POSTED BY Web_Admin | Mar, 01, 2021 |

UPDATE 1: Kalau mau respon cepat, selain menghubungi nomer telepon toko di (021) 737 5155 / 737 5156 / 737 5157 / 7369 0753 anda dapat menghubungi nomor WA team sales kami ya di

0813 1777 5157

 

Hi, setelah lama gak nulis artikel, kali ini kami kembali dengan artikel terbaru yang membahas tuntas penyebab AC kurang dingin atau tidak dingin. Pertanyaan ini sering sekali ditanyakan kepada kami, bahkan sampai ada yang marah-marah bertanya-nya.

Padahal menjawab pertanyaan penyebab AC tidak dingin atau kurang dingin susah susah susah gampang (Jauh lebih susah dibanding gampangnya hehehe). Ada banyak sekali faktor yang menentukan.

Mari kita telusuri satu-persatu kondisi yang biasa dialami oleh para konsumen kami

penyebab ac kurang dingin

Kondisi 1: Beli AC baru, sudah dipasang dengan benar, pake pipa tebel dan di vacuum juga kok kurang dingin ya ACnya?

Nah kalau begini kan berarti AC tidak mungkin kotor karena masih baru. All things being equal alias kalo kompressor ngga rusak gara-gara cacat pabrik dan pipa Freon dan sambungan-sambungannya juga tidak ada yang bocor, berarti kondisi dibawah ini harus diperhatikan

1. Apakah Btu AC sudah LEBIH BESAR dari kebutuhan Btu ruangan? Contoh: ruangan 4x5m kebutuhan Btu 12.000 Harus Pakai AC 1.5PK dengan Btu 12.000. Ruangan 3×4 kebutuhan Btu 7200 pakai 1PK dengan Btu 9.000. Untuk ruangan 4x6m dengan kebutuhan Btu 14.400 Kalau mau suhu ruangan bisa 24 derajat kebawah HARUS pakai 2PK. Begitulah cara menentukan PK AC untuk ruangan. Kalo Btu ngepas, kurang-kurang dikit, atau malah kurang, ya ga bakalan bisa mencapai suhu 24 kebawah. Inipun belum hitung orang yang tidur di dalam kamar ya seperti di point no 4.

2. Apakah kamar ada di lantai 2? Kalau iya pasti lebih panas dibanding lantai 1, karena panas dari atap akan turun langsung ke kamar.

3. Apakah di kamar ada jendela besar yang menghadap Barat atau Timur? Atau apakah tembok kamar anda langsung terkena sinar matahari siang/sore? jika ya pasti kamar lebih panas dibanding bila jendela menghadap ke Utara atau Selatan dan tembok kamar anda tidak langsung terkena sinar matahari siang/sore.

4. Berapa orang yang tidur di dalam ruangan? Karena setiap 1 manusia dewasa butuh 600Btu supaya merasa cukup dingin, dan anak-anak membutuhkan 400Btu agar merasa cukup dingin. Ingat manusia mengeluarkan hawa panas. Belum lagi lampu, TV, Komputer, dan semua alat elektronik lain yang ada di dalam kamar termasuk HP dan Chargernya semuanya mengeluarkan hawa panas yang seharusnya dihitung karena akan menaikkan suhu kamar anda.

5. Pastikan Outdoor memiliki breathing room atau tempat bernapas yang cukup. Outdoor AC kena matahari dan hujan sih tidak masalah, yang penting ada ruangan yang cukup untuk bernafas. dari kisi-kisi kipas Outdoor AC harus ada jarak minimal 80cm ke depan yang kosong. kemudian di sisi kiri, kanan dan atas harus ada jarak minimal 30cm. Plus Outdoor AC tidak boleh diletakkan berhadap-hadapan karena udara panasnya pasti terperangkap disitu yang akan membuat kompressor cepat kepanasan. Kalo sudah begitu kompressor jadi cepat jebol dan AC pasti tidak dingin karena sebentar-sebentar kompressor AC-nya mati karena kepanasan.

Jadi kesimpulannya, kalau kamar anda luasnya 3x4m butuh 7.200Btu tapi ada 2 orang dewasa yang tidur, kebutuhan Btu sudah 8.400 sebenarnya. Pakai AC 1PK jadi pas sebenarnya, mau suhu 24 baru bisa ya.

Nah jadi sekali lagi mau pakai merk apapun kalau Btu tidak cukup atau cuma ngepas dengan salah satu atau semua kondisi yang saya sebutkan diatas terjadi ya ga bakalan bisa dingin banget AC nya. Terutama karena di Jakarta dan Tangerang kita tercinta ini suhu udaranya pas siang hari bisa 35 atau 36 derajat sepanjang tahun.

Kondisi 2: Kalo siang hari AC jadi kurang dingin, kalo malem bisa kedinginan banget sampe matiin AC pas subuh

Nah kondisi ini biasanya karena Btu ruangan dengan Btu AC terlalu ngepas. Jadi kalau pas siang suhu luar ruangan bisa sampai 35 atau 36 derajat, AC yang Btu-nya ngepas paling hanya bisa mendinginkan ke suhu ruangan 26 derajat atau 27 derajat, sedangkan kalau malam kan suhu luar ruangan bisa hanya 25 derajat, tentu saja kalau suhu remote dibikin 23 derajat misalnya suhunya jadi bisa tercapai bahkan bisa lebih rendah dari itu sesuai cara kerja AC non-Inverter yang sudah saya jelaskan panjang lebar di artikel cara menggunakan AC yang benar.

Solusinya ya kembali lagi pastikan selalu Btu AC lebih besar daripada kebutuhan ruangan jadi pada saat siang terik, suhu ruangan masih bisa cukup dingin.

Kondisi 3: Tadinya siang dan malem dingin, sekarang kok gak siang gak malem jadi kurang dingin

Nah kalo begini biasanya sih penyebabnya cuman kotor aja ACnya. Kapan terakhir kali AC-nya di service alias dicuci? Apakah angin AC anda jadi kecil? atau bahkan hanya keluar angin dari salah satu sisi AC saja? Kalau sudah begini sih biasanya AC luar biasa kotor sampai terkadang bocor keluar air karena saluran pembuangan sudah mampet gara-gara kotor banget. Harusnya ya kalo mau ACnya awet jangan sampe lah hal ini terjadi. Intinya AC harus selalu dibersihkan MAKSIMAL 3 bulan sekali dan kalau anda tinggal di daerah dekat laut atau ada yang merokok di dalam kamar lebih baik dicuci tiap 2 bulan sekali.

Tapi hati-hati ya cari tukang service AC. Jangan sampe mau ditipu dengan permintaan isi ulang freon atau tambah freon. Ingat! Kalau dari pertama pemasangan AC sudah tepat, harusnya tidak perlu isi freon minimal dalam 4 – 5 tahun pemakaian! Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi artikel kami perlukah isi ulang freon? Saya sempet baca sebuah artikel tentang penyebab AC tidak dingin di website lain, yang masuk halaman 1 Google juga. Disitu ditulis Freon akan habis tiap 2 – 3 bulan sekali. Kalo dibawah 2 bulan udah habis mesti dicek. Busettttt saya sampe entah mau ngakak atau mau marah bacanya. Kalo Freon abis 2-3 bulan sekali mah itu BOCORRRRR!!!! ngaco banget tuh artikel. Masa customer disuru isi freon tiap kali cuci AC? Kalo pake Freon R32 tiap kali cuci AC harus keluar extra 600rb diluar biaya cuci AC? Mending beli AC baru kelessssss… Parah oiiii… Hati-hati ya kalo nemu artikel-artikel yang ga jelas dan ga bisa dipertanggung jawabkan.

Kemungkinan lain adalah memang ada kebocoran di Evaporator Indoor, kebocoran atau kerusakan kompressor Outdoor, kebocoran di pipa Freon, PCB AC yang jebol, dll. Hal-hal ini juga bisa menyebabkan AC kurang dingin atau tidak dingin.

Ada juga yang namanya service besar. Hal ini biasa dilakukan 2 tahun sekali selama service rutin AC 3 bulan sekali dilakukan. Service besar adalah mencopot unit AC Indoor dari tempatnya dan benar-benar membersihkan memakai obat khusus seperti AC Coil atau Asse Flash sehingga AC akan benar-benar seperti baru lagi. Yang tidak bisa kembali hanya bila warna Indoor sudah kuning ya ga bisa jadi putih lagi, namun komponen Evaporator Indoor akan jadi kembali ke warna semula seperti waktu pertama kali beli AC. Proses pengerjaannya pun lama, bisa 3-4 jam untuk 1 unit AC karena Indoor AC akan dicopot dari tembok, dipereteli satu-satu dan dibersihkan.

Oke kira-kira semua penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin sudah kami jabarkan semua.

Nanti kalau ada yang keinget lagi saya pasti update artikelnya yah.

Sementara ini, silakan membaca artikel-artikel kami yang lain seperti:

1. Apakah perlu isi ulang Freon AC?

2. Apakah AC Inverter benar – benar bagus dan hemat listrik?

3. Cara menggunakan AC agar awet dan hemat listrik

4. Cara menghitung kebutuhan PK AC sesuai ruangan

5. Semua yang harus anda tahu tentang AC Low Watt dan AC Inverter

6. Mengapa Ongkos pasang AC Freon R32 lebih mahal?

7. Perbedaan Freon R22, R32 dan R410A

8. Penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin

9. Perbedaan Tipe AC Daikin

10. Harga AC Daikin 2022

11. Perbedaan tipe AC Panasonic

12. Harga AC Panasonic 2022

14. Pengangkatan National Elektronik sebagai Daikin AC Shop

15. Tips dan trik menggunakan AC Inverter

16. AC Daikin Multi S

17. Testimoni AC Daikin di Kaskus

18. Emang AC Gree bagus? Kan buatan China

19. Harga AC Gree 2022

20. Tipe AC Gree apa saja dan perbedaannya

21. Bocoran AC Gree 2019

22. Launching AC Daikin Line Up 2018

23. Review Daikin Inverter Flash 1PK FTKQ25SVM4

24. Apaan sih COP dan EER itu?

25. AC Panasonic si Biru CS-LN Series

26. Pindah AC jadi ga dingin?

27. AC Multi Split Panasonic

28. Air Purifier Daikin

 

 

 

Oke sekian dolo deh, ohya mau curcol dikit, akhir-akhir ini saya beberapa kali menemukan artikel-artikel dari website ini “disadur” kalau ga mau bilang dicolong tanpa ijin di post di website lain yang juga menjual AC atau jualan service AC. Cuman mau ngomong, lain kali kalo mo copas artikel orang minta ijin dolo yah. Minimal tulis lah sumbernya dari mana, jangan main colong, diganti-ganti dikit tulisannya trus ditambahin no telp dan alamat perusahaan ente… busettt… ga kreatip bangatttt… Kalo emang ngerti AC ya mbok bikin artikel sendiri gitchu lohhhhh… Kan ketauan banget ente ga ada pengalaman tentang AC kalo cuman nyolong hueuheuehuehue…

Saya sih ga marah gimana, agak bangga malah berarti artikel saya bisa lebih dibaca banyak orang sekalian bagi-bagi informasi. Cuman minimal ditulis lah disadur ato sumber artikelnyna ditulis dari mana, nanti juga kalo ketauan Om Gugel website ente yang kena pinalti… Ati-ati yah…

Udah ah semoga artikel ini juga bisa membantu anda ya dalam memahami dunia per-AC-an seperti artikel-artikel kami sebelumnya dan penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin terjawab sudah…

Anda dapat menghubungi kami sekarang baik melalui halaman contact us, lewat email ke [email protected] ataupun menghubungi hotline kami di (021) 737 5155, 737 5156, 7369 0753 atau gunakan semua cara yang ada diatas baik lewat FB, IG, YM atau WA yah.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Artikel dibuat oleh:

Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
Follow me on Instagram and Twitter @samuellumentut
National Elektronik

Artikel diperbarui terakhir pada tanggal: 24 maret 2022

TAGS :
  • Dony

    Selamat malam pak, saya mau tanya nih ac changong 1/2pk sudah 1minggu lebih tidak dingin. Padahal sudah di bersihkan di semprot semua debunya, yang ada cuma angin biasa keluar menyebabkan suasana panas. Menurut bapak ini harus gimana solusinya?. Tolong di balas, terima kasih.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalau cuman di semprot debunya ya ga bakalan bersih Pak.

      Harus dicuci unit Indoor dan Outdoornya.

      Tapi kalau sudah dicuci ga dingin, coba di cek tekanan freonnya apakah sudah sesuai atau kurang atau bahkan habis sama sekali.

      Kalau memang kurang ya ditambah freonnya. Tapi kalau habis berarti ada kebocoran. Jadi harus dicari dimana bocornya, dibenerin baru diisi ulang freonnya.

      Terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

      Reply
  • leny

    selamat malam pak, terima kasih utk article nya yg sangat informatif. barusan td siang sy panggil tukang servis ac utk cuci ac karena ud bocor air di indoor ac. tetapi sekarang malam ac masih tetap bocor air lg. netes2 air lagi. apakah cuci nya tidak bersih atau ac sudah tua ya? ac saya merk changhong dan sudah dipakai kurang lbh 6 tahunan. mohon info nya. terima kasih.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Terima kasih ya atas pujiannya.

      Kalau AC bocor keluar air dari Indoor sih biasanya cuman karena pembuangan airnya mampet Bu.

      waktu dicuci, saluran pembuangan airnya ditembak dengan air bertekanan tinggi ngga ya?

      Kalau ngga ya mungkin gara2 itu masi ada kotoran atau lumut atau lendir yang menempel di pipa pembuangan airnya.

      Kalau memang sudah disemprot tapi masih mampet kemungkinan ada mampet di tempat yang agak jauh dari AC-nya. Jadi mau tidak mau mesti dicek atau mungkin dibongkar pembuangan airnya untuk melihat dimana letak tersumbatnya air.

      Oke semoga sudah cukup jelas dengan jawaban dari kami ya.

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • basuki

    selamat siang
    saya beli ac baru 3/4 PK merk shap lowatt dan kenapa tidak dingin?. berasa sperti kipas angin aja.
    malahan kipas outdor dingin banget (kalo gak salah harusnya outdor ada hawa panas kan?)
    sudah dipanggil srvice sharp resmi. katanya gak ada yg salah dan rusak dan ditambah freon saja.katanya perlu waktu untuk mendinginkan ruangan.
    karena pemasangan ac diawasi ortu. saya cek ulang dengan suhu 16derajat selama 2jam.tapi tetap keluar suhu dari kisi2 unit indor sebesar 33derajat (pakai termometer tembak laser) dan unit outdoor kipasnya tetap dingin gak ada suhu panasnya.

    nb : luas ruangan 2.5 x 5 meter. berada di lantai 2 ( sepertinya emang kurang PKnya, tapi cuma pengen adem aja tidak dingin)
    ,kondisi refrigent selang yg kecil dingin tapi tidak muncul kristal es.
    pipa drain tidak ada air yg menetes, cuma lembab saja

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      wah masa udara yang keluar dari kisi2 indoor 33 derajat? panas amaaaatttt.. itu mah bukan AC kali belinya… pemanas ruangan kali ya? hehehehe..

      Itu mah udah pasti kompressor AC rusak. Ga mampu memompa gas freon dari kompressor ke unit Indoor.

      Coba komplen lagi dengan agak galak dan kasar ke Sharp-nya. Suruh teknisi yang pengalaman yang dateng ke rumah jangan sub con yang baru belajar.

      masa AC suhu kisi2 33 derajat dibilang ga ada masalah. dodol banget. suru cek kompressornya yah. kalo menurut kami sih kompressornya bermasalah. Minta ganti baru aja kompressor atau unit Outdoornya sekalian.

      Oke terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

      Reply
      • basuki

        ok terimakasih gan.
        tau web ini bulan kemaren aja. mendingan saya pake team dari agan beserta AC nya.
        nexttime deh kalo pasang ac lagi ato temen nyari saya referensiin web ini.

        Reply
        • Web_Admin

          Selamat pagi,

          Iya gpp Pak, siapa tau nanti pas mau tambah AC/ganti AC atau temennya ada yang membutuhkan di referensikan ke kami ya hehehehe…

          Trus nanti kalo mau ganti AC pake Daikin aja ato Panasonic hahahahah…

          Terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

          Reply
  • Ian

    Selamat siang mas.
    Numpang nanya mas, AC dikamar saya sudah 1 bulan ini gak dingin lagi, hanya keluar hembusan angin saja tanpa ada hawa dingin nya.
    Sudah panggil tukang servis, tapi kok kurang meyakinkan, tukangnya bilang ada part yg harus diganti yang harganya 1,5 jt.
    Sampe sekarang AC nya belum diapa-apain. Padahal sebelum ini, AC nya dingin banget. AC saya mereknya Changhong.
    Terimakasih sebelumnya mas.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Menjawab pertanyaan anda susah susah gampang.

      Pertama PK AC cukup ga buat ruangan? AC brp PK? ruangan berapa luasnya?

      Kedua tekanan freon berapa pas dicek? cukup ga? kalau ngga kenapa bisa kurang? apakah bocor? apakah dimainin sama tukang cuci ac? mesti di cek.

      Ketiga udah berapa lama umur ACnya? kalo udah lama banget diatas 5 taon misalnyna ya bisa aja karena udah tua.

      Kalo ganti part 1.5jt sih kemungkinan besar kompressornya mesti diganti. Kalo ganti kompressor, mending beli AC baru. Karena walo udah keluar 1.5jt paling banter 1 taon lagi umurnya. abis itu pasti mulai bermasalah lagi.

      Oke terima kasih sudah mampir ke website kami ya.

      Reply
  • irsam

    Saya mau nanya ac saya ga dingin apa karna kompresornya saya taro di dapur (dalam rumah) ???

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Mungkin saja hal itu terjadi karena pembuangan panas dari Outdoor AC tidak sempurna.

      Tapi bukan cuman itu saja penyebabnya. Bisa saja sebab2 lain seperti yang sudah saya tulis di artikel.

      Teirma kasih atas kunjungan anda ke website kami.

      Reply
  • Marcella. P

    Halo admin.

    Langsung saja yaa. Saya baru beli ac merk sharp 1/2pk. Ukuran kamar 2.5×3.5mtr. Di pasang tgl 28 nov 2015. Kurang lebih seminggu ini ac saya sudah kurang dingin plus air menetes trus dari unit indoor. Dan untuk unit outdoor nya di bagian baut2 freon nya berembun begitu juga dgn di bagian selang yang mendekati unit indoor nya. Kira2 apa penyebab nya sampe ac yang baru beli sudah kurang dingin? Terima kasih sebelumnya.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kasus anda sih kemungkinan besar AC-nya kotor. Apakah sejak dipasang tanggal 28 Nov 2015 sudah pernah dicuci?

      Kan harusnya memang maksimal 3 bulan sekali AC harus dicuci. Malah kalau filter AC di unit Indoor tiap 2 minggu sekali kita harusnya cuci sendiri. Dan karena luas kamar anda dengan kekuatan AC-nya terlalu ngepas, jadi kalau AC-nya kotor sedikit saja berarti kan kemampuan mendinginkan ruangan langsung berkurang, nah itu langsung berasa ga dingin.

      Kalau saran kami untuk kamar anda sih lebih baik pake AC 3/4PK soalnya.

      Kalau berembun di pipa sih hal yang wajar karena gas freon kan dingin banget. Jadi sama aja kayak kalo kita isi air dingin pake es di gelas kan pasti gelasnya berembun.

      Oke semoga masalahnya cepat terselesaikan yah.

      Teirma kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Hanna

    Mas sebelumnya terima kasih byk sudah share artikel yg bagus sekali.

    Sy menggunakan ac daikin 1 pk di ruangan 3×4,5, biasa di set di suhu 25 saja. Biasanya dingin. Ac sy sdh berusia 1 tahun sejak pembelian. Sy rutin mencuci ac setiap 4 bln sekali. Itupun kadang ac nya masih bersih menurut tukang service nya. Malahan mereka menyarankan untuk cuci ac tiap 5 atau 6 bln saja. Memang letak rumah kami tidak dipinggir jalan raya. Nahh beberapa waktu belakangan ini ac di kamar saya tidak dingin. Bahkan kalau sdh di set suhu di 18. Biasanya ac nya sy matikan dulu baru dinyalakan kembali. Kadang berhasil bs dingin kadang tidak. Apakah hal yg semacam ini ada kesalahan instalasi ac nya? Tukang service ac sy bilang jg bahwa freon tdk usah diisi. Krn kemungkinan turunnya tegangan listrik dibawah 200 voltase. Apa itu benar? Jika demikian ada tdk solusi nya. Supaya listrik tdk ngedrop, Krn dari 3 ac dirumah saya. Hanya kamar sy yg seperti itu ac nya. 2 unit ac yang lain baik2 saja. Jadi kalau memang ngedrop kan harusnya semua ac nya sama. Jd tdk dingin semua. Nah ini knp hanya ac kamar sy saja.

    Trima kasih sebelumnya

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kasus anda memang lebih baik cek voltase rumah dulu. Berapa voltase listrik dari PLN.

      Kalau memang dibawah 200 Volt memang lebih baik dipasangin stabilizer terserah untuk seluruh rumah atau hanya AC-nya saja.

      Sebenarnya Daikin sendiri memiliki toleransi voltase sebesar 220 Volt +/- 20% jadi harusnya secara teori AC bisa beroperasi dengan normal di rentang voltase 176 – 264 Volt.

      Tapi di dunia nyata sih kalau menurut saya bila voltase rumah sudah dibawah 200 Volt sih lebih baik pake stabilizer.

      Karena harusnya kalau sudah 190 Volt kebawah harusnya lampu rumah segala sudah bisa berkedip2.

      Nah kalau kasus anda kan hanya 1 AC yang begitu, yang 2 lainnya biasa aja, jadi mungkin juga bukan cuman voltase yang salah. Bisa juga AC-nya bermasalah.

      Harus di cek total termasuk pakai termometer tembak berapa derajat suhu angin yang keluar dari kisi2 AC?

      Harusnya dibawah 15 derajat. Kalau diatas itu berarti ada masalah dan harus dicari tau dimana masalahnya. Bisa aja kompressor yang rusak. atau ampere terlalu rendah/tinggi.

      Lebih baik panggil orang Daikin langsung untuk cek kondisi AC anda yah.

      Silakan telepon ke 0800 1 081 081 dan minta teknisi resmi Daikin untuk cek kondisi AC anda yah.

      Terima kasih sudah berkunjung dan bertanya kepada kami.

      Reply
  • Arya

    Gan mau tanya:

    1. Kalo beli selang ac bisa di service resmi nya? Apa memang harus diluaran? Soalnya ane takut di jailin.

    2. Ac yg ane pake skrg menggunakan freon r410a jika ane pake yg r22 itu ngerusak gak?

    Jd gini ceritanya, ane beli ac samsung non inverter kan nah baru 2 minggu tuh ac gak dingin, ane cek bagian outdoor ternyata selang hi-presure beku brati pertanda freon bocor kan? Ane tlp pihak samsung yg akhirnya dtg keesokan harinya. Berhubung yg pasang dr pihak toko jd pihak samsung ga mau cek kebocoran nya (cuma isi ulang freon doang r410a), katanya ane disuruh minta cek ama yg pasang nya. Ok sip.
    2 minggu kemudian (karena ac masih bocor dan kembali tidak dingin) ane panggil lah si tukang pasang ac dr pihak toko tsb, begitu di cek katanya ga ada kebocoran dan diisi freon r22 (dia bilang nya r410 tapi masa tulisan di tabung nya r22) berikut kena biaya isi freon. Dan umur nya pun hanya bbrp jam selang ac sudah kembali membeku (jd kesel sendiri kan) ane pikir fix ini ane kena tipu, yg jd pertanyaan bisa kan diganti selang di service center nya samsung (skalian cek kebocoran nya) soalnya ane ga tau nyari tukang ac jujur skrg dmn (posisi ane di bandung). Thx

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      1. Kalau beli selang AC memang harus diluaran. Di toko resmi biasanya selang AC digunakan untuk keperluan pasang AC tokonya sendiri. Kalau takut dijailin carilah toko spare part AC yang rame di daerah rumah anda.

      2. Untuk kasus seperti anda, memang terkadang tukang AC menggunakan kaleng freon R22, dibuang semua isinya terus diisi freon R410A. kami sih tidak melakukannya karena walau sudah dibuang semua tapi pasti masih ada bekas2 sisanya, jadi freon R410A yang masuk tidak akan murni 100% Freon R410A. Tapi bukan berarti juga tukang AC anda menipu dengan mengisi freon R22.

      Tapi kalau mau ganti selang juga, sebelum ganti selang pastikan dulu kalo kebocoran memang bener2 di pipa selang AC. Karena kalau ternyata bocornya di kompressor, pipa kapiler atau di evaporator Indoor ya mau diganti selang sami mawon alias bakal tetep bocor juga.

      Mending suruh orang Samsung resmi aja yang dateng dan benerin sekalian cari bocornnya sampe ketemu trus bayar ke dia daripada pake tukang AC pertama yang ga nemu bocornya dimana.

      Oke semoga jawaban kami dapat membantu anda ya.

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • jordan

    Gan saya mau nanya,saya punya AC LG, AC saya itu cuma dingin 1 bulan aja lalu bulan seterusnya smpai saat ini tetap ga dingin2 gan… udah panggil orang dari tukang servis LG tetapi ga dingin2 gan… mereka cuma bilang listrik rumah saya gak mampu gan, udah di tambah freon, tetapi gak dingin2 gan… mohon solusinya gan secepatnya…. makasih sebelumnya

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      maksudnya listrik rumah ga mampu apaan ya gan?

      Kalau orang service center LG aja uda ga mampu ya minta ganti baru aja gan. Orang masih garansi kan?

      Maksudnya AC-nya berapa PK ya? trus digunakan di ruangan ukuran berapa? Kalo emang PK AC ga cukup ya wajar aja kalo ga dingin.

      Kalo emang cukup ya minta ganti baru aja AC-nya. Masa masih baru dan udah didatengin orang dari LG langsung masih ga ada solusi? Aneh banget gan.

      Oke semoga bisa cepet beres ya permasalahan ACnya.

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • muhsinlahmadi

    Mohon maaf mas, saya mau tanya.
    Saya baru pasang AC 1/2 PK Daikin FTNE15MV14 made in Thailand, namun setelah di pasang saya coba untuk menyetel suhu di 18 derajatdan itu kurang dingin, saya coba pasang jetcool tapi hasilnya sama aja hanya menjadi sedikit lebih dingin.bagaimana menurut anda apa ada yang salah dalam pemasangan AC atau salah dalam settingan di remote, mohon masukkannya.
    Terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      wah menjawab pertanyaan anda susah susah gampang.

      Tapi hal pertama yang harus ditanyakan adalah AC-nya dipake untuk ruangan berapa besar? Kalau diatas 3×3 jelas ga bakalan cukup dingin.

      Jadi bisa saja bukan salah pasang atau salah setting remote tapi PK AC emang ga cukup buat mendinginkan ruangan.

      Kalau memang kamar ukurannya tidak lebih dari 3×3 baru harus dicek tekanan freonnya. Apakah sudah sesuai standard yaitu sekitar 120.

      Oke semoga jawaban kami bisa membantu anda ya.

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • johanes

    Mau tanya pak tentang instalasi pipa AC.
    pada awalnya saya menamam pipa ukuran 1/4 5/8
    ternyata saya membeli AC Daikin 2pk r32 malaysia yg menggunakan pipa 1/4 1/2
    apabila saya tetap menggunakan pipa tersebut dengan memotong pipa 5/8 sepanjang 1/2 meter dan dimasukan pipa 1/2 di kedua ujung indoor dan outdoor nya dan disambung dengan las apakah itu bisa bermasalah?

    terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Sebenarnya kalau menurut pabrikan hal itu tidak boleh dilakukan.

      Namun terus terang pihak kami pun terkadang melakukan proses penyambungan dan di las karena ukuran pipa tidak sama.

      Kalau bisa bermasalah atau tidak ya kalau namanya tidak sesuai standard pabrikan pasti AC tidak bisa kerja 100% seperti seharusnya, tapi kalau proses las-nya benar dan tidak ada kebocoran harusnya tidak ada masalah. Untuk panjang pipa tidak ada pengaruhnya.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaannya.

      Reply
  • Djoko

    Maaf pak, itu istri sy copas, soalnya inet dsini lemot…. jadi sy 0ikir ptanyaan sy ga masuk….

    Mkasih jawabannya pak,skrg jd yakin…

    Reply
    • Web_Admin

      Oke Pak, no problem.

      Semoga puas ya pake Inverter. Pastikan saja pemasangannya sudah sesuai dengan standard pabrikan ya.

      Terima kasih.

      Reply
  • Diaz

    Pak untuk ruangan 4×4, pemakaian 8 jam sehari saya sudah pakan ut ambil daikin high inverter FTKV25NVM4, tapi tukang ac langganan saya tidak menyarankan, katanya kalau tidak mahal biayanya, bisa lebih dari sejuta bahkan kadang orang pabrik juga ga bisa betulin, dy sarankan jangan ambil yg Inverter, dari pengalaman orang yg pakai Inverter dan non inverter itung 2an coat listriknya sama aja katanya… gimana ini pak

    Mkasih sebelumnya

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Loh ini kok pertanyaannya sama persis sama Bpk Djoko yang saya baru jawab commentnya 2 hari lalu.

      Persis banget loh pertanyaannya, ruangan 4×4 mau pake FTKV25 tapi tukang ac langganan ga saranin, dll… Hehehhe… Saya copas aja ya jawabannya dibawah, abis pertanyaannya beneran sama.

      Oke kita mulai saja ya

      Wah saya paling seneng kalo ada orang yang bilang Inverter jelek.

      Saya sampe bikin artikel khusus AC Inverter disini http://goo.gl/tWKawq

      Saya mohon anda dapat membacanya. Pasti abis itu ga akan ragu lagi pake AC Inverter.

      Yang pasti gini aja, AC Inverter Daikin pake R32, lebih dingin dari R410A yang digunakan oleh SEMUA MERK AC Inverter di Indonesia. Jadi Daikin cuman 1-1nya AC Inverter di Indo yang pake R32.

      Kedua AC Inverter Daikin FTKV25NVM4 Watt-nya cuman 260 – 735. Biaya listrik sama aja dibanding 1PK non Inverter? 1 PK Standard Thailand Daikin wattnya 819, yang Standard Malaysia 780 Watt. Panasonic Standard Wattnya 820, Panasonic Envio Wattnya 840. Panasonic Inverter pun Wattnya 225 – 920… Ummm… itungan dari planet mana ya bisa pake Inverter sama aja listriknya dengan pake non-Inverter?

      Trus kalo rusak, Pak AC Inverter itu AC Top of the line dari semua pabrikan AC. Istilahnya kalo merk Toyota beli AC Standard itu beli Avanza, beli Inverter itu kayak beli Alphard. Masa iya Alphard lebih cepet rusak dibanding Avanza?

      Kalo emang part AC ada yang rusak 80-90% itu selalu yang rusak kalo ngga di Evaporator ya di Kompressor. Nah kalo Evapnya yang rusak/bocor ganti part AC Inverter dan non-Inverter SAMA AJA HARGANYA.

      Kalo kompressornya yang rusak. Well kalo kompressor AC rusak sih mending beli AC baru Pak, mau AC non-Inverter atau Inverter tetep kalo kompressor jebol harga kompressor baru yang original 100% dari pabrikan kurang lebih 70% harga AC-nya. Apa ga mending beli AC baru aja sekalian? Toh kalo cuman ganti kompressor, semua part2 AC yang lain kan juga uda tua, ga bakalan awet juga kompressor barunya.

      Analoginya seperti kalo kaki-kaki mobil nih, kan ada tarrot, long tarrot sama shockbreaker. Kalo cuman long tarrot-nya doank yang diganti tapi shock ga diganti, ga bakalan awet long tarrotnya pasti bakal lebih cepet aus dibanding seharusnya. betul apa betullll?

      Trus orang pabrik ga bisa benerin rusaknya AC Inverter? AC merk apa ya Pak? kami jualan Daikin dan Panasonic dari tahun 1995 belum pernah nemu teknisi resmi dari pabrikan Panasonic dan Daikin yang ga bisa benerin AC yang rusak. Kalo spare part kosong mah ga usah AC Inverter Pak, AC non Inverter juga spare part bisa aja kosong kok. Ga ngaruh dari jenis ACnya.

      Oke walaupun sudah baca penjelasan saya diatas, tapi jangan lupa baca artikel lengkapnya yang saya udah kasi linknya ya Pak hehehehe…

      Semoga setelah membaca penjelasan saya + artikel saya Bapak tidak ragu lagi pake FTKV25NVM4.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • Triple J

    Pertama,
    Thanks banget uda share website dengan beberapa artikel yang menarik dan mudah dicerna.

    Kedua,
    Mau tanya, mau beli AC Daikin yang Deluxe sudah tlp ke kantor-nya cuma takut salah untuk PK-nya.
    Dengan perincian sbb:
    Dinding terpanjang menghadap selatan
    Panjang 6 m
    Lebar 4 m
    Tinggi 3 m
    Dewasa 2 orang
    Bayi 1
    Lantai 1
    Apakah cukup dengan Daikin Deluxe 1.5 PK R32?
    Please advise.
    Thanks

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Pertama,

      Terima kasih banyak yah untuk pujiannya. Kami senang apabila website kami bisa membantu para customer supaya lebih mengerti tentang AC.

      Kedua,

      Kalau kamar ukuran anda itu sama persis sama kamar saya. Saya sendiri pakenya Daikin High Inverter 2PK. Listrik saya lebih hemat loh dari pake AC non-Inverter 1.5PK sebelum saya ganti ke High Inverter.

      Hal itu saya lakukan karena walaupun sebenarnya ukuran 4×6 cukup pakai 1.5PK, tapi kebutuhan Btu-nya terlalu ngepas Pak. Jadi memang sudah seharusnya pakai 2PK. Terutama karena di dalam ruangan ada lebih dari 1 orang dewasa yang tidur.

      Jadi kalau tanya saran saya lebih baik pakai 2PK yah, terutama biar tetap dingin walau di musim kemarau yang panasnya adijubile yah. hehehehe

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami.

      Reply
  • dhedhi

    Malam pak, saya mau tanya. Ac saya nggak bisa ngeluarin angin sedikitpun, dan selang berapa detik kemudian ac langsung mati. Saya coba nyalakan lagi tapi ac mati lagi dengan sendirinya. Waktu saya tanya ke orang yg biasa nyuci ac di rumah katanya dinamonya yg bermasalah dan minta diganti. Mohon tanggapan untuk kasua saya ini pak, terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kasus seperti Bapak sih memang ada kemungkinan motor fan Indoor yang rusak. Namun kalau mau lebih pasti lebih baik menghubungi contact center dari merk AC yang Bapak punya agar bisa dicek langsung oleh teknisi resmi merk AC anda.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • Djoko

    Pak, kamar saya ukuran 4×4, kira2 butuh ac berapa pk, dan jenis apa yg tepat, jika pemakaian trus menerus dari jam 12 siang sampai jam 6 besok paginya

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kamar 4×4 butuh AC minimal 1PK.

      Untuk pemakaian terus menerus sangat diwajibkan menggunakan AC Inverter.

      Jadi kami sarankan Bapak bisa menggunakan AC Daikin Inverter Smile 1PK FTKC25NVM4 atau AC Daikin High Inverter 1PK FTKV25NVM4.

      Untuk perbedaan tipe ACnya silakan baca disini http://goo.gl/aoD2nE

      Untuk harga bisa cek disini http://goo.gl/H1Q1vd

      Terima kasih.

      Reply
  • Djoko

    Siang pak, ut kamar 4×4 dengan jam operasional ac dr jam 12 siang sampai jam 6 pagi besok harinya, kira tipe ac apa yg di butuhkan.

    Terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kamar tidur mau jam operasional berapa jam pun, tetep harus pakai Inverter Pak.

      Jadi kalau ukuran kamar 4×4 kami sarankan menggunakan AC Daikin Inverter Smile 1PK FTKC25NVM4 atau AC Daikin High Inverter 1PK FTKV25NVM4.

      Bedanya yang High Inverter lebih hemat lagi listriknya dibanding yang tipe Inverter Smile.

      Harganya:

      FTKC25NVM4 – Rp. 5.450.000,-
      FTKV25NVM4 – Rp. 6.250.000,-

      Harga sudah termasuk pasang, pipa freon HODA 5m, kabel listrik NYM 3×2.5 5m, drain air 2m dan bracket untuk menggantung Outdoor.

      Belum termasuk transport tergantung lokasi pemasangan AC dimana.

      Terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

      Reply
  • muhammad ali

    mas mau tanya AC dikamar sy tdk dingin , pada saat star awal, tapi klo sy pindahkan ke posisi jetcool itu agk dingin, tapi klo sdh habis waktu proses jetcoolx akn kembali ke posisi 18 c, itu tdk dingin lagi sampe angin pun nggak ada yang keluar, mohon bantuaannya mas

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Wah menjawab pertanyaan anda susah susah gampang.

      Tapi kalau dari cerita anda sih saya 80% yakin AC-nya kotor banget ga pernah di cuci/service makanya anginnya sampe ga ada yang keluar.

      Kapan terakhir kali AC dicuci? Harusnya rutin MINIMAL 3 bulan sekali. Bahkan kalau ada yang merokok di kamar atau memang kebetulan rumahnya ada di pinggir jalan raya malah harusnya AC dicuci tiap 2 bulan sekali.

      Kalau setelah dicuci ACnya masih ga ada anginnya, itu baru kemungkinan ada masalah lain.

      Namun untuk saat ini saran kami adalah segera panggil tukang service AC ya Pak.

      Teirma kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk ruangan 3×6 sih sebenarnya terlalu ngepas Btu untuk AC 1PK.

      Jadi kalau tetap mau pakai 1PK saya TIDAK sarankan pakai AC Inverter maupun yang Low Watt tapi pakai AC deluxe atau standard biasa.

      Mengapa? Karena kalau pake AC Inverter Watt-nya bisa ga turun2 karena AC akan kesulitan mencapai suhu yang diinginkan, apalagi kalau anda setel suhu remote dibawah 24.

      Kedua jangan juga pake Low Watt, karena AC Low Watt lebih lama dingin dan kemampuan mendinginkan ruangannya kalah sama AC biasa. Bisa-bisa nanti jadi berasa kurang dingin.

      Kalau mau pakai AC Inverter lebih baik pake yang 1.5PK. Dijamin lebih rendah listriknya dibanding pake 1PK biasa.

      Terima kasih.

      Reply
    • Web_Admin

      Isi freon R berapa ya?

      Kalo R22 sekitar 80psi
      R410A sekitar 120psi
      R32 sekitar 140psi

      Terima kasih.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *