POSTED BY Web_Admin | Feb, 06, 2015 |

Halo, kembali lagi bertemu dengan kami. Kali ini kami ingin menjelaskan mengapa ongkos pasang AC yang menggunakan Freon R32 lebih mahal.

Oke Sebelumnya agar lebih jelas mungkin kami sarankan anda membaca artikel perbedaan Freon R32 dengan R22, R410A dan R290. Di artikel tadi dijelaskan dengan rinci dan dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti perbedaan, kelebihan dan kekurangan masing-masing Freon AC.

Yang pasti saya ingin mengingatkan kalau freon R22, freon R32 dan Freon 410A TIDAK KOMPATIBEL satu sama lain jadi freon TIDAK BOLEH dicampur ataupun diganti dengan alasan apapun!!!!

Memang di tahun 2015 ini konsumen jadi lebih bingung karena ada AC yang menggunakan 3 jenis Freon yang berbeda. Untuk merk Panasonic seluruh line up AC-nya yaitu tipe Basic, Standard, Alowa, Alowa Deluxe (Ion), dan Envio sudah menggunakan Freon R32, hanya tipe Inverter saja yang masih menggunakan Freon R410A. Untuk lebih jelas bisa membuka artikel perbedaan tipe AC Panasonic kami. Dimana kami menjelaskan semua teknologi yang dimiliki AC Panasonic dengan gamblang. Mau tahu harganya silakan langsung kunjungi halaman Harga AC Panasonic kami.

Sedangkan untuk merk Daikin AC tipe Standard China dan Standard Thailand menggunakan Freon R410A, sedangkan tipe mahalnya yaitu Deluxe, Inverter Smile, Hi-Inveter, European Design dan Urusara 7 semua sudah menggunakan Freon R32 yang secara karakteristik lebih dingin dari Freon R410A dan R22. Untuk lebih jelas boleh membuka artikel perbedaan tipe AC Daikin kami. Tidak lupa kalau mau tahu harga ACnya silakan juga langsung klik link Daftar Harga AC Daikin kami.

Namun…

Freon R32 memiliki “kelemahan” yaitu selain lebih mudah terbakar (flammable) walaupun tidak bisa membuat AC meledak atau menyebabkan kebakaran, Tekanan gas Freon R32 juga jauh lebih tinggi dibandingkan Freon R22 atau R410A. Hal ini yang menyebabkan untuk pemasangan AC harus menggunakan pipa tembaga yang memiliki ketebalan MINIMAL 0.6mm

Nah pipa yang beredar di Indonesia ada banyak sekali merk-nya. Untuk merk standard seperti Artic yang paling umum digunakan selama ini oleh para toko dan tukang AC memiliki ketebalan 0.5mm yang TIDAK BOLEH digunakan untuk memasang AC yang menggunakan Freon R32. Apalagi merk seperti Mandiri, Cintas, SSI atau yang lainnya yang tebalnya hanya 0.4mm!!!

Kenapa? karena tekanan gas yang tinggi, kalau pakai pipa yang ketebalannya dibawah 0.6mm PASTI akan bocor halus dan dalam 2 atau 3 bulan pertama pemakaian AC freon di dalam kompressor pasti akan habis. Dan bila hal ini terjadi, baik pihak Panasonic maupun pihak Daikin TIDAK akan bertanggung jawab (karena kesalahan bukan di pihak pabrik) paling customer yang berantem dengan tukang pasang atau toko tempat membeli AC-nya kalau mereka nekat memakai pipa dengan ketebalan dibawah 0.6mm untuk pemasangan AC-nya.

Kemudian untuk pemasangan AC dengan Freon R32, pipa HARUS-WAJIB-TIDAK-BOLEH-TIDAK di vacuum dahulu sebelum pemasangan, tidak peduli pipa-nya masih baru dikeluarkan dari dus dan belum pernah dipakai. Untuk pemasangan AC dengan Freon R32, tetap HARUS di vacuum dahulu pipanya SEKURANG-KURANGNYA 10 – 15 menit untuk ukuran pipa sekitar 5m. Diatas itu bila sekitar 10m harus di vacuum minimal 20 menit, dan diatas 10m harus minimal 25 menit.  Hal ini untuk menjaga agar tidak ada setitik pun debu ataupun uap air yang masih menempel pada dinding dalam pipa tembaga. Karena oli kompressor yang menggunakan Freon R32 sangat sensitif terhadap uap air maka bila anda, well, tukang pasang AC anda tidak melakukannya, walaupun anda pakai pipa paling mahal di Indonesia yaitu merk Kembla, Mueller atau Crane sekalipun, TIDAK ADA GUNANYA. Kompressor PASTI akan jebol sebelum masa garansi berakhir, dan tentu saja pihak pabrik pasti tidak mau bertanggung-jawab karena kesalahannya ada di instalasi AC bukan cacat pabrik.

Lama nya waktu untuk proses Vacuum juga tergantung besarnya alat Vacuum. Pokoknya jarum di manifold pada saat Vacuum harus menunjukan garis dibawah angka 0, atau -30inHG. Itu artinya sudah tidak ada udara sama sekali di sepanjang saluran pipa. Jadi BUKAN WAKTU yang menentukan tapi jarum di manifold yang menentukan ya…

Alat vacuum yang kami gunakan semua besarnya 1/2PK dan 3/4PK. Kami juga memiliki alat vacuum ber kekuatan 1PK untuk proses Vacuum AC besar seperti AC Cassette, Floor, Ceiling ataupun Split Duct. Jadi proses vacuum yang kami lakukan semua sudah sesuai dengan standar Pabrikan AC.

Lalu kita akan melihat merk apa saja yang boleh digunakan untuk memasang AC dengan Freon R32:

1. Hoda

2. Inaba Denko

3. Tateyama

4. Saeki

5. Panasonic

6. Nippon Steel

7. Kembla – Australia

8. Kupfer Premium – China

9. Crane – Australia

10. Mueller – USA

11. Daikin – Thailand

Nah hanya ke sebelas merk tersebut diatas yang PASTI memiliki ketebalan diatas 0.6mm. Merk Hoda adalah merk legendaris di dunia AC, namun kekurangannya adalah banyak KW-nya yang beredar di pasaran jadi hati-hatilah bila teknisi AC atau toko AC anda menawarkan merk tersebut. Pastikan sumber tempat mereka beli bisa dipercaya. Karena bukan hanya 1x kami menemukan ingin memasang AC di tempat customer kami yang sudah tertanam pipa-nya dan mereka bilang sudah pakai HODA dari kontraktornya ternyata pas kami ukur dengan penggaris micron, ukuran ketebalan pipanya hanya 0.5mm Jadinya kami tidak berani pasang, dan kalau mau harus cabut pipa dan ganti pipa baru. Biasanya yang KW tulisannya HD bukan HODA.

pipa inaba denko

Untuk merk Inaba Denko (seperti contoh diatas), Tateyama, Panasonic, Nippon Steel, Saeki, apalagi merk Daikin hampir pasti tidak ada palsunya, jadi kalau mau pakai merk tersebut aman-aman saja. Apalagi merk Kembla, Crane atau Mueller yang bisa dibilang merk pipa paling bagus di Indonesia, pasti aman kalau mau pakai, hanya saja hargannya luar biasa mahal.

Sebagai contoh untuk

Merk HODA, Panasonic, Nippon Steel, Tateyama dan Saeki harganya adalah Rp. 80.000 per meter dan Rp. 90.000 per meter untuk pipa 1/2 – 1PK dan 1.5 – 2PK. Dan juga Rp. 120.000 per meter untuk ukuran AC 2.5 dan 3 PK.

Untuk merk Daikin lebih mahal, yaitu Rp. 125.000 per meter untuk pipa ukuran 3/8 x 1/4 dan Rp. 165.000 per meter untuk ukuran 1/2 x 1/4.

Jadi sudah jelas kan harga pipanya saja sudah berbeda banyak. Tentu saja paket ongkos pasang kami pun harus naik karena kalau tidak bisa rugi.

Plus untuk pemasangan AC yang harus di vacuum pun akan menyita waktu lebih lama dari pemasagan AC biasa yang menyebabkan berkurangnya jumlah AC yang bisa dipasang oleh teknisi kami per hari-nya. Semua hal itu akan berpengaruh kepada ongkos pemasangan kami.

Oke, semoga dengan ini bisa lebih mengerti yah dan tidak bingung lagi mengapa ongkos pasang AC jadi lebih mahal yang tentunya membuat harga AC yang menggunakan Freon R32 jadi kesannya jauh lebih mahal dari AC dengan Freon R22 atau R410a.

Kami akan kembali lagi dengan artikel lain. Nantikan saja ya.

Sementara itu boleh juga melihat artikel kami yang lain seperti:

1. Apakah perlu isi ulang Freon AC?

2. Apakah AC Inverter benar – benar bagus dan hemat listrik?

3. Cara menggunakan AC agar awet dan hemat listrik

4. Cara menghitung kebutuhan PK AC sesuai ruangan

5. Semua yang harus anda tahu tentang AC Low Watt dan AC Inverter

6. Mengapa Ongkos pasang AC Freon R32 lebih mahal?

7. Perbedaan Freon R22, R32 dan R410A

8. Penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin

9. Perbedaan Tipe AC Daikin

10. Harga AC Daikin 2018

11. Perbedaan tipe AC Panasonic

12. Harga AC Panasonic 2018

13. Brosur AC Daikin

14. Pengangkatan National Elektronik sebagai Daikin AC Shop

15. Tips dan trik menggunakan AC Inverter

16. AC Daikin Multi S

17. Testimoni AC Daikin di Kaskus

18. Emang AC Gree bagus? Kan buatan China

19. Harga AC Gree 2018

20. Tipe AC Gree apa saja dan perbedaannya

21. Bocoran AC Gree 2018

22. Launching AC Daikin Line Up 2018

 

Apabila anda tertarik untuk membeli AC Daikin atau AC Panasonic silahkan hubungi kami melalui halaman contact us, telepon hotline kami di (021) 737 5155 atau 737 5156. Atau boleh juga menggunakan BBM, Line, YM! atau email langsung ke [email protected]

Sampai jumpa di artikel kami yang lain!

Artikel dibuat oleh:

Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
Follow me on Twitter and Instagram @samuellumentut
National Elektronik

Artikel diperbarui terakhir tanggal: 30 Juli 2018

TAGS :
  • suko susilo

    artikel ini jelas sangat menambah pengetahuan saya tentang ac,

    sayangnya saya 8 bulan yang lalu beli ac inverrter di toko lain dengan salah satu merk dan jenis freon r32, namun pada saat pemasangan tidak dilakukanya pemvakuman terlebih dahulu.

    saya pun baru tahu setelah membaca artikel ini.

    solusi apa yang bisa diberikan kepada saya terkait hal tersebut ?

    dan apakah bisa national elektronik menangani, jika saya mw menginstal dan memvakum ac yang sudah terpasang tersebut ?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Wah sayang sekali ya tidak di vacuum ACnya.

      Sebenernya kalau tidak di vacuum sih sudah terlambat.

      Paling yang bisa dilakukan adalah menguras seluruh freon AC, pipa di flushing menggunakan Nitrogen dan R11, di Vacuum pipanya baru diisi ulang freonnya.

      Kemudian oli di kompressor juga mesti dibuang dan diganti baru semua.

      Masalahnyaaaaa… kalau melakukan itu semua bisa kena charge 1.5jt…. Mahal sekali.

      Kalau ACnya harga 20jt sih masih oke lah. Nah ini kalau beli AC cuman 3 ato 4jt, mesti keluar 1.5jt lagi apa ga sayang uangnya?

      Mendingan dipake aja lah ACnya… sambil berdoa tidak ada masalah di kemudian hari.

      Kalo sudah 3 tahun baru rusak yaudah mendingan beli baru. Masalahnya ada juga yang rusak setelah setahun lebih pakai sih gara2 ga di vacuum. Makanya perbanyak doa dan berbuat baik gan… Biar acnya ga cepet rusak hehehe…

      Maaf tidak bisa memberikan solusi lain.

      Semoga ke depannya lebih selektif lagi dalam membeli AC ya…

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • andy

    selamat siang. mau tanya harga ac daikin multi s yang 1/2+3/4 PK harga beli dan termasuk biaya pasangnya berapa? terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Harga AC Daikin Multi S 1/2 + 3/4PK adalah Rp. 10.450.000,-

      sudah termasuk pipa freon HODA 10m, kabel listrik SUPREME 3×2.5 10m, drain air 4m, bracket Outdoor dan proses Vacuum sesuai SOP Daikin

      Tapi sebelum beli mohon dicek dulu ya ukuran kamar yang mau dipasang seberapa besar.

      Sama harga diatas belum termasuk transport ya tergantung lokasi pemasangan AC dimana

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Gunawan

    Selamat Pagi Pak

    Kamar saya ukurannya 7,5 m x 4,5 m x 3 m, saat ini dengan AC Panasonin yg 1PK (Freon R-22)sdh dirasakan nyaman, karena sdh lama dan bocor maka saya ingin menggantikan dengan AC Daikin, kira2 AC Daikin jenis apa dan berapa budgetnya sdh termasuk bongkar pasangnya. saya tertarik dengan (Daikin 1 PK FTKQ25SVM4 (Btu 9.000 [3.400 – 9.900], Watt 810 [160 – 990], COP – 3.27, EER – 11.11) – Rp. 4.625.000,- ) sdh bisa nyaman dengan kondisi saya yg di keterangan di atas

    Terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Wah pak kalau ruangan bener murni 7.5 x 4.5 kalo mau pake 1PK jangan beli sama sayaaa hiksss… ntar sebentar pake jebolll…

      kebutuhan Btu ruangan 20.250 Btu… AC 1PK Btunya cuman 9000!!!!

      Kalo mau maksa pake 1PK saran saya cari AC paling murah di Indonesia Pak… biar kalo 2 sampe 3 taon pake jebol ga terlalu sakit hati…

      Kalo mau pake Inverter WAJIB pake ukuran 2.5PK kalo ga hemat listriknya bakalan 0 BESAR… lebih hemat pake yang standard dibanding pake Inverter.

      Pake AC Inverter TIDAK BOLEH di ruangan under capacity.. Apalagi ini under capacity nya keterlaluan

      Jadi istilahnya kalo Bapak beli AC Daikin yang FTKQ25 saya jamin watt-nya 990 terus ga bakalan pernah turun kecuali set suhu remote 28.

      Mending pake standard thailand 1PK FTC25NV – 3.850.000 wattnya cuman 780. Dijamin lebih hemat listrik dibanding pake FTKQ25 di kondisi kamar Bapak.

      Sama2 ga dinginnya, sama2 cepet jebolnya, yang Inverter lebih boros listrik tapi harga AC beda 800rb… Jadi mending ambil yang standard thailand aja ya Pak.

      Kalo ga beli merk lain aja yang murah seperti TCL, Polytron atau yang lainnya, biar lebih murah lagi, dinginnya sama aja kayak merk mahal (karena under capacity), dan kalo cepet jebol ga terlalu sakit hati Pak karena murah harganya.

      Itu AC Panasonic 1PK R22-nya uda berapa tahun umurnya? saya salut bisa bertahan selama ini hehehehe…

      Oke semoga sudah cukup jelas yaaa…. Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Budi

    Selamat malam, mau tanya untuk kuras pipa freon dan isi freon m biayanya sekitar brp ya?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk harga kuras dan isi freon tergantung dari panjang pipa, PK AC dan jenis freonnya.

      Kalau untuk AC 1/2 sampai 1.5PK
      Kalau R22 sekitar 350rb
      Kalau R410a dan R32 sekitar 550rb

      AC 2PK keatas
      R22 sekitar 500rb
      R410a dan R32 sekitar 750rb

      Itu semua dengan panjang pipa maksimal 10m.

      Diatas 10m per 5m akan dikenakan lagi biaya 100rb.

      Contoh: panjang pipa 11 sampai 15m biaya 1/2PK R22 jadi 450rb, dan seterusnya.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaannya.

      Reply
  • Budi

    Mau tanya, kalau pemasangan AC baru, apakah perlu di flushing juga? atau hanya vacuum?

    Saya sempat tanya sama toko AC, apakah waktu pasang AC baru ongkos pasang sudah termasuk freon belum, tokonya jawab kalo AC baru sudah ada freon didalemnya.. Saya jadi bingung, apakah iya sudah ada freon dalam ACnya?

    Kalau memang sudah ada, lalu fungsi vacuum buat apa ya?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Mohon maaf pembalasan comment sangat terlambat karena ada masalah pada saat kami migraasi server, jadi banyak comment yang hilang, dan ternyata ketemu lagi sekarang.

      Jadi untuk pertanyaan yang umum akan tetap kami coba bantu jawab.

      Pemasangan AC TIDAK PERLU flushing. Hanya perlu di Vacuum.

      Tentu saja AC baru sudah ada Freon di dalamnya.

      Fungsi Vacuum adalah membersihkan seluruh pipa yang menghubungkan unit Indoor dan Outdoor, dipastikan tidak ada udara, debu, atau kotoran sekecil apapun yang bisa bercampur dengan gas freon.

      Karena kalau ada yang tercampur maka kerja kompressor tidak akan pernah bisa maksimal 100%

      Jadi tidak ada hubungannya antara ada freon di dalam AC dengan Vacuum. Vacuum untuk memastikan pipa Freon bersih.

      Terima kasih sudah berkunjung dan bertanya ke website kami.

      Reply
  • Aan

    Saya : ntar pasang ac baru di vakum gak?
    Tk ac : ndak usah divakum.. ntar saya jamin aman/joss
    Saya : lho saya baca di internet pasang ac wajib di vakum?
    Tk ac : itu teori boss.. saya pasang ac udah lama.. tanpa saya vakum, pelanggan tidak ada yg komplain. Ac sampai skrg juga aman2 aja.. ntar ada teorinya sendiri tanpa vakum waktu pasang pipa nya.. jadi tetep aman meski gak divakum..
    Itu percakapan saya sekilas sama tukang ac langganan saya. Saya langganan ac udah 10 thn lebih. Dan tukang ac saya ini termasuk jujur dan bagus pengerjaan nya.. sampe toko2 elektro sering memakasi jasanya dan mendapat rekom dr org2/temen2 kalo dia baik/jujur/murah…
    Mohon petunjuk nya.. soalnya rencana mau pasang baru ac daikin high inventer dalam minggu ini.. tukang ac menyarankan tanpa vakum.. sedang saya baca di internet wajib di vakum untuk pasang ac baru… bagaimana ini pak? Mohon petunjuknya 🙂 terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Tetep wajib vakum pak.

      Di body Outdoor AC Panasonic malah lebih extreme. Ada stiker tulisan pasang wajib pake pipa 0.6mm dan di vacuum kalo ga garansi ga berlaku.

      Daikin si ga ada stiker se sadis itu, tapi tetep kalo nanti rusak pas masa garansi dan ketauan sama Daikin kalo rusak gara2 ga di vacuum garansinya angus loh.

      Intinya AC Freon R22 ga divacuum ga papa, kalo R32 Oli-nya beda… dia Sintetis. Kalo kena uap air ato debu mikroskopik kerjanya langsung ga bisa 100%.

      Ud banyak kok yang cerita dan testimoni kalo AC Di vacuum jadinya lebih dingin…

      Ya terserah Bapak Kalo teknik yang teknisi anda bilang itu dibuang dikit freonnya buat flushing pipa. Kalo menurut SOP Daikin dan Panasonic sih tindakan itu TIDAK cukup untuk memastikan 100% tidak ada uap air atau debu mikroskopik yang akan tercampur dengan freon dan masuk kompressor.

      Memang dari dulu sebenernya masang AC harus di vacuum, di luar negeri juga semua pasang AC dari dulu di vacuum. Cuman di negara kita aja pada males karena buang2 waktu dan alat vacuum harganya mahal.

      Reply
  • ghozi

    Sore admin,

    Saya tertarik dg artikel anda mengenai artikel ini, mengenai pipa harus bagaimana, persiapan apa. Saya pikir ga semua pemasang AC paham. Saya ingin menggunakan AC high inverter daikin 1PK, sedang saya lokasi di cikampek. Bisa bantu ga ya? untuk semua biaya saya siap. Mohon infonya. Trimakasih.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Mohon maaf atas keterlambatan pembalasan comment anda.

      Seperti yang mungkin anda bisa lihat, website kami sedang kena serangan hacker sehingga hasil di Google kacau semua. Tapi tampilan website kalau sudah dibuka baik baik saja.

      Kami sedang dalam proses terus untuk mengembalikan website kami seperti semula.

      Oke untuk masalah anda bisa saja kami pasang di Cikampek tapi ongkos transportnya cukup mahal yaitu Rp. 400.000,-

      Kalau anda tidak masalah sih kami juga tidak masalah Pak, karena kami pun sudah sering pasang ke Sentul, Bogor, dan juga ke Cikarang, Bekasi dsb.

      Adapun harga ACnya adalah Rp. 6.250.000,- Diluar transport.

      harga tersebut sudah termasuk ongkos pasang, pipa Freon HODA 5m, kabel listrik NYM 3×2.5 5m, drain air 2m, bracket dan proses pem vaccum an

      Terima kasih atas kunjungan, pertanyaan dan pujian anda.

      Reply
  • anwar

    Dear

    pak kalau ac R32 sudah di pasang sama teknisi. tapi tidak di vacum, apa harus intallasi lagi
    mohon solusinya

    salam
    anwar

    Reply
    • Web_Admin

      SElamat siang,

      Kalau sudah dipakai belum di vacuum sebenarnya sudah kasep pak alias sudah terlambat.

      Kalau mau di kuras freon, flushing, vacuum dan isi freon lagi pun AC-nya sebenernya tidak akan bisa kerja 100% lagi, palign 95 – 97% Tapi ya daripada ga di kuras dan vacuum lagi malah lebih parah Pak.

      Jadi ya kalau bisa dikuras freonnya trus di flushing, vacuum dan isi ulang freon ya Pak.

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Rifaldy

    Selamat Siang ,

    Mas maaf sebelumnya mengganggu, saya mau bertanya, saya sudah pasang ac panasonic 1 PK menggunakan freon R32, setelah di running kondisi bagus dan dingin, tapi kenapa ya amperenya naik terus melebihi batas di nameplatenya, outdoornya saya pasang di dalam kamar mandi, apakah itu bisa mempengaruhi, sehingga ampere bisa naik ?, atau ada penjelasan lain terkait ampere ini. mohon penjelasannya

    Terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk Outdoor AC memang seharusnya tidak boleh diletakan di ruangan tertutup, jadi pembuangan udara panasnya tidak bisa maksimal.

      Ini yang menyebabkan arus kerja Outdoor AC jadi lebih tinggi dari seharusnya karena membutuhkan tenaga ekstra untuk memompa gas freon dari Outdoor ke Indoor.

      Oke terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • Didit

    Selamat siang,

    Saya punya 1 unit AC baru daikin High Inverter tapi belum terpasang. Bisa dirinci gak pak untuk biaya pemasangan termasuk materialnya, alamt saya di Depok. Kamar saat ini sdh ada AC lama yang artinya ada bongkar ac lama juga. Terima kasih sebelumnya

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Mohon maaf untuk saat ini kami belum menerima jasa pemasangan yang unitnya tidak dibeli melalui kami.

      Bukan sombong loh ya, tapi karena memang jadwal pemasangan kami sendiri sudah luar biasa penuh setiap harinya.

      terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • wijaya

    sore pak,

    mau nanya saya rencana mau ganti daikin 1 pk yg r32 malaysia. pipa ac yg sekarang sudah sempat diganti ke merek saeki 1 thn yg lalu namun ac saya sekarang r22. apakah pipa acnya msh bisa dipakai untuk r32?

    trus kalo mau beli dgn anda tanpa mengganti pipa kira2 totalnya brapa ya pak?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalau pipa lama sudah SAEKI sudah tidak perlu ganti pipa, paling hanya flushing Nitrogen atau gas R11 dan di vacuum.

      harga AC Daikin 1PK Malaysia FTV25AXV14 – Rp. 3.600.000,-

      sudah termasuk ongkos pasang, copot AC lama, dan proses pem vaccum an

      belum termasuk transport tergantung lokasi anda dimana

      Teirma kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *