POSTED BY Web_Admin | Mar, 01, 2021 |

UPDATE 1: Kalau mau respon cepat, selain menghubungi nomer telepon toko di (021) 737 5155 / 737 5156 / 737 5157 / 7369 0753 anda dapat menghubungi nomor WA team sales kami ya di

0813 1777 5157

 

ac low watt Vs AC Inverter Panasonic 1PK CS-S10PKP

Sejak kemunculan AC Low Watt dan AC Inverter, sering sekali pertanyaan mengenai AC Low Watt dan AC Inverter yang kami terima… Beberapa pertanyaan yang paling sering diajukan kami rangkum dibawah ini. Jawaban dari semua pernyataan ini adalah hanya untuk merk Panasonic dan Daikin sebagai 2 merk terbaik AC di Indonesia bahkan di dunia yang toko kami jual.

 

1. Lebih irit mana AC Low Watt sama AC Inverter?

AC Low Watt memiliki Watt yang stabil yang lebih rendah sejak AC dinyalakan. contoh (1PK standard Panasonic 780 Watt Vs 660 Watt untuk tipe Alowa atau Alowa Deluxe) Sedangkan untuk tipe Inverter Watt-nya bervariasi dari 225 – 920 Watt dengan cara kerja pada waktu Start Watt AC akan 920 Watt untuk mempercepat pendinginan, dan pada saat suhu ruangan sudah sama dengan suhu remote, kinerja kompressor akan dikurangi sehingga watt bisa turun sampai 225.

Nah untuk menjawab pertanyaan lebih irit mana, tergantung dari pemakaian. Kalau AC sering dinyala-matikan seperti contoh di ruangan main anak dimana AC hanya nyala 2 atau 3 jam dan mungkin tidak setiap hari menyala, AC Low Watt tentu lebih hemat daripada tipe Inverter. Berbeda dengan misalnya AC untuk kamar tidur dimana AC mungkin menyala sekitar 10 – 12 jam per hari bahkan mungkin bisa nyala seharian pas weekend, listrik AC Inverter tentu saja lebih irit karena mampu menurunkan daya hingga 225 Watt terutama di dini hari sekitar pukul 2 – 5 pagi.

Contoh lain seperti di ruangan Karaoke. Salah satu klien kami, Happy Puppy Karaoke Keluarga juga memiliki pertanyaan yang sama, untuk ruang karaoke mereka meminta saran untuk penggunaan AC yang paling irit. Kami memberikan saran AC Alowa Panasonic dengan Watt rendah bukan AC Inverter karena AC di ruangan karaoke hanya dinyalakan apabila ruangan akan digunakan. Begitu customer selesai menggunakan ruangan karaoke, AC akan segera dimatikan. Oleh karena itu kami menyarankan AC dengan Watt rendah.

 

2. AC Inverter lebih mahal dibanding yang Low Watt, worth it ga ya? apa nggak mendingan beli yang low watt aja, lebih murah?

Pertanyaan kedua ini juga sering sekali ditanyakan oleh customer kami. Jawabannya simpel. AC Inverter memang lebih mahal bahkan bisa berbeda lebih dari 1.5 juta rupiah. Sebagai contoh, AC Daikin tipe Standard Thailand 1PK (FTC25NV14) harganya Rp. 4.550.000 termasuk pasang, pipa freon HODA 3m, kabel listrik SUPREME 3×2.5 3m, drain air 2m dan bracket untuk menggantung outdoor. Sedangkan harga AC Daikin Premium Inverter 1 PK (FTKM25SVM4) adalah Rp. 8.225.000 termasuk pasang, pipa freon HODA 3m, kabel listrik SUPREME 3×2.5 3m, drain air 2m, bracket untuk menggantung outdoor dan proses Vacuum sesuai SOP Daikin.

Banyak customer kami yang bilang “ah mahal amat AC Inverter bedanya sampe nyaris 2x lipat!” Well, apabila AC tersebut dinyalakan sepanjang malam setiap harinya, dalam waktu kurang lebih 1 tahun, anda akan balik modal, dan setelah itu anda dapat menikmati hemat listrik dan turun-nya jumlah tagihan listrik yang harus anda bayarkan tiap bulannya. Kalau mau lihat berapa Rupiah yang dapat dihemat dengan menggunakan AC Inverter, kami sarankan anda membaca artikel kami yang Apakah AC Inverter adalah AC hemat listrik? dimana di artikel tersebut kami membongkar habis semua mitos AC Inverter dan rumor yang beredar tentang AC Inverter.

Kemudian AC tipe Inverter merupakan AC top of the line bagi merk Daikin dan Panasonic, jadi tentu saja AC tipe tersebut telah dilengkapi dengan segala kecanggihan teknologi. Sebagai contoh AC Panasonic Premium Inverter 1 PK telah dilengkapi teknologi Aerowings, P-Tech, iAutoX, Nanoe-G yang dapat menetralisir virus, bakteri, asap rokok, bahkan virus flu burung yang ada di udara, dan di permukaan sofa atau tempat tidur. Sedangkan di tipe Alowa (Watt rendah) teknologi tersebut tidak tersedia.

Sama juga di Daikin Inverter versus Daikin Standard Thailand. Di Daikin Inverter telah dilengkapi dengan sensor keberadaan manusia dan filter PM2.5 yang bisa menyaring partikel sampai ukuran 2.5 mikron (1/7 rambut manusia), bisa atur kelembaban ruangan dan memiliki fitur COANDA cooling sedangkan di Daikin tipe standard Thailand dengan Watt standard tidak dilengkapi fitur tersebut. Jadi sebenarnya anda memperoleh kelebihan dari harga yang anda bayarkan. BTW kalau anda bingung dengan segala fitur-fitur yang ada di AC Panasonic, anda dipersilahkan membaca artikel yang menjelaskan perbedaan tipe AC Panasonic. Dan kalau ingin mengetahui perbedaan AC Daikin silahkan di klik.

 

3. Outdoor AC Low Watt lebih berisik ya dibanding AC Inverter atau AC tipe lain?

Nah untuk pertanyaan ini, jujur dari pengalaman kami jawaban kami adalah YA. AC Low Watt menggunakan kompressor dengan daya lebih kecil dari AC tipe lainnya, kalaupun tidak berarti mereka memotong kinerja kompressor sehingga Watt yang digunakan lebih rendah dari tipe standard atau tipe lainnya. Oleh karena itu Outdoor AC Low Watt menjadi lebih berisik dibanding tipe Inverter. Hal ini berlaku untuk merk Panasonic, untuk AC Daikin sih toko kami tidak pernah menerima complaint kalau Outdoornya berisik.

 

4. Jadi kalo kinerja kompressor dipotong AC Low Watt jadi kurang dingin dong?

AC Low Watt mungkin saja memotong kinerja kompressor, namun untuk masalah dingin kami yakin PASTI SAMA dengan AC tipe lain. AC Low Watt memiliki kemampuan mendinginkan ruangan yang sama dengan AC tipe lain, hanya saja waktu yang dibutuhkan untuk mencapai suhu yang diinginkan menjadi lebih lama dibanding AC standard dengan Watt 780 versus Watt 660 untuk tipe Low Watt, karena kerja kompressor yang tidak sekuat AC dengan Watt lebih besar.

 

5. Freon R22 kan sudah dilarang di Indonesia trus kalo R22 dilarang, gantinya apa dong?

Gantinya R22 adalah R32, dimana Freon tersebut tidak merusak ozone bahkan memiliki angka index dingin 160, jadi akan terasa jauh lebih dingin di kulit bahkan dari Freon R22. Kekurangannya adalah Freon R32 lebih mudah terbakar dibanding R22 atau R410A, namun tidak perlu takut ataupun ragu, karena lebih mudah terbakar disini hanya beda sedikit dan sama sekali tidak berbahaya. Daikin adalah pabrikan AC pertama di dunia yang menerapkan Freon R32 di line up AC mereka dimulai bulan Januari 2015 di Indonesia, diikuti oleh Panasonic yang juga akan mulai menjual produk AC Split yang menggunakan Freon R32 mulai Februari 2015. Untuk mengetahui perbedaan Freon R32, R22, dan R410A kami persilahkan anda membaca artikel perbandingan Freon R32 kami. Silahkan klik link sebelum ini. Atau silahkan langsung buka halaman tipe AC Panasonic dan tipe AC Daikin kami untuk langsung melihat AC tipe mana yang cocok digunakan untuk anda.

 

6. Jadi boleh ga dirangkum kelebihan dan kekurangan AC Low Watt dan AC Inverter, terus mending pake yang mana?

Oke Untuk AC Low Watt:
–> Kelebihan:
– Jauh lebih murah jauh dari AC Inveter
– Kalau AC sering dinyala-matikan sebentar-sebentar, lebih hemat pemakaian listriknya

–> Kekurangan:
– Untuk mencapai suhu yang diinginkan lebih lama dibanding AC Inverter
– Outdoor lebih berisik dibanding tipe Inverter
– Karena dianggap memiliki kasta dibawah tipe Inverter, teknologi yang disematkan di dalam tipe ini tidak selengkap tipe Inverter
– Kalau AC nyala lama lebih dari 4 jam per hari, tipe Inverter lebih hemat pemakaian listriknya

Untuk AC Inverter:
–> Kelebihan:
– Merupakan AC Top of the line untuk Panasonic dan Daikin sehingga memiliki semua teknologi yang dimiliki masing-masing merk
– Jauh lebih cepat mendinginkan ruangan dibandingkan tipe Low Watt, terutama dengan teknologi iAutoX Panasonic, AC Inverter Panasonic menjadi AC yang paling cepat mendinginkan ruangan di Indonesia.
– Semakin lama AC dinyalakan, semakin hemat pemakaian listriknya dan hematnya pun cukup dahsyat bisa mencapai lebih dari 2 juta Rupiah per tahun bahkan lebih bila TDL (Tarif Dasar Listrik) di Indonesia naik terus (dan memang naik terus kan setahun bisa 2 kali bahkan lebih)

–> Kekurangan:
– Jauh lebih mahal dibandingkan tipe Low watt
– Kalau AC sering dinyala-matikan akan lebih boros konsumsi listrik dibandingkan tipe Low Watt, dan apabila setting suhu-nya salah, penghematannya jadi tidak berarti. Maksudnya? silahkan baca artikel cara menggunakan AC kami dimana kami menjabarkan cara yang benar untuk penggunaan AC agar lebih hemat listrik dan AC lebih awet.

Mau pakai yang mana? sesuaikanlah dengan bujet awal pembelian AC dan cara penggunaan AC itu sendiri, apakah sering dinyala-matikan atau nyala sepanjang malam. Oleh karena itu untuk tipe Inverter biasanya kami WAJIBKAN penggunaannya untuk kamar tidur utama dan anak. Untuk kamar tidur tamu (yang jarang ditempati), kamar bermain, ruang tamu, ruang keluarga, dapur dan ruangan-ruangan lainnya yang memang tidak terlalu sering digunakan atau digunakan paling hanya 2 – 3 jam per hari, boleh gunakan tipe Low Watt atau tipe Standard.

Oke, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Kami juga memiliki berbagai artikel lainnya, silakan langsung dibaca aja ya:

1. Apakah perlu isi ulang Freon AC?

2. Apakah AC Inverter benar – benar bagus dan hemat listrik?

3. Cara menggunakan AC agar awet dan hemat listrik

4. Cara menghitung kebutuhan PK AC sesuai ruangan

5. Semua yang harus anda tahu tentang AC Low Watt dan AC Inverter

6. Mengapa Ongkos pasang AC Freon R32 lebih mahal?

7. Perbedaan Freon R22, R32 dan R410A

8. Penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin

9. Perbedaan Tipe AC Daikin

10. Harga AC Daikin 2022

11. Perbedaan tipe AC Panasonic

12. Harga AC Panasonic 2022

13. Brosur AC Daikin

14. Pengangkatan National Elektronik sebagai Daikin AC Shop

15. Tips dan trik menggunakan AC Inverter

16. AC Daikin Multi S

17. Testimoni AC Daikin di Kaskus

18. Emang AC Gree bagus? Kan buatan China

19. Harga AC Gree 2022

20. Tipe AC Gree apa saja dan perbedaannya

21. Bocoran AC Gree 2019

22. Launching AC Daikin Line Up 2018

23. Review Daikin Inverter Flash 1PK FTKQ25SVM4

24. Apaan sih COP dan EER itu?

25. AC Panasonic si Biru CS-LN Series

26. Pindah AC jadi ga dingin?

27. AC Multi Split Panasonic

28. Air Purifier Daikin

 

 

Oleh karena itu, jangan ragu lagi untuk mempercayakan pembelian, pemasangan maupun service AC anda kepada kami. Kami berjanji memberikan pelayanan yang terbaik bagi anda dengan harga yang kompetitif. Anda dapat menghubungi kami sekarang baik melalui halaman contact us, lewat email ke [email protected] ataupun menghubungi hotline kami di (021) 737 5155, 737 5156, 7369 0753 atau gunakan semua cara yang ada diatas baik lewat FB, IG, YM atau WA yah.

Sampai jumpa di artikel berikutnya yang pasti sarat dengan informasi yang berguna agar anda sebagai konsumen tidak mudah ditipu oleh para penjual AC yang tidak bertanggung-jawab mau asal laku dan untung banyak 🙂

Artikel dibuat oleh:

Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
Follow me on Instagram and Twitter @samuellumentut
National Elektronik

Artikel diperbarui terakhir pada tanggal: 24 maret 2022

TAGS :
  • Hana

    Halo.. kalo untuk kamar tidur, pagi dan siang itu kadang suka dinyalain pas anak tidur sekitar 1-2 jam, nah malem baru full nyala sampe pagi. Jadi kira2 lebih baik pake yg mana? Karena rencannya pgn ganti AC. Thanks

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kamar tidur mau penggunaan bagaimanapun ga ada pilihan lain selain menggunakan AC Inverter, karena toh kalau malam hari pasti bakal nyala semaleman.

      Jadi memang kamar tidur itu WAJIB menggunakan AC Inverter.

      Oke semoga sudah jelas ya

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • Jule

    Min,

    Berdasarkan hasil baca2 bbrp artikel di web ini, saya menyimpulkan untuk ruang tamu / keluarga yg hanya nyala skitar 4 jam per hari, harus pilih low watt ya? Pertanyaan saya, Daikin yg low watt yg tipe apa ya? Karna saya hanya lihat inverter dan standard di price list min.

    Thank you.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Ya memang Untuk ruang tamu yang nyala hanya 4 jam mungkin lebih baik pakai AC non-inverter.

      Nah Daikin memang tidak punya tipe Low Watt, jadi kalau memang mau pakai Daikin harus pake tipe Inverter.

      Kalau mau pakai tipe Standard saja yang seri FTC, tidak terlalu besar kok wattnya.

      Atau kalau mau pake Low Watt untuk ukuran diatas 1PK ada pake merk Gree, tapi lagi2 diatas 1PK, tipe Low watt itu ga jauh beda wattnya dengan yang tipe Standard ya.

      Untuk harga dengan pemasangan, jadwal pemasangan dll silakan langsung hubungi team sales kami melalui

      telepon: 021 – 737 5155 / 737 5156 / 737 5157 / 7369 0753

      atau WA langsung ke

      Ibu Nana – 08 7777 267 203
      Ibu Mega – 0878 8787 7212
      Ibu Esty – 0856 9222 0976
      Ibu Ririn – 0838 6651 7360

      Atau bisa email ke [email protected]

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami

      Reply
  • Mahestri

    Selamat siang..

    Saya ada rencana mau pasang AC untuk ruang keluarga ukuran ruangan 2.85 x 6.55 dengan tinggi plafon 3 M. Kemungkinan pemakaian hanya untuk siang hari sampe sore..atau malan saat cuaca emang sedang panas.

    Kira kira tipe AC apa yg cocok untum yg tipe low watt.

    Terima kasih sebelumnya

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Sorry ya telat bales komen nya.

      Untuk ruang keluarga ukuran 2.85 x 6.55 dibutuhkan AC 1.5PK.

      Tidak perlu menggunakan AC Inverter kalau memang tidak tiap hari menyala ACnya.

      Bisa coba menggunakan Panasonic Standard CS-PN12UKJ atau bisa coba Gree Standard 1.5PK GWC-12MOO3.

      AC Low watt diatas 1PK sudah sangat tidak efektif dan beda konsumsi dayanya terlalu tipis untuk men-justify perbedaan harganya.

      Jadi silakan coba gunakan 2 tipe tadi ya.

      Untuk harga dengan pemasangan, jadwal pemasangan dll silakan langsung hubungi team sales kami melalui

      telepon: 021 – 737 5155 / 737 5156 / 737 5157 / 7369 0753

      atau WA langsung ke

      Ibu Nana – 08 7777 267 203
      Ibu Mega – 0878 8787 7212
      Ibu Esty – 0856 9222 0976
      Ibu Ririn – 0838 6651 7360

      Atau bisa email ke [email protected]

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami

      Reply
  • Anastasia

    Selamat pagi,

    Saya ingin bertanya, kalau untuk keperluan kantor dengan luas (p x l x t) nya 11m x 3,5m x 10m, dan AC akan menyala selama 8 jam, sebaiknya AC apa yang dibeli dan berapa jumlahnya?

    Terima kasih.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kantor tinggi plafonnya 10m? beneran? trus ini diisi berapa orang ya?

      Kalau untuk ruangan kosong ukuran 11 x 3.5 sih butuh sekitar 3PK untuk kondisi plafon sekitar 3m, tapi kalau sampai 10m tinggi langit2nya harus dikali 2 jadi 6PK

      Itupun belum hitung jumlah orang yang ada di ruangan ya.

      Mohon diinfo ke kami kembali ya.

      Terima kasih

      Reply
  • Sunu

    Mlam pak. Rencna pasang ac dikamar ukuran kmar 3x3x3….klo siang kmar kena sinar matahari. Listrik 1300. Cocok pakai ac tipe apa

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kamar 3x3x3 kena sinar matahari disarankan menggunakan AC Inverter 3/4PK

      Namun bila atap kamar dari dak beton atau asbes, akan lebih irit lagi menggunakan AC 1PK

      Jadi pilihannya

      Daikin Inverter Flash 3/4PK FTKQ20

      atau kalau mau 1PK disarankan

      Gree Inverter F1 1PK GWC-09F1.. Itu lebih irit listrik dibanding Daikin Inverter Flash 1PK FTKQ25
      Untuk harga dengan pemasangan, jadwal pemasangan dll silakan langsung hubungi team sales kami melalui

      telepon: 021 – 737 5155 / 737 5156 / 737 5157 / 7369 0753

      atau WA langsung ke

      Ibu Nana – 08 7777 267 203
      Ibu Mega – 0878 8787 7212
      Ibu Esty – 0856 9222 0976
      Ibu Ririn – 0838 6651 7360

      Atau bisa email ke [email protected]

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami

      Reply
  • Dwi Hernanto

    Selamat siang, saya rencana mau beli ac antara daikin atau panasonic. Untuk kamar 3x4x3 dinyalakan sekitar pukul 18.00 samp jam 07.00, yang mau saya tanya :
    1. cocok pake yang berapa pk….?
    2. Cocok pake jenis dan tipe apa ac nya…..? Berikut harganya.

    Terimakasih sebelumnya….

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kamar 3x4x3 nyala 13 jam per hari wajib menggunakan AC Inverter 1PK.

      Untuk Daikin disarankan menggunakan Daikin Inverter Smile 1PK FTKC25TVM

      Untuk Panasonic disarankan menggunakan AC Panasonic Premium Inverter 1PK CS-XU10VKP

      Untuk harga dengan pemasangan, jadwal pemasangan dll silakan langsung hubungi team sales kami melalui

      telepon: 021 – 737 5155 / 737 5156 / 737 5157 / 7369 0753

      atau WA langsung ke

      Ibu Nana – 08 7777 267 203
      Ibu Mega – 0878 8787 7212
      Ibu Esty – 0856 9222 0976
      Ibu Ririn – 0838 6651 7360

      Atau bisa email ke [email protected]

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami

      Reply
  • Jenni Marxy

    Malem , untuk penjelasanya bagus bgt .. awalnya emang mau beli antara daikin atau panasonic tapi masih awam bgt soal per ac an . Saya niatnya mau pasang ac untuk kamar saya dan bayi . Uk kamar 2,5×2,5 kurang lebih . Dipakainya niatnya buat tidur malam – pagi .. daya Listrik cuma 900watt . Yng cocok pkai ac apa ? Tapi kamar saya itu ada jendelanya apakah itu perlu di tutup/buntu ? Terimakasih mohon penjelasanya

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalau kamarnya bener hanya 2.5 x 2.5 bisa menggunakan AC Daikin Inverter Flash 1/2PK FTKQ15.

      Tapi kalo tidak yakin dan mulai menyentuh 3×3 kamarnya akan jauh lebih irit listrik menggunakan Daikin Inverter Flash 3/4PK FTKQ20.

      Menggunakan Inverter Flash 3/4PK di listrik 900 Watt juga masih bisa kok tapi mesti mengikuti saran kami ya…

      Pas awal nyala set suhu 28.

      Setelah 15 menit nyala set suhu 27.

      Setelah 30 menit nyala set suhu 26.

      Kalau 26 udah dingin yaudah biarin aja… Kalo kurang baru turunin lagi ke 25.

      kalau mengikuti cara diatas niscaya ga sampe jebret listrik rumahnya.

      Untuk harga dengan pemasangan, jadwal pemasangan dll silakan langsung hubungi team sales kami melalui

      telepon: 021 – 737 5155 / 737 5156 / 737 5157 / 7369 0753

      atau WA langsung ke

      Ibu Nana – 08 7777 267 203
      Ibu Mega – 0878 8787 7212
      Ibu Esty – 0856 9222 0976
      Ibu Ririn – 0838 6651 7360

      Atau bisa email ke [email protected]

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami

      Reply
  • Dili

    Keren nih reviewnya, manfaat.
    Tanya dong, kl kamar tidur ukuran 3×6 bagusnya pakai AC yg brp pk dan type apa ya. Tks

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Terima kasih banyak untuk pujiannya. Jangan lupa ceritakan soal website kami ke semua teman, keluarga, saudara dan rekan kerja anda ya…

      Untuk kamar 18m2 dibutuhkan AC Inverter 1.5PK baru bisa dingin dan hemat listrik maksimal.

      Silakan dipilih antara Daikin Inverter Smile 1.5PK FTKC35 atau Daikin Premium Inverter 1.5PK FTKM35 atau Panasonic Premium Inverter 1.5PK CS-XU13

      sisanya efisiensi nya tidak sebagus 3 tipe diatas ya.

      Untuk harga dengan pemasangan, jadwal pemasangan dll silakan langsung hubungi team sales kami melalui

      telepon: 021 – 737 5155 / 737 5156 / 737 5157 / 7369 0753

      atau WA langsung ke

      Ibu Nana – 08 7777 267 203
      Ibu Mega – 0878 8787 7212
      Ibu Esty – 0856 9222 0976
      Ibu Ririn – 0838 6651 7360

      Atau bisa email ke [email protected]

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami

      Reply
  • Rizky Fajar

    Pak,misal kapasitas listrik drmh 4 ampere atau 900VA
    Ccoknya pake ac 1/2 pk low watt atau standar ?ukuran kamar skitar 3x3m
    Peralatan listrik lain yg agk besar pompa air standar,dispenser, kullkas, kipas angin kcil,

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kamar 3×3 sebenernya paling irit menggunakan 3/4PK Inverter…

      Tapi mengingat listrik rumah hanya 900 Watt… Ya mau ga mau hanya bisa pake 1/2PK Low Watt ya…

      Bisa coba gunakan Gree Low Watt 1/2PK GWC-05C3E… Itu Watt-nya 330…

      Jadi masih ada sisa buat yang lain ya.

      Untuk harga dengan pemasangan, jadwal pemasangan dll silakan langsung hubungi team sales kami melalui

      telepon: 021 – 737 5155 / 737 5156 / 737 5157 / 7369 0753

      atau WA langsung ke

      Ibu Nana – 08 7777 267 203
      Ibu Mega – 0878 8787 7212
      Ibu Esty – 0856 9222 0976
      Ibu Ririn – 0838 6651 7360

      Atau bisa email ke [email protected]

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami

      Reply
  • Kurniawan

    Selamat siang pak,
    Informasi yg disajikan mantab pake data teknis & detail utk ilustrasi konsumsi listriknya. Ada 3 pertanyaan & request pak:
    1. Ambil contoh AC 0,5PK data teknis arus inputnya 2 Ampere, apakah ini maksudnya konsumsi maksimal 2 x 220 = 440 W?
    2. Minta saran AC utk kmr tidur uk. (P) 3 x (L) 4 x (T) 3 nyala rutin dr jam 6 sore s.d. 7 pagi set suhu 24-26, kadang pas siang dinyalain buat tidur
    3. Request pak review & analisis konsumsi AC Sharp 1PK AH-XP10VXY dooong ….
    Trima kasih pak

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Terima kasih atas pujiannya… Coba dijawab ya

      1. Contoh AC 1/2PK arus inputnya 2A maksudnya adalah AC rated wattnya adalah 440 Watt. Jadi kalau kerjanya dibawah itu pastiin tekanan freon normal supaya arus inputnya tercapai. Kalau arus kerjanya diatas itu ada kemungkinan freon kebanyakan, ada kemungkinan sudah tua ac nya minta diganti karena ampere sudah tinggi…

      2. Untuk kamar tidur tidak ada tipe lain selain tipe Inverter sih. kalau ruangan 3x4x3 paling bagus pake 1PK Inverter. Pake 3/4PK Inverter bisa dingin tapi ga bakal sehemat pake 1PK Inverter. Tapi pastiin 1PK Inverternya yang COP-nya bagus ya seperti Gree F1 Inverter atau Daikin Premium Inverter atau Panasonic Premium Inverter ya… Karena not all Inverter are created equal…

      Banyak yang memang memiliki teknologi Inverter tapi efisiensi nya masih buruk walo ga separah ac standard ya…

      3. Mohon maaf karena kami bukan dealer Sharp ya jadi ga etis ya kalo kasi review dan analisis hehehehehe… Kami baru saja teken kontrak dengan Midea sih, jadi nanti akan banyak review soal Midea juga.

      Oke terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Windy

    Halo min, bermanfaat banget nih artikelnya. Tp sayang habis beli ac nya dan pasang baru kebaca. Ternyata lebih irit inverter ya. Tau gt kemarin pilih yg inverter. Tp karena lebih mahal jdnya beli yg low watt. Saya mau tanya, saya baru beli ac panasonic alowa yg tipe cx xn9tkj (low watt). Jd kan cr kerjanya kipas outdoor akan berhenti jika suhu ruangan sudah dingin. Dan akan jalan lagi kipasnya ketika ruangan mulai berubah panas suhunya. Nah pada saat kipas mulai jalan lagi apakah konsumsi daya listriknya balik seperti tarikan awal sebesar 660w atau ada penurunan?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Terima kasih atas pujiannya ya…

      Nah selain AC Inverter, Watt-nya hanya 2 ya… 0 dan maximum.

      Jadi kalo pas kompressor nyala lagi (ditandai dengan kipas outdoor menyala) ya wattnya langsung 660 Watt lagi.

      Oke semoga sudah jelas ya..

      Terima kasih sekali lagi atas pujiannya.

      Reply
  • Fita

    Sel. Malam pak,,

    Artikel bpk sangat informatif.
    Mau tanya pak. Dirumah kampung saya listrik 900watt. Dan sdh pake AC sharp 1/2pk yg standard kalo g salah 360watt. Mau pasang lg dikamar satu lg. Kira2 bisa tidak ya? Kamar yg ada Ac nya ini hanya dipakai saat org2 nya pd mudik saja. Dirumah ada TV tabung 21inch dinyalain kalo malem aja paling 2/3jam. Kulkas sharp 1pintu,pompa air yg g otomatis (dipakai saat pagi&sore isi toren sja),setrika dipakai kalo perlu (biasanya sminggu sekali),magic com tp g pernah dipakai untuk masak nasi hanya menghangatkan saja. Kira2 konsumsi listriknya paling itu aja paling lampu. Lampu pun kalo tdur dimatikan smua hnya 2 atau 3 yg nyala. Pemakaian ac semaleman & saat tdur siang yaitu abis dzuhur smpe sore. Krna ada bayi2 yg sdh terbiasa pake ac saat dirumah sndri. Pas mudik mreka g bs tiduuuur. Ampuuun deh,,😆

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Wah kalo cuman 900 Watt pake 2 AC susah…

      tetep harus naik ke 1300 minimal biar aman.

      Takutnya kalo sering jebret listriknya malah rusak nanti AC dan alat2 listrik lainnya.

      Oke semoga sudah jelas ya

      Terima kasih atas pujiannya.

      Reply
  • Ketrin

    Saya mau tanya dgn kapasitas listrik 1300 watt bisa ga ya pasang ac inverter 1.5 pk?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Wah untuk daya 1300 Watt terlalu mepet kalo pasang Inverter 1.5PK.

      Bisa aja sih tapi mesti repot dikit. Jadi pada saat awal dinyalakan langsung pencet mode low watt, atau dari awal dinyalakan suhu nya dibuat 28 dulu, trus diturunin pelan2 setiap 15 menit sekali. Sampe tinggal 25 atau 24 gitu. Harusnya kuat kalo begitu.

      itupun harus pake tipe yang Inverter Smile ya FTKC35 atau Premium Inverter FTKM35.

      Kalo yang Inverter Flash FTKQ35 daya maksimumnya bisa sampe 1.455 Watt takutnya jebret listriknya pas nyala walaupun sudah pencet mode low watt.

      Terima kasih

      Reply
  • Arif ramadhan

    Siang pak.,saya mau pake ac di toko 3×4 ,hidup ac nya dri jm 9 smpai jm 9 mlm.,bUat yg lebih hemat pakai yg mana ya low atau inverter dan brapa pk dn buget beli acnya yg standr aj,mohon dbls mkasi mimin

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Wah kalau ACnya nyala 12 jam ga pake Inverter sih bayar listriknya boncos banget loh nanti… Bisa kaget karena biaya listriknya sangat besar.

      Karena AC-nya kan harus pake ukuran 1PK.

      Sedangkan pake Inverter bedanya paling sejutaan lebih dikit tapi biaya listriknya juauhhhhhhh lebih murah per bulannya.

      Kalo sehari nyala 12 jam, paling 8 sampe 9 bulan perbedaan harga ACnya sudah ketutup. Setelah itu bakal terus menikmati hemat listriknya bertahun-tahun ke depan.

      Untuk harga dan jadwal pemasangan silakan langsung hubungi toko saja ya via telepon atau WA

      021-737 5155, 737 5156, 737 5157 atau 7369 0753
      atau
      WA – 08 7777 267 203 (Ibu Nana)
      WA – 0878 8787 7212 (Ibu Mega)
      WA – 0838 6651 7360 (Ibu Ririn)

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • Anindyaasrii

    Artikel bapak sangat membantu sekali, saya mau tanya pak. Rencana mau pasang AC di kamar ukuran 3x3x3 m menghadap ke barat, ,siang sampai sore panas, kemudian outdoor tidak ada yg teduh, ingin menggunakan AC saat panas saja, sekitar jam 10 pagi sampai jam 5 sore/8 jam sehari dengan suhu sejuk 27, daya hanya 1300 W, dipakai untuk TV LED 2, kulkas 1, tagihan Listrik 350 sampai 450 rb perbulan, baiknya saya menggunakan AC tipe apa, dan saya ingin hemat listrik, budget bulanan tdk lebih dari 600rb per bulan. Mohon sarannya ya pak. Terimakasih.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalau untuk ruangan anda sebenernya wajib pakai Daikin Inverter Flash 3/4PK FTKQ20 – Rp. 5.050.000,-

      Harga diatas sudah termasuk ongkos pasang, pipa Freon HODA 5m, kabel listrik SUPREME 3×2.5 5m, drain air 2m, bracket Outdoor dan proses Vacuum sesuai SOP Daikin

      belum termasuk transport tergantung lokasi pemasangan AC dimana

      Itu harusnya sebulan listrik cuman bertambah 150 sampai 200rb saja dengan set suhu 26 atau 27.

      Dan dijamin tetep dingin pada siang hari.

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Hari wibowo

    Pg pak…
    Mau tnya … kok ac sy panasonic alowa 1/2 pk…klo tiap.dinyalakan pasti bunyi kreot kreot ya?
    Tp itu pas baru dinyalakan…klo suhu dah stabil g bunyi..apakah stiap ac low watt bgitu smua ya ?
    Tlg responya pak

    Mksh

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Udah berapa lama ACnya?

      Trus kapan terakhir dicuci/service rutin?

      Kalo kotor bisa bunyi2 juga sih, kalo ga laher ato motor swingnya uda berumur jadi rusak bisa juga.

      Coba telp Panasonic deh 0804 1 111 111 minta mereka cek kondisinya.

      Tapi kalo memang sudah lebih dari 2 atau 3 bulan dicuci lebih baik dicuci dulu ACnya.

      Oke terima kasih.

      Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Daikin 1/2PK ada banyak tipe.

      Kamarnya ukuran berapa?

      Kalau untuk kamar tidur disarankan menggunakan Daikin Inverter Flash 1/2PK FTKQ15 – Rp. 4.900.000,-

      Harga diatas sudah termasuk ongkos pasang, pipa Freon HODA 5m, kabel listrik SUPREME 3×2.5 5m, drain air 2m, bracket Outdoor dan proses Vacuum sesuai SOP Daikin

      Belum termasuk transport Rp. 100.000 ya

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Robert

    Selamat siang.,
    Mohon info.
    Utk kamar 4×4,kalo pake tipe inverter 1/2 PK , target dingin sekitar 24C..apakah bisa tercapai efisiensi listrik? Daya total dirumah cuma 2200W…dsn sdu banyak terpaksi utk alatW electronic yg lain
    .jd hrs nyari yg terendah utk AC nya..
    Thks

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      wah kamar 4×4 membutuhkan Btu 9.600 supaya dingin dan hemat listrik.

      Inverter 1/2PK Btu-nya 5.100 dan maksimumnya 6.500. Kalo dipake di ruangan 4×4 boro2 mau nyampe suhu 24. Paling banter suhu ruangan bisa mencapai 26. 25 mungkin bisa pas subuh atau lagi hujan badai.

      Jangan ngomongin efisiensi listrik kalo sudah begini hehehehe..

      kamar 4×4 WAJIB menggunakan Inverter 1PK itu aja udah minimum banget.

      Kalo emang maunya ngejer efisiensi listrik pake 1.5PK akan jauh lebih hemat dibanding pake Inverter 1PK.

      Kalo listrik ga cukup dan ga bisa tambah daya, dan tetep mau pake 1/2PK pake tipe standard aja… cuman 390 wattnya

      kalo pake 1/2PK inverter wattnya bakal di 580 terus ga turun2… lebih boros dari 1/2PK standard dan sama2 ga dingin kamarnya.

      Terima kasih ya sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Anindita

    Halo Om, websitenya informatif banget. Bikin saya manteb beli daikin. Tapi saya agak nyesel karena baca-baca commentnya setelah beli unitnya. Tau gitu saya ambil inverter aja..
    Gini om,saya sudah beli daikin standar thai 1/2 dan 3/4 PK, rumah saya listriknya 1300 watt. Kalau nambah 1 ac lagi untuk kamar 3x3m bisa ga ya, dan kalau bisa rekomendasinya apa? Di rumah ada kulkas, tv, ricecooker, led tv. Mohon jawabannya ya Om suhu. Terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Terima kasih banyak atas pujiannya.

      Wah sayang banget ya udah pakenya cuman yang tipe standard.

      Untuk rumah listrik 1.300 Watt sudah amat sangat tidak memungkinkan menggunakan 3 unit AC.

      Saat ini aja kalau 2 AC menyala watt yang disedot sudah 1.023 Watt…

      Sisa sedikit buat alat listrik lain.

      Mau ga mau mesti tambah daya ke 2.200 watt kalau mau tambah 1 AC lagi. Kalau nanti sudah selesai tambah daya baru deh beli AC Daikin Inverter Flash 1/2PK atau 3/4PK ya buat kamar 3x3nya tergantung lokasi kamarnya.

      Terima kasih ya sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Firman sup

    Siang pak..
    Mau tanya. Apa betul daikin ftm series, outdoornya mudah overheating? Penempatan hrs bnr2 teduh.
    Kata tukang service lbh brani ambil R410 drpd R32, apakah betul pak?
    Terima kasih pak..

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Ngga juga Pak.

      Semua pabrikan AC sudah memikirkan kok kalau outdoor dijemur tidak ada masalah.

      Kalau lebih panas trus kapasitas AC bisa turun pasti namanya juga dijemur.. tapi kalo sampe overheating ya ngga juga.

      ga ada pengaruhnya pake AC r410 atau r32. Sama pasti tahan panas. Bukan berarti pake r410 outdoor jadi lebih tahan panas.

      OKe semoga sudah jelas ya.

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
      • Firman sup

        Baik pak.. Terima kasih.
        Ini ada penawaran ac second pak, tetangga. Br pake 3 bln tipe daikin ftm25JV14. Hrg 2,3. Orgnya mau pindahan, pindah tugas. Berani ambil gak ya pak? Struk, kartu garansi, box masi lengkap.

        Reply
        • Web_Admin

          Selamat siang,

          AC Daikin FTM25JV sendiri sudah discontinued sih sejak Agustus 2018, dan digantikan dengan tipe Daikin Inverter Flash.

          Tapi masih dijamin sih ketersediaan spare partnya sampai 10 tahun ke depan.

          memang ACnya mau digunakan di kamar ukuran berapa?

          Jangan sampe kurang PK.

          Terserah Bapak sih. Kami tidak berani main rekomendasikan karena tidak melihat secara langsung ACnya.

          Tapi tipe Deluxe sih memang bagus. Hanya sayang karena masih tipe non-Inverter jadi ya listriknya ga bisa turun.

          Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

          Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *