEKURANG-KURANGNYA 10 – 15 menit atau sampai jarum di manifold gauge dibawah angka 0 (-30inHG) yang menunjukkan bawah sudah tidak ada lagi udara tersisa di dalam pipa.  Hal ini untuk menjaga agar tidak ada setitik pun debu ataupun uap air yang masih menempel pada dinding dalam pipa tembaga. Karena oli kompressor yang menggunakan Freon R32 sangat sensitif terhadap uap air maka bila anda, well, tukang pasang AC anda tidak melakukannya, walaupun anda pakai pipa paling mahal di Indonesia yaitu merk Kembla, Mueller atau Crane sekalipun, TIDAK ADA GUNANYA. AC PASTI akan jadi kurang dingin setelah setahun atau 2 tahun. Yang pasti sebelum masa garansi berakhir, dan tentu saja pihak pabrik pasti tidak mau bertanggung-jawab karena kesalahannya ada di instalasi AC bukan cacat pabrik.

Lama nya waktu untuk proses Vacuum juga tergantung besarnya alat Vacuum. Pokoknya jarum di manifold pada saat Vacuum harus menunjukan garis dibawah angka 0, atau -30inHG. Itu artinya sudah tidak ada udara sama sekali di sepanjang saluran pipa. Jadi BUKAN WAKTU yang menentukan tapi jarum di manifold yang menentukan ya…

Alat vacuum yang kami gunakan semua besarnya 1/2PK dan 3/4PK. Kami juga memiliki alat vacuum ber kekuatan 1PK untuk proses Vacuum AC besar seperti AC VRV Daikin. Jadi proses vacuum yang kami lakukan semua sudah sesuai dengan standar Pabrikan AC.

Lalu kita akan melihat merk apa saja yang boleh digunakan untuk memasang AC dengan Freon R32:

1. Hoda

2. Inaba Denko

3. Tateyama

4. Saeki

5. Panasonic

6. Nippon Steel

7. Kembla – Australia

8. Kupfer Premium – China

9. Crane – Australia

10. Mueller – USA

11. Daikin – Thailand

12. DSP (Daikin Singapore) – China

Nah hanya ke duabelas merk tersebut diatas yang PASTI memiliki ketebalan diatas 0.6mm. Merk Hoda adalah merk legendaris di dunia AC, namun kekurangannya adalah banyak KW-nya yang beredar di pasaran jadi hati-hatilah bila teknisi AC atau toko AC anda menawarkan merk tersebut. Pastikan sumber tempat mereka beli bisa dipercaya. Karena bukan hanya 1x kami menemukan ingin memasang AC di tempat customer kami yang sudah tertanam pipa-nya dan mereka bilang sudah pakai HODA dari kontraktornya ternyata pas kami ukur dengan penggaris micron, ukuran ketebalan pipanya hanya 0.5mm Jadinya kami tidak berani pasang, dan kalau mau harus cabut pipa dan ganti pipa baru. Biasanya yang KW tulisannya HD bukan HODA.

Toko kami sendiri menggunakan pipa merk HODA dan DAIKIN untuk pemasangan unit. Namun jangan takut, kami menggunakan pipa HODA yang kami beli langsung dari importir dan distributor tunggal pipa merk HODA di Indonesia. Jadi DIJAMIN pasti barangnya asli. Dan belakangan ini karena memang merk pipa sudah banyak sekali, memang sudah lama tidak menemukan pipa merk HODA yang KW yah… Jadi relatif aman sih kalau mau pake HODA, selama tulisannya HODA yah hehehehe…

pipa inaba denko

Untuk merk Inaba Denko (seperti contoh diatas), Tateyama, Panasonic, Nippon Steel, Saeki, apalagi merk Daikin hampir pasti tidak ada palsunya, jadi kalau mau pakai merk tersebut aman-aman saja. Apalagi merk Kembla, Crane atau Mueller yang bisa dibilang merk pipa paling bagus di Indonesia, pasti aman kalau mau pakai, hanya saja hargannya luar biasa mahal.

Sebagai contoh untuk

Merk HODA, Panasonic, Nippon Steel, Tateyama dan Saeki harganya adalah Rp. 90.000 per meter dan Rp. 100.000 per meter untuk pipa 3/8 x 1/4 dan 1/2 x 1/4. Dan juga Rp. 145.000 per meter untuk ukuran 5/8 x 1/4.

Untuk merk Daikin lebih mahal, yaitu Rp. 130.000 per meter untuk pipa ukuran 3/8 x 1/4 dan Rp. 165.000 per meter untuk ukuran 1/2 x 1/4.

Jadi sudah jelas kan harga pipanya saja sudah berbeda banyak. Tentu saja paket ongkos pasang kami pun harus naik karena kalau tidak bisa rugi.

Plus untuk pemasangan AC yang harus di vacuum pun akan menyita waktu lebih lama dari pemasagan AC biasa yang menyebabkan berkurangnya jumlah AC yang bisa dipasang oleh teknisi kami per hari-nya. Semua hal itu akan berpengaruh kepada ongkos pemasangan kami.

Oke, semoga dengan ini bisa lebih mengerti yah dan tidak bingung lagi mengapa ongkos pasang AC jadi lebih mahal yang tentunya membuat harga AC yang menggunakan Freon R32 jadi kesannya jauh lebih mahal dari AC dengan Freon R22 atau R410a.

Kami akan kembali lagi dengan artikel lain. Nantikan saja ya.

Sementara itu boleh juga melihat artikel kami yang lain seperti:

1. Apakah perlu isi ulang Freon AC?

2. Apakah AC Inverter benar – benar bagus dan hemat listrik?

3. Cara menggunakan AC agar awet dan hemat listrik

4. Cara menghitung kebutuhan PK AC sesuai ruangan

5. Semua yang harus anda tahu tentang AC Low Watt dan AC Inverter

6. Mengapa Ongkos pasang AC Freon R32 lebih mahal?

7. Perbedaan Freon R22, R32 dan R410A

8. Penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin

9. Perbedaan Tipe AC Daikin

10. Harga AC Daikin 2020

11. Perbedaan tipe AC Panasonic

12. Harga AC Panasonic 2020

13. Brosur AC Daikin

14. Pengangkatan National Elektronik sebagai Daikin AC Shop

15. Tips dan trik menggunakan AC Inverter

16. AC Daikin Multi S

17. Testimoni AC Daikin di Kaskus

18. Emang AC Gree bagus? Kan buatan China

19. Harga AC Gree 2020

20. Tipe AC Gree apa saja dan perbedaannya

21. Bocoran AC Gree 2019

22. Launching AC Daikin Line Up 2018

23. Review Daikin Inverter Flash 1PK FTKQ25SVM4

24. Apaan sih COP dan EER itu?

25. AC Panasonic si Biru CS-LN Series

26. Pindah AC jadi ga dingin?

27. AC Multi Split Panasonic

28. Air Purifier Daikin

 

 

 

Apabila anda tertarik untuk membeli AC Daikin atau AC Panasonic silahkan hubungi kami melalui halaman contact us, telepon hotline kami di (021) 737 5155 atau 737 5156. Atau boleh juga menggunakan WA atau email langsung ke [email protected]

Sampai jumpa di artikel kami yang lain!

Artikel dibuat oleh:

Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
Follow me on Twitter and Instagram @samuellumentut
National Elektronik

Artikel diperbarui terakhir tanggal: 20 April 2020

TAGS :
  • ismail

    Siang pak..mau tanya
    Kalau R410 apa perlu di vakum.dan untuk ukuran pipa nya brapa dan merk yg cocok dan bagus itu merk apa ya pak..khusus R410.dan kalau misalnya saya mau ganti pipa apa yg harus saya lakukan dan brapa biaya yg saya harus keluarkan.serta apa resikonya ketika pipa lama di ganti dengan pipa yg baru..
    seabelumnya terimakasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      sebenarnya AC mau menggunakan Freon apapun lebih baik di vacuum, tapi kalau R32 wajib di vacuum. Untuk ukuran ketebalan pipa minimal 0.6mm kalau ukuran diameter pipa ya tergantung menggunakan berapa PK karena ukurannya beda-beda.

      Kalau mau ganti pipa ya tidak ada yang Bapak lakukan, semua teknisi AC yang kerjakan, Bapak hanya nanti butuh panggil tukang untuk menutup bekas bobokan tembok atau menutup bekas potongan eternit.

      Untuk biaya di toko kami sih sudah termasuk dengan penggantian pipa.

      Resiko sama sekali tidak ada. Justru kalau tidak ganti pipa malah beresiko bocor pipa lamanya. Terutama kalau pakai R32.

      Oke terima kasih sudah berkunjung ke website kami

      Reply
  • Yoseph

    Mohon pencerahannya…sy di surabaya,sy baru saja beli ac daikin hi inverter 1pk untuk ruangan 3,5×3,5..nah yg ingin sy tanyakan adalah,ac lama sy instalasinya tertanam di dlm dinding..apakah bisa dipakai lagi untuk ac baru sy yg pakai freon r32,sedangkan yg lama ac sharp 1pk freon r22….atau lebih baik pakai instalasi baru?mohon pencerahannya..apa ada cabang di surabaya?terimakasih.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk di Surabaya mohon maaf kami belum memiliki cabang.

      Untuk ruangan 3.5 x 3.5 sangat cocok menggunakan High Inverter 1PK.

      Namun untuk pipa instalasi TIDAK BOLEH digunakan yang lama. Harus menggunakan yang baru karena selain beda jenis freon, Freon R32 memiliki tekanan 2x lipat lebih besar dibandingkan R22.

      Jadi pasang baru pun ketebalan pipa harus MINIMAL 0.6mm

      Terima kasih atas kunjungan anda di website kami.

      Reply
  • Yepitro Alcosida

    mas saya mau nnya, jika ac cuma 3/4 pk, tp di pasang pipa 1/4 x 1/2 tabal 0.7mm apa bisa gak? atau malah menimbulkan masalah, Terima Kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Sebenernya sih bisa saja, nanti di las sambung antara pipa bawaan dengan pipa yang sudah tertanam.

      Kalau masalah sih harusnya tidak ada, paling resiko kebocoran di tempat sambungannya.

      Oke terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • erik

    Pagi pak,
    saya mau ada rencana beli ac, saya tinggal dirumah kontrakan 3 petakan dengan sekat tembok yang mana tidak ada sekat pintu, hanya dibatasi oleh gorden tiap ruangannya. ukuran ruang depan 3x3x3. dan saya mau pasang di depan acnya. Pertanyaan saya adalah tipe ac apa yang cocok pak? dan kalau ke tanjung priok onkos pasang + kirim jadi berpa semuanya?

    Terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk ruangan 3×3 sih sebenernya AC 1/2PK cukup tapi ya dinginnya juga cuman ruangan depan ya.

      Kalau mau semua adem adem sepoi sampai ke belakang lebih baik pake 1PK Inverter yah. Silakan gunakan AC Daikin High Inverter 1PK FTKV25NVM4.

      Kalau mau pasang sampai di Tj. Priok jadi kena Rp. 6.450.000,-

      sudah termasuk ongkos pasang, pipa Freon HODA 5m, kabel listrik NYM 3×2.5 5m, drain air 2m dan bracket dan juga transport ke Tanjung Priok

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda

      Reply
  • Rita

    mau tanya admin , daya 1300 mau pakai 2 ac. kmr 1 ukuran 3×4 sdh pakai ac sharp plasma 1/2pk yg normal watt nya .skrg kmr 2 ukuran 3×3 mau pakai ac daikin yg brp pk ,type apa dan made in mana sebaiknya spy irit dan listrik tdk ngejebret/turun. tks

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk AC Daikin saat ini sudah tidak ada lagi yang tipe Low Watt. Adanya langsung pakai Inverter.

      Sebenernya pakai Inverter 1/2PK sudah cukup tapi barangnya belum masuk. Nanti mungkin bulan Juli baru tersedia.

      Untuk saat ini sih saran kami gunakan AC Panasonic Alowa Deluxe 1/2PK CS-XN5RKJ dengan daya 320 Watt.

      harganya Rp. 4.200.000,-

      sudah termasuk ongkos pasang, pipa Freon HODA 5m, kabel listrik NYM 3×2.5 5m, drain air 2m dan bracket

      belum termasuk transport tergantung lokasi pemasangan AC dimana

      terima kasih atas kunjungan anda ke website kami

      Reply
  • Hendri

    Salam kenal, Bapak.
    Saya Hendri dari Jogja.

    Saya beli Panasonic XN-7RKJ berdasar rumus yg diberikan oleh Bapak. Saya juga mencermati saran, tips, dan juga amaran (warning) yg Bapak berikan ketika pemasangan.

    Ternyata pada saat pemasangan, teknisi tidak bawa alat vacuum. Teknisi berkilah itu tidak harus, dan sdh ada AC yg awet 1 tahunan. Saya ngotot agar AC tsb di-vacuum atau mending tidak usah dipasang sekalian. Saya beli dan pasang AC bukan hanya utk 1 s.d. 2 tahun, pak.

    Setelah nunggu 1 minggu, barulah teknisi lain datang dg alat vacuum. Setelah di-vacuum 20 menitan, AC pun dicoba dan lsg dingin (dan suaranya senyap). Bahkan disetel 26 derajat saya anggap sdh cukup dingin.

    Saya berterima kasih kepada Bapak yg sdh berkenan berbagi ilmu kepada kami yg notabene hanya konsumen awam. Saya walaupun tidak beli di toko Bapak, saya doakan agar rejeki Bapak lancar dan berkah. Saya mohon Bapak utk terus berkenan bagi-bagi ilmu. Prinsip saya, Berbagi ilmu bukan membuat kita tertinggal, justru akan menjadi pintu masuk bagi ilmu-ilmu baru yg lebih dahsyat.

    Sukses untuk Bapak. Terima kasih.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Terima kasih sekali atas testimoni yang diberikan.

      Memang sekarang ini susah banget mau cari teknisi yang punya alat lengkap.

      Jangan lupa ceritakan tentang website kami ke semua keluarga, saudara dan rekan sekerja anda yah supaya ada lebih banyak lagi orang yang mengerti tentang dunia per-AC-an

      Terima kasih.

      Reply
  • Pembuangan air ac keluarnya sedikit padahal sudah dibersihkan dan ac kurang dingin walau suhunya sudah paling dingin

    Reply
    • Web_Admin

      Kalau begitu sih mungkin ada kebocoran di pipa atau evaporator jadi freon AC ga banyak masuk ke Evap Indoor.

      Bisa juga kompressor sudah lemah atau ampere sudah tinggi jadi ga mampu memompa gas freon masuk ke Indoor, jadinya evap kurang dingin dan kurang berembun.

      terima kasih sudah berkunjung ke website kami

      Reply
  • Brian

    Sy rencana pasang ac ruangan ukuran 3×3 kira2 ac yg hemat daya yg cocok merek apa y dan daya listrik sy 900watt, trims

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      untuk ruangan 3×3 dengan daya listrik rumah 900 watt pilihannya tinggal 2:

      1. AC Panasonic Low Watt 3/4PK CS-XN7RKJ (530 Watt)

      atau

      2. AC Daikin High Inverter 1PK FTKV25NVM4 (220 – 850 watt) tapi tidak akan pernah sampai 850 Watt kalau dipasang di kamar 3×3 paling maksimal di 600 watt. Kecuali pintu kamar dibuka lebar-lebar pas AC dinyalakan.

      Oke terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

      Reply
  • Dede kurniawan

    Numpang nanya mas,Ac saya evapulator di Indoor ya tidak dingin merata,hanya dingin di bawah saja,bagian atas ya TDK dingin,itu knp ya mas,…mohon pencerahan ya mas…terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalau evap AC tidak merata dinginnya, berarti yang bagian atas ada kebocoran Pak. Mungkin di U-Bent atau di tempat lain. Harus dicek secara menyeluruh.

      Terima kasih atas kunjungannya yah

      Reply
  • Ardi

    Pak ukuran ruangan saya 7×4 tinggi 2.6m atas dak beton dan sangat panas. Depan kaca rayban. Kalau saya mau pake inverter sebaiknya yang berapa pk supaya bisa nyes udaranya. Tks pak atas penjelasannya.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kamar anda, jujur saya lebih prefer anda pakai AC Daikin High Inverter 2.5PK FTKV60NVM4.

      Sebenernya kalau itung-itungan biasa sih pakai yang AC Daikin High Inverter 2PK FTKV50NVM4 sudah cukup

      Namun melihat atap atas anda dak beton dan sangat panas, saya takut nanti kurang dingin pakai 2PK.

      Ini juga melihat pengalaman konsumen kami yang kebetulan ukuran kamarnya beda sedikit dengan anda. 7.2×4.5 dan atapnya juga dak beton yang panas.

      Kami sudah sarankan pakai Inverter 2.5PK dia kekeuh maunya pake yang 2PK aja.

      Setelah dipasang, 2 bulan kemudian ACnya minta ganti yang 2.5PK… Sayang banget kan duitnya keluar mesti 2x. Sedangkan AC lama yang 2PK High Inverter akhirnya dia pindahkan ke ruang keluarga.

      Jadi semua kembali ke tangan anda. Kalau menurut kami mau nyes ya pake High Inverter 2.5PK. Memang mahal banget ACnya tapi kenyamanan kan tidak bisa dihitung dengan uang Pak hehehehe… Plus listriknya juga luar biasa hemat. Lebih kecil daripada menggunakan AC Panasonic Standard 2PK watt-nya.

      Oke terima kasih ya sudah bertanya kepada kami

      Reply
  • rezha

    saya sebulan yg lalu membeli ac panasonic dengan freon R32..ketika pemasangan oleh teknisinya tidak di vacum terlebih dahulu..tp teknisinya bilang ini udah pake pipa yg diatas 0.6mm..hingga sekarang blom ada kendala..
    yg saya mw tanyakan
    1. apa yg harus saya lakukan ketika sudah terlanjur pada saat pemasangan tidak di vacum terlebih dahulu?
    2. apa kompresor nya tidak akan bertahan lama bagi yg terlanjur tidak divacum pada saat pemasangan dan sudah beroperasi hingga berbulan2?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat pagi,

      Kalau sudah terlanjur sih satu-satunya jalan entah freon dikuras, di flushing, di vacuum baru diisi ulang Freonnya yang bisa menelan biaya diatas 1 juta Rupiah

      Atau

      berdoa saja supaya tidak ada kerusakan, dan apabila memang toh terjadi kerusakan dalam masa garansi, berdoa juga saja supaya tidak ketahuan rusaknya gara-gara tidak di vacuum karena akan menghilangkan garansi AC.

      Karena di body Outdoor AC Panasonic R32 PASTI ada stiker yang bertuliskan memasang AC Panasonic R32 harus menggunakan pipa minimal 0.6mm dan WAJIB di vacuum.

      Oke terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • Candra

    Sore,
    Pak, ruang tidur saya 5 m x 3,8 m x 3,4 m, hadap timur. Apakah bisa cocok memakai AC Daikin high inverter 1 PK berhub. Saya akan menyalakannya dari jam 7 mlm – 7 pagi saja.Saya mau cari AC yg bs hemat listrik ( tagihan list tdk membengkak & dingin )? Mohon bantuannya y..lg binggung soalnya..pak.thanks.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kamar tidur 5 x 3.8 x 3.4 dibutuhkan AC Daikin High Inverter 1.5PK.

      Kalau pakai 1PK pasti KALAH Hemat listrik dan KALAH dingin dibanding pakai High Inverter 1.5PK.

      Oke semoga sudah cukup jelas ya.

      Terima kasih atas kunjungan anda ke website kami ya.

      Reply
  • levi

    malam boss..
    mmg teknisi kamu kalo install ac r32 baru selalu divakum??

    Reply
    • Web_Admin

      Malam juga Pak boss,

      Ya Pak teknisi kami kalau pasang AC R32 selalu di vacuum.

      Terima kasih.

      Reply
  • Adi

    Saya ada rencana ganti ac Sharp saya (msh dipake)apa gk ada program trade in utk ac Daikin ato panasonic nya ukuran kamar 3*5 di lantai 2 rmh di serpong

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Mohon maaf kami belum memiliki program trade in AC.

      Untuk kamar 3×5 disarankan menggunakan AC 1PK apalagi karena letaknya di lantai 2.

      Silakan dipilih AC Daikin atau Panasonicnya yah.. Kalau bisa sih untuk kamar tidur pake yang tipe Inverter.

      Teirma kasih.

      Reply
  • Selamat malam pak, mau tanya nih..

    Saat ini dikamar saya msh terpasang ac panasonic type cs-c59kj, rencana mau ganti sama merk daikin yg tipe ftkc15nvm4 atau ftne15mv14, sdngkan merk panasonic tipe cs-xn5rkj.

    Nah, kira2 yg cocok buat dikamar tidur yang mana ya? Lebih irit yg mana dan Harganya brp? dan apakah sdh trmsk pemasangan, pipa, divakum, dan apabila posisi di bekasi kena transport brp yah? Thx

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kamar tidur anda ya semua sudah bener sih tinggal mau pilih pakai yang mana.

      Kalau mau yang paling hemat listrik ya CS-XN5RKJ tapi paling mahal juga – Rp. 4.400.000,- (320 watt)

      Kalau mau yang lebih murah tapi tipe Standard bole coba FTNE15MV14 – Rp. 3.950.000,- tapi watt lebih gede (390 watt)

      sudah termasuk ongkos pasang, pipa Freon HODA 5m, kabel listrik NYM 3×2.5 5m, drain air 2m dan bracket dan juga transport ke Bekasi

      kalau tipe FTKC15PVM4 masih belum keluar lagi. Nanti bulan Juni 2016 baru keluar.

      Oke terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Agusri

    apakah ada distributor ac daikin untuk daerah kalteng khususnya palangka raya ?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Mohon maaf kami tidak tahu untuk distributor Daikin di Palangkaraya

      silakan hubungi contact center Daikin di 0800 1 081 081 untuk menanyakan hal ini langsung ke Daikin ya

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaannya.

      Reply
  • Kuplak

    Bagaimaba Cara vacum pipa untuk r32 pada instalasi unit ac baru? Mohon penjelasannya secara rinci..
    Terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Cara vacuum? ya tinggal masukan selang dari alat vacuum ke sambungan di outdoor, trus nyalain mesin vacuumnya. tentu saja saat ac sudah terpasang rapi sebelum freon dibuka.

      terima kasih

      Reply
  • sutanto

    saya ada rencana mau ganti ac lama saya.dengan ac yg baru.berhub ac lama saya pakai freon r22.sedangkan ac baru sudah mengunakan freon r410 atau r32. yang saya tanyakan.apakah pipa lama saya masih bisa dipakai pak untuk freon tipe r410 atau r32?sedangkan pipa yg lama ditanam ditembok dan cukup panjang juga.untuk mengurangi biaya beli pipa baru lagi. ada cara lain, supaya pipa lama bisa tetap dipakai untuk freon tipe r410 atau r32?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk pipa lama asal yang lama sudah menggunakan yang tebalnya 0.6mm tidak ada masalah.

      Tapi kalau tidak yakin ya mendingan diganti baru pipanya, daripada nanti jadi ga karuan bocor dan segala macem kan bapak juga nanti yang pusing dan malah mesti keluar duit dobel, bersih2 juga dobel.

      kalau mau paling diukur dulu Pak ketebalan pipanya. Tapi terus terang kalau pasang ac sudah lama sih SANGAT JARANG pipa yang dipake yang tebalnya 0.6mm.

      Oke semoga sudah jelas ya.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaannya.

      Reply
  • Rizky

    Mas , saya baru beli ac sharp ah-7tey , dan sudah r32 , namun setelah d pasang terasa kurang dingin.

    Setelah saya baca artikel di atas mengenai cara pemasangan ac r32, saya baru menyadari bahwa kmrn sewaktu d pasang tidak ad perlakuan :

    1. Selang nya gak di vacum dulu , tukang tdk ada bawa alat vacum
    2. Selang yg d gunakan merc artic , yg mana tdk ada di list tsb.
    3. Ukuran selang sepertinya d bwh 0,6 ml

    Dan yg saya rasakan skrng AC yg kurang dingin , tidak seperti AC pada umumnya . Yg sewaktu d nyalakan nyessss seperti es.

    Apakah 3 hal tsb mempengaruhi dingin nya ac ? ,

    Dan yg saya perhatikan si tukang nya blm mengerti , kalo pemasangan dan perlakuan utk pemasangan jenis R32 ini sedikit berbeda.

    Apakah hal itu mempengeruhi dingin atau tdk maksimalnya kerja AC ?

    Suhu sudh d trunkan maksimal saja ttp tdk dingin.

    Apakah ada solusinya ? Posisi saya di bekasi timur.

    Mohon jawabannya.

    Terimakasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Nah ini dia satu lagi masalah AC tidak di vacuum.

      Sebelum menjawab saya mau tanya dulu AC 3/4PK-nya dipakai di ruangan ukuran berapa?

      Kalau diatas 3×4 sudah pasti ga bakalan dingin.

      Kalau ukurannya maksimal 3×4 (tapi sebenarnya kalo 3×4 juga kalo letak kamarnya di lantai 2, atau ada jendela yang kena matahari atau tembok ada yang kena matahari atau kamar ditinggali lebih dari 1 orang sih tetep ga bakalan bisa dingin banget dan harusnya pake 1PK) tapi masih ga dingin ada bbrp hal yang juga mesti di cek.

      Memang vacuum dan ukuran pipa dibawah 0.61mm TIDAK mempengaruhi tingkat dingin secara langsung saat itu juga. Pengaruhnya ke depannya nanti. Akan lebih cepat rusak kompressornya, dan selang akan kemungkinan bisa jauh lebih cepat bocor. ada yang sebulan uda bocor freonnya ada yang sampe sekarang sudah 7 bulan belum bocor. Jadi untung2an. Kalo pake selang 0.61mm kan pasti yakin freon ga bakalan bisa bocor di sepanjang selang.

      Nah kalau freon bocor tentu saja dinginnya berkurang, dan kalo sudah sampe habis AC akan mati sendiri dan lampu timer berkedip2. Itu yang bahaya.

      Jadi coba ditelusuri dulu satu persatu. Kalau tidak silakan hubungi contact center Daikin di 0800 1 081 081 dan minta teknisi resmi mereka untuk datang cek dan melakukan penggantian pipa, kuras freon plus di vacuum, baru diisi ulang freonnya.

      Memang akan keluar biaya lagi yang tidak murah, tapi kalau memang hal tersebut harus dilakukan ya mau gimana lagi. Tetep harus dilakukan biar AC jadi dingin.

      Tapi yg paling penting ukuran kamarnya dulu ya… kalo kamarnya 4×4 ato malah 4×5 ya mau diapain juga ga bakalan dingin AC-nya… Orang PK ACnya kurang.

      Oke semoga sudah lebih jelas ya

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Eko

    Saya rencana mau pasang ac di daerah dramaga bogor, bisa tidak untuk pemasangan daerah bogor. Ac unit indor+out door nya sudh ada sharp 3/4 pk freon 32, ongkos pasang+pipa2nya berapa ya. Thanks

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk pasang ke daerah Bogor sih bisa saja, tapi kena transport Rp. 400.000,- per kunjungan.

      Diluar ongkos pasang AC-nya sendiri sudah 250.000 termasuk Vacuum, belum termasuk pipa-pipanya. Pipanya Rp. 80.000,- / meter Kabel listriknya Rp. 20.000,- / meter

      Jadinya mahal sekali loh. Kalau tetap mau sih tidak masalah, dan kami juga bukan hanya sekali kok terima job untuk pasang AC di daerah sana Pak hehehehe..

      Terima kasih ya sudah mampir ke website kami.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *