POSTED BY Web_Admin | Mar, 01, 2021 |

UPDATE 1: Kalau mau respon cepat, selain menghubungi nomer telepon toko di (021) 737 5155 / 737 5156 / 737 5157 / 7369 0753 anda dapat menghubungi nomor WA team sales kami ya di

0813 1777 5157

 

Hi, setelah lama gak nulis artikel, kali ini kami kembali dengan artikel terbaru yang membahas tuntas penyebab AC kurang dingin atau tidak dingin. Pertanyaan ini sering sekali ditanyakan kepada kami, bahkan sampai ada yang marah-marah bertanya-nya.

Padahal menjawab pertanyaan penyebab AC tidak dingin atau kurang dingin susah susah susah gampang (Jauh lebih susah dibanding gampangnya hehehe). Ada banyak sekali faktor yang menentukan.

Mari kita telusuri satu-persatu kondisi yang biasa dialami oleh para konsumen kami

penyebab ac kurang dingin

Kondisi 1: Beli AC baru, sudah dipasang dengan benar, pake pipa tebel dan di vacuum juga kok kurang dingin ya ACnya?

Nah kalau begini kan berarti AC tidak mungkin kotor karena masih baru. All things being equal alias kalo kompressor ngga rusak gara-gara cacat pabrik dan pipa Freon dan sambungan-sambungannya juga tidak ada yang bocor, berarti kondisi dibawah ini harus diperhatikan

1. Apakah Btu AC sudah LEBIH BESAR dari kebutuhan Btu ruangan? Contoh: ruangan 4x5m kebutuhan Btu 12.000 Harus Pakai AC 1.5PK dengan Btu 12.000. Ruangan 3×4 kebutuhan Btu 7200 pakai 1PK dengan Btu 9.000. Untuk ruangan 4x6m dengan kebutuhan Btu 14.400 Kalau mau suhu ruangan bisa 24 derajat kebawah HARUS pakai 2PK. Begitulah cara menentukan PK AC untuk ruangan. Kalo Btu ngepas, kurang-kurang dikit, atau malah kurang, ya ga bakalan bisa mencapai suhu 24 kebawah. Inipun belum hitung orang yang tidur di dalam kamar ya seperti di point no 4.

2. Apakah kamar ada di lantai 2? Kalau iya pasti lebih panas dibanding lantai 1, karena panas dari atap akan turun langsung ke kamar.

3. Apakah di kamar ada jendela besar yang menghadap Barat atau Timur? Atau apakah tembok kamar anda langsung terkena sinar matahari siang/sore? jika ya pasti kamar lebih panas dibanding bila jendela menghadap ke Utara atau Selatan dan tembok kamar anda tidak langsung terkena sinar matahari siang/sore.

4. Berapa orang yang tidur di dalam ruangan? Karena setiap 1 manusia dewasa butuh 600Btu supaya merasa cukup dingin, dan anak-anak membutuhkan 400Btu agar merasa cukup dingin. Ingat manusia mengeluarkan hawa panas. Belum lagi lampu, TV, Komputer, dan semua alat elektronik lain yang ada di dalam kamar termasuk HP dan Chargernya semuanya mengeluarkan hawa panas yang seharusnya dihitung karena akan menaikkan suhu kamar anda.

5. Pastikan Outdoor memiliki breathing room atau tempat bernapas yang cukup. Outdoor AC kena matahari dan hujan sih tidak masalah, yang penting ada ruangan yang cukup untuk bernafas. dari kisi-kisi kipas Outdoor AC harus ada jarak minimal 80cm ke depan yang kosong. kemudian di sisi kiri, kanan dan atas harus ada jarak minimal 30cm. Plus Outdoor AC tidak boleh diletakkan berhadap-hadapan karena udara panasnya pasti terperangkap disitu yang akan membuat kompressor cepat kepanasan. Kalo sudah begitu kompressor jadi cepat jebol dan AC pasti tidak dingin karena sebentar-sebentar kompressor AC-nya mati karena kepanasan.

Jadi kesimpulannya, kalau kamar anda luasnya 3x4m butuh 7.200Btu tapi ada 2 orang dewasa yang tidur, kebutuhan Btu sudah 8.400 sebenarnya. Pakai AC 1PK jadi pas sebenarnya, mau suhu 24 baru bisa ya.

Nah jadi sekali lagi mau pakai merk apapun kalau Btu tidak cukup atau cuma ngepas dengan salah satu atau semua kondisi yang saya sebutkan diatas terjadi ya ga bakalan bisa dingin banget AC nya. Terutama karena di Jakarta dan Tangerang kita tercinta ini suhu udaranya pas siang hari bisa 35 atau 36 derajat sepanjang tahun.

Kondisi 2: Kalo siang hari AC jadi kurang dingin, kalo malem bisa kedinginan banget sampe matiin AC pas subuh

Nah kondisi ini biasanya karena Btu ruangan dengan Btu AC terlalu ngepas. Jadi kalau pas siang suhu luar ruangan bisa sampai 35 atau 36 derajat, AC yang Btu-nya ngepas paling hanya bisa mendinginkan ke suhu ruangan 26 derajat atau 27 derajat, sedangkan kalau malam kan suhu luar ruangan bisa hanya 25 derajat, tentu saja kalau suhu remote dibikin 23 derajat misalnya suhunya jadi bisa tercapai bahkan bisa lebih rendah dari itu sesuai cara kerja AC non-Inverter yang sudah saya jelaskan panjang lebar di artikel cara menggunakan AC yang benar.

Solusinya ya kembali lagi pastikan selalu Btu AC lebih besar daripada kebutuhan ruangan jadi pada saat siang terik, suhu ruangan masih bisa cukup dingin.

Kondisi 3: Tadinya siang dan malem dingin, sekarang kok gak siang gak malem jadi kurang dingin

Nah kalo begini biasanya sih penyebabnya cuman kotor aja ACnya. Kapan terakhir kali AC-nya di service alias dicuci? Apakah angin AC anda jadi kecil? atau bahkan hanya keluar angin dari salah satu sisi AC saja? Kalau sudah begini sih biasanya AC luar biasa kotor sampai terkadang bocor keluar air karena saluran pembuangan sudah mampet gara-gara kotor banget. Harusnya ya kalo mau ACnya awet jangan sampe lah hal ini terjadi. Intinya AC harus selalu dibersihkan MAKSIMAL 3 bulan sekali dan kalau anda tinggal di daerah dekat laut atau ada yang merokok di dalam kamar lebih baik dicuci tiap 2 bulan sekali.

Tapi hati-hati ya cari tukang service AC. Jangan sampe mau ditipu dengan permintaan isi ulang freon atau tambah freon. Ingat! Kalau dari pertama pemasangan AC sudah tepat, harusnya tidak perlu isi freon minimal dalam 4 – 5 tahun pemakaian! Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi artikel kami perlukah isi ulang freon? Saya sempet baca sebuah artikel tentang penyebab AC tidak dingin di website lain, yang masuk halaman 1 Google juga. Disitu ditulis Freon akan habis tiap 2 – 3 bulan sekali. Kalo dibawah 2 bulan udah habis mesti dicek. Busettttt saya sampe entah mau ngakak atau mau marah bacanya. Kalo Freon abis 2-3 bulan sekali mah itu BOCORRRRR!!!! ngaco banget tuh artikel. Masa customer disuru isi freon tiap kali cuci AC? Kalo pake Freon R32 tiap kali cuci AC harus keluar extra 600rb diluar biaya cuci AC? Mending beli AC baru kelessssss… Parah oiiii… Hati-hati ya kalo nemu artikel-artikel yang ga jelas dan ga bisa dipertanggung jawabkan.

Kemungkinan lain adalah memang ada kebocoran di Evaporator Indoor, kebocoran atau kerusakan kompressor Outdoor, kebocoran di pipa Freon, PCB AC yang jebol, dll. Hal-hal ini juga bisa menyebabkan AC kurang dingin atau tidak dingin.

Ada juga yang namanya service besar. Hal ini biasa dilakukan 2 tahun sekali selama service rutin AC 3 bulan sekali dilakukan. Service besar adalah mencopot unit AC Indoor dari tempatnya dan benar-benar membersihkan memakai obat khusus seperti AC Coil atau Asse Flash sehingga AC akan benar-benar seperti baru lagi. Yang tidak bisa kembali hanya bila warna Indoor sudah kuning ya ga bisa jadi putih lagi, namun komponen Evaporator Indoor akan jadi kembali ke warna semula seperti waktu pertama kali beli AC. Proses pengerjaannya pun lama, bisa 3-4 jam untuk 1 unit AC karena Indoor AC akan dicopot dari tembok, dipereteli satu-satu dan dibersihkan.

Oke kira-kira semua penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin sudah kami jabarkan semua.

Nanti kalau ada yang keinget lagi saya pasti update artikelnya yah.

Sementara ini, silakan membaca artikel-artikel kami yang lain seperti:

1. Apakah perlu isi ulang Freon AC?

2. Apakah AC Inverter benar – benar bagus dan hemat listrik?

3. Cara menggunakan AC agar awet dan hemat listrik

4. Cara menghitung kebutuhan PK AC sesuai ruangan

5. Semua yang harus anda tahu tentang AC Low Watt dan AC Inverter

6. Mengapa Ongkos pasang AC Freon R32 lebih mahal?

7. Perbedaan Freon R22, R32 dan R410A

8. Penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin

9. Perbedaan Tipe AC Daikin

10. Harga AC Daikin 2022

11. Perbedaan tipe AC Panasonic

12. Harga AC Panasonic 2022

14. Pengangkatan National Elektronik sebagai Daikin AC Shop

15. Tips dan trik menggunakan AC Inverter

16. AC Daikin Multi S

17. Testimoni AC Daikin di Kaskus

18. Emang AC Gree bagus? Kan buatan China

19. Harga AC Gree 2022

20. Tipe AC Gree apa saja dan perbedaannya

21. Bocoran AC Gree 2019

22. Launching AC Daikin Line Up 2018

23. Review Daikin Inverter Flash 1PK FTKQ25SVM4

24. Apaan sih COP dan EER itu?

25. AC Panasonic si Biru CS-LN Series

26. Pindah AC jadi ga dingin?

27. AC Multi Split Panasonic

28. Air Purifier Daikin

 

 

 

Oke sekian dolo deh, ohya mau curcol dikit, akhir-akhir ini saya beberapa kali menemukan artikel-artikel dari website ini “disadur” kalau ga mau bilang dicolong tanpa ijin di post di website lain yang juga menjual AC atau jualan service AC. Cuman mau ngomong, lain kali kalo mo copas artikel orang minta ijin dolo yah. Minimal tulis lah sumbernya dari mana, jangan main colong, diganti-ganti dikit tulisannya trus ditambahin no telp dan alamat perusahaan ente… busettt… ga kreatip bangatttt… Kalo emang ngerti AC ya mbok bikin artikel sendiri gitchu lohhhhh… Kan ketauan banget ente ga ada pengalaman tentang AC kalo cuman nyolong hueuheuehuehue…

Saya sih ga marah gimana, agak bangga malah berarti artikel saya bisa lebih dibaca banyak orang sekalian bagi-bagi informasi. Cuman minimal ditulis lah disadur ato sumber artikelnyna ditulis dari mana, nanti juga kalo ketauan Om Gugel website ente yang kena pinalti… Ati-ati yah…

Udah ah semoga artikel ini juga bisa membantu anda ya dalam memahami dunia per-AC-an seperti artikel-artikel kami sebelumnya dan penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin terjawab sudah…

Anda dapat menghubungi kami sekarang baik melalui halaman contact us, lewat email ke [email protected] ataupun menghubungi hotline kami di (021) 737 5155, 737 5156, 7369 0753 atau gunakan semua cara yang ada diatas baik lewat FB, IG, YM atau WA yah.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Artikel dibuat oleh:

Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
Follow me on Instagram and Twitter @samuellumentut
National Elektronik

Artikel diperbarui terakhir pada tanggal: 24 maret 2022

TAGS :
  • naufal

    Met mal min…..
    sya pake ac LG type T05NLA..setelah di pakai 4 bulan.dilakukan pecucian.trus tukang service ny bilang klu freon ny sudah kosong.dan stelah di isi kmbali freon tetap ac tidak dingin..dicek tidak ada kebocoran.
    dri cara penggunan.stiap dipakai sya stel mode jetcool.dan strus ny suhu sya stel 18..dan untuk pengunaan biasa di pakai cuma malam hari..untk siang jarang skli digunakan…
    Pertanyaan saya..
    1.apa benar freon ny sudah hbis.
    2.stelah di isi ulang freon knpa msh tidak dingin..tmksh

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Wah kalau dari beli baru 4 bulan sudah habis freon sih pasti ada kebocoran, kecuali tukang service-nya ngibul atau dibuang sendiri sama dia freonnya.

      Jadi lebih baik dicek langsung oleh teknisi LG ya. Kan memang masih dalam masa garansi juga Bu.

      Terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

      Reply
  • Citra

    Mas mau tanya ac saya kenapa ini… Jadi setelah dibersihin sendiri sm suami saya ac indoornya, dibersihinnya sperti tukang ac lakuin, dicopot casing, filter n dsikat, setelah itu malah ac g dingin, sperti kya suhu angin aja. Lalu saya panggil tukang ac saya kira hrs tambah freon, trnyata bner freon tinggal 40psi, lalu dtambah jdi 80psi, abangnya ada dingin tu ac, bgitu plg panaaas udara yg keluar dr ac, besoknya orgnya dtg lg ktnya freon g bocor krn dicek msh 80psi tp ampere listriknya gede smpe 6,5 normal hrsnya dbawah 4.. Diasarankan ganti freon yg RC blgnya,tp td sya baca artikel mas g boleh ganti jenis freon klo bkn bawaanya.. Haduh bingung nie, itu knp? Ada apa dgn ac saya tdinya gpp, malah jd kya kipas angin gini… Tolong bantu maaas? Pliiisss…. Trimakasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Hmmm… sebenarnya kalo Ampere AC sudah tinggi sih sudah ga ada obatnya selain mengganti kompressor dengan yang baru

      Kalau ganti Freon doank mungkin membantu tapi itu cuman tambal sulam, ga lama lagi bakal masalah terus terusan.

      Mohon maaf tapi memang tampaknya sudah tidak ada cara lain selain menabung untuk beli AC baru.

      Oke terima kasih ya atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • Kyla

    Hai mlm mas..mau curhat and tanya2..
    Saya ambil ac dari kakak saya dan itu acnya panas, dan kata tukang servisnya itu evap nya harus diganti sudah rusak..dan tukang servis ac nya jg ud bantuin las dll..msh tetap panas.. nah apakah betul itu evapny harus diganti? Dan sekarang itu kondisinya ac nya nggak dipasang kata tukang servis ac langganan saya pun jg bilang ini evap nya..
    Oh iya merek ac saya LG.
    Klo mau panggil servis dari LGnya apakah ac nya harus terpasang?.
    Terus kira2 tau nggak ya biaya ganti evap itu brp ya? ..mahal ya…atau ada saran lain ya?..
    Tq sblmnya.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalau untuk tes evaporator bocor sih sebenarnya tidak perlu terpasang AC-nya kalau punya alat yang lengkap.

      Oleh karena itu lebih baik biar teknisi LG saja yang cek langsung.

      Kalau benar evapnya bocor bisa agak mahal loh bisa sejutaan lebih.

      Jadi lebih baik dipikirkan ulang apakah tidak lebih baik beli AC baru.

      Oke terima kasih atas curhatnya yah

      Reply
  • IwanK

    Mohon pencerahan mas. Saya 3 hari lalu membersihkan indoor AC (Sharp plasmacluster 3/4 PK) dengan cara mengelap evaporator dan membersihkan plastik pelindung yg warna hitam itu. Namun setelah saya pasang lagi AC jadi tidak dingin sama sekali. Kira2 apa ya penyebabnya? Pertanyaan kedua, saya pegang pipa kecil & besar di outdoornya jadi tidak dingin juga. Apa ada hubungan dengan pembersihan yg saya lakukan? trims

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Seharusnya evaporator AC itu tidak boleh dilap tapi disemprot dengan air bertekanan.

      Mungkin pas ngelap evapnya ada yang tertekuk dan bocor.

      Harus dicek juga sih tekanan freonnya jadi berapa.

      atau mungkin pas dibersihkan unit PCB Indoor kena percikan air jadi korslet juga bisa

      Kami tidak bisa menjawab kalau hanya diceritakan tapi harus liat langsung.

      Coba hubungi saja teknisi resmi Sharp untuk cek AC anda yah.

      lain kali mungkin lebih baik panggil orang untuk cuci AC daripada dicoba dibersihkan sendiri.

      Kalau cuman filter AC sih tidak masalah tapi bagian lainnya tidak boleh dibersihkan sendiri ya.

      Terima kasih ya atas kunjungan dan pertanyaannya.

      Reply
  • Lunggianto

    Selamat Malam,

    Minta Solusinya ya pak.AC tidak dingin, freon cukup, angin yg keluar dari outdoor malah dingin

    Terima Kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalau seperti itu sih kemungkinan Kompressor tidak mau menyala entah kompressornya jebol, atau ada yang lain seperti PCB yang menyebabkan kompressor tidak mau bekerja.

      Harus di cek menyeluruh Pak, ga bisa cuman dijelaskan lewat web.

      Silakan menghubungi customer service merk AC anda yah dan minta pihak mereka untuk cek AC anda ya

      Teirma kasih

      Reply
  • didi hery

    selamat malam gan, saya mau tanya ac d kamar saya tiba” gak dingin padahal biasanya suhu di set 24° juga udah dingin, tapi ini tiba” gak dingin dan d pipa pembuangannya gak keluar air…..oh ya..1bulan yg lalu padahal uda d cuci ac nya……kira” apa penyebabnya gan…dan apa solusinya….thank’s

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Penyebabnya bisa macam2 tapi kemungkinan besar karena Freon kurang/habis karena ada kebocoran.

      Bisa juga karena kompressor AC sudah lemah atau berumur jadi sudah tidak mampu lagi memompa gas freon ke dalam Indoor unit.

      Sudah berapa lama umur ACnya?

      Sudah di cek menyeluruh? arus daya kerja berapa ampere? tekanan freon berapa psi? Dan lain lain. Jadi tidak bisa langsung diberi solusi selain panggil teknisi resmi ACnya dan cek kondisi AC anda.

      Terima kasih.

      Reply
  • umi faradila

    Mas mw tnya…
    Blm sebulan sya beli ac merk sharp 3/4pk low watt..tp setiap mlm mesin outdoorx sya amati stiap rata2 5 menit langsung silent/mati.. sampe pagi gt trus..ac indoorx cuma fan aj yg aktif gak dingin… pas outdoor hidup baru dingin lg gt trus sampe pagi..settingan remote gak.pernah pake timer.. tnya tukang pasang ac nya ktanya suruh cek arus dr pln d kilometer kl.mlm memang arusnya gak stabil kadang cuma 1900. Ktnya 3/4pk minim diatas 2000an arusx..jd kl mlm sya gak hidupin ac tkt cpt rusak atau byk makan daya..gmna solusinya ya..kl mlm suka kpanasan…
    Thankz atas jawabanx

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      waduh kok bisa gitu yah aneh banget.

      Mungkin masalahnya bisa ditanggulangi dengan menggunakan Stabilizer yah.

      Memang sekarang set suhu remote nya berapa derajat? kemudian AC 3/4PK nya digunakan di ruangan ukuran berapa?

      Terima kasih.

      Reply
  • Toni

    Artikelnya sangat menarik. Boleh tau apa kelebihan AC merk Panasonic dan Daikin dibandingkan dengan merk lainnya? Terima kasih.

    Reply
    • Web_Admin

      selamat sore,

      Kedua merk ini adalah pemimpin pasar di seluruh dunia Pak.

      Yang kedua kebandelan dan keawetan dibantu dengan purna jual yang sudah terkenal dengan cabang service center di seluruh nusantara khususnya Panasonic membuat merk AC mereka sudah terkenal kemana2.

      Itu aja sih Pak. Kalo dingin ya semua merk AC pasti dingin. Tinggal daya tahan, keawetan dan purna jual yang menentukan.

      Oke terima kasih semoga sudah cukup jelas ya.

      Terima kasih atas kunjungannya ke website kami.

      Reply
  • Setiawan

    Artikel yang membantu sekali min. Saya mau nanya.
    AC saya baru 2 minggu lalu di cuci dan isi freonnya jadi sekitar 79-80psi.
    Setelah cuci itu, saya pakai malamnya masih dingin. Tetapi setelah sekitar 1 minggu dari pencucian itu, AC menjadi kurang dingin. Dan juga air jadi menetes terus menerus. Saya sudah cek lubang saluran pembuangan yang ada di AC dan saya lihat tidak tertutup dengan lumut ataupun lendir. Kira2 itu kenapa ya?

    Terima kasih.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Nah biasanya kalau kasus begini sih penyebabnya ada yang bocor Pak.

      Entah di pipa, di sambungan nepel, evaporator Indoor, kondensor ataupun di kompressor.

      Harus di cek secara menyeluruh. Dan apakah di cek lagi tekanan masih di 80psi? Kalau berkurang berarti positif bocor.

      Coba di cek oleh teknisi resmi merk AC anda deh. Suru cari sampai ketemu dimana letak kebocoran ACnya.

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Sakti

    Salam kenal….
    Mas mau tanya, ac ku merk LG 1pk baru di pasang satu setengah bulan yg lalu, tapi ko udah dua hari ini jadi kurang dingin ya, biasanya klo malem ke subuh itu dingin banget ampe naikin tempratur ke 26°, klo skarang 18° baru pas buat subuh hehehe… Kira” apanya ya? Trus sarannya mending ke tukang service atau di garansikan? Terimakasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kondisi anda sih kemungkinan besar ada kebocoran freon jadi freonnya berkurang.

      Lebih baik panggil teknisi resmi LG dan digaransikan yah. Kalau toh nanti teknisi LG bilang salahnya di instalasi ya berarti tinggal panggil dulu yang masang, suru dia tanggung jawab dan beresin ACnya termasuk isi ulang freonnya.

      Oke semoga sudah cukup jelas ya.

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Evan

    Mau tanya mas.
    Ac diruang saya itu kalau lagi musim hujan dingin. Tapi kalau lagi panas atau udah kemarau jadi ikutan panas kayak cuma kipas aja yg muter.
    Penyebabnya kira2 apa yah? Thx

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Hmmm… bukannya sudah kami jelaskan di artikel ya kalau kondisi seperti anda berarti kemungkinan terbesar adalah PK ACnya kurang.

      Hayoooo dibaca ga artikelnya? Kondisi 2 kan mirip sekali dengan kasus anda hehehe…

      lalu apakah sudah di service ACnya? kapan terakhir di service? Dan berapa lama sekali cucinya?

      Lalu bisa juga gara2 freon kurang/habis gara2 bocor.

      Penyebabnya bisa banyak tapi paling sering ya gara2 kotor ACnya atau PKnya ga cukup.

      oke terima kasih ya sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • shaloom

    Saya punya ac, agak jarang dipakai, sebelumnya sangat dingin kalau dinyalakan, tp skr malah ga ada dinginnya, kata teknisinya freonnya mesti diisi, padahal jarang dipakai, apakah AC bisa bocor freon kalau tidak dipakai? Terimakasih gan

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Sebenernya kalau masang AC-nya bener Freon tidak akan bisa berkurang mau dipakai atau tidak.

      Kemungkinan memang ada bocor halus sekali di AC anda. Tapi ga tau dimana mesti di cek dulu.

      Oke terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • Saya punya ac lg 1pk kira kira baru 2 tahun, selama ini dingin tpi ternyata ada masalah pada pipa ac outdoor yg besar beku jd ruangan gk dingin.pada hal ac bru d service.. Waktu saya tanyak tukang ac kalo pipa kecil beku kurang freon tp kalo pipa besar yg beku kira kira apa masalahnya ya mas??

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kalau pipa beku sih selalu penyebabnya freon kurang Bu.

      Coba deh dicari dimana letak kebocorannya. Bisa di nepel sambungan pipa, atau bisa saja di tempat lain.

      Lebih baik langsung panggil teknisi resmi LG ya Bu biar bisa cepet beres.

      Teirma kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Kamelia

    Selamat Min, kalo boleh minta rekomendasi donk ac yg bagus merk apa. Kamar saya 3,5 X 4 m, pake ac samsung 3/4 PK, dan baru 2 thn pemakaian, servis juga rutin kok. Tapi sdh setahun ini sama sekali kurang dingin padahal sdh diset mjd 16 derajat, kira2 apa yang salah sm ac saya. Kalo boleh minta referensi tukang servis ac yang ‘tidak nakal’. Trimakasih banyak sblmnya.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk kamar 3.5 x 4 memang seharusnya pake AC 1PK kalau mau dingin. Ruangan kosong aja butuh 7.000 Btu. Kalau ada 2 orang dewasa yang tidur di kamar BTU bengkak jadi 8.200

      Kalo pake 3/4PK Btu cuman 7.000 gimana mau dingin? Sedangkan AC 1PK Btu-nya 8.500 Itu baru bisa dingin.

      Mau di set 5 derajat juga kalo ada di remote ya tetep ga bakalan dingin. Karena paling AC 3/4PK-nya mampu bikin ruangan suhu 25 atau 24 itu juga paling pas tengah malem menjelang subuh. Atau lagi musim hujan. Kalau lagi musim kemarau suhu 25 mah udah kayak menang lotere kalo bisa nyampe.

      jadi mau set suhu di remote 16 atau 25 PASTI DIJAMIN dingin-nya sama karena AC-nya cuman mampu mendinginkan ruangan sampe suhu 25an.

      Saran-nya ya ganti AC 1PK. Pakai AC Daikin High Inverter 1PK Tipe FTKV25NVM4 dijamin suhu bisa mencapai suhu REAL 23 derajat plus dengan konsumsi daya yang JAUH lebih rendah dibanding AC samsung 3/4PK anda.

      Kalau mau di service suruh cek freon sekalian ya, kalau kurang berarti kemungkinan ada kebocoran. Itu juga bisa jadi penyebab AC kurang/ga dingin.

      Untuk tukang service sebenanrnya semua sama aja, biar ga nakal ditungguin pas cuci Outdoor jadi ga bisa diapa2in Outdoor AC-nya. Dan suru cek langsung tekanan freon pas ada kita juga. Kalo mereka ditinggal baru biasanya nakal.

      Oke terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • isna

    selamat siang pak..

    mau minta saran pak
    sy ada AC LG 3/4pk untuk kamar 3×3,5m. Bulan Maret 2015 saya servis kan kr tnyt
    overload,sdh setaun tdk dibersihkan kr rumah diperbaiki,

    Selain dibersihkan jg di isi freon, sy tdk tau brp psi ngisinya waktu itu, kr sy jg g paham..
    lalu bulan Juli 2015 sy servis biasa, tdk isi freon.

    bulan Desember 2015, sy servis lagi dan tnyt disuruh isi freon,,sy jg tdk tau brp psi yg diisi

    lalu..2 hari yg lalu AC tidak dingin, tidak ada air yg keluar, pdhl hari sebelumnya baik-baik sj..

    membaca artikel di atas sy jd ragu mau panggil servis AC langganan,,

    Saya minta sarannya,,apa yg sebaiknya sy lakukan? kl manggil jasa servis langganan kirakira pa yg harus sy tanyakan dan ketahui,agar sy tau kl prosedur servis yg dilakukan adalah benar..

    trimakasih sebelumnya
    mohon saran terbaiknya

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Sebenarnya AC itu harus minimal 3 bulan sekali di service loh bukan 5-6 bulan seperti yang anda lakukan.

      karena kalau sudah kotor kerja kompressor AC akan jadi lebih berat dari normal. Kalau sudah begitu umur kompressor jadi lebih pendek ya jangan heran.

      Kalau lihat AC tidak ada air keluar berarti tidak ada gas freon yang terpompa masuk ke evaporator indoor berarti entah gas freonnya habis atau kurang karena ada kebocoran atau kompressor sudah tidak mampu memompa gas freon dari kompressor ke unit Indoor.

      Saran saya sih lebih baik panggil teknisi resmi LG daripada panggil tukang service langganan biar bener2 dicek dimana letak kerusakannya.

      Oke semoga sudah lebih jelas ya

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Adinugraha Tawaqal

    Sore Mas,

    mau nanya untuk filter di AC Daikin (terumata yang high inverter) bisa tahan selamanya tau mesti diganti setiap berapa lama?

    Terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat sore,

      Untuk filter debu yang besar dan berwarna hitam tahan sampai seumur ACnya.

      Namun untuk filter anti bakteri Titanium Apatite Photocatalytic Filter yang kecil dan berwarna biru harusnya diganti setiap 3 tahun sekali.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • Tina

    Selamat sore
    AC sy 1pk, di lt. 2, kami tdr ber 3, ruangan kami uk (2.3× 5). 4 hr yg lalu Ac kami tiba2 tdk dingin sm skli, esok hari kami panggil teknisi, dia blg freonnya tgl 20 & ditambah freon (kebetulan sy pny stock freon), diapun mengecek tdk ada kebocoran sm skli, tetapi dia menyarankan untuk ganti pipa. 4 bln yg lalu sy switch AC yg di lt. 1 menjadi 1/2pk & sy tuker yg di lt. 2 menjadi 1PK (umur AC +/- 8th) & pipa ac sdh berumur +/-11th, semalem AC sy tb2 berbunyi kencang & ternyata jadi batu es, pertanyaan sy, apakah AC yg bermasalah / Pipa yg ditanam hrs diganti. Mohon informasi & terima kasih sebelumnya

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Terus terang saya agak bingung membaca masalah AC anda.

      Di paragraf awal anda bilang ACnya 4 hari lalu tidak dingin, dan di cek tekanan freon tinggal 20 (Itu pasti ada kebocoran Bu, dijamin) Kalau dia cek ga ada kebocoran berarti teknisinya kurang pintar.

      Nah trus di paragraf akhir anda bilang 4 bulan lalu AC-nya di switch yang di tempat Ibu sekarang jadi 1PK. Berarti tadinya bukan 1PK ya Bu?

      Trus setelah 4 bulan lalu diganti, 4 hari lalu diisi freon, semalem jadi batu es? Benar tidak ya?

      Kalau iya berarti memang bocornya parah Bu. Kalau AC sudah keluar batu es berarti freon sudah habis Bu. Jadi kalau baru 3 atau 4 hari sejak isi freon sudah habis lagi berarti bocornya cukup besar.

      Tapi mengingat umur AC yang sudah tua, saran saya sih daripada cuman dibenerin/ganti spare part lebih baik diganti baru AC-nya sekalian dengan pipa juga diganti baru.

      Tapi kalau tidak mau ya lebih baik anda menelepon teknisi resmi dari merk AC anda, dan suruh mereka cek dan perbaiki dimana letak kebocorannya yah.

      Oke semoga jawaban kami sudah cukup membantu

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • ayi

    halo..
    sy baru beli ac second panasonic 1pk tp br 10 hari sudah ga dingin. dan tetesan yg keluar di outdoor lebih sedikit dibanding waktu pertama pasang. padahal dirumah cuma ada 2 orang dewasa dan 1 balita. ruangan sy sekitar 3×4. penggunaan ac hanya siang saja. apa sy perlu memanggil tukang service ac atau ada cara untuk sy bs bersihin sendiri. tp sy blm tau bagian2 nya. apa yg hrs sy cek? minimal sy tau yg hrs dilakukan saat tkg service ac dtg supaya ga kena tipu. tq

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk membersihkan AC harus panggil tukang service AC, karena harus membongkar penutup unit Indoor AC untuk membersihkan evaporator dan kipas indoor secara menyeluruh.

      Biasa sih tukang service ac kalo mau nipu masalah freon.

      Jadi kalau mau paling diliatin pas dia cuci unit Outdoor jangan sampe dibuang freonnya. Tandanya bunyi “ssssshhhhh” kayak ban bocor. Itu artinya freonnya dibuang sama dia.

      Sisanya sih paling suru cek ampere kompressor apakah masih normal atau sudah tinggi? kalau sudah tinggi diluar yang seharusnya, berarti kompressor sudah lemah. Jadi mau tidak mau mesti ganti kompressor atau ganti semua ACnya dengan AC baru.

      Oke semoga cukup jelas dengan jawaban kami ya

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaannya.

      Reply
  • Tommy

    Selamat malam mas…
    Mau tanya skalian curhat..
    Sy baru beli ac daikin 1/2 Pk non inverter,
    Kronologis nya seperti ini..
    1.Sy hidupin ac mlm hari saat kondisi blm hujan #remot 27 derajat #
    2. Saat hujan turun kenapa ya kok ac tiba-tiba dinginnya hilang….???
    3.selang berapa menit Ac kembali dingin…
    Kenapa ya mas kok bs seperti itu..??
    Padahal di unit indoor tidak ada pendeteksi suhu ruangan yg tercapai.. ..??!!
    Cuma ad remot yg mengatur suhu ruangan….
    Terima kasih sebelumnya…
    Salam.
    Tommy

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Kami akan coba jawab pertanyaannya yah.

      Untuk AC Non-Inverter kalau suhu ruangan sudah sama dengan suhu remote, maka kompressor akan berhenti bekerja.

      Pada saat hujan berarti suhu 27 derajat sudah pasti tercapai, makanya kompressor berhenti bekerja dan angin dinginnya hilang

      Karena gas freon tidak dipompa lagi masuk dari Outdoor ke unit Indoor.

      Nah pas suhu sudah diatas 28.6 derajat (beberapa menit kemudian) kompressor nyala lagi dan AC kembali dingin.

      Itu memang hal yang lumrah, wajar, normal dan memang seperti itu cara kerja AC non Inverter. Kalau mau angin yang keluar dari unit Indoor selalu dingin harus pake AC Inverter yang kompressornya ga pernah mati jadi gas freon selalu dipompa ke unit Indoor walaupun kekuatan daya kompressor bisa jauh berkurang yang menyebabkan jadi hemat listrik tidak kayak AC non Inverter.

      Di unit Indoor ADA pendeteksi suhu ruangan yang namanya THERMOSTAT. Di semua unit Indoor AC merk apapun ada THERMOSTAT nya yang membuat AC bisa tahu apakah suhu ruangan sudah tercapai atau belum.

      Jadi ngga rusak ya AC-nya tapi memang cara kerjanya seperti itu.

      Kami juga sudah menjelaskan hal ini di artikel cara menggunakan AC supaya awet dan hemat listrik di sini http://goo.gl/a9N7TK

      Tinggal klik dan baca ya.

      Terima kasih udah mampir ke website kami.

      Reply
  • Mlm mas ‘
    Mau tanya ac saya bbrp wktu llu dingin nya berkurang… Saya fikir kotor tp stlh saya service… Mlhh jadi gak dingin sma sekali. Dan di cek freon nya pun norml gk da mslh.
    Apa nya ya?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Menjawab pertanyaan anda susah susah susah gampang.

      Pertama AC-nya berapa PK? dipakai di ruangan ukuran berapa? Kalau dr pertama PK-nya udah kurang ya ga bakalan bisa dingin banget.

      Kalaupun bisa dingin, kalau udah mulai diatas setahun atau 2 tahun kan kemampuan mendinginkan ruangan pasti berkurang dan setiap tahun akan semakin berkurang.

      jadi analoginya gini.

      misal kamar 3x4m harusnya butuh 6.000 Btu. Kalo pakenya 1/2PK dengan Btu 5.000 bisa dingin ga? Bisa aja…

      tapi seiring berjalannya waktu kemampuan ACnya kan berkurang dari 5.000 Btu… bisa jadi 4.800 trus berkurang bisa tinggal 4.500 atau 4.000 kalau sudah diatas 5 tahun.

      Nah kalo dari kebutuhan kamar 6.000 dihajar AC 5.000 masi bisa dingin kalo AC tinggal mampu keluarin Btu 4.500 ato 4.000 bahkan ya ga bakalan bisa dingin lah Pak.

      Ngerti kan ya maksud kami.

      Jadi kalau beli AC tuh sebisa mungkin yang Btu-nya lebih besar dari kebutuhan ruangan, jadi seiring berkurangnya kemampuan AC karena umur, masih bisa tetep dingin kamarnya.

      Oke terima kasih atas kunjungan dan pertanyaannya.

      Reply
    • selamat malam masss
      mau tanya banyak nihg mass
      saya ad AC 1pk merk LG, ukuran ruangan 4×4, freon sda di check bagus 60psi, kompresor hidup,kipas outdor hidup tp ga kluar hawa panasnya, sampai di pipa freon outdor kluar embun, remot di stel 18°c, kisi2 indor dan outdoor bersih.
      tp yg kluar dari indor g dingin cuma angin kipas aj akhinya sy tukar lg yg 3/4pk sama jg masalahnya?ga dingin

      kira2 apa penyebabnya ya mass
      trims mohon pencerahan

      Reply
      • Web_Admin

        Selamat siang,

        Untuk AC 1PK merk LG kalau Freon R22 tekanan freon 60 sih ga bagus. Harusnya 80psi. Kalo cm 60 ya ga bakalan dingin.

        Sapa yang bilang tekanan 60psi bagus ya?

        Remote ga boleh di stel 18 derajat.

        23 harusnya udah dingin ga karuan pake selimut sampe kepala.

        Kalo 23 aja belum kedinginan berarti AC-nya masalah. Itu kalo suhu ruangan beneran 23 yah. Makanya mending beli termometer digital trus cek suhu riil ruangannya berapa.

        karena suhu remote itu TIDAK SAMA dengan suhu ruangan. kalo AC cuman bisa bikin suhu ruangan jadi 26 misalnya. Ya set suhu remote 18 atau 26 dinginnya pasti persis sama.

        Kamar ukuran 4×4 itu MINIMUM banget pake 1PK. Apalagi kalo ditinggali lebih dari 1 orang, atau ada jendela atau tembok kamar yang kena sinar matahari, atau kamarnya ada di lantai 2.

        Kalau salah 1 kondisi yang saya sebutkan terpenuhi, dan anda suka dingin dan mau kejer suhu dibawah 23.5 derajat, kami wajibkan pake AC 1.5PK.

        Ruangan 4×4 butuh 8.000 Btu soalnya. Kalo ada 2 orang yang tidur kebutuhan Btu jadi 9.200.

        Sedangkan AC 1PK memiliki Btu sekitar 8.500 – 9.000. Gimana bisa dingin kamarnya?

        Trus ditambah kena matahari, ada di lantai 2 misalnya. Jelas lebih besar lagi dari 9.200 kebutuhan Btu-nya.

        Makanya kalo pake 1PK terlalu ngepas. apalagi diganti ke 3/4PK makin ga dingin lah jadinya. Karena AC 3/4PK Btu-nya cuman maksimal 7.000

        Jadi solusinya mesti ganti AC baru yang 1.5PK kalo emang ngejer suhu 23.5 kebawah.

        Kalo cuman ngejer 24.0 – 25.0 sih pake 1PK mungkin masih bisa ngejer.

        Tapi jangan pikir suhu 25 itu panas yah. Kalo pergi ke Mall tuh suhu AC-nya 25 loh. Makanya mending beli termometer digital untuk lihat sebenarnya suhu di kamar berapa, dan mau kejer suhu berapa untuk bisa menentukan AC yang tepat.

        Oke terima kasih atas kunjungan dan pertanyaannya yah.

        Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *