POSTED BY Web_Admin | Mar, 01, 2021 |

UPDATE 1: Kalau mau respon cepat, selain menghubungi nomer telepon toko di (021) 737 5155 / 737 5156 / 737 5157 / 7369 0753 anda dapat menghubungi nomor WA team sales kami ya di

0813 1777 5157

 

Hi, setelah lama gak nulis artikel, kali ini kami kembali dengan artikel terbaru yang membahas tuntas penyebab AC kurang dingin atau tidak dingin. Pertanyaan ini sering sekali ditanyakan kepada kami, bahkan sampai ada yang marah-marah bertanya-nya.

Padahal menjawab pertanyaan penyebab AC tidak dingin atau kurang dingin susah susah susah gampang (Jauh lebih susah dibanding gampangnya hehehe). Ada banyak sekali faktor yang menentukan.

Mari kita telusuri satu-persatu kondisi yang biasa dialami oleh para konsumen kami

penyebab ac kurang dingin

Kondisi 1: Beli AC baru, sudah dipasang dengan benar, pake pipa tebel dan di vacuum juga kok kurang dingin ya ACnya?

Nah kalau begini kan berarti AC tidak mungkin kotor karena masih baru. All things being equal alias kalo kompressor ngga rusak gara-gara cacat pabrik dan pipa Freon dan sambungan-sambungannya juga tidak ada yang bocor, berarti kondisi dibawah ini harus diperhatikan

1. Apakah Btu AC sudah LEBIH BESAR dari kebutuhan Btu ruangan? Contoh: ruangan 4x5m kebutuhan Btu 12.000 Harus Pakai AC 1.5PK dengan Btu 12.000. Ruangan 3×4 kebutuhan Btu 7200 pakai 1PK dengan Btu 9.000. Untuk ruangan 4x6m dengan kebutuhan Btu 14.400 Kalau mau suhu ruangan bisa 24 derajat kebawah HARUS pakai 2PK. Begitulah cara menentukan PK AC untuk ruangan. Kalo Btu ngepas, kurang-kurang dikit, atau malah kurang, ya ga bakalan bisa mencapai suhu 24 kebawah. Inipun belum hitung orang yang tidur di dalam kamar ya seperti di point no 4.

2. Apakah kamar ada di lantai 2? Kalau iya pasti lebih panas dibanding lantai 1, karena panas dari atap akan turun langsung ke kamar.

3. Apakah di kamar ada jendela besar yang menghadap Barat atau Timur? Atau apakah tembok kamar anda langsung terkena sinar matahari siang/sore? jika ya pasti kamar lebih panas dibanding bila jendela menghadap ke Utara atau Selatan dan tembok kamar anda tidak langsung terkena sinar matahari siang/sore.

4. Berapa orang yang tidur di dalam ruangan? Karena setiap 1 manusia dewasa butuh 600Btu supaya merasa cukup dingin, dan anak-anak membutuhkan 400Btu agar merasa cukup dingin. Ingat manusia mengeluarkan hawa panas. Belum lagi lampu, TV, Komputer, dan semua alat elektronik lain yang ada di dalam kamar termasuk HP dan Chargernya semuanya mengeluarkan hawa panas yang seharusnya dihitung karena akan menaikkan suhu kamar anda.

5. Pastikan Outdoor memiliki breathing room atau tempat bernapas yang cukup. Outdoor AC kena matahari dan hujan sih tidak masalah, yang penting ada ruangan yang cukup untuk bernafas. dari kisi-kisi kipas Outdoor AC harus ada jarak minimal 80cm ke depan yang kosong. kemudian di sisi kiri, kanan dan atas harus ada jarak minimal 30cm. Plus Outdoor AC tidak boleh diletakkan berhadap-hadapan karena udara panasnya pasti terperangkap disitu yang akan membuat kompressor cepat kepanasan. Kalo sudah begitu kompressor jadi cepat jebol dan AC pasti tidak dingin karena sebentar-sebentar kompressor AC-nya mati karena kepanasan.

Jadi kesimpulannya, kalau kamar anda luasnya 3x4m butuh 7.200Btu tapi ada 2 orang dewasa yang tidur, kebutuhan Btu sudah 8.400 sebenarnya. Pakai AC 1PK jadi pas sebenarnya, mau suhu 24 baru bisa ya.

Nah jadi sekali lagi mau pakai merk apapun kalau Btu tidak cukup atau cuma ngepas dengan salah satu atau semua kondisi yang saya sebutkan diatas terjadi ya ga bakalan bisa dingin banget AC nya. Terutama karena di Jakarta dan Tangerang kita tercinta ini suhu udaranya pas siang hari bisa 35 atau 36 derajat sepanjang tahun.

Kondisi 2: Kalo siang hari AC jadi kurang dingin, kalo malem bisa kedinginan banget sampe matiin AC pas subuh

Nah kondisi ini biasanya karena Btu ruangan dengan Btu AC terlalu ngepas. Jadi kalau pas siang suhu luar ruangan bisa sampai 35 atau 36 derajat, AC yang Btu-nya ngepas paling hanya bisa mendinginkan ke suhu ruangan 26 derajat atau 27 derajat, sedangkan kalau malam kan suhu luar ruangan bisa hanya 25 derajat, tentu saja kalau suhu remote dibikin 23 derajat misalnya suhunya jadi bisa tercapai bahkan bisa lebih rendah dari itu sesuai cara kerja AC non-Inverter yang sudah saya jelaskan panjang lebar di artikel cara menggunakan AC yang benar.

Solusinya ya kembali lagi pastikan selalu Btu AC lebih besar daripada kebutuhan ruangan jadi pada saat siang terik, suhu ruangan masih bisa cukup dingin.

Kondisi 3: Tadinya siang dan malem dingin, sekarang kok gak siang gak malem jadi kurang dingin

Nah kalo begini biasanya sih penyebabnya cuman kotor aja ACnya. Kapan terakhir kali AC-nya di service alias dicuci? Apakah angin AC anda jadi kecil? atau bahkan hanya keluar angin dari salah satu sisi AC saja? Kalau sudah begini sih biasanya AC luar biasa kotor sampai terkadang bocor keluar air karena saluran pembuangan sudah mampet gara-gara kotor banget. Harusnya ya kalo mau ACnya awet jangan sampe lah hal ini terjadi. Intinya AC harus selalu dibersihkan MAKSIMAL 3 bulan sekali dan kalau anda tinggal di daerah dekat laut atau ada yang merokok di dalam kamar lebih baik dicuci tiap 2 bulan sekali.

Tapi hati-hati ya cari tukang service AC. Jangan sampe mau ditipu dengan permintaan isi ulang freon atau tambah freon. Ingat! Kalau dari pertama pemasangan AC sudah tepat, harusnya tidak perlu isi freon minimal dalam 4 – 5 tahun pemakaian! Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi artikel kami perlukah isi ulang freon? Saya sempet baca sebuah artikel tentang penyebab AC tidak dingin di website lain, yang masuk halaman 1 Google juga. Disitu ditulis Freon akan habis tiap 2 – 3 bulan sekali. Kalo dibawah 2 bulan udah habis mesti dicek. Busettttt saya sampe entah mau ngakak atau mau marah bacanya. Kalo Freon abis 2-3 bulan sekali mah itu BOCORRRRR!!!! ngaco banget tuh artikel. Masa customer disuru isi freon tiap kali cuci AC? Kalo pake Freon R32 tiap kali cuci AC harus keluar extra 600rb diluar biaya cuci AC? Mending beli AC baru kelessssss… Parah oiiii… Hati-hati ya kalo nemu artikel-artikel yang ga jelas dan ga bisa dipertanggung jawabkan.

Kemungkinan lain adalah memang ada kebocoran di Evaporator Indoor, kebocoran atau kerusakan kompressor Outdoor, kebocoran di pipa Freon, PCB AC yang jebol, dll. Hal-hal ini juga bisa menyebabkan AC kurang dingin atau tidak dingin.

Ada juga yang namanya service besar. Hal ini biasa dilakukan 2 tahun sekali selama service rutin AC 3 bulan sekali dilakukan. Service besar adalah mencopot unit AC Indoor dari tempatnya dan benar-benar membersihkan memakai obat khusus seperti AC Coil atau Asse Flash sehingga AC akan benar-benar seperti baru lagi. Yang tidak bisa kembali hanya bila warna Indoor sudah kuning ya ga bisa jadi putih lagi, namun komponen Evaporator Indoor akan jadi kembali ke warna semula seperti waktu pertama kali beli AC. Proses pengerjaannya pun lama, bisa 3-4 jam untuk 1 unit AC karena Indoor AC akan dicopot dari tembok, dipereteli satu-satu dan dibersihkan.

Oke kira-kira semua penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin sudah kami jabarkan semua.

Nanti kalau ada yang keinget lagi saya pasti update artikelnya yah.

Sementara ini, silakan membaca artikel-artikel kami yang lain seperti:

1. Apakah perlu isi ulang Freon AC?

2. Apakah AC Inverter benar – benar bagus dan hemat listrik?

3. Cara menggunakan AC agar awet dan hemat listrik

4. Cara menghitung kebutuhan PK AC sesuai ruangan

5. Semua yang harus anda tahu tentang AC Low Watt dan AC Inverter

6. Mengapa Ongkos pasang AC Freon R32 lebih mahal?

7. Perbedaan Freon R22, R32 dan R410A

8. Penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin

9. Perbedaan Tipe AC Daikin

10. Harga AC Daikin 2022

11. Perbedaan tipe AC Panasonic

12. Harga AC Panasonic 2022

14. Pengangkatan National Elektronik sebagai Daikin AC Shop

15. Tips dan trik menggunakan AC Inverter

16. AC Daikin Multi S

17. Testimoni AC Daikin di Kaskus

18. Emang AC Gree bagus? Kan buatan China

19. Harga AC Gree 2022

20. Tipe AC Gree apa saja dan perbedaannya

21. Bocoran AC Gree 2019

22. Launching AC Daikin Line Up 2018

23. Review Daikin Inverter Flash 1PK FTKQ25SVM4

24. Apaan sih COP dan EER itu?

25. AC Panasonic si Biru CS-LN Series

26. Pindah AC jadi ga dingin?

27. AC Multi Split Panasonic

28. Air Purifier Daikin

 

 

 

Oke sekian dolo deh, ohya mau curcol dikit, akhir-akhir ini saya beberapa kali menemukan artikel-artikel dari website ini “disadur” kalau ga mau bilang dicolong tanpa ijin di post di website lain yang juga menjual AC atau jualan service AC. Cuman mau ngomong, lain kali kalo mo copas artikel orang minta ijin dolo yah. Minimal tulis lah sumbernya dari mana, jangan main colong, diganti-ganti dikit tulisannya trus ditambahin no telp dan alamat perusahaan ente… busettt… ga kreatip bangatttt… Kalo emang ngerti AC ya mbok bikin artikel sendiri gitchu lohhhhh… Kan ketauan banget ente ga ada pengalaman tentang AC kalo cuman nyolong hueuheuehuehue…

Saya sih ga marah gimana, agak bangga malah berarti artikel saya bisa lebih dibaca banyak orang sekalian bagi-bagi informasi. Cuman minimal ditulis lah disadur ato sumber artikelnyna ditulis dari mana, nanti juga kalo ketauan Om Gugel website ente yang kena pinalti… Ati-ati yah…

Udah ah semoga artikel ini juga bisa membantu anda ya dalam memahami dunia per-AC-an seperti artikel-artikel kami sebelumnya dan penyebab AC kurang dingin atau AC tidak dingin terjawab sudah…

Anda dapat menghubungi kami sekarang baik melalui halaman contact us, lewat email ke [email protected] ataupun menghubungi hotline kami di (021) 737 5155, 737 5156, 7369 0753 atau gunakan semua cara yang ada diatas baik lewat FB, IG, YM atau WA yah.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Artikel dibuat oleh:

Samuel R. Lumentut Dipl. Ing,-
Follow me on Instagram and Twitter @samuellumentut
National Elektronik

Artikel diperbarui terakhir pada tanggal: 24 maret 2022

TAGS :
  • Hallo mas… maaf saya mau ikut tanya juga..

    Saya baru saja membeli ac namun saat ini sdh tdk dingin lagi… padahal 2 hari lalu problem spt itu juga terjadi namun sdh ditangani oleh teknisinya..

    Yg ingin saya tanyakan … sebetulnya apa yg rusak Dari ac saya tsb.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      wah menjawab pertanyaan anda susah banget.

      Problem Acnya menurut teknisinya apa?

      Kalau sudah tahu barulah kami bisa menganalisa.

      Lagipula ac anda berapa PK? dipakai di ruangan berapa besar? berapa meter jarak indoor ke Outdoor? tekanan freon berapa? ACnya pakai freon apa? di vacuum ga pas pasang? dll dsb ada puluhan lagi pertanyaan yang mesti dijawab untuk menentukan apa yang rusak dari ac anda.

      oke terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • iwan

    Gan Mau tanya, AC dirumah saya kurang dingin padahal 3/4 Pk Sharp,ukuran kamar 4×4 m3, pernah saya pegang eveparator indoornya dingin hanya sebagian, bagian tengahnya saja suhu sudah di set 20 derajat, jadinya mesin outdoor sering menyaya sebelumnya 27 derajat sudah dingin. Kenapa y? Terima kasih atas bantuannya.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Hmmm.. kamar 4×4 ya jelas kurang dingin lah pake 3/4PK mau pake merk Ferrari ato Lamborghini sekalipun, karena kebutuhan Btu ruangan tanpa manusia aja udah 8.000 Btu. 1 manusia dewasa butuh 600 Btu, kalo ada 2 orang di kamar udah butuh 9.600 Btu. AC 3/4PK cuman 7.000 Btu. Cukup ga Btu AC buat dinginin kamar? Silakan dijawab sendiri aja yaaaaaa….

      Oke kembali ke permasalahan anda, kalau suhu mau di set 16 atau 24 berani taruhan 1 Milliar juga pasti dinginnya sama, karena AC anda paling mampu mendinginkan ruangan kamar 4×4 anda ke 24 derajat. Itupun kalo pas subuh. Kalo siang hari paling maksimal 26 atau 27 derajat paling suhu real ruangan anda. Kalau menurut anda suhu real 27 derajat sudah dingin ya lain cerita hehehehe…

      Nah kalau masalah evaporator indoor hanya dingin sebagian mungkin ada kebocoran juga sih, lebih baik panggil teknisi resmi Sharp untuk cek AC anda ya. Karena memang kamar 4×4 sih sebenernya tidak boleh pake 3/4PK. Kalau pun anda merasa sudah cukup dingin, kalau umur AC-nya jadi pendek ya sudah sangat wajar, karena AC-nya mesti kerja keras di level maksimum terus menerus untuk mengejar suhu yang anda inginkan di ruangan anda

      Oke terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Ken Zhi

    Gan, ane punya ac 1 Pk ada 2 dgn luas ruangan 10 M x 3,5 M nah settingan remote 16 derajat Celcius tp saat ane cek suhu pake thermo gan angin yang keluar dari indoor itu sktr 25-27 derajat celcius. just info freon yang di pake musicool

    Ane sdh panggil service ac yg tmpt ane beli tuh ac katanya tuh kapasitas ruangan tuh nggak bisa dingin di karenakan banyak barang dan hewan pdhl br diisi freon di level 72-73 .just info ac tsb dipasang di petshop.

    dan ame complaim ke tmpt ac nya gmm ac mw dingim kl suhu udara yang keluar dari indoor aja 25-27 drjt celcius baik siang atau malam.

    mhn saran min penyebabnya suhu udra yang keluar dari indor nggak sama spt settimgan ac di remote 16 drjt celcius dan solusinya.. thx

    thx

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Hmmm… suhu yang keluar dari kisi2 AC TIDAK SAMA dengan setelan suhu remote. Sebenarnya suhu yang keluar harus dibawah 16 derajat celcius.

      Dulu waktu ganti Musicool sama toko yang beli? Coba aja komplen ke dia. Suhu yang keluar dari kisi2 Indoor harus dibawah 15 derajat baru AC-nya normal.

      Untuk AC 1PK 2 unit sudah lumayan cukup lah untuk ruangan anda.

      Harusnya bisa membuat suhu ruangan anda sekitar 25 derajat. terutama kalau malam hari. Kalau siang mungkin maksimal di 26 derajat.

      Itu suhu ruangan loh ya bukan suhu yang keluar dari kisi2 Indoor. Suhu yang keluar dari kisi2 Indoor di siang hari tetap harus dibawah 20 derajat terutama kalau siang hari. Kalau malam malah harusnya dibawah 15 derajat.

      Sebelum diganti musicool apakah pernah di tes suhu nya berapa yang keluar dari kisi2 Indoor?

      Solusinya sih kalau menurut kami karena masalah tekanan freon Musicoolnya. Kami sih tidak pernah menyarankan konsumen mengganti jenis freon bawaan dari pabrik.

      atau kompressornya mungkin sudah lemah. Lebih baik panggil lagi tempat anda ganti freon musicool yah.

      Terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

      Reply
  • Dewi

    Mau tanya, kemungkinan kenapa ya, minggu lalu baru service ac, tp ini ac angin ny koq ga dingin ya?? Agak bingung, karena 1 rumah ad 4 ac, dan cuma ac kamar saya yg bermasalah, selalu. Ac yg lain baik2 aja. Apa mgkn kenakalan dr pihak tukang service ac ny kah? Ato ad kemungkinan lain?? Thankyou sblm ny

    Reply
    • Web_Admin

      Kalau angin AC ga dingin sih penyebabnya banyak sekali.

      saya juga susah ngomong. Kalau anda bertanya seperti itu persis seperti nanya wah kok mobilnya ga enak dibawanya agak boyo. Ya kemungkinannya ada banyak sekali.

      Mesti dicek satu2

      apakah tekanan freon cukup? apakah arus kerja kompressor sesuai standard?

      apakah ada kebocoran freon di pipa? sambungan pipa? evaporator? kompressor? atau yang lainnya.

      AC-nya ukuran berapa PK? sudah berapa tahun umurnya dan digunakan di ruangan ukuran berapa?

      Berapa suhu angin yang keluar dari kisi2 Indoor AC? Berapa suhu Evaporator AC, dan lain sebagainya. Semua mesti dicek.

      lebih baik anda telepon teknisi resmi dari AC anda dan minta mereka untuk datang langsung cek kondisi AC anda ya.

      Terima kasih atas kunjungan anda ke website kami

      Reply
  • budi

    Mas..
    Ac saya gak dingin cuma keluar angin doang. merk LG.
    pas diservis kata orangnya kompressornya overload. gimana solusinya?
    sudah diservis tp tetap ga dingin dan gada perubahan.
    sekarang lg proses komplain ke tukang servisnya.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Mohon maaf boleh saya tanya AC-nya sudah berapa tahun umurnya ya?

      Kemudian berapa PK dan digunakan di ruangan ukuran berapa?

      Kalau kompressor overload sih biasanya karena AC dipasang di ruangan yang lebih besar dari kemampuan AC-nya.

      Solusinya hanya ganti kompressor atau beli AC baru.

      Kalau masih dibawah 3 tahun umur AC-nya sih harusnya kompressor akan diganti baru oleh pihak LG.

      Terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Yafet

    Selamat malam,

    Saya berencana pasang ac baru dikamar belakang lantai dua,ukuran kamar 4x3m dengan posisi jendela kamar hadap selatan sesuai dengan posisi muka rumah.
    AC lama sudah terpasang dikamar depan lantai bawah dengan ukuran kamar 3×3 pakai AC 3/4PK Sharp AH-A7HEY dan daya listrik dirumah 1300W
    Pertanyaannya AC jenis dan merk apa yang cucok untuk dipasang dikamar belakang lantai atas tersebut agar saat dinyalakan bersama tidak menguras biaya listrik?berapa ukuran PK yang dianjurkan?Mengapa?
    Terimakasih.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Wah mestinya kamar yang 4×3 yang pake AC 3/4PK Bapak.

      AC tersebut menurut sepengetahuan kami menyedot 600 Watt pas nyala.

      Kamar yang 4×3 kalau mau AC nyala bareng tapi ga jebret listriknya harus pakai 1/2PK Low Watt dengan listrik 320 Watt. Tapi pasti kurang dingin. Ga sedingin yang di kamar 3×3 pakai 3/4PK

      Jadi terserah anda mau pasang 1/2PK Low Watt di kamar 3×4 dengan resiko ga bisa dingin atau boleh juga yang di kamar 3×3 AC-nya dipindahin ke 3×4 terus yang baru dipasang di kamar 3×3.

      Itu baru bisa mendingan. Itupun nanti di kamar 3×3 ga sedingin dulu ya karena pake AC-nya PK-nya berkurang.

      Oke semoga sudah cukup jelas ya.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • Sofyan

    Sore gan. Sy mau nanya kenapa AC sy samsung low watt 0,5 PK ga bisa kembali sedingin semula. Kronologinya:
    1. Awalnya secara bertahap dingin berkurang sampai ga dingin sama sekali. Dicek katanya kapasitor rusak, diganti baru dan bisa idup lagi, sekalian kuras dan isi ulang freon, namun kurang dingin dan lama2 ga dingin
    2. Ada kebocoran di sambungan pipa outdor (memutih spt es), dibenerin, tambah freon. Masih kurang dingin
    3. Tekanan freon berkurang, cuci besar sekalian cek kebocoran di evap indoor. Ok, tidak ada yg bocor, sambungan pipa pun dipastikan tidak ada bocor
    4. Freon dicek msh penuh tp masih kurang dingin. Ga bisa spt sebelumnya.

    Kira2 masalahnya diman lagi ya gan?
    Terimakasih sebelumnya…

    Reply
    • Web_Admin

      Oke untuk menjawab masalah anda:

      1. Ukuran kamarnya berapa x berapa? apakah cukup pakai AC 1/2PK

      2. Sudah berapa lama umur AC-nya? Apakah sudah lebih dari 3 tahun?

      3. dari dulu yang mengecek dan benerin tukang AC langganan atau resmi dari Samsung?

      Kalau masih dalam masa garansi lebih baik minta teknisi resmi Samsung yang benerin biar beres.

      Oke ditunggu jawabannya ya

      Terima kasih.

      Reply
  • Roby Susanto

    Salam sejahtera, maaf saya mau bertanya.
    saya memiliki 2 AC. yg 1 merk mitsubishi tipe MS-C08VC dan yang ke 2 merk sharp tipe AU-7LLY.
    Pertanyaan pertama: ac saya yg merk mitsubishi, kurang dingin dan kondisi indoor dan outdoornya banyak embun nya atau lebih berair,terutama di pipa-pipa nya,kenapa ya?
    Pertanyaan ke dua:
    setelah ac di gunakan berapa tahun di perlukan service besar dan biaya nya berapa(diluar ongkos transport)
    Pertanyaan ke tiga:
    bagaimana ciri-ciri fisik ac yg kurang freon nya, selain ciri-ciri tidak dingin.
    Demikian pertanyaan saya,
    terima kasih sebelumnya,semoga sukses selalu,Tuhan memberkati. Amin

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Untuk Pertanyaan pertama:

      Kurang dingin ada banyak sekali faktor Pak. apakah sudah cek arus kerja dan tekanan freon apakah normal? Digunakan di ruangan ukuran berapa? Apakah dari segi PK sudah cukup atau hanya pas-pasan.

      Kalau hanya pas-pasan tentu setelah 2 atau 3 tahun dimana Btu AC berkurang ya ruangan jadi kurang/tidak dingin seperti dulu.

      Pertanyaan kedua:

      Biasanya sih kalau saya pribadi 2 tahun sekali di service besar. Tapi sekali lagi tergantung kebutuhan juga.

      Biayanya tergantung PK dan jenis Freon tapi dimulai dari Rp. 500.000,- sampai Rp. 1.000.000,-

      Pertanyaan ketiga:

      Ciri2 kurang freon ya AC jadi kurang dingin atau tidak dingin. Tidak ada ciri2 lain. Kalau freon sampai habis/kosong AC-nya akan mati sendiri dan lampu power-nya berkedip2. Itu saja sih biasanya tanda2nya.

      Oke terima kasih atas kunjungan dan pertanyaannya. GBU.

      Reply
  • rizki

    Selamat siang..tanya admin
    Saya punya AC LG Hercules Mini 1PK setelah 2 bulan tidak di pakai lagi mesin outdoor tiba2 mati sendiri setelah 10 menit dipakai .. posisi kipas 2balok dan suhu 25 C apakah pengaruh menaikan suhu mesin outdoor tiba2 mati mendadak sedangkan mesin indoornya menyala saja..mohon ada pencerahan dari admin terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      wah kalau seperti itu sih mungkin kompressornya jebol. atau PCB Outdoor AC bermasalah

      Silakan hubungi LG Contact center dan minta teknisi resmi mereka untuk cek AC anda ya

      terima kasih

      Reply
  • Rinay

    Slmt mlm pak, mau tny…
    Untuk kamar uk. 3×4 cocoknya pke ac yang mana ya.. Rencana mau dpke utk 2 kamar, kamar yg satunya uk. 3×3. Posisi jendela menghadap barat jd klo siang panas bgt dan listrik drmh daya cm 900watt.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Semua pabrikan AC tidak pernah menyarankan menggunakan 1 AC dibagi 2 kamar. Karena selain dingin kamar kiri dan kanan TIDAK AKAN pernah sama.

      AC juga jadi cepet rusak karena bingung suhu yang sudah tercapi yang mana, jadinya kompressor akan kerja keras terus menerus membuang energi dan listrik untuk berusaha menyamakan suhu kedua ruangan yang tidak bisa sama.

      Tapi kalau toh tetep mau pake 1 AC dibagi 2, ya harus pakai 1PK dimana Wattnya 819Watt yang tidak cukup juga digunakan di rumah dengan daya listrik 900Watt.

      harus naik daya dulu ya ke 1.300 baru dipakai.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
  • rifky

    Selamat malam
    Sy berencana membeli ac second merk daikin seri FTE35KV14. Tpi pas di cek udara yg keluar dri indor nya gak dingin, pdahal freon penuh dan indoor atw pun outdoor berjalan normal. Memang tdinya ac trsebut jrang dipake, tpi dilihat indoor atw pun outdoor dalam kondisi bersih. Kira2 apa y pnyebab nya ?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Karena umur ACnya yang sudah diatas 3 tahun memang bisa saja kompressornya yang bermasalah atau ada kebocoran dimana gitu yang harus dicari dulu.

      belum tentu indoor dan outdoor bersih tapi bebas masalah.

      Jadi harus dicek tekanan freon, arus kerja AC, evaporator, kondensor maupun pipa freon.

      Pastinya nanti ketahuan dimana letak kesalahannya yang membuat ac jadi tidak dingin.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaannya.

      Reply
  • Elsa

    Permisi,numpang tanya. AC saya Sharp 1pk uk. Kmr 3×5. Sesudah service malam berikutnya tidak dingin. Kompresor AC selalu dalam posisi istirahat. Akhirnya diganti tabung kecil d outdoor oleh tukang servicenya tp tidak menyelesaikan masalah. Kecurigaan saya krn teknisi servicenya krn maksa isi freon pdhl AC saya baru 7bln. Saya akhirnya panggil teknisi Sharp katanya krn voltase turun. Pertanyaan saya knp ini selalu terjadi hampir setiap mlm j9.30? Apa yg dpt saya perbuat? Saat ini saya sedang memoertimbangkan beli stabilizer. Terima kasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Wah kalau sudah dicek sama teknisi Sharp dibilang begitu sih memang lebih baik beli stabilizer Pak.

      Kalau bisa juga yang besar dan dari PLN masuk stabilizer dulu baru masuk ke seluruh rumah supaya alat listrik lain juga tidak rusak.

      Oke terima kasih ya atas kunjungan dan pertanyaannya.

      Reply
  • yossy

    mas saya mau tanya
    saya beli ac baru panasonic 3/4 pk standart bukan yg low watt .ruangan saya 3x4x3, tapi rasa dinginya gag sampai menusuk ya cu
    man udara segar saja .dan sirkulasi dinginya cuman satu sisi saja yang terkena hembusan anginya . kalau siang malah tambah gag ada dinginya .kenapa ya mas..?

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Hmmm… harusnya kalau mau dingin menusuk sih ruangan 3×4 pakai 1PK.

      Kalau ruangan 3×4 kan kebutuhan Btu-nya 6.000. Kalau ada 2 orang di kamar berarti kebutuhan Btu sudah bengkak ke 7.200 Trus belum kalau kamar nya ada di lantai 2, atau ada jendela menghadap barat, atau ada tembok kamar yang langsung terkena sinar matahari, atau atap kamar dak beton atau malah dari asbes. jadi bengkak lagi Btunya bisa 8.000an atau lebih

      Nah kalo begitu jelas AC 3/4PK dengan Btu cuman 7.000 ga bakal mampu bikin dingin ruangan.

      Jadi sebenernya coba telepon dulu call center Panasonic di 0804 1 111 111 minta teknisi mereka datang cek. Apakah ada masalah di AC-nya. Kalau tidak ada masalah berarti memang PKnya kurang.

      Jadi kalau mau membeli AC selain menghitung luasan kamar, sebenernya ada beberapa faktor lagi yang harus diperhatikan seperti yang saya tuliskan diatas.

      Oke semoga sudah jelas ya

      terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

      Reply
  • ibunya_qiya

    Min mau tanya dong saya baru pasang ac samsung R nya 410 1/2pk kenapa acnya ga dingin ya padahal baru dan ruangan yg digunakan juga kecil uk 3×3 kata si tukang acnya freonnya kurang. Itu maksudnya apa ya. Bantu jawab ya min nuhun

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Hmmm… kalau ruangan 3×3 sih memang saya malah menganjurkan pake AC 3/4PK. Karena Btu-nya terlalu ngepas. ruangan butuh 4.500 AC cuman mampu mengeluarkan Btu MAKSIMAL 5.000

      Belum hitung orang yang tinggal di kamar. 1 orang dewasa butuh 600 Btu. Kalo 2 orang dewasa udah 1.200 Btu. Jadi kebutuhan ruangan bengkak jadi 5.700 Btu.

      Trus kalo kamar ada jendela menghadap barat, atau ada tembok yang langsung kena matahari, atau letak kamarnya di lantai 2, kebutuhan Btu kamar naik lagi. Makanya kalau 3×3 saya lebih saranin pake 3/4PK.

      Kalo freon AC kurang bisa aja. Penyebabnya biasanya karena flaring bocor atau evap bocor atau kompressor bocor.

      Mesti tanya ke teknisi samsung resmi dicek apa penyebab freonnya kurang. Kurangnya banyak ga? normalnya sih sekitar 120 psi. Kalau kurangnya banyak sampe abis berarti bocornya juga besar.

      Oke semoga sudah jelas ya. Lebih baik sekarang panggil teknisi resmi Samsung untuk cek acnya. Toh masih garansi kan.

      Terima kaish sudah berkunjung dan bertanya ke website kami.

      Reply
  • Yana mulyana

    Min izin tanya dunk jika berkenan
    Ane puny ac daikin inverter 1 pk nah pemasangan di bagi 2 ruangan,
    Awal pakai dingin kebagi
    Namun 2 minggu terakhir ini gak dingin di kamar satunya
    Kamar yg deket lampu power dingin normal
    Kira2 knp yah?
    Trims

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Silakan tannya saja apapun yang mau ditanya. Asal jangan tanya jodoh saja ya. Hehheehe..

      Kalau pasang AC di tengah2 antara 2 ruangan memang seharusnya ga akan pernah sama suhu ruangan kiri dan kanan.

      Dan memang pabrikan AC tidak pernah menganjurkan AC dibagi di 2 ruangan. Apalagi pakai Inverter. Bisa2 penghematannya hampir nol loh karena untuk menyesuaikan suhu ruangan kiri dan kanan agar sama akan sangat sulit kalau mau dibilang hampir tidak mungkin.

      Coba minta teknisi resmi Daikin untuk cek kondisi ACnya yah. Berapa tekanan freonnya, apakah ada kebocoran, apakah arus kerja AC normal, temperatur Evaporator dll apakah semua normal. Kalau ya, berarti memang begitu seperti yang saya bilang, mau sama dinginnya ya susah antara kamar kiri dan kanan.

      Oke semoga bisa selesai ya masalahnya.

      terima kasih sudah mampir ke website kami.

      Reply
  • Ryan Zeus

    Nanya donk mas sebelum saya salah langkah…
    Kondisi = Ukuran kamar 4×4 meter, AC inverter 1/2PK, daya normal 680Watt, daya hemat 300Watt (mode yang selalu saya pakai).
    Masalah = AC baru dicuci 1 bulan yang lalu tapi DINGINnya mulai berKURANG dan ini baru pertama kali terjadi, umur AC hampir 3 tahun dan belum pernah ganti gas/freon/atau apalah namanya. Kira2 apa ya masalahnya?? apakah freon harus diganti??

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Hmmm… Saya akan bicara terus terang dan blak-blakan aja yah.

      Ruangan 4×4 TIDAK BOLEH pake AC inverter 1/2PK sebenarnya. Karena kapasitasnya sangat kurang.

      Harusnya pake Inverter 1PK.

      Jadi kalau sudah 3 tahun kemampuan mendinginkan ruangan semakin berkurang ya bakal semakin panas rasanya.

      Dan kalau sudah mau jebol ya wajar saja karena sepanjang hidup AC-nya akan terus bekerja keras mendinginkan ruangan di kapasitas maksimum secara terus menerus.

      AC Inverternya merk apa ya? Trus tahu ngga tipe ACnya? apakah ada pencetan di remote supaya bisa selalu berada di mode hemat 300 Watt? Kalau iya semakin kasian kompressornya.

      Lagian agak aneh AC Inverter 1/2PK watt normalnya 680Watt? Apa Bapak ga salah tulis ya? jangan2 AC Inverternya 1PK.

      Karena setahu kami AC Inverter 1/2PK tidak mampu menyedot daya sebanyak itu.

      Tapi kalau memang bener 1/2PK ya dari pertama harusnya sih ga bakalan bisa dingin ruangannya. Paling2 cuman bisa membuat suhu riil ruangan 25 – 27 derajat. Tidak bisa dibawah itu.

      Mohon klarifikasi lagi yah soal AC Inverternya.

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda.

      Reply
      • Ryan Zeus

        Terima kasih gan atas respon cepatnya… ini saya lengkapi info yg bener…
        Ukuran ruangan = 3×4
        AC = Sharp Eco Inverter AH-XP5NSY
        Konsumsi daya = 360W 2.0A (max 860W 3.9A)
        Kapasitas pendingin = 1.49kW
        Fase = Tunggal
        Gas pendingin = R410A
        Buatan = Thailand
        Ya bener di remotenya ada tombol LowWatt300 dan mode ini sudah saya gunakan dari awal pemakaian mengingat meteran listrik rumah cuma 900VA, blum lagi alat2 elektronik lain, pasti langsung nembak meterannya kalo mode low watt nya dimatikan.
        Kalau masalah dingin saya sesekali merasa seperti ditusuk sampai tulang karena terlalu dingin jadi saya rasa itu sudah dibawah 20°C. Masa pemakaian juga ternyata baru 2 tahun 1 bulan dengan Gas yang belum pernah diganti, penggunaan AC hanya dari jam 11 malam hingga jam 6 pagi (jam tidur) sesekali sampai jam 9 pagi, hampir tidak pernah dinyalakan di siang hari…

        Reply
        • Web_Admin

          Selamat siang,

          Pak hasil saya browsing2 di Google juga kalau saya lihat Watt maksimum Sharp AH-XP5NSY hanya 480 Watt loh Pak. Bukan 860 Watt seperti yang Bapak bilang.

          Karena memang harusnya ga make sense kalo AC 1/2PK bisa sedot daya sampe 860 Watt. Itu mah teritori AC 1PK an.

          Kalau dingin menusuk tulang sih sebenarnya dibawah 23.0 juga sudah dingin menusuk tulang. Saya pernah tes set suhu 21 derajat aja, pas pagi saya lihat di termometer digital yang ada di kamar saya suhu kamar saya 21.1 itu sampe pilek saya Pak sangking dinginnya.

          Sebenernya sulit mau membuat kamar suhunya dibawah 20 derajat. Bahkan mau 21 derajat saja sebenanrnya sudah sangat sulit terutama pada siang hari plus kalau AC-nya hanya pas-pas-an Btu-nya untuk mendinginkan ruangan.

          Apalagi Bapak menggunakan AC 1/2PK di ruangan 4×4 yang harusnya MINIMAL menggunakan AC 1PK. Kok saya agak ragu suhu ruangan anda bisa berada dibawah 23 derajat. Coba deh dibuktikan dengan menggunakan termometer digital. Ada banyak kok yang jual termometer digital yang jadi 1 sama jam dan alarm.

          Jadi menurut pendapat saya sih wajar saja kalau kurang dingin AC-nya.

          Tapi kalau mau puas lebih baik sih dipanggil yah teknisi resmi AC Sharp untuk cek kondisi AC anda apakah masih normal dan tidak ada kerusakan atau kebocoran.

          Terima kasih ya sudah mampir ke website kami.

          Reply
  • yogi

    Selamet malem mas, mau tanya suhu hembusan angin dr indoor pd suhu remote 23 derajat dgn suhu remote 26 derajat (pada saat compressor nyala ya) itu sama atau beda sih? Yg saya rasain kok sama. Terimakasih.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Nah jawaban dari pertanyaan anda bisa sama bisa juga tidak tergantung pada saat itu suhu ruangan real-nya berapa derajat.

      Kalau AC baru dinyalakan dimana suhu ruangan bisa 28 – 30 derajat celcius, mau set suhu remote 16 atau 26 pasti rasa dinginnya sama saja.

      Pada saat suhu ruangan sudah 26 derajat baru harusnya set suhu remote 23 dan 26 bisa berbeda rasanya. Tapi bisa juga tidak karena contoh bila siang hari bolong dimana suhu luar ruangan bisa mencapai 38 derajat celcius, AC pasti akan tetep bekerja keras berusaha mendinginkan ruangan. Jadi bisa saja suhu remote 23 dan 26 sama saja rasanya karena suhu ruangan belum atau malah susah banget mencapai 26 derajat.

      Makanya selain faktor2 yang kami sebutkan diatas harus dicari tahu AC anda berapa PK digunakan di ruangan ukuran berapa?

      Jadi kalau contoh ruangan 3×4 pakenya AC 1/2PK, ya sudah dengan sangat-sangat-sangat wajar suhu 23 dan 26 rasanya sama karena harusnya AC tersebut paling mampu hanya membuat suhu ruangan 25-26 derajat terutama di siang hari. Jadi mau set suhu remote 16 atau 26 ya rasa dinginnya juga sama.

      Oke semoga sudah cukup jelas ya

      Terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

      Reply
  • yogi

    Selamet malem mas. AC saya kira2 sebulan yg lalu dicuci sm tukang ac langganan, tapi seminggu kemudian mulai netes2 air dr indoor. Saya panggil lg tukang ac langganan tsb tapi ga dtg2 jg akhirnya saya pakai tukang ac lainnya. Setelah diservis netes2 hilang tapi masalahnya ac jadi berkurang dinginnya dibanding sebelum diservis ini. Saya panggil lg tukang ac baru ini, saya blg ac dinginnya jd berkurang tlg dicek lg dan kl perlu tambah freon aja. Dia cek tp dia blg semua kondisi normal. Saya jadi bingung, knp ac saya dinginnya jd berkurang kl gitu? (Kl masalah BTU, ac saya mmg krg capasitasnya. Tp saya udh 6th lebih pakai ac ini, jd saya sdh hafal kemampuan ac saya ini). Mohon pencerahan. Terimakasih.

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Mengingat umur AC yang sudah 6 tahun, jadi seharusnya kemampuan mendinginkannya pasti sudah tidak sama seperti pas baru beli donk.

      Kalau memang sudah dicek tekanan freon tidak kurang, lalu arus kerja Outdoor tetep sesuai, berarti memang umur Pak.

      Boleh juga cek dengan termometer laser berapa suhu udara yang keluar dari kisi2 Indoor AC, dan juga berapa derajat suhu Evaporator Indoor.

      Baru bisa di cek apakah masih normal sesuai spesifikasi pabrik atau tidak.

      Oke terima kasih atas kunjungan dan pertanyaan anda yah.

      Reply
  • elisabeth

    Saya punya ac merek sharp 1 pk
    Pemakaian sudah 1 tahun 2 minggu
    Sekarang kendala nya dia ga dingin,sudah di cuci,dingin hanya 4 hari,dan skrng mengeluarkan hawa panas itu kenapa yah,mesin diluar tidak menyala,hanya kipas nya saja yg muter tolong yg tau jawab pertanyaan q.
    Terimakasih

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      Hmmm… Ada kemungkinan freonnya bocor sampai habis Bu.

      Bisa juga kompressornya jebol atau PCB Outdoor jebol.

      Lebih baik telepon langsung teknisi resmi Sharp ya Bu untuk cek AC anda, karena kalau memang bener kompressornya yang kena harusnya masih garansi kok.

      Oke terima kasih atas kunjungan anda ke website kami.

      Reply
  • Isvanry

    Gan, klo ruangan pake PK AC yang kelebihan bakal jadi masalah ga sih?

    Kamar tidur saya ukurannya kira-kira 2×3 which is harusnya pake AC 1/2 PK yaa? Tapi kamar saya malah dipasang AC 1 PK, jadinya kamar dingin banget setiap AC dinyalain, sampe-sampe semua yang ada dikamar kalo subuh pada berembun, saya bawa air minum biasa ke kamar pas subuh jadi air dingin (tapi ga sedingin air es), tapi semua hal itu terjadi kalo saya pasang suhu 23. Suhu saya set kadang 23, kadang 24, kadang 25, dan paling jarang 26, dan fan auto, kalo pasang 27 keatas rasanya kurang dingin.

    Apa lebih baik ACnya diganti dengan PK yang lebih kecil? Tapi saya kalo soal diganti sih rasanya belom mau karena saya sekarang lagi seneng banget sama AC yang dingin nusuk tulang.

    AC 1 PK which is dipasang di kamar saya National CS-915KH yang saya bilang outdoornya berisik itu lho. AC ini sih sebenernya bukan saya yang beli, sejak saya tinggal dirumah yang sekarang saya tempati, AC ini udah ada. Jadi AC ini emang bawaan dari rumahnya. Oh iya saya kan belom ngasih tau umur AC ini, AC saya yg ini umurnya udah mencapai 20 keatas. Hokinya, dengan umur segitu AC masih bekerja seperti waktu baru beli dan kompressor pun masih kuat memompa freon ke unit indoor, hanya saja masalahnya outdoor unit yg berisik.

    Oh iya alasan lain kenapa saya rasanya belom mau ganti AC National ini karena AC National ini selalu mengingatkan masa kecil saya. Setiap kali saya ngeliat AC ini pasti saya langsung inget waktu kecil saya ngapain aja, makanya AC ini saya tahan terpasang di kamar saya. Lah koq saya malahan curhat yaa -__-

    Yaa kira-kira gitu deh Pak. Tolong berikan solusi terbaik untuk AC kamar saya. Sebenarnya butuh berapa PK buat ukuran ruangan 2×3, terima kasih atas bantuannya!

    Reply
    • Web_Admin

      Selamat siang,

      wah bolak balik bertanya kan kami sudah kasi solusi untuk ganti AC hehehehehe…

      Kalau masih dingin ya ngapain diganti. Dibiarin aja dulu sampe rusak ACnya. Sayang buang2 duit aja.

      Nanti kalo uda ga mau pake lagi AC-nya baru diganti pake 1PK Panasonic Elite Inverter CS-VU10SKP.

      Pasti dinginnya sama2 nusuk tulang, tapi listriknya bisa hemat sampe 65% dibanding pake CS-915KH.

      Terima kasih.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *