POSTED BY Web_Admin | Mar, 01, 2021 |

UPDATE 1: Kalau mau respon cepat, selain menghubungi nomer telepon toko di (021) 737 5155 / 737 5156 / 737 5157 / 7369 0753 anda dapat menghubungi nomor WA team sales kami ya di

0813 1777 5157

 

ac low watt Vs AC Inverter Panasonic 1PK CS-S10PKP

Sejak kemunculan AC Low Watt dan AC Inverter, sering sekali pertanyaan mengenai AC Low Watt dan AC Inverter yang kami terima… Beberapa pertanyaan yang paling sering diajukan kami rangkum dibawah ini. Jawaban dari semua pernyataan ini adalah hanya untuk merk Panasonic dan Daikin sebagai 2 merk terbaik AC di Indonesia bahkan di dunia yang toko kami jual.

 

1. Lebih irit mana AC Low Watt sama AC Inverter?

AC Low Watt memiliki Watt yang stabil yang lebih rendah sejak AC dinyalakan. contoh (1PK standard Panasonic 780 Watt Vs 660 Watt untuk tipe Alowa atau Alowa Deluxe) Sedangkan untuk tipe Inverter Watt-nya bervariasi dari 225 – 920 Watt dengan cara kerja pada waktu Start Watt AC akan 920 Watt untuk mempercepat pendinginan, dan pada saat suhu ruangan sudah sama dengan suhu remote, kinerja kompressor akan dikurangi sehingga watt bisa turun sampai 225.

Nah untuk menjawab pertanyaan lebih irit mana, tergantung dari pemakaian. Kalau AC sering dinyala-matikan seperti contoh di ruangan main anak dimana AC hanya nyala 2 atau 3 jam dan mungkin tidak setiap hari menyala, AC Low Watt tentu lebih hemat daripada tipe Inverter. Berbeda dengan misalnya AC untuk kamar tidur dimana AC mungkin menyala sekitar 10 – 12 jam per hari bahkan mungkin bisa nyala seharian pas weekend, listrik AC Inverter tentu saja lebih irit karena mampu menurunkan daya hingga 225 Watt terutama di dini hari sekitar pukul 2 – 5 pagi.

Contoh lain seperti di ruangan Karaoke. Salah satu klien kami, Happy Puppy Karaoke Keluarga juga memiliki pertanyaan yang sama, untuk ruang karaoke mereka meminta saran untuk penggunaan AC yang paling irit. Kami memberikan saran AC Alowa Panasonic dengan Watt rendah bukan AC Inverter karena AC di ruangan karaoke hanya dinyalakan apabila ruangan akan digunakan. Begitu customer selesai menggunakan ruangan karaoke, AC akan segera dimatikan. Oleh karena itu kami menyarankan AC dengan Watt rendah.

 

2. AC Inverter lebih mahal dibanding yang Low Watt, worth it ga ya? apa nggak mendingan beli yang low watt aja, lebih murah?

Pertanyaan kedua ini juga sering sekali ditanyakan oleh customer kami. Jawabannya simpel. AC Inverter memang lebih mahal bahkan bisa berbeda lebih dari 1.5 juta rupiah. Sebagai contoh, AC Daikin tipe Standard Thailand 1PK (FTC25NV14) harganya Rp. 4.550.000 termasuk pasang, pipa freon HODA 3m, kabel listrik SUPREME 3×2.5 3m, drain air 2m dan bracket untuk menggantung outdoor. Sedangkan harga AC Daikin Premium Inverter 1 PK (FTKM25SVM4) adalah Rp. 8.225.000 termasuk pasang, pipa freon HODA 3m, kabel listrik SUPREME 3×2.5 3m, drain air 2m, bracket untuk menggantung outdoor dan proses Vacuum sesuai SOP Daikin.

Banyak customer kami yang bilang “ah mahal amat AC Inverter bedanya sampe nyaris 2x lipat!” Well, apabila AC tersebut dinyalakan sepanjang malam setiap harinya, dalam waktu kurang lebih 1 tahun, anda akan balik modal, dan setelah itu anda dapat menikmati hemat listrik dan turun-nya jumlah tagihan listrik yang harus anda bayarkan tiap bulannya. Kalau mau lihat berapa Rupiah yang dapat dihemat dengan menggunakan AC Inverter, kami sarankan anda membaca artikel kami yang Apakah AC Inverter adalah AC hemat listrik? dimana di artikel tersebut kami membongkar habis semua mitos AC Inverter dan rumor yang beredar tentang AC Inverter.

Kemudian AC tipe Inverter merupakan AC top of the line bagi merk Daikin dan Panasonic, jadi tentu saja AC tipe tersebut telah dilengkapi dengan segala kecanggihan teknologi. Sebagai contoh AC Panasonic Premium Inverter 1 PK telah dilengkapi teknologi Aerowings, P-Tech, iAutoX, Nanoe-G yang dapat menetralisir virus, bakteri, asap rokok, bahkan virus flu burung yang ada di udara, dan di permukaan sofa atau tempat tidur. Sedangkan di tipe Alowa (Watt rendah) teknologi tersebut tidak tersedia.

Sama juga di Daikin Inverter versus Daikin Standard Thailand. Di Daikin Inverter telah dilengkapi dengan sensor keberadaan manusia dan filter PM2.5 yang bisa menyaring partikel sampai ukuran 2.5 mikron (1/7 rambut manusia), bisa atur kelembaban ruangan dan memiliki fitur COANDA cooling sedangkan di Daikin tipe standard Thailand dengan Watt standard tidak dilengkapi fitur tersebut. Jadi sebenarnya anda memperoleh kelebihan dari harga yang anda bayarkan. BTW kalau anda bingung dengan segala fitur-fitur yang ada di AC Panasonic, anda dipersilahkan membaca artikel yang menjelaskan perbedaan tipe AC Panasonic. Dan kalau ingin mengetahui perbedaan AC Daikin silahkan di klik.

 

3. Outdoor AC Low Watt lebih berisik ya dibanding AC Inverter atau AC tipe lain?

Nah untuk pertanyaan ini, jujur dari pengalaman kami jawaban kami adalah YA. AC Low Watt menggunakan kompressor dengan daya lebih kecil dari AC tipe lainnya, kalaupun tidak berarti mereka memotong kinerja kompressor sehingga Watt yang digunakan lebih rendah dari tipe standard atau tipe lainnya. Oleh karena itu Outdoor AC Low Watt menjadi lebih berisik dibanding tipe Inverter. Hal ini berlaku untuk merk Panasonic, untuk AC Daikin sih toko kami tidak pernah menerima complaint kalau Outdoornya berisik.

 

4. Jadi kalo kinerja kompressor dipotong AC Low Watt jadi kurang dingin dong?

AC Low Watt mungkin saja memotong kinerja kompressor, namun untuk masalah dingin kami yakin PASTI SAMA dengan AC tipe lain. AC Low Watt memiliki kemampuan mendinginkan ruangan yang sama dengan AC tipe lain, hanya saja waktu yang dibutuhkan untuk mencapai suhu yang diinginkan menjadi lebih lama dibanding AC standard dengan Watt 780 versus Watt 660 untuk tipe Low Watt, karena kerja kompressor yang tidak sekuat AC dengan Watt lebih besar.

 

5. Freon R22 kan sudah dilarang di Indonesia trus kalo R22 dilarang, gantinya apa dong?

Gantinya R22 adalah R32, dimana Freon tersebut tidak merusak ozone bahkan memiliki angka index dingin 160, jadi akan terasa jauh lebih dingin di kulit bahkan dari Freon R22. Kekurangannya adalah Freon R32 lebih mudah terbakar dibanding R22 atau R410A, namun tidak perlu takut ataupun ragu, karena lebih mudah terbakar disini hanya beda sedikit dan sama sekali tidak berbahaya. Daikin adalah pabrikan AC pertama di dunia yang menerapkan Freon R32 di line up AC mereka dimulai bulan Januari 2015 di Indonesia, diikuti oleh Panasonic yang juga akan mulai menjual produk AC Split yang menggunakan Freon R32 mulai Februari 2015. Untuk mengetahui perbedaan Freon R32, R22, dan R410A kami persilahkan anda membaca artikel perbandingan Freon R32 kami. Silahkan klik link sebelum ini. Atau silahkan langsung buka halaman tipe AC Panasonic dan tipe AC Daikin kami untuk langsung melihat AC tipe mana yang cocok digunakan untuk anda.

 

6. Jadi boleh ga dirangkum kelebihan dan kekurangan AC Low Watt dan AC Inverter, terus mending pake yang mana?

Oke Untuk AC Low Watt:
–> Kelebihan:
– Jauh lebih murah jauh dari AC Inveter
– Kalau AC sering dinyala-matikan sebentar-sebentar, lebih hemat pemakaian listriknya

–> Kekurangan:
– Untuk mencapai suhu yang diinginkan lebih lama dibanding AC Inverter
– Outdoor lebih berisik dibanding tipe Inverter
– Karena dianggap memiliki kasta dibawah tipe Inverter, teknologi yang disematkan di dalam tipe ini tidak selengkap tipe Inverter
– Kalau AC nyala lama lebih dari 4 jam per hari, tipe Inverter lebih hemat pemakaian listriknya

Untuk AC Inverter:
–> Kelebihan:
– Merupakan AC Top of the line untuk Panasonic dan Daikin sehingga memiliki semua teknologi yang dimiliki masing-masing merk
– Jauh lebih cepat mendinginkan ruangan dibandingkan tipe Low Watt, terutama dengan teknologi iAutoX Panasonic, AC Inverter Panasonic menjadi AC yang paling cepat mendinginkan ruangan di Indonesia.
– Semakin lama AC dinyalakan, semakin hemat pemakaian listriknya dan hematnya pun cukup dahsyat bisa mencapai lebih dari 2 juta Rupiah per tahun bahkan lebih bila TDL (Tarif Dasar Listrik) di Indonesia naik terus (dan memang naik terus kan setahun bisa 2 kali bahkan lebih)

–> Kekurangan:
– Jauh lebih mahal dibandingkan tipe Low watt
– Kalau AC sering dinyala-matikan akan lebih boros konsumsi listrik dibandingkan tipe Low Watt, dan apabila setting suhu-nya salah, penghematannya jadi tidak berarti. Maksudnya? silahkan baca artikel cara menggunakan AC kami dimana kami menjabarkan cara yang benar untuk penggunaan AC agar lebih hemat listrik dan AC lebih awet.

Mau pakai yang mana? sesuaikanlah dengan bujet awal pembelian AC dan cara penggunaan AC itu sendiri, apakah sering dinyala-matikan atau nyala sepanjang malam. Oleh karena itu untuk tipe Inverter biasanya kami WAJIBKAN penggunaannya untuk kamar tidur utama dan anak. Untuk kamar tidur tamu (yang jarang ditempati), kamar bermain, ruang tamu, ruang keluarga, dapur dan ruangan-ruangan lainnya yang memang tidak terlalu sering digunakan atau digunakan paling hanya 2 – 3 jam per hari, boleh gunakan tipe Low Watt atau tipe Standard.

Oke, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Kami juga memiliki berbagai artikel lainnya, silakan langsung dibaca aja ya:

1. Apakah perlu isi ulang Freon AC?

2. Apakah AC Inverter benar – benar bagus dan hemat listrik?

3. Cara menggunakan AC agar awet dan hemat listrik

4. Cara menghitung kebutuhan PK AC sesuai ruangan

5. Semua yang harus anda tahu tentang AC Low Watt dan AC Inverter

6. Mengapa Ongkos pasang AC Freon R32 lebih mahal?

7. Perbedaan Freon R22, R32 dan R410A

8. Penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin

9. Perbedaan Tipe AC Daikin

10. Harga AC Daikin 2022

11. Perbedaan tipe AC Panasonic

12. Harga AC Panasonic 2022

13. Brosur AC Daikin

14. Pengangkatan National Elektronik sebagai Daikin AC Shop

15. Tips dan trik menggunakan AC Inverter

16. AC Daikin Multi S

17. Testimoni AC Daikin di Kaskus

18. Emang AC Gree bagus? Kan buatan China

19. Harga AC Gree 2022

20. Tipe AC Gree apa saja dan perbedaannya

21. Bocoran AC Gree 2019

22. Launching AC Daikin Line Up 2018

23. Review Daikin Inverter Flash 1PK FTKQ25SVM4

24. Apaan sih COP dan EER itu?

25. AC Panasonic si Biru CS-LN Series

26. Pindah AC jadi ga dingin?

27. AC Multi Split Panasonic

28. Air Purifier Daikin

 

 

Oleh karena itu, jangan ragu lagi untuk mempercayakan pembelian, pemasangan maupun service AC anda kepada kami. Kami berjanji memberikan pelayanan yang terbaik bagi anda dengan harga yang kompetitif. Anda dapat menghubungi kami sekarang baik melalui halaman contact us, lewat email ke [email protected] ataupun menghubungi hotline kami di (021) 737 5155, 737 5156, 7369 0753 atau gunakan semua cara yang ada diatas baik lewat FB, IG, YM atau WA yah.

Sampai jumpa di artikel berikutnya yang pasti sarat dengan informasi yang berguna agar anda sebagai konsumen tidak mudah ditipu oleh para penjual AC yang tidak bertanggung-jawab mau asal laku dan untung banyak 🙂

Artikel dibuat oleh:

Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
Follow me on Instagram and Twitter @samuellumentut
National Elektronik

Artikel diperbarui terakhir pada tanggal: 24 maret 2022

TAGS :
  • David

    Selamat siang,

    kalau untuk ruangan kantor ukuran 8m x 10m x 3m dan diisi oleh 30 orang, bagusnya pakai AC yang berapa PK jika mau pakai 1 AC atau 2 AC ? Merk apa yang bagus ?
    AC dinyalakan dari jam 9 – jam 16, dari hr senin sampai jumat.

    Reply
    • Web_Admin

      Wah kantornya ukurannya besar sekali ya. Apakah blong begitu tidak ada full partisi sama sekali?

      Kalau memang iya, mau pakai cuman 1 AC mah harus ukuran 5PK minimal Pak.

      Dan untuk ukuran PK segitu adanya cuman AC besar seperti tipe Cassette, Floor, maupun Split Duct

      Kalau mau pakai Split ya bisa saja menggunakan AC Split Daikin Standard Thailand 2.5PK FTNE60MV sebanyak 2 unit.

      Kalau mau pakai Cassette atau Floor merk Daikin juga tersedia kok sampai ukuran 5PK atau bahkan 6PK.

      Untuk tempat yang diisi sampai 30 orang sih kami sebenernya menyarankan penggunaan AC 6PK. Kalau 5PK ya cuman adem2 aja paling rasanya ga bisa dingin.

      Oke semoga sudah cukup jelas ya.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • ahmad

    Mau tanya pak.saya pake panasonic 1/pk sewaktu sebelum dicuci 25 C gk dingin dan kalau sudah mencapai suhu diremot outdoor berhenti kmudian jln lg ketika suhu ruangan naik lg.tp setelah dicuci suhu 26 C jd dingin bgt.dan outdoornya kok jln terus?,
    Apa ada pengaturan yg diubah? Terimakasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Harusnya sih tidak ada yang berubah.

      Besarnya ruangan anda berapa x berapa meter?

      Kalau sebelum dicuci kan harusnya kotor banget jadi mencapai suhu 25 juga mungkin tidak pernah tercapai paling hanya 27, jadi outdoor berhenti karena sudah kepanasan.

      Setelah dicuci 26 mungkin dingin karena langsung bisa mencapai 26 derajat. Ini kemungkinan loh ya karena kami tidak cek langsung kondisi acnya…

      Oke terima kasih sudah berkunjung ke website kami

      Reply
  • Janet

    Saya ingin minta saran . Saya kost di Jkt barat. Kosan saya beratap asbes . Sehingga pake kipas saja tidak bisa. Untuk AC saya harganya beli tipe apa Dan merk apa. Ruang 5×4 . Dan dipaksa hanya untuk tidur . Jam 5 sampe jam 8 . Karena siang kerja. Ditunggu saran nya

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kost beratap asbes sih panas banget loh.

      Ruangan kos anda 5×4? gede banget hehehehe… Harus pakai 1.5PK AC-nya baru mendingan.

      Kalau pakai 1PK nanti ga jauh beda sama kayak pake kipas angin.

      Bisa gunakan AC Daikin Standard Thailand 1.5PK FTNE35MV14

      atau kalau mau jauh lebih hemat listrik bisa gunakan AC Daikin Inverter Smile 1.5PK FTKC35PVM4

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • Ika

    Min, Tanya untuk penggunaan AC di ruang kelas 6×6, jumlah siswa 30, seluruh sisi tidak terpapar matahari langsung, TIDAK diharapkan dingin yang menusuk tulang, penggunaan jam 9-2 siang
    1. AC apa yang paling murah dengan penekanan utamanya Di hemat listrik, bukan pada fitur kecanggihan yg lain?
    2. Apakah ada beda penghematan biaya pengadaan AC Dan biaya bulanan pemakaian listrik, jika digunakan 1, 2, 3, atau 4 unit untuk memenuhi BTU ruangan?
    3. Berapa total kebutuhan daya listrik minimal?
    Terimakasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      untuk penggunaan di ruang kelas 6×6 dengan jumlah siswa 30 bisa menggunakan 3 unit AC 1PK Low Watt Panasonic CS-KN9RKJ

      Ini yang paling murah, tapi bukan yang paling hemat. Listriknya bila 3 AC menyala adalah 1.980 Watt

      Kalau yang paling hemat bisa gunakan AC Daikin 1.5PK High Inverter 2 unit FTKV35NVM4

      Kalau nyala 2-2nya kebutuhan listriknya adalah antara 460 Watt – 2.560 Watt. Jadi walau awalnya bisa lebih besar, tapi kalau sudah menyala 10 menit saja, yang Inverter sudah bisa turun ke 1.800 Watt dan setelah 30 – 40 menit bisa tinggal 1000an Watt saja pas AC menyala semua.

      daya listrik minimal ya disesuaikan saja dengan Watt maksimum AC, dilebihkan untuk listrik yang lain seperti lampu, dll.

      Oke semoga sudah lebih jelas ya. Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      semua merk AC bisa untuk kamar tidur. Tapi yang kami jual hanya Panasonic dan Daikin.

      Untuk kamar 3×6 pakai 1PK terlalu ngepas. Kalau bisa pakai 1.5PK biar nanti 2 – 3 tahun lagi tetap terasa dingin.

      Kalau pakai 1PK nanti 2 – 3 tahun lagi kalo malem bobo bisa keringetan loh.

      untuk tipe disarankan:

      AC Daikin Standard Thailand 1.5PK FTNE35MV14
      AC Daikin Inverter Smile 1.5PK FTKC35PVM4
      AC Daikin High Inverter 1.5PK FTKV35NVM4

      atau

      AC Panasonic Standard 1.5PK CS-PN12RKJ
      AC Panasonic Envio 1.5PK CS-N12RKP
      AC Panasonic Elite Inverter 1.5PK CS-VU13SKP

      terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda

      Reply
  • satriya

    mau tanya harga ac panasonic 1/2 pk, beserta ongkos pasangnya. Klo bisa yang fiturnya sudah lengkap. Tipe cs- xn5rkj klo tidak salah. Terima kasih sebelumnya.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk harga AC Panasonic Alowa Deluxe 1/2PK Tipe CS-XN5RKJ adalah Rp. 4.200.000,-

      sudah termasuk ongkos pasang, pipa Freon HODA 5m, kabel listrik NYM 3×2.5 5m, drain air 2m dan bracket

      belum termasuk transport tergantung lokasi pemasangan AC dimana.

      Terima kasih atas kunjungan anda ke website kami

      Reply
  • Jay

    Saya mau tanya, ukuran kamar saya 4,5 m x 3 m tinggi 3m, berapa PK kah AC yang saya butuhkan…???
    Dan lebih baik AC low watt atau inverter mengingat listrik di rumah hanya 1300 watt…???
    Untuk kebutuhan dinyalakan hampir sepanjang hari
    Takutnya listrik gak kuat Dan berapa harga AC tsb..??

    Regards

    Reply
    • Web_Admin

      Untuk ruangan 4.5 x 3, nyala sepanjang hari

      Kami sungguh menyarankan menggunakan AC Daikin High Inverter 1PK FTKV25NVM4

      Dijamin hemat listrik dan dingin. Kalau pakai low watt memang start awalnya mungkin lebih rendah karena 660 Watt, tapi kalau pakai Inverter dalam 15 – 20 menit PASTI listriknya sudah turun dan dalam 40 menit bisa tinggal 300an Watt. Jadi pasti akan jauh lebih hemat dibanding pake AC Low watt.

      Untuk harga ACnya sendiri Rp. 6.250.000,-

      sudah termasuk ongkos pasang, pipa Freon HODA 5m, kabel listrik NYM 3×2.5 5m, drain air 2m dan bracket

      belum termasuk transport tergantung lokasi pemasangan AC dimana

      Terima kaish sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • Rachel

    Hi.. Saya mau tanya untuk ruangan 4.5m x 6m (tertutup) dan akan di masukkan sekitar 50 orang. Saya mau menggunakan 2 unit ac dan dinyalakan kalo ada acara saja.
    1. Kalo 2 unit ac sebaiknya masing2 brp pk dan merek ac apa ya?
    2. Lebih baik ac low watt atau yang standard ya? (Ruangan cmn dipakai 2jam & supaya cepat dingin)
    Terima kasih banyak.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Untuk kondisi seperti anda lebih baik pakai AC Daikin Standard Thailand 2PK FTNE50MV sebanyak 2 buah.

      Jangan pakai low watt karena dinginnya lama.

      Oke terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • turman

    Siang Min,
    Saya mau tanya, untuk kamar tidur ukuran 2.8 x 3.5 x 3.5 bagusnya pakai ac apa dan berapa pk?
    Terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kamar 2.8 x 3.5 dibutuhkan AC 3/4PK Low Watt.

      Bisa coba gunakan AC Panasonic Low Watt 3/4PK CS-XN7RKJ

      Kalau mau hemat maksimal bisa gunakan AC Daikin High Inverter 1PK FTKV25NVM4. Listriknya akan JAUH lebih hemat daripada pakai 3/4PK Low Watt

      Terima kasih

      Reply
  • ebiie

    minta sarannya min
    saya mau beli ac untuk usaha penginapan. artinya bila ada yg cek in 2hari1malam / 3hari2malam ac akan non stop 24jam setelah itu di matikan, sampai ada yg cek in lagi.
    kesimpulan bila ada yg cek ini ac nonstop, bila homestay kosong ga ada tamu ac di matikan.

    minta saran sebaiknya saya beli type low watt, standart atau inverter min ?
    minta saran juga ac yg paling bagus kuat dan bandel itu merk apa ?
    saat ini saya memakai merk L* dan sha*p sangat tidak puas rata2 rusak outdornya

    tolong di jwb, thaxs

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalau kasus anda seperti itu sih tetep Inverter pilihan terbaik.

      Inverter paling bandel di Indonesia ya merk Daikin.

      Kalau merk L dan S sih memang kurang bagus Inverternya.

      Oke terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      AC 1PK Low Watt cuma ada merk Panasonic. Daikin sudah tidak punya line up AC Low Watt.

      Terima kasih

      Reply
  • Ferdy

    Saya mau beli ac 1pk yg low watt merk yg bagus apa yaa? Untuk ruang tengah.. terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      AC 1PK Low watt yang kami miliki hanya merk Panasonic.

      Tipenya CS-KN9RKJ atau CS-XN9RKJ

      Bedanya yang tipe CS-XN9RKJ sudah dilengkapi dengan anti bakteri Nanoe-G dan fitur Econavi single sensor.

      Terima kasih

      Reply
  • Danny RC

    Dear admin nationalelektronik,
    Mau minta pendapatnya, ruang duduk dirumah berukuran 4,25×4,25×3,5 jendela menghadap timur (jika pagi sangat terpapar sinar matahari) & ada celah tanpa pintu ke dapur (luas dapur 3x2x3), berapa kebutuhan pk utk ac nya?
    Satu lagi kamar tidur berukuran 3x3x3,5 tapi terdiri dr 2 lantai berapa kebutuhan pk nya krn ac kami lowwatt 1/2 pk ternyata kalah sm udara panas siang hari
    Terimakasih & mhn maap jika terlalu banyak pertanyaan kami ini

    Danny RC / Pdk Ranji

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk ruangan 4.25 x 4.25 x 3.25 dibutuhkan AC 1.5PK agar dingin bisa merata. Kalau hanya pakai yang 1PK hanya yang kena sembur angin yang dingin.

      Untuk kamar tidur 3×3 tapi 2 lantai sih kami tetap sarankan menggunakan AC Daikin High Inverter 1PK FTKV25NVM4. Nanti wattnya bisa lebih kecil daripada pakai 1/2PK Low watt.

      Oke terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • pras

    Mau nanya, rmh sy dayanya 900 watt. untuk ukuran kamar tdr 3mx 4m apakah ada ac yg cocok dan hemat pastinya? Rencanay dipake pas malam hari mau tidur. Rmh sy sgt berdempetan dgn rmh tetangga..
    Terimakasih jawabanny

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang.

      Untuk kamar 3×4 sebenernya bisa pakai AC Panasonic Low watt 3/4PK CS-XN7RKJ dengan konsumsi daya 530 Watt.

      Jadi tetep mesti dihitung ya ada alat listrik lain apa yang akan menyala bersama dengan AC-nya apakah nanti listriknya cukup. Seperti lampu, kulkas, tv, pompa air, dll…

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
      • pras

        Oh gitu, rencana pas malem aj dinyalain,, kira2 bikin tagihan bengkak g y? Hehe
        Trus klo boleh tau brp harga ac sm biaya pasangny?

        Reply
        • Web_Admin

          Selamat siang,

          Iya pas malem dinyalain kan pasti bareng lampu, kulkas dan TV kan minimal? harus dihitung watt kulkas dan TV-nya juga lampu yg nyala berapa banyak? Berapa watt.

          Tinggal ditambah 530Watt masi ada spare ga? biasanya kalo listrik rumah 900 watt, baru 880 Watt udah jebret.

          Kalo biaya listrik pasti bengkak Pak. Karena watt AC itu yang paling gede di rumah hehehhe…

          Harga sama pasang CS-XN7RKJ – Rp. 4.300.000,-

          sudah termasuk ongkos pasang, pipa Freon HODA 5m, kabel listrik NYM 3×2.5 5m, drain air 2m dan bracket

          belum termasuk transport tergantung lokasi pemasangan ac dimana ya

          Terima kasih..

          Reply
          • pras

            Maaf nanya lagi,,
            Boleh tau rumus Cara hitung biaya tagihan listrik nya gmn y? Oh iya, klo ac inverter ga bisa ya utk rmh 900 watt? Trus apakah ac low watt outdorny berisik?

          • Web_Admin

            Cara ngitung tagihan listrik ada di artikel AC inverter kami disini http://goo.gl/tWKawq

            bisa aja sih rumah 900 Watt pake AC Inverter, tapi pakenya Inverter Smile 3/4PK FTKC20QVM4 yang barangnya belum tersedia. Nanti tersedia mulai pertengahan atau akhir Juli 2016.

            Ya AC Low Watt Outdoornya memang lebih berisik dibandingkan dengan tipe Inverter.

            Terima kasih

  • aldo

    buat kamar kos 3×3 dan ngga dipake sepanjang hari kira kira pake low watt ya? kira kira ada masukan buat merek/seri AC apa gitu gan?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kamar kos 3×3 sih disarankan menggunakan AC Panasonic Low Watt 3/4PK CS-XN7RKJ sudah cukup.

      Terima kasih ya atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • Rdae

    Hallo.. Mau tanya.. Ac merk apa yg cocok utk kamar ukuran 8×7 meter? Saya mau ganti ac nih mau yg irit listrik, sebelumnya dikamar saya pakai 2 ac jadul nasi*nal masing” 1pk, dinginnya kalau nyalain 2-2nya.. Berhubung ac jadul boros listrik, makanya saya mau ganti ac baru yg irit listrik.. Lebih baik pakai 1unit yg pk nya besar atau pakai 2 unit lg yah? Mohon pencerahannya yah.. Thx

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Wah kamar 8 x 7 besar sekali loh. Harusnya menggunakan AC 3.5PK atau minimal banget 3PK.

      Kalau pakai 2PK sih bisa saja tapi pasti dinginnya tidak maksimal.

      Kalau mau hemat listrik harus pakai tipe Inverter. Dan karena kebutuhan PK sangat besar, kami sarankan menggunakan 2 unit AC.

      Kalau boleh saran pakai 1 unit AC Daikin High Inverter 2PK FTKV50NVM4 PLUS 1 unit AC Daikin High Inverter 1PK FTKV25NVM4.

      Cara menggunakannya adalah pada saat awal AC dinyalakan 2-2nya, dan nanti kalau kamar sudah dingin matikan yang 1PK.

      Kalau mau suhu dibawah 23.0 derajat sih harusnya pake 2PK + 1.5PK Pak. tapi kalau cuman mau diatas 23 derajat pakai kombinasi 2PK + 1PK sudah bisa mencapai.

      Sebisa mungkin set suhu remote AC jangan pernah dibawah 24 derajat ya supaya nantinya juga bisa hemat listriknya.

      Oke semoga sudah jelas ya. Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • Iwan

    Hi N.E
    1. Untuk kamar seluas 3.5 m x 4 m maka pakai berapa pk ?
    2. bila inverter maka baik pilih mitshubishi electric atau daikin ?

    Terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kamar 3.5 x 4 harus pakai Inverter 1PK.

      Untuk AC Inverter Daikin tidak ada lawannya di Indonesia kecuali Panasonic Elite Inverter CS-VU series yang harganya lebih mahal dari Daikin Inverter.

      Terima kasih

      Reply
  • Johanes

    Hallo Web Admin,

    Saya punya apartemen luas 5.5 x 5 m2 termasuk didalamnya 1 kamar ukuran 2.5x 2.5 dan kamar mandi 2×2. Rencananya saya hanya ingin pasang 1 unit ac diapartemen tsb, indoor unit ac akan dipasang diluar kamar. Type ac spt apa yg cocok ? Terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalau mau hanya menggunakan 1AC berarti harus menggunakan AC 2PK. Kalau bisa sih pakai AC Daikin High Inverter 2PK FTKV50NVM4 agar hemat listrik dan tetap dingin.

      Terutama AC akan menyala bisa 12 jam sehari kan?

      Oke terima kasih atas kunjungannya ke website kami.

      Reply
  • Tati

    Siang Gan,
    1. Sy pengen AC inverter yg tidak berisik u/ 2 kamar ukuran 3m x 3,5m dan 2,5m x 3m baiknya merk apa dan brp PK u/ msg2 kamar tsb ya?

    2. Ruang tamu ukuran 3m x 5,5m tp kedua kamar dibuka baiknya ac non inverter brp PK dan merk apa ya Gan?

    terimakasih a/ pencerahannya.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang juga gan…

      1. Untuk keuda kamar disarankan menggunakan AC Daikin High Inverter 1PK FTKV25NVM4. Sebenernya kalo butuhnya ga dalam waktu dekat, untuk kamar kedua bisa menggunakan AC Daikin Inverter Smile 3/4PK FTKC20QVM4 yang akan masuk lagi sekitar bulan Juni 2016. Tapi kalau memang butuhnya dalam waktu dekat ya yang konsumsi listriknya setara hanya AC Daikin High Inverter 1PK.

      2. Untuk ruang tamu disarankan menggunakan AC Daikin Standard Thailand 1PK FTNE25MV14. Tapi kalau kedua kamar dibuka dan berharap anginnya bisa masuk dan cukup untuk membuat kamar adem lebih baik pakai AC 1.5PK Standard Thailand FTNE35MV14.

      Oke terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
      • Tati

        Terimakasih atas pencerahnya,

        Nanya lg neh:
        1. Oya, utk di kota Tegal Saya bs mendapatkannya dimana ya? Sy nyari2 koq lum dpt…
        2. Bila Sy menunggu yg Daikin Inverter Smile 3/4 PK FTKC20QVM4 kira2 harganya brp?
        3. Melayani pembelian & pasang diluar kota ga? biaya?

        Terimakasih.

        Reply
        • Web_Admin

          Selamat siang,

          Mohon maaf untuk kota Tegal kami tidak memiliki cabang dan tidak tahu dimana harus mencari.

          Yang paling dekat paling hanya di Semarang.

          Harga FTKC20QVM4 masih belum keluar dari pihak Daikin jadi kami belum bisa menjawabnya takut salah.

          Untuk pembelian luar kota untuk saat ini kami hanya bisa mengirimkan unit. Itupun untuk pembelian dalam jumlah besar supaya tidak terlalu mahal ongkos kirimnya.

          Terima kasih dan mohon maaf tidak bisa membantu lebih banyak

          Reply
  • alwi

    Selamat siang.kita mau tau dong?biasa nya klo kita pakai AC buat kamar sekalian buat ruang tamu..kira kira kita butuh ukuran berapa PK ya…makasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      wah kami tidak bisa jawab kalau pertanyaan hanya begini,

      Karena beli AC itu ada hitung2annya.

      Ga bisa cuman kira2.

      harus tahu kamar tidurnya ukuran berapa dan juga ruang tamu ukuran panjang kali lebarnya berapa. Setelah itu dapet baru bisa ditentuin PKnya berapa.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *