POSTED BY Web_Admin | Mar, 06, 2015 |

Halo National Elektronik kembali lagi dengan artikel AC Inverter apakah benar merupakan AC hemat listrik dan berkualitas. Kali ini kami akan membongkar mitos yang menghantui banyak konsumen dan calon konsumen pengguna AC di Indonesia. Mari kita telusuri satu per satu rumor yang beredar yang mengatakan:

1. AC Inverter tidak dingin atau kurang dingin dibanding AC non-inverter

2. AC Inverter lebih lama mendinginkan suhu ruangan dibanding AC non-inverter

3. AC Inverter repot, susah dan mahal perawatannya termasuk spare partnya dan isi freonnya

4. AC Inverter bukan AC hemat listrik alias bohong hematnya atau pemakaian listriknya sama saja bahkan lebih boros dari AC non-inverter

5. AC Inverter lebih cepat rusak dibanding AC non-inverter

Apakah anda pernah mendengar kabar seperti diatas? Kami ingin meluruskan dan mejabarkan dengan jujur semua rumor diatas.

Oke kita mulai penjabarannya yah.

1. AC Inverter tidak dingin atau kurang dingin? Well rumor ini mulai beredar sejak kemunculan AC inverter pertama kali di Indonesia. Hal ini terjadi karena semua AC Inverter pada saat itu menggunakan Freon R410A yang sudah ramah lingkungan dan tidak melubangi ozone lagi. Dengan trade-off memiliki angka index dingin yang lebih rendah dibanding AC non-inverter yang semua merk masih menggunakan R22.

Freon R410A secara cooling index memang kalah dingin dari R22 apalagi R32 yang baru muncul bulan Januari 2015 kemarin. Oleh karena konsumen sudah terbiasa memakai AC dengan Freon R22 sejak jaman baheula, begitu menggunakan AC Inverter dengan Freon R410A jadi merasa kurang atau tidak dingin AC-nya. Untuk lebih jelasnya silakan baca artikel perbedaan Freon R32, R22 dan R410A kami.

Solusinya gunakan AC Inverter Daikin dan Panasonic karena semua tipe nya sudah menggunakan Freon R32. Niscaya anda tidak akan lagi merasa AC Inverter tidak dingin atau kurang dingin. Tapi tentu saja PK AC anda harus cukup ya untuk mendinginkan ruangan anda. Cara supaya tahu kita harus pakai AC berapa PK dapat anda baca di artikel cara menghitung kebutuhan AC ruangan anda.

Untuk mengetahui perbedaan tipe ac Daikin silahkan kunjungi artikel tipe AC Daikin. Untuk yang Panasonic silahkan kunjungi tipe AC Panasonic.

Kemudian satu lagi, AC Inverter lebih stabil menjaga suhu ruangan karena kompressor tidak pernah mati selama ber operasi tidak seperti AC konvensional yang kompressornya mati-hidup-mati-hidup. Jadi salah satu penyebab AC Inverter dianggap kurang dingin adalah karena perbedaan fluktuasi suhu ruangan yang hanya sedikit dibanding AC non-Inverter

Mari kita lihat gambar dibawah ini (silakan klik gambar untuk memperbesar, tapi kalo sudah liat DI CLOSE jendelanya yah, tapi pencet BACK supaya bisa balik lagi ke artikel ini hehehehe)

AC Inverter lebih stabil menjaga suhu ruangan

Jadi pada saat kita set suhu remote di 25 derajat, selama PK AC mencukupi untuk mendinginkan ruangan, suhu ruangan akan antara 23 sampai 27 derajat, sedangkan bila menggunakan AC Inverter, suhu ruangan hanya akan antara 24 – 26 derajat. Ini yang menyebabkan pengguna merasa AC non-Inverter mereka lebih dingin dibanding AC yang menggunakan teknologi Inverter. Kalau pake AC non-Inverter kan suhu ruangan mungkin akan pernah mencapai 23 derajat… 2 derajat dibawah suhu yang diminta.. Terang aja rasanya lebih dingin. Jadi bukan berarti AC Inverter ga dingin yah. Kalau pake AC Inverter anda tidak perlu mematikan AC lagi jam 4 pagi misalnya karena kedinginan… Karena suhu yang kita set di remote akan jauh lebih stabil disitu.

 

2. AC Inverter lebih lama dinginnya. Pernyataan ini salah total ini memang ada hubungannya dengan jenis Freon yang digunakan, namun kalau masalah pendinginan secara scientific harusnya membuat ruangan lebih cepat dingin daripada AC non-Inverter karena memiliki Btu yang lebih besar.

Sebagai contoh AC Daikin Standard Thailand 1PK memiliki kemampuan mendinginkan ruangan atau Btu sebesar 9.300 sedangkan AC Daikin Premium Inverter 1PK memiliki rentang Btu 4.100 – 12.300. Jadi pada saat AC baru pertama kali dinyalakan Btu yang dikeluarkan AC Inverter 1PK bisa mencapai 12.300 (alias naik kapasitas ke 1.5PK) dibanding 9.300 konstan. Jadi dalam waktu yang lebih singkat suhu ruangan akan turun. Jadi sekali lagi saya tekankan kalau AC Inverter lebih lama dinginnya salah besar ya. Ingat gunakan AC Daikin Inverter atau Panasonic Inverter dengan Freon R32 kalau mau berasa dingin banget ya. Apalagi kalau pakai Panasonic Aero Inverter atau Elite Inverter, mereka memiliki teknologi iAutoX. Jadi teknologi tersebut bisa membuat semburan angin sangat kencang ditambah teknologi Econavi Dual Sensor yang bisa “mengejar” manusia di dalam ruangan supaya dalam 20 menit pertama terkena semburan angin supaya lebih cepet merasa dingin, dan setelah 20 menit, sirip AC akan bergerak keatas agar anda tidak kedinginan. Canggih kan?

 

3. AC Inverter repot, susah dan mahal perawatannya termasuk isi freonnya. Well pernyataan ini juga salah. Mengapa? Karena perawatannya sama saja dengan AC non-inverter yaitu harus rajin dicuci 3 bulan sekali, atau 2 bulan sekali kalau ada yang merokok di dalam ruangan atau anda tinggal di daerah dekat laut seperti di Pantai Indah Kapuk, Pluit, Muara Karang, Kelapa Gading, Ancol, Pantai Mutiara, dll. Dan cuci ACnya pun harus menggunakan air PAM yah, bukan air tanah, karena air tanahnya mengandung garam yang bisa membuat AC cepat karatan. Kecuali anda memiliki Filter air di rumah anda. Untuk lebih jelasnya kami persilahkan membaca artikel bagaimana cara menggunakan AC agar awet dan hemat listrik.

Selebihnya memang untuk isi Freon lebih mahal AC Inverter karena menggunakan Freon R410A dan R32, ya sama aja karena sekarang semua AC di Indonesia pakenya Freon R410a atau R32. Lagipula kalau memang dari pertama pemasangan ACnya sudah benar AC rumah anda TIDAK PERLU diisi-isi ulang Freonnya setiap kali service AC. Kami sampai membuatkan artikelnya khusus tentang perlukah isi ulang Freon AC?

Kalau soal spare part, well kalo misalnya kompressor AC rusak, mau Inverter atau non-Inverter, ya sama-sama mahaallllll… Kalo uda rusak kompressor sangat tidak disarankan cuman ganti kompressor. Kenapa? Karena kalo cuman ganti kompressor, kan semua part AC yang lain sudah tua jugaaaaa… Tetep ga bakal bisa maksimal seperti baru lagi, dan part-part yang lain pun sudah tinggal tunggu umur rusak aja. Jadi tetep mending beli AC baru.

 

4. AC Inverter bukan AC hemat listrik, konsumsi dayanya sama saja bahkan lebih boros dari AC non-inverter. Nah untuk pernyataan yang ini agak repot karena bisa benar bisa tidak tergantung cara penggunaan AC-nya dan merk AC-nya.

Oke kita bahas AC Panasonic ya. Untuk AC Aero Inverter Panasonic 1PK daya listriknya 225 – 920 Watt. Jadi pada saat AC menyala daya listrik yang tersedot adalah bisa sampai 920 Watt biar ruangan lebih cepat dingin. Setelah suhu ruangan tercapai konsumsi listrik akan turun bahkan bisa turun sampai 225 Watt terutama pada dini hari. Nah masalahnya sekarang kalau di remote kita set suhu 16 atau 17 derajat… Mau jam berapapun pun suhu ruangan tidak akan mencapai suhu tersebut jadi daya listriknya bisa-bisa terus di 920 Watt!!!! Kalaupun turun paling ke 730 Watt… Sedangkan kalau kita setel suhu remote 24 atau 25 misalnya. Suhu tersebut sangat mungkin tercapai pada malam hari hingga dini hari sehingga konsumsi listriknya bisa turun sampai 225 Watt, kecuali PK AC tidak cukup untuk mendinginkan ruangan yah.

Jadi kalau memang anda mau tetap pasang suhu remote di 16 atau 17 mending pake AC Low watt ajah. Daya listrik AC Alowa Panasonic 1PK cuman 660Watt…. itu lebih hemat dari AC Inverter Panasonic… DIJAMIN! Ga perlu beli AC Inverter mahal-mahal… Oke… sudah jelas ya. Pokoknya kalau suhu remote sudah 24 anda pada dini hari tidak kedinginan berarti PK AC anda TIDAK CUKUP untuk mendinginkan ruangan atau AC anda kotor atau AC anda ada mengalami masalah lainnya.

Jadi tolong jangan ngeyel maunya set suhu remote 16 atau 17 terus yaaaaa, boros banget loh listriknya…

Jadi kesimpulannya, AC Inverter Inverter adalah AC HEMAT LISTRIK! Jangan mau dengarkan toko-toko atau tukang pasang yang tidak mengerti dan asal ngomong saja. Selama pemasangan AC-nya benar, menggunakan pipa freon dengan ketebalan MINIMUM 0.6mm, pada saat pemasangan AC SEBELUM katup freon AC pertama kali dibuka, pipanya di VACUUM dulu. Lalu dicuci setiap 2 sampai 3 bulan sekali dan PK AC mencukupi ruangan, AC Inverter dijamin akan menjadi AC hemat listrik yang akan membantu menghemat pengeluaran listrik anda sampai 2.7jt per tahun!

Mari kita buat perhitungan seberapa hemat pemakaian AC Inverter yah:

Tabel perbandingan AC 1PK Daikin Premium Inverter FTKM25SVM4 dengan Standard Thailand FTC25NV14 digunakan di ruangan kamar tidur di lantai 1, ditinggali 2 orang, tidak kena matahari, ukuran ruangan 13m2, tinggi plafon 3m. Setting remote suhu 25, Fan Speed AUTO, Eye sensor di Daikin Premium Inverter dimatikan.

Waktu Suhu Luar Daikin FTKM25SVM4 Daikin FTC25NV14
Dari Sampai Konsumsi Tagihan Konsumsi Tagihan
Daya (watt) Listrik / jam Daya (Watt) Listrik / jam
18:00 19:00 28 500 Rp. 765 780 Rp. 1.195
19:00 20:00 28 500 Rp. 765 780 Rp. 1.195
20:00 21:00 28 400 Rp. 612 780 Rp. 1.195
21:00 22:00 27 400 Rp. 612 780 Rp. 1.195
22:00 23:00 27 300 Rp. 459 780 Rp. 1.195
23:00 00:00 26 300 Rp. 459 780 Rp. 1.195
00:00 01:00 26 220 Rp. 336 780 Rp. 1.195
01:00 02:00 25 220 Rp. 336 780 Rp. 1.195
02:00 03:00 25 185 Rp. 283 780 Rp. 1.195
03:00 04:00 25 185 Rp. 283 780 Rp. 1.195
04:00 05:00 25 185 Rp. 283 780 Rp. 1.195
05:00 06:00 26 185 Rp. 283 780 Rp. 1.195
TOTAL 3.580 Rp. 5.476 9.360 Rp. 14.340

Note: asumsi diatas adalah perhitungan 1 Kwh = Rp. 1.531 (sedangkan harga per kWh naik terus setiap tahunnya, bahkan bisa 2 kali naik dalam setahun)

Nah sekarang mari hitung bila 1 hari pemakaian AC Daikin Premium Inverter 1PK membutuhkan biaya Rp. 5.476 x 30 hari = Rp. 164.280,- maka dalam setahun biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp. 164.280,- x 12 bulan = Rp. 1.971.360,-

Sekarang kita hitung pemakaian per hari AC non-Inverter yang membutuhkan biaya Rp. 14.340 x 30 hari = Rp. 430.200,- maka dalam setahun biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp. 430.200 x 12 bulan = Rp. 5.162.400,-

Anda akan berhemat sebesar Rp. 5.162.400 – Rp. 1.971.360 = Rp. 3.191.040,- per tahun. Cukup banyak kan?

Mari kita lihat perbedaan harga unit AC-nya

AC Daikin 1PK Premium Inverter Freon R32 tipe FTKM25SVM4 – Rp. 7.525.000,- (Btu 4.100 – 11.600, 185 – 920 Watt)

AC Daikin 1PK Standard Thailand Freon R32 tipe FTC25NV14 – Rp. 3.850.000,- (Btu 9.300, 780 Watt)

Perbedaan harganya hanya 3.675.000 Rupiah! Baru setahun lebih dikittttttt udah balik modal loh… Setelah itu anda terus menikmati hemat listriknya setiap hari selama bertahun-tahunnnn…..

Masih mau bilang AC Inverter bukan AC hemat listrik? Dan hemat listriknya disini berbeda dengan tipe Watt rendah (AC Panasonic ALOWA atau AC Gree C3) Dimana AC tipe Low watt atau watt rendah menahan kinerja kompressor sehingga ruangan lebih lama mencapai suhu yang diinginkan, AC Inverter malah lebih cepat mendinginkan ruangan karena memiliki Btu yang lebih besar pada saat start awal.

 

5. AC Inverter lebih cepet rusak dibanding AC non-Inverter. Well AC tipe Inverter adalah tipe top of the line untuk semua pabrikan AC. Dan semuanya dibuat bukan di Indonesia atau China namun di Malaysia untuk Panasonic dan di Thailand, Ceko, atau Jepang tergantung tipe Inverternya untuk Daikin. Masa iya yang buatan import malah lebih jelek dan cepet rusak dibanding buatan lokal atau China? silakan dijawab sendiri.

Sekali lagi saya pastikan kalau dari awal pemasangan AC sudah benar mengikuti prosedur seperti di vakum dahulu, pakai pipa dengan ketebalan MINIMAL 0.6mm, flaring pipa freon-nya benar, kemudian panjang pipa freon dan perbedaan ketinggian juga sudah mengikuti standard pabrikan, ditambah rutin dicuci atau di service setiap 2 sampai 3 bulan sekali, niscaya AC Inverter justru lebih awet dibanding AC non-Inverter.

Oke udah panjang banget neh artikelnya. Capek ngetiknya. Semoga setelah ini semua keraguan akan AC Inverter terutama yang merk Daikin akan hilang yah. Dan anda sebagai konsumen tidak mudah lagi percaya kabar-kabar yang tidak bisa dipertanggung jawabkan.

Tidak lupa kami juga masih memiliki artikel-artikel menarik lainnya seperti:

1. Apakah perlu isi ulang Freon AC?

2. Apakah AC Inverter benar – benar bagus dan hemat listrik?

3. Cara menggunakan AC agar awet dan hemat listrik

4. Cara menghitung kebutuhan PK AC sesuai ruangan

5. Semua yang harus anda tahu tentang AC Low Watt dan AC Inverter

6. Mengapa Ongkos pasang AC Freon R32 lebih mahal?

7. Perbedaan Freon R22, R32 dan R410A

8. Penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin

9. Perbedaan Tipe AC Daikin

10. Harga AC Daikin 2018

11. Perbedaan tipe AC Panasonic

12. Harga AC Panasonic 2018

13. Brosur AC Daikin

14. Pengangkatan National Elektronik sebagai Daikin AC Shop

15. Tips dan trik menggunakan AC Inverter

16. AC Daikin Multi S

17. Testimoni AC Daikin di Kaskus

18. Emang AC Gree bagus? Kan buatan China

19. Harga AC Gree 2018

20. Tipe AC Gree apa saja dan perbedaannya

21. Bocoran AC Gree 2018

22. Launching AC Daikin Line Up 2018

23. Review Daikin Inverter Flash 1PK FTKQ25SVM4

24. Apaan sih COP dan EER itu?

 

Kami persilahkan anda membacanya juga yah…

Oke silahkan tunggu artikel kami berikutnya yah… yang pasti tetap dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti dan sarat dengan informasi seperti artikel AC Inverter ini.

Apabila anda tertarik untuk membeli AC Daikin, AC Panasonic atau AC Gree silahkan hubungi kami melalui halaman contact us, telepon hotline kami di (021) 737 5155 , 737 5156 , 7369 0753 Atau boleh juga menggunakan WA atau email langsung ke [email protected]

Sampai jumpa.

Artikel dibuat oleh:

Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
Follow me on Instagram and Twitter @samuellumentut
National Elektronik

Artikel diperbarui terakhir pada tanggal: 24 November 2018

TAGS :
  • Anisa

    Kalau ac 1/2 pk Yang inverter ngaruh gak? Soalnya banyak Yang bilang, AC inverter ngaruh d 1 pk ke atas Saja. Makasih sebelum nya jk berkenan mwnjawab

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      1/2PK Inverter tentu ngaruh kalo digunakan di ruangan yang tepat. Yaitu maksimal 9m2 dengan tinggi plafon tidak lebih dari 3m.

      Terima kasih sudah bertanya kepada kami.

      Btw sapa yang bilang AC Inverter ngaruh di 1PK keatas saja? sini debat sama saya hehehehe…

      Reply
      • Anisa

        Waah makasih sudah d Jawab. Akhirnya setelah saya baca semua artikel d web ini. Saya udh beli AC daikin inverter 3/4 PK. Eh tp bukan Yang smile, Yang flash
        Kamar saya kecil, gak lebih Dr 9m2. Tp krna 2 balita Masih belum bisa pisah kamar, jd tidur nya suka rame2. Setelah d hitung pake rumus Dr artikel. Dapet 5900 btu
        Kira2 keputusan saya tepat gak yah beli Yang flash inverter 3/4. Hehe Mohon Saran

        Reply
        • Web_Admin

          Tepat sekaleeeeehhhhhh…

          Bagus banget kamar 9m2 pake Flash 3/4PK cocok banget Bu.

          Dipake di listrik 900 Watt kuat kok.

          Asal kalau mau nyalain alat listrik yang makan watt gede seperti pompa air, ACnya dinyalain duluan tunggu 20 menit biar wattnya turun baru nyalain deh

          Niscaya ga jebret listriknya.

          Reply
  • Nurul Nugrahani

    Selamat Sore Min,
    Min saya mau tanya.
    Saya mau beli AC untuk penggunaan rumah tipe 29 (model apartment)
    Hanya 1 kamar dan ruang tamu kecil.
    Setiap hari saya tinggal kerja, cuma ada sabtu minggu di rumah.
    Cuma di rumah ada kucing-kucing saya, jadi rencana akan sering nyala.
    Ada saran pemakaian tidak?
    Karena saya masih bingung.
    Saya butuh 1 AC yg bisa mendinginkan ruang kamar dan ruang tamu sekaligus.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Wah kalo ga ada ukurannya cuman tipe 29 susah.

      Saya juga ga tau ukuran kamar dan ruang tamunya berapa.

      Ga ada gambar denah rumahnya?

      Kalo ga ada paling itung ubin. Jadi tau panjang dan lebar masing2 ruangan berapa

      Abis itu baru bisa ditentukan pakai ACnya yang berapa PK.

      Terima kasih ya sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • russa

    halo min mau tanya . daikin inv ftkq20 apa normal ketika kita pegang pipa bagian yg buat sambungan outdoor ada sedikit setrum ? atau ada salah instalasi nya ya ?? maaf baru pertama x make inverter.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Harusnya sih ga ada setrum ya.. Mungkin pasang ACnya kabel grounding-nya ngga di konek.

      Tegangan listrik rumahnya stabil apa ngga ya? mesti di cek dulu.

      Terima kasih.

      Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Terima kasih ya atas pujiannya.

      Jangan lupa ceritakan soal website kami ke teman, saudara dan semua rekan anda agar manfaat-nya bisa dirasakan oleh banyak orang hehehehe…

      Terima kasih sekali lagi sudah mau mampir dan membaca artikel kami.

      Reply
  • Muah

    Pagi..
    Saya mw tanya.. Kl s rmh daya ny 1300 watt.. Trs d rmh ad kulkas 2 pintu.. Kl pake ac inverter 1pk.. Kira² ngejepret ga y
    . kuat ga y??

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Bisa aja kalo pake Inverter yang bagus. Seperti Daikin High Inverter 1PK FTKV25 yang sudah langka banget barangnya karena sudah discontinued.

      Atau pake Daikin Premium Inverter 1PK FTKM25, tapi harganya mayan bikin kaget karena sekitar 8jt termasuk pasang.

      Kalo pake tipe Inverter selain itu dikawatirkan bisa jebret listriknya karena watt maksimum yang bisa menyentuh angka 1000an watt.

      Sedangkan FTKV25 hanya 850, yang FTKM25 hanya 830 watt maksimumnya, dan bakalan cepet turun ke 400an kalo uda nyala 30 menit (tergantung luas ruangan juga sih)

      Oke semoga sudah jelas ya…

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *