POSTED BY Web_Admin | Mar, 01, 2021 |

UPDATE 1: Kalau mau respon cepat, selain menghubungi nomer telepon toko di (021) 737 5155 / 737 5156 / 737 5157 / 7369 0753 anda dapat menghubungi nomor WA team sales kami ya di

0813 1777 5157

 

Hi, setelah lama gak nulis artikel, kali ini kami kembali dengan artikel terbaru yang membahas tuntas penyebab AC kurang dingin atau tidak dingin. Pertanyaan ini sering sekali ditanyakan kepada kami, bahkan sampai ada yang marah-marah bertanya-nya.

Padahal menjawab pertanyaan penyebab AC tidak dingin atau kurang dingin susah susah susah gampang (Jauh lebih susah dibanding gampangnya hehehe). Ada banyak sekali faktor yang menentukan.

Mari kita telusuri satu-persatu kondisi yang biasa dialami oleh para konsumen kami

penyebab ac kurang dingin

Kondisi 1: Beli AC baru, sudah dipasang dengan benar, pake pipa tebel dan di vacuum juga kok kurang dingin ya ACnya?

Nah kalau begini kan berarti AC tidak mungkin kotor karena masih baru. All things being equal alias kalo kompressor ngga rusak gara-gara cacat pabrik dan pipa Freon dan sambungan-sambungannya juga tidak ada yang bocor, berarti kondisi dibawah ini harus diperhatikan

1. Apakah Btu AC sudah LEBIH BESAR dari kebutuhan Btu ruangan? Contoh: ruangan 4x5m kebutuhan Btu 12.000 Harus Pakai AC 1.5PK dengan Btu 12.000. Ruangan 3×4 kebutuhan Btu 7200 pakai 1PK dengan Btu 9.000. Untuk ruangan 4x6m dengan kebutuhan Btu 14.400 Kalau mau suhu ruangan bisa 24 derajat kebawah HARUS pakai 2PK. Begitulah cara menentukan PK AC untuk ruangan. Kalo Btu ngepas, kurang-kurang dikit, atau malah kurang, ya ga bakalan bisa mencapai suhu 24 kebawah. Inipun belum hitung orang yang tidur di dalam kamar ya seperti di point no 4.

2. Apakah kamar ada di lantai 2? Kalau iya pasti lebih panas dibanding lantai 1, karena panas dari atap akan turun langsung ke kamar.

3. Apakah di kamar ada jendela besar yang menghadap Barat atau Timur? Atau apakah tembok kamar anda langsung terkena sinar matahari siang/sore? jika ya pasti kamar lebih panas dibanding bila jendela menghadap ke Utara atau Selatan dan tembok kamar anda tidak langsung terkena sinar matahari siang/sore.

4. Berapa orang yang tidur di dalam ruangan? Karena setiap 1 manusia dewasa butuh 600Btu supaya merasa cukup dingin, dan anak-anak membutuhkan 400Btu agar merasa cukup dingin. Ingat manusia mengeluarkan hawa panas. Belum lagi lampu, TV, Komputer, dan semua alat elektronik lain yang ada di dalam kamar termasuk HP dan Chargernya semuanya mengeluarkan hawa panas yang seharusnya dihitung karena akan menaikkan suhu kamar anda.

5. Pastikan Outdoor memiliki breathing room atau tempat bernapas yang cukup. Outdoor AC kena matahari dan hujan sih tidak masalah, yang penting ada ruangan yang cukup untuk bernafas. dari kisi-kisi kipas Outdoor AC harus ada jarak minimal 80cm ke depan yang kosong. kemudian di sisi kiri, kanan dan atas harus ada jarak minimal 30cm. Plus Outdoor AC tidak boleh diletakkan berhadap-hadapan karena udara panasnya pasti terperangkap disitu yang akan membuat kompressor cepat kepanasan. Kalo sudah begitu kompressor jadi cepat jebol dan AC pasti tidak dingin karena sebentar-sebentar kompressor AC-nya mati karena kepanasan.

Jadi kesimpulannya, kalau kamar anda luasnya 3x4m butuh 7.200Btu tapi ada 2 orang dewasa yang tidur, kebutuhan Btu sudah 8.400 sebenarnya. Pakai AC 1PK jadi pas sebenarnya, mau suhu 24 baru bisa ya.

Nah jadi sekali lagi mau pakai merk apapun kalau Btu tidak cukup atau cuma ngepas dengan salah satu atau semua kondisi yang saya sebutkan diatas terjadi ya ga bakalan bisa dingin banget AC nya. Terutama karena di Jakarta dan Tangerang kita tercinta ini suhu udaranya pas siang hari bisa 35 atau 36 derajat sepanjang tahun.

Kondisi 2: Kalo siang hari AC jadi kurang dingin, kalo malem bisa kedinginan banget sampe matiin AC pas subuh

Nah kondisi ini biasanya karena Btu ruangan dengan Btu AC terlalu ngepas. Jadi kalau pas siang suhu luar ruangan bisa sampai 35 atau 36 derajat, AC yang Btu-nya ngepas paling hanya bisa mendinginkan ke suhu ruangan 26 derajat atau 27 derajat, sedangkan kalau malam kan suhu luar ruangan bisa hanya 25 derajat, tentu saja kalau suhu remote dibikin 23 derajat misalnya suhunya jadi bisa tercapai bahkan bisa lebih rendah dari itu sesuai cara kerja AC non-Inverter yang sudah saya jelaskan panjang lebar di artikel cara menggunakan AC yang benar.

Solusinya ya kembali lagi pastikan selalu Btu AC lebih besar daripada kebutuhan ruangan jadi pada saat siang terik, suhu ruangan masih bisa cukup dingin.

Kondisi 3: Tadinya siang dan malem dingin, sekarang kok gak siang gak malem jadi kurang dingin

Nah kalo begini biasanya sih penyebabnya cuman kotor aja ACnya. Kapan terakhir kali AC-nya di service alias dicuci? Apakah angin AC anda jadi kecil? atau bahkan hanya keluar angin dari salah satu sisi AC saja? Kalau sudah begini sih biasanya AC luar biasa kotor sampai terkadang bocor keluar air karena saluran pembuangan sudah mampet gara-gara kotor banget. Harusnya ya kalo mau ACnya awet jangan sampe lah hal ini terjadi. Intinya AC harus selalu dibersihkan MAKSIMAL 3 bulan sekali dan kalau anda tinggal di daerah dekat laut atau ada yang merokok di dalam kamar lebih baik dicuci tiap 2 bulan sekali.

Tapi hati-hati ya cari tukang service AC. Jangan sampe mau ditipu dengan permintaan isi ulang freon atau tambah freon. Ingat! Kalau dari pertama pemasangan AC sudah tepat, harusnya tidak perlu isi freon minimal dalam 4 – 5 tahun pemakaian! Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi artikel kami perlukah isi ulang freon? Saya sempet baca sebuah artikel tentang penyebab AC tidak dingin di website lain, yang masuk halaman 1 Google juga. Disitu ditulis Freon akan habis tiap 2 – 3 bulan sekali. Kalo dibawah 2 bulan udah habis mesti dicek. Busettttt saya sampe entah mau ngakak atau mau marah bacanya. Kalo Freon abis 2-3 bulan sekali mah itu BOCORRRRR!!!! ngaco banget tuh artikel. Masa customer disuru isi freon tiap kali cuci AC? Kalo pake Freon R32 tiap kali cuci AC harus keluar extra 600rb diluar biaya cuci AC? Mending beli AC baru kelessssss… Parah oiiii… Hati-hati ya kalo nemu artikel-artikel yang ga jelas dan ga bisa dipertanggung jawabkan.

Kemungkinan lain adalah memang ada kebocoran di Evaporator Indoor, kebocoran atau kerusakan kompressor Outdoor, kebocoran di pipa Freon, PCB AC yang jebol, dll. Hal-hal ini juga bisa menyebabkan AC kurang dingin atau tidak dingin.

Ada juga yang namanya service besar. Hal ini biasa dilakukan 2 tahun sekali selama service rutin AC 3 bulan sekali dilakukan. Service besar adalah mencopot unit AC Indoor dari tempatnya dan benar-benar membersihkan memakai obat khusus seperti AC Coil atau Asse Flash sehingga AC akan benar-benar seperti baru lagi. Yang tidak bisa kembali hanya bila warna Indoor sudah kuning ya ga bisa jadi putih lagi, namun komponen Evaporator Indoor akan jadi kembali ke warna semula seperti waktu pertama kali beli AC. Proses pengerjaannya pun lama, bisa 3-4 jam untuk 1 unit AC karena Indoor AC akan dicopot dari tembok, dipereteli satu-satu dan dibersihkan.

Oke kira-kira semua penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin sudah kami jabarkan semua.

Nanti kalau ada yang keinget lagi saya pasti update artikelnya yah.

Sementara ini, silakan membaca artikel-artikel kami yang lain seperti:

1. Apakah perlu isi ulang Freon AC?

2. Apakah AC Inverter benar – benar bagus dan hemat listrik?

3. Cara menggunakan AC agar awet dan hemat listrik

4. Cara menghitung kebutuhan PK AC sesuai ruangan

5. Semua yang harus anda tahu tentang AC Low Watt dan AC Inverter

6. Mengapa Ongkos pasang AC Freon R32 lebih mahal?

7. Perbedaan Freon R22, R32 dan R410A

8. Penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin

9. Perbedaan Tipe AC Daikin

10. Harga AC Daikin 2022

11. Perbedaan tipe AC Panasonic

12. Harga AC Panasonic 2022

14. Pengangkatan National Elektronik sebagai Daikin AC Shop

15. Tips dan trik menggunakan AC Inverter

16. AC Daikin Multi S

17. Testimoni AC Daikin di Kaskus

18. Emang AC Gree bagus? Kan buatan China

19. Harga AC Gree 2022

20. Tipe AC Gree apa saja dan perbedaannya

21. Bocoran AC Gree 2019

22. Launching AC Daikin Line Up 2018

23. Review Daikin Inverter Flash 1PK FTKQ25SVM4

24. Apaan sih COP dan EER itu?

25. AC Panasonic si Biru CS-LN Series

26. Pindah AC jadi ga dingin?

27. AC Multi Split Panasonic

28. Air Purifier Daikin

 

 

 

Oke sekian dolo deh, ohya mau curcol dikit, akhir-akhir ini saya beberapa kali menemukan artikel-artikel dari website ini “disadur” kalau ga mau bilang dicolong tanpa ijin di post di website lain yang juga menjual AC atau jualan service AC. Cuman mau ngomong, lain kali kalo mo copas artikel orang minta ijin dolo yah. Minimal tulis lah sumbernya dari mana, jangan main colong, diganti-ganti dikit tulisannya trus ditambahin no telp dan alamat perusahaan ente… busettt… ga kreatip bangatttt… Kalo emang ngerti AC ya mbok bikin artikel sendiri gitchu lohhhhh… Kan ketauan banget ente ga ada pengalaman tentang AC kalo cuman nyolong hueuheuehuehue…

Saya sih ga marah gimana, agak bangga malah berarti artikel saya bisa lebih dibaca banyak orang sekalian bagi-bagi informasi. Cuman minimal ditulis lah disadur ato sumber artikelnyna ditulis dari mana, nanti juga kalo ketauan Om Gugel website ente yang kena pinalti… Ati-ati yah…

Udah ah semoga artikel ini juga bisa membantu anda ya dalam memahami dunia per-AC-an seperti artikel-artikel kami sebelumnya dan penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin terjawab sudah…

Anda dapat menghubungi kami sekarang baik melalui halaman contact us, lewat email ke [email protected] ataupun menghubungi hotline kami di (021) 737 5155, 737 5156, 7369 0753 atau gunakan semua cara yang ada diatas baik lewat FB, IG, YM atau WA yah.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Artikel dibuat oleh:

Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
Follow me on Instagram and Twitter @samuellumentut
National Elektronik

Artikel diperbarui terakhir pada tanggal: 24 maret 2022

TAGS :
  • David

    Saya baru pasang AC Sharp 1 PK. Di hari pertama dan kedua hembusan AC dingin, tapi setelah 1 minggu dari pemasangan hembusan AC sudah tidak dingin lagi. Ketika saya periksa, getaran selang menuju unit outdoor tidak lagi bergetar setelah 30 menit dari penyalaan, sementara fan di unit outdoor msh berputar. Itu kenapa ya pak?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk masalah anda sih kemungkinan besar freonnya bocor dan habis. Entah bocor gara2 instalasi atau pemasangan AC (salah yang masang) atau bocor di kompressor/evaporator atau di tempat lain (salah pabrik)

      Lebih baik silakan langsung hubungi contact center Sharp dan minta teknisi resmi Sharp untuk cek langsung kondisi AC anda untuk menemukan di mana kesalahannya apakah di pemasangan atau cacat pabrik.

      Teirma kasih atas kunjungannya ke website kami.

      Reply
  • Harjo

    Selamat malam min.
    Saya pakai ac 3/4pk untuk ruangan 3×4. Sudah 4 tahun saya pakai ac panasonic, selama 4 tahun tidak ada masalah. Masuk ke 4.5tahun, AC udah mulai bermasalah, AC udah tidak sedingin dulu, dulu setel 25 aja udah dingin maksimal dengan 2 orang di dalam ruangan.
    Beberapa hari lalu, sy panggil servis AC langganan sy, dan di cuci, sy pikir udah selesai, ternyata tidak berubah. Cukup dingin di suhu 16, padahal 25 aja dulu sampai menggigil.
    Tukang servis langganan bilang kapilernya mengalami penyumbatan ato apa gitu.
    Apakah bener seperti itu masalah yg sy hadapi?
    Sekedar info, sy tidak pernah servis besar, tapi memang sy tidak punya jadwal cuci berkala, tunggu sampai ga dingin baru panggil tukang servis, hehe.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat pagi,

      Memang semua alat elektronik pasti ada umurnya. Kompressor AC pun pasti ada umurnya.

      Jadi setelah 4.5 tahun pasti kemampuan kompressor menyedot freon masuk ke Indoor juga berkurang.

      Masalahnya karna Bapak jarang buanget service ac, jadinya kerja kompressor jadi jauh lebih berat dari biasanya karena part2nya pada kotor semua. Kalau selalu bersih kinclong kan kerja AC juga tidak terlalu berat.

      Untuk penyumbatan kapiler ya mungkin saja sih begitu, namun kalau menurut kami lebih baik minta second opinion dengan menghubungi call center Panasonic di 0804 1 111 111 dan minta teknisi resmi Panasonic untuk cek.

      NAh kalau sudah 4.5 tahun belum pernah service besar juga boleh dilakukan terlebih dahulu sebelum melakukan penggantian spare part apapun.

      Oke semoga jawaban kami dapat membantu anda ya.

      Terima kasih telah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • INA

    Saat ini saya menggunakan AC merk LG, sudah 4 tahun dinyalakan kira2 8 jam sehari, skrang kondisinya kalo pertama kali start ac dinyalakan, knapa selalu berasa angin saja yang pertama kali dihembukan, kalo saya set ke powerfull berasa angin saja yang dihembuskan, setelah 3-4 jam lebih baru berasa dingin, dan tegangan listrik jadi naik turun (lampu redup/tidak), freon sudah di isi 1 bulan yang lalu walaupun tidak ada indikasi bocor, cuci ac 2 bulan sekali.

    Terima kasih sebelumnya

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kasus seperti anda sih kami lebih sarankan agar langsung dari teknisi resmi dari LG yang men cek ac anda.

      Silakan hubungi contact center LG untuk minta jadwal kedatangan teknisi yah.

      Namun kalau kami analisa dari cerita anda sih harusnya tekanan freonnya kurang atau malah habis sama sekali. Harus di cek dimana bocornya. atau mungkin juga kompressor Ampere-nya sudah tinggi jadi tidak mampu lagi memompa freon dari kompressor ke unit indoor.

      Terima kasih sudah berkunjung dan bertanya ke website kami.

      Reply
  • IGN Sayoga

    Ada juga yang namanya service besar. Hal ini biasa dilakukan 2 tahun sekali selama service rutin AC 3 bulan sekali dilakukan. Service besar adalah mencopot unit AC Indoor dari tempatnya dan benar-benar membersihkan memakai obat…………………….obatnya kalau boleh tahu apa ya pak?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Obat yang digunakan untuk Service besar adalah Asse Flash atau AC Coil.

      Terima kasih

      Reply
  • Adelya

    AC saya Panasonic Alowa 1/2 PK, saya baru beli kurang dari 1 minggu. AC saya tiba2 mati sendiri dan indikator timer pada indor nyala kedip2. AC juga jadi tidak dingin seperti pertama kali di install. Apakah terjadi kerusakan pada AC saya? Jika iya, apa yg harus saya lakukan?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kasus anda, 99% freonnya habis karena bocor, yang ditandai dengan lampu timer berkedip2.

      Bisa dilaporkan langsung ke Panasonic customer care ke 0804 1 111 111 supaya bisa dicek langsung oleh teknisi resmi Panasonic. Atau bisa juga langsung hubungi tukang yang pasang AC anda dan minta pertanggung-jawaban mereka untuk cek AC dan diisi ulang freonnya.

      Terima kasih.

      Reply
  • Shandy

    Saya mau tanya, saya baru beli AC Panasonic Alowa1/2 PK pada Rabu, dan baru dipasang hari kamis dan kondisi ruangan setalah AC dipasang dingin. Tapi hari ini (sabtu), dinginnya mulai berkurang, tidak pertama kali dipasang. AC saya pasang di ruangan 2×3. Mohon informasinya mengenai kendala ini. Terima Kasih.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kamar 2×3 sebenarnya sudah cukup pakai 1/2PK.

      Biasanya kalau pas dipasang dingin trus beberapa hari kemudian jadi kurang dingin, kemungkinan besar freonnya bocor.

      Bisa di sambungan naple pipa.

      Silakan hubungi contact center Panasonic di 0804 1 111 111 dan minta teknisi resmi Panasonic cek sambungan pipa AC-nya yah.

      Teirma kasih

      Reply
  • Ario Wahyu N

    saya mau menanyakan mengenai AC 1/2 pk daikin inverter saya,kurang dingin,sdh dicheck freon masih normal,tapi saya check waktu dinyalakan di drain pipe nya tdk Ada tetesan air sama sekali,apakah ini berarti kompressornya mati ya pak,untuk fan outdoor tdk masalah masih berputar,saya beli AC ini tahun 2011,apakah board outdoornya bermasalah ya pak,biasanya apa yg bisa dicheck lagi pak
    Terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Wah kalau kasus seperti Bapak sih bisa aja sekarang suhu udara luar jauh lebih tinggi sehingga AC jadi ga sedingin dulu.

      Lagipula AC Daikin Inverter 1/2PK Bapak dipasang di kamar ukuran berapa ya? Itu semua mempengaruhi Pak.

      tapi biar puas lebih baik Bapak langsung hubungi contact center Daikin di 0800 1 081 081 dan minta teknisi resmi Daikin datang dan cek masalah AC Bapak ada dimana.

      Terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

      Reply
  • yayok

    Selamat malam Pak,arus listrik di rumah saya sering naik turun,apakah ini juga bisa menyebabkan ac jadi tidak dingin,memang sih ac saya sdh lawas, sy beli 13 th lalu,tp msh oke lho,merk national 1 PK,mohon masukannya,tksh

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Ya tentu saja tegangan listrik naik turun bisa menyebabkan kompressor tidak bekerja atau bekerja abnormal. Yang pada akhirnya bisa menyebabkan AC jadi tidak dingin.

      Namun melihat umur AC anda, kompressor AC-nya juga pasti sudah berumur kalau sudah 13 tahun sehingga kerjanya pun pasti sudah tidak maksimal Pak.

      Jadi saran kami sih menabung-lah ya Pak. hehehehe…

      terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • ical

    Selamat malam saya mau tanya .. Ac saya ada 2 merek panasonic 1 PK pemakaian 2 taun. Sekarang kalau dinyalain dingin cuman 2 menit saja setelah itu hawanya seperti kipas(hangat) yg keluar,trus mesin outdoor kipasnya tetap nyala .tp dorongan tenaganyakurang .padahal uda isi Freon trus Cuci Ac jg.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Wah kalau kasus seperti anda sih ada kemungkinan kompressornya ga kuat ngangkat atau kompressornya bermasalah.

      Karena AC anda baru dipakai 2 tahun, silahkan langsung hubungi Panasonic Customer Center di no telp 0804 1 111 111 dan minta teknisi resmi Panasonic mengecek kompressor AC anda. Kalau memang rusak harusnya diganti baru gratis dari Panasonic.

      Oke semoga anda cukup terbantu dengan jawaban dari kami ya.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaannya.

      Reply
  • Salman

    Pak, kalau kasus ac saya sudah mulai kurang dingin yah. Seingat saya dulu dorongan (semburan) pertama terasa kencang suaranya ketika baru dinyalakan, nah 2 bln sekarang koq sudah tidak ad suara dorongan (semburan) ketika dinyalakan. Apa langkah solusinya pak? Thanks
    Sekedar info, sy sudah 3 kali manggil tukang service ac yg berbeda bahkan mekanik dr panasonic resmi sy panggil tapi tetap saja ga ad perubahan.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Sebelumnya tahukah anda AC Tipe apa dan berapa PK?

      Kemudian dipakai untuk mendinginkan ruangan berapa x berapa m?

      Itu dulu, baru nanti kami bisa berikan detil lebih lanjut.

      Terima kasih.

      Reply
  • Ronald

    Saya sudah menghitung btu untuk ruangan saya yang berbentuk persergi menggunakan artikel anda sebelum2nya, Ruanganya membutuhkan 2pk. Pertanyaan saya lebih baik menggunakan 1 unit ac inverter 2pk atau 2 unit ac inverter 1pk? Manakah yang lebih hemat listrik?

    Terima kasih.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Untuk ruangan yang membutuhkan 2PK memang kalau airflow lebih baik pakai 2x 1PK, tapi kalau pakai 2x 1PK kan berarti di tembok ada keliatan 2 AC Pak. Kadang2 orang tidak mau ada banyak AC nempel di tembok.

      Namun untuk mana yang lebih hemat listrik pakai 1x 2PK akan lebih hemat.

      Terima kasih atas kunjungannya ke website kami.

      Reply
  • ayu

    Selamat pagi.
    Saya tinggal di jkt timur, pasang ac changhong 1PK utk di kamar. Awalnya ac ini dingin kalo sy pasang di suhu 21c. Tapi seminggu yang lalu, di daerah tempat tinggal sy ada pemadaman, saat itu kondisi ac sy dlm keadaany menyala. Ktika listrik sudah nyala lagi, ac sy hidupkan dan masih dingin spt biasa. Tapi 2 hri lalu, ada pemadaman listrik lagi, ac jg sedang mnyala. Sejak saat itu ac sy tidak dingin lg, malahan lebih spt blower. Apa ada hubungan antara listrik mati dngan tidak dinginnya ac sy? Siang dan malam sama saja tidak dingin.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Wah kalau kayak gitu ada kemungkinan PCB AC-nya kena, atau kompressornya kena.

      Silakan hubungi service center Changhong supaya bisa di cek oleh teknisi resmi Changhong masalah AC-nya ada dimana yah.

      Terima kasih.

      Reply
  • Djoko

    Pak, saat ini saya menggunakan AC merk LG, sudah 5 tahun dinyalakan kira2 8 jam sehari, yg saya ga tahan indoor unitnya berisik banget, kira2 AC Apa yang indoor unitnya paling senyap ya pak.

    Terimakasih sebelumnya

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk AC yang tidak berisik Indoornya sih sudah jelas AC Inverter Pak.

      Silakan gunakan AC Inverter Daikin atau Panasonic. Dijamin Indoornya akan senyaaappppp…

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • hydri

    saya ada pertanyaan mengenai kondisi ac di rumah saya skrang,,saat ini menggunakan kapasitas 1pk, sudah berjalan 7tahun , skrang kondisinya kalo pertama kali start ac dinyalakan, knapa selalu berasa angin saja yang pertama kali dihembukan, kalo saya set ke powerfull berasa angin saja yang dihembuskan, setelah 1 jam lebih baru beraasa dingin, dan kondisi itu sudah 1tahun ini, lama2 setelah 3 4 jam baru bisa mendinginkan ruangan, selama ini belum pernah mengganti freon hanya service2 biasa…. trims,

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Untuk AC yang sudah berumur 7 tahun sih ada beberapa kemungkinan.

      1. Kompressor sudah mulai berumur, jadi ampere-nya sudah tinggi dan sudah lemah kemampuan untuk memompa gas freon dari kompressor ke indoor unit.

      2. Freon AC berkurang sehingga AC tidak dingin atau lama dinginnya, atau mungkin juga disebabkan karena ada kebocoran.

      3. PK AC yang tidak cukup atau hanya ngepas BTU-nya, sehingga dulu saat Indonesia belum sepanas sekarang AC masih mampu mendinginkan ruangan, namun sekarang saat cuaca lagi suangat panas Btu AC jadi tidak cukup untuk kebutuhan ruangan.

      Nah dari 3 skenario diatas mesti di cek satu persatu Pak.

      Saran kami sih silahkan hubungi contact center resmi merk AC anda supaya teknisi resmi bisa cek kondisi AC-nya, kemudian langkah apa selanjutnya selain mengganti dengan AC baru.

      Oke semoga cukup terbantu dengan jawaban kami ya.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • puspa

    saya pakai AC samsung triangle 1/2 PK, sebelumnya AC ada di lantai bawah ukuran 5×3 tapi itu terasa dingin,bulan lalu saya pindahkan ke lantai 2 dengan ukuran ruangan 2×3 tapi sekarang jd tidak dingin dan mesin out door akan mati dlm 5 menit sekali,padahal waktu baru di pindahkan semuanya normal setelah sekitar 2 mingguan jd seperti itu,dan remote AC pernah di pencet2 sm anak saya tapi saya cb kembalikan ke posisi semula di cool 20 derajat tapi tetap sama aja g balik seperti semula..kira2 kenapa ya pak?? AC bru 1thn sy beli baru..trm ksh pak

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Wah kalau kejadiannya seperti itu (mesin Outdoor mati tiap 5 menit) ada kemungkinan freon-nya bocor/habis.

      Ada kemungkinan waktu dipindahkan pemasangannya ada yang salah seperti di sambungan flaring atau yang lainnya.

      Kalau menurut kami sih tidak ada hubungannya dengan pencetan di remote. Selama remote sudah dikembalikan ke posisi cool, harusnya ac akan tetap dingin.

      Jadi saran saya, hubungi orang yang dulu mindahin ACnya, suru cek kebocoran freon dan sambungan pipanya. Kalau memang benar ada yang bocor, ya dibenerin trus diisi ulang freonnya.

      Kalau dia nyerah silakan hubungi service center Samsung supaya teknisi mereka bisa datang dan men-cek langsung apakah kompressor AC-nya yang bermasalah.

      Oke semoga jawaban kami dapat membantu anda ya.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaannya.

      Reply
  • saiko

    semua artikel di nationalelktronik sudah saia baca semua…
    paling lengkap informasi mengenai ac emang di website ini.

    belum ada artikel baru lagi ya Pak? kalo ttg oli ac gimana? perlu gak sih diganti rutin olinya…
    saia liat belum ada bahasannya ttg oli ac..

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Terima kasih atas pujiannya.

      Untuk artikel memang belum ada waktu untuk menulis lagi nih.

      Tapi untuk oli tidak perlu diganti sih seumur AC-nya kecuali memang ada kebocoran dll.

      Terima kasih ya sudah berkunjung dan membaca artikel-artikel kami.

      Reply
  • Andreas

    Saya baru pasang ac panasonic inverter 1pk tipe CS-S10RKP. Yang mau saya tanyakan adalah apakah mode Cool (fan speed saya maksimalkan) lebih boros listrik daripada mode iAutoX (dengan fan speed auto)? Mana dari kedua mode tersebut yang bisa menghasilkan dingin yang lebih stabil, atau keduanya sama saja dinginnya?
    Terima kasih.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Sebenarnya fungsi mode iAutoX itu sama seperti mode POWERFUL Pak. Jadi kalau ruangan sudah dingin sih dia berkurang kecepatan anginnya.

      Kalau Bapak pakai Fan speed Full tidak merasa terlalu kencang anginnya sih silakan saja pake mode cool biasa dengan fan speed maksimal. Namun kalau terasa terlalu kencang anginnya sih kalau pakai mode iAutoX akan mengecilkan angin sendiri kalau suhu ruangan sudah tercapai.

      Makanya suhu di remote AC jangan dibikin dibawah 22 Pak, karena suhu ruangan ga mungkin tercapai kalau di bawah itu. Kecuali ruangan Bapak luasnya cuman 3×3 atau 3×4. Kalau diatas itu sudah pasti ga akan bisa tercapai Pak terutama kalau siang hari bolong.

      Jadi kalau suhu tidak pernah tercapai iAutoX juga tidak akan pernah menurunkan tingkat fan speed Pak.

      Begitu. Semoga sudah lebih jelas ya. Kalau untuk dingin sih sama aja, cuman kalau dari pertama nyala kalau pakai mode iAutoX ruangan akan lebih cepat dingin dibanding pake mode Cool dengan fan speed maksimal.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaannya.

      Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Sebenarnya fungsi mode iAutoX itu sama seperti mode POWERFUL Pak. Jadi kalau ruangan sudah dingin sih dia berkurang kecepatan anginnya.

      Kalau Bapak pakai Fan speed Full tidak merasa terlalu kencang anginnya sih silakan saja pake mode cool biasa dengan fan speed maksimal. Namun kalau terasa terlalu kencang anginnya sih kalau pakai mode iAutoX akan mengecilkan angin sendiri kalau suhu ruangan sudah tercapai.

      Makanya suhu di remote AC jangan dibikin dibawah 22 Pak, karena suhu ruangan ga mungkin tercapai kalau di bawah itu. Kecuali ruangan Bapak luasnya cuman 3×3 atau 3×4. Kalau diatas itu sudah pasti ga akan bisa tercapai Pak terutama kalau siang hari bolong.

      Jadi kalau suhu tidak pernah tercapai iAutoX juga tidak akan pernah menurunkan tingkat fan speed Pak.

      Begitu. Semoga sudah lebih jelas ya. Kalau untuk dingin sih sama aja, cuman kalau dari pertama nyala kalau pakai mode iAutoX ruangan akan lebih cepat dingin dibanding pake mode Cool dengan fan speed maksimal.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaannya.

      Reply
  • dwi

    Saya mau nanya, saya menggunakan ac daikin yang 1 PK, beberapa hari ini listrik di rumah saya langsung turun kalau saya nyalain AC, padahal sebelumnya tidak pernah. saya sudah coba mematikan beberapa peralatan elaktronik hanya AC, kulkas dan 3 buah lampu. padahal sebelumnya tidak terjadi masalah, yang saya mau tanyakan berapa konsumsi listrik AC daikin 1 PK non inverter (made in Thailand) tipenya saya lupa, pembelian belum lama( bulan Mei 2015 seri terbaru), dan kemungkinan lain yang bisa mengakibatkan listrik padam. sebagai tambahan info listriknya padam kurang lebih 15 menit setelah AC saya nyalakan.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Konsumsi listrik AC 1PK Daikin Standard Thailand FTNE25MV14 adalah 819 Watt.

      Ada kemungkinan AC mengalami korsleting listrik Bu.

      Solusinya ada 2:

      1. Hubungi langsung tempat Ibu dulu beli AC atau tukang pasang AC-nya suru cek kelistrikan dan kabel Ground ACnya

      2. Siapkan kartu garansi Daikin lalu hubungi langsung Contact Center Daikin di 0800 1 081 081 (bebas pulsa) untuk minta teknisi Daikin sendiri yang mengecek AC-nya karena toh masih dalam masa garansi.

      Oke semoga membantu yah

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaannya.

      Reply
  • Wandi

    saya mau bertanya apakah memakai ac inverter 2pk di ruangan 3 x 4 meter akan lebih hemat listrik dibanding menggunakan ac 1pk diruangan terserbut? itu saja yang mau saya tanyakan terima kasih.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Wah kalau di ruangan 3×4 pakai 2PK memang hemat listriknya tapi ga nyaman pak karena pasti terlalu dingin. Semburan angin di kecepatan fan 1 saja lebih kencang dari kecepatan fan 5 di AC 1PK.

      Hematnya sih pasti kalah Pak sama yang 1PK karena pencapaian Watt minimum AC 1PK dan 2PK berbeda. Watt minimum AC 1PK lebih kecil dibanding yang 2PK.

      Kita kalau pakai AC asal lebih saja Btu-nya dari kebutuhan sudah cukup pak. Gak perlu berlebihan hehehehe…

      Terima kasih ya telah berkunjung dan bertanya ke website kami.

      Reply
      • Wandi

        baik terima kasih atas jawaban diatas. tetapi saya ingin bertanya lagi pada kasus ac tipe/jenis urusara apakah akan lebih hemat listrik karena watt minimum di 1pk dan 2pk sama-sama 110 watt, dengan asumsi ac 2pk lebih cepat mendinginkan ruangan tersebut dan dapat turun ke watt minimal lebih cepat dibandingkat ac dengan kapasitas 1pk. pertanyaan kedua apakah akan terlalu dingin dan tidak nyaman semburan angin di 2pk dibandingkan dengan 1pk? jika saya tidak salah bukankah semburan angin ac urusara akan menghadap ke langit-langit saat mendinginkan ruangan? ya sekian ini saja yang mau saya tanyakan lagi, maaf saya banyak bertanya hehehe….. terima kasih.

        Reply
        • Web_Admin

          Memang Pak kalau misalnya pake AC Urusara 2PK di ruangan yang hanya butuh Urusara 1PK pasti Watt-nya akan lebih cepat turun, tapi semburan anginnya dahsyat Pak pasti sangat tidak nyaman, apalagi semburan angin AC Urusara bisa mencapai 12m ke depan, dimana AC lain maksimal hanya mampu sampai 8 atau 9m maksimal. Walaupun semburan angin keatas tapi tetep aja karena sangat kuat pasti kurang nyaman Pak.

          Lagipula tarikan pertama AC Urusara juga jauh lebih besar dibanding tipe High Inverter ataupun European Design. Jadi memang saya sendiri sih lebih menyarankan penggunaan European Design saja sudah cukup. Kecuali Bapak memang tetap ingin pakai Urusara 7 sih tidak masalah juga Pak hehehe…

          Oke terima kasih atas pertanyannya.

          Reply
  • Saya mau pasang ac dgn ukuran ruang 6,5×6×2,8 m sebaiknya pasang 1 ac ukuran berapa atau beberapa ac dgn ukuran 1pk? Mohon sarannya sedangkan daya listrik utk ruangan tsb 2300watts. Yg bisa mendinginkan dan memenuhi kapasitas listriknya serta gak terlalu berat bebannya nanti sebaiknya yg mana ya mohon sarannya fast respon please. Thanks

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk ruangan ukuran 6.5 x 2.8 sebaiknya menggunakan AC 1.5PK.

      Lebih baik menggunakan AC Daikin Inverter Smile 1.5PK Tipe FTKC35NVM4 listrik atas hanya 990Watt dan bisa turun ke 300 Watt bila suhu ruangan sudah tercapai.

      Terima kasih atas kunjungannya ke website kami.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *