POSTED BY Web_Admin | Mar, 01, 2021 |

UPDATE 1: Kalau mau respon cepat, selain menghubungi nomer telepon toko di (021) 737 5155 / 737 5156 / 737 5157 / 7369 0753 anda dapat menghubungi nomor WA team sales kami ya di

 

Halo, kembali lagi bertemu dengan kami. Kali ini kami ingin menjelaskan mengapa ongkos pasang AC yang menggunakan Freon R32 lebih mahal.

Oke Sebelumnya agar lebih jelas mungkin kami sarankan anda membaca artikel perbedaan Freon R32 dengan R22, R410A dan R290. Di artikel tadi dijelaskan dengan rinci dan dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti perbedaan, kelebihan dan kekurangan masing-masing Freon AC.

Yang pasti saya ingin mengingatkan kalau freon R22, freon R32 dan Freon 410A TIDAK KOMPATIBEL satu sama lain jadi freon TIDAK BOLEH dicampur ataupun diganti dengan alasan apapun!!!!

Memang di tahun 2015 ini konsumen jadi lebih bingung karena ada AC yang menggunakan 3 jenis Freon yang berbeda. Untuk merk Panasonic seluruh line up AC-nya yaitu tipe Basic, Standard, Alowa, Alowa Deluxe (Ion), dan tipe Inverter pun sudah menggunakan Freon R32, hanya tipe Basic buatan China saja yang masih menggunakan Freon R410A dan akan segera digantikan dengan tipe Basic made in China dengan Freon R32 ya. Jadi kalau sudah begini bisa dipastikan kalau Panasonic sudah tidak menjual AC dengan Freon selain R32.

Untuk lebih jelas bisa membuka artikel perbedaan tipe AC Panasonic kami. Dimana kami menjelaskan semua teknologi yang dimiliki AC Panasonic dengan gamblang. Mau tahu harganya silakan langsung kunjungi halaman Harga AC Panasonic kami.

Sedangkan untuk merk Daikin AC semua tipe ACnya baik Standard Malaysia dan Standard Thailand maupun tipe Inverter Flash, Inverter Smile, Premium Inveter, European Design dan Urusara 7 semua sudah menggunakan Freon R32 yang secara teori lebih dingin dari Freon R410A dan R22. Untuk lebih jelas boleh membuka artikel perbedaan tipe AC Daikin kami. Tidak lupa kalau mau tahu harga ACnya silakan juga langsung klik link Daftar Harga AC Daikin kami.

Namun…

Freon R32 memiliki “kelemahan” yaitu selain lebih mudah terbakar (flammable) walaupun tidak bisa membuat AC meledak atau menyebabkan kebakaran, Tekanan gas Freon R32 juga jauh lebih tinggi dibandingkan Freon R22 atau R410A. Hal ini yang menyebabkan untuk pemasangan AC harus menggunakan pipa tembaga yang memiliki ketebalan MINIMAL 0.6mm

Nah pipa yang beredar di Indonesia ada banyak sekali merk-nya. Untuk merk standard seperti Artic yang paling umum digunakan selama ini oleh para toko dan tukang AC memiliki ketebalan 0.5mm yang TIDAK BOLEH digunakan untuk memasang AC yang menggunakan Freon R32. Apalagi merk seperti Mandiri, Cintas, SSI atau yang lainnya yang tebalnya hanya 0.4mm!!!

Kenapa? karena tekanan gas yang tinggi, kalau pakai pipa yang ketebalannya dibawah 0.6mm PASTI akan bocor halus dan dalam setahun atau 2 tahun pertama pemakaian AC freon di dalam kompressor bisa habis. Dan bila hal ini terjadi, baik pihak Panasonic maupun pihak Daikin TIDAK akan bertanggung jawab (karena kesalahan bukan di pihak pabrik) paling customer yang berantem dengan tukang pasang atau toko tempat membeli AC-nya kalau mereka nekat memakai pipa dengan ketebalan dibawah 0.6mm untuk pemasangan AC-nya.

Kemudian untuk pemasangan AC dengan Freon R32, pipa HARUS-WAJIB-TIDAK-BOLEH-TIDAK di vacuum dahulu sebelum pemasangan, tidak peduli pipa-nya masih baru dikeluarkan dari dus dan belum pernah dipakai. Untuk pemasangan AC dengan Freon R32 maupun R410A, tetap HARUS di vacuum dahulu pipanya SEKURANG-KURANGNYA 10 – 15 menit atau sampai jarum di manifold gauge dibawah angka 0 (-30inHG) yang menunjukkan bawah sudah tidak ada lagi udara tersisa di dalam pipa.  Hal ini untuk menjaga agar tidak ada setitik pun debu ataupun uap air yang masih menempel pada dinding dalam pipa tembaga. Karena oli kompressor yang menggunakan Freon R32 sangat sensitif terhadap uap air maka bila anda, well, tukang pasang AC anda tidak melakukannya, walaupun anda pakai pipa paling mahal di Indonesia yaitu merk Kembla, Mueller atau Crane sekalipun, TIDAK ADA GUNANYA. AC PASTI akan jadi kurang dingin setelah setahun atau 2 tahun. Yang pasti sebelum masa garansi berakhir, dan tentu saja pihak pabrik pasti tidak mau bertanggung-jawab karena kesalahannya ada di instalasi AC bukan cacat pabrik.

Lama nya waktu untuk proses Vacuum juga tergantung besarnya alat Vacuum. Pokoknya jarum di manifold pada saat Vacuum harus menunjukan garis dibawah angka 0, atau -30inHG. Itu artinya sudah tidak ada udara sama sekali di sepanjang saluran pipa. Jadi BUKAN WAKTU yang menentukan tapi jarum di manifold yang menentukan ya…

Alat vacuum yang kami gunakan semua besarnya 1/2PK dan 3/4PK. Kami juga memiliki alat vacuum ber kekuatan 1PK untuk proses Vacuum AC besar seperti AC VRV Daikin. Jadi proses vacuum yang kami lakukan semua sudah sesuai dengan standar Pabrikan AC.

Lalu kita akan melihat merk apa saja yang boleh digunakan untuk memasang AC dengan Freon R32:

1. Hoda

2. Inaba Denko

3. Tateyama

4. Saeki

5. Panasonic

6. Nippon Steel

7. Kembla – Australia

8. Kupfer Premium – China

9. Crane – Australia

10. Mueller – USA

11. Daikin – Thailand

12. DSP (Daikin Singapore) – China

Nah hanya ke duabelas merk tersebut diatas yang PASTI memiliki ketebalan diatas 0.6mm. Merk Hoda adalah merk legendaris di dunia AC, namun kekurangannya adalah banyak KW-nya yang beredar di pasaran jadi hati-hatilah bila teknisi AC atau toko AC anda menawarkan merk tersebut. Pastikan sumber tempat mereka beli bisa dipercaya. Karena bukan hanya 1x kami menemukan ingin memasang AC di tempat customer kami yang sudah tertanam pipa-nya dan mereka bilang sudah pakai HODA dari kontraktornya ternyata pas kami ukur dengan penggaris micron, ukuran ketebalan pipanya hanya 0.5mm Jadinya kami tidak berani pasang, dan kalau mau harus cabut pipa dan ganti pipa baru. Biasanya yang KW tulisannya HD bukan HODA.

Toko kami sendiri menggunakan pipa merk HODA dan DAIKIN untuk pemasangan unit. Namun jangan takut, kami menggunakan pipa HODA yang kami beli langsung dari importir dan distributor tunggal pipa merk HODA di Indonesia. Jadi DIJAMIN pasti barangnya asli. Dan belakangan ini karena memang merk pipa sudah banyak sekali, memang sudah lama tidak menemukan pipa merk HODA yang KW yah… Jadi relatif aman sih kalau mau pake HODA, selama tulisannya HODA yah hehehehe…

pipa inaba denko

Untuk merk Inaba Denko (seperti contoh diatas), Tateyama, Panasonic, Nippon Steel, Saeki, apalagi merk Daikin hampir pasti tidak ada palsunya, jadi kalau mau pakai merk tersebut aman-aman saja. Apalagi merk Kembla, Crane atau Mueller yang bisa dibilang merk pipa paling bagus di Indonesia, pasti aman kalau mau pakai, hanya saja hargannya luar biasa mahal.

Sebagai contoh untuk

Merk HODA, Panasonic, Nippon Steel, Tateyama dan Saeki harganya adalah Rp. 90.000 per meter dan Rp. 100.000 per meter untuk pipa 3/8 x 1/4 dan 1/2 x 1/4. Dan juga Rp. 145.000 per meter untuk ukuran 5/8 x 1/4.

Untuk merk Daikin lebih mahal, yaitu Rp. 130.000 per meter untuk pipa ukuran 3/8 x 1/4 dan Rp. 165.000 per meter untuk ukuran 1/2 x 1/4.

Jadi sudah jelas kan harga pipanya saja sudah berbeda banyak. Tentu saja paket ongkos pasang kami pun harus naik karena kalau tidak bisa rugi.

Plus untuk pemasangan AC yang harus di vacuum pun akan menyita waktu lebih lama dari pemasagan AC biasa yang menyebabkan berkurangnya jumlah AC yang bisa dipasang oleh teknisi kami per hari-nya. Semua hal itu akan berpengaruh kepada ongkos pemasangan kami.

Oke, semoga dengan ini bisa lebih mengerti yah dan tidak bingung lagi mengapa ongkos pasang AC jadi lebih mahal yang tentunya membuat harga AC yang menggunakan Freon R32 jadi kesannya jauh lebih mahal dari AC dengan Freon R22 atau R410a.

Kami akan kembali lagi dengan artikel lain. Nantikan saja ya.

Sementara itu boleh juga melihat artikel kami yang lain seperti:

1. Apakah perlu isi ulang Freon AC?

2. Apakah AC Inverter benar – benar bagus dan hemat listrik?

3. Cara menggunakan AC agar awet dan hemat listrik

4. Cara menghitung kebutuhan PK AC sesuai ruangan

5. Semua yang harus anda tahu tentang AC Low Watt dan AC Inverter

6. Mengapa Ongkos pasang AC Freon R32 lebih mahal?

7. Perbedaan Freon R22, R32 dan R410A

8. Penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin

9. Perbedaan Tipe AC Daikin

10. Harga AC Daikin 2020

11. Perbedaan tipe AC Panasonic

12. Harga AC Panasonic 2020

13. Brosur AC Daikin

14. Pengangkatan National Elektronik sebagai Daikin AC Shop

15. Tips dan trik menggunakan AC Inverter

16. AC Daikin Multi S

17. Testimoni AC Daikin di Kaskus

18. Emang AC Gree bagus? Kan buatan China

19. Harga AC Gree 2020

20. Tipe AC Gree apa saja dan perbedaannya

21. Bocoran AC Gree 2019

22. Launching AC Daikin Line Up 2018

23. Review Daikin Inverter Flash 1PK FTKQ25SVM4

24. Apaan sih COP dan EER itu?

25. AC Panasonic si Biru CS-LN Series

26. Pindah AC jadi ga dingin?

27. AC Multi Split Panasonic

28. Air Purifier Daikin

 

 

 

Apabila anda tertarik untuk membeli AC Daikin atau AC Panasonic silahkan hubungi kami melalui halaman contact us, telepon hotline kami di (021) 737 5155 atau 737 5156. Atau boleh juga menggunakan WA atau email langsung ke [email protected]

Sampai jumpa di artikel kami yang lain!

Artikel dibuat oleh:

Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
Follow me on Twitter and Instagram @samuellumentut
National Elektronik

Artikel diperbarui terakhir tanggal: 20 April 2020

TAGS :
  • Wawan

    Hallo gan.. Saya mau tanya untuk ac inverter freon r32 dipasangin pipa merk HD INVERTER yg mana ketebalannya katanya 0.6mm itu bagus gak ya pipanya?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Saya ga mau menjelekkan merk lain. Yang pasti kalo yang ditanam HD Inverter saya ga mau pasang, kecuali mau ttd surat pernyataan hehehehe…

      Kalo tetep ngerasa mau pasang silakan saja.

      Oke terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • Daqna

    Selamat sore admin,

    Barusan saja saya service AC Merk Sharp dengan jenis R22,tetapi tari tekhnisinya menjelaskan bahwa AC saya harus isi freon karena ada kebocoran dan akhirnya di isi dengan freon R32 dan di lakukan Vakum.

    Saya ingin tanyakan:
    Dari penjalam diatas hanya ada 12 Merk AC yanh boleh di isi freon R32, sementara AC say merk sharp dengan tekhnisi di isi R32 apakah Aman ?

    Kemudianberapa standard harga isi freon R32 dan harga vakum ? Apkah harga vakum biasanya di hargain terpisah dengan isi freon ? Karena say barusan habis 600rban untuk biaya service, isi freon dan vacum

    Mohon penjelasan 🙏🙏

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang…

      Hah AC Sharp R22 diisi freon R32??? Mana boleeehhhhhh????

      parah banget… itu beneran ACnya R22 diisi R32? jenis oli kompressornya aja beda yang R22 mineral, yang R32 sintetis…

      Ntar kecampur sama freon nya gimana tuh? sekarang ACnya normal kerjanya?

      Yang saya jelaskan 12 merk itu merk PIPA FREON ya bukan merk AC nya.

      Kalo merk AC sih tergantung pabrikannya banyak banget kok pabrikan yang udah pake freon R32 karena memang R22 kan sudah dilarang penggunaannya di Indonesia KECUALI untuk AC yang sudah lama.

      Jadi freon R22 masi dijual bebas (isi freonnya doank) bukan ACnya. Sampe tahun 2030.

      Jadi AC R22 anda WAJIB diisi R22 juga. BUKAN R32.

      Kenapa ga telp call center SHARP aja langsung sih buat benerin ACnya? geregetan deh saya baca beginian.

      Mending sekarang jangan dipake dulu ACnya, langsung telp call center sharp dan suruh subcon resmi mereka untuk datang cek kondisi AC anda ya.

      Semoga ga udah jebol gara2 diisi Freon R32.

      Untuk harga semua relatif. Tapi memang kalau harus kuras ulang, vacuum dan service harga segitu sih wajar saja.

      Oke semoga sudah jelas ya

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Dedie

    selamat siang admin,
    mau tanya untuk ac daikin ftkm 25.
    sdh di pasang sama teknisi.
    tetapi tidak di vakum. saya ngotot tidak boleh di running klo ga di vakum.
    akhirnya teknisi ini tadi hanya pasang instalasi aja.
    karena saya ga boleh running klo ga di vakum jadi ga di running.

    setelah itu say cari teknisi yang mau vakum instalasi saya.
    akhirnya di cek.
    ternyata freon sudah di buka.
    dan kata teknisi nya harus di buang freon nya.
    di vakum ulang dan diisi freon lagi..

    yang saya tanyakan.
    apakah sudah benar yang tdnya tidak di vakum tapi freon terlanjur di buka.
    freon di buang semua trus di vakum, kemudian diisi freon baru?

    dan apakah kinerja ac maksimal walaupun sdh di kuras dan di vakum diisi ulang ?

    trmksh..

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang…

      Beli FTKM25 nya bukan sama kami sih… kalo sama kami pasti di vacuum wakkakakaka…

      Wah kalo uda dibuka freonnya sebenernya ribet pake banget…

      ga cuman kuras freon, malah oli kompressornya mesti diganti juga kalo mau bener2 maksimal…

      terutama karena acnya sendiri harganya selangit… sayang kalo ga dibenerin dengan bener….

      Kalo ga di vacuum dengan bener nanti acnya ga akan pernah kerja 100% sesuai standard pabrikan.

      Palagi kalo oli kompressor sudah kecampur kotoran atau udara atau uap air, kinerjanya udah ga sempurna.

      Makanya saya bilang mending kalo kuras freon untuk vacuum ulang, oli kompressornya juga diganti baru.

      Tapi ya itu… muahaaaallllllllll diatas 1juta yang pasti ongkosnya.

      terutama kalo pas isi ulang freon pake merk Daikin… mantabbbbbb harganya hehehehe

      Okelah semoga sudah jelas ya

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *