POSTED BY Web_Admin | Mar, 01, 2021 |

UPDATE 1: Kalau mau respon cepat, selain menghubungi nomer telepon toko di (021) 737 5155 / 737 5156 / 737 5157 / 7369 0753 anda dapat menghubungi nomor WA team sales kami ya di

0813 1777 5157

 

ac low watt Vs AC Inverter Panasonic 1PK CS-S10PKP

Sejak kemunculan AC Low Watt dan AC Inverter, sering sekali pertanyaan mengenai AC Low Watt dan AC Inverter yang kami terima… Beberapa pertanyaan yang paling sering diajukan kami rangkum dibawah ini. Jawaban dari semua pernyataan ini adalah hanya untuk merk Panasonic dan Daikin sebagai 2 merk terbaik AC di Indonesia bahkan di dunia yang toko kami jual.

 

1. Lebih irit mana AC Low Watt sama AC Inverter?

AC Low Watt memiliki Watt yang stabil yang lebih rendah sejak AC dinyalakan. contoh (1PK standard Panasonic 780 Watt Vs 660 Watt untuk tipe Alowa atau Alowa Deluxe) Sedangkan untuk tipe Inverter Watt-nya bervariasi dari 225 – 920 Watt dengan cara kerja pada waktu Start Watt AC akan 920 Watt untuk mempercepat pendinginan, dan pada saat suhu ruangan sudah sama dengan suhu remote, kinerja kompressor akan dikurangi sehingga watt bisa turun sampai 225.

Nah untuk menjawab pertanyaan lebih irit mana, tergantung dari pemakaian. Kalau AC sering dinyala-matikan seperti contoh di ruangan main anak dimana AC hanya nyala 2 atau 3 jam dan mungkin tidak setiap hari menyala, AC Low Watt tentu lebih hemat daripada tipe Inverter. Berbeda dengan misalnya AC untuk kamar tidur dimana AC mungkin menyala sekitar 10 – 12 jam per hari bahkan mungkin bisa nyala seharian pas weekend, listrik AC Inverter tentu saja lebih irit karena mampu menurunkan daya hingga 225 Watt terutama di dini hari sekitar pukul 2 – 5 pagi.

Contoh lain seperti di ruangan Karaoke. Salah satu klien kami, Happy Puppy Karaoke Keluarga juga memiliki pertanyaan yang sama, untuk ruang karaoke mereka meminta saran untuk penggunaan AC yang paling irit. Kami memberikan saran AC Alowa Panasonic dengan Watt rendah bukan AC Inverter karena AC di ruangan karaoke hanya dinyalakan apabila ruangan akan digunakan. Begitu customer selesai menggunakan ruangan karaoke, AC akan segera dimatikan. Oleh karena itu kami menyarankan AC dengan Watt rendah.

 

2. AC Inverter lebih mahal dibanding yang Low Watt, worth it ga ya? apa nggak mendingan beli yang low watt aja, lebih murah?

Pertanyaan kedua ini juga sering sekali ditanyakan oleh customer kami. Jawabannya simpel. AC Inverter memang lebih mahal bahkan bisa berbeda lebih dari 1.5 juta rupiah. Sebagai contoh, AC Daikin tipe Standard Thailand 1PK (FTC25NV14) harganya Rp. 4.550.000 termasuk pasang, pipa freon HODA 3m, kabel listrik SUPREME 3×2.5 3m, drain air 2m dan bracket untuk menggantung outdoor. Sedangkan harga AC Daikin Premium Inverter 1 PK (FTKM25SVM4) adalah Rp. 8.225.000 termasuk pasang, pipa freon HODA 3m, kabel listrik SUPREME 3×2.5 3m, drain air 2m, bracket untuk menggantung outdoor dan proses Vacuum sesuai SOP Daikin.

Banyak customer kami yang bilang “ah mahal amat AC Inverter bedanya sampe nyaris 2x lipat!” Well, apabila AC tersebut dinyalakan sepanjang malam setiap harinya, dalam waktu kurang lebih 1 tahun, anda akan balik modal, dan setelah itu anda dapat menikmati hemat listrik dan turun-nya jumlah tagihan listrik yang harus anda bayarkan tiap bulannya. Kalau mau lihat berapa Rupiah yang dapat dihemat dengan menggunakan AC Inverter, kami sarankan anda membaca artikel kami yang Apakah AC Inverter adalah AC hemat listrik? dimana di artikel tersebut kami membongkar habis semua mitos AC Inverter dan rumor yang beredar tentang AC Inverter.

Kemudian AC tipe Inverter merupakan AC top of the line bagi merk Daikin dan Panasonic, jadi tentu saja AC tipe tersebut telah dilengkapi dengan segala kecanggihan teknologi. Sebagai contoh AC Panasonic Premium Inverter 1 PK telah dilengkapi teknologi Aerowings, P-Tech, iAutoX, Nanoe-G yang dapat menetralisir virus, bakteri, asap rokok, bahkan virus flu burung yang ada di udara, dan di permukaan sofa atau tempat tidur. Sedangkan di tipe Alowa (Watt rendah) teknologi tersebut tidak tersedia.

Sama juga di Daikin Inverter versus Daikin Standard Thailand. Di Daikin Inverter telah dilengkapi dengan sensor keberadaan manusia dan filter PM2.5 yang bisa menyaring partikel sampai ukuran 2.5 mikron (1/7 rambut manusia), bisa atur kelembaban ruangan dan memiliki fitur COANDA cooling sedangkan di Daikin tipe standard Thailand dengan Watt standard tidak dilengkapi fitur tersebut. Jadi sebenarnya anda memperoleh kelebihan dari harga yang anda bayarkan. BTW kalau anda bingung dengan segala fitur-fitur yang ada di AC Panasonic, anda dipersilahkan membaca artikel yang menjelaskan perbedaan tipe AC Panasonic. Dan kalau ingin mengetahui perbedaan AC Daikin silahkan di klik.

 

3. Outdoor AC Low Watt lebih berisik ya dibanding AC Inverter atau AC tipe lain?

Nah untuk pertanyaan ini, jujur dari pengalaman kami jawaban kami adalah YA. AC Low Watt menggunakan kompressor dengan daya lebih kecil dari AC tipe lainnya, kalaupun tidak berarti mereka memotong kinerja kompressor sehingga Watt yang digunakan lebih rendah dari tipe standard atau tipe lainnya. Oleh karena itu Outdoor AC Low Watt menjadi lebih berisik dibanding tipe Inverter. Hal ini berlaku untuk merk Panasonic, untuk AC Daikin sih toko kami tidak pernah menerima complaint kalau Outdoornya berisik.

 

4. Jadi kalo kinerja kompressor dipotong AC Low Watt jadi kurang dingin dong?

AC Low Watt mungkin saja memotong kinerja kompressor, namun untuk masalah dingin kami yakin PASTI SAMA dengan AC tipe lain. AC Low Watt memiliki kemampuan mendinginkan ruangan yang sama dengan AC tipe lain, hanya saja waktu yang dibutuhkan untuk mencapai suhu yang diinginkan menjadi lebih lama dibanding AC standard dengan Watt 780 versus Watt 660 untuk tipe Low Watt, karena kerja kompressor yang tidak sekuat AC dengan Watt lebih besar.

 

5. Freon R22 kan sudah dilarang di Indonesia trus kalo R22 dilarang, gantinya apa dong?

Gantinya R22 adalah R32, dimana Freon tersebut tidak merusak ozone bahkan memiliki angka index dingin 160, jadi akan terasa jauh lebih dingin di kulit bahkan dari Freon R22. Kekurangannya adalah Freon R32 lebih mudah terbakar dibanding R22 atau R410A, namun tidak perlu takut ataupun ragu, karena lebih mudah terbakar disini hanya beda sedikit dan sama sekali tidak berbahaya. Daikin adalah pabrikan AC pertama di dunia yang menerapkan Freon R32 di line up AC mereka dimulai bulan Januari 2015 di Indonesia, diikuti oleh Panasonic yang juga akan mulai menjual produk AC Split yang menggunakan Freon R32 mulai Februari 2015. Untuk mengetahui perbedaan Freon R32, R22, dan R410A kami persilahkan anda membaca artikel perbandingan Freon R32 kami. Silahkan klik link sebelum ini. Atau silahkan langsung buka halaman tipe AC Panasonic dan tipe AC Daikin kami untuk langsung melihat AC tipe mana yang cocok digunakan untuk anda.

 

6. Jadi boleh ga dirangkum kelebihan dan kekurangan AC Low Watt dan AC Inverter, terus mending pake yang mana?

Oke Untuk AC Low Watt:
–> Kelebihan:
– Jauh lebih murah jauh dari AC Inveter
– Kalau AC sering dinyala-matikan sebentar-sebentar, lebih hemat pemakaian listriknya

–> Kekurangan:
– Untuk mencapai suhu yang diinginkan lebih lama dibanding AC Inverter
– Outdoor lebih berisik dibanding tipe Inverter
– Karena dianggap memiliki kasta dibawah tipe Inverter, teknologi yang disematkan di dalam tipe ini tidak selengkap tipe Inverter
– Kalau AC nyala lama lebih dari 4 jam per hari, tipe Inverter lebih hemat pemakaian listriknya

Untuk AC Inverter:
–> Kelebihan:
– Merupakan AC Top of the line untuk Panasonic dan Daikin sehingga memiliki semua teknologi yang dimiliki masing-masing merk
– Jauh lebih cepat mendinginkan ruangan dibandingkan tipe Low Watt, terutama dengan teknologi iAutoX Panasonic, AC Inverter Panasonic menjadi AC yang paling cepat mendinginkan ruangan di Indonesia.
– Semakin lama AC dinyalakan, semakin hemat pemakaian listriknya dan hematnya pun cukup dahsyat bisa mencapai lebih dari 2 juta Rupiah per tahun bahkan lebih bila TDL (Tarif Dasar Listrik) di Indonesia naik terus (dan memang naik terus kan setahun bisa 2 kali bahkan lebih)

–> Kekurangan:
– Jauh lebih mahal dibandingkan tipe Low watt
– Kalau AC sering dinyala-matikan akan lebih boros konsumsi listrik dibandingkan tipe Low Watt, dan apabila setting suhu-nya salah, penghematannya jadi tidak berarti. Maksudnya? silahkan baca artikel cara menggunakan AC kami dimana kami menjabarkan cara yang benar untuk penggunaan AC agar lebih hemat listrik dan AC lebih awet.

Mau pakai yang mana? sesuaikanlah dengan bujet awal pembelian AC dan cara penggunaan AC itu sendiri, apakah sering dinyala-matikan atau nyala sepanjang malam. Oleh karena itu untuk tipe Inverter biasanya kami WAJIBKAN penggunaannya untuk kamar tidur utama dan anak. Untuk kamar tidur tamu (yang jarang ditempati), kamar bermain, ruang tamu, ruang keluarga, dapur dan ruangan-ruangan lainnya yang memang tidak terlalu sering digunakan atau digunakan paling hanya 2 – 3 jam per hari, boleh gunakan tipe Low Watt atau tipe Standard.

Oke, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Kami juga memiliki berbagai artikel lainnya, silakan langsung dibaca aja ya:

1. Apakah perlu isi ulang Freon AC?

2. Apakah AC Inverter benar – benar bagus dan hemat listrik?

3. Cara menggunakan AC agar awet dan hemat listrik

4. Cara menghitung kebutuhan PK AC sesuai ruangan

5. Semua yang harus anda tahu tentang AC Low Watt dan AC Inverter

6. Mengapa Ongkos pasang AC Freon R32 lebih mahal?

7. Perbedaan Freon R22, R32 dan R410A

8. Penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin

9. Perbedaan Tipe AC Daikin

10. Harga AC Daikin 2022

11. Perbedaan tipe AC Panasonic

12. Harga AC Panasonic 2022

13. Brosur AC Daikin

14. Pengangkatan National Elektronik sebagai Daikin AC Shop

15. Tips dan trik menggunakan AC Inverter

16. AC Daikin Multi S

17. Testimoni AC Daikin di Kaskus

18. Emang AC Gree bagus? Kan buatan China

19. Harga AC Gree 2022

20. Tipe AC Gree apa saja dan perbedaannya

21. Bocoran AC Gree 2019

22. Launching AC Daikin Line Up 2018

23. Review Daikin Inverter Flash 1PK FTKQ25SVM4

24. Apaan sih COP dan EER itu?

25. AC Panasonic si Biru CS-LN Series

26. Pindah AC jadi ga dingin?

27. AC Multi Split Panasonic

28. Air Purifier Daikin

 

 

Oleh karena itu, jangan ragu lagi untuk mempercayakan pembelian, pemasangan maupun service AC anda kepada kami. Kami berjanji memberikan pelayanan yang terbaik bagi anda dengan harga yang kompetitif. Anda dapat menghubungi kami sekarang baik melalui halaman contact us, lewat email ke [email protected] ataupun menghubungi hotline kami di (021) 737 5155, 737 5156, 7369 0753 atau gunakan semua cara yang ada diatas baik lewat FB, IG, YM atau WA yah.

Sampai jumpa di artikel berikutnya yang pasti sarat dengan informasi yang berguna agar anda sebagai konsumen tidak mudah ditipu oleh para penjual AC yang tidak bertanggung-jawab mau asal laku dan untung banyak 🙂

Artikel dibuat oleh:

Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
Follow me on Instagram and Twitter @samuellumentut
National Elektronik

Artikel diperbarui terakhir pada tanggal: 24 maret 2022

TAGS :
  • Tri

    Min, apakah betul pernyataan yang mengatakan kalo beli AC low watt !PK sama aja dengan membeli AC standart yang 3/4 PK ?? Terus mending beli yang mana dan lebih dingin yang mana kalo menurut agan, AC 1PK low watt atau 3/4 Standart?
    Makasih sebelumnya…

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      gileeee… sapa yang ngomong beli ac low watt 1pk sama dengan standard 3/4pk… mabok… suru mandi dulu sono keramas biar sadar…

      AC low watt 1PK sama standard 1PK jelas sama dinginnya. Yang beda waktu yang dibutuhkan untuk mencapai dingin yang sama. Tentu AC low watt butuh waktu lebih lama.

      Tapi kalo sama2 set suhu 25 misalnya, ya AC Standard 1PK akan lebih cepat mencapai suhu 25 dibanding AC low watt…

      Gitu aja bedanya.

      Kalo lebih dingin mana low watt 1PK sama standard 3/4PK? ya nenek2 juga tau pasti dinginan low watt 1PK hehehehe…

      terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • ichsan

    Dear admin,
    Kamar kontrakan saya berukuran 2.5 x 3.5m dengan dua pintu masuk tanpa pintu. (Hanya tirai) Menuju ruang tamu dan ruang dapur. Listrik 900w. Mesincuci 480w dan kulkas 90w. Apakah AC 1/2 pk sudah memadai? Low watt atau inverter?
    Terimakasih atas pencerahannya

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kontrakan 3 petak, AC mau ditaro di tengah2 dengan listrik 900 Watt

      Sudah ratusan kontrakan yang kami pasangin ACnya.

      Kami sarankan menggunakan Daikin Inverter Flash 3/4PK FTKQ20 – Rp. 5.050.000,-

      Harga diatas sudah termasuk ongkos pasang, pipa Freon HODA 5m, kabel listrik SUPREME 3×2.5 5m, drain air 2m, bracket Outdoor dan proses Vacuum sesuai SOP Daikin

      Jadi kalau AC nyala, tolong jangan pake mesin cuci yaaa… gantian nyalanya.

      Kalo kulkas kan memang ga boleh mati.

      Selama mesin air (kalo ada) dan mesin cuci nyalanya gantian sama ACnya harusnya tidak akan ada masalah.

      Terima kasih ya sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • Mohammad Adham

    Selamat Malam Min,

    Mau tanya min apa bener AC Panasonic ½ PK low Watt klu sdh capai suhu yg di inginkan out door akan mati sendiri

    Terima kasih.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk semua AC non-Inverter termasuk tipe low watt, standard, dll… Kalau suhu ruangan sudah sama dengan suhu remote, memang kompressor BISA SAJA mati.

      Tapi matinya juga ga lama paling semenit-an gitu…

      Tapi bisa juga ga mati karena:

      1. Suhu ruangan ga pernah tercapai (contoh set suhu remote 16, ato 20 bahkan)
      2. Suhu ruangan bisa tercapai tapi kondisi luar lagi terik banget, jadi tetep butuh tenaga kompressor buat maintain suhu di ruangan.

      Tapi kalo kondisi diluar lagi hujan deres biasanya sih jauh lebih mudah tercapai suhu kamarnya dan bisa lebih lama matinya kompressornya… Bisa 2 menit atau 3 menit tergantung set suhu brp di remote-nya. Kalo set-nya 16 melulu ya kapan matinya tu kompressor kecuali udah kepanasan dan cut-off supaya ga kebakar…

      Oke semoga sudah jelas ya.

      Terima kasih sudah berkunjung dan bertanya ke website kami.

      Reply
  • dalo

    kalo ac low watt apa bener freon nya 80 – 100 PSI ya?lbh tnggi dr ac stndar?

    Reply
    • Web_Admin

      Ga ada hubungannya AC Standar, Low Watt, Inverter dengan tekanan freon.

      Yang mempengaruhi adalah jenis Freon yang digunakan.

      Kalo Freon R22 tekanan sekitar 80 – 100 Psi

      Freon R410a 120 – 140 Psi

      Freon R32 140 – 160 Psi.

      Semua tergantung apakah arus kerja AC sudah tercapai atau belum. Kalo freon diisi ampere AC jadi ketinggian ya dikurangi tekanan freonnya. begitu pula sebaliknya.

      Jadi kita mengacu ke arah arus kerja ACnya.

      Oke semoga lebih jelas ya

      terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

      Reply
  • Hendry

    Pagi min,

    Mau tanya kalau lampu indikator nanoe G di ac panasonic low watt kedap kedip itu knp ya?

    Terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      siannnggg….

      Lampu indikator nanoe-G kalo kedip2 berarti dia lagi ga bisa generate ion-nya… Karena satu dan lain hal… bukan rusak kok… Gapapa, karena kondisi suhu dan kelembaban kamar aja yang kurang cocok jadi ion-generator nya ga bisa menghasilkan ion. Nanti juga bakal bisa lagi kok. di diemin aja gan… hehehehe….

      Reply
  • PZ

    untuk kamar dg luas 2.5x 3.5 bagus berapa PK ya pak? kamar menghadap ke timur.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kamar ukuran 2.5 x 3.5 menghadap timur ada 2 tipe yang disarankan:

      1. Mau lebih murah, dingin dan hemat listrik Daikin Inverter Smile 3/4PK FTKC20PVM4 – Rp. 5.250.000,-

      2. Mau lebih mahal, lebih dingin, dan hemat listrik maksimal (lebih hemat dari pada option 1) menggunakan Daikin High Inverter 1PK FTKV25NVM4 – Rp. 6.000.000,-

      Harga diatas Sudah termasuk Ongkos pasang, pipa Freon merk HODA 5m, kabel listrik ukuran 3×2.5 merk SUPREME 5m, drain air 2m, bracket Outdoor dan proses Vacuum sesuai SOP Daikin.

      belum termasuk transport tergantung lokasi pemasangan AC dimana

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • arif

    siang gan , ane awam tentang ac nih. mau tanya tentang ac low watt

    1. misal ac 3/4pk 530w itu apakah stabil di 530w selama kita hidupin ?

    2. trus kalau ac low watt kita set 25 derajat keatas , apakah mempengaruhi konsumsi listrik ? watt-nya jadi turun nggak?

    terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Semua AC Non-Inverter mau itu low watt kek, standard kek, apa kek namanya selama bukan Inverter, Watt stabil di angka yang disebutkan.

      Kecuali suhu ruangan sudah sampe ato kompressor kepanasan, baru kompressor mati. Kalo kompressor mati watt bisa turun ke 40an

      Tapi cuman 1 menitan paling, abis itu nyala lagi dan sedot lagi 530 Watt. Begitu aja seterusnya

      Kalo set 25 keatas ya bisa aja lebih sering mati kompressornya karena suhu ruangan sudah sampe. Tapi ya gitu tetep ga akan sehemat pake AC Inverter.

      Reply
  • WAHYUDI

    Pak mau tanya :
    1. Ukuran kamar saya 3 x 3 x 3 sebaiknya pakai ac berapa PK ya?
    daya listrik 1300 W, sudah pakai mesin cuci front loading juga
    2. Merk AC yang pipa indoornya tebal apa ya,soalnya saya pakai ac merk L kok bocor terus indoor sama outdoornya juga

    terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Pake Daikin Inverter Smile 1/2PK FTKC15PVM4 adalah pilihan terbaik, tapi ya cukup mahal.

      Kalo pake ini listrik rumah ga masalah pasti.

      Kalo kemahalan bisa coba Panasonic Low Watt 1/2PK CS-XN5SKJ

      2. Daikin sama Panasonic tebal kok pipa indoornya Bu. Kemungkinan bocornya pasti jauh lebih kecil.

      terima kasih

      Reply
  • Lesmana

    Saya beli AC Samsung yang low watt, waktu Baru dipasang dingin banget…
    Setelah 2 Hari, AC gak terlalu dingin…sambungan pipa dari Outdoor ke Indoor berembun….
    Kenapa begitu Dan bagaimana mengatasinya…????

    Reply
    • Web_Admin

      Itu biasanya cuman ada kebocoran di sambungan pipa Pak.

      Minta teknisi resmi Samsung cek aja, kalo bener ada kebocoran kan mesti di benerin baru di vacuum dan diisi ulang freonnya.

      Reply
  • rudi

    Mat siang, mau ty ruang 8.5m x 2.7 m dan tinggi 3.2 m pakai ac berapa yg cocok dan irit. Nyala sehari 15 jam. Saat ini pakai ac panasonic 1 pk inverter sudah 5 th kurang dingin kl sudah 40 hr belum diservis / dicuci bersihkan. Anginnya kurang. Apakah ac ini masih normal atau tidak masa 1 bulan mesti cuci sekali atau ada kesalahan produk? Tempat dipinggir jln raya tp tidak berdebu amat. Sy sudah pakai ac panasonic dr jaman ortu 30 th yg lalu kl ac mesti beli panasonic. Skrg ada toko2 yg sampaikan kl ac ini skrg nga tahan lama dinginnya kl udah 5 thn ke atas sudah kurang. Benar nga? Rekom ac merk apa yg cocok dan awet saat ini? Harga brp? Tks

    Reply
    • Web_Admin

      Yahhhh… ruangan 8.5 x 2.7 mah minimal pake 1.5PK…. Kebutuhan ruangan 11.475 Btu, AC 1PK Inverter panasonic cuman 9.720 Btu kurang bangetttt… belum itung orang yang ada di kamar.

      Pake 1PK pantesan ngga dingin. Mungkin bisa dingin kalo uda nyala lama, tapi listriknya pasti boros… Paling bisa hemat 10% dibanding pake yang Standard, dan bisa lebih boros dibanding pake low watt.

      Harusnya 40 hari ga diservice masi bisa dingin, tapi karena PK AC anda kurang ya begitu kotor dikitttt langsung ga dingin karena Btu ga cukup

      Panasonic tetep bagus kok asal PK-nya cukup. Kalo nanti ganti mesti ke 1.5PK minimal.

      Kalo ga mo pake Panasonic pake Daikin Inverter Smile 1.5PK FTKC35QVM4 juga boleh. Kalo Panasonic mesti minimal pake CS-S13SKP…

      Harga bisa diliat di halaman harga ac daikin http://goo.gl/pfSanP dan harga ac panasonic http://goo.gl/fPRdF8

      Reply
      • nenk

        saya mau tanya, knpa pas di tambah freon ac jadi mati terus dalam 30 menit ya, apakah untuk ac low wat 1/2 pk tekanan freon 140 untuk tpe r32 terlalu tinggi?

        Reply
        • Web_Admin

          Wah kok begitu kondisinya?

          Mana bole ac mati sendiri dalam 30 menit. Itu mah malah kayaknya bocor freon makanya ACnya mati sendiri.

          Udah dipastiin belum sebelum ditambah freon bocornya dimana?

          Kalo ga ya sama aja diisi bocor lagi, diisi bocor lagi.

          yang kerjain siapa? Service center resmi bukan?

          Telp aja ke call center resmi nya.

          Tekanan Freon R32 140psi mah kerendahan menurut saya. Harusnya 160 – 180 psi malah.

          Tapi harus dilihat juga arus kerja ACnya sudah tercapai atau belum.

          Makanya lebih baik telp ke call center resmi ACnya ya, biar pihak mereka yang cek menyeluruh soal kondisi AC anda.

          Terima kasih.

          Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      PVM sama NVM sama saja, cuman yang PVM lebih baru nomor tipenya, dan Outdoornya sedikit lebih slim.

      Tapi secara garis besar sama aja. Kami juga menjual barang yang dikirimkan langsung dari Daikin kok, jadi mereka yang tentuin tipe mana yang masih NVM dan mana yang sudah PVM.

      Nanti akhir tahun ini berubah lagi jadi QVM untuk beberapa tipe doank.

      Oke terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • Ashe Manasye

    Selamat sore

    Untuk Uk kamar tidur utama 3×3 bagusnya pake AC tipe dan yg cocok dgn bayi umur 1 bln ke atas..??

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalau di kondisi kamar tidur anda sih pilihannya ada 2:

      1. Pakai AC Low Watt Panasonic 3/4PK CS-XN7RKJ – Rp. 4.300.000,- (530 Watt)

      atau

      2. Pakai AC Daikin High Inverter 1PK FTKV25NVM4 – Rp. 6.250.000,- (220 – 850 Watt)

      Bedanya kalau pakai yang Low Watt bayar ACnya lebih murah tapi listriknya lebih mahal per bulannya. Kalo pake yang Inverter terbalik.

      harga diatas sudah termasuk ongkos pasang, pipa Freon HODA 5m, kabel listrik NYM 3×2.5 5m, drain air 2m, bracket dan proses pem vaccum an

      Belum termasuk transport tergantung lokasi pemasangan AC dimana

      Oke terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Sholahuddin Al Ayubi

    – Min Ac Merk Samsung Bagus Sih ???
    – Cuman Pengen Nanya Doang Sih, Hehehe……

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalo orang jualan pasti bilang barang dagangannya yang paling bagus.

      karena saya ga jual Samsung, saya ga brani bilang bagus atau tidak hehehehe…

      Reply
  • Mario

    Malam,
    Saya sdg cari 3 unit ac utk 3 kamar dgn ukuran seperti dibawah:
    1. 4×7 hadap barat
    2. 3×4 hadap timur
    3. 3×5 hadap timur
    Boleh minta sarannya tipe ac yg cocok dan harga termasuk instalasinya?

    Thanks.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kamar anda, AC yang dibutuhkan adalah:

      1. 4×7 hadap barat menggunakan AC Daikin High Inverter 2PK FTKV50NVM4
      2. 3×4 hadap timur menggunakan AC Daikin High Inverter 1PK FTKV25NVM4 atau menggunakan AC Panasonic Low Watt 1PK CS-XN9RKJ
      3. 3×5 hadap timur menggunakan AC Daikin High Inverter 1PK FTKV25NVM4 atau menggunakan AC Panasonic Low Watt 1PK CS-XN9RKJ

      Harga ACnya

      2PK High Inverter FTKV50NVM4 – Rp. 11.800.000,-
      1PK High Inverter FTKV25NVM4 – Rp. 6.250.000,-
      1PK Low Watt Panasonic CS-XN9RKJ – Rp. 4.450.000,-

      semua harga diatas sudah termasuk ongkos pasang, pipa Freon HODA 5m, kabel listrik NYM 3×2.5 5m, drain air 2m, bracket dan proses pem vaccum an

      namun belum termasuk transport tergantung lokasi pemasangan AC dimana

      Terima kasih telah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • tyapus

    Mau tanya donk”
    Untuk suhu standard stelan remotenya buat berapa ya untuk ac panasonic 1 pk low watt xn9rkj biar ngak bikin ac cepet rusak?
    Soalnya ac nya super banget dinginnya”
    Stel 24 derajat aja masih dingin banget”
    Terimakasih ya gan”
    Untuk ac panasonic xn9rkj saya recommend banget lah bagi yg demen dinginnya sampek ketulang”

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      sebenernya setelan remote yang benar adalah yang MAMPU dicapai oleh ACnya.

      Makanya tergantung AC tersebut digunakan di ruangan ukuran berapa

      Untuk suhu 24 derajat sebenarnya itu LUAR BIASA dingin loh Pak.

      Kalau mau cukup 25 atau 26 mestinya sudah oke.

      Pokoknya kalau bisa tidur ga pakai selimut itu baru cukup dingin.

      Selebihnya hanya buang2 energi saja

      Terima kasih atas kunjungan anda ke website kami

      Reply
  • Dinda

    Halo gan..
    Saya mau tanya nih, saya baru pakai Panasonic tipe CS-XN5RKJ. Pertanyaan saya, outdoor nya emang berisik sekali kah? Seperti suara baling2. Ac lama saya merk LG suara indoor tidak seberisik outdoor Panasonic ini.
    Apakah ada cacat outdoor saya? Jika saya harus komplain kemana? Tukang nya apa ke counter resmi?
    Thanks gan.. mohon pencerahannya 🙂

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Hmmm.. memang AC Low Watt seperti yang sudah saya tulis di artikel diatas lebih berisik.

      Tapi kalau sampai menggangu sekali bisa langsung dilaporkan ke Service Center Panasonic di no telp 0804 1 111 111

      Terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

      Reply
  • khoirul

    Mohon sarannnya.. untuk ruangan ukuran 1.3 m x 3 m kebutuhan ruangan komputer CPU 2 buah nyala nonstop dan rencana AC akan nyala nonstop untuk menjaga ruangan selalu dingin baiknya pakai apa dan saran penggunaan AC nya seperti apa..

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kondisi seperti anda kami sarankan menggunakan 2 unit AC Daikin Standard Thailand 1PK atau 2 unit AC Panasonic Standard 1PK yang nyala bergantian setiap 12 jam (bisa di set menggunakan timer) supaya AC-nya awet.

      atau alternatif kedua kalau mau hemat listrik

      menggunakan 2 unit AC Daikin Inverter Smile 1PK FKTC25NVM4 yang akan menyala bergantian juga setiap 12 jam. Ini listriknya pasti bisa turun 40 – 50% perbedaannya.

      Oke terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • El Hakim

    Dear Web Admin,

    Saya mau tanya….
    Saya pengen pasang AC di kamar tidur saya yg berukuran 3 x 4 m²….saya maunya yg 1/2 PK saja dan yg hemat energi listriknya. Pemakaian utk tdur malam saja sih. Yg durasinua lbh dr 4 jam. Kira2 pakai yg low wattage atau yg inverter ya? Trs, utk merk AC yg sesuai, apa dan seri brp?

    Mohon bantuannya ya Min…

    Terima kasih….

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kamar 3×4 kalau pakai 1/2PK bisa keringetan loh kalo tidur malam ya… dikasi tau dulu.

      Kalau mau pakai 3/4PK Low Watt atau Inverter 1PK.

      Kalau mau pakai Low Watt dengan catatan bayar listrik lebih mahal per bulan bisa pakai AC Panasonic Alowa Deluxe 3/4PK CS-XN7RKJ – Rp. 4.300.000,-

      Kalau mau mahal di depan tapi listrik jauh lebih murah bayarnya per bulan bisa menggunakan AC Daikin High Inverter 1PK FTKV25NVM4 – Rp. 6.250.000,-

      SEmua harga sudah termasuk ongkos pasang, pipa freon HODA 5m, Kabel listrik NYM 3×2.5 5m, drain air 2m, bracket dan proses pem vacuum an.

      Belum termasuk transport tergantung lojkasi pemasangan AC dimana.

      Terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

      Reply
  • Juan

    permisi maaf mengganggu saya mau tanya, apabila saya pasang ac 1/2 pk untuk rumah dengan listrik 900watt, apakah itu bisa?
    trima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Ya tidak masalah. AC 1/2PK standard watt-nya adalah 400 sedangkan yang low watt adalah 320 Watt.

      Silakan dipilih ya.

      Teirma kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • Yosmen sahaja

    Saya mau tanya. Kamar tidur ukuran 3 x 5 x 3,2 m sebaiknya pakai ac brp pk? Trima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamt sore,

      Kamar ukuran 3×5 wajib menggunakan AC 1PK

      Lebih baik menggunakan AC Daikin High Inverter 1PK FTKV25NVM4.

      Terima kasih

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *