POSTED BY Web_Admin | Mar, 01, 2021 |

UPDATE 1: Kalau mau respon cepat, selain menghubungi nomer telepon toko di (021) 737 5155 / 737 5156 / 737 5157 / 7369 0753 anda dapat menghubungi nomor WA team sales kami ya di

 

Halo, kembali lagi bertemu dengan kami. Kali ini kami ingin menjelaskan mengapa ongkos pasang AC yang menggunakan Freon R32 lebih mahal.

Oke Sebelumnya agar lebih jelas mungkin kami sarankan anda membaca artikel perbedaan Freon R32 dengan R22, R410A dan R290. Di artikel tadi dijelaskan dengan rinci dan dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti perbedaan, kelebihan dan kekurangan masing-masing Freon AC.

Yang pasti saya ingin mengingatkan kalau freon R22, freon R32 dan Freon 410A TIDAK KOMPATIBEL satu sama lain jadi freon TIDAK BOLEH dicampur ataupun diganti dengan alasan apapun!!!!

Memang di tahun 2015 ini konsumen jadi lebih bingung karena ada AC yang menggunakan 3 jenis Freon yang berbeda. Untuk merk Panasonic seluruh line up AC-nya yaitu tipe Basic, Standard, Alowa, Alowa Deluxe (Ion), dan tipe Inverter pun sudah menggunakan Freon R32, hanya tipe Basic buatan China saja yang masih menggunakan Freon R410A dan akan segera digantikan dengan tipe Basic made in China dengan Freon R32 ya. Jadi kalau sudah begini bisa dipastikan kalau Panasonic sudah tidak menjual AC dengan Freon selain R32.

Untuk lebih jelas bisa membuka artikel perbedaan tipe AC Panasonic kami. Dimana kami menjelaskan semua teknologi yang dimiliki AC Panasonic dengan gamblang. Mau tahu harganya silakan langsung kunjungi halaman Harga AC Panasonic kami.

Sedangkan untuk merk Daikin AC semua tipe ACnya baik Standard Malaysia dan Standard Thailand maupun tipe Inverter Flash, Inverter Smile, Premium Inveter, European Design dan Urusara 7 semua sudah menggunakan Freon R32 yang secara teori lebih dingin dari Freon R410A dan R22. Untuk lebih jelas boleh membuka artikel perbedaan tipe AC Daikin kami. Tidak lupa kalau mau tahu harga ACnya silakan juga langsung klik link Daftar Harga AC Daikin kami.

Namun…

Freon R32 memiliki “kelemahan” yaitu selain lebih mudah terbakar (flammable) walaupun tidak bisa membuat AC meledak atau menyebabkan kebakaran, Tekanan gas Freon R32 juga jauh lebih tinggi dibandingkan Freon R22 atau R410A. Hal ini yang menyebabkan untuk pemasangan AC harus menggunakan pipa tembaga yang memiliki ketebalan MINIMAL 0.6mm

Nah pipa yang beredar di Indonesia ada banyak sekali merk-nya. Untuk merk standard seperti Artic yang paling umum digunakan selama ini oleh para toko dan tukang AC memiliki ketebalan 0.5mm yang TIDAK BOLEH digunakan untuk memasang AC yang menggunakan Freon R32. Apalagi merk seperti Mandiri, Cintas, SSI atau yang lainnya yang tebalnya hanya 0.4mm!!!

Kenapa? karena tekanan gas yang tinggi, kalau pakai pipa yang ketebalannya dibawah 0.6mm PASTI akan bocor halus dan dalam setahun atau 2 tahun pertama pemakaian AC freon di dalam kompressor bisa habis. Dan bila hal ini terjadi, baik pihak Panasonic maupun pihak Daikin TIDAK akan bertanggung jawab (karena kesalahan bukan di pihak pabrik) paling customer yang berantem dengan tukang pasang atau toko tempat membeli AC-nya kalau mereka nekat memakai pipa dengan ketebalan dibawah 0.6mm untuk pemasangan AC-nya.

Kemudian untuk pemasangan AC dengan Freon R32, pipa HARUS-WAJIB-TIDAK-BOLEH-TIDAK di vacuum dahulu sebelum pemasangan, tidak peduli pipa-nya masih baru dikeluarkan dari dus dan belum pernah dipakai. Untuk pemasangan AC dengan Freon R32 maupun R410A, tetap HARUS di vacuum dahulu pipanya SEKURANG-KURANGNYA 10 – 15 menit atau sampai jarum di manifold gauge dibawah angka 0 (-30inHG) yang menunjukkan bawah sudah tidak ada lagi udara tersisa di dalam pipa.  Hal ini untuk menjaga agar tidak ada setitik pun debu ataupun uap air yang masih menempel pada dinding dalam pipa tembaga. Karena oli kompressor yang menggunakan Freon R32 sangat sensitif terhadap uap air maka bila anda, well, tukang pasang AC anda tidak melakukannya, walaupun anda pakai pipa paling mahal di Indonesia yaitu merk Kembla, Mueller atau Crane sekalipun, TIDAK ADA GUNANYA. AC PASTI akan jadi kurang dingin setelah setahun atau 2 tahun. Yang pasti sebelum masa garansi berakhir, dan tentu saja pihak pabrik pasti tidak mau bertanggung-jawab karena kesalahannya ada di instalasi AC bukan cacat pabrik.

Lama nya waktu untuk proses Vacuum juga tergantung besarnya alat Vacuum. Pokoknya jarum di manifold pada saat Vacuum harus menunjukan garis dibawah angka 0, atau -30inHG. Itu artinya sudah tidak ada udara sama sekali di sepanjang saluran pipa. Jadi BUKAN WAKTU yang menentukan tapi jarum di manifold yang menentukan ya…

Alat vacuum yang kami gunakan semua besarnya 1/2PK dan 3/4PK. Kami juga memiliki alat vacuum ber kekuatan 1PK untuk proses Vacuum AC besar seperti AC VRV Daikin. Jadi proses vacuum yang kami lakukan semua sudah sesuai dengan standar Pabrikan AC.

Lalu kita akan melihat merk apa saja yang boleh digunakan untuk memasang AC dengan Freon R32:

1. Hoda

2. Inaba Denko

3. Tateyama

4. Saeki

5. Panasonic

6. Nippon Steel

7. Kembla – Australia

8. Kupfer Premium – China

9. Crane – Australia

10. Mueller – USA

11. Daikin – Thailand

12. DSP (Daikin Singapore) – China

Nah hanya ke duabelas merk tersebut diatas yang PASTI memiliki ketebalan diatas 0.6mm. Merk Hoda adalah merk legendaris di dunia AC, namun kekurangannya adalah banyak KW-nya yang beredar di pasaran jadi hati-hatilah bila teknisi AC atau toko AC anda menawarkan merk tersebut. Pastikan sumber tempat mereka beli bisa dipercaya. Karena bukan hanya 1x kami menemukan ingin memasang AC di tempat customer kami yang sudah tertanam pipa-nya dan mereka bilang sudah pakai HODA dari kontraktornya ternyata pas kami ukur dengan penggaris micron, ukuran ketebalan pipanya hanya 0.5mm Jadinya kami tidak berani pasang, dan kalau mau harus cabut pipa dan ganti pipa baru. Biasanya yang KW tulisannya HD bukan HODA.

Toko kami sendiri menggunakan pipa merk HODA dan DAIKIN untuk pemasangan unit. Namun jangan takut, kami menggunakan pipa HODA yang kami beli langsung dari importir dan distributor tunggal pipa merk HODA di Indonesia. Jadi DIJAMIN pasti barangnya asli. Dan belakangan ini karena memang merk pipa sudah banyak sekali, memang sudah lama tidak menemukan pipa merk HODA yang KW yah… Jadi relatif aman sih kalau mau pake HODA, selama tulisannya HODA yah hehehehe…

pipa inaba denko

Untuk merk Inaba Denko (seperti contoh diatas), Tateyama, Panasonic, Nippon Steel, Saeki, apalagi merk Daikin hampir pasti tidak ada palsunya, jadi kalau mau pakai merk tersebut aman-aman saja. Apalagi merk Kembla, Crane atau Mueller yang bisa dibilang merk pipa paling bagus di Indonesia, pasti aman kalau mau pakai, hanya saja hargannya luar biasa mahal.

Sebagai contoh untuk

Merk HODA, Panasonic, Nippon Steel, Tateyama dan Saeki harganya adalah Rp. 90.000 per meter dan Rp. 100.000 per meter untuk pipa 3/8 x 1/4 dan 1/2 x 1/4. Dan juga Rp. 145.000 per meter untuk ukuran 5/8 x 1/4.

Untuk merk Daikin lebih mahal, yaitu Rp. 130.000 per meter untuk pipa ukuran 3/8 x 1/4 dan Rp. 165.000 per meter untuk ukuran 1/2 x 1/4.

Jadi sudah jelas kan harga pipanya saja sudah berbeda banyak. Tentu saja paket ongkos pasang kami pun harus naik karena kalau tidak bisa rugi.

Plus untuk pemasangan AC yang harus di vacuum pun akan menyita waktu lebih lama dari pemasagan AC biasa yang menyebabkan berkurangnya jumlah AC yang bisa dipasang oleh teknisi kami per hari-nya. Semua hal itu akan berpengaruh kepada ongkos pemasangan kami.

Oke, semoga dengan ini bisa lebih mengerti yah dan tidak bingung lagi mengapa ongkos pasang AC jadi lebih mahal yang tentunya membuat harga AC yang menggunakan Freon R32 jadi kesannya jauh lebih mahal dari AC dengan Freon R22 atau R410a.

Kami akan kembali lagi dengan artikel lain. Nantikan saja ya.

Sementara itu boleh juga melihat artikel kami yang lain seperti:

1. Apakah perlu isi ulang Freon AC?

2. Apakah AC Inverter benar – benar bagus dan hemat listrik?

3. Cara menggunakan AC agar awet dan hemat listrik

4. Cara menghitung kebutuhan PK AC sesuai ruangan

5. Semua yang harus anda tahu tentang AC Low Watt dan AC Inverter

6. Mengapa Ongkos pasang AC Freon R32 lebih mahal?

7. Perbedaan Freon R22, R32 dan R410A

8. Penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin

9. Perbedaan Tipe AC Daikin

10. Harga AC Daikin 2020

11. Perbedaan tipe AC Panasonic

12. Harga AC Panasonic 2020

13. Brosur AC Daikin

14. Pengangkatan National Elektronik sebagai Daikin AC Shop

15. Tips dan trik menggunakan AC Inverter

16. AC Daikin Multi S

17. Testimoni AC Daikin di Kaskus

18. Emang AC Gree bagus? Kan buatan China

19. Harga AC Gree 2020

20. Tipe AC Gree apa saja dan perbedaannya

21. Bocoran AC Gree 2019

22. Launching AC Daikin Line Up 2018

23. Review Daikin Inverter Flash 1PK FTKQ25SVM4

24. Apaan sih COP dan EER itu?

25. AC Panasonic si Biru CS-LN Series

26. Pindah AC jadi ga dingin?

27. AC Multi Split Panasonic

28. Air Purifier Daikin

 

 

 

Apabila anda tertarik untuk membeli AC Daikin atau AC Panasonic silahkan hubungi kami melalui halaman contact us, telepon hotline kami di (021) 737 5155 atau 737 5156. Atau boleh juga menggunakan WA atau email langsung ke [email protected]

Sampai jumpa di artikel kami yang lain!

Artikel dibuat oleh:

Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
Follow me on Twitter and Instagram @samuellumentut
National Elektronik

Artikel diperbarui terakhir tanggal: 20 April 2020

TAGS :
  • Willy Setianto

    Selamat sore,

    Ada AC terdapat bacaan 220v pada tegangan listriknya,, pertanyaan saya apakah dengan listirk yang teganganya tidak stabil memengaruhi kinerja AC itu sendiri? percuma dong AC mahal kalau tegangan tidak 220V? Di indonesia sendiri tegangan 220V itu susah didapat dan mesti menggunakan Stabilizer

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk AC Daikin dan Panasonic sebenarnya memiliki toleransi Voltase sampai +/- 15%.

      Jadi harusnya AC masi bisa normal jalannya di tegangan antara 190V sampai 250V

      Diluar itu memang disarankan menggunkan Voltage Stabilizer entah untuk AC-nya saja atau untuk listrik seluruh rumah.

      Oke semoga sudah cukup jelas dengan jawaban kami ya

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • dwi

    Selamat pagi,

    ceritanya saya baru mau pindahan dan di temboknya sudah tertanam pipa ac merk SSI. Saya baca2 untuk AC freon R32 dan R410A. tidak direkomendasikan pake merk tersebut.

    Selain ganti pipa yang lebih tebal, apakah ada solusi lain supaya pipanya tetap dapat digunakan? rekomendasi tipe ac yang masih pake R22 misalnya. Karena kalo bobok tembok ada 5 titik yang mesti diganti, dengan panjang sekitar 40 meter. Rencananya pasang AC Daikin yang non inverter.

    terima kasih banyak

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kami mohon maaf, tidak ada solusi lain kalau mau pakai AC dengan Freon R32 atau R410A kalau tetep mau menggunakan pipa merk SSI.

      Kalau anda mau memaksa atau ada toko lain atau tukang ac lain yang berani pasang silakan saja beli sama mereka Bu. Kalau dari toko kami, kami tidak berani ambil resiko.

      Kalau mau pakai AC Freon R22 ya sudah tidak tersedia lagi di pasaran karena memang sudah di discontinued dari tahun 2015 lalu. Kalau masih ada juga paling sisa sisa stok saja.

      Mau pakai Daikin non-inverter boleh saja. Ada yang menggunakan R410A (Tipe standard Thailand) ataupun R32 (Tipe Standard Malaysia ataupun Deluxe Thailand) Tapi pipa tetep mesti ganti total dengan yang tebalnya minimum 0.6mm

      oke semoga sudah lebih jelas ya.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaannya.

      Reply
  • syarif

    dear admin,

    ac split standart merk sharp yg saya pakai sekarang divonis adanya kebocoran di evaporator indoor. yang mau saya tanyakan, lebih baik saya melakukan perbaikan atau saya ganti baru ac split nya? thanks

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk AC yang sudah bocor evapnya, kalo mau diperbaiki paling lama 6 bulan lah pasti muncul bocor di tempat lain.

      Memang lebih baik ganti AC baru.

      Terima kasih atas kunjungannya ke website kami.

      Reply
  • harianto

    Sy kurang faham dgn pengertian “hrs di vacum”. Sy tny sama penjual ac, mereka bilang tehnisi mrk gak lazim melakukan vacum apalagi ac baru dan selama ini gak ada komplain. Kl mau vacum ada biaya tambahan krn diperlukan peralatan khusus. Ada lg yg bilang proses vacum dilakukan dgn memasukkan freon dan mengeluarkan. Apa memang gitu? Mohon pencerahan. Terima kasih.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Mohon maaf tapi kalau penjual AC bilang ga lazim vacuum, mending nyari tempat lain.

      Memang Vacuum AC harus menggunakan alat vacuum khusus, dan hal itu sudah kami lakukan sejak Januari 2015 untuk memasang AC yang menggunakan Freon R32. Karena hal tersebut adalah KEWAJIBAN seperti yang diharuskan oleh pihak pabrikan baik Panasonic maupun Daikin.

      Yang Panasonic malah lebih extreme. Di Body Outdoor AC mereka ada stiker tulisan pasang AC WAJIB menggunakan pipa dengan ketebalan minimal 0.6mm dan harus di Vacuum.

      Nah kalo sampe uda ditempelin stiker jelas gitu masih ga dilakukan ya kalo sampe kenapa2 ACnya Panasonic ga bakalan tanggung jawab. Karena pasti ketahuan kok kalo kerusakan AC gara2 ga di vacuum.

      Masukin freon trus dikeluarin mah bukan vacuum namanya.

      Vacuum itu menempelkan selang mesin Vacuum ke body Outdoor AC lalu mesin dinyalakan dimana setelah itu semua udara dan uap air dan debu pasti semua tersedot ke mesin vacuum, jadi gas freon bisa mengalir lancar, bersih dan bebas kotoran dan uap air.

      Itulah fungsi utama vacuum, karena bila ada uap air atau debu sekecil apapun masuk dan bercampur ke oli sintetis kompressor, Kompressor AC TIDAK AKAN PERNAH bisa kerja 100% seperti standard pabrikan. Jadi proses vacuum sangat vital untuk keawetan dan kedinginan AC.

      Tapi memang banyak penjual AC diluar Jabotabek yang belum melakukan proses vacuum karena alatnya cukup mahal.

      Kalau dengan kami sih harga pemasangan kami sudah termasuk jasa proses vacuum.

      Oke semoga lebih jelas ya.

      Terima kasih atas kunjungannya ke website kami.

      Reply
      • harianto

        Jd kesimpulannya hny freon R32 yg hrs melalui proses vacuum. Sedangkan R410 tdk perlu. Jd lebih baik membeli daikin buatan thailand ( type FTNE) dibandingkan buatan Malaysia (type FTV), meskipun harga sedikit lebih mahal dan pemakaian listrik lebih tinggi, tp tdk perlu proses vacuum yg notabene biaya instalasi tinggi dan tukang ac juga gak familiar/tdk memiliki alat dgn proses vacuum

        Reply
        • Web_Admin

          Selamat siang,

          Sebenernya yah Pak AC mau pake Freon apapun lebih baik di Vacuum. Namun kalau R32 itu WAJIB di vacuum.

          Untuk biaya pemasangan juga sekarang di tempat kami untuk R410A dan R32 sama saja karena semua kami Vacuum dan semua menggunakan pipa standard R32.

          Toh akhir tahun ini juga tipe FTNE akan berubah juga jadi pakai Freon R32, jadi ke depannya semua line up AC Daikin akan menggunakan Freon R32.

          Sebenernya yang harus dilakukan adalah men sosialisasi kan proses pem vacuuman agar semua tukang AC nanti melakukan proses Vacuum Pak.

          Oke terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

          Reply
  • Pat

    Ac saya sharp 1pk pemakaian lebih dr 5th
    Akhir2 ini sering beku. Sudah sering di vakum dan dibersihkan sama tukang ac
    Kira2 apa solusinya?

    Bisa kirim tukang service ke rm saya? Lebakbulus

    Satu lagi, bila ac dibongkar pasang apa perlu diisi freon ulang?
    Brp biaya bongkar pasang ac termasuk bahan?

    Trims

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      AC Sharp anda mungkin sering dibersihin doank kali sama tukang AC, karena vacuum itu hanya perlu 1x dilakukan dan itupun pada saat pemasangan AC baru.

      Kalau service rutin di vacuum berarti freon dibuang semua trus diisi ulang lagi gitu?

      Solusi pipa beku ya pasti dicari dimana kebocoran freonnya, dibenerin trus baru diisi ulang freonnya.

      Untuk tukang service kami sarankan langsung menghubungi Sharp dan minta teknisi resmi mereka untuk datang cek AC anda ya.

      Kalau AC dibongkar pasang memang perlu ditambah kadang2. Tergantung apakah tekanan freon berkurang dari seharusnya pas sudah dipasang di tempat baru.

      Biaya bongkar pasang dan tambah freon kami kalau AC R22 adalah Rp. 450.000,- belum termasuk material pemasangan seperti pipa freon, kabel listrik, dll di tempat baru.

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • fudi

    selamat siang

    mohon saran nya..kantor kami akan melakukan pemasangan unit daikin 2pk.instalasi pipa panjangnya 44m ,apakah akan ada evek terhadap kinerja unit tsb

    terima kasih

    note ; berapa panjang pipa standarnya untuk 2pk

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Wah kalau untuk sampai 44m sih pipanya disarankan menggunakan AC model Cassette, Floor, Ceiling atau Split Duct

      Karena kalau untuk AC split Daikin 2PK tipe Deluxe sekalipun panjang maksimum pipa hanya 30m.

      Diatas itu kerja kompressor AC akan berkurang. Kalo sampe 44m takutnya kompressor ga kuat memompa freon dari Outdoor ke Indoor.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • harry

    Dear admin,
    Saya barru beli ac Daikin 1/2pk FTNE15MV14, sepertinya freon r410. Panjang pipa 8 meter. Baru pasang 3 hari tidak dingin, dan stlh dicek tekanan freon tinggal 50. Kemudian diisi lagi sampai tekanan 150. Setelah 3 hari tidak dingin lagi. Menurut teknisinya tidak ada kebocoran di sambungan2, tetapi tdk dicek di seluruh pipa krn tersimpan dalam plafon. Apakah ini disebabkan kebocoran di antara sepanjang pipa? Bagaimana cara mengetahuinya? Terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Ya AC Daikin FTNE15MV14 menggunakan Freon R410A.

      Tekanan freon tinggal 50 PASTI ada kebocoran.

      Tempat kebocoran bisa di:

      1. Sambungan nepel pipa, bisa terlalu kendor jadi bocor, bisa terlalu kencang sampe pipa retak/pecah jadi bocor (ini mungkin 70% kasus, jadi ini adalah penyebab no 1)
      2. Pipa freon yang digunakan merk apa? harus cari tahu. Kalo pake merk MANDIRI atau CINTAS atau SSI atau ARTIC bisa saja bocor di sepanjang jalur pipa yang tersimpan di plafon karena pipa merk tersebut memiliki ketebalan hanya 0.4 sampai 0.5mm dimana harusnya pasang AC Freon R410A atau R32 harus menggunakan pipa yang tebalnya minimal 0.61mm.
      3. Evaporator Indoor, ini lebih jarang, terutama karena ACnya baru tapi bisa saja cacat pabrik
      4. Kompressor bocor, atau sambungan pipa kompressor bocor. Ini juga jarang terjadi karena AC masih baru, tapi lagi2 bisa saja cacat pabrik

      Jadi intinya ya mesti dicek sepanjang pipannya kalau memang sambungan nepel nya ga bocor, abis itu cek evap indoor atau kompressor outdoor cek ada oli rembes ga? kalo iya berarti bocor.

      Oke semoga sudah cukup jelas ya.

      Terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

      Reply
  • R Asan Gunawan

    Mohon bantuan , saya memakai AC Inverter Daikin 3/4PK sudah sekitar 2 tahun , ada air yang menetes di bagian bawah indoornya , apa yang menyebabkan air menetes tersebut dan bagaimana cara mengatasi air tersebut
    Kalau mau isi (nambah) freon , pakai type apa ya dan bera[pa tekanan yang diperlukan saat menambah freon
    terimakasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      AC Inverter Daikin 3/4PK anda menggunakan Freon R410A.

      Kalau ada air menetes biasanya karena kotor pembuangan airnya jadi tersumbat. Kapan terakhir kali AC diservice/dicuci? Harusnya MINIMAL 3 bulan sekali. Dan pas di service, minta teknisi ACnya untuk menyemprot lubang pembuangan air AC dengan air bertekanan tinggi biar plong.

      Kalau mau tambah freon tekanan harus sekitar 120psi ya.

      Terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

      Reply
  • Arazy

    Asslm.. Sy ingin bertanya tentang instalasi pipa AC Daikin 1 pk smile inverter yg sy beli di Makassar.
    Apakah tdk ada masalah jika panjang pipa freon hanya 1 meter antar indoor dan outdoor?.. Teknisi yg pasang sdh saya ingatkan dan tegur sewaktu pasang tpi katanya dia yg jamin dan tanggung jawab klo ada masalah krn katanya gk ada hubungan panjang pipa terlalu pendek dgn kinerja dan keawetan AC. Kompressor sdh divakum dan pipa sdh 0,6mm.
    Ruangan sy 3,3mX5m dgn Posisi indoor berada di sisi 5m.,Apakah akan tetap optimal kinerja dan tdk ada perbedaan jika andai sy memasang disisi yg 3,3m menghadap memanjang?? Mohon dijawab. Akan sangat membantu jawaban anda.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalau membaca installation manual dari Daikin Panjang pipa dari Indoor ke Outdoor adalah MINIMAL 3m. Kalau kami yang pasang sih selalu 5m kami gulung. Karena toh itu hak Bapak dapat pipa 5m.

      Kalau hanya 1m nanti ada freon yang ga keluar di kompressor dan akan mengendap. Kalau nanti kompressor cepet jebol sapa yang mau tanggung jawab pak?

      Kalo teknisinya yang mau tanggung jawab, kalo ntar baru 3 taon jebol dia mau ganti kompressornya? Saya sih pasti tetep ga mau panjang pipa cuman 1m toh kan bapak yang bayar, harusnya teknisi ikutin maunya kita, bukan kita yang ikutin maunya teknisi. Tapi ya terserah Bapak yah.

      Untuk posisi Indoor tidak ada masalah mau ditaro disisi mana Pak.

      Oke semoga sudah cukup jelas ya.

      teirma kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
      • Arazy zainal

        Jika sy komplain ke toko soal pipa yg terlalu pendek, apakah toko akan mengerjakan ulang dgn biaya tambahan krn skrg Ac sy ini belum ada masalah?? Sy sdh menebak klo toko t4 sy beli pasti akan banyak alasan, sy posisi di Makassar.
        Apa yg harus sy katakan ke toko trsebut utk komplain dan bagaimana jika toko tersebut banyak alasan seperti teknisi nya?? Mohon jawabannya pak. Bingung ini mau gmana hadapin toko di Makassar yg seperti ini.

        Reply
        • Web_Admin

          Selamat siang,

          wah ya repot Pak saya jawabnya kan tokonya bukan punya saya jadi kebijakan-nya ya masing2 beda hehehehhee…

          kalo toko yang tadi ga mau kerjain cari toko lain aja Pak. Emang di Makassar cm ada 1 toko AC? Lagian kan Bapak yang punya duit. Kalo dia ga mo kerjain ya suru yang lain aja yang kerjain Pak.

          Yang penting harus segera diganti ya Pak instalasi ACnya.

          Terima kasih

          Reply
  • hasan

    Mau tanya min…untuk ac 12pk dri r22 di ganti menggunakan r32..apakah komponen kompresor atau mekanik berpengaruh..mhn jawabannya min..terimakasih

    Reply
    • Web_Admin

      selamat siang,

      AC R22 TIDAK BOLEH diganti ke R32. karena oli kompressornya aja beda. yang r22 masih oli mineral, yang r32 oli sintetis.

      kalo dipaksakan ga bakalan bisa kerja maksimal dan dingin ac-nya. Belum lagi presentasi kompressor jebol akan sampai 80% atau lebih.

      terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
      • hasan

        Makasih min atas jawabannya…sekali lgi mau tanya min,,klo oli kompressor yg r22 di kuras dan di ganti dengan oli sintetis bisa ga min..mhn jawaban terima kasih

        Reply
        • Web_Admin

          Selamat siang,

          Ga bisa begitu Pak. Pokoknya Freon AC itu ga boleh diganti2 seenaknya, pasti akan menghilangkan garansi kompressor dan juga kerja AC tidak akan bisa 100% lagi.

          Oke terima kasih atas kunjungannya.

          Reply
  • Anggun

    Selamat pagi pak. Mau tanya pak AC saya panasonic pasang sendiri. Suami saya udah pasang tidak ada bocor tapi ACx tidak di vacum. Trus tidak cukup 15 menit outdoorx mati tapi fanx idup. Trus voltase rumah 180-196 V, kira2 apa penyebabnya yah sehingga kompresor mati2. Terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Kalau voltase rumah cuman segitu sih lebih baik pasang stabilizer Bu sebelum listrik masuk ke AC.

      Karena voltase segitu sih terlalu rendah, jadinya kompressor ga bisa nyala karena ga kuat ngangkat.

      Terima kasih

      Reply
  • Buddy

    Kalo untuk ruangan game center apa warnet yg ac harus hidup terus. User juga kadang merokok (ruangan dipasang exouse juga). Ac type apa yg cocok om? standar low watt apa inverter? apa pemakaian listriknya sama aja?
    mohon masukannya..apakah daikin high inverter cocok buat ruangan itu?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Kami sudah beberapa kali memasang AC Daikin High Inverter di game center. Pernah di Tanjung Duren, Taman Cosmos, BSD, Gading Serpong dan bbrp daerah lain. Tidak ada masalah walaupun ada yang merokok asal rajin dicuci 2 bulan sekali AC-nya, sedangkan filter ACnya dicuci setiap 2 minggu sekali.

      Jadi tidak perlu ragu ya, asal PK AC-nya cukup untuk mendinginkan ruangan beserta semua orang yang main, iritnya pasti bukan main main.

      Terima kasih sudah mampir dan bertanya kepada kami.

      Reply
  • saiko

    merk kembla,crane,mueller kok bisa mahal sekali? harga lebih dr 2x lipat dr hoda/tateyama/saeki..
    emang apa keistimewaannya y?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Ya beda ketebalannya.

      Hoda/Tateyama/Saeki memiliki ketebalan 0.61mm

      yang kembla/crane/mueller tebelnya ada yang 0.8mm bahkan ada yang 1.0mm tergantung harga.

      Kalo makin tebel berarti kemungkinan freon bocor makin kecil dan kemungkinan pipa patah atau retak pas ditekuk juga makin kecil.

      Thx

      Reply
      • saiko

        klo menurut bapak sebagai dealer resmi daikin,, ketebalan pipa yg paling bagus utk ac r32 brp?

        Reply
        • Web_Admin

          Sebenernya ketebalan pipa paling bagus untuk R32 adalah 1.0mm seperti yang digunakan waktu jaman saya kuliah/kerja dulu di Jerman.

          Masalahnya di Indonesia ga ada yang jual pipa setebal itu.

          adanya maksimal paling 0.8mm Itupun harganya sudah 2x lipat pipa 0.6mm

          Oke terima kasih ya atas pertanyaannya.

          Reply
  • Darien

    Salam Pak.

    Saya membeli AC panasonic Cu uv5 0.5Pk r410 dan sharp a5sey r32.
    Karena panasonic bawaannya sdh memperoleh bracket panasonic dan pipa 5 meter brand panasonic, sedangkan sharp hanya unit saja tanpa bracket dan pipa.

    Menurut tukang instalasi, untuk pipa yg digunakan sharp, bisa memakai sisa dari unit panasonic saja.

    Apakah memang dapat digunakan pipa untuk r410 panasonic di sharp r32.

    Terimakasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Setahu kami Panasonic TIDAK pernah memberikan pipa dan bracket merk Panasonic karena mereka memang TIDAK pernah memproduksi pipa dan bracket dengan brand Panasonic. Pipa Freon Panasonic yang kami sebutkan di artikel pun sebenarnya pipa tanpa nama yang diproduksi oleh perusahaan lain namun di distribusikan oleh Panasonic.

      Coba dipastikan dulu pipa AC yang katanya sudah diperoleh itu merknya apa dan ketebalan pipanya berapa mm?

      Karena sebenarnya kalau ketebalan pipa sudah diatas 0.6mm setelah diukur dengan jangka sorong mau pakai freon r410 atau r32 tidak ada masalah.

      Terima kasih atas kunjungan anda ke website kami

      Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      setahu kami untuk Sharp low watt menggunakan freon R410A.

      terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
      • idris

        info untuk sharp low watt terbaru sudah memakai freon r32 sedangkan low watt inverter memakai r410

        Reply
        • Web_Admin

          Selamat sore,

          Ya terima kasih atas masukannya. kami jadi lebih mengerti tentang AC Sharp 🙂

          Reply
  • Anonim

    Mas mau tanya,
    Untuk yg R410 kok belum dibahas ya terkait instalasi
    Apakah harus make pipa dgn tebal brp, apakah harus divacuum ato bisa dgn tidak divacuum
    Kebetulan saya baru nebus ftne15mv14 unit saja, krn mau dipasang di lokasi jauh dr tempat beli..
    Mohon sharingnya, thanks in advance!

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk AC yang menggunakan Freon R410A sih dari beberapa tahun lalu kami selalu pakai pipa dengan ketebalan minimal 0.5mm menggunakan merk ARTIC.

      Namun mulai pertengahan 2015 semua AC baik yang menggunakan Freon R410A maupun R32 kami sudah pukul rata menggunakan pipa ketebalan 0.61mm

      Untuk vacuum sih sebenarnya pasang AC mau pake freon apapun harus di vacuum.

      Jadi lebih baik di vacuum saja walaupun AC anda masih menggunakan Freon R410A. Dan juga pipanya kalau bisa sekalian juga pake yang 0.61mm Jadi gunakan merk seperti HODA, atau INABA atau SAEKI atau TATEYAMA, atau yang lainnya selama tebalnya minimal 0.61mm.

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      tekanan freon R32 pas AC menyala adalah sekitar 140 psi.

      Terima kasih

      Reply
  • doddy suanta

    terimakasih banyak atas ilmu dan pencerahannya manfaat sekali pak .apalagi saya sebagai pemula alias junior salam sukses pak ! bmsemoga dagangnya makin larisss…

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Terima kasih ya atas pujiannya.

      Jangan lupa ceritakan website kami ke keluarga, saudara dan teman anda agar makin banyak lagi orang yang mendapat ilmu tentang AC.

      Sekali lagi terima kasih atas kunjungannya.

      Reply
  • warsiman

    Saya punya ac lama yg masih menggunakan freon R22,klo mau ganti R410 harus ganti unitnya ato ada komponen yg di ganti?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalau AC lama mau ganti freon harus ganti unit ACnya juga yah. Ga bisa cuman ganti freonnya doank atau ganti komponen.

      Terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

      Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Kalau AC mati2 sendiri kemungkinan besar sih karena freonnya habis.

      Nah penyebabnya yang macem2 bisa aja:

      1. Pake pipa freon tipis jadi bocor di sepanjang pipanyna
      2. Sambungan nepel yang terlalu kuat sampe pipanya pecah atau kurang kencang jadi bocor halus
      3. ada part lain yang bocor. Bisa kompressor, evaporator, sambungan pipa kapiler atau yang lainnya.

      Yang paling sering sih no. 2 tapi bisa aja yang no. 1. Jadi pastikan dulu pipa anda merk apa? tebelnya berapa mm? Kalau sudah sesuai standard, baru cek sambungan nepel pipa.

      Oke semoga masalahnya bisa selesai ya

      Terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *